Insem, mau coba dapetin anak cowok – Alan

Hallo hallo teman,

Salam kenal ya, aku dan istri rencana mau insem nich. Rencananya sich mau coba dapetin anak cowok, karena anakku dua duanya cewek semua. Maklumlah masih proyek penasaran untuk dapetin cowok. Sharing sharing dong mengenai :

  1. Waktu pengambilan sperma, bisa ngga request sama dokternya untuk hanya sperm kromosom Y aja yang diambil?
  2. Prosentasinya insem buat dapetin anak cowok berapa persen ya? sorry, gue juga baru coba coba insem nich?
  3. Berapa total hari yang dibutuhkan untuk proses awal sampai proses injection sperm ke rahim istri? 2 minggu ? 3 atau lebih dari 4 minggu?
  4. Untuk rumah sakit bagusin yang dimana ya? rs Harapan kita atau rs. Bunda?
  5. Untuk rs. Harapan kita atau rs Bunda, ada referensi mengenai dokter yang terbaik dan berpengalaman? kasih tahu dong.
  6. Sebelum kunjungan dokter pertama kalinya, apakah sebaiknya KB spiral istri dilepas dulu? atau sesudahnya juga boleh (sebelum proses injection sperm ke rahim)?
  7. Estimasi biaya total inseminasi?

Thanks banget ya atas info teman2.
Best Regards,

Alan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 3.22 out of 5)
Loading...

121 thoughts on “Insem, mau coba dapetin anak cowok – Alan

  1. indah

    hai…salam kenal
    alan aku udah pernah insem 1x n aku jg pernah tanya ama dokternya kalo mau anak laki-laki bisa kok diambil kromosom nya yang laki-laki. setauku prosentase inseminasi hanya 10-20 persen . selamat mencoba ya….

  2. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Salam pak Alan…pemilihan jenis kelamin spermatozoa memang belum dapat dilakukan 100% tepat. Prosedur untuk mengetahui jenis kelamin spermatozoa biasanya dalam kondisi sperma sudah di staining/dicat. Jadi spermatozoa sudah mati. Nah…untuk inseminasi metode yang dilakukan masih memungkinkan didapatkan sperma dengan seks kromosom Y. Cuman…yah namanya usaha jadi nggak 100% tapi cukup baik antara 60-80%.
    Sekali lagi tak ada jaminan bahwa kehamilan nanti benar-benar menghasilkan anak cowok, tetapi tetap dalam koridor ikhtiar.
    dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd-Spesialis Andrologi FK UGM Yogya

  3. Yanee

    Dear dr. Dicky.

    Mau tanya kalau utk bayi tabung gimana dok? Apakah memungkinkan untuk mendapat anak sesuai permintaan misalnya minta yg dimasukkan 2 embrio laki2 dan 1 embrio perempuan?
    Atau dari beberapa sel telur yg dipanen minta dibuahi oleh kromosom x sekian or kromosom y sekian?

    Terima kasih atas informasinya.

    Salam
    Yanee

  4. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Yanee…

    Bayi tabung yang selama ini di kerjakan di Indonesia sangat tidak memungkinkan untuk memilih jenis kelamin. Hal ini diluar negeri sebenarnya dapat di kerjakan melalui tahapan biopsi blastomer yang ada di embrio. Biasanya tindakan ini hanya untuk membantu pasangan peserta bayi tabung yang kemungkinan bisa mendapatkan keturunan bermasalah kesehatannya/cacat genetik bila embrio yang di tanamkan punya jenis kelamin tertentu. Misal, penyakit ini kebanyakan menurun pada anak cewek, maka harus diupayakan menanam embrio dengan jenis kelamin cowok.Semoga paham dengan penjelasan saya yah…
    dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd-Spesialis Andrologi FK UGM Yogya

  5. lea

    hai salam kenal,,,

    saya dua org ibuk yg pny 3 anak laki” semua.
    mau minta saran dan pengalaman dari temen” nih,mengenai inseminasi.kalo dgn cara inseminasi u/mencari anak perempuan apa bisa ia???dan kira” dr sapa yg yg berpengalaman dlm soal inseminasi ini…

    terima ksh ia…

  6. Nana

    Dear All,

    Untuk tingkat keberhasilan inseminasi buatan berapa persen ya? usia saya dan suami saat ini 30 tahun.rencananya bulan depan kami akan memulai prog.insem ini.
    Terima kasih banyak….

  7. lisa

    to : dr. dicky

    dok, mau nanya, kl yg dimaksud dokter di luar lebih berhasil dimana ya? saya rencana lg pengen program anak cowo, sudah 3 bulan ini program di dokter dgn mengatur tgl berhubungan tp belum berhasil..
    haid saya jg tidak teratur dok, mungkin krn sebelumnya saya asi eksklusif, br 2 bulan ini saya nyapih anak saya (anak saya memang masih 16 bulan dok, tp kami memang berencana utk segera punya anak lg)….bulan lalu saya sempat telat 13 hari, tp tyt keluar jg..hehe..
    terima kasih bnyk..

  8. lukman

    Yth. dr.Dicky
    Dok, saya mau tanya, alamat praktek dokter selain di rs sardjito dimana? Terimakasih.

  9. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    #1. Dear Lea : untuk dapatkan anak cewek dengan metode inseminasi diupayakan pake metode Gradient. Sperma X dengan berat molekul yang lebih berat di banding sperma Y akan turun kebawah karena gravitasi.

    #2.Dear Lisa : saya sudah mencoba beberapa kali untuk pilih jenis cowok via inseminasi buatan, alhamdulillah berhasil.

    #3. Dear Lukman : praktek saya di RB Sadewa/Klinik Semar, Jl. Babarsari, Yogyakarta, Senin dan selasa pk 18.30-19.30

    #4. Dear all : kalo email bisa ke dickymd@yahoo.com. Insyaalloh saya balas dan bantu sebisa saya lho…

  10. Riana

    q seorg ibu dgn 2 anak cew mua.sy pngen bgt dptin ank cwo dg cara inseminasi.kira2 biayany brapa ya?trus yg pling baik RS di smg dimana ya??

  11. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Riana…Sebenarnya memilih jenis kelamin dengan program inseminasi gak beda jauh biayanya dengan program insem biasa…sekitar 4-5 juta. Kalo di Semarang saya kurang tahu, klinik mana yang mengerjakan.TK

  12. harjana

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Dokter kami mohon informasi praktek dokter dimana, kami akan konsultasi
    terima kasih wassalamu’alaikum wr wb

  13. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear pak Harjana,

    Saya ada di Jogja RSIA SADEWA/Klinik Semar Jl. Babarsari Yogyakarta, senin dan selasa jam 19.00-selesai.
    Kalo praktek pribadi di Andrology and Reproductive Health Care, Sawitsari M-1, Kentungan. Jl. Kaliurang km 6.3 ketimur 150m Yogyakarta. Praktek tiap selasa-jumat pk 4-5 sore

  14. linda

    Hi semua

    Di Tropicana Medical Centre(TMC) KL kita bisa request ke dokter u pilih anak laki atau anak perempuan lho..

  15. eva vickers

    to;dr.dicky ass.saya eva di bali,umur saya 30 th n suami 66 th apa yg yg terbaik yg bs km lakukan ivf/insemination.krn dr suami sudah tdk bisa membuahi secara normal disebakn VASECTOMY .n apakah memungkinkan mengingat umur suami sudah 66 th?? n berapa kira2 biayanya dr 0-selesai.tks atas penjelasannya .wassalam

  16. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    dear Ibu Eva…

    Untuk post vasektomi, bila suami tidak menginginkan rekanalisasi atau penyambungan kembali, maka harapan satu-satunya adalah bayi tabung. Resiko rekanalisasi post vasektomi meskipun berhasil adalah spermatozoa dalam kondisi tidak normal terutama kasus munculnya antibodi. Sehingga, kami di Klinik Infertilitas Permata Hati RS Sardjito Yogyakarta sering melakukan bayitabung meskipun rekanalisasi berhasil. Hal ini disebabkan kemampuan spermatozoa membuahi sangat menurun. Biaya program bayi tabung di jogja berkisar 30 juta (short protocol) dan 50 jt (long protocol). Semoga cukup jelas ya bu Eva. Salam, dr. Dicky (andro.repro.health@gmail.com)

  17. Er

    ass.tks Dr dicky klo mo konsul-ikut program BT bwt janji dulu ato gmn?krn km tinggal dibali.jd km mw dtng diwktu yg tepat n g bolak-balik.bs minta no telpnya dok?n andai BT pertama g berhasl apa bs diulang lg n bagaimna dgn biayanya,byr lg dr 0 ato nyambung aja,n apa diindo diperbolehkan kt menggunakan donor sperma.tks sebelumnya..

  18. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam. Dear ibu Er, sebaiknya suami istri datang pada hari ke 2 mens dengan membawa semua data yang ada misalnya hasil analisa sperma atau HSG dsb. Dibali kan juga ada RS Sanglah. Btw, luangkan waktu 1-2 bulan (tergantung kelengkapan data dan terapi support yang akan direncanakan dokter). Jika ibu di pacu secara long protokol dan menghasilkan embrio > 2, maka sisanya akan di bekukan/ditabung. Nah, tabungan ini akan dipake kalo pingin punya anak lagi tanpa ikut program dari awal. Biaya utk bayi tabung dari embrio simpan beku ini cuman 7-10 jt. Donor sperma? Gak ada di Indonesia dan haram kan hukumnya. Telp. saya 081328045870

  19. er

    Tks dok atas infonya,so kt akan melakukan pemeriksaan dr sini dulu(RS sanglah)selanjutnya km akan hubungi dokter.info ini sngt penting sekal bwt km.tks doktr km akan secepatnya memulai..

  20. coco

    hai. dok

    saya telah berhasil dlm imseminasi pertama dan mendapatkan anak cowok.
    kami berencana untuk melakukan imseminasi bulan depan dan kepingin anak cewek.
    perlu diketahui, bahwa kondisi sel telor saya selalu kecil kecil dan haid tidak lancar.
    1. APAKAH menurut dokter, pada proses imsem , perlukan saya melakukan pemilihan kromosom?
    2. Berapa persen keberhasilan untuk hamil untuk dpt anak cewek dgn kondisi aku yang kurang subur ini? Atau sebaiknya kami tdk melakukan pilihan jenis kelamin saja. Jadi persentase keberhasilan lebih besar ?
    3. Bagaimana crnya mengetahui kandungan sperma suami lebih banyak kromosom X atau Y yah?
    4. Bagaimana caranya agar sperma suami bisa lebih banyak mengandung kromosom X untuk bisa mendptkan anak cewek? apakah bisa dari makanan atau supplement tertentu?

    terima kasih dokter

    salam, coco

  21. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Coco, ini jawaban saya
    1. Bisa dilakukan meski tdk 100% tepat
    2. Untuk kondisi anda sekarang kelas kecil kemungkinan keberhasilan insemnya, maka di atasi dulu masalahnya. Keberhasilan insem 5-20%. Pemilihan jenis kelamin itu cuman teknik mendapatkan sperma dengan seks tertentu, jadi tdk mengubah keberhassilan insemnya
    3. Tidak ada cara yang pasti kecuali dengan FISH (Fluorescen Insitu Hybridisation). Alat ini jarang ada diIndonesia. Begitu yah..
    4. Penelitiannya sampai sekarang belum ada bu, tetapi ada yang menduga sayuran akan memperbesar kemungkinan dapat X.

  22. haris nur salam

    asmkmwwb.apa bedanya bayi tabung dengan inseminasi dok?sy nikah th 2004,thn 2006 oprasi ekplorasi testis di sarjito,dg keluhan azoospermia.kata dokter koas pasca dioperasi sy bs punya anak melalui inseminasi buatan,tp saat sy kontrol ke dokter sungsang rohadi katanya testis sy kanan-kiri ngk ada saluran spermanya,tp sperma di testis bagus dan banyak.shga jalan satu2nya cuma bayi tabung.bgmn solusinya dok?apakah bs dibuatkan saluran sendiri?berapa biaya inseminasi buatan?sy waktu kecil pernah operasi hernia kanan-kiri, apakah karena itu?berapa biayanya konsultasi klinik dokter?terima kasih.wasskmwwb

  23. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam. Pak haris, perbedaan utama inseminasi dan bayi tabung adalah terletak pada proses fertilisasinya. Kalo insem, fertilisasi masih terjadi di tubuh istri, sedangkan bayi tabung terjadi diluar tubuh dan setelah jadi embrio dikembalikan lagi kerahim. Insem sebetulnya identik dengan natural. Klo anda tidak punya saluran sperma tetapi testis masih memproduksi spermatozoa dengan kualitas baik, maka programnya saya sarankan bayi tabung saja. proses penyambungan saluran sangat rumit dan keberhasilan kecil, serta biaya mahal. Tidak ada kaitan antara hernia dan problem anda, tetapi kalo saluran sperma terputus waktu operasi hernia…wah saya kira insyaalloh tidak terjadi. Biaya konsultasi di klinik saya sangat terjangkau. Klinik andrologi dan reproduksi , sawitsari m-1, kentungan jogja. Jl. kaliurang km 6,2 ketimur 150 m, tiap senin sampai jumat pk 5-7 sore. tk

  24. koko dee

    assalamualaikum,pgi dok,saya koko,umur23,sya pgen thu dok kalo varikokel uda skitar 4 thun apa bsa dsmbuhkan dan kalo untuk cek kadar aperma tu brapa ya biayanya???trimakasih

  25. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam, varikokel tdk disembuhkan tapi dihentikan. karena varikokel terjadi pelebaran vena di skrotum. Tdk ada terapi untuk mengecilkan vena kembali, akhirnya di ikat/ligasi. Biaya cek sperma sekitar 75-100rb di lab. Tk, wassalam

  26. Asti

    Assalamualaikum dok, saya mau bertanya mengenai pendapat dokter tentang Antisperm Antibody (ASA). Saya punya masalah dengan ASA, sudah pernah suntik PLI 9x terakhir awal 2009, dan mungkin sekarang antibodi saya sudah naik lagi. Apakah kalau BT harus menurunkan ASA-nya dulu? padahal saya mau BT awal 2011. Mohon infonya ya Dok. Terima kasih.

  27. Gina

    Hi Dok …Happy akhir th nih

    Saya habis bayi tabung & gagal kenapa sih Mrs V saya kering, dulu sebelum bayi tabung kagak kering. Seingat saya waktu proses bayi tabung diberi progesteron yang dimasukan ke V , saya hrs membersihkan progesteronnya kayak tisue ngangkut di V. Apa karena saya sudah hampir 40. Apa FSH juga menentukan banyaknya telur? FSH 4.2 telur cuma 7. Jugaan saat ovulate ada sedikit darah sedikit, kenapa ya…
    Mens saya dulu 27 hari sekarang 25 hari sekali , apa penyebabnya ya kok tambah cepat … saya tau karena hampir 40 th tapi saya ingin alasan medisnya apa tambah tua estrogennya tambah banyak & dinding rahim menebal dengan cepat. Jugaan
    kenapa ada org yang haidnya lebih 32 hari …

    Terima kasih ya Dok
    Untung ada dokter

  28. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam Bu Asti..membaca crita anda, sy menduga bahwa ASA yang dimaksud mempengaruhi proses implantasi. Jadi…kalo ASA tinggi sulit hamil. Berdasarkan jurnal yang ada, antibodi yang menyelimuti spermatozoa justru terapinya adalah IVF/ICSI. Tetapi anti bodi yang berasal dari ibu akan menyebabkan kerusakan embrio. http://www.ivfauthority.com/2009/11/anti-sperm-antibodies-how-do-they.html.Anti-Sperm Antibodies: How Do They Affect Fertility and What Role Do They Play in IVF Outcome?
    Terus bagaimana nih..? Saran saya, mohon ikuti saja saran dokter anda, kalo memang cek lagi titer antibodi anda tinggi ada resiko IVF/bayi tabungnya gagal. Atau barangkali nanti ada obat lain yang dapat menghambat ASA muncul lagi. waalaikumsalam

  29. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Halo Bu Gina…God Bless U di malam tahun baru ini. Pertanyaannya banyak yah..satu2 jawabnya kan.
    1. Semoga bayi tabung yad sukses ya bu..
    2. vagina kering faktor utamanya memang adanya penurunan kadar estrogen, tapi wanita dengan kencing manis kadang juga kering lho.
    3. Betul bu, FSH mempengaruhi banyaknya telur. Karena proses terpilihnya telur yang akan berkembang atas ijin FSH lho
    4. Darah saat ovulasi..?Estrogen nurun dikit saat mau ovulasi. Nah, ini juga bisa dipake tanda kapan mau ovulasi kan..
    5. Tambah tua estrogen tambah dikit bu…mens tambah singkat dan periodenya pun memendek.Endometrium/dinding dalam rahim tentu menjadi lebih tipis dong.
    Tetap semangat, tahun depan semoga hamil..amiin. Yuk doa sama2.

  30. Gina

    Hi Dok
    Wish you having a wonderful year 2011, many wonderful patients in 2011
    Wah terima kasih saya malah takut estrogen saya ketinggian. Ya, waktu ovulate several time lendir tdk bening , ada bercak darah sedikit…udah periksa tidak ada cancer, saya juga negatif dr virus penyebab kanker serviks.

    Allah Bless U , Dok

  31. koko dee

    askum dok,mw tnya lgi nh..klo msal oprasi varikokel itu biayanya skitar brapa ya??dan apakah stelah operasi fungsi dan kadar sperma akan kembali normal???trimakasih dok

  32. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam, kalo di jogja sekitar 3-4jutaan. fungsi sperma bisa kembali normal dengan prosentase sampai 50% tetapi sangat tergantung pada kerusakan awal sperma sebelum opersi. Kalau sperma rusak berat, sulit dapat membaik meski dioperasi. sedangkan kehamilan sekitar 20% setelah operasi mengingat masih ada faktor kelainan istri.Perbaikan secara alami 6-12 bulan pasca operasi.tk

  33. nida

    ASSALAMU ALAIKUM

    Dear DR yang baik,
    Usia saya menjelang 35 th,pernah ICSI gagal,problem saya tube sudah di angkat karna rusak dan telur sangat (waktu ICSI telur cuma 4, 2 yg jadi embrio)dan kualitasnya ga bagus,siklus haid 21 hari,rencana ICSI kembali di bulan april.
    Saat ini Dr saya memberikan obat Ovisteron,folic acid dan pil KB,ahir2 ini ko saya gampang emosi ,cepet marah dan tersinggung apa karna efek dari obat tersebut??
    Apa yg harus saya lakukan menjelang ICSI berikutnya maksud saya dari jenis makanan dan vitamin apa yg bagus buat memperbanyak telur mengingat saya juga harus menurunkan berat badan.
    Apa ada kemungkinan siklus haid saya menjadi normal??karna yg saya tau siklus haid yg bagus 25-35 hari.
    Apa berarti hormonal saya tidak setabil?

    sory kebanyakan pertanyaan doc
    thank’s yaa

  34. rahmaputri

    ass wr wb dr. Dicky Moch Rizal
    saya rahma(26th)suami(27th)sudah nikah 2,5th n belum dikaruniai momongan, uda HSG alhamdulillah ke dua tuba patent, sperma suami 36 jt, cuma saya mengalami keputihan dokter, disaranin untuk coba inseminasi..yg mau sy tanyakan keberhasilannya kira” berapa persen dengan kondisi sy yg mengalami keputihan,,
    terima kasi dokter
    wassalam
    rahma

  35. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    #Dear bu Nida…..,
    keberhasilan mendapat embrio yg baik bergantung pada kualitas sperma dan telur yang baik. Barangkali kualitas sperma gak bagus ya..? OVISTERON isinya mungkin progesteron ya, kalo demikian memang bener mgk marah2nya dari progesteron. Vitamin yang baik untuk telur..? wah maaf sy belum tahu bu. Yang perlu dicari sebab kenapa siklus haid ibu gak normal. Mungkin kegemukan ya..? klo sdh ketemu penyebabnya dan bisa diatasi ..ya mgk saja dapat sembuh kembali

    @@Dear Bu rahma…waalaikumsalam
    Terus berdoa dan berusaha ya bu..Cairan vagina yang terinfeksi/Keputihan dapat membunuh sperma lho. Nah, mungkin inilah sebabnya mengapa dokter sarankan insem suapay sperma gak kena getah vagina. Cuma saya kuatir juga jangan2 kuman dari vagina dapat masuk kerahim karena mengkontaminasi kateter yang dipake untuk inseminasi…Coba tanyakan kembali ke dokter ya bu..wassalam

  36. rahmaputri

    dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd
    Terimakasi dokter atas informasinya..sangat berguna bagi sy dan suami..
    Sepertinya hal itu yg membuat sy blm pernah hamil smp saat ini..
    Apa sy tidak bsa hamil scr alami dokter?kalo kondisinya sperma mati sebelum berjauang, apa dpt dikategorikan seperti antibodi sy tinggi?

  37. gina

    Dear Rahma..

    Keputihan diobati toh, ke dokter nanti sampelnya diambil dan akan tau keputihan jenis apa. Kalo bisa suami diajak juga, karena kalo tidak bisa tertular dari suami juga. Sebenarnya keputihan itu wajar2 tapi kadang bisa berubah jadi banyak karena hormon, keasaman. Kalo saya keputihan karena makan sauce2 terlalu banyak, ato asam, sering kena candida ato jamur.
    Kebiasaan cebok saat buang air juga dapat mnyebabkan keputihan. Pertama airnya di bak mandi atau ember yang tercemar dr anggota keluarga . Ke dua : perhatikan crnya, usap(bersihkan) V dulu baru anus. Anus kan kotor.

  38. rahmaputri

    dear sist gina

    makasi siss infonyaa..mang dr smp rahma tu hobby bgt sm yg namanya buah yang serba asam,(barangkali ngaruh banget ya sist) cuma uda 2 bln ini sudah stop sm sekali dengan yg asem”…tar februari mau konsul lagi ke aucky sis..dr awal salah rahma ga bilang kalo ada keputihan 🙁 , uda dr maret kmaren rahma konsul ke aucky..cuma sempet vacum 4 bln an,,baru ni mulai lagi bln feb besok.. menyiapkan biaya dan mental pastinya,,bismillah semoga ga ada kendala
    makasi bgt ya sist gina..

    salam
    rahma

  39. koko dee

    assalamualaikum,mlam dok sya mw tnya kmaren sya priksa cek analisa sperma dgan hasil:ASTHENOZOOSPERMIA yaitu:1.PEMERIKSAAN MIKROSKOPIK:
    spermatozoa :>100/lpb
    pergerakan :10/15/20/55%grade3/2/1/0
    rundzellen :0-1/lpb
    lekosit :1-3/lpb
    eritrosit :0-1/lpb
    sel spermiogenesis:0-1/lpb
    aglutinasi :positif
    2.PEMERIKSAAN MAKROSKOPIK:
    Volume :4,8 ml
    warna :putih kanji
    bau :khas
    pH :8,0
    viskositas :1,0detik
    likuefaksi :20menit
    3.PEMERIKSAAN BIOKIMIA:
    Fruktosa :positip>50mg/dl
    4.MORFOLOGI:
    KEPALA
    normo :84%
    poro :5%
    lepto :3%
    terato :6%
    mikro :1%
    makro :1%
    double :-%
    5.SPERMATOZOA:
    konsentrasi :21,4juta/ml
    motilitas :25%grade 3 dan 2
    morfologi :81%
    jumlah total :102,72juta/ejak
    6.BAGIAN LAIN:
    midpiece defect:-%
    cytoplasmic dropplet:2%
    tail defect :1%
    viatabilitas :-%
    lekosit :-juta/ml
    sel spermio :-juta/ml
    yang ingin saya tnyakan dok apkah dengan hasil analisa diatas kadar sperma saya msih normal untuk bisa mempunyai momongan???trimakasih dok

  40. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam…dari analisa sperma memang menunjukkan penurunan kualitas, tapi ingat masih ada sperma yang bergerak maju lurus dan cepat. Sperma inilah yang masih membuka peluang utk tetap bisa menghamili. Oleh sebab itu, tetaplah berusaha, coba minum antioksidan vit E, C atau zinc. Co enzim Q10 juga baik utk meningkatkan kualitas. wassalam

  41. Gina

    Dear Rahma……..
    Periksa saja keputihannya jenis apa, ke dokter kulit & kelamin. Kalo masih keputihan setelah hati2 dgn segala mcm, berarti dr alergiu makanan & hormon, itu sih kagak apa2.
    Habis ke dokter, steril segala macam…jugaan pake sabun cair saja. Karena sabun padat kadang tercemar dengan kuman …tampung air dengn ember saja. Sehingga kalo mau mandi bisa dicuci dulu embernya ato pake shower saja.

  42. nida

    Dear dr Dicky,yang baik

    Saya mao tanya lagi dok,saya operasi(laparacopy)pembuangan kedua tube saya di bulan november 2010,setelah operasi ga dapet haid lalu dr saya memberikan pil perangsang haid setelah 14 hari haid keluar sampai sekarang aku ga dapet haid lagi haid terahirku tgl 30 december.Saya sudah menelfon dr saya dan menanyakan hal ini tapi karna saya lagi di jakarta (saya medical di india)dia ga bisa periksa secara detail dr saya juga bingung kenapa haid saya jadi berantakan.
    Yang saya mao tanya kenapa ya dok ko mens saya ga dateng setelah laparascopy??
    apa karna saya kelamaan minum obat hormon???

    Mohon jawabannya terima kasih doc,

  43. Beatrice

    Dear dr Dicky. Sy (28thn) seorg ibu dr 2 anak perempuan, 2 n 4 thn. Sy kebetulan sedang mencari cr untuk mendptkan anak laki. Kebetulan ini merupakan kesempatan terakhir bg sy, krn kedua anak sy dilahirkan melalui cesar. Yg ingin sy tanyakan adlh; mana yg lbh akurat insem atau IVF dlm pemilihan gender? Apakah IVF bs pili gender, dok? Bgmn caranya? Secara sy menolak PGD. Sy mempunyai PCO, sedang mengkonsumsi metformin 2×1 , sudah selama 2 bln ini. Menurut dokter, pilihan yg mana yg paling tepat untuk sy? Insem atau IVF? Thx

  44. shinta

    Dear dr Dicky,

    Saya 29 thn, nikah sudah 2thn. 1.5 tahun yang lalu sy dikuret pada usia kehamilan 3 bln. sampai nsekarang belum hamil lagi. hasil analisa sperma suami 50 jt, dan sudah dilakukan peniupan rahim jg. Saya tertarik untuk program inseminasi di yogya (saya di kalimantan).

    untuk program inseminasi, apakah sumai harus selalu datang di setiap sesi pengobatan?
    berapa lama waktu yang diperlukan sampai proses insem selesai?
    berapa kisaran biaya yang diperlukan untuk insem tersebut?

    Terimakasih untuk infonya

  45. Faisal

    Assalaamu’alaikum wr. wb.
    dr Dicky yang dirahmati Allah, saya seorang pria yang sudah menikan hampir 9 tahun, ttp belum dikaruniani anak. dari pemeriksaan lab, konsultasi dokter, konsultasi dg herbalist, saya menyimpulkan bahwa kelainan ada pd fungsi reproduksi saya. mhn saran dokter. sykron, jazakillah.
    wassalaamu’alaikum wr.wb

  46. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Nida, laparoskopi adalah suatu teknik melihat organ dalam dalam hal ini organ reproduksi. Utk kasus anda, kebetulan sekalian tubanya dibuang. Sedangkan gangguan hormonal yang bisa berakibat pada gangguan menstruasi melibatkan ovarium. Nah apabila ovarium tdk diapa2kan ya seharusnya mens tdk terganggu lho. Yang bs saya sampaikan disini, dibuangnya tuba gak ada hubungan denagn gangguan mens, mungkin yg terjadi ada problem baru dari gangguan hormon anda, gitu kalee..

  47. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Beatrix…IVF bukan cara utk memilih jenis kelamin tertentu. PGDlah cara utk memilih jenis kelamin yang merupakan rangkaian/lanjutan program IVF. Pemilihan melalui PGD adalah pemilihan embrio bukan milih sperma lho. Tentu PGD rumit dan ada indikasinya, misalnya takut adanay jenis kelainan genetik yg berhubungan dengan jenis kelamin tertentu. Inseminasi bagaimana..? ini merupakan teknik memilih sperma secara laboratorium. Keberhasilannya ya sekitar 70-80% memilih jenis kelamin ttt. Jadi kalo mau sederhana ya inseminasi sajalah…

  48. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Assalamualaikum pak faisal,
    Cobalah utk memeriksakan diri ke androlog pak faisal. Silakan ke Yogyakarta ketemu dengan sy kalo pas ada waktu. Kelainan organ reproduksi pria ada yang dapat tertangani dengan baik, ada yang tdk. Karena ada kelainan yang ringan tp ada juga yg berat. Nah, berhubungan sy gak punya data anda, silakan kirim data lab anda melalui email pribadi, bukan forum ini. Insyaalloh sy bantu.

  49. nida

    Dear dr dicky

    Ia memang ovarium ku ga di ganggu gugat masih normal berarti hormon aku aja yg ke ganggu ya,ahirnya aku dapet mens tgl 2 maret, mens terahir 30 december,tapi mens yg sekarang cuma 1 hari biasanya haid ku 7-8hari.
    Sekarang aku berenti minum obat hormon aku cuma konsumsi folic acid dan suplement aja seperti omega3(salmon oil) gitu doc.harap saran dokter.

    terima kasih banyak atas jawabannya

  50. nida

    Dear dr dicky,

    Ia memang ovariumku masih normal dok,ahirnya aku dapet haid tgl 2 maret(mens terahir tgl 30 december)tapi mens yg kali ini cuma 1 hari biasanya aku mens 7-8 hari.
    sekarang aku berhenti minum obat hormon,aku cuma minum volic acid dan suplement omega3(salmon oil).Mohon saran dokter.

    terimakasih banyak dokter atas jawabannya.

  51. mer

    dear dr dicky
    saya 27 tahun, suami 28 tahun. sudah menikah 2,5tahun tapi belum juga dikaruniai momongan… bulan lalu saya cek ternyata suami saya dinyatakan oligoasthenospermia.
    pertanyaan saya:
    1. apakah oligoasthenospermia itu????
    2. apakah hanya bsa diatasi dengan bayi tabung???
    3. saya terinfeksi tokso dan cmv,apakah mempengaruhi keberhasilan proses bayi tabung??
    4. biaya utk bayi tabung sekitar berapa dok di permata hati??
    5.jika bayi tabung yang pertama gagal, apakah bisa diulang hanya dengan embrio yg sudah dibekukan??
    6.sebelum bayi tabung apakah saya harus dilaparaskopy dulu???
    7. berapa lama proses dari persiapan bayi tabung sampai selesai???

    astaga!!!!! ternyata pertanyaan saya terlalu banyak dok….maaf sekali dokter…mudah2an dokter mau membalas pertanyaan saya(panjang lebar ya dok..hehehe)terimakasih buanyakkkkkkkkkkk. GOD BLESS U

  52. dr. Dicky Moch Rizal, Mkes, SpAnd

    Dear Mer, oligoastheno itu jumlah <20jt/ml dan gerakan kurang baik. Krn blm pernah mriksa suami, so sy gak bs komen ttg kausanya. Gak selalu hrs bayi tabung kok, tergantung sebabnya. Di permatahati skitar 30-50 jt. Klo embrio ada sisa, kami bekukan. Trus bs ditransfer klo perlu. Laporoskopi baik sekali sblm by tabung utk persiapan, tp.tdk harus lho..

  53. dr. Dicky Moch Rizal, Mkes, SpAnd

    Dear nida, semoga makin lama siklus kembali normal. Klo suplemennya sih oke2 aja kok…

  54. mer

    thanks a lot for the answer dr. dokter….sorry mau nanya lagi:
    1. mengenai tokso dan cmv saya enaknya gimana dok?? sebelum ikut bayi tabung,apakah harus negatif dri semua virus??? padahal igg dn igm ku semua positif dok??? lama gak ya penyembuhannya dok??? kalo lama sembuhnya berarti bayi tabungnya mundur terus ya dok???

    2. kalo jumlah sperma suami kurang dari 1 juta apakah bisa hanya dengan inseminasi dok??? bagaimana kesempatan utk berhasilnya dok???

    3.laparaskopy itu untuk apa ya dok??maksud saya utk melihat apa??? biaya nya laparaskopy berapa dok??? apakah harus rawat inap???

    4.dr kandungan yg bagus di permata hati siapa ya dok?? lebih enak dengan dr amino atau dr anwar ya dok??(karena yg saya baca dari internet kebanyakn pakek dr anwar dan dr amino)

    5.sekarang saya lagi konsultasi dengan dr spog yg bukan dari permata hati…apakah ada baiknya saya berobat ke spog di permata hati juga utk memudahkan suami saya yg rencananya juga mau berobat ke dr.dicky???(jadi sama2 tau langkah apa yg harus diambil dalam kasus saya ini, karena masih satu rekan kerja….)

    maaf dok…saya cerewet bgt yach…pertanyyaan nya banyak terus…padahal dokter kan sibuk.tapi masih bisa menjawab pertanyaan kami semua disini dengan sabar.terimakasih banyak ya dok sudah membantu saya.

  55. digna

    dear dr. dicky

    Saya berumur 35 tahun dan suami saya 31 tahun, kami sudah 1 tahun menikah dan belum di karuniai anak, saya sudah berkali-kali ke Dokter Kandungan, dan tidak ada permasalahan di rahim saya. Akhirnya suami saya cek Sperma dan FSH di Laborat, dan hasilnya adalah Azoospermia, FSH = 4,53.

    Kami sudah mendatangi dokter Andrologi di Surabaya, kami memang disarankan untuk Bayi Tabung, tp biayanya sangat mahal dan itu masih kami pikirkan.

    Apakah tidak bisa dengan Inseminasi?

    Sementara ini suamiku hanya di beri Suplemen Q10 dan Nonflamin.
    Karena FSH = 4,53 masih di dalam batas normal, dokter menyarankan supaya bulan depan cek Sperma lagi.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah suamiku bisa normal kembali?

    Terima kasih atas penjelasan dan solusinya.

  56. dian

    Assalamualaikum Dok,
    Saya sudah menikah sekitar 1,5 th dan blm dikaruniai momongan, dari hasil pemeriksaan sel telur saya berkembang dgn baik pada masa subur, hormon tidak bermasalah, dan kedua tuba paten, hasil Analisis sperma suami juga Normozoospermia. Oleh dokter kandungan saya langsung disarankan inseminasi buatan tanpa diberi vitamin apapun. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Pemeriksaan apalagi yang bisa kita lakukan? kenapa langsung disarankan inseminasi?
    2. Dari hasil analisis sperma volumenya hanya 2,5 ml, apa itu cukup? Sedangkan ketika berhubungan sepertinya banyak sperma yang tumpah diluar vagina. Dorongan sperma ketika keluar pun tidak kuat, tapi seperti menetes, bagaimana pendapat dokter?

    terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter. wassalamualaikum.

  57. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear mer :
    1. Itulah CMV dan Toxo, kayaknya memang ngganggu yah…usahakan negatif dululah. Kasihan babynya kalo pas positif tetap hamil juga.
    2. Kalo sperma 1 juta buat insem? wow..kurang banget. Tapi kalo panennya didapatkan 1 juta yang motil atau gerak aktif itu baru oke..
    3. Laparoskopi baik sekali utk melihat kondisi real dari organ repro ibu. Biayanya macem2 tgt daerah, jakarta pasti lebih mahal, terus tindakannya kalo cuman diagnosis pasti lebih murah. Rawat inap tp cuman 2 hari kok.
    4. Semua dokter oke kok hehehe…beliau berdua sdh sangat senior
    5. ya iyalah…lebih baik dipegang dokter di institusi yang sama. oke..

  58. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Digna

    Kalo azoospermia artinya gak ada spermatozoa di cairan spermanya. Jadi pasti gak bisa utk inseminasi. Kalo bayi tabung insyaalloh bisa dengan cara mengambil spermatozoa yg di katung sperma atau di testis.
    Hormon suami mb digna masih dalam batas normal jadi ada kemungkinan sumbatan saluran. Jalan lain? mungkin bs di lakukan pencarian lokasi sumbatan lalu dilakukan operasi. Tapi keberhasilannya kecil, malah biayanya mahal. Mending bayi tabung deh..
    Pemberian nonflamin karena dokter suami mengira ada peradangan yang membuat saluran sperma menutup. Boleh di coba priksa sperma ulang kalo sudh habis obatnya yah..tetap semangat!

  59. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Dian…
    Inilah yang membingungkan pasien yah…kalo normozoospermia ngapain di insem yah?
    Hasil periksaan sperma normozoosperma belum menjamin kondisi tsb konstan. Makanya priksa ulang ya..Insem dilakukan utk meningkatkan kemungkinan hamilnya, tapi kalo sy mungkin akan fokus ke sperma dulu. Barangkali ditemukan kelainan hormon yang mempengaruhi kualitas sperma. Banyak kasus yng saya temukan, sperma bagus tp hormon jelek. Cukup dengan terapi hormon alhamdulillah baik hasilnya dan istri hamil.
    Apalagi kalo dari crita anda sperma suami keluarnya menetes. Jangan2 hormon testosteronnya menurun, karena semprotan sperma dipengaruhi kadar hormon testosteron lho…!

  60. vivi

    dear dr dicky
    dokter saya mau nanya donk,dok suami saya azoosperma dan kami udah ikut bt tapi gagal…dokter apakah operasi tese dapat memperburuk hormon fsh suami(fsh jadi tinggi)…tapi testosteron dalam range normal…dan apakah sperma yang diambil dari testis itu kualitasnya kurang bagus dibanding kalau keluar normal…pas bt kmrn embrionya grade excellent n good tapi tdk nempel lama sempet positif cuma bhcg rendah (34.70)…oh iya saya jg ada adenomiosis…apakah bt kmrn gagal kalau mnrt dr dicky karna sperma atau rahim saya yang kurang bagus karna ada adenomiosis…thanks a lot ya dokter

  61. dr. Dicky Moch Rizal, Mkes, SpAnd

    Dear vivi..
    Embrio yg bagus membuktikan bhw spermatozoa dan telur oke lho. Nah, kllo gitu perlu perhatian buat adenomiosisnya. Kan itu juga menghalangi implantasi embrio. Oya klo tese bs meningkatkan fsh mungkin klo jaringan testis makin rusak. Gitu ya…dan sperma dari ejakulat mmg lbh baik kok.

  62. vivi

    dear dr dicky
    oh begitu ya…thanks ya dr atas penjelasannya, iya ini saya lg konsentrasi utk adenomiosis…doain mudah2an ada jalan keluar dan bisa jadi mommy hehe….

  63. Ahmad

    Dear dr. dicky, saya (25) kemarin tes sperma dan hasilnya adalah oligoasthenozoospermia, dengan rincian sbb:

    Spermatozoa : 40-60/lpb
    pergerakan : -/20/27/53 (A/B/C/D)
    rundzellen : 2-3/lpb
    sel spermiogenesis : -%
    Leukosit : 4-6/lpb
    Aglutinasi : negatif

    morfologi kepala:
    Normo 48%
    piri 14%
    lepto 12%
    terato 12%
    mikro 9%
    makro 5%

    spermatozoa:
    konsentrasi 14 juta/mL
    motilitas 47%
    morfologi normal 48%
    jumlah total 63 juta/ejakulasi

    nah, dgn hasil tersebut gmn y dok?
    1. apakah sulit kalau mau punya momongan dgn cara alami?
    2. alternatif agar kami dapat segera punya momongan (sudah nikah 1 tahun).

    terima kasih atas jawabannya dok

  64. dr. Dicky Moch Rizal, Mkes, SpAnd

    Assalamualikum pak ahmad,

    Klo liat hasilASnya menunjukkan sperma yang kurang secara kualitas. Meskipun demikian utk manual WHO yang baru masih dikatakan jumlah normal krn lebih dari 13 jt/ml. Sedangkan motiiitasnya yang A tidak ada, secara alami menunjukkan spermatozoa yng mampu gerak cepat dan lurus yang diharapkan mampu nembus sel telur gak ada. Cobalah priksa ke androlog, mgk ada varikokel atau kelainan hormon. Insyaalloh dapat jawabannya. wassalam

  65. koko dee

    assalamualaikum dok,sya mw tnya kmaren saya cek sperma dan hasilnya normozoospermia….apakah hasil trsebut bgus ato ga dok???trimakasih dok

  66. novita

    Assalamuallaikum,
    Saat ini saya tinggal di belanda, suami saya 5 tahun yang lalu pernah vasektomi. Sekarang saya mengikuti program ICSI, dan sedang berjalan dgn penyuntikan lucrin beserta obat lainnya. Suami saya sempat di operasi lagi untuk pengambilan sperma. Yang saya ingin tanyakan, apakah besar kemungkinan saya bisa mendapatkan anak melalui ICSI atau bayi tabung ini? Terima kasih

  67. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam

    Dear Novita, saya mempunyai beberapa pengalaman pasien post vasektomi. Umumnya bisa melewati tahapan fertilisasi dengan baik dan dapat menghasilkan embrio dengan kualitas yg baik. Tetapi ada beberapa yang mengalami problem antibodi yang ekstrim yaotu pemeriksaan MAR Test 99% positif antibodi. Yang begini memang kualitas embrionya dikuatirkan terganggu karena menurut jurnal ada yang meneliti bahwa MAR test yg tinggi bisa berakibat pada rusaknya DNA sperma. Nah, bgmn dengan suami apa sdh priksa MAR test juga?

  68. rahmaputri

    Assalamuallaikum dr. Dicky Moch Rizal,

    Alhamdulillah tadi siang saya sudah melakukan insem di gladiol dengan dokter dodi,.tinggal menunggu hasilnya 2 minggu kedepan, tadi suami sempat bertemu dengan dr dicky ya, sayang sekali saya belum sempat bertemu dokter, padahal sering tanya’ disini,.
    Semoga hasilnya sesuai dengan harapan kami..
    Terimakasih dokter atas bantuannya

    salam,

  69. Mer

    Pagi Dok,

    Saya umur 44 Tahun, anak 3 semuanya lewat caesar. Baru menikah lagi dan suami (47 Tahun)(sperma suami sudah di cek dan kondisi “baik”). Kami ingin punya anak. Tapi sebelumnya saya sudah sterilisasi tubektomi. Mohon saran Dok, apakah bisa saya hamil lagi? Cara bagaimana (rekanalisasi atau bayi tabung)? Berapa persen kemungkinan? Resiko apa yang kemungkinan terjadi (Di Ibu ataupun di Bayi sendiri)? Saya tidak pernah ada gangguan keputihan, mens teratur. Mohon jawabannya ya Dok..Terima kasih banyak. Salam, Maria & Mark

  70. thomas

    Salam….saya telah menikah selama 10 th…saya ingin melakukan program Bayi Tabung…Perkiraan biayanya berapa ya? Lalu tingkat keberhasilannya? Saya sangat merindukan kehadiran seorang anak..mohon dengan sangat bantuannya….maturnuwun

  71. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear Maria & Mark,

    Ingin anak setelah tubektomi selalu mengundang masalah, yaitu rekanalisasi yang tidak sukses atau jika sukses ads kemungkinan kehamilan ektopik ditempat rekanalisasi. Nah, apalagi usia yang sdh diatas 44 th, pasti kesuburan mulai turun meski mens teratur. Tetap saja konsul dokter andungan utk cek hormon dsb utk telusuri status kesuburan. Bayi tabung cukup baik kok tapi diatas 35 tahun mamang hasilnya lbh kecil dibanding usia dibawah 35 th. Tetap semangat..!

  72. dr. Dicky Moch Rizal

    Halo pak thomas…

    apa indikasi bapak ikut bayi tabung..? apa sdh coba terapi lain seperti perbaikan sperma dg hormon atau inseminasi..? Perkiraan bayi tabung tdk dpt sy sampaikan disini mengingat tiap center penyelenggara beda2 lho. tapi di pwermata hati RSUP DR Sarjito Yogyakarta program bayi tabung saja diluar stimulasi/pengobatan utk menumbuhkan telur ibu antara 16-18jt. Nah yang bervariasi ya obat utk ibu bisa 30-50jt tergantung seberapa banyak obat yang dibutuhkan. salam…

  73. Mety

    Salam kenal,dok!
    Saya sdh nikah 7thn, punya 2putri, skrg lg ikutin program buat cari anak cowok di salah satu dokter d surabaya, dan disarankan u/ inseminasi saja.
    Dari hasil pemeriksaan,sperma suami saya jumlah kurang byk dan kurang gesit,gen x(68%) jg lbh byk dr gen y(32%). sementara sel telur saya bagian kiri byk tapu gak berkembang, sementara yg kanan gak ada sama sekali. Kami berdua sdh dberi obat minum selama hampir 4bln ini gak putus2.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Bagaimana proses inseminasi u/ mendapatkan anak cowok? Apakah sperma x dan y dipisahkan terlebih dahulu kemudian hanya sperma y saja nantinya yg akan disuntikkan masuk ke dlm rahim, ataukah bagaimana?
    2. Apakah tdk ada efek sampingnya meminum obat selama 4bln ini? Berbahayakah?
    3. Apakah betul tomat sangat bagus diminum bila ingin mendapatkan anak cowok? Apakah istri atau suami yg hrs meminumx?
    Terima kasih banyak doj atas jawabannya….

  74. dr. Dicky Moch Rizal, Mkes, SpAnd

    Dear mety..
    Sebenarnya insem adalah tindakan memimdahkan sperma kerahim. Nah, kemungkinan dpt sperma dg kromosom tertentu dimungkinkan melalui tenik tertentu pula. Memang gak bs 100%. Dan gak ada obat utk itu lho. Klo memang hsl proses banyak sperma dg gerak A, maka peluAng dpt krom y.besar.

  75. velry

    salam kenal doc…
    saya velry, umur 33,sy mempunyai 4 putra, saya udah operasi caecar 2x yaitu anak III n IV, dan saya juga udah steril pada bulan february 2007 yg lalu
    yg mo sy tanyakan :
    1. dengan program apakah saya bisa hamil lagi ?
    2. klo memang bisa Apakah ada resiko bagi saya dan bayi
    3. berapa biayanya doc ?

    terimakasih banyak atas jawabannya doc…

  76. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear velry..

    Apapun latar belakang keinginan punya anak ke 5 sy ikut seneng lah…Masalahnya sekarang sdh steril tp pingin anak lagi. Jawabannya pasti melalui bayi tabung atau rekanalisasi/penyambungan lagi. Karena ibu masih 33th jadi kesuburan diharapkan masih baik kok..Biaya bayi tabung variatif dari 45-100jtan, tergantung obat yang di gunakan utk induksi ovulasi.

  77. Dennise

    Sore dok….
    sya berumur 30 tahun, sdh menikah hmpir 3 tahun. setahun yg lalu sya usg ada kista coklat dgn diameter 6 cm di rahim sebelah kiri. di sarankan untuk operasi cm masih takut dok. selain kista kadar prolaktin sya sekitar 43 (dari payudara keluar ASI). kmdn setelah terapi parlodel 1thunan turun menjadi 28. sya minta gnti obat cabergoline dok, wktu itu dikasih resep 10 tablet. baru 3 x minum ASI sya sdh tdk keluar dok. yg sya mau tnyakan..smpi kadar brpa dok sya harus berhenti minum Cabergolin?
    Ada saran lain dokter selain operasi kista?
    Terima kasih

  78. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Dennise..

    Kalo kista segitu memang indikasi operasi sudah didepan mata ya dennise..tapi pilih dokter yang betul2 konsultan ingin anak, kenapa..? karena jangan sebab operasinya justru amin sulit punya anak.
    Mengenai cabergoline, memang betul pengalaman saya utk pasien saya amat sangat bagus…hehehe lebay ya..karena penurunan prolaktinnya hampir 100% selalu berhasil dan tanpa efek samping pada pasien misal pake parlodel ada yang pusing banget atau muntah2. Terus sampe kapan..? Kalo saya begitu kadar prolaktin sudah terlalu rendah ya saya hentikan, terus cek ulang setelah 1 bulan. Klo meningkat lagi ya diberi lagi sampai jelas penyebabnya. Ini saya carikan sumber referensi ilmiahnya tentang hyperprolaktinemia http://emedicine.medscape.com/article/121784-clinical#a0218

  79. Kartika

    selamat siang dpk, saya ibu 2 anak perempuan, usia saya 25 thn, saya ingin melakukan progam untuk mendapatkan anak laki-laki, tingkat keberhasilan nya lebih besar dengan progam inseminasi atau dengan bayi tabung? saya dan suami tidak ada masalah dengan kesuburan, hanya ingin mendapatkan anak laku-laki. tks

  80. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Kartika..

    saya rasa kalo memang pasangan subur ya cukup dengan insem ya…tapi memang utk pemrosesan sperma dgn tujuan seleksi ya bayi tabung lebih memungkinkan dapat sperma yang lebih banyak kromosom Y. Nah yang perlu dipertimbangkan faktor biaya yang besar utk bayi tabung dan kedua metode gak 100% lho sesuai keinginan kita.

  81. Dennise

    Dear dr. Dicky….

    Makasih sarannya dok, makasih juga literaturnya hehehe…
    Dok sebenernya nilai prolaktinnya hrs brpa sich, normalnya ? sya baca2 ada yg dibawah 10 bru bisa hamil 🙁
    Trs sebenerny itungan dosisnya gmna ya dok? ne di resep sya dikasih Cabergoline 1mg 10 tablet, signany 1 minggu sekali. padahal sediaan di apotek hanya 0,25mg. Sya baca jga rata2 resepnya hanya 0.25mg perminggu. Hehehe…menurut dokter ?

  82. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Dennise..

    setahu saya kok juga 0,25mg yah..tapi cek ulang di apotiknya atau di internet mungkin

  83. fitri

    dok,,, sy fitri udh nikah 2,5 th n blum pny baby… slm ini sy n suami prks dgn alt trbts di obgyn… sy di dx Pcos n suami sy Terato… itupun hasil px SA Terato krn px dilakukn sktr 10hr tdk mlkukn hbgn intm.. ohya,, kmrin suami sy ad sms ke no dokter,,,, tp mgkin dokter lg sibuk yah jd blum smpt blsin…. hmmmm… mengingat skrg kami bertugas di kalbar,, kami ingin lakukan inseminasi di yogya krn biar bz sxan cuti kt4 mertua sy krn suami asli Sragen jd yogya cukup dkt… yg ingin sy tnykan,, biaya insem di Prmt ht brp yah dok? truz prosesx brp lm krn kami hny bisa cuti 2 mggu sdgkn prjlnn dr t4 tugas kami ke yogya mnempuh prjlnn 3-4 hr,,,, mohon infox donk dok…. tq yaaahhh dok

  84. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear fitri…

    Usahakan memang gak ada masalah dengan PCOSnya. Kalo folikel bisa tumbuh dengan baik okelah kalo begitu. Sperma terato asal gak berat masih bisa kok buat insem. Biaya di Yogya..? Bervariasi tergantung jenis obat yng digunakan utk stimulasi sel telur. Bisa 1,5 jtan sp 4 atau 5 jutaan. Sediakan waktu terutama dipaskan dengan saat stimulasi ibu yaitu hari ke 2 atau mens. Insem dilakukan hari ke 13 mens. Jadi sebenarnya cuman 10 harian. tapi dengan masa cuti terbatas..so harus diitung lagi. Oke…cu..

  85. fitri

    tq dok infox,,,, btw.. sy udh kirim email ya dok ke email dokter… mohon ditanggpi ya dok…. continue via email ajah ya dok?? tq Dokter….

  86. tia

    dear Dr.dicky

    selamat pagi dok,saat ini sy sedang ikut program inseminasi yang 1, hari ini sdh menginjak hari ke 14 setelah insem,sy sdh melakukan testpack namun hasilnya -,mens sy bulan lalu tgl 23,yang saya tanyakan :
    1. apakah program inseminasi sy belum berhasil ?
    2. kalau bayi tabung kemukinan berhasil berapa persen dok?

    mhn ditanggapi ya dok…..terima kasih

  87. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Tia..

    Ada ha; prinsip yang perlu di ketahui tentang inseminasi…yaitu proses inseminasi sebenarnya proses yang “natural plus”. Natural karena memang masih mengandalkan kekuatan sperma utk menembus sel telur secara alami, plus karena dokter membantu utk memilih sperma yang punya bentuk dan gerakan yg oke. Serta membantu mendekatkan ke sel telur. Jadi…kemungkinan berhasilnya tergantung pada kemampuan sperma nembus sel telur, maka sperma harus dalam kondisi yang baik.
    Kalo sekarang mens lagi ya berarti gagal. Keberhasilan bayi tabung sekitar 25-30%.
    Saran saya…kalo masih ingin insem lagi mohon diperbaiki dulu kualitas dan kuantitas sperma.

  88. GalihWc

    Assalamu’alaikum,
    Buat dokter dan kawan-kawan lainnya.

    Saya sudah menikah sekitar 1 tahun 2 bulan tapi belum dapat momongan. Kemarin saya baru saja Tes Lab di Prodia dan dinyatakan TERATOZOOSPERMIA, dg hasil Lab. sbb :

    ANALISA SPERMA
    * MAKROSKOPIS
    – Volume: 3,7 ml (Nilai rujukan >2 ml)
    – Bau : Khas (Nilai rujukan Khas)
    – Warna : Putih keabu-abuan (Nilai rujukan Putih Keabu-abuan)
    – pH : 8,3 (Nilai rujukan 7,2 – 7,8)
    – Liquefaksi : 20 menit (Nilai rujukan <60 menit)
    – Viskositas : 1 cm (Nilai rujukan 20 juta/ml)
    – Jumlah : 75 juta/ejak (Nilai rujukan >40 juta/ejak)
    * MOTILITAS
    – Bergerak cepat & maju lurus (A) : 10% (Nilai rujukan >25%)
    – Bergerak lambat atau sulit maju lurus (B) : 46%
    – A + B : 56% (Nilai rujukan >50%)
    – Bergerak di tempat (C) : 7%
    – Tidak bergerak (D) : 37%
    * AGLUTINASI : Negatif (Nilai rujukan Negatif)
    * LEUKOSIT : 0,6 juta/ml (Nilai rujukan 75%)
    * MORFOLOGI
    – Normal : 3% (Nilai rujukan >30%)
    – Abnormal : 97%

    Dg hasil Lab sperti itu, apakah saya masih bisa punya momongan??Kalo itu adalah suatu kelainan, apakah ada obat atau herbal-nya tanpa harus operasi?? Terima Kasih..

    Wassalamu’alaikum

  89. GalihWc

    Assalamu’alaikum,
    Buat dokter dan kawan-kawan lainnya.

    Ini adalah RALAT dari postingan kemarin, Saya sudah menikah sekitar 1 tahun 2 bulan tapi belum dapat momongan. Kemarin saya baru saja Tes Lab di Prodia dan dinyatakan TERATOZOOSPERMIA, dg hasil Lab. sbb :

    ANALISA SPERMA
    * MAKROSKOPIS
    – Volume: 3,7 ml (Nilai rujukan >=2 ml)
    – Bau : Khas (Nilai rujukan Khas)
    – Warna : Putih keabu-abuan (Nilai rujukan Putih Keabu-abuan)
    – pH : 8,3 (Nilai rujukan 7,2 – 7,8)
    – Liquefaksi : 20 menit (Nilai rujukan <=60 menit)
    – Viskositas : 1 cm (Nilai rujukan =20 juta/ml)
    – Jumlah : 75 juta/ejak (Nilai rujukan >=40 juta/ejak)
    * MOTILITAS
    – Bergerak cepat & maju lurus (A) : 10% (Nilai rujukan >=25%)
    – Bergerak lambat atau sulit maju lurus (B) : 46%
    – A + B : 56% (Nilai rujukan >=50%)
    – Bergerak di tempat (C) : 7%
    – Tidak bergerak (D) : 37%
    * AGLUTINASI : Negatif (Nilai rujukan Negatif)
    * LEUKOSIT : 0,6 juta/ml (Nilai rujukan =75%)
    * MORFOLOGI
    – Normal : 3% (Nilai rujukan >=30%)
    – Abnormal : 97%

    Dg hasil Lab sperti itu, apakah saya masih bisa punya momongan??Kalo itu adalah suatu kelainan, apakah ada obat atau herbal-nya tanpa harus operasi?? Terima Kasih..

    Wassalamu’alaikum

  90. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Waalaikumsalam wr wb

    Pak Galih..

    Dengan data spt itu belum cukup rasanya utk mengambil kesimpulan faktor penyebab apalagi solusi. Nah, saya sarankan ketemu dokter ahli andrologi utk menindaklanjuti temuan laborat spt ini. Lalu apakah ada kemungkinan istri bisa hamil..? secara medis tetap ada, tapi semoga Alloh swt mengabulkan keinginan kita. wassalam

  91. GalihWc

    apakah dokter andrologi itu sama dengan dokter kandungan,,??Soalnya selama ini konsultasi saya bersama istri selalu ke dokter kandungan…Domisili saya di Pacitan, Jawa Timur (Lebih dekat ke arah Perbatasan Jawa Tengah & Yogyakarta),,menurut dokter lebih baik saya menemui androlog di daerah mana dan biasanya paktek di RS / Klinik apa?

    Sekarang saya mencoba untuk mengkonsumsi Propolis,,kata teman saya itu bisa membantu meningkatkan kesuburan…Menurt dokter gimana..??Terima Ksih.!!

  92. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dokter ahli andrologi bukan dokter kandungan, tetapi khusus dokter ahli penanganan kasus gangguan kesuburan pria.
    Utk yogyakarta silakan datang ke Klinik Infertilitas Permata Hati RS Sardjito, Yogyakarta, telp. 0274-518684, tiap senin, rabu dan kamis pk 10-11.

  93. lina

    Dok, keberhasilan cara rekanalisasi atau bayi tabung, mana yg lbh menjanjikan utk dpt berhasil punya anak lg, mengingat biaya yg kami punya terbatas.

    Regards

  94. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear lina…

    Rekanalisasi sering sukses, tapi kualitas sperma sangat menurun dan problem antibodi sperma sangat tinggi. makin lama vasektominya makin sering sperma menurun kualitasnya. Bayi tabung bisa jadi solusi yang baik jika muncul problem tsb. Kalo sdh lebih dari 15 tahun vasektomi ya lebih baik bayi tabung

  95. lina

    makasi Dok atas responnya, rekanalisasi yg sy mksd adalah rekanalisasi tuba, krn sblmnya sy steril ikat, jd sy berencana utk punya anak lg, sebaiknya apakah rekanalisasi tuba atau bayi tabung, Thanks

    Regards

  96. ria

    Dear dr Dicky,

    nama saya ria, umur 31th, suami umur 33 th, sudah menikah selama 3 th, dan sy belum pnh hamil. Saya ada kista diameter 6 cm, suami dari hasil pemeriksaan sperma tahun 2011 ternyata asthenoteratozoospermia. Apakah dengan kondisi sperma suami spt itu masih ada kemungkinan utk menghamili, dan terkait dengan kista sy apakah harus dioperasi atau laparoskopi dok?kl iya berapa biayanya kira2 dan untuk sperma suami apa yg harus dilakukan utk memperbaiki kualitas spermanya?trima kasih dok sebelumnya

  97. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    @Dear Lina..

    Hehehe…kalo tuba yang di rekanalisasi, kemungkinan jeleknya adalah kehamilan ektopik tuba. Yah mending bayi tabung lah

    # Dear Ria…

    Pastikan dulu kistanya teratasi atau tdk, krn sperma suami mungkin masih ada peluang diperbaiki. Oke..apa sy bisa di berikan data ASnya?

  98. Tasha

    Dear Dr Dicky

    Nama saya Tasha, umur saya 33 tahun dan suami juga 33 tahun. Kami sudah hampir 2 tahun menikah namun belum dikaruniai anak. kita sudah ke dokter utk konsultasi hampir setahun. Awalnya selalu dikatakan semua baik, sudah cek transvaginal, HSG, suami cek sperma, semuanya baik. hanya saja setelah beberapa kali cek, menurut dokter saya mempunyai kista fungsional yang selalu hilang saat haid. Setelah haid, kista fungsional itu ada kembali sekitar 2-3 cm. Dan hal ini menutup ovulasi sehingga dokter tdk bisa melihatnya. yang mau saya tanyakan, jalan apa kira2 yg harus saya ambil, karena jarang sekali saya menemukan kasus spt ini sehingga saya tdk tahu harus share kemana. Apakah langkah bayi tabung terlalu dini? atau saya harus inseminasi dulu? dengan usia yang tidak muda lagi, tentu saya dan suami ingin jalan yang lebih akurat. Apabila dokter bisa memberi info.. we really appreciate it… Thank u..Tasha

  99. ria

    Dear dr Dicky

    Trima kasih dok sudah menjawab pertanyaan ria, apa menurut dokter lebih baik dilaparoskopi utk kista saya dok?Hasil AS suami saya per Mei 2011 berikut ini dok:
    Data Sampel :
    – Jam Pengumpulan : 07.56
    – Jam penerimaan : 08.00
    – Tertampung : lengkap
    – Cara Pengeluaran: Masturbasi
    – Tempat : Wadah plastik yang memenuhi
    persyaratan untuk sperma
    – Puasa Seksual : 5 hari
    Makroskopis
    – Volume : 3.4 >=2.0 ml
    – Bau : Khas
    – Warna : Putih Keabu-abuan
    – pH : 8.1* 7.2 – 7.8
    – Liquefaksi : 60 <=60 menit
    – Viskositas : 1 =20 10^6/mL
    – Jumlah : 301.75 >=40 10^6/ejakulat
    Motilitas
    1. Bergerak cepat dan maju lurus (A) : 11 >=25 %
    2. Bergerak lambat atau sulit maju
    lurus(B) : 32 %
    3. A + B : 43 >50 %
    4. Bergerak di tempat (C) : 28 %
    5. Tidak Bergerak (D) : 29 %
    – Aglutinasi : (+1) Negatif
    – Lekosit : 2.2 =75 %
    Morfologi
    – Normal : 12 >=30 %
    – Abnormal : 88 %
    Kesimpulan Spermatologi Asthenoteratozoospermia
    Kami pernah konsultasi ke dsog di Bekasi dan sudah melihat hasil AS dan suami dikasih vitamin yang saya lupa namanya utk dikonsumsi selama sebulan.Dan dokternya nggak bilang apa2 tuh dok. Karena waktu itu kami pindah ke Bali maka nggak kami lanjutkan konsultasi dengan dokter tersebut. Setelah membaca dan mengikuti blog ini kami semangat lagi utk ke dokter. Berdasarkan AS diatas kami harus gimana dok?mohon penjelasannya sebelum kami ke androlog dok?trima kasih

  100. lina

    Makasi Dok atas jawabannya, brp persen kmungkinan trjadinya kehamilan ektopik tuba jk sy melakukan rekanalisasi tuba, apakah setiap rekanalisasi tuba akan mengalami kehamilan ektopik tuba, adakah yg berhasil hamil scr normal jk rekanalisasi tuba dilakukan (brp persen dr kejadian yg sdh ada), Thanks

    Regards

  101. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    @ Dear Ria…

    kalo bisa diulang ya ASnya krn sdh 1 th yg lalu. Btw, liat AS yang ini kayaknya problem utamanya adalah Lekosit yang tinggi. Apa dulu sdh di beri antibiotik? Ingat lekosit atau sel darah putih di sperma itu merusak sperma lho

    # Dear Lina..
    Mhn maaf saya tdk tahu prosentasenya. Tp sepertinya masih ada kemungkinan kok hamil post rekanalisasi tanpa kehamilan ektopik

  102. ria

    Dear dr Dicky

    Trima kasih dok sudah meluangkan waktu menjawab pertanyaan saya. Sewaktu ke dsog yang di bekasi itu suami hanya dikasih vitamin2 aja dok nggak ada antibiotiknya.Kalo lekosit yang tinggi penyebabnya apa ya dok?trus bagaimana mengobatinya?selama ini haid saya lancar nggak pernah sakit yg berlebihan dan mnrt dsog harus diambil kistanya.Menurut dokter bagaimana?trima kasih

  103. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Ria..

    Infeksi bs krn infeksi saluran kemih sebelumnya. Biasanya sy akan kultur sperma dulu kalo lekosit setinggi itu, baru diberi antibiotik yang sesuai jenis kumannya.
    Utk kista, saya pilih di lihat/diambil via laparoskopi. Lebih aman, dan cepat pulih.

  104. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    dear Tasha…

    Kayaknya lebih baik jenis kista di pastikan dulu yah..bisa via pungsi kista atau laparoskopi. Trus kapan bs tau itu kista apa kalo gak ada actionnya?
    Kalo sy priabadi jika sperma masih cukup utk insem ya di upayakan insem juga boleh

  105. ria

    Dear dr Dicky

    Thanks dokter, kl kultur sperma itu bagaimana ya dok?Nanti saya mau laparoskopi kista kemungkinan bulan Juni sekalian nanti lgsg konsultasi dengan dokter dengan bawa hasil AS suami dok, kl hari sabtu dokter praktek di mana ya mau menyesuaikan jadwal dokter dengan cuti suami soalnya kita di Bali dok?

  106. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear Ria..

    Kultur sperma itu keluarkan sperma di lab (yang ngerjakan cuma di Prodia, di Bali pasti ada)terus di tumbuhkan bakterinya. Kita akan tahu jenis bakterinya. Mhn maaf sy tdk praktek sabtu

  107. ria

    Dear dr Dicky

    Terima kasih dokter atas jawabannya. Insyaallah akan kultur sperma di Prodia di Bali setelah ada hasilnya baru konsul ke dokter.

  108. Nur Haryanto

    Assalamu’alaikum, wr.wb.
    dear dr Dicky
    Maaf dok. mungkin ini keluar dari topik.
    saya mau menanyakan Gejala Defisiensi Testosteron.
    sy Nur (35 th). ada keluhan cepat capek/lelah, tidak bersemangat, sering mengantuk dan kurang bisa konsenrasi dalam pekerjaan.
    1. Apakah itu merupakan gejala Defisiensi Testosteron? perlu diketahui untuk libido saya asih normal akan tetapi kurang dapat berhubungan intim secara maksimal.
    2. Jika benar bagaimanakah solusinya.
    3. Kalau saya mau konsultasi lebih baik ke tempat praktek pribadi dokter atau ke Sardjito. alamat praktek dokter dimana sekarang?

  109. farah

    Selamat malam dr dicky..
    Saya telah melakukan kb steril,pada saat melahirkan anak ke 3 secara Sc (anak pertama dan kedua lahir normal)..tp saya tdk tahu apakah saluran tuba diikat atau dipotong.
    Usia saya 27 tahun,dan apakah saya bisa hamil lagi dengan proses bayi tabung,tanpa melakukan rekanalisasi?

  110. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAndrologi

    dear farah…
    Jika sperma masih baik, sy anjurkan ikut program bayi tabung yang natural. Yaotu bayi tabung tanpa stimulasiovulasi via obat2an. Jadi hny seiring dan memanfaatkan siklus bulanan.anda. Biaya.jadi lebih hemat sekitar 10jt jk sampai embrio.transfer. Syaratnyatdk ada gangguan ovulasi berat dan sperma baik. Silakan cari info ke Gladiool IVF magelang. 0293-362702
    Atau cari emailnya
    Demikian jawaban saya, tetap semangat

  111. minong

    selamat malam dr.dicky

    saya mau bertanya…bisakah dilakukan program bayi kembar dgn memilih jenis kelamin? apakah melalui cara bayi tabung atau inseminasi buatan?
    di klinik/RS mana saya bisa melakukan program tsb dok? terima kasiih..

  112. ayu

    salam kenal..
    pagi dr dicky… sy mau tanya, dr praktek di maguwoharjo setiap hari apa sj ya.? dan jam berapa.? trimss..

  113. eny

    Mlm dok
    Sy mau tya untuk proses bayi tanung biaya brapa? Dan brapa lma?suami sy sdh pasetomi 5 tahun apakah bsa pya anal lg

  114. Farah

    Kalau untuk melakukan operasi rekanalisasi atau penyambungan saluran tuba kembali,di jogja adakah rumah sakitnya?bagaimana prosedurnya ya dok,apakah langsung kerumah sakit atau mengunjungi dokter kandungan kemudian mendapat rujukan untuk rekanalisasi tuba?
    Biayanya sekitar berapa ya dok untuk rekanalisasi,karena suami lebih condong ke rekanalisasi tuba dibanding batab natural cycle.
    Terima kasih dok

  115. Andri

    Selamat malam dokter dicky.

    Saat ini usia sy 41 thn dan istri 44 thn. Apakah ada harapan kami jika ingin py anak lagi. Sebagai informasi istri pernah di kuret 2 thn yang lalu karena informasi dokter janin (masih usia 4 minggu) tidak berkembang. Mhn saran dokter bagaimana caranya agar kami bisa punya momongan lagi dokter. Terima kasih

  116. lalalalla

    Dok.. mohon pencerahannya… sy punya 2 anak cewek. Ingin sekali memiliki anak laki2 deng ivf ato inssem.pertanyaannya adalah.. apakah ada efek samping terhadap anak sy nantinya jika berhasil… dengan artikel yg saya baca.. pilih gender dg ivf dpt berisiko sindrom ret dan sindrom alport.mohon oenjelasannya dokt. Mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*