Harus laparoscopy ulang karena kista dan ada hidrosalpink – Linda

Saya sudah pernah laparoskopi th 2007 untuk angkat kista yang sudah tumbuh sejak remaja. Saat operasi itu, saya sudah setahun menikah. Waktu itu dokter bilang saluran telurnya bagus. Menurut dokter, kista mesti diambil karena mengganggu proses kehamilan.

Bbrp bulan kmd, saya tes HSG.. Hasilnya saluran telurnya buntu. Satu2nya cara untuk punya anak adalah BT.
Selanjutnya saya pernah insem 1x dan gagal. Pengobatan alternatif spt pijat dan sinshe sdh sy jalani. Kadang terasa capek dan bingung mau ke mana lagi dan mana dulu yg hrs dijalani.

Lalu sy lihat website ini.. Saya baca pengalaman teman2 semua. Akhirnya saya tertarik untuk ikut BT di Klinik Morula, BIC. Saya disuruh HSG ulang dan hasilnya tetap sama. Saluran telur buntu plus hidrosalphink. Kata dokter, hidrosalpink itu musuh utamanya BT. Jadi saya disarankan untuk laparoskopi lagi untuk ambil kista.. sekaligus kalau hidrosalphink nya parah.. saluran telur akan ikut diangkat 2-2nya!!
Gimana saran teman2….?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (13 votes, average: 2.62 out of 5)
Loading...

67 thoughts on “Harus laparoscopy ulang karena kista dan ada hidrosalpink – Linda

  1. erna

    hallo linda, salam kenal..
    aku mo sharing pengalaman ya,aku merit th 2003 blom pernah hml krn divonis kista endometriosis di ke 2 indung telur msg2 bsrnya 4cm, aku laparoskopi jan 2009 krn sebelumny berbagai usaha aku tempuh tidak membuahkan hasil(terapi obt unt kista, ke alternatif). setelah terapi tapros mens kembali bln juni dan agt inseminasi tp blom berhasil (pdhl hsl hsg saluran keduany patent), akhirny nov awl aku ikt BT, dan skrg lg hml 27 minggu. banyak jg kok yg sejarahnya ada kista tp berhasil hml lwt BT.
    hidrosalphink itu apa ya lin, aku baru denger.

  2. Linda

    Hallo Erna..

    Selamat yah sdh berhasil hamil 🙂 Kalo boleh tau kmu BT dmana n dgn dr sapa?

    Hidrosalphink itu saluran telurnya menggembung krn terisi cairan, darah kotor, kotoran, dll. Gak tau deh gmn bs begitu.. 🙁

    Cm kalo itu dibiarkan, dan lgs ke proses BT nya, menurut dokter akan menurunkan angka keberhasilannya. Krn cairan itu akan smkn menekan embrio yg menempel di janin. Jadi mnrt dokter, drpd saluran telur yg mmg saat ini sdh tdk berfungsi, bahkan membuat masalah di BT nya, mending diambil saja. Kepastiannya ya bsk pas operasi kista. Kalo sal telur dicek gak parah, sm dokter gak akan diambil.
    Cuma sy sbg manusia, merasa sayang kan kalo diambil…apalagi 2-2nya… gmn pun itu lengkap2 milik aku hehehehe…

    Waktu kmu laparoskopi, saluran telurmu tdk diambil yah?

  3. Hally

    hi linda,

    saya jg pernah mengalami hidrosalpinx, wkt itu saya jg disarankan untuk dipotong karena cairannya adalah racun bagi janin, saya jg sudah search ke internet dan semuanya menyarankan untuk dipotong karena janin susah untuk nempel, walaupun ada juga yang mengalami hidrosalpinx tapi bisa hamil, mungkin tergantung berat tidaknya dan juga kondisi si Ibu, tapi daripada gambling, lebih baik di laparascopy aja.

    Akhirnya saya mengikuti saran dokter, waktu itu saya operasi dengan ke dr. azen di pondok indah, orangnya teliti juga dan saya juga dikasih video operasinya, dr nya juga helpful kog. Kalo mau, linda bisa juga double check ke dr. Azen.

    Setelah di potong, saya lanjut ke BT dan Puji Tuhan, sekarang saya sudah hamil 8 minggu. Doain ya supaya lancar sampai melahirkan dengan sehat.

  4. erna

    @linda
    aku prog BT di rs family lin sm tim BT nya dr muchsin, wkt laparoskopi saluranku gak diambil krn kistanya nempelnya di indung telor,dan Puji Tuhan wkt ikt prog BT kt dok yg nanganin BT indung telor gak ada yg terkikis sedikitpun,pdhl ktnya biasanya kl kista nempel di indung telor kl dilaparoskopi/laparotomi indung telor akan ikt terkikis sedikit. wkt itu aku laparoskopi sm dr hardy susanto di rs family, aku dpt rekomen dr hardy dari dr cien rony, ktnya kl laparoskopi yg bgs di dr wahyu rs bunda atau dr hardy susanto. mungk linda bs cari second opinion, jd ada perbandingan, barangkali salurannya bs dipertahankan.

  5. muly

    hai Linda ….ternyata perasaan kita sama ya, aku juga merasa sayang kalau kedua tubaku harus diangkat karena dengan begitu gak ada lagi harapan kalau kita gak program ivf tapi…mo gimana lagi dr saraninnya begitu soalnya aku udah 4X gagal IVF,waktu mo coba yang kelima dg dr. Ivan di BIC dia suspect aku hidrosalping dan aku cari second opinion ke dr.Budi Wiweku sarannya juga sama…ya udah aku cari dr. Wahyu aza untuk laparascopy dan aku dijadwalkan hari senin besok, tapi aku lakukan di klinik Raden saleh bisa hemat 10 jt an lho (di Bunda 23jt)
    Ok Linda semoga yang terjadi sama kita adalah yang terbaik yang Tuhan pilihkan…

  6. Yulianda Tony

    hi mbak linda dan mba erna salam kenal ya…
    Aku juga ada hydrosalpinx di tuba kanan, dengan ukuran 4x2cm, sebelumnya aku udh pernah di HSG pada awal th 2008, tapi tidak pernah ketauan, aku juga udh pernah insem 2x, dan bayi tabung di rumah sakit lain tp gagal trs, hingga akhirnya aku mutusin utk ke morulla, di morulla aku ketemu dr.ivan,beliaulah yang mendiagnosa kalau aku ada hydrosalping dan perlengketan di tuba kanan…karena di morulla untk Laparoskopi tidak di cover ma asuransi kantor akhirnya aku ke hermina ketemu dr.taufik jamaan (dokter dari morulla jg, yg praktek di hermina)…sama beliaulah akhirnya aku di LO.Sebelumnya dr.taufik minta aku utk HSG ulang lagi di Bio test, di sana aku ketemu dr.sandra..beda ma HSG pertama ajaib bgt HSG di biotest ga sakit sedikitpun, dan hasil dari HSG ini ternyata benar aku ada hydrosalpinx di tuba kanan, dan perlengketan, tuba kiripun ga begitu bagus spill nya. Tgl 06 mei 2010 kemarin aku akhirnya LO ma dr.taufik…dgn hasil ada perlengketan di tuba kanan dengan usus, dan perlengketan ringan di tuba kiri, serta ada miom ukuran 2×1 di bagian fundus uteri…dan puji Tuhan semua udh di beresin.. tuba yg ada hydrosalpinxnya ga dia angkat karena masih bagus, cuma di lebarin dan di bersihkan cairannya serta di semprot obat…karena kondisi tuba yg masih bagus…menurut beliau aku kemungkinan bisa hamil alami, atau kalaupun mau jgn BT dulu, di sarankan utk insem dulu aja…tapi setelah baca pengalaman mba erna kayaknya aku lebih milih langsung BT deh kalau 1 atau 2 bulan ga berhasil hamil alami.. :)…sampai saat ini aku ga di kasi tapros ma dr.taufik, ga tau juga kalau besok…besok kontrol lagi ma beliau…mudah2an semua ok…kita saling mendoakan ya… kalau ga keberatan mbak linda bisa ym aku di lianda_putri@yahoo.co.id atau di pin BB 20CB5A69..supaya kita bisa tukar pengalaman…o ya, wktu LO pendarahan di vagina hilangnya berapa lama ya mba? masalahnya aku dari LO sampai sekarang masih ada darah warnanya hitam keluar dr vagina walau ga banyak…mungkin masih dl, pembersihan kali ya… 🙂

  7. Linda

    To Hally
    Selamat yah atas kehamilannya..

    Bener sih…drpd gambling mending di LO dulu… Drpd buang2 uang nganggur utk BT…mending mengusahakan ?? terbaik dgn LO dulu.. 🙂

    To Mully
    Semangat2…. Semoga LO kita berhasil… Aku LO nya bsk minggu nih…agak serem..wlpn dulu udah pernah..hehehe…

    Dulu IVF 4x jg dgn dr.Ivan? lalu gagalnya krn apa?

    Iyaa sih..di Bunda mahal sbnrnya.. K?L? aku mau di Yk sih kmrn lbh murah.. 12jt an.. Tp aku dah mantepnya di Bunda hehehe…sm dr.Ivan 🙂

    To Erna
    Aku gak ngerti tu ttg indung telurnya…apakah bs jd bermasalah k?L? saluran telurnya jd dipotong…! Bsk aku tny dr nya… Tp kira2 gmn yah?? 🙁

    To Yulianda
    Kita uda bbm an kan..hehehe…. Doain yah aku bsk minggu… Smoga hslnya baik 🙂 Bsk sabtu aku mst makan bubur kecap doank nih seharian sblm operasi…kata suster!

  8. yulli

    hallooo…..Salam kenal buat semuanya mbak…ternyata saya tidak sendiri.masalah kita sama.Saya pernah menderita kista coklat di ovarium kanan dan di kiri (2006). Yang kanan diameternya sudah 12cm sedangkan yang kiri 2 cm. akhirnya yang kanan terpaksa diangkat dengan laparotomi,sedangkan yang kiri akibat endo saluran tubaku menyempit di salurann dekat rahim. Saran dokter bisa diperbaiki dengan laparoskopi.Pembaca ada yang tau enggak,kalo lapariskopi bisa memperbaiki penyempitan saluran tuba atau enggak…? Saya bingung sekali.kalo ada yang punya pengalaman tolong dijawab ya,terimakasih…

  9. Linda

    To Yulli
    Haloo Yulli.. Td pagi sy kan habis operasi LO.. Trs tnyt yang saluran tubaku kiri sdh parah bgt rusaknya krn kista plus hidrosalpink. Jd tuba kiri diangkat..
    Yg tuba kanan mnrt hasil HSG kan jg non patent (buntu) dan hidrosalphink jg, tp trs dibersihkan aja sm dr.ivan dan berhasil. Lalu suamiku yang saat itu ikut melihat video saat operasi (live), dikasi liat sm dr.ivan bhw tuba kananku stlh dibersihkan diisi cairan sdh bs mengalir.
    Jd saran dia, kalo mau dicoba hamil normal maksimal 3bulan jg boleh…baru seandainya masih belum berhasil baru BT.
    So…begitu Yulli… LO bisa saja melebarkan saluran tuba yang menyempit. Tapi lebih lanjut itu tergantung kasusnya juga… Kaloo parah sperti tuba kiriku malah diangkat sekalian. Semoga ini bs membantumu..

  10. Ima

    Dear Yulianda Tony;

    Maaf saya ikut nimbrung ya dgn ceritanya. Soalnya kayaknya kasus Yulianda sama persis dgn yang aku alami. Aku nikah dah 11 tahun lebih, pernah nulis jg di web ini. ttg hidrosalping, masalahnya yang ada pada diri saya adalah sy PCO, hidrosalping tuba kanan, dan tuba kiri mengalami perlengketan dengan usus, serta ada miom di rahim ukuran 3 cm. Waktu itu dokter menyarankan saya utk LO tp sy tdk mau krn takut, seblmnya pernah IB 1x tp gagal. Lalu sy nyoba alternatif terapi sengat lebah rutin 1 bulan seminggu 3x, Alhamdulillah sebulan kemudian sy diyatakan positif hamil, dan skrg usia kehamilanku udah 7 bulan, bayiku dah nendang2 kenceng di perut. mdh2n sehat ampe lahir dan dewasa nanti. Cerita ini sekedar penyemangat buat ibu2 yg punya berbagai mslh dan tak kunjung hamil, jangan pernah menyerah. Allah maha tahu yang terbaik buat hambanya. Jadi tetap semangat ya..semoga berhasil.

  11. Linda

    Halo Ima… Kalo bole tau..terapi sengat lebah itu bgmn dan fungsinya scr reproduktif itu bgmn? Krn sy blm prnh dengar….mohon infonya untuk kita smua. Dan kmu lakukan terapi lebah itu di mana? Thanks!

  12. eva

    hai salam kenal.. sy jg py kasus yg sama.th 2007 sy ada kista di indung telur kiri dan kanan dan sdh dilaporotomi. sebagian indung telur diambil sebagian krn kistanya nempel disana. stlh laparotomi sy mencoba 1 th program scr alami tp ga berhasil pdhal dokter yakin stlh kista diangkat, bs hamil. stlh itu sy pindah dokter dan sampe des 09 kmrn sdh 5x inseminasi di 2 dokter berbeda tp tetap blm berhasil. feb kmrn sy ganti dokter lg.dan ternyata di rahim sy ada adenomiosis dan mnrt dokter ini rahim sy n indung telur sy sdh rusak alias kondisinya tdk bagus.mknya sulit hamil. padhal dokter sblmnya mnegatakan kondisi rahim n telur semua baik.. mgkn sy berencana u. bayi tabung. ada yg punya kasus adenomiosis tdk? sy sdh 3,5 th menikah tp blom pernah hamil..

    @ima: kl terapi lebah diganti dengan akupuntur bisa ga? apa efeknya sama?

  13. Ima

    Dear Linda & eva,

    Sebenarnya terapi sengat lebah itu hampir sama dengan akupunktur. Titik2 syaraf yang di sengat jg tak jauh beda dengan akupuntur jarum. Cuma karena sebagian orang (termasuk saya) takut sama jarum maka saya pilih sengat lebah. Fungsinya banyak kok, diantaranya dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh, trus dpt jg mengurangi stress. usahakan minum madunya juga. Kebetulan di kota tinggalku ada terapi ini. Yaitu di JOGJA. Mgkn kamu bisa baca lbh detail postinganku di web ini. Judulnya PCO, hidrosalping, miom. Banyak info yang bisa di dapat di sana. Semoga kalian berhasil juga ya..

  14. Linda

    To Eva
    Adenomiosis itu apa yah? saya blm pernah dengar…

    To Ima
    iya saya uda baca postingan kmu.. Bsk pas aku sudah balik ke yk tar aku coba ke sana deh. Aku jg asli jogja. kmu di daerah mana? saya di bumijo.
    Semuanya kan mst dicoba baru ngerti hasilnya. Krn keliatannya aku masi ada harapan utk hamil alami, jd siapa tau itu bs membantu.

  15. Ima

    Dear Linda;

    Iya semua memang perlu di coba, siapa tahu itu yang menjadikan kita berhasil hamil. Seperti aku udah 11 th berobat gak berhasil, eh ternyata dengan 1 bln sengat lebah langsung hamil. Aku tinggal di Bantul. Semoga usaha Linda membuahkan hasil ya..

  16. shanty aris

    Halo Linda, salam kenal.
    Sy sudah pernah beri komen utk kasus salah satu kawan kita di situs ini mengenai kista. saya juga pengidap kista yg kata dokter termasuk besar ukurannya, bukan 1 tapi 2 kista masing sekitar kurang lebih 9 cm.
    Dokter pun menyarankan operasi, tp krn sy orangnya takut operasi apalagi takut organ fertilitas saya ada yg diangkat (kemungkinan indung telur).sy mencari info alternatif. Atas saran teman sy mengkonsumsi produk dari lebah yaitu bee propolis(anti bakteri), pollenergy (tablet nutrisi tinggi baik utk kesuburan dr lebah juga) dan Royal jelly (makanan khusus buat ratu lebah). Alhamdulillah 6 bulan setelah konsumsi kista saya keluar semua, dan sudah 3 dokter menyatakan saya bersih dr kista termasuk Thomson fertility singapore. kawan teman sy yg menyarankan produk tersebut juga ada yg mengidap kista dan akhirnya kistanya juga hilang setelah mengkonsumsi produk tersebut. Moga2 bermanfaat ya…

  17. Linda

    To Ima
    Thanks yah buat support nya!! 🙂

    To Shanty Aris
    Hmmm..aku mmg prnh denger ttg bee propolis dan royal jelly.. tp setauku itu utk suplement aja. mungkin stlh ini aku coba cari tau lbh lanjut ttg kegunaan produk tersebut. thanks ya…

  18. meva

    @ima..
    selamat ya atas kehamilannya, semoga sehat ampe lahiran.saya juga punya masalah yang sama nich..udah 3th merit. tuba fallopi saya kanan dan kiri mengalami perlengketan.dokter menyarankan untuk LO.tapi saya ga berani (selalin masalah finansial juga). saya tertarik untuk coba alternatif yang kamu lakukan.kira2 biaya nya berapa ya?makasi…

  19. Linda

    To Meva
    Haloo Meva.. kmu gak sendirian. kita bnyk yang mengalami hal seperti kmu. gak usah putus asa. semua pasti ada jalannya.. kalo ada yg berhasil lewat LO, tp jg gak sedikit yang sembuh lewat alternatif..kayak terapi sengat lebah, atau kaya temen kita, shanty aris lwt royal jelly nya! selamat mencoba!! Sy jg pernah dengar bs juga lewat suplemen spt Tahitian Noni..
    Kalo boleh tau, skrg Meva usia brp?

  20. Linda

    Dear all…

    Aku sudah LO tgl 16 mei kmrn. Tp saat ini masi keluar darah trs dari vagina. Mnrt dokter itu normal. Berhubung saya masih ada tuba falopii yang kanan, saya disarankan untuk hamil alami dulu sekitar 1-2 bulan, maksimal 3 bulan.

    Berhubung di Morulla, BIC sedang ada promo 10% IVF so aku berniat daftar juga sblm 29 mei ini. Lumayan irit kira2 7.5juta. Untuk uang DP nya 1,5jt. Aku sempet tanya ke pendaftaran, kalo tnyt aku berhasil hamil duluan tnp jadi ikut ivf..trs gmn? uang 1,5jt itu hilang atau bgmn? lalu dibilang uang itu gak hilang n bisa ditukar dengan biaya konsultasi, jd gak bisa kembali cash. Saya pikir sih ok2 aja yah..

    Cuma masalahnya realisasi program tsb 1 juni – 31 juli. Sementara aku mau coba hamil alami dulu 1-2 bulan. Kalo aku berusaha secepatnya, aku takut krn aku gak ngerti masa subur aku. Sampai skrg aja masih keluar darah dari vagina aku. Masa mau langsung berhubungan…hehehehe,..

    Kemarin aku tanya dr.ivan katanya gapapa. Huh aku jadi bingung. Berhubung kmrn dokter nampaknya sedikit tergesa2 krn sedikit terlambat, aku jd gak terlalu nyaman untuk bertanya2 scr jelas. Juga kalo dulu aku LO pertama di singapore, dokter di sana bilang, kitanya gak boleh berhubungan dulu sampai minimal sebulan krn bisa menimbulkan infeksi yang menyebabkan infertilitas selamanya.

    Terus terang aku bingung krn di satu sisi aku ingin segera mencoba alami krn kebentur takut kistanya muncul lagi kalo kelamaan n ga keburu diskonnya kalo aku lama2in.

    Ada yang ngerti ngga, cara hitung masa subur kita setelah LO? Dan apakah sbnrnya kita boleh lgs berhubungan stlh LO? Mohon sarannya yah teman2…

  21. Ima

    Dear Meva;

    Makasih ya Meva, semoga kehamilanku sehat dan lancar sampe lahiran nanti. Terapi ini ada di JOGJA, kebetulan terapisnya gak pasang tarif, jd seiklasnya kita aja. 1 bulan saya terapi 3 x seminggu. Dan Alhamd langs hamil. Sampe hamilku usia 7 bln lebih, skrg aku msh sering ke terapi. Tapi cm 1 bln sekali, Kalo lg batuk, sy gak berani minum obat krn lg hamil mk saya langsung terapi, dan Alhamd langs sembuh. Semoga Meva cepat berhasil hamil ya?

  22. jesica

    hi Linda
    aku jg pasien di BIC. mau nanya ya, apa bener ada disc utk prog IVF? sampe kapan pemakaiannya? ngomong2 Linda kok tau ada disc 10%? akhir bln april kemarin saya ke morula utk konsultasi, kaga ada pengumuman utk diskonnya yach

  23. sisca

    @linda:
    lam kenal….
    kok msh keluar darah gitu ya????mm sakit ndak jk keluar darah????
    ada info tmnku stlh LO ada sedikit pendrhan ky dirimu kmd minum produk herbal GAMAT Extract habis 2 botol dan sembuh,kmd IVF jg lsng berhasil kok…
    coba deh linda konsumsi GAMAT Extraxt spth pendrhannya bs berhenti….klik link ini
    http://www.k-link.co.id/products.php?act=detail&idp=13
    ini sharingku….jangan menyerah…..tetap semangaaaaaaaat!

  24. meva

    hai Linda…

    makasih ya support nya.usia saya sekarang 30th.saya juga berharap semoga kamu cepet hamil baik secara alami maupum IVF..serahkan semuanya pada Allah.dan terus berusaha ya..

  25. shanty aris

    Linda,,
    Kalau menurut pendapat aku nih,,jangan hanya karena menghemat biaya BT,, malah belum sembuh benar dr pendarahannya tetap dipaksain. lebih baik beri kesempatan kepada tubuh utk normal dulu sehingga semua hormon tubuh juga normal baru coba hamil alami dan kemudian BT. Ibaratnya seperti pohon yg tdk pernah berbuah,mesti disiram secara teratur dan dipupuk dulu baru bisa berbuah. Masa subur tergantung siklus haid tiap orang. Haid hari pertama (bukan termasuk spot sebelum haid) dihitung hari 1. beli saja fertitest di apotik utk tau masa subur atau ada juga yg digital Clear baby blue ovulation test. Jika siklus 25 hari biasanya kesuburan mulai bisa ditest pake alat tes ovulasi sejak hari ke 9, 10 ,11 dan 12. jika siklus diatas 30 hari bisa mengetes sejak hari 15, 16,17,18 dst. Moga moga bermanfaat ya…

  26. Linda

    Hallo Jesica!!
    Iya bener ada disc 10% utk IVF.. Jadi kira2 hemat 7.5 juta. Kalo kamu datang april mgk program itu belom ada. Saya sempet liatnya di lift-nya RS Bunda waktu mau operasi LO 🙂
    Kalo di bagian pendaftaran Morulla, saya gak tau ada tdk. Shrsnya sih ada!

    Yang jelas saya lihatnya itu PENDAFTARAN 8-29 MEI 2010 n REALISASI 1 JUNI – 31 JULI 2010
    hehehe (gw dibayar brp sih sm RS nya utk promo hohoho ^^)

    Info lbh lanjut hubungi Klinik Morulla aja 🙂

  27. Linda

    Hai Sisca!!
    Hmmm… Sbnrnya keluar darah jg gag bnyk jg sih. Cm sempet pas sehari itu agak bnyk n merah..bukan nge-flek lagi. Tp trs lgs berhenti. Keliatannya sih uda gpp. Sbnrnya ga sakit juga cm smpet mbuat aku nya deg2an hehehe.. Tnyt semuanya yang habis LO jg begitu.
    Thanks buat sarannya mengkonsumsi Gamat yah!

    To Meva
    Thanks yah! Semoga bulan depan ada kabar baik dari kita semua. Sharing yah kalo dah berhasil hamil :)Semangat!!!!!

  28. Linda

    Hallo Shanty….. 🙂

    Iyaa betul juga sih. Kmrn aku sempet bilang sama suamiku. Dia jg bilang spt yang kmu sarankan. Memang spt mempertaruhkan uang 7.5jt sih (kan disc 10%). Tp jauh lbh penting ketenangan batin. Drpd kitanya bayar DP lalu tergesa2..kan jd gak nyaman jg! Lebih baik kita mikirnya bgmn caranya spy berhasil dgn cara alami dulu. Yah dgn menjalaninya semuanya dgn santai dan sll berharap pertolongan tangan Tuhan. Seandainya sampai belum berhasil pun..itu urusan belakang..hehehee.. Kita cukup berusaha n berdoa, berhasil atau tdknya semua urusan Tuhan 🙂
    Thanks yaa utk hitung masa suburnya. Aku siklus 28-31 hari.

  29. dea

    HI LINDA..Salam kenal.. ttg promo BT aku jg liat di BIC. Klo aku berhubung udah beli gonal F diluar, jd gak bisa ikutan promo. Padahal aku tgl 2 mei ke BIC, N promonya blum ada, hehehe. Aku jg udah sempet nanya2 ttg promo tsb.
    Biaya joining fee dari IDR 1650000 mjd IDR 1500000. Biaya tindakan IVF dari IDR 25350000 mjd IDR 21000000.
    Trus obat2an didiskon 10% tergantung pemakaian, dgn syarat obat hrs dibeli di BIC. Pembekuan embrio gak ada disc.
    Jd klo dihitung kira2 hemat 4,5jt (tp beli obat diluar yg lebih murah kira2 10%).

  30. Linda

    Hallo Dea!
    Emang beli gonal F di luar lebih murah??
    Kmrn kalo gak salah ingat gonal F di BIC 9jt @1200ml (kalo gak salah sih) trs di disc 10% jadi 8.100.000
    Kamu di dokter sapa?

  31. Angel

    Hi Linda,
    dulu aku juga LO ama dr. Ivan.. setau aku sehabis LO jangan berhubungan dulu krn kan kdang masih suka keluar darah..aku malah dianjurin dr. Ivan berhubungnya bulan depannya aja kl udah mens kembali..

    Setelah LO aku juga coba alami 3 bulan..tapi blm berhasil..nyoba insem malah gagal dan terakhir malah hamil alami after insem..
    Mending kamu coba alami dulu 3 bulan pertama..kl blm berhasil baru deh dipikirkan langkah2 selanjutnya.. 🙂

  32. dea

    hi Linda… Aku beli gonal F di apotik medical centre, harga 1200 iu adl 8,2 jt. ovidrel 710 rb. Emang di BIC lebih mahal, tp klo di diskon 10% jatuhnya sama deh. Aku dulu telat sih…Klo tau ada promo, pasti aku ambil promo itu. Aku sama dr ivan. Besok tgl 25 mau cek telur pasca injeksi gonal F 150 iu 4 hari, skalian cek estradiol. Aku jg udah capek berobat kemana2. Udah operasi miom, udah insem 2kali. Terakhir malah aku baru tau klo sperma misua yg normal cuman 6%. Sedih… Kirain masalahnya cuman di aku aja.. Oya linda usia kamu brp? Klo saranku jgn tergiur promo dulu linda.. yg penting sembuhin dulu bekas operasinya sekalian coba alami, siapa tau berhasil.. Promonya jg gak terlalu beda jauh kok.. Yg penting pas jalanin BT, Linda sdh mantap 100%.. Kita sama2 mendoakan ya…

  33. sisca

    @linda:
    ini ada cara hitung scr digital dijamin agak tepat deh…tinggal isi kmd klik….ketemu deh…..ini alamatnya
    http://www.solusisehat.net/selfdiag_masa_subur.php
    buat temen2 yg bingung hitung masa subur bs pakai rumus online ini deh….isi haid pertama bln kmrn kmd klik langsung muncul masa subur…..
    repotnya jk tdk ketahuan haid pertamanya…..mknya rumus ini berlaku bagi wnt yg rutin dpt haid setiap blnnya…

  34. Linda

    Hi Angel ^^
    Congratz ya buat kehamilannya! Pst senangnya bukan maen tuh.. Malah hamil alami. Hmmm…semoga bs menular deh ke kita2 🙂
    Sama donk dgn dr.ivan. Cm mgk pas konsul terakhir kmrn, antara aku dan dr lagi terjadi miscom aliaz salah sambung hehehe.. Setau aku jg jgn berhubungan dulu after LO. Btw, thanks yah, Angel!

    Dea.. Aku malah gak kepikiran beli obat di tempat laen. Kirain cm ada di RS doank!
    Capek yah berobat kmana2. Sampe pijet pun aku sudah..dikasi jamu2an yang mbuat aku gembrot hehehe.. Untung skrg dah normal lagi BB ku.
    Aku juni ini 26. Kalo Dea brp?
    Iyaaa pasti!! Aku doain…HAMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIILLLL hehehe… Hmmm…yang penting kita berusaha yang terbaik, ok!

  35. Linda

    Buat Sisca..
    Thanks Sis, uda tunjukin rumus online-nya! Semoga bs membantu kita2 yang masi suka bingung. Cuma aku mst tunggu ‘dpt’ lagi deh after LO ini baru bs itung2.

  36. dea

    hi linda..
    Klo umurku taon ini 30. Wah kmu masih muda ya. semakin muda tingkat keberhasilan BT akan semakin tinggi lho.. Begitu pula sebaiknya. Smoga kta smua berhasil HAMILLL ya. Amin.
    Btw aku lg di BIC nih, sambil nganggur browsing2 aja deh.
    Klo synarel di BIC 1.8JT Klo di apotik med centre 1.7jt. Tp jgn lupa minta resepnya ma SPOG klo mau beli diluar =)

  37. Linda

    Iya sih Dea! Teorinya begitu, smkn muda smkn besar angka keberhasilannya. Tp semuanya terjadi hny karena kehendak Tuhan, kita semua hny bisa berusaha.
    Gmn hasil cek telurnya? Tiap brp hari sih dicek? Wah bs bolak balik RS. Kalo gak salah, smpe hari ke-12 yah terakhir suntik gonal F…

  38. Linda

    Oya temen2.. Benang di perut bekas LO tuh kudu dipotong sm dokter gak sih? Coz aku kan operasi LO nya minggu, trs ke dokter hari jumat tnyt yang dah sempurna (kering n benang gak nampak lagi) tu cuma 2 lubang. Yang 2 lubang blm kering. Trus dibuatin surat pengantar ke dokter jogja bhw aku abis LO n masi ada 2 lubang yang blm kering. Kata temen aku ntar putus sendiri benangnya. Tp kalo mst dipotong, sakit gak yah..tar dicabut pula benangnya! Agak fobia jg nih..masa bekas luka blm sembuh benar udah mau ditarik2 :p

  39. dea

    HI LINDA
    Aku taon kmaren jg operasi laparotomi(seperti caesar gitu)bwt angkat miom. WKt aku dokternya gunting benang yg agak panjang kiri dan kanan.Pas kontrol pertama. gak sakit kok. Padahal aku dah tahan napas, kirain sakit. Gak usah kawatir, ntar jg kering sendiri n benangnya ikutan kering. Kira2 3 mingguan, iseng aku tarik benang yg masih agak panjangj(krn kulit agak gatal), eeh malah ikutan copot deh tu benang (sampai sebatas kulit)gak sakit lagi.Oya byk makan telor ya biar lukanya cepet rapat. Itu kt spog ku.

    Kmaren telorku kanan 4, kiri 4. Yg kiri perkembangannya agak lambat. Trus estradiolku 126, jd suntikan dinaikkan jd 225 ui. Knapa ya yg kiri lambat, apa krn aku suntiknya kurang kekiri ya? Btw dulu wkt aku insem jg sel telor yang matang selalu sebelah kanan? Teman2 ada yg ngalamin seperti aku gak?

  40. Mia

    Saya pernah menjalani LO thn 2008 hslnya saluran tuba yg kiri dipotong dan yang kanan sudah terbuka namun dokter meragukan fungsinya shg disarankan untuk bayi tabung…saya kemarin mencoba konsultasi dgn dokter baru dan apabila berkenan untuk spekulasi sebelum mengikuti program BT adalah dengan bantuan suntik hormon…namun karena fungsi saluran tuba yang kanan didiagnosis tidak terlalu bagus dikhawatirkan terjadi kehamilan di luar kandungan dan skenario terburuk adalah saluran tuba yang kanan juga terpaksa dipotong…terus terang saya pribadi ingin menempuh cara ini sebelum mengikuti program BT namun suami keberatan apabila saluran tuba kanan saya harus dipotong juga karena harapannya saya bisa hamil spontan setelah mengikuti BT…ada yang pernah mengikuti prosedur suntik hormon ini? kalo ada boleh di share…krn saya skrg bingung bgt….

  41. Erlyna

    @Mia, waktu Et memang ada 2 macam . embrio dimasukan ke rahim langsung , atau 1 lagi dimasukin ke tuba fallopian. Kalo ke tuba fallopian kan terjadi kayak kehamilan normal. Saya sendiri lebih senang embrio ditaruh langsung ke rahim , menghindari kehamilan ektopik. Biarpun dr berasumsi tuba saya baik2 saja
    Suntik hormon kan tidak ada hub nya sama tuba fallopian. Kalo tuba fallopian kan tempaT sperma menempuh , sperma & egg bertemu di sini, lalu zigot nya masih menempuh perjlnan lagi ke rahim. Kadang karena buntu atau setengah buntu , nyangkut inilah yang menyebabkan hamil di luar kandungan, embrio nempel di tuba fallopian.
    Ada kok youtubenya.

  42. Mia

    Hi Erlyna…
    Thanks masukannya…program suntik ini di luar program bayi tabung…jd dokternya memberi pilihan untuk mencoba hamil spontan dgn bantuan suntikan…krn saluran tuba saya yg kiri sdh dipotong..mk program suntikan ini harus menunggu sampai si sel telur yang matang berasal dari indung telur sebelah kanan..diberi suntikan kemudian dijadwalkan untuk berhubungan…nah kalo lancar..akan terjadi kehamilan yg diharapkan tp mengingat sejarah ku yg pernah pelekatan dikhawatirkan si zygot lambat menuju rahim dan keburu besar di saluran tuba yg hanya 2 mm shg terjadi kehamilan ekpotik…nah ini yg berisiko saluran tuba kanan harus dipotong jg sehingga jalan aku untuk bisa hamil spontan tertutup sudah dan satu2nya yg masih bisa ditempuh hanyalah bayi tabung…dokter si melihat kalo pd akhirnya akan bayi tabung ga apa2 kedua saluran tuba buntu…tp suami berpendapat lain, dia ingin mempertahankan saluran tuba sebelah kanan krn dgn demikian msh ada harapan untuk bisa hamil spontan…sampai skrg masih bingung…mencoba ikhtiar dengan suntik dulu…ato langsung ke bayi tabung…kalo langsung bayi tabung harus sabar menunggu hingga 2 thn ke depan mengingat aku harus mengambil cuti yg cukup panjang krn skrg dinas di kota kecil Tasikmalaya…tp kalo mo coba ikhtiar dgn suntik dulu bisa dilakukan saat ini juga namun dengan risiko yang lumayan…needs more advice temans…thks…

  43. Linda

    Hai Dea..

    gimana program kamu? kpn pick up ovum nya? trs ET nya kpn?
    Bagi2 critanya ya…hehehee…
    Oya sori aku gak ngerti ttg telur kananmu yg sll matang sementara yg kiri tdk.

    Hai Mia & Erlyna..
    Mia, LO kmu kmrn krn perlengketan kedua tuba atau jg krn ada masalah kista? Dan tuba yang kanan fungsinya diragukan krn apa?
    Saat ini saya jg hny pny satu tuba yg telah berhasil dibersihkan oleh dokter…sehingga bisa cukup normal kembali. Setelah siklus menstruasi berikutnya, saya boleh mencoba berhubungan alami sekitar 3 bulan. Jika masih blm berhasil baru bayi tabung.
    Kmrn dokter tidak menyarankan utk suntik hormon. Setau saya, hormon juga obat penyubur dalam dosis tertentu dan penggunaan yg cukup lama, malah bisa menyebabkan
    kista membesar. Mungkin utk lbh pastinya, kmu konsultasi dgn dokter lain aja Mia.. Cari second opinion.
    Oya, kmu tdk coba inseminasi?

  44. Erlyna

    Mia, kalo masih 2 tahun lagi coba saja hamil alami. Kalo tuba tidak infeksi ya jangan dipotong dulu. Mungkin saja Mia bisa hamil dengan 1 tuba, ya kalo nanti ektopik kan belum tentu terjadi. Ya kalopun terjadi kan memang yang satu sdh mau dibuang. Asal tubanya lengket, memang susah sih kayaknya dibuat tidak lengket ibarat selang plastik yang penyok sukar dibuat normal lg. Memangnya usia Mia berapa sih ? Asal usia dibawah 35 masih banyak waktu utk memutuskan BT kemudian. Targetin saja umur 35 , tdk hamil jg br ikut bt. Kalo kista supaya tdk membesar biasanya kan dokter BT ngasih pil kb, supaya tdk ganas waktu disuntik hormon. Sebaiknya kista kalo ada ya dibersihkan dulu apalg yang besar. Semoga cepat hamil ya

  45. Mia

    Halo Dea & Erlyna…
    Umurku skrg 32 thn…jd udah agak mendesak juga untuk ikut program BT….aku dulu di LO krn pelengketan di kedua saluran tuba dan udah sempat dihidrotubasi sampai 3 kali tp ga berhasil membuka pelekatan..ditambah ada kista 3,5 cm dan endometriosis yg bikin sakit bgt…hasil dr LO saluran tuba yang kanan terbuka namun krn infeksinya sudah lama sehingga dia mendiagnosa meskipun saluran tuba yang kanan sudah terbuka tp fungsi rambut getarnya diragukan..indikasinya kalo 6-12 bulan belum bisa hamil aja sejak LO maka kemungkinan besar diagnosisnya benar…dah skrg dah 15 bulan sejak LO belum bisa hamil juga…inseminasi juga sudah ga dianjurkan sama dokter karena kalo si rambut getarnya bermasalah akan percuma…tetap si zygot ga akan bisa sampai ke rahim…begitu katanya…kalo di forum ini ada yang pernah berhasil terapi suntik dengan dr. Kingki di RS Limijati minta sharenya yah..seperti apa terapinya dan bagaimana tingkat keberhasilannya….

  46. Mia

    Aduh aku salah yah…belum say Hi sama Linda ^_^ kayanya kita punya kasus yang sama…mudah2an Linda bs langsung hamil setelah LO ini yah …. amin amin!

  47. sisca

    @mia:
    ikutan sharing ya….
    apa suntik tsb termsk program inseminasi buatan ya???krn yg aku tahu ada bbrp opsi pilihan dlm program inseminasi buatan….
    1. sperma ditembakkan dg alat tanpa terapi apapun krn phk istri sehat,
    2. sperma ditembakkan dg alat plus bbrp terapi krn sperma hrs dipilih,
    3. sperma bgs ditembakkan dg alat plus terapi suntik pemantangan sel telur krn sel 4. telur kcl2 dan lambat matangnya,
    4. senggama biasa dg terapi suntik utk pematangan sel telur phk wanita.
    semua program insem mempertemukannya sperma vs sel telur mm hrs dipaskan saat sel telur ovulasi.
    menurut pendpt sy,alangkah baiknya jk sperma suami mbak mia ditembakkan aja dg alat khusus agar terjamin bnr2 tpt terjd pembuahan,ttg perjalan zigot mm ga bs dideteksi pk alat sdh kuasa Tuhan,cm sy pernah dgr ada bbrp makanan yg berpengaruh shg zigot bs berjln dg lancar smp rahim…coba search di google deh…
    ini sharingku mba mia smg membantu…..

  48. Mia

    Hi Sisca salam kenal yah..
    Thanks bgt sharingnya informatif sekali…mungkin yg dimaksud dokterku itu inseminasi buatan dgn opsi no. 4 ya Sisca…kalo gitu aku agak ragu juga ya dgn tingkat keberhasilannya…betul kata Sisca lebih baik melalui opsi no. 3 aja sekalian kalo memang maksudnya insem krn tingkat keberhasilannya lebih tinggi…

  49. ellin

    hallo semuanya..

    kasus aku sama dengan linda, aku ada kista endometriosis tingkat 4, hidrosalping tuba kanan kiri, dan perlengketan. Tapi syukur banget sekrg aku uda punya baby ampir 2bulan, ikut BT di singapur. Pertama ketahuan ada kista lewat usg dan hsg keliatan tuba kiri suspect hidrosalping, semua dokter bilang suruh operasi,dan aku di LO d singapur, tuba kiri di bersihkan dr perlengketan. Setelah 6bln LO tdk hamil juga, saya coba insem di BIC, tapi gagal n dr Indra bilang harus BT. kalo cuma insem, chance hanya dibawah 5%. Setelah itu aku k singapur dgn dr charles lim, saya bilang saya mau BT. Dr charles bilang kalau mau BT sama dia, saya harus laparatomi dulu buang tuba krn sudah hidrosalping kanan kiri (hidrosalping bisa menular ke tuba satunya, dan hidrosalping berbahaya utk janin). Jadi dia bilang ngapain BT, kalo sukses, dgn hidrosalping, janin akan gugur lagi. Akhirnya mau gak mau saya laparatomi dgn charles lim.. setelahnya suntik tapros 6 bln.. lanjut BT, dan langsung berhasil BT pertama saya. memang makan biaya dan waktu juga pikiran deh… tapi worth it.. skrg uda ada sikecil yg lucu n sehat.. semoga bisa jadi inspirasi temen2 yah..

  50. sisca

    @ellin:
    thank infonya….
    sharing dari kamu makin menegaskan bhw INSEM bnr2 cuma buang2 waktu dan dana dg sia2,aplg pasutri yg organ reproduksinya ada problem,mending lsng BT aja….
    buat teman2 ikutin langkah ellin,jangan INSEM lagi deh,hehehehehehehe
    aku dan misua jg mau lsng BT aja kok…..
    selamat buat ellin deh….
    buat teman2 yg msh berjuang,…jangan menyerah….tetap semangaaaaaaaaaaaat

  51. dea

    hai teman2 semua.. maaf ya baru bisa buka laptop lagi..

    Aku dah OPU tgl 2 juni, hasilnya dapat 5 telor yang matang dgn ukuran 18-22mm. setelah di ICSI, hasilnya 2 embrio dg kualitas good dua2nya. Yang satu 5 sel, yang satunya lagi 4 sel. Aku ET 2 hari kemudian yi tgl 4 juni, krn menurut dr ivan, yang jadi 2 embrio,jadi gak ada pilihan lagi. Oya setelah OPU perutku begah bgt, kembung, n sampai rumah nafasku agak sesak. Gak tau ya kena OHSS apa gak. Aku byk mkn buah n minum. Emang blum BAB juga sih, jd aku pikir isi perutku yg bludak,hehe.. pas hri ET, Alhamdulillah kembung sdh berkurang.Aku rebahan di ruang recovery 2 jaman.
    Proses ET berjalan dg singkat kira2 10 mnt, tips biar gak kerasa kebelet pipis bgt, aku minumnya sedikit2. Jadi pas perut ditekan sama dr ivan, msh bisa tahan. Tp sayang aku gak bisa liat embrioku di dalam rahim, mgkn krn super imut kali ya. Selama proses ET aku ditemani suami n selalu berdoa.
    Dirumah aku gak bedrest krn gak tahan, kaki pada pegel. Malah hari ke 4 ET sampai skrg suka masak jg bwt suami. Aku jg suka ajak ngomong embrio di rahim, hehe.
    Hari ini aku coba testpack, masih terlalu awal sih, alhamdulillah hasilnya 2 garis tp tipis bgt. Hari penentuan bhcg tgl 18 juni, doakan ya teman2 smua. Smoga teman2 smua jg berhasil hamil. amin

  52. linda

    Maaf teman2 baru bisa reply skrg!

    Mia… Selamat berjuang yah! Buat kita semua..smoga diberikan kemudahan oleh yang di atas 🙂

    Ellin, selamat yah..setelah melalui perjuangan keras akhirnya kmu mendapatkan apa yang kmu harapkan. Setelah membaca pengalaman teman2 yang lain (tmsk kmu), mmg nampaknya insem itu tdk perlu dilakukan lagi deh,, krn buang2 waktu dan uang. Jarang sekali yang saya denger insem berhasil.

  53. linda

    Hallo Dea,,,,,,,,,,,,,,

    Terus berdoa ya! Terus berharap dan terus berpikir positif! Kita semua ikut berdoa untukmu… 🙂
    Kasi kabar lagi ya bsk tgl 18 jun..

    Aku lagi mau molai “kerja keras” nih! Kerja keras membuat anak, kerja keras membuat pikiran relax, dan menutup pekerjaan hny di tmpt kerja saja.. di rumah sdh tdk boleh membawa Pe-eR.

  54. linda

    Halooooo semua… Ada yang ketinggalan!
    Menurut sumber yang bisa dipercaya,, otak kelinci bagus untuk kesuburan loh.. Yang kmrn sodara aku jg sel telurnya kecil2 trs,, stlh konsumsi bbrp saat lalu sel telurnya bagus n bisa diambil pas program BT. Nih aku lagi nyobain tadi..emang agak amis sih! Tapi makannya dicampur nasi n kecap manis yang agak banyakan lalu jd mendingan deh. Untuk si istri bagus juga ditambah uritan kelinci (tapi kata penjualnya gak selalu ada uritan..krn cm bs diperoleh dari kelinci yg sdh pernah pny anak). Lalu untuk si suami bagus sekali kalo dikasi torpedonya kelinci. Alangkah baiknya dikonsumsi tiap hari pas mendekati masa subur kita,. Semoga info ini bisa berguna…. 🙂

  55. ellin

    halo teman2… thanks yah ucapan selamatnya..
    satu lagi tips dari aku yg bole diikutin bole enggak.. kita sendiri nya mesti banyak doa n kalo bisa nyumbang2 ke panti asuhan, siapa tau amal kita jadi membuka jalan lancar untuk menuju kehamilan.. sukses yah teman2 jgn nyerah.. 🙂

  56. Erlyna

    @Dea, kelihatan hamil tuh …Ternyata bukan saya saja yang ET hari ke 2. Sempat juga kepikirian sih, karena org lain biasanya hari ke 3. Aku turut senang

  57. dea

    hi linda, trims ya.. btw boleh dicoba tuh otak kelinci, biar kita byk beranak kyak kelinci, hehe. Emang ada ya yg jual otak kelinci? Btw klo sate daging kelinci bs gak ya?

    hi erlyna, trims Ya spiritnya. Hope bukan positif palsu krn efek suntikan pregnyl 1500. Tp td pagi aku testpack lagi H 12 ET, alhamdulillah masih 2 garis jg, hehe kirain hilang. Aku tetep H2C. Memang kmu BT dimana? Moga2 kmu berhasil hamil ya, amin.

  58. Linda

    Ada kok yang jual otak kelinci.. ya di tmpt yg jual sate kelinci hehehe.. Penjualnya malah sdh lbh tau kalo otak kelinci mmg bs utk kesuburan pasutri.

  59. dea

    hI LINDA.. Alhamdulillah tes kehamilanku positif, tp tes bhcg blum keluar. Oya Linda sudah ada kemajuan blum semenjak makan otak kelincinya? Smoga usaha kmu membuahkan hasil ya n berhasil hamil, Amin. Aku turut mendoakan semua teman2 yang lg berjuang, semoga berhasil hamil…Oya linda kmu gak coba totok aliran darah, saya sebelum bayi tabung 2 minggu sekali totok,mungkin fungsinya sama dg akupuntur..

  60. Linda

    Selamat deh! Sy ikut senang..kl ada temen BT terus lgs berhasil.. Setidaknya sy tdk berkecil hati seandainya sy hrs mengikuti program BT.
    Blm tau ada kemajuan tdk mkn otak kelincinya krn br jalan kira2 seminggu dan ini sdg mulai masa subur nampaknya.
    Totok aliran darah gmn itu caranya?? dan di mana ya?? di shinsei?? kl di yk lalu dmn ya…hmmmm…

  61. dea

    hi linda..trims ya, bhcgku 317,5.
    Btw yang aku rasain setelah totok aliran darah, aku ngerasa seger bgt badannya. Aliran darah jd lancar. Krn sebelumnya aku sering sakit pundak, pusing, pegel2. Semenjak ikut totok aku ngerasa badan fit bgt, tubuH berasa ringan. Aku di sinshe ANMO PETER CUNG, klo cabang di yogyakarta di brosurnya ada di Jl Prof. Yohanes No 52A, TELP (0274)521978
    Berhubung aku takut jarum, aku gak akupuntur. Btw sekali totok kira2 1 jam, 75rb. Smoga bermanfaat ya linda n berhasil hamill. Amin

  62. linda

    Wah kayaknya oke nih Dea! Aku jg serem mau nyobain akupuntur. Terapi sengat lebah spt yang dilakukan Ima, aku jg masi blm berani nglakuinnya krn takut sakit kesengat hehehe..
    Thanks yah!!

  63. dea

    hi linda…ada sih paket totok legit, bagian perut klo gak salah yg ditekan, tp aku gak ngambil yg itu, krn serem perut ditekan2, mana mau program BT. Jd aku ambil yg totok aliran darah lengkap.
    OKE dey..goodluck semoga berhasil yaaaa…

  64. intan

    Hai mbak….yang brmasalah dng tuba falopi n hydrosalping..
    jgn sedih…aq punya masalah yg sama…aq sdh pernah di HSG, bln Feb 2010 aq disarankan LO..tp aq n suami sepakat menunda krn merasa blm siap..
    Akhirnya qt mencoba hidup sehat dng konsumsi byk jus buah, madu, dll…guess what…bln ini aq + , dokterq aja mpe speechless…usia kehamilanq 4Week 6Day.. Alhamdulillah semua berkat kemurahan hati ALLAH SWT…
    jgn menyerah ya…

  65. sari

    Salam kenal semua… Seneng sekali membaca posting you guys,,, sangat membantu,,, aku baru aja kehilangan saluran telur yg kiri (yg kanan+indung telur kanan) diangkat th 2001.

    bulan kemarin karena kista coklatnya tumbuh lagi, terpaksa dioperasi utk angkat kista dan sal telur yg hidrosalping. Jd ga ada pilihan lain selain BT. Kita udah coba berbagai macam cara non medis 5 th terakhir, karena baru ketemu dokter yg bersedia mengoperasi tanpa angkat indunng telur kiri (yg tersisa 1). Tapi dr adi pun terpaksa menngankat saluran telur karena selain hidrosalping juga pelengketan. Mohon info utk kasus tidak punya saluran telur (mungkin sama kasusnya dg kedua sal telur buntu ya?)
    Tapi masih ditambah sewaktu2 kista coklatnya mungkin kembali…
    maksih sebelumnya

  66. ivo

    dear mbak ima,
    salam kenal mbak.aku juga puny kasus yang kurang lebihnya sama dgn temen2.aku ada endometriosis dan kista di tuba kanan 9 cm.dulu aku pernah laparotomi tapi ternyata kistanya tumbuh lagi.dan aku nggak pengen operasi lagi.aku udah menikah 5 tahun lebih dan brbagai usaha udah aku lakukan.mbak ima terapi lebahnya di mana ya mbak?terus biayanya perdatang berapa?maklum udah banyak biaya yang kami keluarkan untuk berobat mbak dan sekarang kami usaha tapi yang biayanya ndak terlalu mahal.makash sebelumnya.

  67. siti

    Hai all salam kenal…
    @Mbak Ima:
    alamat lengkap terapi sengat lebah Yogyanya mana ya mbak? saya tinggal di Bantul n saya jg da problem reproduksi.tks.

    @Mbak Intan:
    Jus buah apa saja mbak? trs minumnya apa mesti tiap hari? tks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*