Hal-hal yang menurut kami berpengaruh pada keberhasilan bayi tabung kami – Alisya

Bagi calon ayah-bunda yang ingin atau sedang menjalani proses bayi tabung, saya ingin berbagi pengalaman keberhasilan kami.
Saya melakukan upaya bayi tabung pada tahun 2014 di Surabaya dibantu oleh dr Aucky Ginting beserta timnya. Kami memperoleh bayi kembar, dua laki2 alhamdulillah.
Kondisi media saya saat itu adalah PCOS dan gerak sperma suami yang kurang bagus (lebih banyak yang lambat).

Hal-hal yang menurut kami berpengaruh pada keberhasilan bayi tabung kami adalah:

1. Memilih dokter dan rumah sakit yang sreg di hati. Ini krusial sekali karena rasa percaya kepada tim dokter akan berpengaruh pada kenyamanan hati saat menjalani proses IVF yang naik turun seperti roller coaster, bahkan kadang bungee jumping. Kalau sejak awal sudah tidak sreg dengan tim dokter, selanjutnya bakalan tidak nyaman menjalani prosedur ivf. Ini saya alami sendiri. Sebelumnya kami pernah ditangani tim dokter yang kurang sreg di hati untuk inseminasi, dan gagal. Lalu saat bertemu tim dokter yang sekarang, rasanya hati lebih lapang dan tenang menjalani proses berliku IVF, dan alhamdulillah berhasil.

2. Persiapan fisik. Saya rutin melakukan yoga sebulan sebelum menjalani prosedur IVF. Selain merasa lebih bugar, yoga juga membantu menambah ketenangan batin.

3. Persiapan pikiran. Saya beruntung menemukan hypnofertility dari bidankita. Saya dengarkan cd nya sehari-hari dan kira2 sebulan sebelum IVF dan saat IVF, saya semakin intens mendengarkan hypnofertility. Sehari bisa dua kali.

4. Ketenangan pikiran juga berasal dari mata dan telinga. Sebelum dan saat menjalani IVF saya sangat selektif dengan acara TV yang ada di rumah sekaligus bacaan saya. Dua acara yang saya banned total adalah acara berita (karena lebih banyak bad news dan kriminal nya), sinetron lokal dan mancanegara (selain, maaf, banyak yang ga bermutu juga back sound nya bikin tegang). Ibu saya sampai mengalah tidak nonton drama india kesayangannya hihihi. Begitu pula bacaan. Saya stop membaca koran, kanal berita, bahkan FB saya deactivated juga. Yang saya tonton sehari2 adalah tayangan yang menghibur seperti Upin Ipin hehehe dan membaca komik lucu2 seperti Shinchan dan Hai Miiko haha.

5. Saya juga mencoba akupunktur, kira2 sebulan sebelum IVF.

6. Saat menjalani prosedur IVF, saya memilih untuk berlangganan katering sehat, dan minum banyak2 air putih HANGAT.

7. Saat dan sampai dengan 2 minggu sesudah proses embryo transfer, saya hampir setiap saat memakai kaos kaki untuk menjaga agar kaki saya tidak dingin. Kalau telapak kaki kita hangat, uterus juga hangat, yang akan membuat embrio merasa betah. Katanya begitu…

8. Pada hari ketiga seelah embryo transfer, saya memakan nanas. Bisa dibaca disini ya… http://withgreatexpectation.com/ivf/three-days-post-transfer-plus-whats-the-deal-with-pineapple/

9. Dan tentunya banyak2 berdoa dan minta doa pada orang2 terdekat. Juga minta2 maaf pada orang2 di sekitar siapa tahu pernah saya sakiti tanpa sengaja atau sengaja.

10. Ini agak ekstrim sih…tapi bagi saya yang gampang terpengaruh sepertinya membantu. Saya sebisa mungkin menghindari obrolan tentang ivf dengan sesama pasien ivf. Bukan apa2, tapi karena itu tadi, saya orangnya gampang kepikiran haha…kalau nanti tahu telur orang lebih banyak dari saya, saya down. Atau kalau tahu riwayat prang yang sebelumnya pernah gagal, pasti akan kebawa pikirian juga sama saya. Jadi mendingan saya sibukkan diri dengan buku atau hp saat antri menunggu giliran di RS untuk menghindari perbincangan yang mempengaruhi suasana hati dan pikiran.

Mudah2an sharing ini ada manfaatnya. Semoga berhasil ya. Semangattt!!

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 2.67 out of 5)
Loading...

2 thoughts on “Hal-hal yang menurut kami berpengaruh pada keberhasilan bayi tabung kami – Alisya

  1. Kartini kristina sinaga

    Hai mbk alysia,sepertinya qt tipe org yg sama,saya juga dulu gagal insem,ga tenang pikiran,terlalu bnyk membaca pengalaman org lain dan membanding2kan nya,sy jg org yg sgt gampang terpengaruh gampang down,boleh sy mnt email nya mbak atau no WA,makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*