Hypospadie pada anak proses bayi tabung – Andorra

Dear Moms and Moms to be, saya mau sharing.

1 tahun yang lalu saya mengikuti program bayi tabung dan dengan kehendak Tuhan, saya hamil dan melahirkan bayi laki-laki yang sehat. Setelah dicek secara menyeluruh, ditemukan bahwa penis bayi saya berbentuk Hypospadie.

Berikut ini arti Hypospadie yang saya kutip dari Wikipedia.
Hypospadias is a birth defect of the urethra in the male that involves an abnormally placed urinary meatus (the opening, or male external urethral orifice). Instead of opening at the tip of the glans of the penis, a hypospadic urethra opens anywhere along a line (the urethral groove) running from the tip along the underside (ventral aspect) of the shaft to the junction of the penis and scrotum or perineum. A distal hypospadias may be suspected even in an uncircumcised boy from an abnormally formed foreskin and downward tilt of the glans.”

Kasus Hypospadie berbeda-beda menurut degree nya.
Pada anak saya penisnya berbentuk Hypospadie 1 degree, jadi lubang kencingnya bukan ditengah, melainkan beberapa milimeter ke bawah. Lalu saya bawa ke Urology, dan hasilnya, harus diperbaiki melalui cosmetic surgery.
Kedengarannya mengkhawatirkan, tapi dokter urolog menjelaskan kalau sejak dini (max 1 tahun) diperbaiki, bukan kasus yang parah. Kalau tidak diperbaiki kasihan anaknya, kencingnya tidak nyembur seperti harusnya laki-laki tapi bisa kemana-mana , dan bisa menyebabkan tidak subur, tergantung tingkat keparahan (degree) hypospadie.

Setelah membaca record bahwa anak saya hasil proses bayi tabung, dokter bilang, tidak aneh bahwa anak saya Hypospadie. Karena menurut penelitian, dan pengalaman dokternya, 9 dari 10 anak laki-laki dari bayi tabung terdapat Hypospadie.
Karena setelah ET (Embryo Transfer) kita banyak disupport hormon Progresteron. Saya ingat, setelah ET saya disuntik hormon progresteron selama 10hari berturut-turut, lalu obat berbentuk mutiara yang dimasukan ke vagina selama 3 bulan pertama kehamilan untuk menguatkan janin. Inilah yang menyebabkan birth defect.

Saya sarankan untuk ibu-ibu yang anak laki-lakinya dari proses bayi tabung untuk memeriksakan anak ibu ke Urolog.
Kalau terdapat Hypospadie, bisa ditanggulangi sedini mungkin. At least prepare what to do next.

Semoga bermanfaat.
Salam, Tuhan memberkati.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

7 thoughts on “Hypospadie pada anak proses bayi tabung – Andorra

  1. anggun

    Salam kenal mbak,,makasih infonya,,bs nambah ilmu.
    Skrg sy lg hamil 5,5bln hasil BT juga,,dl stlh ET sy suntik penguat aja 2x,, abis itu gak minum/suntik apa2 lg. Obat crynone yg dimasukkan ke V pun stop krn sy alergi,jd cm sempat pakai 1x aja stlh OPU. Smg nanti lahir lancar semuanya. Makasih ya mbak infonya 🙂

  2. fenny

    omy god…

    saya juga lagi hamil kembar cowok, hasil ivf, dan suntikkan penguat dan obat obat hormon penambah progesteron semua saya ada pakai. termasuk obat utrageston yg seperti mutiara mutiara masukkin per vaginal.

    kalo boleh tahu dokternya siapa ya kmrn pas bt nya?

  3. anggun

    Fenny : haaaaiiii pkbr? dah brp bulan neh?
    fen, emang setelah ET pk apa aja? aq yg inget setelah positif aja dkh duphaston, asam folat sama gravimin dHA smp 3bulan, itu juga yg dimaksud kah?
    Semoga baby kita sehat2 aja,, lahirpun lancar ya,selamat semuanya. Hasil usgku dpt baby cewek fen 🙂

  4. special mom to be

    sebenernya birth defect di sebabkan krn kekurangan folic acid,kl menurut dokter2 di Luar negri sangat di haruskan minum folic acid sejak sebelum hamil dan makan makanan yg mengandung folic acid krn sgt penting dr awal pertumbuhan janin spy tidak terjadinya birth defect, browsing aja di internet yg berbahasa inggris ttg pentingnya folic acid

  5. Andorra

    Dear all, maaf baru balas.
    Sejak 5 tahun saya di negri perantauan (Jerman) karena ikut suami. MEngikuti program bayi tabung di sini. Dan Dokter anak sini yang memeriksa anak saya dan mengirim rekomendasi ke Urolog. Seperti yang dijelaskan oleh Urolog apa penyebab anak saya terdapat Hypospadie.
    Ada juga Hypospadie yang bukan disebabkan oleh proses bayi tabung yang mungkin seperti dibilang oleh special mom to be bahwa ketika hamil kekurangan Asam Folat.
    Tapi Hypospadie pada anak saya sebagian besar kemungkinan disebabkan oleh proses bayi tabung dan hormon treatmentnya. Sebelum hamil, semasa hamil, dan sesuadah hamil saya mengkonsumsi asam folat 400mg /hari. Jadi asupan asam folat saya terhitung cukup semasa hamil. Dan saya hanya mau sharing saja sapa tau bermanfaat karena memang ada penelitian dan statistik nya efek hypospadie pada anak proses bayi tabung.
    Salam.

  6. fenny

    @anggun

    hi, say pa kabar
    aku baik, cuman 3 hari lalu br opname di rs, soalnya tekanan darah agak tinggi 160 per 100, plus konstraksi . tp syukur skrg uda baikkan, setelah di infus anti konstraksi dll. yaaaa perlu bed rest sampai mlhrkan neh. aku uda memasukkin kehamilan di 32 minggu neh,,,,
    wahhh, senengnyaa dpt baby cewek, mau dongggg. hahhaa

    all d best ya anggun

    @anddora
    thank you so much for ur info

    fenny

  7. anggun

    fenny : jaga kesehatan ya mbak,, kurangi garam,,hehehe,,bulan2 terakhir, smg sebentar lg lair dengan sehat, selamat semua mom dan twin juga,,aq baru 27week neh.. makasih banget ya atas info dan saran2 buat persiapan dulu,,buat teman2 semua semoga diberi kemudahan dan segera jd mom. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*