Kalkulator prediksi keberhasilan bayi tabung – Yenni

Salah satu kendala yang menyebabkan kita ragu ikut bayi tabung adalah tingkat keberhasilannya yang kecil, belum lagi masalah biaya, tenaga, trauma, stress … dll yang tidak mudah dilalui. Tapi panggilan alam membuat banyak ibu-ibu yang maju terus pantang mundur…

Baru-baru ini para ahli kedokteran masalah invertilitas di Inggris sana membuat sebuah kalkulator yang dapat memprediksi tingkat keberhasilan bayi tabung sampai melahirkan (chance of a live birth per IVF attempt). Rumusannya dibuat berdasarkan data statistik terhadap 144000 proses bayi tabung… banyak yah… keakurasiannya sampai 99% katanya.

Kalkulator ini gratis dan dapat diakses di website ivfpredict.com. Slahkan mencoba…

Bagi yang tertarik untuk melihat hasil study statistiknya yang dimuat medical journal PLOS, silahkan akses link ini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

36 thoughts on “Kalkulator prediksi keberhasilan bayi tabung – Yenni

  1. yulia

    Terima kasih atas informasinya. Barusan saya coba, ternyata hasilnya cukup memberi harapan, 35%.

    Saya sudah 7 tahun menikah tapi baru setahun terakhir intensif menjalankan program hamil. Sudah periksa ke dokter kandungan, di jakarta, penang dan singapura, tapi belum ditemukan masalahnya secara pasti. Hasil hsg terakhir mengindikasikan terjadi penyumbatan di saluran tuba, kiri dan kanan. Tetapi waktu laparoskopi, dokter menyatakan semua baik-baik saja.

    3 bulan ini saya dikasih obat penyubur Ovinum, dokter menyarankan jika tidak terjadi kehamilan juga, mengambil langkah untuk melakukan IVF, terlebih usia hampir 34 thn. Sejujurnya, saya tidak siap mental untuk menjalani proses IVF, karena saya sensitif sekali ama obat-obatan.

  2. nida

    Hii

    Memang kalo yg hasilnye memuaskan bisa jadi pemicu semangat,tapi kl yg engga gimana??kaya aku pas aku test cuma 22,5% harapan keberhasilannya hiks…hiks…sedih rasanya,apa itu engga jadi pengaruh ke perassan kita karna kita merasa down dan itu sangat di larang kl kita sedang program BT.
    Mudah2 han ada link yg bisa buat penyemangat bagi wanita yg susah berhasil di IVF kaya aku ini untuk pemicu optimisme.

    Wish me luck

  3. Yenni

    Hi Yulia, kalau saya dulu yang paling ditakutkan jarum suntik, kalau obat biasa aja … kecuali ramu2an herb /jamu yg susah sekali makannya, ga tahan baunya. Setelah berpikir2, keinginan saya punya bayi ternyata lebih besar dari ketakutan ini… jadi ya lanjut aja, demi anak… apalagi semakin tua semakin kecil tingkat keberhasilannya loh belum lagi kemungkinan komplikasi kehamilannya. Tetap semangat ya…

    Hi Nida, aduh jadi ga enak nih postinganku malah membuat Nida down. Yulia kebetulan persentase lebih besar… bagaimana kalau bandingkan dengan yg lebih kecil. Mau tahu persentase saya berapa… 19% !!! dan sekarang buktinya saya dah punya 2 anak yg semuanya hasil dari bayi tabung. Jangan sedih ya… tetap semangat.

    Oh ya… buat Yulia … usia saya sama seperti kamu waktu mau mulai IVF yg ketiga 34thn, dan berhasil. 2x IVF sebelumnya gagal.

  4. yulia

    Thanks Yenni, Aku sich gak takut ama suntikan, takutnya ama efek obat-obatan. Minum obat penyubur aja udah bikin aku lemas dan pusing. Aku sich lagi berdoa ama Tuhan, supaya Dia bukakan jalan bagi kami berdua, entah melalui IVF atau jalan lainnya.

  5. nida

    Hi yeni,salam kenal.

    Hehehehehe jangan feeling ga enak gitu dong,soalnye aku pernah gagal di ICSI mungkin itu sebabnya aku feeling down,tapi sekarang aku lega,umurku juga sekarang 34,dan kamu aja yg cuma 19% bisa punya anak dua waaaaaahhh jadi semangat aku nih memang sih ga ada yg ga mungkin bagi tuhan.
    Oh ya yeni boleh tau ga waktu itu masalahmu apa??kl aku kan telurku yg sedikit dan ga bagus kualitasnya.

    ok deh wish me luck yaa.

  6. Henny

    to Nida…Lam Kenal…klu pake calculator..ak cuma 26 % nyatanya sekarang aku udah punya anak kembar hasil bayi tabung…semua kembali ke Tuhan..klu emang mau dikasih ya pasti dikasih…good luck ya

  7. nida

    hi henny

    waaaaah seneng yaa kl denger keberhasilan kamu dapet kembar lagi,iya emang bener tuhan yg maha berkehendak kita manusia wajib berusaha dan berdoa.thak’s yaa imformasinya.

    wish me luck

  8. Asti

    hi semua, aku baru nyoba calculatornya, hasilnya 39%. Udah termasuk tinggi ya? semoga usaha kami berhasil ya, mohon doa-nya semua teman2 rencana aku mau BT bulan april.

  9. Yenni

    Hi Nida, aku waktu itu masalahnya telur susah berkembang dan kecil2, ada masalah hormon haidku jarang sekali pernah hampir setahun tidak haid, trus kwalitas sperma juga kurang bagus.
    Memang biarpun kecil persentasenya asal Tuhan memberikan jalan pasti berhasil… usaha didukung oleh doa. Semoga berhasil ya.

  10. FENNY

    hai all

    saya baru coba calculator prediksi untuk program IVF saya dengan system ICSI
    hasilnya adalah : 47.3%. Apakah ini termasuk tinggi juga ?

    Semoga saja saya dan suami berhasil. Makin Optimis saja. Tapi saya percaya semua bergantung pada yang di ATAS juga.
    Sedikit Sharing ya…..
    Persen 47.3% itu adalah dengan kondisi :
    1. umur : 31 thn
    2. Lama mencoba hamil alami : 2 tahun
    3. Menggunakan sel telor sendiri,
    4. Irregular Ovalation karena PCO
    5. mencoba IVF untuk pertama kali, pernah hamil dengan program INSEMINASI, dan putraku sudah berumur 4thn sekarang,
    6. Obat yang akan rencana digunakan adalah ;GONATODROPHIN
    7. IVF Dengan system ICSI
    8. Rencana akan melakukan bayi tabung dengan SHORT PROTOCOL dengan dr. Binarwan di Medan pada siklus haid tgl 5 atau 6 Maret 2011 ini.

    APakah ada Ibu ibu di BT yang sudah pernah melakukan IVF dengan dr.Binarwan di Medan?

  11. Titin Rita Lestari

    Hi semua…ikut gabung ya, saya sdh pernah BT tahun 2009 dg dr.aucky tp belum berhasil. Sekarang saya berencana BT lagi bulan Des ini. 2 bulan yang lalu baru laparoscopy karena ada myom 5 buah. oya tadi saya sempat coba calculatornya dan hasilnya hanya 10,01% saja, tp saya yakin semuanya atas kehendakNYA. Tetap semangat ya teman2, wish me luck yach….

  12. leli_anggraini@yahoo.com

    Hai semua … Ikut gabung ya ,aku leli menikah 7 thn , program utk punya anak sudah setahun ini aku lakukan aku sudah melakukan isem sdh 3 kali tapi tidak ada hasilnya… mungkin harapan yg terakhir adalah melakukan BT aku sendiri melakukan pengobatan di jakarta di Sam Marie d i jln wijaya…. kira2 ada info ngak ya dokter mana yg tingkat keberhasilnya besar utk BT ini Mohon di bantu … thank’s

  13. Selvy Sequence

    @yenny wkt itu program bayi tabung dmn? rencana saya jg mau BT tp lg cari2 dokter dan RS yg bgs dan yg srg berhasil dgn BT.

    makasih yaa all infonya..

  14. henni

    Salam kenal,…
    saya mo ikut bergabung. biasnya saya hanya membaca aja,. kali ini saya mau sharing mungkin ada yg bisa bantu dan kasi solusi. saya pernah ikut BT sekitar tahun 2005, berhubung usia udah menginjak 40 th,.. apa masih mungkin bisa hamil melalui BT?…

  15. Jena

    Dear sis henny,
    Jangan patah semangat sis masi bisa koq selama sis masi mens. Sepupu ibuku program bayi tabung tahun 2010 dia usia 41 saat itu dan berhasil. Anaknya skr sudah 2 tahun pintar dan sehat…..
    Selama Tuhan berkehendak pasti jadi. Sis harus mencoba dan berusaha terus yaa.. Jangan patah semangat. Dan saya sarankan sis better ikut bayi tabung supaya tidak buang2 waktu.

  16. henni

    dear Jena,..
    Thks atas supportnya,.. boleh tanya dimana Rumah Sakit sewaktu sepupu ibu kamu melakukan BT. minta infonya trs dengan dokter siapa? thks ya

  17. nunik

    Aku baru mau mulai bayi tabung di Rs Harapan Kita dgn
    Dr Sudirman Spog, KFER, usia aku 36thn, tuba kesumbat 22nya, kista ovari 2,5cm, endosmetriosis, hidroselpinx, kata dokter jangan di laparoskopi lagi krna takut mengurangi sel telur yang ada, krn aku pernah di laparotomi 3thn lalu.. mohon doanya utk kelancaran.. makasih sharing disini.. bikin semangat niih spy bisa kesampaian juga bisa punya anak..

  18. Julia

    Hai, salam kenal
    Mau ikutan gabung dunk. Usia aku 27 tahun dan sudah 2 tahun menikah. 3 bulan setelah menikah aku di-laparoscopy karena hamil diluar kandungan. 6 bulan lalu aku di-laparotomy karena ada miom serviks. Dokter bilang aku ga bole hamil dulu 1 tahun dan ternyata tuba aku 2-2nya mengerucut dipangkal. jadi kemungkinan kecil aku bisa hamil secara normal. dan yang lebih mengagetkan lagi katanya tuba aku masih utuh 2-2nya, padahal kalau terjadi kehamilan ektopik biasanya 1 tuba akan rusak atau diangkat. Dokter menyarankan aku untuk ikut program bayi tabung tahun depan.

    Aku dapet info katanya BT di Harapan kita biayanya lebih murah, apa ada yang punya info total biaya di sana? Lokasi aku di Jkt Barat dan Utara, teman-teman ada rekomendasi dokter dan RS yang biayanya murah dan tingkat keberhasilannya tinggi ga? Makasih atas infonya sebelumnya.

  19. dyth

    Hi ibu2 yg selalu sabar menanti buah hati. Saya 46th dan sdh 10 th menikah. Ivf 2kali tidak berhasil. Insem udah lumayan banyak 6x dan belum berhasil. Suami no problem dan ssya juga tidak ada keluhan kesehatan. Ada suggestion dokter yg telaten utk ivf dan presisi menangani pasien oldies seperti saya? Karena sesuai pengalaman dokter kok sepertinya menyamaratakan treatment ke semua pasien ivf

  20. aura

    mb dyth..udh cek semua kesahatan reproduksinya mb?cek saluran tuba,sel telur,ketebalan rahim,torch,AMH,FSH,dll?

    sy cm mau mberikan info ttg produk high desert..jika memang mb dan suami sdh mengecek semua ksehatan reproduksi dan hasilnya baik2 aj..mgkn ga ada salahny mb coba minum produk high desert tsb..namanya jg usaha ya mb..goodluck ya mb

  21. Asti

    Dear all.. sekedar sharing utk memberi semangat. Aku pernah mencoba kalkulator ini sebelum ikut program BT dengan hasil 39%. Dan sekarang aku sudah punya 1 anak perempuan umur 1.5th hasil BT di TMC Damansara KL dan sekarang aku sedang hamil 9w dengan alami tanpa program apapun.Semoga menjadi semangat untuk semua yang sedang berusaha hamil ya. 🙂

  22. tara

    HALLO Mba yenni .. salam kenal… mau tanya sekarang usia kedua anaknya usia brp ya? sehat ? kasus sy halo msh ketinggian 35 yg seharusnya 30 … dan sy baca beberapa literatur di internet klo bayi tabung byk dampak negatifnya seperti infeksi…lupu dll pada ibunya .. dan untuk si anak ada dugaan cacat bawaan sepeti kelainan pada ginjal,,jantung dll.. dan saya agak kuatir… dan dari segi dana pun saya mau kredit di bank… mohon dibantu mba yenni.. dan mohon maaf jiaka ada pertanyaan sy yg kurang sopan… … terima kasih sebelumnya

  23. Yenni

    Hi Tara, lam kenal juga. Anakku dah 5thn & 7thn, puji Tuhan mereka sehat2. Saya juga punya kekwatiran spt Tara dulu, pernah saya tanya ke dokter bayi tabungku mengenai kesehatan anak2 bayi tabung. Katanya belum ada data ilmiah pasti yg mendukung bayi tabung menghasilkan anak2 yg lebih tidak sehat, ada juga paling beda sedikit & risknya small. Makanya sy maju terus deh tuk bayi tabung… bagaimanapun juga semua ditentukan sama yg di Atas. Sy coba google dan dapat informasi ini yg mungkin dapat buat semangat http://theconversation.com/rest-assured-ivf-babies-grow-into-healthy-adults-23432.
    Halo sperma suami saya normal.
    Kalau boleh saya sarankan, sebaiknya Tara pikirkan matang2 sebelum kredit di bank karena sesuai dgn sharing teman2 disini kemungkinan berhasil bayi tabung sampai melahirkan dibawah 50%, saya bahkan hanya 19% dan mengalami kegagalan bayi tabung 2 kali sebelum berhasil. Bagaimana kalau coba pengobatan alami atau … coba baca ini http://bayi-tabung.com/apakah-bayi-tabung-merupakan-jalan-terakhir/.
    Cheers.

  24. Nuni

    Thanks mba yenni info kalkulator ivf predict nya.. udah aku coba dan cuma dpt 25%. Jadi agak pesimis nih buat nyoba bt lg. Soalnya bt pertamaku jg gagal.
    Ada saran ga ya program bt dmna yg bagus utk kasus azoospermia?

  25. Ayu Lina

    Halo moms survivor ivf…
    hai salam kenal semuanya…saya lina,klo dulu sblm batab aq pake ini kalkulator pasti drop bgt karna hasilnya cuma 25,4 % , but karna mengkalkulate nya skrg pas udah punya anak 2 lagi semuanya hasil batab ya its okey ajalah n senyum2 sendiri inget perjuangan dulu dan satu lagi anak2 hasil batab sehat2 koq jangan percaya klo ada yg bilang ini itu bahkan anak2 hasil batab IQ nya cukup bagus lho karna kita kan susah dpt nya jd kita jd konsern bgt dong sama gizi pas ade di kandungan dan stlh lahir kita beri perhatian ekstra akan kesehatannya pasti lbh ok, nah yg paling bahaya heheee EQ nya karna kita manjain jadi deh anaknya sedikit egois di komplain sama teachernya di sekolah yang rebutan mainanlah yg ngambeklah yg lagi ga mood lah hadeeeeh namanya anak eeeh secara akademis dia jd star student heheee. Eeeh curhatnya kebablasen soalnya klo sudah ngomongin anak ga ada habisnya . Artinya ayo para mommy semangaaat terus supaya rumah jd semarak gebyar2 dg kehadiran buah hati kita…cu

  26. mafi

    Mom ayu lina

    sya malah 19% saja … batab 1 blm berhasil
    mau coba lagi sya merasakan kondisi tubuh sya lemas ..
    mom shared biar program sukses juga

  27. Ayu Lina

    Halo mba mafi
    Aku juga pernah di posisi mba mafi koq sebelum kakak hadir itu batab ku yg ke dua karna yg pertama gagal, ga tau deh knp?!, trus 3 bulan kemudian coba lagi dgn telur yg fresh karna yg pertama ga ada simpenan , kali ini sudah siap segalanya baik jasmani dan rohani dan lbh mantap. Tips dari aq sih pas batab ke dua coba tidak mendengarkan sana sini artinya ketika di ruang tunggu kita para pasien biasanya ngobrol sharing pengalaman atau tukar info2 harus makan inilah itulah ada juga akupunturlah apalah apalah, nah karna kondisi tubuh kita berbeda ya jangan samakan dg yg lain. Ikuti step by step treat yg di kasih dokter klo dokter bilang kita boleh makan ya makan aja klo bilang ga perlu ya ga usah, dibuat santai aja, ga usah ngoyo tetep makan makanan sehat aja semua tidak berlebihan klo mau ke mall ya ke mall aja pokoknya dibuat senyaman mungkin hati dan pikiran kita, aq pas batab yg ke 3 dokter malah agak pesimia dg kondisi hormon aq yg ga baik eeeeh karna aq santai malah jln2 ke mall sama si kakak trus kadang dilihat si kaka pas aq tidur terlentang jug perutku di duduki ya tetep jadi. Artinya klo kita berserah diri pada Tuhan dg segala usaha kita mndptkan si kecil maka kita akan ikhlas dan hepi jalaninnya dan ga stres ya jadi. Intinya sih keep positif thinking and yg paling utama minta restu sama si Empunya hidup ini biar usahanya batab di acc say…

  28. mafi

    Dearest mba ayu yuni

    Terima kasih shared pengalaman nya ..jadi kunci nya relax dan bnyak doa ya, atau ada tambahan khusus mungkin untuk konsomsi makanan apa saja yang mendukung,..batab pertama ku tidak berhasil dan tidak punya simpanan.. mau mulai lagi mungkin 2017 .. sya mau rencana umroh dahulu sebelum program kembali..
    Mohon doa nya agar saya bisa sukses berhasil seperti mba ayu yuni

  29. ayu lina

    halo mbak mafi
    hmmm kayak nya sih sblm opu tuh banyakin makanan protein nabati spt kacang2an (susu kedelai, kacang panjang, tempe tahu dll) baru setelah et makan putih telur sehari 6 kali daging2an (protein hewani) itu sih seingatku lho ya, hehee sore ga detil soalnya lupa….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*