Hamil di luar kandungan – Pengalaman Uly

Berikut ini adalah pengalaman hamil Uly. Terima kasih Uly atas sharingnya…

Dear all,

Salam kenal aku mau share aja, saat ini aku baru merencanakan untuk BT. Walaupun umur pernikahanku baru 1 thn tapi umurku sndr sdh 35thn, jadi saat ini sdg berpacu dengan waktu.

Aku sdh sempat hamil 2,5 bln setelah 3 bln menikah, rasanya seneng banget. Tapi ternyata kehamilanku bermasalah, flek melulu. Awalnya kata dokter itu wajar, aku dikasi duphaston dan vit untuk janin. Tgl 28 nov aku kontrol berdua suami, kata dokter dah ada yang keliatan di rahim, dengan hati senang dan penuh syukur kita pulang tapi ternyata tengah malam perutku mules sperti org bakal haid, aku tlp ke RS katanya bedrest aja, besok disuruh dateng kontrol lg. bsk aku datang kata dokter janin ku sdh hancur harus segera di kuret… sedihnya …

Beberapa hari sebelum itu, aku feeling aja mencoba utk daftar ke RSPI dgn Dr. Azen Salim, dapat schedule periksa tgl 18 dec. Jadi setelah kuret aku tetep aja pergi kesana.

Ternyata setelah di usg transvaginal, aku dinyatakan masih positif hamil tapi diluar kandungan, dan aku harus segera dioperasi krn sdh terjadi pendarahan akibat pembesaran janin di saluran telur sebelah kanan. Yang lebih menyedihkan lg saluran telur tersebut harus dipotong karena pembesaran janin sudah melewati batas toleransi .. krn biaya laparoscopy di RSPI sangat mahal, prediksi sekitar 30 jt untuk kmr kelas III, Dr. Azen mau menolong dengan memberikan surat pengantar diagnosa lengkap dan akhirnya aku laparoscopy di RS. Bunda Menteng dengan Prof. Dr. Oetama Marsis.

Terkadang aku dan suami berandai2, seandainya dokter yang pertama melakukan tindakan yang benar dgn melakukan usg transvaginal, krn janin ku tdk jelas terlihat sampai dengan usia 2 bln mgkn saat ini saluran telur kanan ku msh ada. Tp sudahlah semua sdh berlalu, apapun yg terjadi semua atas kehendak TUHAN.

Saat ini aku sedang menjalani therapy diathermy, karena saluran telur kiri ku tersumbat. Stlh ini aku akan kmbl menjalani hydrotubasi, semoga penyumbatan telah terbuka sehingga aku tdk perlu lagi melakukan laparoscopy sebab jika LO dilakukan dan ternyata penyumbatan itu terjadi di ujung pangkal saluran telur maka tdk ada cara lain selain BT tapi jika penyumbatan terjadi di saluran, masih bisa diperbaiki.

Teman2, terus berjuang, jangan patah semangat yah, banyak2 berdoa, kekuatan hanya akan datang dari TUHAN.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 2.20 out of 5)
Loading...

20 thoughts on “Hamil di luar kandungan – Pengalaman Uly

  1. itha

    hi Uly Salam kenal…;-)
    saya ikut terharu n prihatin atas problem yang kamu alami,semoga kamu dapat lebih sabar dan terapi kamu dapat berjalan lancar berhasil dgn baik.
    Dan kamu jgn sedih..krn kita ngak sendirian, ada allah SWT yg mendengar doa kita.
    Maju terus yah… jgn menyerah kita sebagai manusia hanya bisa berusaha pasrah dan berdoa.

  2. Uly

    hai Ita, salam kenal juga … makasiy banyak utk supportnya yah .. mungkin bisa menjadi pelajaran jg ,klo kita ga bisa cuma tergantung dengan 1 dokter saja .. krn masing2 dokter berbeda cara penanganannya .. kdg2 serbsa salah, mau nyari dokter lain tar malah repot mesti mengulang semua pemeriksaan, tapi kalo utk aku, mending di periksa ulang deh daripada engga ..

    skali lg trima kasih ya ita ..

  3. icha

    ikut sedih baca pengalaman kamu uly..dokter yg pertama koq gak teliti ya ngeceknya? harusnya kan bisa kedeteksi dari awal..yang sabar ya uly, semua pasti ada hikmahnya..
    tetep semangat!!

  4. rinda

    hi mb uly, saya ikut sedih denger ceritanya. mudah2n setelah berbagai terapi yg mau dijalankan mb bisa hamil lagi dg normal. oya mb, laparoskopi di RSPI kok mahal bgt ya? saya dulu juga pernah diatermi, tapi kata dokter sih utk memulihkan kelenturan tuba falopii saya yg sempet kena infeksi. kalo boleh kasi saran, utk memastikan tdk adanya kebuntuan, kalo tdk dg laparoskopi, bisa dg HSG. saya udah 6.5 th nikah blm pernah hamil. tetep semangat ya mb! c u..

  5. Achi

    Betul kata Uly, kita mesti cross check sama dokter lain sebelum tindakan operasi. Itu pernah kejadian sama aku, di rumah sakit A dinyatakan ada kista, setelah aku pasrah mau dioperasi di rumah B ternyata bukan kista.

    Kata dokter untuk memastikan kista atau bukan, USG dilakukan saat mens hari ke 2 atau ke 3.

    Buat Uly sabar ya…..

  6. Uly

    Hai teman2 … apa kbr?mdh2an semua sehat2 aja yah ..

    > rinda, aku memang diusulkan untuk di HSG tapi ternyata dari beberapa dokter yang aku konsul, untuk jaman sekarang HSG dah masuk peringkat yg belakangan di lakukan dan diusulkan terlebih utk dokter2 di barat sana, karena cairan HSG itu ada radiasi nya yang efeknya ke tempat produksi telur dan kualitas telur … jadi aku agak mikir juga yah utk HSG .. menurut dokter ku yg di RSPI, ada metode baru, namanya SHSS, disemprot cairan menggunakan ultrasound 4 dimensi,tapi belum aku jalanin, nunggu kl ga hamil belum depan … kata beliau, kalo tuba di operasi malah akan semakin rusak … nah kalo dah rusak lbh susah, pastinya harus BT.

    > Achi dan icha, kita harus hati2, ada teman ku di vonis kista trus pindah dokter ke dua katanya kista juga, dua2nya suruh diangkat ajah .. tp temen ku masih pengen denger opini lain, pindah ke dokter ketiga eh katanya janin .. dan ternyata bener loh … sekarang anaknya dah umur 4bln. serem yah …

    teman2, kalo meriksa ke dokter, make sure bener2 deh .. kl masih belum yakin, coba cari opini lain .. ga ada salahnya kok …

    hasil USG transvaginal tgl 1juli kmrn, kata dokter penyumbatan ku tinggal dikit, jadi belum perlu tindakan apa2, di coba dulu mdh2an hamil …

    bantu doa yah teman2 … kita saling mendoakan … semoga usaha temen2 berhasil .. dan apa yg kt lakukan diberkati yang maha kuasa ..

    c u girls …

  7. rinda

    hi uly, aku baru nyadar klo HSG ada efek sampingya. dulu siy sempet kepikiran juga, namanya X-ray pasti ada radiasinya. tapi ya udahlah, akunya udah terlanjur HSG, mudah2an aja gpp. SHSS, saya blm pernah denger, googling juga blm nemu. mungkin sama juga pake penyemprotan cairan ya, tapi deteksi cairannya nggak pake X-ray, pake gelombang suara/USG. aku baru aja IUI bln kemaren dan gagal! hicks… tapi ya udahlah, mungkin belum waktunya. nti kalo jadi SHSS kita2 diceritain ya! tapi kudoakan dah hamil bln depan deh, jadi ga perlu SHSS. c u..

  8. itha

    hi Uly.. pa kbr juga
    ngomng2 soal HSG, aku jadi bingung nih krn aku ada rencana ikut proses bayi tabung prtengahn juli di RS family jadi dokterku yg praktek jg di RSPI menyarankan u/ hsg pada hari ke 14 dari tgl mens pertama, aku mmg dah lama ngak HSG lagi terakhir thn 2004, mnrt dokter itu dilakukan u/ mengetahui kondisi reproduksi kita lebih jelas, menrt kamu gimana ya Uly?

  9. ati

    hi Uly salam kenal
    aku ikut prihatin ,menurut dokterku kalau mau coba hamil normal atau IUI harus di HSG dulu untuk cek tube.Kalau mau TB harus SHSS.
    aku baru tau HSG ada efeknya,aku jalanin HSG 9 hari dari mens pertama
    sedikit tidak nyaman dan bikin kapok.
    Hasilnya salah satu tube blok,kakakku bilang bisa ditiup.
    Dokterku bilang jangan, satu tube bisa hamil katanya atau coba IUI ,temenku nyaranin langsung TB aja cuman suamiku bilang coba IUI dulu ,soalnya obat TB serem serem efek sampingnya.
    Bulan kemarin IUI setelah HSG minum klomid dan disuntik pregnil
    test hamil ternyata negatif,sedihnya kupikir hamil soalnya perutku kayak kembung .Dokter saranin coba 2 kali lagi tapi kayaknya aku mau TB sekarang aku diberi pil KB untuk jalanin TB sudah 11 hari ,
    Dokter kasih resep urofillotropin 75 IU 29 ampul ,HMG 75 IU,sekarang
    aku penasaran kenapa dokterku nggak ngasih Gonal f seperti pengalaman mery atau yang lainnya,ada yang pernah coba TB terus dikasih obat yg sama nggak? tolong di bantu kalau ada yg tau

  10. rinda

    dear ati, lam kenal! ikutan nyambung yah! obatnya urifollitropin kali ya? bukan urifllitropin? itu siy..setau aku semacam generiknya Gonal F, so sama aja. btw, bisa dicritain nggak, SHSS tuh gimana sih?

  11. ati

    hi,rinda lam kenal juga
    kalau generiknya Gona f ya mungkin soalnya harganya 135.000 satu ampul yg 75 IU .
    aku jalanin SHSS sebelum ikut TB katanya buat tau ntar bayinya bisa tinggal gitu.kata suamiku dokter masukin alat gitu dikorek korek kelihatan seperti pentil korek api dilayar katanya buat buangin lapisan yg ngalangin embrio nempel,terus diseprot lar Iod ke situ dokter bilang sih tuh lihat semuanya item berarti bagus kalau ada putih berarti ada yg ngalangin .Rasanya seperti nahan kencing nggak ketulungan. sebentar sih dan dokter ngasih Valium sebelumnya.
    Alat yg di masukkin rasanya seperti alat yang IUI.

  12. tina

    Hi, uly salam kenal
    masalah kamu kurang lebih sama dgn saya,2 thn yl bedanya saya hamil lewat insem dan berhasil hamil, hanya bertahan 6 minggu az. setelah positif hamil,langsung di USG tp dia gak tahu kalau aku hamil diluar kandungan. setelah tiga hari kemudian sakit perutnya makin jadi barulah ketahuan bahwa janinnya berkembang disaluran telur sebelah kanan. untuk mengambil janinnya mesti lewat tindakan laparoscopy. Dari L/o baru diketahui bahwa ada penglengketan di saluran telur.Uly sy L/o biayanya hanya habis 14jt di RS. Bunda. Uly sebelumnya kamu punya riwayat sakit apa?
    kok bisa ada penyumbatan?
    saya sdh 6 thn berusaha u/ hamil dr cara obat- insem, terakhir dokter saranin u/ TB 🙁 tp kata Dr andi masih ada harapan lewat insem, tapi sdh coba u yg ke 2 kali hasilnya nihil
    Sy baca2 di website ini katanya ikut TB di surabaya lebih murah, apa iya ? sekitar 35-40 jt, sy tanya di Rs.bunda 50-60 jt.

  13. Uly

    Hay teman2ku .. baek aja kan semuanya??? mudah2an yah …

    > Rinda, aku jg penasaran ma SHSS, tgl 18july nanti aku mau temenin temen yang mau SHSS juga di RSPI, tar aku info yah .. temenku ini di dokter I dah berobat macem2, HSG mpe 2 kali trus disuntik tapros 3 kali karena ada endometrium, dia dah merit 7thn tp baru skrg ini bener2 konsen dengan usaha memiliki anak, hasil HSG terakhir katanya saluran sebelah total tersumbat dari ujung mpe ujung, sebelahnya lagi tersumbat tapi dikit, menurut dokter yang I mending di LO ato lgsg BT, tp temenku cb konsul ke dokter azen RSPI, dokter minta waktu 2bln utk beliau cb SHSS dulu, mdh2an yg tersumbat dikit itu bisa terbuka …

    btw, sabar ya rin .. teteup SEMANGAT … :)gagal bukan berarti ga bisa nyoba lagi kan … mdh2an yg next berhasil .. Amiiiiiin ..

    > Itha, coba deh tanya dokter kamu yg di RSPI tentang SHSS .. sapa tau beliau bisa ..

    > hay tina, slm kenal juga .. aduh, jadi ikut sedih, sekaligus kesel, kok ya ga bener2 diperiksa yah … paling tidak dokter harus curiga dong, kok hamil tapi janinnya ga ada .. aku ga pnya riwayat penyakit apa2, kata dokter sumbatan bisa terjadi karena banyak faktor, mgkn dulu wkt masih single, hdp ku ga sehat2 banget, tiap hari kerja, tugas keluar kota, makan ga sehat, hang-out bareng temen2, merokok .. dan faktor umur juga .. pdhl sebelum menikah aku dah brenti ngerokok .. 🙁
    tetep semangat tin .. selagi masih bisa insem, mending insem aja ..

    temen2 ada yg bisa bantu tina utk BT di sby, cb deh bc2 pengalaman temen2 yg lain, aku pernah baca katanya dr. aucky hinting .. kl di bunda aku diberitahu estimasi BT sekitar 50 – 70jt ..

    temen2 … TETEP SEMANGAT yaaaaaaa … GOD bless you all …

  14. ari

    hai kak uly sama kenal ya…sedih juga dengar kak uli seperti itu…tapi yang jelas TETAP SEMANGAT YA KAK…ALWAYS SMILE

  15. rissa

    hai..aku punya pengalaman yang sama persis ma ully dan aku ada planning bwat ikut BT cuma dimasalah budget ktnya dr.Aucky lebih murah ya, please inform dong tentang dr.Aucky di rs apa, biaya 25-35jt itu udah include smua atau belom???

  16. niluh

    salam kenal ully
    aku juga pernah hamil diluar kandungan di saluran falopii, 2 kali malah!! jadi salurannya yang kanan ama yang kiri dah dipotong!! sedih banget….
    aku juga dah pernah nyoba BT 1 kali tapi gagal!!!
    sekarang aku lagi ngumpulin dana lagi untuk nyoba BT yang ke 2!!! kita harus semangat!!! Semangat ya!!! GBU

  17. valma

    Slm kenal uly,

    ko bisa kisah kita sama cuma bedanya saat di cek tesfek tryt negatif dan aku lgsg di ksh obat peluntur supaya ments, untuknya aku tdk ambl obat itu dan aku ganti dr dan stlh di prksa beberapa tahap tryt aku hamil tapi di luar kandungan dan hrs di operasi, rasanya sedih bukan maen,saat ini aku hy punya tubankiri dan kemaren bru di cek HSG di bund dan tryt tersumbat juga, dan dr menyarankan LO atau operasi, dan sampe saat ini aku bingung mesti bgmn

  18. nining

    salam kenal mbak ully.
    aku januari kemarin jg mengalami hamil diluar kandungan dan tuba falopiku sebelah kanan dipotong. dokter jg bilang tuba yg kanan tersumbat terkena infeksi. kemarin aku coba ke dokter spesialis di rs graha amerta surabaya, aku disuruh Bayi tabung. sebelumnya aku harus menjalani laparoscopy untuk membuang tuba yg kiri karena kata dokter tuba infeksi mengganggu janin saat bayi tabung. sekarang aku sedang bingung, sedih…. ada yang mengalami kejadian seperti yang aku alami?

  19. dewi

    salam kenal mbak….saya baru kemaren d vonis dokter tuba tersumbat di pangkal..katanya sih tidak ada yang bisa mengatasi masalah saya ke ujung dunia manapun…tapi kita masih punya tuhan.semoga mukjizat itu ada.tetap semanga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*