Indung telur, tidak ada sel telur yg dihasilkan – Athif

Salam kenal buat semua, buat mb ima selamat ya.. sy mau bertny mngkin ada yg bisa sharing.

Thn 2001 sy menjalani operasi kista di indung telur, sehingga ke 2 indung telurnya di potong sebagian. di th 2005 sy melakukan HSG, hslnya sy mengalami hidrosalping dituba kiri dan perlengketan di kanan. dan kemudian dokter menyarankan sy utk melakukan operasi utk memperbaiki ke2 tuba tsb. stlh operasi sy menjalani IB 2x namun gagal.

Kira2 di thn 2006 sy mengalami mens yg tdk teratur. dan dithn 2008 sy hny mens 3 x selama 1 thn. selama sy berobat ke dokter sy selalu diberi obat agar bisa mens. terakhir sy menjalani pemeriksaan hormon. ternyt mnrt dokter indung telur sy yg sdh berukuran kecil tsb sdh tdk bereaksi lg dgn “makanan” yg dihasilkan oleh otak, sehingga tdk ada sel telur yg dihasilkan dan hormon progesteron sy sangat rendah yg menyebabkan sy tdk menstruasi. di sisi lain ada hormon yg sehrsnya di”makan” oleh indung telur tsb melebihi org biasanya sampai 200 kali.

Sy bertny mngkin ada teman2 yg mengalami hal yg sama, bgmn caranya atau adakah obtnya biar sy bs mens lg..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

52 thoughts on “Indung telur, tidak ada sel telur yg dihasilkan – Athif

  1. susi

    hallow Athif,
    pmasalahn kita hampir sama, aq da LO 2x endometriosis berat, adenomiosis, hydrosalpink dan polip. Pd LO ptma, ovarium kanan sy dipot sebagian shg produksi telur menurun, pd LO kdua, tuba kiri yg dipotong krn hydrosalpink dan kalo dibiarkan bs membahayakan tuba yg kanan yg mash bagus. Efek dari kedua LO ini produksi telur saya sedikit, dtambah krn faktor FSH yang tinggi, dan umur yg sudah 35th.
    setelah 2th vakum, sy kembali mendatangi obygin, dan sy melakukan proses ulang semua. Saya pasrahkan kepada Allah Ta’ala apapun hasil dari ikhtiar sya ini, dan sy mash berharap dan bdoa semoga saya bisa hamil tanpa harus melalui BT, PD aja pdhl mslh pd alat reproduksi sy byk bgt yah.
    Kunjungan pertama dokter belum memutuskan sy untuk BT, beliau mw cek smua, krn pas usg telur2 saya sedikit sekali tertama dibag kanan, sy g kaget krn abis LO yg prtama tiap usg cari telur selalu tidak dketmukan, ngumpet kemana gatau tuh hehehe.
    Cuma hati sy ciut bgt pas dokter bilg bila kondisi psediaan telur yg dikit wlpun BT hasilnya sia2, kmgknan besar bhasil kecil sekali. Rasanya dengkul ini lemes, mw nangis sekencang2nya tp malu diruang dokter, hanya Allah yg tau isi hati sy.
    Darah sy diambil untuk dicek AMH, senin suami diambil spermanya, jumat dpn sy kembali kedokter bawa smua hasil, sampai hr ini sy ga berani untuk mengetahui hasil tes AMH sy, sy lom siap trima hsl jelek, pdhl kunci dr semua keberhasilan adlh keikhlasan.
    sekrng sy hanya punya semangat dan keyakinan kalo Allah maha mendengar, mengetahui apa yg tbaik buat hambaNya, so kpd teman2 yg sedang bjuang, smga tetap semangat dan ikhlas dengan kputusan dari Nya.

  2. Erlyna

    Di China atau India mereka menawarkan egg donor, asal di China BT biaya sama dengan Indonesia & di India lebih murah. Egg donor di China sekita US $ 12000, asal di India sekitar $5000. Sebenarnya jika indung telur menghasilkan telur sedikit , bisa saja bayi tabung tapi ya harus berkali2. Tingkat keberhasilan di US sekitar 60 %, tidak begitu tinggi juga.

  3. shanty.A

    Atif,,
    salam kenal. sy juga pernah posting disini masalah kista,,alhamdulillah sudah keluar kistanya melalui haid (2 kista erukuran sekitar 9 cm). dan tdk pernah datang lagi (walau tanpa operasi). Saran saya,,coba akupuntur,,krn ada titik tertentu yg bisa menstimulasi agar sistem pituitary pd otak (yg berhubungan menginstruksikan menstruasi dan pembentukan sel telur pd rahim)sehingga bisa terkoordinasi baik dgn rahim. Akupuntur secara klinis telah terbukti membantu meningatkan kesuburan dan sekarang byk dianjurkan di eropa + amrik.Hal itu mungkin yg dikatakan oleh dokter Atif dimana indung telur sdh tdk bereaksi dgn makanan/ perintah dr sistem pituitary otak. Menurut pengalaman pd diri saya dan buku yg saya baca,,,indung telurnya jgn dipaksa dulu utk menghasilkan sel telur, coba istirahat sekitar 6 bulan dr memaksa indung telur dgn obat obatan dokter.Biarkan semua hormon menjadi stabil dulu dan istirahatkan tubuh. Kata Dr. Randine lewis…memaksa indung telur bekerja keras setelah justru hasil tes sementara tdk menghasilkan sel telur setelah distimulasi dgn obat obatan hormon akan berpeluang kecil dan justru akan membuat indung telur & rahim akan mengalami menopause dini (terbukti kan setahun 2008 cuma 3 kali dapat haid?). Saran Dr. lewis,,coba dibantu pula rahim dgn suplemen makanan yg terbukti secara klinis meningkatkan kesuburan seperti Royal jelly, Bee propolis, Bee pollenergy,,Spirulina (ganggang biru,,berfungsi menutrisi darah),,chlorella (ganggang hijau),,chlorella dan spirulina termasuk kategori makanan super, Omega 3,folic acid, Vitamin B (terutama B6) byk makan Black bean (kacang hitam mirip seperty kidney bean kacang merah), sayur brokoli, bunga kol dan kol (ketiga sayur ini masuk kategori cruciferous vegetable) yg bisa mengefisiensikan hormon estrogen.Dan yg terpenting,,,kurangi makanan fast food,byk makan sayur dan kurangi makan roti.olahraga teratur. Sambil terus terapi akupuntur dan setelah 6 bulan boleh dicoba lagi ke dokter utk tes indung telur. Insya Allah hasilnya mungkin akan ada kemajuan. Ibaratnya kata Dr. Randine,,seperti sapi yg dipaksa/ disuruh terus membajak sawah yg lebih besar/ luas dimana pd akhirnya si sapi sdh ogah ogahan utk membajak sawah,,,krn yg dibutuhkan adalah tambahan nutrisi utk si sapi agar bisa membajak sawah lagi dgn produktif (Ini cuma ibarat lhooo)..moga moga bermanfaat dan indung telurnya bisa OKE lagi. Amin…

  4. irene

    salam kenal

    saya hanya mau share experience saya, yang mungkin bisa memberi support teman2 semua. sebelum menikah,saya pernah menjalan operasi laparotomi untuk pengangkatan kista, di mana pada akhirnya saya harus kehilangan seluruh indung telur saya yang sebelah kiri, dan sebagian dari indung telur saya yang kanan. oleh karena itu, saya hanya memiliki sisa indung telur kanan yang kurang sempurna. setelah menikah, saya sudah tahu akan mengalami problem infertilitas, ditambah lagi sperma suami yang kurang baik, oleh karena itu saya berobat secara intensif. saya juga mengubah gaya hidup saya, dengan mengurangi soda, indomie, junkfood, dll, dan yang bener2 saya hindari adalah ayam boiler (kentucky,etc) yang diduga memicu tumbuhnya kista dan miom2
    walaupun saya terus mengalami kegagalan yang bertubi2, berkali2 inseminasi dan ivf, saya tidak pernah menyerah. beberapa operasi pun harus saya jalani lagi, karena kemudian juga ditemukan polip miom dan lain2. saluran saya yang tinggal satu pun sudah divonis perlengketan dan tidak berfungsi dengan baik. pada ivf saya yang pertama dan kedua saya hanya mendapatkan 1-2 embryo saja, dimana teman2 yang lain bisa dapat 10-20 embryo. apalagi kualitasnya buruk terus. tetapi saya tidak menyerah..belum lagi kadang2 kista pun timbul lagi di indung telur saya yang tinggal sedikit itu. saya mengkonsumsi obat herbal china utk menghilangan kista tersebut, mumpung ukurannya belum terlalu besar. lalu pada ivf saya yang berikutnya saya juga rajin mengkonsumi chorella, co-q10 dan vitamin2 lainnya untuk memperbaiki kualitas telur say, juga rajin akupuntur dan olah raga.
    singkat kata, pada akhirnya..setelah berjuang selama 6 tahun dan setelah menjalani bayi tabung berulang kali, saya berhasil menjadi seorang ibu.
    untuk teman2 yang hanya memiliki sedikit indung telur, jangan putus asa, selama masih ada menstruasi, peluang untuk hamil masih ada.

    good luck

  5. thin

    @irene:apakah selama IVF tetap akup ato sblmnya?sebab sy baca juga ada yg 2 or 3 bln sblm IVf sama stlh ET-aja.klo km gimana?

  6. susi

    @santy a: postingan kamu apa subject nya ya?
    @irene: congrat ? atas kbhasilannya mjadi seorang ibu,bikin aq smkin bsemangat lagi dalam ikhtiar ini.

  7. hera

    hallooo….Athif dan irene dan temen2 semua……salam kenal……sy jg termasuk dlm kelompok ini…hiks1….sedih banget setelah ikut bt1 gagal dan sempat operasi kista 2x dak ikut lagi bt2 dan ke 3 tp sampe tengah jalan krn telornya yg membesar cuma 1 , mau tanya dong temen2 bisa share gak terutama irene yg sudah berhasil bgm caranya supaya bisa menghasilkan telor…dan fsh sy cukup timggi (20 an ) .oya chorella itu apa ya dan beli dimana ya ? selama ini sy cuma minum royal jelly . oya emangnya ada pengaruh ama roti soalnya sy tiap hari makan roti 2x ….sorry…too much Q…..thanks alot

  8. shanty.A

    hera@ hai salam kenal.
    produk CNI sun chlorella bagus lho. Bisa beli di CNI. Manfaatnya banyak sekali. Royal jellynya tetap jg di konsumsi. itu jg bagus buat rahim. Coba ganti roti dgn beras merah atau lebih baik nasi putih dr pada roti…penjelasan yg lebih lengkap baca buku the infertility cure. Co enzyme Q10 yg di konsumsi irene memang terbukti bagus buat kesuburan dr beberapa literatur buku yg aku baca. ..

  9. hera

    haloo shanty, salam kenal jg….thanks ya utk informasinya….kmrn sy udah lgs beli chlorella dari nature”s choice ( saking semangatnya lgs meluncur pegi beli…haha….namanya jg usaha…)emang sy mengkomsumsi beras merah…cuma tiap pagi ama sore lebih sering mengkonsumsi roti……..emang roti krg bagus ya utk kesuburan ya? nanti coba sy rubah pake havermunt d….untuk temen2 semua tetap semangat ya….sy akan tetap berjuang walaupun sangat sulit……..oya santy dan yg lainnya kalo bisa add sy di ym : hera_chai@yahoo.com ya biar kita bisa chat langsung dan berbagi pengalaman…….

  10. nida

    hi irene n yang lain nya salam kenal ya.usiaku 35th aku udah bt 1x tapi gagal karna produksi telurku yang kurang dan kondisinya yg lemah.aku ikut bt karna ada kista di saluran tube jadi kedua tube hancur dan dr mem blok tube.waktu mau program bt ternyata di indung telur sebelah kanan ada kista kecil jadi produksi valikel ga bagus.indung telur sebelah kiri cuma produksi 4 valikel aku cuma dapet 4 telur yg 2 gagal yg 2 lagi juga ga sempurna.2 telur yg ga sempurna itu jadi embrio yg lemah jadilah hasilnya negatif.aku mulai bt lagi bln december mendatang.perasaan ku udah pesimis duluan takut kalau2 telur ku kurang n lemah lagi.tapi setelah baca mail dr irene aku kembali semangat dan percaya bahwa suatu saat kalau kita coba berulang ulang pasti ada perubahan yg lebih baik,semoga saja amiiin.irene dapat anak berapa n usia anaknya berapa?selamat yaa.thx

  11. vinnie

    hai semuanya,
    sy juga mo curhat neh, stlh merit 3 taon, sy cb insem 1,berhasil hamil, tp dibln ke2 sy keguguran…hiks…sedih (gara2 sy naik pesawat)…
    dan setelah setaon pemulihan bln lalu sy mau cb lg, tp ternya perkembangan telur lama dan hanya 1 telur yg uknya lumayan besar meskipun blm cukup juga,,,duh sedihnya..ga tau lg mesti gmn,…mesti mkn apa ya biar telur bagus??menurut dokter sih kudu mkn ikan laut (ktnya..)…duh sedih banget…hiks…hiks…

  12. tracy

    Hai Shanti dan semuanya…
    Wah,infonya berguna bgt.Terima kasih ya. Sy sdg cari buku krg Dr Randine Lewis.Nanti akan share di sini.Maklumin ya kalo agak lama,soalnya titip temen yg di Amrik.
    Aku sdh bbrp kali IVF,blm berhasil jg.Malah skg ga mens.Bener2 bikin stress.Smg stlh aku ikut saran2 yg dianjurkan bisa hamil.
    Semangat yaa….

  13. shanty aris

    dear Tracy,,
    sy malah punya 2 bukunya randine lewis…1 sy simpan di bali dan satunya lagi di kota yg lain :0) sampai lecek bukunya saking seringnya di baca hehehehe
    jika tdk mau menunggu lama,,,jika ada teman2 yg tertarik mungkin bisa titip uang foto copy aja + ongkos kirim bukunya. Daripada menunggu lama dikirim dr amerika…

  14. irene

    buat teman2 semuanya

    kalo akupuntur, biasanya saya mulai 2 bulan sebelum ivf, seminggu 2 kali sampai tahap penyuntikan lanjut terus, tapi setelah embryo transer saya stop total.

    kalo chorella saya biasa makan merek CNI, sehari 5 butir. selama saya sedang program ivf bertahun2 (1 tahun saya ivf fresh cycle sekali) saya sudah mencoba bermacam2 vitamin, chorella, royal jelly, fish oil (bagus untuk menurunkan ASA), surbek z, gnc multivitamin, co-1q 10 dari gnc dll semuanya hasil saya baca di google dan forum2 ivf lainnya dari luar negeri. saya konsumsi vitamin ini tidak terus menerus, biasanya hanya 1-2 bulan sebelum program, biasanya setelah embryo transfer saya stop semua, hanya folic acid dari dokter. terus terang, setelah dua kali gagal ivf karena kualitas embryo yang kurang baik dan jumlah telur yang sedikit, saya menjadi agak desperate dan willing to try anything. yang saya rasa cocok, yah saya lanjutkan, pada ivf saya yang ke 3 dan ke 4 kualitas embryo saya menjadi lebih baik

    ooh, satu hal lagi yang lupa saya tambahkan, selain vitamin dan rajin akupuntur, menurut saya, kita harus mencari dokter dan lab yang terbaik. dokter saya yang terakhir sangat berperan dalan keberhasilan saya. beliau mau mendengarkan saya, mau diajak berdiskusi dan selalu pay attention in detail penjelasan saya dari kegagalan2 saya sebelumnya dengan dokter lain. berdasarkan penjelasan saya, beliau lalu memberikan protocol yang cocok sekali dengan saya, dengan menambahkan dosis gonal f dan obat lain seperti luveris. saya sudah konsultasi ke puluhan dokter, dan memang sangat sulit menemukan dokter yang mau mengerti keadaan saya dan mencoba hal baru. kebetulan beliau sangat ahli dalam bidang ivf dan tentu saja memiliki lab yang canggih dengan fasilitas assisted hatching sehingga mampu menghasilkan kualitas embryo yang lebih baik.

    tetap semangat ya semua..maaf kalo saya agak lama membalas…

  15. nida

    hi temen2 semua…aku mau tanya apa ada yang tau makanan apa untuk meningkatkan hormon,soalnya pas di periksa hormon aku rendah sekali that’s why telur ku cuma sedikit dan engga bagus kualitasnya aku juga over weight tinggi 175cm berat 90kg,dr minta beratku menjadi 80kg sekarang aku lg diet.apa aku perlu minum corella dari CNI?apa corella itu nambah nafsu makan?.ooh ya kebetulan aku tinggal di india dan bt nya juga di sini.apa aku harus konsul dulu ya sama dr kalo mau minum corella???mohon informasinya sebelumnya terima kasih banyak yaa.

    salam sukses

  16. Erlyna

    Hi Nida
    Cerita2 ya ivf di India, ada tuh website yang jual herbal utk ivf. Coba search under ivf herbal support, $265 utk 2 bulan, ada 6 botol. Ada juga herbal yang buat embrio nempel. Saya sendiri belum beli.

    Aku sendiri pengen ivf di India atau di China…

  17. nida

    to erlyna .salam kenal

    thank’s ya atas imformasinya.kebetulan suamiku orang india jadi sementara aku program BT aku tinggal di sini.kebetulan aku tinggal di south india(kerala) di sini BT and ICSI lebih murah dibanding indonesia (kl orang asing 50% lebih besar dr warga india)obat2tan nya juga kl aku bandingkan dngn di jakarta jauh lebih murah (tapi kl di ibukota india aku ga tau).tingkat keberhasilan nya 45%.untuk alat2 di sini udah cangging.apa erlyna udah pernah BT??di mana?

    salam sukses

  18. Erlyna

    Nida

    Aku pernah BT di Indonesia, klinik di Indonesia sudah kebanyakan pasien ya. Aku pernah BT di Jakarta Asal India yang aku pernah baca klinik Malpani di Bombay.
    Masih lebih murah drpd Indo, pasiennya international
    Mereka usdah bisa mematangkan telur di luar & menyimpannya. Asal di Indo masih tergantung fresh telur.Asal di China dipandu dengan akupuntur juga. Harus makan makanan bergizi, saya makan L arginine juga , juga cholera . Saya tinggal di California.

  19. nida

    to erlyna.

    Waktu aku ICSI(karna sperma suami juga lemah) pertama kali telurku juga di matangkan di luar&di simpan di luar,sistim itu juga ada di sini,tapi emang dasar telurku yg kurang sempurna maka jadilah embrio yg lemah,waktu itu aku ICSI from fresh embrio karna emang cuma dapet 2 embrio.oke deh

    Good luck

  20. Erlyna

    to Nida

    Wah pengalaman kamu sama seperti saya. Telur ada 6, kosong 2 jadi embrio 1. Sperma suami juga tidak bagus, kalo kondisi telur dokter saya malu2 menjawabnya, tidak jelas. FSH saya 4.8 , kalo semakin tinggi semakin jelek . Tidak boleh 9 . Sehabis ivf yang mengherankan kalo mens darah encer banget, kalo dulu sebelum ivf keluar darah sedikit, & coklat dulu . Tepat habis ivf gagal darah encer banget, tidak ada coklat tua. Saya sih test kapan evolate , ngecek LH surge utk tau masa kesuburan. Th ini saya 39 apa karena pengaruh tua. Saya juga ngecek ada virus penyebab kanker serviks , negatif , aku rasa ini yang menyebabkan org punya kista.
    Hormon tiroid saya juga tinggi. Ya Nida harus makanan bergizi, seblum ivf & dibantu herbal, juga suami. L arginine baik utk kesuburan pria & wanita.
    Good luck

  21. nida

    erlyna,

    Kalo aku sehabis ICSI ga ada perubahan dlm haid cuma tanggal dtng haid teratur(sama seperti haid bln lalu)tapi itu cuma sekali aja seterusnya seperti biasa haid selalu dateng 1 minggu lebih awal.
    yg ky kamu alami stelah ivf itu aku rasa cuma efek setelah ivf aja,aku juga ada kista di salah satu indung telur makanya produksi telur cuma dr sebelah aja,umur ku 34 aku pernah tanya ama dr kl menurun nya produksi telur memang dari faktor usia.ok deh

    good luck

  22. nida

    OOH YAA

    BUAT TEMAN2 SEMUA

    Aku mao tanya apa corella cuma produk dari CNI??kalau royal jelly ???apa kita bisa beli di setiap apotik atau merk apa yg bagus?mohon jawabannya bagi yang tau.thanks yaaa

    salam sukses

  23. susi

    Dear all,
    Hasil amh ku jelek, mnrt dokter, psediaan telurku tgl sedikit, pas usg h2 mens,gada telur dsaluran kanan, kista mengecil (krn aku bantu dgn akupuntur), dokter tidak segera melaksanakan hasrat saya untuk bayitabung melainkan saya diberikan suplement dhea 25 dr sequil untuk 2bln dan lanturol. Bulan depan smggu sblm mens saya diminta datang untuk sedot kista. Saya sama sekali awam istilah ini, karna slama ini kista saya diangkat melalui laparoskopi.tp krn sudah 2x mgkn dokter hanya akan myedotnya saja.
    Sperma suami oligoasthenozoospermia,dokter tidak terlalu mempermasalahkan hal ini dan lebh concern keprmasalahan saya.terutama dengan sedian telur yg sedikit ini.
    Jangan ditanya gmna perasaan hati saya saat ini, apalagi hasrat untuk bayi tabung belum jelas gambarannya, perjalanan saya mash panjang dan saya hanya bisa berharap semoga ada kemudahan dari semua kesulitan yg kita rasakan ini.

  24. irene

    buat susi

    boleh saya tau kista yang baru tumbuh itu kista jenis apa ? apa kista endometriosis yang isinya darah ? atau kista biasa yang disebabkan follicle yang tidak pecah ? dari usg bisa keliatan kok

    seandainya kista endometriosis, memang mungkin jalan terbaik disedot ya…terus langsung mulai bayi tabung, jangan ditunda lagi

    seandainya kista follicular/kista biasa yang berasal dari sel telur yang tidak pecah lalu membesar, ini bisa hilang dengan obat sinshe saja kok, boleh coba toko obat mutiara di itc permata hijau, dengan sinshe yang perempuan yang di lantai atas.

    selama susi masih mens tiap bulan, kesempatan hamil selalu masih ada 🙂

    tetap semangat semua

  25. irene

    buat hera
    boleh tau bt yang ke 1,2 dan 3 itu di mana sebelumnya

    buat nida
    royal jelly, dll yang bagus keluaran high dessert, hanya dijual system MLM. kalo gak salah showroomnya di pecenongan ?

  26. nida

    to irene

    salam kenal ya….

    Aku mao tanya tentang corella apa cuma dr CNI?kalau royal jelly? apa bisa di beli di apotik mana aja.merk apa yg bagus.Aku rencana mulai ICSI yg ke dua pada bln december,berapa lama aku harus minum obat tsbt?mohon informasinya

    Thank’s yaaa

  27. irene

    hi nida

    chorella yang dulu saya makan merek CNI, tapi mungkin merek lain juga ada. 1 bulan sebelum program sudah boleh dimakan, terus sampai mulai suntik2 stop saja. itu tidak menambah nafsu makan kok. sebelum program, juga sebaiknya olah raga yang teratur, untuk mencapai berat badan yang ideal. sepertinya ada pengaruh loh antara kualitas telur dan berat badan.

    jangan lupa untuk menanyakan dokternya, apakah ada yang bisa dirubah di program berikutnya, apakah dosis suntiknya bisa ditambah untuk memperbanyak jumlah telur, atau diganti ke protocol lain.

  28. nida

    hi irene

    Thank’s ya atas info nya,aku akan minta suami untuk cek obatnya,sekarang aku di india dan akan ICSI di sini,suami masih di jakarta dia baru dateng pada bulan december pada saat akan ICSI.skarang aku sedang menurunkan berat badan dengan cara jalan pagi selama 1 jam tiap hari(minggu libur)juga mengatur makan,berat badanku sudah turun banyak target 8 kg lagi.mudah2han bisa ya.THANK’S

    WISH ME LUCK

  29. susi

    @irene: tks for atensinya, mnrt dokter kista coklat, awalnya beliau bilg g tlalu mslh, tp pas konsultasi mens h2, aku diusg dan disuruh balik 2bln kmdian buat cek telur lg dan sedot kista (dsuruh 1mgg sblm mens dtg). kmgknan kista ini jg penghambat produksi telur yg sedikit, aku jg kurang tahu, kmrn sempet shock aj pas dokter bilang hasil amh jelek, telur kudu sikerok gitu, dokter sndiri ga nyinggung2 soal BT tuh, pdhl dr awal aku ktmu niatan BT.

    skrg ini aku bantu akup min 2x smggu, aku giatin olahraga, plus konsumsi bbrpa vitamin2 dari dokter. kadang suka drop bgt pas inget kondisiku dimana telur tak banyak akibat ovarium kanan yg tidak utuh, endo dan tuba yg tinggal satu. tetap semangat dan tidak putus berusaha dan berdoa.

  30. hera

    Dear Irene , kalo corrella itu makan 5 sekaligus ato bgm? trus waktu mulai suntik apakah semua obat2 penunjangnya hrs dihentikan ya ? sementara yg tiap hari sy komsumsi : vit c , omega + folat acid + corella + co Q10 .btw bt 1 sy di harkit , ke 2 di bunda (distopin) ke 3 di penang (distopin jg…..:(..) kalo royal jelly emang sy konsumsi yg high dessert …kalo ada yg mau berminat bisa hub sy .kebetulan sy punya kartu anggotanya .thanks ya…

  31. tracy

    Hi semua,…. Persoalan kita ternyata hampir sama semua ya. Bbrp hr yg lalu sy ke gramedia n beli buku yg menurut sy sgt bagus,ttg hormon. Judulnya ‘the miracle of bio-identical hormones’,ditulis oleh michael e.platt m d.Duuuh….ternyata masalah hormon2 kita semua dibahas di sini.Bukunya sdh diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia,hrgnya sekitar 4orb-an.Intinya sih ini masalah defisiansi progesteron,makanya susah hamil,tambah gemuk,endometriosis,kista,dll.Dr Platt ini sgt tdk menganjurkan makan obat2 kimia utk meningkatkan hormon. Skg sy sdg cari info bgm mendapatkan krim progesteron di Indonesia.Krimnya tinggal dioles sj di bwh lengan.untuk jelasnya bisa buka websitenta http://www.drplatt.com,n bisa isi questioner utk mengetahui masalah hormon kita.Bagi yg sudah baca share yuk,…skalian aq jg mw tanya dokter utk hormon di jkt siapa yg bagus. Thx..

  32. irene

    buat hera..

    iya corella itu makan 5 butir sekaligus. selagi suntik saya masih minum vitamin2 tersebut, tapi saya selang selling saja, sesudah embryo transfer semua saya stop hanya folic acid

    wah kamu sudah muter2 kemana2 ya……kamu bisa email ke saya irenelin@rocketmail.com..nanti saya bisa coba kasih alamat dokter saya. walaupun agak mahal tapi terbaik se asia menurut saya, terutama kasus2 yang sudah berkali2 gagal. mana tau kamu cocok dan ada jodohnya, bisa berhasil

    buat tracy
    setahu saya, progesterone yang berbentuk cream itu namanya “crinone”, biasanya dimasukin ke vagina setelah embryo transfer. kalo yang di lengan itu mungkin cuma ada di luar negeri ?

  33. lelia

    hi,iren dan tracy..
    kebetulan saya juga sempat cari-cari cream yang tracy maksud. cream yang dimasud sebenarnya untuk yang mau manupouse tapi buat kita-kita yang punya masalah hormon juga bisa membantu. saya gak tau kalau dijakarta, tapi kalau mau cari di apotik coba di bagian manupaouse.

  34. tracy

    Hi Lelia,Irene,dll…..
    Thx ya infonya.Aq skg lg usaha sendiri cari tau gmn bisa hamil selain makan obat dokter.Aq sdh ke mana2,bbrp kali insem,n IVF.Tp gatot:((
    Dokter2 kyknya tambah kaya aja deh.
    Aq mw tanya,apakah semua suplemen yg disebut di atas semuanya dikonsumsi sekaligus?
    Ada yg tau merk apa yg bee pollennya digabung dgn royal jely?Jd kita ga perlu beli satu2.
    Rgds

  35. nida

    hi all,

    cuma mao chering aku rencana ICSI yg ke dua bln december tapi ternyata pas di periksa tuba ku yg udah di tutup (ring)bermasalah jadi dr mutuskan untuk membuang tube ku,detelah itu baru mulai ICSI lagi.buat temen2 ada ga yg udah di buang tube n program BT atau ICSI tolong chering an nya dong.

    All the best

  36. Erlyna

    Maksud Nida, Tuba faloppi ya. Biasanya kalo tuba tertutup embrio tidak ditaruh di tuba falopi seperti kehamilan normal, tapi ditaruh di rahim langsung. Ada youtubenya
    kok.
    Aku liat youtube di hisar India, nenek 66 th mempunyai bayi kembar 3 setelah 44 th menikah dengan ivf. Jadi tidak masalah jika anda tidak punya tuba falopi, tapi selanjutnya anda tdk bisa hamil alamai, harus ivf.

  37. nida

    to erlyna

    Thank’s ya atas info nya,memang tuba ku rusak jadi harus di buang.Dan emang aku ga bisa hamil secara normal harus ivf.waktu ICSI pertama tuba ku udah di blok ya karna rusak itu,tapi skarang dr mutusin untuk di buang karna masih ada masalah di tubaku.Ngomong2 sekarang gimana perkembangan medical erlyna???

    All the best

  38. Erlyna

    Nida, aku belum melakukan apa2 soalnya cutinya tidak cukup. Ngomong cholera makannya banyak pagi siang sore masing- 2 5 butir , jadi sehari bisa 15 butir lho Nida. Itu menurut resep cholera sini, apalagi kamu kan tinggi besar. Memang tuba rusak ada gejalanya apa ….?
    Semoga berhasil ya Nida, my prayer is with you

  39. nida

    eryna…iya memang makan sorella banyak tapi aku belom mulai,aku baru mao mulai kalu mau ICSI 1 bulan lagi.kalao masalah di tuba sih ga ada gejala apa2,waktu itu aku punya kista yg nempel di tuba,sejak saat itu tuba ku bermasalah.besok aku di laparascopy untuk buang tuba yg menurut dr dah ga ada gunanya lagi, wish me luck yaa,thank’s atas do’a and suport nya.

    All The Best.

  40. nida

    Hi erlyna

    Hari ini aku udah pulang dari RS,Operasinya lancar,ga ada jaitan,ga gitu sakit udahannya,perban dah langsung bisa di buka,boleh aktifitas sepeti biasa,boleh langsung mandi.Total biaya untuk pembuangan tube 7 juta rupiah + obat,kamar 3 juta,total 10 juta.
    (hanya sekedar imformasi buat nambah2 penegtauan..hehe..hee)

    All The Best

  41. susi

    Dear irene/tracy/A.shanty,

    Teman2 diforum ini, apa sudah ada yang bhasil hamil dengan kondisi sel telur yg sedikit?mohon sharingnya.

    Setelah suntik gonal F 150iu sbyk 2x, tidak mempan buatku krn telur masih tetap 1 dan uk hanya 8mm. Dokter menghentikan penyuntikan dan program BT ku dicancel diawal program. Sepanjang perjalanan pulang dari ? sakit aku hanya bisa menangis tidak percaya dengan semua yang menimpaku. Semangatku buat BT pupus diawal jalan.
    Masalahku 2xLO , tuba tsumbat,sperma kurang, dan amh ku rendah penyebabnya sel telurku bkurang.
    Dengan kondisi hanya 1sel telur dokter tdk mawu ambil resiko, proses BT distop karena takutnya sel telur yang cuma 1 hanya berupa cangkangnya saja. Sekiranya ada teman2 yang mengalami kasus serupa dan memiliki solusi/cara agar bisa ikutan BT aku sangat bharap bisa sharing dsini.

    Terimaksih

  42. widia

    saya setuju sm irene yg mengkonsumsi obat cina klo bs jangan obat2 kimia walaupun saya bukan org cina,,ada sinshe di daerah glodok nama nya mawar disitu spesialis herbal tp klo tdk bs minum jamu minta dibikin pil aja karena pahiit bgt klo sayasih tdk bermasah tentang kehamilan tp sepupu saya sdh 4 kali keguguran.tp setelah terapi sinshe mawar skrg dia punya anak usia 4 thn, 1kali konsul 200 ribu,,beli herbalnya hampir 900rb bs beli separuh ko..jgn salah sinshe disana ada puluhan sinshe tp mawar yg terpercaya,,

  43. Jesica

    Dear Susie, mo nanya, cek Amh Nya itu diambil darahnya Aja ya? Perlu waktu khusus utk cek? Misal hrs dicek pas hari ke brp mens?

  44. andri

    Dear mb Athif.. saya mau berbagi pengalaman sedikit. Haid saya termasuk yg sangat gak teratur. Kadang malah gak keluar sama sekali. Periksa kemana2 (di Indonesia) katanya semua hormon baik. Sampai akhirnya gynekolog di Belanda menemukan kalau saluran uterus saya ada perlengketan, padahal saya belum pernah hamil apalagi dikuret. Itupun baru diketahui setelah hampir 2 tahun saya bolak-balik ke RS. Akhirnya dgn operasi hysteroscopy beberapa kali, dokter berhasil menemukan dan membuka saluran uterus saya. Singkat cerita saat itu jg dr merekomendasikan untuk pakai program IVF. Karena haid saya yg gak teratur, dokter kasih obat minum Provera untuk 10 hari. Biasanya orang lain bisa haid setelah minum obat itu, tapi ternyata saya tidak. Karena itu saya dicek darah untuk melihat hormon dll. Sorenya saya dikabari kalau hasil test darah bagus semuanya dan kata dr saya bisa mulai dgn obat suntik IVF meskipun saya gak haid. Jadi Insya Allah, meskipun gak haid masih bisa IVF selama hormon baik. tetap semangat ya mb Athif 🙂

  45. Ela

    Hismua ,

    Mohon info dong karna aku lagi program BT dan kemarin cek telur H 21 ko masil belum mateng ya dan dokter minta cek kembali minggu depan saya jadi bingung ovulasi itu H ke berapa setelah haid ya karna saya haid itu tgl 12 April apa telur2 saya tidak bisa berkembang lagi ya…dan apakah ada obat atau cara untuk dapat memantang kan telur tsb.

    Mba Widia
    Untuk shinhe mawar apa dia jual obat untuk besarkan telur. tks.

  46. lucy

    Dear Andri ,
    Membaca surat anda saya bersyukur pada Tuhan , saya mendapat jawaban krn masalah saya sama persis dgn anda… saya sering ke belanda , apa bisa saya minta nama dokter n rumah sakit tempat Andi konsultasi ? oh ya bila tdk keberatan Andri bisa sms ke nomer saya 0813 15444 709 terima kasih atas share nya… salam

  47. Tika

    Dear andri…

    Saaya pnya masalah yang sama haid saya ga teratur, kira kira cek hormon apa aja..?? Apaa ada kl boleh minta nomor tlp donk..supaya aku bs share email aku ristianakartika@yahoo.co.id, sekarang gmn mba hasilnya?? Oh ya BT nya khusus apa gmn???
    Terima kasih banyak..

  48. Angel

    Hi semuanya, saya Angel, 32 thn, dulu saya pernah Kista endometriosis di Ovarium kiri kanan, miom dan jg sedikit adenomiosis. Kista dan miom sdh diangkat setengah tahun lalu dan endo juga sdh dibersihin, saya juga sdh pernah insem dan program bayi tabung tapi belum berhasil. Saya belum punya anak sama sekali. Saya sgt tertarik dgn dokter BT yg diposting oleh Irene di atas yakni postingannya pada bulan October 24th, 2010,…ini sedikit kutipan dari postingan Irene di tgl 24 okt 2010 biar Irena dan teman-teman sekalian bisa ngebaca di sini langsung :

    “ooh, satu hal lagi yang lupa saya tambahkan, selain vitamin dan rajin akupuntur, menurut saya, kita harus mencari dokter dan lab yang terbaik. dokter saya yang terakhir sangat berperan dalan keberhasilan saya. beliau mau mendengarkan saya, mau diajak berdiskusi dan selalu pay attention in detail penjelasan saya dari kegagalan2 saya sebelumnya dengan dokter lain. berdasarkan penjelasan saya, beliau lalu memberikan protocol yang cocok sekali dengan saya, dengan menambahkan dosis gonal f dan obat lain seperti luveris. saya sudah konsultasi ke puluhan dokter, dan memang sangat sulit menemukan dokter yang mau mengerti keadaan saya dan mencoba hal baru. kebetulan beliau sangat ahli dalam bidang ivf dan tentu saja memiliki lab yang canggih dengan fasilitas assisted hatching sehingga mampu menghasilkan kualitas embryo yang lebih baik.”

    Kutipan Irene ini saya postingkan di sini biar teman-teman semuanya bisa membantu saya mencari info ttg dokter ini. Sebab saya juga sdh kirim email ke Irene berkali-kali tetapi belum pernah dapat balasannya, mungkin Irene sdh sibuk dan ga online lagi. Sekiranya ada teman-teman sekalian yg tahu gimana cara hub Irene atau tahu ttg info dokter bayi tabung yg handle Irene sampai dia berhasil menjadi seorang Mama, mohon kesudian teman-teman sekalian utk hubungi saya di email : angel8217@yahoo.com

    Atau sekiranya Irene masih ada online di web ini, mohon bantuan info dokternya ya Irene, mohon email saya ya Irene.. thanks banget lho Irene..

    Bantuan teman-teman sekalian dan bantuan Irene saya sgt berteima kasih banget. Thanks banget buat sekalian. Semoga kita semua yg lagi berjuang utk mendptkan momongannya, doa kita segera didengar Tuhan dan kita dikasih yg terbaik.

    Salam,
    Angel

  49. susi

    hai semua..
    buat kawan2 yang memiliki masalah dengan low amh, fsh tinggi, premature menopause, POF,
    dipersilahkan yang mau joint di grup wa/bbm silahkan email saya: susy.tambunan@yahoo.com

    Disana kita akan bisa bebas sharing dan update informasi yang berharga dengan permasalahan yang sama.

    ditunggu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*