Hidrosalping dan Bayi Tabung – Yulia

Dear teman2 seperjuangan, saya Yulia, 34th. Sudah menikah 8thn, infertility sekunder, anak pertama saya sudah berumur 7thn. Masalah saya adalah hidrosalping dan kedua saluran tuba non patent. Akhir Des’14 yang lalu kami memutuskan ikut program bayi tabung di Siloam Surabaya. Pertama kali konsultasi dengan dr. Aucky saya sudah menunjukkan hasil HSG bahwa saya mengalami hidrosalping dan kedua saluran buntu, namun saat itu dr. Aucky mengatakan bahwa itu tidak masalah, karena dari hasil USG transvaginal saya tidak terlihat ada cairan, jadi hidrosalping tidak berbahaya lagi. Ketika saya bertanya tentang laparaskopi seperti yg dianjurkan dokter saya di Bali, dr. Aucky menegaskan lagi bhw tidak perlu LO karena sudah kering. Waktu itu saya dan suami percaya dan memutuskan lanjut proses bayi tabung, apalagi sebelumnya memang takut dengan yg namanya operasi termasuk LO.

Start proses bayi tabung berjalan lancar dari awal, respon tubuh terhadap suntikan dll bagus, OPU dengan 10 sel telur, 5 oocyte, hasilnya 4 embrio (2excellent, 2good) ditanam semua. Akhirnya saat pengumuman, saya dinyatakan gagal dengan bhcg <2. Sempat bengong gak percaya waktu diberitahu hasilnya, sedih, kecewa, campur aduk gak karuan. Buntut2nya yg jd penyesalan kami, ya si hidrosalping. Teman2 yg punya masalah sama, please share dong.. Ada gak teman2 yg mengalami hidrosalping dan berhasil bayi tabung tanpa laparoskopi sebelumnya..? Thanks a lot..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 1.50 out of 5)
Loading...

27 thoughts on “Hidrosalping dan Bayi Tabung – Yulia

  1. Ririn amelia

    Salam kenal bunda.. Nama ririn.. Umur 23 tahun..saya juga di vonis dokter terkena hidrosalping dan sudah melakukan Lo.. Akan tetapi pelengketan di saluran tuba sebelah kiri sudah menyebar sampai ke usus.. Jafi dokter menyarankan kan untuk melakukan BT…sempat sedih dokter mengatakan tidak bisa hamil alami.. Bagi bunda yg udah pernah program BT setelah gagal berapa kita harus bayar lagi…. Bantu jawab ya bunda.. Tapi bagaimana pun.. It cuman vonis dari dokter.. Saya akan tetap berusaha dan yakin bisa hamil alami.. Semoga bunda semua juga semangat untuk hamil alami.. Amin..

  2. Yesi

    @indira :saya rencana mau LO juga d Dr ng.bisa tanya emailnya atau PIN bb nya Mba Indira kah?soanya saya mau tanya2 persiapannya.trimakasih

  3. Binar

    Sy juga ada HS n krn lanjut IVF hasilnya gagal krn HS tdk diselesaikan dulu. Krn sblmnya sy tdk tau HS itu apa.. n akibatnya apa. alhasil akhirnya dokter sarankan LO dulu.. menunggu rehat 3 bln dr proses IVF yg gagal. Jd yg ada HS yg mau IVF sebaiknya diobati dulu drpd resiko buang dana besar utk langsung IVF.. HS sgt menjd kendala keberhasilan.

  4. anggi

    Hai Bunda Zaynal….salam kenal
    Thanks sharingnya bund.. semoga bunda dan baby twin sehat2 selalu..dedenya sudah lahir ya??
    Memang kebanyakan info ttg hidrosalping menyarankan dibuang dulu sebelum batab. , berarti keputusan bunda utk membuang tuba yang infeksi itu benar ya..pls info bun ..dmana promilnya?

  5. Rena

    @zayna
    Bunda gimana dengan kehamilan nya setelah berhasil BT nya dengan cut tuba waktu LO?
    Sudah melahirkan kan kah?

  6. Yulia

    @eka,
    Iya eka, di lembar analisa HSGnya mmg tertulis Hydrosalping, dan tuba fallopii kanan dan kiri buntu. Cuman waktu konsultasi dgn dr A, katanya dari USG transvaginal gak keliatan ada cairan, sudah kering. Makanya bisa lanjut batab. Jadinya bingung jg emang bisa ya hydrosalping itu jd kering sendiri. Trus lbh akurat mana hasil HSG dgn USG transvaginal. Banyak2 konsultasi dgn dr aja dulu, Eka.. Good luck ya..

  7. eka

    @ mba yulia;

    mau nanya kmren dari HSG lembar analisanya apakah disebutkan kalo itu hidrosalping? atau hanya buntu (non patent) saja? Dokter yg di bali menyebutkan itu hidrosalping apakah dari hasil USG atau HSG? karna saya juga mengalami kasus spt ini dan masih jadi ketakutan sy utk start BT krn byk yg blg gagal slama ada hidrosalping, saya juga baru HSG dgn dr kandungan di jkt utk persiapan BT dan hasilnya nonpatent dua2nya tp tdk diblg itu hidrosalping, melainkan hanya buntu saja. krn ktnya klo hidrosalping hrsnya di HSG/ USG itu terlihat seperti saluran yang bengkak besar gitu, kmrn hasil HSG yulia ada kliatan bgitu ga?

  8. Agustina

    Slam kenal mbk kintan..wah usia kita sama ya..q jg thn uni rencna mau batab disiloam jg..kl bleh kasih pin nya ya mb siapa tahu bsa japri hehe ini pin aku 54a95085

  9. Kintan

    Salam Kenal buat bunda2 semua,,,,
    Saya kintan, usia 25th, pernikahan 3thn.
    Case:
    Tuba kanan non paten
    Ovarium kiri tidak rata
    Retrofleksi
    Sperma dinyatakan normal, tp bentuk abnormal 94%

    Saya dan suami tahun ini berencana untuk program bayi tabung,
    Pilihan nya antara RS Siloam Surabaya, atau Prima Medika Bali, bagaimana menurut bunda sebaiknya di RS mana ya?… Mohon sharing nya, terimakasih.

  10. aura

    salam kenal ya bunda sari..mgkn bunda bs tanya lebih detail lg ke dokter ttg dampak negatif miom dan sumbatan tsb.bs ditanyakan jg sumbatan tsb krn apa.apakah ada hidrosalping atau tdk..dan apakah ada infeksi yg menghasilkan cairan ato tdk.penjelasan dokter sy,cairan tsb bs mengakibatkn keguguran janin.jd rsnya percuma klo bunda BT tanpa LO dl.sy berpikirny gini ya bun..gmn efek miom itu ke dpnnya thdp tubuhnya bunda jk tdk disembuhkan terlebih dahulu..yg penting saat ini bunda sehat dl..msh bs bahagia bersama anak n suami.stelah urusan miom dan sumbatan udh beres..mdh2an bunda bs cpt hamil alami ataupun memutuskn utk BT..mhn maaf jika saran n pendapat sy kurang berkenan bagi bunda..ini hanya skedar saran n pendapat sy aj ya bun..goodluck ya bun..

  11. keii

    selamat pagi semua,

    perkenalkan.. saya Keii..
    saya bekerja di klinik bayi tabung di Bangkok..

    klinik kami merupakan klinik khusus untuk infertility.. klinik kami terletak dipusat kota bangkok dan sangat mudah dijangkau..
    klinik kami merupakan salah 1 clinic terbaik disini, dan kami memiliki teknologi terbaru untuk pengecekan kromosom embrio (NGS) yang mana klinik kami merupakan klinik pertama kali di Asia yang mengembangkan teknologi ini.. sangat akurat dan meningkatkan tingkat keberhasilan..dengan teknologi ini pula anda dapat mengetahui apakah embrio anda normal atau abnormal, dan juga mengetahui gender dari si embrio, sehingga dapat memutuskan mana dahulu yang ingin di transfer..

    teknologi kami dapat dikatakan lebih maju dari singapore dan malaysia..
    maka dari itu banyak pasien kami yang berasal dari singapore dan malaysia ..dan selain warga thailand, singapore, malaysia, dan indonesia, pasien kami banyak yang berasal dari vietnam, jepang, china, hongkong, india, maldives, newzeland, LA, german, negara2 di amerika, dan australia lainnya.. jadi anda tidak perlu kuatir..

    informasi lebih lanjut mengenai klinik kami, dapat dilihat di http://www.safefertilitycenter.com
    dan bagi yang tertarik atau ingin bertanya2 soal program2 infertility seperti(ICSI, IUI, PGD, Laparoskopi, Histeroskopi, dll) ini bisa menghubungi saya di :
    indonesian01@safefertilitycenter.com

    akan lebih mudah jika berkonsultasi / melakukan program ini di negara orang namun tetap menggunakan bahasa ibu kita .. ^^

    terimakasih

  12. Ais

    Haii.. Temen2 semua.. Saya mau berbagi sedikit cerita, saya jg BT dgn Dr Aucky Hinting di RS siloam surabaya.. Awalnya saya dinyatakan positif dengan hasil beta HCG 55,56 semua berjalan lancar dan pada 5w usia kandungan saya beta HCG saya 4078,87..
    Tapi, disaat kehamilan saya berjalan 7w perut saya keram, sakit sekali. Sampai harus ke UGD siloam tengah malam, saat itu saya di USG kandungan saya baik2 saja, dan saya juga tidak ada flek. Hanya saja kata dokter Hendro sisa telur saya masih membesar dan bergesekan dengan rahim saya, itu kenapa rasanya sakit sekali.

    Usia 8w saya ke RS Siloam untuk kontrol baby saya, untuk melihat detak jantungnya. Dan ternyata janin saya tidak berkembang, dan tidak ada detak jantungnya.
    Dr Hendro menyuruh saya untuk mengecek kembali beta HCG saya, dan ternyata beta HCG saya hanya 11.700 yang seharusnya usia 8w itu minimal 37500.
    Ya Allah.. Hati saya rasanya hancur, saya langsung nangis. Dr Hendro menyuruh saya utk kembali 5 hari lagi. Dan saya tetap di suruh USG dan cek beta HcG, hasil USG tetap sama janin saya tidak berkembang. Dan hasil beta HCG saya turun menjadi 7300!!

    Besoknya saya kembali bertemu Dr Hendro, dia menyarankan saya untuk curret, siang itu saya dikasih pengantar ke RS Putri di Surabaya. Saya disuruh puasa selama 6 jam sebelum saya di curret. Saya sudah pasrah sama kehendak Allah SWT, mungkin ini jalan terbaik untuk saya.
    Tanggal 04 maret 2015 hari rabu sore jam 18:00 saya sampai di RS Putri, malam jam 19.00 Dr Hendro mulai melakukan tindakan curret ke saya.
    Rasanya perasaan saya hancur, anak yang selama ini saya tunggu2 ternyata hanya bisa bertahan 8w didalam rahim saya..
    Tapi saya tidak akan menyerah, saya akan tetap berusaha. Saat ini saya masih terbaring di rumah karena perut saya yang masih sakit sekali.

  13. Sari Gulo

    salam kenal buat bunda2 smua ,,, buat mbak Yulia ttp semangat mbak πŸ™‚ smua indah pada waktu-Nya O:)

    pekenalkan sy Sari, umur 37 thn & sy infertility sekunder jg, anak pertama saya cwek sudah berumur 7thn. skitar blm Mei 2014 taon lalu sy konsul dgn salah satu dokter & hasil nya ada miom serta kemungkinan ada penyumbatan & d saran lan laparoskopi.

    Awal feb kmrn sy konsul lg k dokter lain & hasil nya ada miom jg di sarankan HSG ,,, tgl 18 feb kmrn sy HGS hasil nya kiri kanan non paten & oleh dokter d sarankan langsung BT aja & di sarankan k dr. Budi Wiweko , dia bilang mengingat umur sy lbh bgus langsung BT drpd laparoskopi,dok nya bilang LO kan biaya bsr jg jd mending nambah biaya & langsung BT. jd smpe skrng masih bingung mau ambil tindakan antara LO atw BT ,, mempersiapkan dana & mental utk tindakan selanjutnya …

    ada saran atw ide dri bunda2 smua πŸ™‚ ,,,, makasih ya ,,

  14. Yulia

    Hallo Nuke,
    Thank you ya Nuke.. Syukur skrg sy sdh rileks dan semangat.. hehe..
    Sy ga ada cadangan embrio juga, jd nanti mulai dari awal lagi kalau sdh siap fisik dan mental. Mudah2an Tuhan msh beri kesempatan.. Amin. πŸ™‚

  15. Yulia

    Hai bunda Zayna,
    Thanks sharingnya bund.. semoga bunda dan baby twin sehat2 selalu..
    Memang kebanyakan info ttg hidrosalping menyarankan dibuang dulu sebelum batab. Saya blm konsul2 lg ke dr setelah gagal kmrn. Boleh tau bunda programnya dmn, dan dr siapa? Thank you..

  16. Nuke

    @Yulia
    Salam kenal ya…
    Aku juga hidrosalphing kanan, tp tuba waktu diisi cairan kontras bisa keluar dengan baik, artinya yang kiri masih bagus. dan yang kanan diindikasikan ada perlengketan.
    Dokter aucky juga tidak menyarankan LO tp langsung BT. Sempat heran juga kenapa tdk menyarankan LO, krn pas browsing selalu harus LO dulu baru berhasil BT.
    Aku yakin dokter Aucky berpengalaman dan punya cara sendiri untuk mengatasi hidrosalphingnya ( mgkn penyedotan cairan hidrosalphing pas OPU atau pemberian obat2an setelah embrio menempel )Jadi menurut aku, kegagalan BT mu bukan karena hidrosalphing, krn banyak kegagalan BT ( embrio tidak menempel )itu disebabkan faktor2 yang lain seperti kekentalan darah, dll.
    Dan banyak pula yg berhasil hamil alami setelah 2 bulan pasca BT yang gagal, dikarenakan 3 bulan pasca BT, tubuh kita dalam masa subur2nya. Jadi saranku, enjoy dan nikmati HB dengan suami. Siapa tahu, bisa hamil alami. Amin.

    So, semangat ya Yulia, coba traw cycle aja ( kalau memang ada cadangan embrio beku )….. dan terus yakin bahwa usaha kita pasti akan berhasil. Tuhan pasti memberi kita indah pada waktunya.

    Salam hangat,

    Nuke

  17. Zayna

    Hi bun, aku sd divonis hydrosalphing 10 th lalu disuruh buang oleh dokter karna aq ga pernah hamil juga . Karna aq ga mau akhirnya aq ikut ivf dgn hydrosalphing yg walaupun dokter sdh bilang bakal mengganggu. Dapat 14 telur dan 5 embryo excellent. Di transfer pertama dua embrio gagal. Setahun kmudian FET sampai 3 kali smua gagal. Akhirnya ikut ivf lagi setahun kemudian Dapat 4 telur dan hanya satu embryo yg excellent lagi lagi gagal. Akhirnya sy putus kan operasi membuang tuba. Guess what? Ivf saya berhasil skrg sy mengandung twin cowok cewek. Thanks GoD. Semangat bun

  18. Yulia

    Hi Gexrena.. Senangnya ketemu yg satu kampung πŸ™‚ saya dari singaraja mbak.. Nanya dong..program dgn dr siapa dan RS mana? Sebelum program apa sdh pernah laparoskopi? Saya pernah konsultasi dgn dr. Putra Adnyana di RS Bross dan disarankan laparoskopi untuk persiapan IVF.

  19. gexrena

    Hi mbak Yulia
    saya program di Denpasar , menurut Dr yang menangani saat itu hidrosalpingnya disedot. btw sekedar informasi Dr Aucky akan mengadakan seminar tanggal 15 Pebruari 2015 di Sanur siapa tau berkenan hadir dan bertemu IVF fighter yang lain

  20. Yulia

    @nina, amin..semoga ya nina.. Kita mmg harus berusaha, tp hasilnya Tuhan yg menentukan. Yakin Tuhan pasti beri yg terbaik.. πŸ™‚ Gud luck..

  21. Nina

    Hai mba,

    Untuk saat ini IVF masi belum jadi option kami mba karena dana yang perlu disediakan cukup besar hehehe..masih berusaha mengumpulkan dahulu dananya πŸ˜‰

    Tetap semangat ya mba, semoga Tuhan memberikan kita anugerah di waktu dan saat yang tepat

  22. Yulia

    @nina, wah ini info yg baru saya tau, trims.. sebelum2nya kebanyakan masukannya kalau hidrosalping itu kemungkinan besar akan meracuni embrio. Kalau nina sudah ikut batab juga kah? Boleh tau gimana hasilnya?

  23. Nina

    Halo mba salam kenal,

    Aku juga punya problem yang sama dengan mba Yulia, hasil hsg saya adalah tuba kanan non patent dan suspect hydrosalpinx. Saya sempat konsultasi untuk masalah ini ke dua dokter yang berbeda, salah satunya Dr. Relly dan menurut beliau Tidak semua hidrosalping harus dibuang pada mereka yang akan menjalani IVF/Bayi tabung. Direkomendasikan jika diameter hidrosalping >2,5cm sebaiknya dibuang hidrosalpingnya atau disumbat hidrosalpingnya di bagian pangkalnya/proksimal hidrosalping. Jika pada USG transvagina tidak ditemukan hidrosalping, maka tidak perlu melakukan pengangkatan tuba yg dicurigai adanya hidrosalping. Hidrosalping yg ditemukan pada HSG itu adalah bukan hidrosalping sesungguhnya tetapi karena adanya pembuntuan pada bagian ujung/distal tuba shg pada HSG cairan kontras tidak bisa keluar…sehingga pada HSG tampak kesan suatu hidrosalping, maka pada kondisi ini tidak harus diangkat hidrosalpingnya kecuali jika pda USG transvagina ditemukan hydrosalpinx, tetap semangat ya mba dan berfikir positif bahwa kalau memang gagal untuk program baytabnya berarti Tuhan belum memberi kepercayaan sama mba dan suami πŸ˜‰

  24. Yulia

    @Agustin, thank u sharing nya.. Semoga batabnya nanti sukses ya bunda.. πŸ™‚

    @Indira, selalu terharu denger cerita yg sukses hamil normal setelah perjuangan batab yg panjang.. πŸ™‚ Tuhan mgkn mmg mau melihat usaha kita dulu ya.. Sampai seminggu pertama setelah gagal batab saya msh ngerasa sedih berat, down, give up, kapok… Tapi belakangan ini…kok ya pengen nyoba lagi..hehehe.. Mudah2an msh diberi kesempatan, amin.. πŸ™‚

    @gexrena, program di siloam sby jg kah? Iya sempat denger cerita tmn2 yg program bareng jg gitu, ada yg disedot cairannya waktu OPU. Gexrena termasuk yg disedot cairannya? Waktu program sbnrnya yakin dengan dr. Aucky dan team, tapi setelah gagal..tetap masalah hidrosalping ini kok ya jd masih mengganjal.. Mdh2an kalo nanti nyoba batab lagi persiapannya bisa lebih matang.

  25. gexrena

    Hi Yulia …
    saya ingin sharing pengalaman ; Pada saat program bayi tabung saat itu saya juga diketahui memiliki hidrosalping , namun kata Dr yang menangani cairan hidrosalping akan disedot pada saat opu … , dan Puji Syukur Program saya berhasil . mungkin setiap Dr beda2 penanganannya . Yang penting jangan lupa berserah diri dan berdoa karena hal itu yang terpenting bagi keberhasilan program saya . keep positive dan tetap semangat ya!

  26. Indira

    Saya dulu hsg diketahui tuba non patent, 2010 coba BT di Aucky dan gagal. Pada 2011 saya LO di Penang (dr Ng Peng Wah), dilakukan ovarian drilling (saya PCO), dibersihkan perlengketan,juga dilakukan pembersihan saluran tuba. Hasilnya saat itu satunya tetap non patent dan satunya tembus separuh, maksudnya diisi cairan tidak bisa tembus. Tp dr Ng bilang bahwa sperma itu kuat, jadi masih ada kemungkinan untuk bisa melalui tuba falopii yang separuh tembus itu.

    Tahun 2012 saya coba BT di Lam Wah Ee dengan dr Ng. Dari 15 oocyte akhirnya tinggal jadi 4 embryo saja yang bagus, dan dimasukkan semua. Hasilnya saya tidak hamil. Bhcg <5.
    Frustasi juga sudah 2x gagal BT, akhirnya saya konsultasi via email dengan dr Charles Liem di Spore dan menurut beliau hydrosalping serta harus potong kedua tuba sebelum BT selanjutnya (tanpa tuba jelas pilihannya hanya BT).

    Opsi terakhir, Jan 2013 saya ke NUH ketemu dengan dr Ng Ying Woo, beliau ahli robotic surgery dan saya siap2 dipotong kedua tuba (hydrosalping). Tetapi dari hasil tes disana ternyata tidak diketemukan tanda2 hydrosalping, jadi dr Ng tidak bersedia melakukan pemotongan tuba. DAri hasil pemeriksaan hanya diketahui PCO saya, dan kualitas sperma suami yang kurang bagus. Dr Ng akhirnya menyarankan saya untuk stop program dulu, dan bersenang-senang saja.
    Ternyata pada Mei 2013 itu juga, ternyata saya hamil normal! Tanpa program, hanya minum obat dari sinshe di Malang. Selama 2010-2013 saya melakukan terapi akupuntur yang katanya bagus untuk problem tuba. Terapi saya lakukan seminggu sekali, dan tidak rutin karena saya harus meluangkan waktu dari tempat kerja.

    Menurut saya dr Aucky pasti punya pertimbangan juga untuk tidak melakukan LO karena dia tidak melihat indikasi hydrosalping misalnya. Yg perlu dilakukan adalah kepastian apakah memang ada problem hydrosalping tersebut, LO berdasarkan pengalaman saya tidak terasa apa-apa karena bius total.Saya lakukan di Lam Wah Ee dengan dr Ng Peng Wah, biayanya saat itu 2700RM. Karena dengan LO bisa dibenahi semua jika ada yg kurang baik, dan seperti kasus saya akhirnya malah bisa hamil normal. Saat ini anak pertama saya sudah hampir setahun dan saya hamil lagi anak kedua. Keep spirit Yulia!

  27. agustin

    salam knal bunda yulia..q kmrin jg hbs hsg disiloam sby rjukan dr.ernawati di siloam..hsilnya bsgus g ada msalah q pco bunda..q hsg utk prsiapan batab insya allah hbs lbaran ini kta dktr erna slma ada hidroslping tdk akn bsa brhasil krna salping itu racun utk embrio jd te2p hrs LO dlu..mnurt curhatan tmn2 dimilis ini jg g brhasil slma msih ada salping.mngkin itu sdkit info bunda…maaf kl kurang bagus komennya hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*