Hasil HSG tuba patent tapi dokter mengatakan ada sumbatan – Sonia

Langsung saja teman2… Tanggal 10 september saya melakukan tes HSG di Prodia dan hasilnya kedua tuba saya patent dan bentuk uterus hiperanteflexi. Tanggal 15 september saya bawa hasil ke dokter saya tapi beliau mengatakan ada sumbatan di tuba saya. Beliau menyarankan saya untuk Laparoscopy atau Hidrotubasi.
Di web ini saya pernah membaca postingan, ada yang bisa hamil alami dengan tuba tersumbat melalui terapi sengat lebah.

Tapi di tempat saya tinggal tidak ada terapi sengat lebah. Saya mengharapkan saran dari teman2, apakah saya harus Laparoscopy, hidrotubasi atau sengat lebah. Setelah hidrotubasi, apakah harus HSG lagi untuk mengetahui hasilnya?Biasanya berapa kali dilakukan hidrotubasi? dan benarkah hidrotubasi sakitnya melebihi HSG?

Tolong bantu saya teman2, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

31 thoughts on “Hasil HSG tuba patent tapi dokter mengatakan ada sumbatan – Sonia

  1. wartini diana

    Hi mba sonia..
    Kemarin saya melakukan sengat lebah untuk menghilangkan sumbatan tapi saya rasa kurang efektif soal waktunya.Krn terapisnya mengatakan perlu waktu bisa sampai 7 bln,tergantung pasien.Jadi saya gak terusin.Saya berencana hidrotubasi aja habis mens bulan depan tapi saya blm tau perlu hidro berapa kali untuk menghilangkan sumbatan.Ayo semangat mba…..

  2. nelwati

    Mb Sonia…., sy agak ragu dg kesimpulan dokternya, kok bs beda dg hasil HSG di Prodia,ya…? Saran saya, baiknya mb Sonia cari second opinion, deh, sm dokter Obgyn lainnya. Laparoscopy itu sejenis operasi/ada sayatan di perut,lho,mb Sonia. Tp, klu mb Sonia dah yakin ama dokternya, mendingan pilih Hidrotubasi aja dlu, deh…., krn lebih aman. Apa dokternya gak nyaranin diathermi (dihangatkan) dlu, gt? Untuk evaluasi sumbatan tuba, biasanya memang harus HSG lagi,mb Sonia….

  3. Sonia

    @Wartini tuba mba non patent juga?makasih masukannya mba ๐Ÿ™‚

    @Nelwati Itulah yang membuat saya bingung mba,knp bisa beda pendapat dokter dgn hasil dr prodia padahal dokter di klinik khusus infertilitas.Apa bisa mencari second opinion di klinik yg sama mba?Biasanya berapa kali hidro untuk menghilangkan sumbatan mba?Mohon sharingnya ya mba krn saya sdh terlanjur ngekost di kota ini sendiri,jauh dari suami

  4. nelwati

    Mb Sonia, klu ada klinik infertilitas lain di kota t4 mb Sonia ngekost, baik jg dicoba ke dr obgyn di klinik lain tsb, krn klu kliniknya sm, ntar ketahuan sm dokternya, dia bs jd malu klu seandainya ternyata dia yg salah. Klu aq emang ada sumbatan di tuba kiri, namun aq di ksh fisiotherapi dg diathermi, klu gak slh 15 kali, mbak. Trus, aq disuruh berhubungan teratur dlm ms subur, namun gak da hasilnya. Lalu aq ke Jkt cr klinik IVF, km diwajibkan screening suami istri, nah, di situ ketahuan bhw bkn isteri sj yg hrs diobati tp suami jg ikut kontribusi atas hasil kt berdua. Aq dianjurkan lgs BT krn umur, dll. Tp skrg blum berhasil, mbak. Rencn mens berikutnya mo konsul lg.

  5. Sonia

    Dear Nelwati,
    Saya di jogja mba,cm ada 1 klinik infertilitas dsni.Umur saya juga udah hampir 32.Pertama datang saya mau langsung insem tp ternyata prosesnya harus mulai dr HSG dulu dan hasilnya seperti ini.Ada kekhawatiran nanti diharuskan untuk BT(kejauhan ya mba mikirnya heheee…)
    Moga2 rencana BT mba lancar tanpa halangan dan segera bisa dimulai yaa… Amiiin

  6. evelyne

    hai….saya juga di anjurkan untuk laparaskopi….setelah mendengar penjelasan dari dokter saya dan membaca prosedur laparaskopi…sebenarnya laparaskopi lebih baik karena permasalahan bisa di lihat secara jelas dan bisa di perbaiki di mana yg salahnya…dan saya pernah baca juga ada beberapa pasien setelah menjalani laparaskopi justru bisa hamil spontan,semangat aja mba…jangan takut….laparaskopi gak sakit koq(kos waktu pengambilan batu empedu aku menjalani operasi laparaskopi)dan hampir tidak mengalami komplikasi berarti,sukses ya mba

  7. Shanty.A

    Hai sonia…sy pikir coba aja alami dulu jangan langsung laparoscopy…Krn kasus yg terjadi kebalikan dengan teman saya. Dia HSG ada sumbatan hasil foto kelihatan tuba tdk paten. Sehingga dokter agak pesimis dia bisa hamil alami. Namun semua Tuhan yg punya mau,,beberapa bulan setelah HSG dia hamil alami dan anaknya sudah setahun sekarang ๐Ÿ™‚ moga moga bs jadi inspirasi ๐Ÿ™‚

  8. Sonia

    @Evelyne
    Saya masih belum siap untuk Laparoscopy mba karena kesimpulan dari Lab tuba saya patent,brarti jika ada sumbatanpun ga terlalu parah kan?itu asumsi saya siih,bnr apa ga kira2 hehee ๐Ÿ™‚

    @Shanty A
    Saya udah nikah 4 thn dan belum pernah hamil.Saya sdh terlanjur di jogja dan kalo bisa jangan bolak balik lagi jadi saya ingin hidrotubasi dl aja mba,baru mencoba hamil alami.Karena di kota saya tinggalpun sangat sulit menemukan klinik yang bs HSG.Semoga Tuhan mengabulkan doa kami setelah ini.Oiya,teman mba itu melakukan HSG setelah nikah berapa tahun?

  9. wati

    Salam kenalbuat M’sonia:
    Sebenarnya kl hsl HSGnya udah agak lama bs beda hslnya, tp kl jaraknya deket trus beda jg rada aneh yach. Emang dokter Obgynnya HSG lg ya,kok tau kl ada sumbatan. Setauku kl tuba tertutup atau terbuka itu bs diliatnya pake HSG atau Laparoskopi(LO) gt. Kl HSG itu emang lbh murah tp yg bs diliat lebihsempit dpd LO, kl LO emang lbh luas termasuk kl ada endometrosis n LO salah satu alat utk kasus kesuburan jg. Kl intubasi berdasarkan crita temenku emang sakit kl gak pake obat bius, tp kl di bius gak sakit mbak, trus kl diatermi ada dokter obgyn yg masih pake tp ada yg udah gak pake lg krn sdh ada alat LO yg bl ada perlengketan bs dikasih lsg dibuka n trus dikasih obat biar gak nembel lg. Kl keberhslan hamil stlh hidrointubasi itu tergantung pd pasiennya mbak bukan angka mati. Krn temenku wkt itu udah hidrointubasi 2kali tp masih tetep n diatermi masih tetap tertutup,trus dokter menyarankan utk bayi tabung,tp temunku mundur krn alasan biaya, trus temeku coba diurut ternyata sebulan stlh itu bs hamil scr alami gt. So, semua kembalike kt yg jalaninnya. kl aku jg barusan py baby stlh 5 setengah th menunggu itupun dgn Bayi Tabung walau kedua tuba patent. Terus berjuang ya,smoga diberi kelancaran……….amien

  10. Sonia

    @Wati
    Saya HSG tgl 10 dan dokter membaca hasil rontgen tgl 15 dibulan yg sama mba.Itulah yang membuat saya bingung ๐Ÿ™
    Untuk mencari second opinion ke dokter lainpun ga mungkin krn dsni hanya ada 1 klinik infertilitas dan saya kesini hanya untuk program ini,saya ga bisa ke klinik infertilitas lain di kota lain.
    Sudah saya putuskan untuk hidrotubasi bulan depan,semoga aja hasil HSG berikutnya sudah terbuka sumbatannya dan saya bisa hamil alami (berharap banget hehehe ๐Ÿ˜€ )
    Makasih banget masukannya mba Wati,salam buat si kecil yaaa….

  11. tuti iskandar

    Hai salam kenal semua, klo sya kasusnya waktu d hsg tdk ada penyumbatan, sempat hamil stelah hsg yg pertama, tpi 2 bln kehamilan ternyata baru terdeteksi bahwa janin ada dluar kandungan, akhirnya kehamilan hrs d hentikan pd bln ke 3, stelah operasi baru diketahui bahwa saluran tuba sy menyempit, beberapa minggu stelah operasi sy hsg lg, ternyata dtunggu unt hamil alami smpai 5 bln belum berhasil, akhirnya doktr menyarankan sya unt program BT, doktr rekomen unt ivf di siloam, ada yg punya pengalamn BT di siloam? dgn kasus sprti sy?

  12. Sonia

    Dear Tuti Iskandar,
    Mba HSG trus berhasil hamil alami di usia pernikahan ke berapa?
    Sebelum BT,ga pengen LO dulu untuk memastikan mba?

  13. tuti iskandar

    sonia,
    saat ini saya lg program IVF di Siloam Hospital, alhamdulilah hasil cek darah , hormon, sperma ga ada masalah berarti, mohon doanya ya mb, semoga program ini dilancarkan , di Siloam perawatnya sangat kooperatif, sistem pembayaran yg terbuka, dan jadwal ketemu dokternya untuk pasien BT sangat diutamakan , saya gak pernah antri sampe lbh dari 20mnt

  14. Sonia

    Doa buat mba Tuti semoga dilancarkan dan dimudahkan prosesnya,amiiin.Di Siloam dengan Dokter siapa mba?sebelum BT ini mba disarankan untuk Laparoscopy dulu ga?b

  15. Nia_Beu

    hi… mba sonia
    Salam kenal ya, menurut aku ya mending dijalani 22nya, terapi sengat lebah kemudian hidrotubasi, coz banyak postingan temen2 klo banyak yg berhasil dri sengat lebah loh, aku juga lgi ikut terapi sengat lebah krn tuba kananku tersumbat total, besok rencana mau konsul lgi sama dokter unutk hidro, siapa tau udah kebuka, amiinn, :),terapistku bilang kita 10 kali terapilah, insha ALLOH, aku sii baru 5 Kali terapi dengan jeda waktu minggu pertama 3 x seminggu, yg kedua 2x seminggu, krn diterapi itu juga yg biasanya aku menjelang haid payudara sakit ini gag lg loh, di jogja kan ada terapi sengat lebah di daerah sleman, bnyk yg berhasil disitu, coba deh mba, apa salahnya kita ikhtiar kann,, maju terus pantang mundur yaa….

  16. Sonia

    Dear Nia,
    Makasih sarannya yaa.. ๐Ÿ™‚
    Tapi saya tinggal diluar pulau jadi ga bisa mengikuti terapi sengat lebah yang harus rutin ๐Ÿ™
    Untuk hidrotubasi sdh saya lakukan mba tapi sampai sekarang belum hamil juga nih tapi tetep semangat n ngarep terus ๐Ÿ˜€
    Semoga mba Nia berhasil hamil alami dengan terapi yang mba jalani sekarang,saling mendoakan ya mbaaa…

  17. nia_beu

    Wahhhh sudahh hidro yaa, share donk mba, gimana rasanyaa? Terus apa kata dokter, apakah sdh bagus? Thanks doanya yaa, amiin ??????ยชยชยชยช.. ??????.. Dan Aku juga doakan semoga cepet berhasil yaa mbaa sonia.. Amiinnn,, doaku jugaa untuk semuaa calon mami… Semoga diberikan ???????? ?(?’??’?)? untuk terus brikhtiar, aminnn

  18. Sonia

    Dear Nia,
    Hidrotubasi rasanya persis seperti HSG,pas di hidro kata dokternya tuba kiri dipastiin udah kebuka karena cairannya langsung keluar meski aku belum HSG lg.Klo yang kanan dokter blm bisa mastiin.Tp hampir 3 bulan setelah hidro saya saya belum hamil juga ๐Ÿ™
    Kepikiran mo Laparoscopy aja karena udah dikejar umur. Tp harus tetap semangat selama masih dianugrahi kesehatan dan rejeki ๐Ÿ™‚

  19. nia_beu

    Dear mba Sonia
    Kaeknya kasusnya sama kaek aku deh, coz punyaku itu indung telur yg kanan sering banget aktif gag seperti yg kiri, sedangkan yg kanan itu tubakuku mampet jadii yaa gag jadi jadii hehee, terus dokter nyaranin apa lgi mba? Klo boleh tau mba tgl dimana? Terus mba gag dibius yaa? Klo rasanya sakit bnget pas di hydro tandanya รฅ?รฅ… Sumbatan kalo di HSG kan gitu juga mba, mba ngerasa sakit banget gag yg sebelah kanan pas di hydro, ???ooooo yaa di hydro kena berapa mba? Minta alamat YM nya donk mba, biar bisa sharing pake akun pribadii, tangkiyuuu

  20. Sonia

    Dear Nia,
    Saya tinggal di Tenggarong,Kaltim.Tapi saya periksanya ke klinik permata hati jogja mba.Hidrotubasi 470rb trus dikasih vitamin 400 ribuan.Ga dibius hidrotubasinya,sakitnya sama persis dengan HSG.Dokter mastiin yang kiri udah terbuka karena aqua yang dimasukkan langsung keluar (itu kata dokter ya..)
    Dokter nyaranin,klo dlm 3 siklus mens belum hamil juga suruh Laparoscopy.Ini siklus ke 3,mudah2an aja positif nanti hehee.. Ngarep blh doong ๐Ÿ˜€
    Saya ga punya YM ๐Ÿ™‚

  21. sari

    salam kenal semua.. tgl 10 januari 2012 td aq juga hsg kesimpulan patent tuba bilateral.. artinya apa ya ? mohon infonya

  22. sari

    mba tolong add ym q.. adella_purple@yahoo.co.id… aq lg program juga nih.. tgl 8januari 2012 aq konsul n langsung trans vagina dan hasilnya bagus.. tgl 09 januari aq tes darah di prodia tp belum dapat hasilnya… tgl 10 januari td barusan q hsg dan kesimpulan”patent tuba bilateral” rencana selasa tg 15 jan 2012 suami tes sperma sekalian menyerahkan hasilx pada dokter…

  23. Sonia

    Sari,
    Tuba patent bilateral artinya kedua tuba patent,sama seperti hasil HSG saya.Tp waktu saya bawa hasil rontgennya ke dokter,dokternya mengatakan keduanya tersumbat setelah melihat rontgennya ๐Ÿ™ sampai akhirnya saya hidrotubasi.Mba Sari lagi program dimana nih?sharing doong…

  24. Erma

    Saya sudah menikah selama 3 th juga belum di karuniai anak padahal umurku dah semakin tua aja hahahaha! Setelah USG hasilnya bagus tapi lagi2 mens dateng dan akhirnya saya melakukan HSG sebualan yg lalu di Klnik Niki Medika Bali dan hasilnya ya….tuba kanan kiri non patent. Lalu Dokter menyarankan untuk di tiup. Dan kalau mau langsung BT bisa juga dan ga perlu di tiup jadi tinggal pilih aja….mau yang mana. Bingung juga sih, maunya sih tpi BT biayanya mahal dan tidak ada jaminan.Ketika saya tanya berapa biaya BT, kata dokternya 40 jt….oooh my God!!! Mahal banget kan???????

  25. yani

    salam kenal semua,

    kalau saya baca testimoni teman2 kejadiannya sama seperti yang saya alami.

    2008,saya melakukan HSG sebanyak 3x ternyata tuba ka non paten dan kiri paten dan dokter menyarankan untuk melakukan diathermi dan hidrotusi…semua yang dr instruksi kami jalankan namun hasilnya masih belum berhasil.

    saya sempat berhanti bekerja, di bulan ke 6 saya hamil, usia kehamilan 2 bulan, kemudian kami cek ke dr obgyn, pada saat di USG kami kaget sekali karena janin tidak ada di Rahim dan di diagnosa dokter KET, dokter menyarankan untuk di keluarkan dengan suntik MTX (kalo ga salah)selama3x baru keluar.

    Akhir 2012, saya melakukan progam kembali di RS Gading Pluit, melakukan kembali terapi ulang cek hormon dan HSG, hasil HSG Tuba Kiri Non Patent, Kanan Paten..kami di sarankan dokter utk lakukan BT, karena secara materi kami belum siap, kami coba dengan melakukan inseminasi selama 2x, hasilnya masih gagal juga..

    terapi sinshe, akupuntur saat ini kami lakukan… kami juga mau mencoba untuk terapi Lebah dan Urut…mohon doanya semoga tahun ini saya hamil ya teman2…

    GBU

  26. ana

    hallo… m.sonia…
    gmn kabarnya mb? sudah berhasil lum programnya? aq skr lg program tp lum jg ada hasilnya, aq bingung soalnya aq kena miom, mungkin mb ato temen2 lain bs kasih saran…

  27. Lulu

    Halo mb sonia.. gmn sdh berhasil hamil?
    Kalo boleh tahu sama dokter siapa di jogja? Banyak yg berhasil sama dr widad. Termasuk saya jg.
    Hai mb ana.. salam kenal ya..
    Mba miom aja diagnosanya?
    Kalo saya dulu diagnosa awal endometriosis. Trus saya periksa ke dr widad di jogja dsna di usg trnyta selain ditemukan kista ada miom jg. Trus saya laparoskopi. Ditemukan endometriosis, miom dan kista coklat 2. Ada perlengketan organ dalam jg yg lumayan parah. Pasca LO saya terapi tapros kemudian hamil..

  28. Dewi

    Hii mb lulu n mb2 yg lain, salam kenal….mb lulu mau tanya ya, dari awal LO sampai khamilan brapa lama trus sama dr widad tdk di sarankn BT ? Terapi tapros d rs yg sama ya? Prosesny sperti apa…..klo boleh tau biaya smua brapa ya?

  29. Lulu

    Hai mb dewi.. salam kenal juga..
    Saya LO januari 2013. Suntik tapros pertama awal februari. Tapros 4x feb-mar-apr-mei. Haid pertama setelah tapros juli 2013. Agustus haid kedua sekaligus terakhir. September saya sdh hamil 1 bln.
    Saya tdk disarankan BT karna kedua tuba masih lengkap dan tdk buntu. Ovarium jg msh lengkap. Dr widad hanya menyarankan segera hamil pasca tapros berakhir agar penyakitnya tdk kambuh lg.
    Waktu kontrol pasca LO saya langsung ambil tapros sekalian mba.. 4 kali. krna saya tinggal di papua. Takut kesusahan nyari disini. Suntik tapros saya lakukan di papua.
    LO saya abis 18jt (diluar cek lab) krna saya cek lab diprodia sendiri. 1x tapros ukuran berat badan sampe 50kg harganya 1,2jt. Beda2 harga tapros. Ada yg 1,6jt ada yg 2jt. Tergantung berat badan. Biaya LO dsna denger2 berkisar 15-22jt tergantung kasus dan kamar mba.. saya dulu dpt suite room. Kelas diatasnya VVIP. Tmn saya abis 18jt sdh lengkap plus cek lab disana jg. Jd tergsntung kasus biayanya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*