IVM sel telur dibesarkan di luar rahim, cari dokter di Jakarta – Widy

Dear all…

Sdh lama sy tdk ikutan nimbrung lg disini…dl sy pernah posting sktr bln agstus yg renc mau ikut bayi tabung di RS Graha Amerta sby, tp berhubung sel telur sy ga berkembang2 akhirnya dihentikan, wkt itu jg penanganannya krng cepat gt n obat2annya dibri 1x gonal F.

Maret 2010 sy bayi tabung di Siloam, dr. Aucky lngsung ksh gonal F 3ampul dan hasilnya sy opu 7 dan jad cm 3 yg semuanya ditanam pas ET, namun bayi tabungnya belum berhasil (hiks…hiks…) Pdhal saat itu kami tinggal di banjarmasin jd bayangkan aja kita yg mondar-mandir.

Oh ya…pra bayi tabung di Graha Amerta habis 23jtan dan bayi tabung di siloam 40jtan blm trmasuk transport ya…

Skrng sy tinggal di jakarta, dengar2 ada sistem bayi tabung yg memakai IVM bukan IVF jd kira2 penjelasannya adl…biasanya kita suntik gonal F agar telur besar ya..dg program IVM sel telur di ‘besar’kan di luar rahim…jd mengurangi sakitnya (dan bosan) klo disuntik di perut tiap hr dan meminimalis dampak kembung dan perut besar…yah spt itulah kira2…sy jg tdk terlalu jelas, sy baca2 di web nya Dr. Prima yg praktek di RSI Muhamadiyah taman puring dan Brawijaya women n children.

Bila ada tmn2 yg tahu ttg atau sdh pernah ke Dr. Prima di info donk…kpn hari sy tanya2 ke Brawijaya, pernah tangani Program bayi tabung ga, jawabnya kok ‘iya, pernah ada’ lha?!?, ga menyakinkan…klo siloam kan da pasti ada wong tiap hr sekitar 10orang lebih ET kok…klo jwabannya brawijaya spt itu kan jd ragu…klo di RSI Muhamadiyah kayaknya ragu juga, bkn knp2 tp kok tempatnya (menurut saya) krng ‘menyakinkan’ gitu buat bayi tabung pdhl Dr. Prima menyarankan disitu…

Friend…bantu info donk…secara sy orang baru di jkt (stay @ depok) yg blm tahu RS.n dokter yg bagus…klo aq baca2 kebanyakan di Morula dan Harkit ya? Jauh ya…ada info lain?

TQ

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

28 thoughts on “IVM sel telur dibesarkan di luar rahim, cari dokter di Jakarta – Widy

  1. Marini

    salam kenal mbak,

    saya saran aja sie, emang paling enak kita ikut program di RS yang memang ada klinik khusus untuk BT-nya seperti Bunda-Klinik MOrula, Harkit, Cipto-Klinik Yasmin, Gading Pluit-Klinik teratai. saya juga pernah ikut program BT di Gading Pluit, sempat positif tapi hanya bertahan 6 minggu. Biaya BT di Jkt relatif lebih mahal sih…berkisar 50-an-70-an juta tergantung respon kita terhadap obat juga…saya kmrn habisnya sekitar 60jt.

    itu sedikit info. maaf kalo tidak membantu ya…

    salam,

    Marini

  2. isti

    hai widy slm kenal.klo km stay di depok.coba aja tanya2 di rs bunda margonda depok.setahu aku di sana jg ada dr ivan yg jg praktek di bunda jakarta.dl ak pernh periksa sm dr ivan.orgnya sgt ramah dan baik.oke semoga bs membantu.

  3. dwi respati

    hai widy… lam kenal ya…

    ttg BT dg cara mematangkan sel telur diluar rahim aku memang pernah baca di blog nya Dr. prima. cuma aku blom denger ada yg mengikuti program itu… karena selama ini progr BT yg seperti biasa itu pake suntikan gonal F. ada juga BT yg stimulasi sel telur bukan dengan suntikan tapi dg obat oral. temenku berhasil dg obat oral di abdi waluyo dg dr karel…. malah sekarang sudah lahiran…

    klo aku kemaren ikut prog BT di klinik morula dg dr ivan. aku tinggal di depok, tapi tetep untuk prog BT ini dilakukan di morula menteng. kemaren aku habis 50jt (cuma sayang belum berhasil), karena kebetulan di morula lagi ada program discount. setiap bulan oktober – desember morula ada prog discount, discount 10% untuk obat-2 an dan 20% untuk tindakan OPU dan ET. kalo misalnya mau konsul ke dr ivan, di depok dia praktek di RS bunda margonda hari sabtu jam 18-selesai. tapi harus daftar dulu karena pasien dr ivan banyak banget. klo di morula dia praktek tiap hari…

  4. amalia

    Hi Widy, slm kenal ya 🙂

    Kalau klinik BT di jkt rata2 semua bs dg metode ivm, tp biasanya krn kondisi pasien yg PCO ya bkn krn bosen suntik2, hehehehe…saya sendiri pasien dr.ivan di morula-bunda. Selain di morula-bunda, yasmin-rscm & teratai-gading pluit, km bs cb konsul dg dr.yuslam di rspi u/ tanya2 soal BT dg metode IVM. Tmn saya kebetulan ada yg IVM dg dr.yuslam, u/konsul bs di rspi, tp untuk tindakan OPU & ET mmg tetap dijlnkan di RS Family Pluit.

    Smg info tsb bs membantu & smg cpt berhsl ya program hmlnya 🙂

  5. Nia

    hai…amalia met kenal ya kalo boleh tau kamu lagi program bt juga ya…habis berapa ya total?trus kalo boleh tau teman kamu di rs family biaya berapa?karena saya mungkin bulan depan pengen coba bt juga kalo ga family mungkin k bunda juga……tq ya sebelumnya.

  6. amalia

    Hi juga Nia…

    Alhamdulillah program hmlku sdh berhsl, skrng sdh hml 36 minggu, tinggal menunggu detik2 terakhir 🙂 aku program 8x insem gagal, 2x ivf jg gagal, berhslnya mlh lwt insem natural, dg dr.ivan jg. Ivf di morula sih tergantung dosis suntikan & brp lm suntik gonal-F/puregon, mulai dr 50jt-an & akan mkn mhl kl dosis & lm suntikannya smkn bnyk. Dosis & lama suntikan, ditentukan sm dokter berdasarkan permasalahan msg2 pasangan. Aku kmrn 2x ivf semua long protocol dg dosis gonal-F 325iu & 9 hari suntik, biayanya skitar 70jt-an setiap kali ivf.

    Kl tmnku yg ivm di RS Family, dia suntik gonal-F 3hari, per suntik 150 iu, hbs skitar 50jt-an mnrt dia.

    Kayanya kl soal biaya BT di jkt, ga terlalu bnyk beda lah di msg2 klinik, jd tinggal km cari aja obgyn & klinik mana yg km & suami berasa nyaman u/ program. G’luck with the program Nia 🙂

  7. rara

    Hi widy,
    Klo IVM saya blom pernah dengar.tp kalo bosan suntikan,mungkin bisa dcoba BT dengan dr.K,obat stimulasi telurnya oral smua. Saya sndiri BT dengan beliau jg dan sudah melahirkan skrg.smoga bhasil widy

  8. isti

    hai rara.salam kenal ak isti,saya lg cari info biaya batab dg dr karel.tlg shrenya dong.soalnya ak jg rencana batab. oh ya klo boleh tahu masalah km apa ya dan kapan programnya.tlg infonya please..e…es.ini email ak.isti.rahayu@ovi.com

  9. Tati

    hai rara, aku juga baru mulai program dgn dr. karel tgl 24 Peb 2011 kemaren… sperma suami kualitasnya kurang bagus, dan kami dikasih obat 3 resep berturut2 utk berdua dan khusus utk suami khusus surbex z, andriol dan alinamin…. waktu konsul aku langsung blg ke dr. Karel mau BT, tp beliau tersenyum dan bilang bhw harus proses awal dulu… kalo aku bulan ini belum hamil juga, bisa gak ya langsung blg ke dr. Karel utk langsung BT.. karena katanya sblm BT, beliau selalu nyaranin utk insem dulu…. share cerita BTnya ke kita2 dong….

  10. rara

    Hi mbak isti dan mbak tati,
    @mbak isti : untuk biaya BT d dktr K,karena kondisi sperma suami 3 juta dan morfologi bgs,bs BT d abdi waluyo.mnrt pengalaman yg BT d sana,total biaya plus obat 17 jutaan.
    @mbak tati : pengalaman saya dktr K memang nyaranin alami,insem baru klo blum bhasil baru disarankan BT.
    Saya byk sharing dgn sesama pasien,memang banyak jg yg bhasil hanya dgn insem,walopun permasalahannya ckp berat.

    Sblum memulai program saya mulai berolahraga tratur dan makan makanan sehat. Hasilnya memang proses stimulasi telur lebih mudah sehingga kuantitas dan kualitas sel telurnya lbh baik.
    Smoga dpt membantu. Ttp smangat mbak

  11. isti

    mbak rara,thanks bgt sharingnya.besuk aku mau mulai konsul dl.kebetulan besuk pas hari ke-2.klo sy kasusnya kedua tuba non patent dan hidrosalping.apa di suruh lo dulu ya.

  12. isti

    hai temen2 yg lg berjuang mendptkan buah hati.tetep semangat ya.biarpun nunggu berjam-jam.rela deh demi buah hati.mohon saling mendo’akan ya smga kita semua di beri kesemptan untuk menimang anak kita.amiin.

  13. Tati

    buat rara, thanks banget infonya…. hari minggu tgl 20 maret kemaren aku mens lagi, dan tgl 22 maret aku konsul lg ke dokter karel, dan aku blg mau langsung BT, trus dikasih resep progynova dan kenacort… trus aku dijadwal dtg lg tgl 31 maret.. dan ada memo utk pendaftaran bahwa aku pasien no. 1 Bayi Tabung… yang mau aku tanyain lg :
    1. apakah tgl 31 Maret itu langsung mulai proses BT atau cuma mengecek perkembangan telur aja….
    2. setelah beres mens dan sebelum tgl 31 Maret konsul ke dokter boleh berhubungan suami istri seperti biasa, atau jgn dulu khawatir langsung proses BT/OPU atau bagaimana dulu??

  14. isti

    hai mbak tati,tgl 22 ak jg ke dr karel loh.tp baru konsul pertama dan ak dpt no 11.kmrin aku di ksh resep vibramycin 20 utk 2 org.dan tgl 30 maret ak ada jadwal hidro tubasi di bunda.tolong sharenya dong temen yg udah pernh hidrotubasi tanpa bius sakit gak ya?.sy jg pernh hidro tp dulu di bius.

  15. ari

    Mbak Widy, boleh tanya yah, teknik ivm itu gimana yah ? yang pernah aku denger dan alami itu teknik ivf. aku baru bt bulan des 10 yang lalu, tp gagal karena dinding rahim tipis, sempet nempel sih cuma lemah bhcg cuma 19 aja. rencana mau lanjut et embrio yang freezing. tolong sharing ya mbak

  16. rara

    Mbak tati,
    kalau pengalaman saya, kunjungan kedua masih dilihat perkembangan sel telurnya. Kunjungan ketiga biasanya sudah terlihat jumlah dan ukuran sel telur. Setelah itu ditentukan tanggal OPU. Klo saya OPU 3 minggu stelah stimulasi pertama. ET 3 hari stelah OPU. Pada waktu masa stimulasi telur ini jangan lupa olah raga teratur, makan makanan sehat dan hindari minum obat2an lainnya.
    Mbak isti,
    Saya belum pernah hidrotubasi mbak. Hanya menurut teman saya yg pernah dihidro agak sakit memang. Gapapa mbak, ttp smangat ya

    Semoga bisa membantu

  17. Tati

    mba isti: oooo mba isti ternyata ada disana tgl 22 maret? lumayan antri juga ya, aku aja kebagian jam 10 malem, aku antrian nomor 15, itu konsul yg kedua, aku dijadwal lg tgl 31 maret….

    mba rara: thanks atas sharenya…. doakan mudah2an aku bisa berhasil spt mba rara…

  18. isti

    mbak rara:apa mbk rara yg nanya ak bukan ya?yg duduk di bangku tengah di belakang ak.kmrin sblum jln sy nelpon suster ktya jam 6 giliran sy,yaaa akhirnya sy jln smp rs jam 6.eeeehhh ternyata nunggunya luuuaaamaaa bgt.ak no.11 dptnya sekitar jam 9.ak besuk tgl 30 ke bunda ada jadwal hidro sm dr karel.do’ain ya mbk,mudah2an gak ada yg serius.dan mudah2an bt nya mb rara sukses.amiiin.kbri ya klo abis konsul lg.

  19. olieanwar

    Salam kenal mbak Widy, tehnik IVM itu memang salah satu modifikasi IVF. Bedanya IVF biasa telur distimulasi dengan obat sementara IVF-IVM telur dimatangkan di luar setelah injeksi HCG. Tehnik ini sangat baik untuk pasien PCO krn menghindarkan dr resiko hyperstimulation. Pelopor paling berhasil tehnik ini adalah klinik IVF Namba di Osaka, Jepang. Di Indonesia, klinik yang pernah melaporkan berhasil dalam skala penelitian adalah RS Family (dari 9 pasien PCO, sejumlah telur berhasil dimatangkan di luar, 2 berhasil hamil). Sayang, tidak ada info lebih jauh apa tehnik itu dikomersilkan di RS Family. Dgn tehnik ini, biaya IVF jg jadi lebih murah karena tidak perlu obat-obatan induksi folikel. Semoga bermanfaat.

  20. susan

    Hai, Widy, mungkin saya telat ya nge-post skrg. Saya jg mau coba bt, rencananya mau di surabaya, tp ga jadi karena teman saya di jkt memberitau soal IVM. Jadi saya pun cari info soal IVM. Kemarin saya & suami konsultasi ke jakarta (saya tinggal di bandung) dengan dr m di rsia family. Saya disarankan ikut IVM karena saya punya pco, untuk mencegah hyperstimulation pada IVF biasa seperti yg dikatakan olieanwar di atas. Biaya memang lebih murah dibandingkan IVF. Tapi memang IVM disarankan untuk pasien pco seperti yg dikatakan amalia. Berkali2 saya coba program hamil dengan obat penyubur biasa tapi ujung2nya malah tumbuh kista, itu juga yg jadi alasan dr menyarankan saya ikut IVM dibanding IVF. Saya sedang berpikir & menunggu siklus mens berikutnya untuk ikut IVM. Prosedurnya, hari ke-2/3 mens diminta datang untuk cek awal, ada 3 jenis yaitu usg bif, lab lengkap & hormon, sedangkan suami diminta tes sperm. Sesudah itu baru nanti dikabari lagi untuk pengawasan folikel. Semoga info ini bisa bermanfaat.

  21. Wati

    Salam kenal.

    mohon info dari mbak Susan dan teman2 lain.

    Saya Wati, tinggal di makassar. usia saya 41 tahun dan suami 43. Haid saya lancar. Hasil pemeriksaan dokter selama ini menunjukkan bahwa sel telur ada dan lebih dari 1, namun ukurannya diamaeternya kecil, saya sudah pengobatan dengan oral untuk menstimulasi perkembangang telur tapi belum berhasil hamil juga.
    Apakah ini yg disebut PCO?

    Saya berencana ikut program BT. Mohon info tentang:
    -Sebaiknya BT ke dokter/RS mana ya? (mohon informasi jika ada no telp dokter/RS)
    -kira2 berapa lama waktu yg diperlukan selama proses bt ini? (untuk merencanakan ijin kantor)
    -perkiraan biaya yg disiapkan sekitar berapa?

    Mohon share info ya. saya sangat berharap.
    terimakasih banyak sebelumnya.

  22. wanty

    @wati:
    *)RSAB Harapan Kita (Klinik Melati)
    Jl.Letjen.S.Parman Kav.87 Slipi Jakarta 11420
    Telp.(021)5668284.Hp:08001527441 (bebas pulsa)
    *)Morula-IVF (Bunda):
    Jl.Teuku Cik Di tiro No.12
    Menteng-Jakarta Pusat
    Telp:021-392-6393 Ext 820/821
    (kebetulan saya BT akan mulai BT disini bulan ini dengan Dr.Indra C Anwar,perkiraan harga 60jutaan)
    dokter lain :
    -)Dr.Anggia Melania
    -)Dr.Irham Suheimi
    -)Dr.Ivan R Sini
    -)Dr.Taufik Jamaan
    untuk bulan ini ada program diskon anak shio naga 12,5%,batas ampe bulan ini.biasanya ada program diskon lainnya.
    *)Klinik Yasmin, Immunoendokrin reporoduksi dan menopause. Paviliun Cendrawasih RSCM. Jl. Diponegoro no. 71 Jak-Pus. Telp. 021-3928567, 021-3918301. disana ada tim dokter, antara lain Dr. Budi Wiweko, Dr. Muharram, Dr. Andhika, dll.
    *)RS Abdi Waluyo, Jl. HOS Cokroaminoto 31-33, Jakarta. Telp 3144989. Dengan Dr. Karel, dia juga praktek di RS Bunda.
    *)Untuk yang tinggal di sekitar Bandung bisa ke Klinik Aster, RS Dr. Hasan Sadikin, Jl. Pasteur 38 – Bandung 40161, Phone: 022-70813800.
    *)Teratai Fertility Clinic (Rs.Gading Pluit)
    Jl.Boelevar Timur Raya-Lt.4-Kelapa Gading
    Jakarta Utara.
    Telp.(021)4520201 atau 4521001
    SMS Center (0888-858-6663)
    *Dr.Aucky Hinting (rs.Siloam)
    Jl.Wr.Supratman 59 Surabaya Timur/Gubeng
    Telp.031-5674360
    Semoga infonya bermanfaat..dan saya mendoakan semoga TUHAN senantiasa memberikan jalan terbaik dan kekutan kepada teman-teman semua dalam berjuang mendapatkan keturunan..GBU.amien

  23. wanty

    @wati:you’re welcome..terima kasih doanya..klo soal telur nanti dengan terapi suntik juga bisa distimulasi menjadi besar dan banyak
    kok.setahu saya ada beberapa dokter yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang manis2 u/penderita PCO (sel telur kecil2) dan biasanya diresepkan obat diabetes.kayaknya kasus wati gkterlalu berat :)Temenku malah bisa hamil alami setelah 2tahun kosong dengan konsumsi obat diabetes dan pantang makan yg manis2.klo soal BT yang berhasil diusia 40an,ada yg berhasil kok.aku pernah baca tapi lupa di forum yg mana.

  24. Angie

    Hai smua…
    Saya penderita pcos juga.uda 2 thn merit.tadi aku baru Aja ke rs family untuk konsul Dan disarankan utk ikut program IVM. Memang tngkat keberhasilan hanya Sekitar 30% . Tapi utk pasien pco memang disarankan utk ikut IVM. Gmn,Ada yg uda pernah coba belum? Share ya.thanks

  25. Ruri

    @mb angie
    Sya juga penderita pco, sudah 1 tahun menikah. saat ini sy konsul di Yasmin Kencana disarankan untuk BT. sy masih cari2 info juga, kalo di Yasmin estimasi biaya sekitar 65jt, kalo di Family dengan teknik IVM biaya berapa ya sist? thanks ya buat infonya…

  26. devi

    Sis….sekedar info, penting sebelum ivm atau ivf, kondisi kita harus sehat dulu. Mending 3 bulan sebelum prog.ivm /ivf ikut terapi akupuntur. Pernah baca testimoni pasien2 dr.suryo yg di pekan baru (klo nga salah) banyak berhasil karena pasien sebelum prog.bt disuruh akupuntur. Semoga berhasil semua 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*