Kadar estradiol rendah – Christina

Dear All

Perkenalkan nama saya Christina, 36 th, sudah 3 tahun menikah. Saat ini saya sedang menjalani program BT yang kedua. BT yang pertama gagal, embrio tidak mau menempel, sehari sebelum tanggal cek urine saya mengalami perut mules.

Pada BT pertama, saya diberi buserelin dan Gonal F.Hasilnya cukup bagus dengan 9 telur yang diambil, 5 bisa menjadi embrio. Pd program kedua ini Gonal F diganti dengan Puregon. Menurut penjelasan Puregon dosisnya lebih tinggi dari Gonal F. Pada saat disuntikkan ke perut juga lebih perih.

Yang ingin saya tanyakan kepada teman semua, ada yang punya pengalaman setelah 4-6 kali suntik (baik Gonal F ataupun Puregon) ada yang mengalami Estradiol masih kecil (bisa dibilang respon kita dengan obat tersebut kecil)?
Apakah dengan kadar estradiol yang rendah memastikan bahwa kualitas telur kita jelek? Dan tentunya program BT tidak akan berhasil.

Mungkin teman-teman bisa memberikan masukan atau sharing pengalaman. Karena setelah tes darah hari senin lalu saya terus kepikiran program saya akan gagal lagi.
Terima kasih sebelumnya.

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

56 thoughts on “Kadar estradiol rendah – Christina

  1. dd

    Hallo Christina,

    salam kenal. saya juga suntik puregon selama 10 hari. saya suntik puregon menggunakan pena suntik,karena jarum pena suntik puregon halus sekali jadi setiap suntikan hampir tidak terasa sakit…sewaktu OPU dapat 14 telur…skrg saya sudah dalam tahap menunggu untuk ET… semoga program BT christina sukses ya…

  2. cerril

    salam kenal, christina sekedar info cb konsumsi putih telur ayam kampung kira2 5-6 butir lumayan lo bantu ningkatin kadar ekstradiol, sy makan itu tiap hari selama program smp ekstradiol sy 3000 hehehe,.. tinggi ya tp kt suster ga apa,. jgn tllu stress, sy gagal krn tingkat stress sy tinggi hbs ET,.. tp semangat mau coba lg,..good luck ya chris…

  3. Christina

    Sorry baru sempet buka lagi komputer…
    Makasih banget ya untuk semua infonya, sangat-sangat membantu saya.

    @Cerril : saya ikutin saranmu, sampai neg banget rasanya tiap hari makan putih telur. Tapi memang estradiol melonjak tinggi (walaupun tidak setinggi kamu) tapi sudah masuk kategori OK.

    Hari ini aku sdh menjalani OPU. Dari sel telur 10 yang bisa diambil hanya 5 (letaknya susah dijangkau/berbahaya). Pasrah deh kalaupun harus gagal lagi. Rasanya sdh hopeless, pasrah aja.

    Buat temen-2 yang baru akan mulai dan yg lagi program, semangat selalu…. Semoga berhasil…

  4. eva

    hai christina.. km bt dimana? sy mo ty knp ya wkt bt km yg 1 embrionya td mau menempel? apa ada masalah di rahim?

  5. christina

    Hai juga Eva….
    Aku BT di Gading Pluit. BT pertama tdk jelas penyebab kegagalannya. Dokter bilang semuanya OK dari awal proses sampai tahap transfer bagus semua, rahim tdk ada masalah. Bahkan katanya kalo dah pernah hamil kemungkinan berhasil lebih besar (aku pernah hamil KET), tapi nyatanya tidak juga. Akhirnya hanya bisa pasrah saja mungkin memang belum dikasih Tuhan.
    Aku coba tetep semangat buat nyoba lagi. Tapi dari awal suntik Puregon sepertinya hasilnya tidak maksimal, sel telur sedikit dan estradiol rendah (lain dengan yg pertama).
    Kekawatiranku terjawab hari ini, aku bener-2 dah hopeless. Td siang dari RS kasih kabar dari 5 sel tlr yang bisa dibuahi hanya 3. Itupun masih menunggu apakah besok bisa berkembang atau tidak. Dunia rasanya kiamat….. sedih banget kalo inget perjuanganku yg panjang dan melelahkan (lebih lama dari BT pertama, sampai-2 aku ikut akupuntur. Wahhh aku jadi curhat ma kamu (habis bingung mau cerita sama siapa…hehehe…)
    Eva sendiri sudah pernah ikut BT?

  6. sisca

    @christina :
    jangan patah semangat dong……mnrt yg kubc di web ini….apa mgkn rahimmu retro ya?
    scr sederhana,bs diblng ibarat sawah yg ga bs ditanami benih padi shg zigot ktk dilepas rahim ga mau ditempelin….cm scr medis penjlasannya gmn aku ga tahu….cm dr testimoni di web ini,bnyk kok yg kasusnya mirip dgmu….semua dah ok…prosesnya jg bagus…OPU jg baik semua dilht dokter dah oke…tp ternyt rahim ga mau ditempelin…
    saranku lakukan test medis scr lngkp deh…..kalo perlu lakukan LAPAROSKOPI deh….
    sprt dokter London di Ausie yg ga mau bantu prgrm BT,jk org tsb ga mau melakukan test LAPAROSKOPI(operasi kecil deh)apa kamu sdh pernah laparoskopi?
    krn test tsb bs melihat yg tdk terlht di layar USG baik yg 3D naupun 4D….
    coba smbl menenangkan diri,kamu baca semua kategori di web ini….
    rahim retro nanti ada terapinya kok….cm dipastikan dulu knp kok rahim ga mau ditempelin….scr logika ktk zigot dilepas dirahim mk ada folikel yg akan nyedot zigot tsb yg akhrnya folikel itu menjd palsenta bayi utk tranfer makanan bg bayi….
    oh ya,aku blm ambil BT sih….rencana thn dpn krn aku br mo nyelesaikan program profesiku dulu nih….cm skrg aku nambah ilmu dg membaca semua testimoni di web ini(mata sampai jereng capek banget mantengin laptop baca web ini deh.hehehehehehe)
    buat christina jangan menyerah…tetap semangaaaaaaaat deh….

  7. christina

    @Sisca : thx buat infonya. Aku coba buka web-nya, rasanya kalo suruh ngulang lagi dah capek… capek segalanya.
    Tapi hidup harus semangat seperti kata Sisca. Sukses buat Sisca ya…

  8. Henny

    dear Christina, salam kenal ya, masalah embrio, kamu lebih banyak dari aku, dari enam telur yg bisa dibuahi punya aku malah hanya 2 yg jadi embrio, satu kualitas good, satu lagi moderate artinya tidak terlalu bagus, nyatanya sekarang aku sudah punya anak kembar 2 usianya 6 bulan, jadi menurut aku tiada yang mustahil bagi Tuhan, klu kita yakin dan percaya, tadinya aku jg udah hopeles,soalnya dari 12 telur hanya 6 yang ada isinya,6 lagi kosong , padahal telurnya besar2 rata2 ukuran 20 – 22 mm, jadi yg saya pelajari dari aku bayi tabung kemarin kita harus benar2 pasrah dan iklas, nothing to lose, sampe2 mau et, aku bilang ma dr Ivan, aduh dok gmn nih , embrionya cuma 2 kualitasnya juga gak bagus2 amat, tapi Dr ivan bilang di Australia cuma bisa dimasukin 1 embrio bu, nyatanya banyak yg jadi, emang dr Ivan paling bisa memotivasi kita klu lg down, ak bersyukur banget bisa ketemu dr sebaik dia, trus suami aku juga bilang : kita kan cuma minta 1 anak, itu ada 2 embrio udah sangat bersyukur, jadi intinnya pasrahkan semua pada Tuhan, terutama jangan strss krn akan mengganggu proses penempelan embrio.klu perlu tanya2 aku siap bantu kok , semoga programnya berhasil ya

  9. eva

    @christina: hayoo chris tetap semangat.. ak jg dah lama nyoba ini itu u/ hamil, gonta ganti dokter tp blm berhasil.sy br mau rencana bt. bln feb kmrn ak ke dokter, tdnya mau lgs program bt. tp ga bs kt dokternya krn stlh di usg n cek hormon, di rahim ak ada adenomiosis n kadar hormon fsh ak tinggi bgt.dl ak pernah ada kista tp sdh dilaparotomi. mnrt dokter dgn kasus sy ini sulit bgt u/ bt. akhirnya dokter menyarankan u/ disuntik zoladex dl u/ menghentikan mens 3 bln.nanti stlh dpt mens lg baru diliat apakah bs bt or ga. ak jg hopeless bgt2.. sedih ngedenger diagnosa dokter..ak pasrah.. kok begini yah.. hehe.. cape bgt.. sblm nya ak dah cb insem 5 kali tp blm berhasil.. pas mau bt eh ada lg masalahnya.. eh km akupuntur brapa lama sblm bt? byk yg bilang kl akupuntur bs meningkatkan keberhasilan bt.. hayoo tetap semangat.. percayakan saja sama Tuhan.. semua indah pada waktunya..sama2 semangat yahh.. ciayoooo…

  10. Henny

    dear Eva, lam kenal ya, klu boleh saran, coba cari second opini ke Dr. lain, mungkin pendapat dr yang lain beda lagi, tetap semangat ya

  11. eva

    @henny: ak sdh ke 2 dokter di malaysia n pendapat kedua-duanya sama. dgn dokter di sini (jakarta) ak tdk pernah dibilang kalo ada adenomiosis selama ak program 3 th ini. dokter sini blg semuanya ok.. jadi bingung deh,, mau cb insem lg sblm bt.. lg nyari dokter bagus nih.. ada saran?

  12. wien

    dear christina
    salam kenal, sptnya kita punya pengalaman yang sama. BT pertamaku belum berhasil. mungkin kondisiku saat itu memang kurang bagus. estradiolku pas2an, telur hanya 5 dan yg bisa diICSI hanya 2. dari 2 embrio tsb akhirnya yg ditanam hanya 1, krn yg satu tidak secepat yg lain berkembangnya. walaupun sudah membelah 12 sel, ternyata gak mau nempel jg. setelah menemukan web ini, aku jd rajin makan telur dan minum susu anmum/prenagen ataupun minum asam folat. buat persiapan program lagi :)
    semoga berhasil ya, tetap semangat…
    kita saling mendoakan

  13. Henny

    Dear Eva, kenapa gak coba ke Dr.Ivan di RS Bunda, soalnya yang bareng sama aku program di RS Bunda, udah 4 kali gagal BT di Singapura, tapi pas coba di Dr Ivan, berhasil dan sekarang juga udah punya anak, lahirannya barengan juga kemarin, smoga membantu ya

  14. christina

    Wah…. jadi timbul lagi semangat dan harapanku membaca support dari kalian.

    @Henny: mungkin benar yg Henny bilang, aku hrs pasrah dengan apa hasilnya nanti, hrs lebih sabar & iklas. Harusnya aku bersyukur diberi embrio 3 spt yg dibilang suami Henny. Thx o lot sdh mengingatkan aku.
    Kalau boleh tahu, setelah ET selesai, Henny istirahat/tiduran berapa jam? SOalnya ada yang 2 jam nggak apa, ada yang nyuruh sampai 5 jam. Boleh cerita ya pengalaman Henny setelah ET.

    @Eva : Thx juga buat semangatnya…aku nggak boleh putus asa. Saran Henny ada benarnya, coba second opini. Aku dulu di Bunda dgn Dr. Taufik, insem berhasil hamil tapi KET. Karena temen kantor berhasil BT, aku pindah ke Gading Pluit. Memang semua kembali ke Tuhan.

    @Wien : Kita saling doa dan saling support ya….

  15. sisca

    hai semua…
    dari yg kubc di web ini….kmd hsl konsul dg bbrp obgyn lbh baik jgn insem deh….krn insem kan mirip senggama cm sperma ditembakkan pd wkt yg tepat gitu aja….
    mending waktu dna biaya utk persiapan BT aja…..
    bener kata heny…pindah dokter akan membuat kita pny referensi yg lain…shg kita lbh tahu dg kondisi organ repro kita dong….
    @eva:
    jk ada dana yg ckp saranku kamu ke Ausie aja sama dokter London….di web ini ada yg testimoni sukses hamil dg dokter London di Ausie….di Indo dah semua dokter smp capek tp berhasil hamil di Ausie….coba pertimbangkan ke Ausie…buka kategori berhasil hamil….
    jangan menyerah deh

  16. cen

    hi all..cen tgl 19kmrn da et dimsk n 4 embrio,cm skrg hr ke 6 kok senut2 n nyeri2 y,bkn nyeri bekas opu lo.nyeri bekas opu da hlg,ato mmg bgt y..ksh tau dong all sister..

  17. christina

    Selamat sore semua.
    Seperti yg Cen tanyakan, boleh cerita pengalaman dr temen2 yg sukses BT. Apakah stl ET sebaiknya bedrest atau aktifitas spt biasa. Trus apa aja yg dirasa sampai thp tes urine hslnya positif.

  18. Anastasia

    @ Henny, salam kenal.. selamat ya buat keberhasilan BT nya. Tanya dong, sebelum BT retro km sempat di”betulin” dulu ga? Misalnya dengan dipijat atau sejenisnya? Soalnya rahim sy juga retro, rencana mau BT taun ini, tapi kepikiran juga nih takut retro ini bikin masalah juga. & boleh tau ga waktu Henny BT di dr. Ivan biayanya sekitar berapa? Henny, boleh minta email/fb/ym km ga? Makasih ya.. :)

    @ Christina, jangan patah semangat ya.. Ga ada yg mustahil buat Dia. Skrg gimana nih kabar sel telurnya? Mudah2an bagus semua ya. BT di Gading Pluit ma dokter siapa?

  19. erlyna

    Bagi yang butuh F gonal 1050 iu, saya ada masih sisa seharga 4.5 jt. Siapa yang mau membeli akan dijual 3.5 jt. Ini adalah sisa dr 3 btl gonal F , rupanya saya cm butuh 10 suntikan dr 12 yang saya kira.

  20. christina

    Hai Anastasia….
    Di Gading Pluit dengan Dr. Irsal. Embrioku modetare 3, Sabtu kemarin ET. Memang tidak ada yg mustahil buat Tuhan, kalau Dia kehendaki apa yg mustahil bagi kita, tdk mustahil bagNya. Tapi aku tidak berharap banyak dari ETku kemarin. BT yg pertama, embro bagus semua, pikiran tdk stres, tp tidak berhasil. Mungkin spt kalo kita sakit, berobatpun kadang cocok-cocokan dengan dokter, tidak semua dokter kita bisa sembuh.
    Rencana kalo gagal lagi, dan mungkin ada rejeki, aku akan coba ikut BT lagi tapi dengan dokter yg lain (belum tahu dokter siapa).
    Bisa cerita masalah Anastasia apa?

  21. cen

    chris yg semangat y…ciayooo…berusaha utk tdk memikirkny pdhl tdk mgkn bs,cm serahkn sj dp TUHAN biar diksh yg paling baik utk kita.aku jg berusaha utk berfikir spt begitu sis..

  22. Henny

    Dear Christine, waktu habis ET aku cuma tiduran selama 30 menit, soalnya ak jg gak betah tidur lama-lama, trus langsung buang air kecil ke toilet, pulangnya ak nyantai banget, sempat beli susu anmum dulu,trus berdiri agak lama juga nungguin taxi,sampe di rumah tiduran , suami yg masak makanan sampai hari ke-tiga selanjutnya beli2 aja makanannya, klu ak sih gak bisa total bedrest ya, krn suami ak kerja, jadi ak dirumah sendiri, ak cuti cuma 1 minggu aj,trus kerja seperti biasa, malah ke kantor ak naik kereta kok, klu ak di bawa santai aj sih,deg2 annya baru berasa 2 hari menjelang test kehamilan, malam sebelum test kehamilan ak gak bs tidur nyenyak, sering kebangun, klu lagi kebangun dan kepikiran berdoa lagi, ak doain deh semoga christine sukses ya, nyantai aja, degdegan nya nanti aja menjelang pengumuman, sekarang senang2 aja dulu, jgn lupa : minum susu anmum pagi sore, makan sayur bayam biar pub nya gak keras, trus makan protein tinggi seperti : putih telur, ikan salmon,gidara, teri medan, banyak minum air putih, good luck ya

  23. christina

    @Henny: Makasih ya Bu, aku akan coba bawa santai. Dibanding yg pertama lebih tenang sekarang pikirannya. Pasrah aja kalopun gagal lagi ya sudah mungkin memang dah nasib ya..menghibur diri.
    Untuk putih telur tetep makan ya? Henny boleh minta emailnya, biar enak mau tanya-2. Trus kalo nanti berhasil biara bisa langsung kabari Henny juga…hihikkk

    @Cen: aku saat ini ambil cuti, rencana mau sampai tes urine. Tapi ngebayang 2 minggu bengon di rumah…duuuhhh lama banget. Tadinya mau berlibur ke Yogya aja pulkam, tapi nggak boleh ma dokternya. Cen sendiri gimana sekarang, dah mulai program? Boleh juga kasih alamat emailnya.

  24. christina

    @Henny: Makasih ya Bu, aku akan coba bawa santai. Dibanding yg pertama lebih tenang sekarang pikirannya. Pasrah aja kalopun gagal lagi ya sudah mungkin memang dah nasib ya..menghibur diri.
    Untuk putih telur tetep makan ya? Henny boleh minta emailnya, biar enak mau tanya-2. Trus kalo nanti berhasil biara bisa langsung kabari Henny juga…hihikkk

    @Cen: aku saat ini ambil cuti, rencana mau sampai tes urine. Tapi ngebayang 2 minggu bengon di rumah…duuuhhh lama banget. Tadinya mau berlibur ke Yogya aja pulkam, tapi nggak boleh ma dokternya. Cen sendiri gimana dah sampai waktu tes urine belum? Kalo soal senut-senut mungkin pengaruh obat/hormon yang disuntikkan. Setelah ET kemarin aku diberikan progynova, utrogestan (obat vagina) dan pregnyl (suntik). Pagi habis dimasukan utrogestran perutku kram spt mau mens, aku tanya susternya memang begitu katanya. Cen program BTnya dimana?

  25. cen

    aku bt di mmc melaka.jadwal ny tar tgl 3 mei srh brgkt lg cek bhcg.obt mkn progynova,duphaston,folic acid,n utrogestan yg dimsk kn ke vgn.chris diksh obt suntik y.aku gk diksh lo.ato mmg kondisi masing2 beda y.trus pregnyl diksh suntik brp kali.chris bsk hr ke 10,aku pgn tespack tp takut he..he..aku gk ada kegiatan kbtln usaha sndri.jd krj ny mkn,bobok bk situs bt serrriiingg bangeeet..baca,nonton.skrg gk senut lg.chris klo nafsuny makan2 aja,sbntr laper,u gm bw an n perasaanny,eh kpn cek bhcg?

  26. Anastasia

    @ Henny, salam kenal.. selamat ya buat keberhasilan BT nya. Tanya dong, sebelum BT retro km sempat di”betulin” dulu ga? Misalnya dengan dipijat atau sejenisnya? Soalnya rahim sy juga retro, rencana mau BT taun ini, tapi kepikiran juga nih takut retro ini bikin masalah juga. & boleh tau ga waktu Henny BT di dr. Ivan biayanya sekitar berapa? Henny, boleh minta email/fb/ym km ga? Makasih ya..

    @ Christina, kapan pengumumannya? Jangsn stres2 ya, banyak2 doa aja :)
    Kalo sy masalahnya rahim retro & sperm suami yg kurang bagus bentuknya, jadi sulit untuk membuahi normal. Saran dokter sih BT dengan ICSI. Kemarin km pake ICSI juga? Boleh tau BT di Gading Pluit sekitar berapa biayanya? Goodluck ya..

  27. Henny

    Dear Anastasia, sori ya kelupaan, lagi sibuk2nya nih di kantor , kejar laporan pajak, klu ak kemarin retro gak diapa2 in ma dr.Ivan, karena ak udah laparoskopi sebelum BT, jadi menurut Dr.Ivan , laparoscopy itu seperti simulasi ET, dengan laparocopy katanya beliau udah tahu benar kondisi rahim ak seperti apa, saran aku nih klu memang anastasia gak laparoscopy, minta aja ke Dr nya, untuk simulasi atau Pra ET, simulasi ET itu, seperti ET benaran cuma di selangnya gak ada embrio, jadi pas ET nanti semuanya udah lancar , tinggal masukin embrionya aja,klu ak dulu di Dr Ivan, sampai dinyatakan hamil habis sekitar 60 jutaan , mahal krn umur ak udah 35, dan endo parah jadi gonalnya sekali suntik langsung 300 iu, email ak di henny738@yahoo.com, smoga membantu ya

  28. Henny

    Dear Christine, email ak udah di coment buat anastasia ya, klu ada apa2 langsung email ya, good luck ya

  29. christina

    @Cen: aku saat ini juga dirumah, makan tidur, makan lagi, bengong… membosankan. Tapi mau ke kantor nggak boleh suami, maklum rumah jauh dan macet. Pregnyl suntik 2 kali aja, hari kedua dan keempat setelah ET. Rencana tes urine tgl 07 Mei. Cen tes urinenya nanti aja kalo dah waktunya, kan tinggal bentar lagi. Lagian baru 10 hari biasanya HGC urine masih belum terdeteksi..

    @Henny : thx ya alamat emailnya. Mungkin kalo yang Henny sebut pra ET adalah sounding (sebutan di RS Gading Pluit). Hari ke 21 setelah haid akan dilakukan cek rahim untuk mengukur kedalaman rahim dan jalannya nanti buat ET. Tapi prosesnya gimana pake alat apa, aku nggak jelas karena sambil tiduran.

    @Anastasia: Biasanya proses bayi tabung sekarang lebih banyak menggunakan proses ICSI yaitu 1 sperma disuntikan ke sel telur. Di Gading Pluit semua ICSI. Biaya tidak jauh dengan biaya Henny di BIC. Biasanya selisih di obat saja tergantung umurnya. Karena aku jg sdh 36th maka obat tentunya lebih banyak $ dosisnya tinggi. BT pertama aku dengan gonal sekitar 63jt, BT kedua dengan puregon sekitar 67jt.

  30. linda

    lam kenal henny, slamat ya atas kehamilannya,boleh donk bagi2 pengalaman,aku jadi teinspirasi mau bt di BIC jg,henny apa domisili jakarta apa luar pulau?

  31. christina

    @Henny : iya heny…boleh cerita apa yang henny rasakan dari setelah ET sampai waktunya tes urien dan positif. Perut dan panyudara rasanya bagaimana, apakah normal aja spt sebelum ET atau ada perbedaan. Soalnya aku merasa biasa aja, beda dengan BT pertama dulu justru panyudara sakit sekali dan perut rasanya aneh.

    @ Linda : lam kenal Linda…. memangnya Linda tinggal dimana? Mau program juga ya?

  32. Henny

    Dear Christina, klu dulu yg ak rasakan , nih ya yg ak ingat2 aja :sampai hari ke 3 sih ak biasa aja, setelah itu perut sering kram , kaki suka pegal2, payudara dan perut juga agak besar spt mau mens,yg paling terasa seminggu menjelang tes urine ak udah mual banget , sampe2 ak telpon ke Dr Ivan, minta stop obat asam folat & duphastonya , krn emang udah mual banget, tapi ma Dr. Ivan duphastonnya gak boleh stop, cuma asam folatnya diturunnin dosisnya jadi folafit aja,mungkin dengan gejala2 seperti itu, Dr nya udah tahu kali ak hamil ya, tapi dia gak mau bilang krn emang blom waktunya tes urine, trus pas hari tes urine, pagi2 jam 5 aku coba test sendiri garisnya cuma satu, ak udah strss banget, trus tespacknya ak buang, trus ak bilang ma suami hasilnya negatif, trus suami tidur lagi mungkin stress jg kali, trus ak berdoa minta supaya di kuatkan, habis berdoa tespacknya ak cari lagi ke tong sampah, ak lihat lagi ternyata garisnya 2, mungkin tadi belom proses /atau harus ditunggu beberapa menit dulu kali ( maklum aj,jantung serasa udah mau copot) pas mau coba tespack aj, tangan saya gemetaran megang tescpacknya, emang skarang yang Christine rasain apa? trus due date nya kapan? doanya harus kencang mbak, karena ak yakin doa itu sangat ampuh pada saat proses penempelan embrio.

    dear Linda, aku tinggal di Jakarta, Linda tinggal dimana? rencana mau BT dimana? ak bingung mau mulai cerita darimana, tapi kalau ditanya2 ak akan cerita, thanks ya

  33. Henny

    dear Linda, oh Linda Nata itu mbak ya, iya foto profil itu anak aku, tapi maaf mbak,klu mau tanya2 soal bayi tabung mending di email aja ato disini, soalnya di FB keliatan banyak orang, BTW yg diprofil suami mbak ya? trus klu boleh tau mbak udah berapa taon menikah & masalahnya apa? sampe mau bayi tabung, klu mau tanyayg lebih rahasia, via email aja, nanti pasti aku balas emailnya,thanks ya

  34. christina

    @ Henny : makasih ceritanya ya. Saat ini yg aku rasa panyudara sedikit sakit dan membesar, tapi kan kalo mau mens jg gitu. Yg pertama dulu malah lebih sakit dan lebih besar, perut jg spt nggembung, sampai yakin kalo berhasil. Eee nggak tahunya sehari sbl tes urine dah keluar. Jadwal tes urine masih jauh nanti tgl7.
    Soal doanya mah jgn ditanya, kueeenceng banget heheheee…. Dah pasrah sih kalopun gagal lagi ya sdh, mungkin belum waktunya Tuhan kasih aku anak, tul nggak?

    @Linda ” wah Linda hebat, dari luar pulau semangat mau ikut BT di Jakarta. Kalo ngebaca semangat teman-2 dalam programnya jadi timbul jg semangatku buat coba lagi (kalau dikasih rejeki lagi).

  35. Linda

    @hai henny, yap betul sekali,klu gt aku add di YM aja ya ,atau nti aku kirim emil aja.tnx atas responnya.

  36. eva

    @wien: mau ty donk makan putih telur itu manfaatnya apa yah? kl ak masalah di hormon fsh tinggi. ada yg tau ga gimana cara menurunkannya.. thanx

  37. wien

    hai eva, info tentang makan putih telur aku dapat di ruang tunggu dr aucky selama program. dari obrolan kami, alasan mengkonsumsi putih telur (4 sampai 5 butir per hari) tersebut karena hormon estradiol yang rendah, telurnya kecil dan telurnya sedikit. aku sih ngikut aja, karena aku berpikir bahwa putih telur itu protein tinggi, dan untuk meningkatkan produksi telur diperlukan protein yang tinggi pula. lagipula aku baca di web ini, banyak yang menyarankan tentang putih telur juga. tidak ada ruginya untuk diikuti to?

  38. sisca

    @wien:
    ikut sharing nih…
    tmnku stlh konsumsi produk herbal GAMAT EXTRACT Emulsion(teripang emas) akhrnya Ovarnya bs produksi telur bnyk,kmd bs sukses program BT loh….
    wien coba aja,sapatahu jk ikut minum Gamat Extract bs bgs telurnya,kata tmnku krn gamat mengandung Cell Growth Factor+protein yg tinggi jg loh…tmnku blng 1 btl 265rb
    semoga ceritaku ini bs membantu deh….
    jangan menyerah deh…tetap semangaaaaaaaaaaat

  39. Jeni

    halo teman2..,
    ikutan sharing yah..
    kl bole tau rahim retro itu maksudnya gimana yaah?? trs tahunya kalo rahim kt retro itu dari test apa??

    @sisca,
    GAMAT EXTRACT itu bs belinya dimana yah?

    thanks semuanya..

  40. pera

    Salam kenal semua,
    Dear henny, aku baru ikutan sharing disini, stelah ku baca web ini banyak tambah pengetahuanku tentang BT. Aku dan suami mau ikut program BT tp blm tau kapan mulai. Pengennya sih cepat mengingat umurku udah 34th dan usia pernikahan kami udah 8th. Aku boleh ya tanya2 sama kamu biar bagi2 pengalaman. Dan juga aku boleh ya kirim email ke kamu?

    Dear christina, apa kbrnya kok lama gak nongol?

  41. wien

    @ eva, sorry lama responnya, agak sibuk nih. putih telur rebus dimakan langsung gpp, kalo bosen, diolah dulu jg ga masalah. malah enak kan…

  42. Euis

    Salam kenal..
    Selamat bt henny,yg berhasil BT nya,mudah2an nular k ak..amin..bj christin jgn menyerah ya,tetap semangat.
    Ak skrg sdg dlm penungguan setelah ET nh.tp ad yg mau ak tnya sm christin,wkt estradiol ny rendah it berapa?soalny ak jg ga tinggi,terakhr it 957.bdampak kmana ya kalo rendah?
    Terus,ketebalan endometrium ku jg kurang,terakhr saat ET 8,1mm.jdnya ak bnr2 bedrest,soalx tkt embryo nya keguncg2 krn endo ku agak tipis.ad yg pernh pny pengalaman BT dgn kondisi endometriumx agak tipis ga?mksh..

  43. Dewi murni

    Halo teman salam Kenal.. Saya Dewi tgl di Batam . Kbtln bulan maret 2011 ini saya ikut BT di mahkota dg Dok selva. Ternyata hasil fsh meningkat dan saya sdh 3 kali op endometriosis , tuba hidrosalping. Ada yg berpengalaman seperti saya ngak dan saya mau sering apa yg mesti saya perbuat

  44. Milana

    Halo teman-teman…

    Saya baru mau pertama kali BT di Surabaya. Setelah tes hormon, ternyata Estradiol saya tinggi sapai 4000, padahal belum disuntik2 apapun. Saya search di internet katanya bagus, tapi menurut dokternya hormon estradiol tinggi menyebabkan ukuran sel telur menjadi berbeda (kmrn pas di USG ada yg sudah besar pdhal belum waktunya dia besar). Jadi saya dikasih suntikan Superfac untuk menekan hormon Estradiol. Apakah ada teman2 yang juga kondisinya sama dengan saya? Mohon sharingnya ya… Thanks..
    Saya jadi takut untuk makan telur ayam kampung/telur kepiting…takut estradiol saya malah semakin tinggi.

  45. rita

    Halo temen temen
    Saya insyaalloh bulan ini program BT yang kedua, yg pertama gagal karena selur telur lisis yang kedua ini saya minta doanya semoga berhasil yach…..
    Program kedua ada 9 telur semua hormon normal kecuali hormon estradiol yang rendah 411,11. Semoga besok apapun program yang akan dilakukan dengan estradiol yg kurang bagus dapat berhasil dengan baik dan sukses.amin

  46. shila

    Hai teman2 seperjuangan, saya jg sdg program BT dgn dr ivan diBIC, sy mngalami mslh hormon nih pas mau di ET, dikarenakan stelah pick up OPU hormon progesteron sy tinggi yaitu diatas 1.5ml, jd terpaksa embrio sy di freezing dan dilakukan ET utk bln brikutnya.
    Tibalah sy dtg kembali keBIC stelah vakum bbrp minggu. Hari ke -11 haid sy mulai ke BIC dan hrs bolak balik ke BIC stiap 2hari sekali utk diambil tes darah hormon LH,progesteron, estradio dan usg utk dipantau sel telur & dinding rahim sy. Hari ke-18 hormon LH sy msh kurang yaitu 9(normalnya 20), progesteron sy stabil 0.53(under 1.5), estradiol sy msh kurang yaitu 153(normalnya min 200). Hari ini adlh hari ke-20 diambil test darah, mnurut dr ivan usg bagus dinding rahim ktebalan 8, sel telur 18 tinggal mnunggu hasil utk tes hormon, krn mnurut dr ivan hormon LH & estradiol sy msh kurang. Smoga hasil hormon hari ke-20 ini bagus sehingga embrio sy sdh dpt ditanam.. Amin YRA.. Bagi temen2 yg mpunyai masalah dgn hormon mohon sharing ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*