Hamil lagi setelah melahirkan dengan program bayi tabung – Kusmawati

Hai, Salam kenal, saya ingin sharing disini dan memberi semangat kepada teman-teman yang belum dikarunia anak.

Sebelum punya anak sendiri, kami menikah sudah 13 tahun dari tahun 1996, dalam kurun waktu tersebut saya sudah pernah hamil 2 kali, yang pertama dinyatakan tidak berkembang dan harus dikuret. Hamil kedua diluar kandungan, karena adanya perlengketan di saluran indung telur saya yang kanan, yang mengharuskan saluran tersebut dipotong karena janin membesar disaluran tersebut, dan saya terus-terusan pendarahan. Setelah itupun saluran satunya lagi yang sebelumnya dinyatakan sehat juga mengalami perlengketan sehingga tidak ada harapan untuk hamil alami.

Sebelum memutuskan untuk melakukan proses bayi tabung, saya sering membaca pengalaman teman-teman di situs ini, sambil mengumpulkan semangat, mental, dan biaya tentunya. Setelah membaca pengalaman teman-teman yang pernah ikut program di Surabaya, saya tertarik untuk kesana, karena biayanya lebih murah dari di Jakarta.

Di Bulan Juli. pertama kali saya ke RS. Siloam Surabaya dan bertemu dengan Dr. Aucky Hitting. Setelah pemeriksaan, saya diberikan obat suprefak untuk disuntikkan sampai haid berikutnya, harganya tidak sampai 2jt. Karena rumah dan pekerjaan saya di Jakarta maka saya langsung pulang berbekal obat tersebut. Setiap hari saya menyuntik sendiri obat tersebut ke perut saya sampai haid berikutnya.

Bulan Agustus pada saat haid pertama saya kembali ke Surabaya untuk diperiksa kembali, hasilnya saya bisa langsung masuk ke program dan diberikan obat Gonal F, 1 X suntik 4 ampul, satu ampulnya waktu itu 500rb, jadi sekali suntik 2jt, kalo tidak salah 9-10 kali suntik. Alhamdullillah pada saat pengambilan telur berhasil diambil 8, setelah ditunggu sekitar 3 hari, embrio yang bagus ada 4 sisanya tidak bagus.4 Embrio tersebut di tanam dirahim saya.

Proses penanamannya tidak terlalu sakit dibandingkan pada saat pengambilan telur (walaupun sudah dibius lokal). Tapi setelah penanaman itu, saya diharuskan berbaring tidak bergerak selama beberapa jam. Perut saya sampai sakit menahan pipis karena saya tidak bisa pipis ditempat tidur, walaupun sudah disuruh suster. Setelah itu saya menginap semalam dirumah sakit, besoknya pulang ketempat menginap. Oh iya biaya dari mulai pengambilan telur sampai penanaman 13,5jt (pake ICSI).

3 hari kemudian saya kembali lagi kerumah sakit untuk diberikan obat penguat, dan sorenya saya langsung pulang ke Jakarta dengan Kereta Api (takut kalo naik pesawat program bisa gagal). Setelah 2 minggu kemudian saya test darah dan dinyatakan positif, walaupun sebelumnya sempat nangis karena sebelum test darah, keluar darah agak banyak, dan saya pikir keluar lagi.

Alhamdulillah kehamilan saya lancar sampai melahirkan anak perempuan berat 3,8 kg panjang 52 cm dengan caesar karena posisinya miring. Total biaya untuk mengikuti program sekitar 40 jt belum termasuk ongkos PP Jakarta-Surabaya.

Pengalaman saya selama mengikuti program ini berusaha sesantai mungkin dan selalu yakin bahwa saya akan berhasil sambil terus Sholat Hajat meminta kepada Allah agar program ini berhasil. Dan untuk teman-teman saya harapkan untuk selalu berfikiran positif dan yakin apapun yg kita dapatkan itu pasti sudah direncanakan oleh Allah. Dan dukungan suami jg sangat penting, walaupun saya sendiri didukung dengan tidak terlalu bersemangat oleh suami saya, malah terkesan memaksa dia datang ke surabaya untuk pengambilan sperma.

Jgn putus asa, ingatlah keputusan untuk mengikuti program bayi tabung ini penting untuk suami istri, tapi untuk para istri semangatlah ini lebih penting untuk anda sendiri bahwa anda akan menjadi seorang ibu. Jadi jangan kecil hati kalo suami anda cuek, tetap semangatlah. Sekarang saya hamil lagi sudah masuk usia 3 bulan (si Kakak sekarang 1 tahun), hamil alami. Sungguh anugerah dari Allah, semoga teman-teman diberi kesabaran yang lebih besar dari saya, dan memetik hasil yang manis juga. Sabar dan semangat ya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (20 votes, average: 3.65 out of 5)
Loading...

27 thoughts on “Hamil lagi setelah melahirkan dengan program bayi tabung – Kusmawati

  1. iin

    Alhamdulillah seneng yah ikut BT bs langsung hamil selamat yah mba kusmawati. Mudah2 giliranku nanti…. amin.

  2. septa

    Selamat ya mba, doakan kami biar cepet nyusul seperti mba.
    Btw sekarang saya juga lagi program BT di Qatar,amalan2 apa aja yang mba jalanin, mohon sharingnya ya, Thanks

  3. mira

    @kusmawati:

    salam kenal:) alhamdulillah…, ikut seneng dengan keberhasilan IVF yg mbak jalani & skrg juga sedang hamil lagi. memang kalo sudah waktunya punya baby, Allah akan berikan jalan dari mana aja ya, mbak. buktinya itu 3 hari setelah ET mbak udah balik lagi ke jakarta pake kereta. klo orang lain belum tentu berani loh. surabaya – jakarta pake kereta kan bisa 12 jam. kebanyakkan pastinya milih naek pesawat yang perjalanannya cuma makan waktu 1 jam. tapi ya balik lagi itu semua kuasa Yang Di Atas. klo udah waktunya hamil & ditakdirkan punya anak, apapun bisa terjadi dengan ijin-Nya.

    tfs ya, mbak. sharing-nya bermanfaat banget. moga2 saat thaw cycle nanti aku tidak lagi parno dan bisa lebih nyantai dibanding fresh cycle kemaren. amiin.

  4. vika

    @ kusmawati,

    Alhamdulillah seneng dengernya slamat ya jika Allah menghendaki apapun bisa terjadi walaupun dokter telah memngatakan tidak bs hamil secara alami buktinya setelah hamil pertama dgn BT Allah memberikan rejeki lagi dengan hamil alami

    boleh tau ga suntik suprefak fungsinya untuk apa ya…berarti mba ga istirahat total ya setelah ET 3 hr melakukan perjalanan jauh tp kuasa Allah ga ada yg bisa menghalangi semoga nular kesaya ya mba sy juga pernah BT1 tp gagal rencanya mau BT2lagi di Siloam

  5. Mulia

    hai kusmawati, selamat yach utk kehamilannya yg kedua ini stlh yg anak pertama jg berhasil langsung dari prgm BT nya yg fresh cycle.
    Saya jg sama pengalamannya, jd anak yg pertama (cowo) dari hsl prgm BT dan wkt umurnya 10 bulan trus saya hamil lagi alami, skrg sih anak yg kedua ud lahir (cewe).
    Semoga semuanya lancar2 aja yach. GBU.

  6. widya

    Hai Mba Kusma, selamat ya.. setelah perjuangan panjang akhirnya Allah mendengar doa mba. Semoga kehamilan keduanya lancar abd aku juga mengusul bisa hamil.. amin..

  7. Linda

    Mbak Kusma,
    saya mau tanya nih.. Tadi mbak sebutkan kalo pulangnya naek pesawat takutnya program bisa gagal. Itu gmn mbak hubungannya.. krn rencananya saya jg akan PP naek pesawat yk-jkt.
    Mbak Kusma jg pernah dengar gak, kalo pengaruh ketinggian itu menyebabkan mens kita berhenti..? Krn kalo mau suntik pas BT katanya hrs pas mens kita deres2nya.
    Thanks.

  8. Ekha

    Selamat ya Mbak Kusma….
    Moga2 prosesnya lancar sampe lahir nanti. Oya Mbak….dr Aucky praktek di mana di Surabaya? jam brp s/d jam brp? Makasih ya..

  9. Kusmawati

    @Mba IIn, Septa, Mira, Vika, Widya, Linda, Semangat ya, sabar dan banyak-banyak berdoa, jaga pikiran tetap tenang dan santai, semoga berhasil programnya sampai melahirkan.
    @Mba Septa aku perbanyak sholat hajat dan berdoa dengan bahasa kita sendiri yang intinya agar apa yang sedang kita jalani diberi kemudahan oleh ALlah dan kita diberikan keturunan yang sholeh dan sehat.
    @Mba Mulia selamat ya, semoga teman-teman yang lain seberuntung kita.
    @Mba Linda, waktu pergi ke SUrabaya aku naik pesawat dan sedang mens, jadi kayanya ngga pengaruh ke mens, tapi pas setelah penanaman aku takut kandunganku tidak kuat dengan getaran di pesawat, jadinya naik kereta deh, yang penting bisa tidur dikereta walaupun 1 harian.
    @Mba Vika suntikan suprefak untuk menurunkan estradiol saya yang tinggi
    @Mba Ekha, dr Aucky praktek di RS. Siloam Surabaya (dulu namanya RS. Budi Mulia) telp.nya. 031-5031333, tanya-tanya sama susternya deh, mereka ramah dan baik kok,mereka bisa jelasin apa yang mau kita tanya mengenai program bayi tabung ini. Semoga berhasil ya.

  10. detta

    @mbak kusumawati

    Saya mau tanya, d cerita mbak bilang sempat keluar darah banyak sebelum test darah. Saya skrg hari ke-11 sesudah ET dan keluar darah spt mens hr ini. Saya takut sekali kalau ini bener2 darah haid dan masih berharap ini cuma sementara saja.

    Jadwal tes urine & darah saya masih 4 hari lg. Tapi rasanya saya sudah pasrah & ngga berani berharap apa2. Mohon bantuan mbak Kusumawati untuk infonya, apakah saya masih ada kesempatan untuk dapat hasil yg positif?. Mohon doa teman-teman ya.. Terima kasih..

  11. riana

    Dear Mbak Kusma …

    Thanks ya buat sharingnya , terharu banget baca cerita nya dan sekaligus memompa semangat yang lagi down …
    Tiga belas tahun menunggu sudah terbayang banget bagaimana rasanya , lebih terharu lagi setelah itu hamil alami . Subhanallah memang benar benar rahasia Allah ..

    Mbak proses dengan dokter aucky dari pertama datang sampai proses BT nya berapa lama sih jadinya dan ulang semua pemeriksaan lagi nggak ya kalau sebelumnya kita sudah pemeriksaan dengan dokter lain ?

    Thanks
    Riana

  12. ross

    slm kenal mba kusma… @aq ross, seneng N terharu banget deh baca crita mba kus, ikut nanya mba kusma, aq jg lg harap2 cemas niy nuggu terima rapot seminggu lagi, ada ga sih tanda khusus terjadinya kehamilan pasca ET..soalnya aq da hari ke 7 dan blom kerasa apa2. aq kut BT d rscm dng dr budi W . N aq da 9 thn merit kebetulan suami anak tunggal, jd hehadiran buah hati sangat d nanti kel.besar . mhn mba kusma berkenan membagi pengalamannya ma aq…makasih banyak sebelumnya,mba kusma N smoga sukses mba kus nular ke aq. TRIMS

  13. muly

    salam kenal mb Kusma…
    Selamat ya atas keberhasilan BTnya plus bonusnya (hamil anak kedua) hehe…
    kebetulan aku juga tinggal di jakarta dan berencana bt dgn dr. Aucky Hinting juga dan sekarang sudah dapat suprefact tinggal tunggu hari ke 29 untuk disuntikkan, kalau boleh tau setelah test urin dan ternyata positif sampai lahiran ke dr siapa,rs mana ? jakarta or sby?

  14. muly

    hi Tiani, salam kenal juga
    kaya’nya kita bakal barengan dech, soalnya aku mulai suntik suprefact tgl 29 Juni, Tiani tinggal dimana ?

  15. muly

    hi tiani,
    aku akupuntur seminggu 2X, konsumsi propolis dan royal jely, air perasan wortel+tomat+jeruk tiap pagi,lanturol 400, putih telur ayam kampung rebus,pinginnya olah raga tapi takut soalnya baru LO tgl 17 Mei lalu kadang masih terasa sakit dikit2 makanya sejak kemarin aku konsumsi gamat produk dari K-Ling (dapat dari web ini juga sich hehe…)
    rencana di sby ntar tinggal dimana tiani?

  16. tiani

    wah persiapannya dah ok ya muly, mudah2n sukses yaa,..
    akupunturnya dmana? aku bln kmrn jg smpat akupuntur tp berhubung tmptnya jauh jd lama2 jd males, prnah pgn nyoba ke dr loona tp kyknya full book terus yaa,..
    wkt pertama konsul ke dr aucky aku smpat survey kos2n di jl sumbawa, mgk ntar ksana
    tp blm tanya2 lg apa msh ada kmr yg kosong

  17. muly

    Amin…semoga kamu juga berhasil ntar ya…
    aku akupuntur di yayasan akupuntur di jalan ketapang belakang gado2 cemara jalan gajah mada, kebetulan tempat kerjaku di jalan juanda jakpus jadi lumayan dekat, jalan sumbawa no 4 ya ?

  18. tiani

    amieeen,… mkasih ya doanya, mdh2n smua lancar n berkah buat kta smua.
    kyaknya bukan sumbawa 4 deh, klo nggak salah no.1 or no. 21, aku agak lupa soalnya dah brp bln yll. tp gak mesti juga liat ntar aja deh on the spot aja, mdhn2n ada tmpt yg cocok.
    Kl muly rencana dmana, smbawa 4 itu yg ada anjingnya yaaa, aku malah kyknya gak survey ksana soalnya dah tkut duluan ama anjingnya he..he
    wah aku mulai suntuk suprefact nih hr ini, mdh2n gak ada keluhan

  19. muly

    Hehe…aku malah belum tau klau di sumbawa 4 ada anjingnya soalnya baru dapat dari postingan di web ini, sekarang dia udah hamil 6 atau 7 bulan waktu itu kost di sumbawa 4, 7 orang yang barengan kost di situ hasilnya positif semua….????
    sama aku juga baru mo cari2 mana yang cocok aza nantinya, aku besok baru suntiknya, emang biasanya suka ada keluhan ya klau suntik suprefact ? soalnya aku belum pernah, sebelumnya aku short protocol….

  20. noor

    Mabruk ya Mbak…Baarakallahu fiik… selamat atas anugerah istimewa yang mbak dapatkan…saya ikut senang dan sangat berharap bisa mengikuti keberhasilan mbak memperoleh buah hati. Saya mau tanya dari kisah mbak diatas saluran telur kanan & kiri sudah dipotong ya? kemudian dengan kondisi itu mbak bisa hamil secara alami? Subhanallah… menurut ilmu kedokteran apakah memang mungkin hamil alami dengan kedua saluran telur yang tidak utuh? Menurut Mbak apa yang membuat keajaiban itu terjadi, selain tentu saja itu semua tidak lepas dari kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala karena bagi Allah tidak ada yg mustahil, apakah karena makanan, atau pengobatan alternatif atau pengaruh keberhasilan kehamilan pertama yang terjadi dari proses BT bisa menghasilkan kehamilan alami? Saya sudah 8 thn menikah & belum dikaruniai anak karena sumbatan di kedua saluran telur. Membaca keberhasilan Mbak hamil kemudian melahirkan bayi sehat dengan kedua saluran telur yang tdk utuh, memberikan saya dan mungkin jutaan wanita lainnya yang senasib, secercah harapan bahwa hamil secara alami itu bisa terjadi. Terima kasih sudah sharing ya mbak…mudah2an putra-putrinya tumbuh jadi anak yang sehat, cerdas, saleh& salehah aamiiin

  21. Raya

    Salam kenal semuanya…
    Selamat ya mbak’Kusmawati atas keberhasilan BT pertamax dan tentunya untuk kehamilan alaminya…
    Aku juga sekarang lagi hamil 7 minggu setelah mengikuti program bayi tabung dengan dr. Karel di Rs Abdi Waluyo, Jakarta.
    2 minggu setelah ET saya dinyatakan +, oleh dr. aku disuruh kembali ke Makassar. Sempet takut sih mbak, soalnya aku jg ada riwayat Hamil diluar kandungan dan pernah keguguran. Tapi Alhamdulillah, meski perjalanan panjang karena aku tugas di daerah (10 jam dari Makassar) sampai sekarang kehamilanx masih bagus, mudah2an bertahan hingga 9 bulan kelak (AMienn)

    Baca pengalaman mbak’, aku pun berharap kehamilanku akan baik2 dan sehat2 selalu dan setelahnya bisa hamil alami lagi tanpa proses bayi tabung.

  22. nur rachma

    hai kusuma selamat ya … Mendapatkan rizki yang berturut turut, kenalkan namaku nur rachma umurku 40 th. Udah menikah 15 tahun 7 bln, aq juga dah malang melintang di dunia persilatan he..he..he tapi blm berhasil juga, rencana bln januari 2011 mo ikut BT tapi msh bingung di siloam atau di graha amerta, menurutmu yg mana ya? Trus persiapannya apa aja? Tak tunggu sarannya…

  23. jane

    haloo ibu ibu cantik, mau tanya nie. sebelumnya maaf kalau saya mengulang pertanyaan yg mungkin sudah ditanya sebelumnya. saya mau tanya sudah 3 tahun menikah, tapi belum hamil aja. kata dokter saya ada pco, jadi saya putuskan ikut program mulai dari manual sampai insem. dah insem 3x belum berhasil. plus suntik gonal f itu, nah skr saya mau coba insem ke 4.
    perlu ga ya saya laparaskopi dulu sebelum insem lagi?? hsg saya sih hasilnya bagus.
    katanya kalau sampe mau Bayi tabung ga perlu laparaskopi.
    tolong ya sistaaaa… siapa tau ada yg bisa bantu.
    makasih banyak sebelumnya.

  24. lia

    Alhamdulillah ya mba… saya juga pernah hamil diluar kandungan karena virus anty chlamydia, tuba saya sebelah kiri sudah di potong, yang sebelah kanan ada kista ovarium diamater 3, dan sekarang ini menstruasi saya udah telat 4 hari.. tapi di testpack negeatif, perut bawah saya juga sakit-sakit sampai ke pinggang, apa ada teman yang bisa kasih saran ke saya, rencananya tiga hari lagi kalau ga mens juga saya mau ke dokter..

  25. Agnes pudjo

    Subhannallah yach mbak alhamdullilah…..Hi mbak salam kenal …nama saya Agnes dari Balikpapan…, sekarang saya sedang mengikuti program ICSI di Rs.Sardjito Jogyakarta untuk anak kedua…melihat umur saya yang sudah 36 dan anak saya umur 11 tahun….kebetulan program ini adalah program kedua saya setelah sebelumnya mengikuti program IVF di Kuala Lumpur lebih tepatnya di Damansar yang ternyata tidak berhasil…:(
    Nah yang sekarang ini saya mencoba untuk rilex mbak…yang agak aneh saya tidak mengalami tanda2 apapun sementar nanti tanggal 16 tepatnya hari kamis bulan february ini saya tepat 2 minggu mengikuti program dan akan di tes di rs Sardjito….
    Yang saya tanya ke mbak :
    1.pada saat program kemarin rentang waktu sebelum tes apakah merasakan perubahan sesuatu di tubuh???. ..,
    Thanks before mbak and wish me luck yach …insyallah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*