Foto embrio ku

Betapa terkejutnya pada saat dokter memberikan sebuah foto kepada saya. Ada dua buah benda seperti kumpulan gelembung atau buih sabun. “Ini adalah foto dua embrio Anda yang akan saya masukkan ke rahim” kata si dokter. Foto ini diberikan beberapa menit sebelum proses memasukkan embrio ke dalam rahim saya dalam mengikuti program bayi tabung.

Senang bercampur haru melihat calon bayi saya meskipun belum sepenuhnya berbentuk tubuh manusia. Benar-benar foto embrio ini menguatkan saya untuk menjalani semua proses bayi tabung terutama pada saat saya mengalami efek samping OHSS.

Foto embrio Embrio di foto ini kira-kira berumur dua hari, masih berbentuk sekitar 8 sel.

Foto ini masih saya pajang di ruang keluarga diatas TV sampai sekarang walaupun akhirnya program bayi tabungnya gagal.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 3.30 out of 5)
Loading...

72 thoughts on “Foto embrio ku

  1. Dwi Kurniawati

    saya mau share dengan kamu, 2 th yang lalu saya juga ikut program bayi tabung …tetapi gagal padahal embrio 3 pertama yang dimasukkan hasilnya excellent dan petugas konselingnya jg bilang bahwa dengan hasil seperti itu kemungkinan keberhasilannya diatas 60% jadi sudah cukup membuat saya bahagia sekali, tapi ternyata setelah ditunggu gagal juga. Saat ini saya ingin mencoba kembali memasukkan 2 embrio yang tersimpan … tapi masih ada perasaan takut gagal….apakah anda sudah mencoba untuk yang ke-2 kalinya…share donk kenapa gagal? thx.

  2. Yenni

    Takut gagal adalah sangat manusiawi, apalagi kalau usaha yg pertama gagal. Anda tidak sendiri, banyak seperti kita ini yang belum berhasil.
    Kenapa gagal? yang jelas memang tidak ada program bayi tabung dengan jaminan 100% sukses, jadi harus kita maklumi kalau gagal. Saya awalnya juga optimis walaupun dokter hanya bilang keberhasilan take home baby sekitar 30%, akhirnya gagal juga.
    Kalau saya mungkin karena keadaan tubuh tidak mendukung, lemah dan sakit kena efek samping OHSS sampai 8 hari di rumah sakit, tapi kata dokter ada juga yang hamil meskipun mengalami hal ini.
    Ada yang bilang, kita manusia tidak akan bisa merekayasa proses pembuatan bayi dengan keberhasilan 100% karena hanya Tuhan yang sempurna.
    Saya sekarang sudah mulai proses bayi tabung lagi yang kedua, dan akan saya share pengalaman saya. Keinginan untuk punya anak melebihi dari rasa takut gagal saya, jadi ayo maju terus… berusaha semampu kita … dan jangan lupa di dukung dengan berdoa.
    Gagal merupakan salah satu jalan untuk mencapai keberhasilan.

  3. Fanny

    Mba,

    saya juga masih menyipan foto embryo yang di Transfer, ada 2 foto yang pertama (fresh cycle) 2 embryos, yang thaw cycle 3 embryos…

    lucunya dengan liat foto tersebut kaya udah ada attachment gitu sama embryo nya….

    buat mba dwi, tugas kita sebagi manusia kan hanya ikhtiar alias berusaha, mengenai hasilnya mari kita sama2 serahkan pada Yang Maha Kuasa
    Percayalah denga kekuatan pikiran atau mind power, kalo kita selalu berfikir atau memberi penekanan pada ‘Takut Gagal’ malah nanti akan gagal…
    Jadi kita positive thinking aja terus, sambil berdoa dan berusaha….
    (berbicara pada diri sendiri niy hehe)

  4. Komang

    Hallo para ibu..
    tahun baru semangat baru 🙂 ttg foto, jadi keinget nih, disini saya gak dikasi foto embrionya, sewaktu thaw yg lalu di bulan november sempat diperlihatkan 3 embrio yg dimasukkan,langsung ingetanku ke fotonya Yenni..mirip gitu deh tetapi copy fotonya gak dikasi bawa pulang.. katanya sih bakal dikasi kalo berhasil saja ;(

  5. cynthia

    ada yg tahu ngak… kalau di Hospital LWE Penang, apakah bisa minta foto embrio juga sama Dr Ng Peng Wah ? soalnya saya yg fresh cycle tdk berhasil, dan tdk pernah ditunjukin foto sel telur ataupun embrio.. cuma sempat lihat di monitor waktu usg sel telur dan waktu ET.. tapi ngak perhatikan waktu ET, soalnya pada takut sakit..

  6. olip

    Hiii semua…salam kenal
    aq dl ikut di Harkit & waktu mau ET suruh bawa flashdisk buat ngopy foto embrionya.. jd walo belum beruntung aq ada kenang2an foto embrioku yg sekarang selalu kubawa2 cos jd cover handphoneku, keren kan? hehe paling ga bs memotivasi diri sendiri untuk tetep berusaha

  7. therez

    Hai Yenny. Aku Therez, 33 th, 5 th nikah, anak masih ‘indent’. This web is really inspiring n full info. Thanks n congrats ya..
    Tapi tadinya aku brharap di kategori “efek psikologi” ini bisa nemunin gimana cara ngilangin stres, khususnya dlm rangka proses bayi tabung ini.
    Kalo kubaca2 semua ibu yang brhasil hamil dgn bayi tabung sll wejangan unt hindari stres. Sesama tmn sperjoangan jg sll slng brpesan biar jngn stres.
    Tapi sebenarnya apa sih ‘makhluk’ stres itu?
    Gimana sih cara ngilanginnya? apa deg-degan ngintip flek di cel-dal bisa dibilang stres? trus klo nangis malem2 ngerasa tidak beruntung dan diperlakukan tidak adil oleh yang di atas, apakah itu kategori stres juga?
    so please, teman2 yang sudah beruntung, jangan cuma pesan “jangan stres”, tapi beri kami info dan kata2 hiburan lebih jauh, gimana biar gak stres… we (or especially I) really need those couraging words.. thanks before..

  8. olip

    usul bos admin…
    bgmn kalo nampilin foto2 bayi hasil IVF ato foto sehub dg program ini termasuk foto sel telur,embrio, peralatan, lumayan buat nambah semangat yg lg berjuang, ok

    bu dokter therez salah satu cara ngilangin stres harus merekam kata berhasil di otak kita kalleee biar positiv thinking terus…

  9. Lia

    Hai semuanya, salam kenal…Aku lia, 21 tahun n belum nikah. Aku adl mahsiswi fak Psikologi yang tertarik banget dgn sharing2 kalian. Kebetulan, ci2ku juga ngalamin hal yang sama n harus ikut BT. Jadi, menurutku web ini bagus banget buat ajang sharing. Walopun aku blm punya pengalaman apa2 tntang BT, tapi aku harap bisa jadi bagian dari kalian. Kalo ada yang mau tanya2 tentang hal2 yang bersifat psikologis, aku siap membantu sebisa mungkin….

    “Stress” adalah reaksi kita terhadap stressor(hal2 yang menyebabkan orang menjadi stress). Stress itu hal yang biasa n hampir dialami oleh smua orang. tapi, stress yang negatif itu berbahaya, yang disebut distress. Klo berkepanjangan bisa menyebabkan depresi. Deg2an itu bisa dibilang kecemasan, yang bisa bikin stress juga. Setiap orang punya caranya msing2 buat ngilangin stress. Nangis itu juga salah satu cara untuk ngilangin stress. Berpikirlah kalo nggak hanya kalian yang ngalamin hal ini, banyak orang yang juga mengalami hal yang sama. Kalian kan tidak pernah memilih untuk menjadi seperti itu. Jadi, kalo misalnya banyak tekanan dari luar yang bikin kalian jadi stress, jangan terlalu perdulikan orang2 yang kira2 akan menjatuhkan, tapi dengarkan orang2 yang selalu mendukung. Karna orang2 yang mencela itu nggak perduli apa yang dirasain sm orang yang dicela. Mereka hanya mencela untuk kepentingan n kepuasan diri sendiri aja. Mereka nggak pernah tau apa yang sebenernya kalian alami. Kalo misalnya ada yang masih bingung, silakan tanya,hehe…

    Buat ci therez, aku skrg gabung juga di efek psikologi…jadi mau curhat2 boleh juga disini,hehe…Thanx ya atas kepercayaannya.. Semoga aku bisa membantu…Untuk semuanya, tetep semangat ya…Segala sesuatu itu indah pada waktunya. Because yesterday is history, tommorow is mystery, but today is a gift :))

  10. olip

    hi Lia, web mbak Yeni tambah lengkap dg kehadiran seorang calon psikolog, aq mo nanya nih bgmn cara menghadapi dokter yg pelit informasi walopun uda kita berondong dg berbagai pertanyaan? bgmn cara kita sbg pasien spy tdk malu/tegang saat di periksa dokt? (krn disitu ada suami kita&beberapa suster), trims dik

  11. Lia

    Hai salam kenal…Makasih ya atas kepercayaannya sama aku…Emank dokter2 jaman sekarang itu kebanyakan terlalu komersil n pelit banget buat berbagi informasi sama pasien. Mungkin karna pasien yang terlalu banyak n waktu yang kurang kali untuk menjawab semua pertanyaan pasien. Biasanya orang paling seneng kalo apa yang dia lakukan dihargai sama orang lain. Kalo menurut aku, ada baiknya kalo sebelum nanya (kak, mbak, atau ci?)olip sedikit memuji dokternya, skalian menghargai apa yang udah dia lakukan. Bisa bilang, “dokter udah banyak bantuin saya selama ini dan berkat dokter, saya jadi begini…begini…Saya makasih banget atas….tapi masih ada yang saya pengen tanyakan lebih ke dokter. Mungkin pada saat ini dokter nggak punya cukup waktu untuk jawab. Apa saya bisa menghub dokter lewat telpon atau email? Informasi dr dokter sangat berarti buat saya…” Lebih baik nanyanya satu persatu juga, karna dengan banyak2 pertanyaan sekaligus, dokternya akan bingung mau jawab yang mana. Kalo dia belum sempet mikir buat ngasih jawaban, sementara pertanyaannya banyak, dia akan merasa terancam karna takut dianggap nggak kompeten. Jadi dia malah lebih milih nggak jawab, supaya lebih aman.

    Kalo untuk masalah malu itu bisa timbul karna belum mengenal dokter atau susternya lebih deket kali, jadinya agak sungkan. Mungkin itu bukan malu, atau malah rasa bersalah ke suami karna ngerasa nggak enak di depan suami diperiksa sama dokter. Kalo itu masalahnya, lebih baik omongin dulu ke suami, apa yang sebenernya dirasain pada saat diperiksa n kalo emang ngerasa nggak enak, ada baiknya ijin dulu atau ngomong ke suami. Karna “cowok itu nggak pernah tau apa yang diinginkan oleh cewek kalo cewek tidak pernah mengatakannya”. Mereka nggak sensitif sprti kita. Kalo tegang itu karna takut, aku saranin untuk ngelawan ketakutan itu. Karna semakin kita takut menghadapi sesuatu, maka kita semakin tenggelam di dalam ketakutan itu n ntar malah tambah menjadi-jadi. Rileks aja, kalo tegang coba tarik napas dalem2 sampe kira2 ngrasa lebih baik,hehe…

    Saran aku kayak gitu aja, semoga aja bisa membantu….Semakin banyak informasi yang dikasih tentang pertanyaannya, akan semakin bagus karna bisa lebih tau permaslahannya apa,hehe…Tetap semangat ya, positif thinking….

  12. olip

    to Lia: bener juga ya, aq blm perna memberi penghargaan walo dg ungkapan kata2 ke dokter, paling bilang trims,trus yg mengatasi rasa malu itu terjadi (terutama) diperiksanya saat kita lg haid kan berdarah2 gt, susternya aja kadang2 (menurutku)aga jijik, duh serasa jatuh harga diri ini hiks
    nb:panggil mbak aja

  13. Lia

    Hai mbak olip….Ooo ternyata malunya karna itu,hehe….Itu hanya perasaan mbak aja atau susternya memang memperlihatkan ekspresi seperti itu? Kalo dari matanya n gerak tubuhnya kan kita bisa tau kira2 dia jijik apa nggak. Kalo misalnya menurut mbak memang begitu, ada baiknya mbak lebih cuek aja. Soalnya yang jijik itu kan susternya, sedangkan pekerjaan dia emang udah begitu. Artinya apa pun yang menjadi tugas dia harus dilakukan. Brarti yang punya masalah itu adalah susternya. Menurut aku sih mbak nggak usah terlalu mikirin hal itu, karna nanti malah jadi bikin mbak sendiri ngrasa nggak enak n nggak nyaman, yang nanti malah mengganggu program. Jangan biarkan hal kecil mengganggu harapan mbak untuk bisa punya baby,hehe….Kalo emang ngerasa nggak sreg sama susternya, waktu diperiksa mbak nggak usah ngeliat mukanya aja, biar nggak ada perasaan malu juga,hehe…Orang itu kan tiap hari moodnya beda2..Mungkin ada saatnya dia lagi gak mood n harus ngerjain hal-hal yang bikin dia bete, makanya dia nenperlihatkan emosi seperti itu….Positive thinking aja, biar smuanya juga bisa berjalan dengan sukses,hehe….Memang sudah smp tahap mana mbak programnya? Tetep semangat ya n slalu berdoa, pasti ada jalan kok…….

  14. olip

    to Lia: programnya uda selese Juli kemarin, cuma belum berhasil dik, sedihnya…

    to all: dokter anak da ada, calon psikolog da ada, kayaknya mesti nambah anggota yg SpOG & konsultan keuangan ya…biar makin seru sharingnya & sekalian konsultasi masalah anggaran tuk ikut program ini hehe

  15. Lia

    Ya nanti dicoba lagi aja mbak, ntar juga bisa berhasil kok, jangan sedih,hehe….Emang biayanya mahal sih ya…tetep smangat aja ya….diantara yang ikut web ini pasti ada ahli keuangannya, cuma blm ketauan aja kayaknya,hehe….Btw, saran aku bisa diterima nggak mbak? kalo memang nggak stuju n punya pendapat lain bilang aja, namanya juga sharing,hehe….

  16. Lia

    Hai mbak olip, apa kabar? Aku mau ikutan nimbrung dong soal BT, mau tanya dikit,hehe…kalo misalnya nggak ada sperma gitu dr suami, apa msh bisa dilakukan BT, dgn sperma org lain misalnya,hehe…Kalo di luar negri, misalnya di Sing, boleh nggak program BT dengan sperma donor? Kalo di sini kan setau ku nggak boleh ya…mau tny2 tntg psikologi gak?aku nganggur nih soalnya,hehe….

  17. Imel

    Hai Lia, salam kenal…
    Aku ikut nanya doong…
    Aku udah 2 kali niih ikut bayi tabung, secara medis sih aku ngak bermasalah (masalahnya kualitas sperma suami yang kurang bagus). Dari 2 kali aku ikut program dengan dokter yang berbeda, para dokter optimis banget aku bakal berhasil, tapi ternyata masih blom berhasil juga. Memang sih.. semuanya tergantung Tuhan. Apakah itu namanya takdir atau nasib? Soalnya aku berencana mo program lagi awal tahun depan, aku penasaran banget..jadinya kayak candu gitu.. pengen coba terus hehe..
    Thanks ya…

  18. yati

    Hi Lia.
    Saya juga seperti Imel jadi kecanduan ingin ikut program terus
    ,padahal sudah mengalami kegagalan hingga 6 kali,pada waktu gagal yang ke 1, ke 2, ke 3, ke 4 kali nya (mengalami keguguran pada kehamilan minggu ke 7 ) wah sedih banget hampir setiap hari menangis sampai sebulan, namun pada waktu gagal yang ke 5 dan yang terakhir ini, saya sama sekali tak sedih juga tak ada tangisan lagi malahan hati ini serasa plong.
    oleh karena penasaran saya masih ingin terus mengikuti program lagi walaupun saya mengetahui dan merasakan untuk bisa hamil sampai bisa melahirkan merupakan sesuatu yang sangat mustahil bagiku (katanya tidak ada yang mustahil bagi Tuhan).
    mengikuti program yang berulang kali apakah ada side efek nya selain biaya yang tidak sedikit,kemungkinan ada.
    Sejak nikah, suami sesungguhnya tidak ada memaksakan saya harus hamil,dan saya juga tidak pernah serius untuk berobat ke dokter kandungan, tapi mengapa akhirnya saya jadi serius lalu ke dokter ? mengapa ? karena saya di kejutkan dengan sekeliling kami yang terus mengeluarkan kata-kata,sindiran yang sangat
    menyakitkan, menusuk jantung seakan-akan saya tak layak
    menjadi wanita,(seharusnya mereka bersyukur diberikan Tuhan dapat hamil alami tanpa kesulitan juga telah dianugrahi anak-anak yang sehat2 yang cantik2), dalam hal ini sulit sekali untuk tidak menjadi pikiran.
    Lia,bagaimana pendapatmu dalam hal ini, apakah saya harus terus berjuang untuk dapat hamil sampai melahirkan yang menurut saya sesuatu hal yang teramat sulit dan hampir tak mungkin terjadi, bagaimana jawaban Lia tentang hal ini ? thanks

  19. Lia

    To : Imel (tolong kasih tau ya aku musti panggil apa?hehe…

    Sebelumnya aku ucapin salut buat (kak, mbak, atau ci??) imel yang semangat banget untuk terus coba ikut BT sampe penasaran,hehe…Dokter bilang mereka optimis bisa berhasil, tapi apa kak imel bener2 optimis juga bisa berhasil? Memang bener semuanya tergantung Tuhan, udah ngasih kesempatan atau belum. Tapi sebagai manusia yang udah berusaha, Tuhan pasti punya rencana yang kita sndr nggak tau itu apa. Tergantung, apa kita percaya sama nasib itu? Maksudnya nasib itu, apa “Tuhan memang sudah menakdirkan untuk sulit punya momongan” ya? Kalo misalnya yang ada di pikiran kak imel itu, nanti itu bakalan jadi sugesti negatif dalam diri sendiri yang malah bisa ngebawa apa yang dilakuin jadi negatif. Intinya adalah harus tetep positif thinking n optimis sama yang dijalani sekarang. Kalo kak imel yakin akan berhasil, pasti emosi yang ada dalam diri kak imel jadi positif juga. Kalo perasaan takut gagal pasti semua yang ikut BT ngalamin, tapi saran aku adalah berusaha untuk ngelawan ketakutan itu. Kalo kita semakin menghindari ketakutan, maka kita akan semakin tenggelam dalam ketakutan itu n bisa malah menjadi2 nanti takutnya. Kita nggak pernah tau apa yang bakal terjadi besok, jadi jalani aja dengan usaha dan doa. Yang penting optimis n tetep positif thinking aja ya…Btw, kasusnya sama kayak ci2 ku yang juga harus BT karna masalah sperma suami…Kalo ada yg msh blm jelas, tanya lagi aja ya gpp,hehe…Btw mau pindah ke “dukungan dari lia” juga boleh supaya bisa share juga sm temen yg laennya,hehe…

  20. Lia

    To: kak Yati..

    Thanks ya atas kepercayaannya ke aku untuk ngasih pendapat. kak yati udah pernah hamil sampai 7 minggu, tapi kenapa ngerasa kalo untuk punya anak sulit dan hampir tidak mungkin terjadi? Apa pada saat hamil, kak yati terlalu stress atau takut bakal terjadi apa2? kalo iya, mungkin itu bisa jadi penyebab secara psikologis terjadinya keguguran juga. karna apa yang kita pikirikan akan mempengaruhi apa yang kita lakukan, itu akan terjadi di luar kesadaran kita. Sebenernya, aku mau tanya lagi, yang kak yati maksud mustahil itu karna apa? Apa yang bikin kak Yati malah jadi plong setelah gagal waktu BT yang ke-5? Efek samping secara psikologisnya adalah kecemasan yang berlebihan, rasa takut, rasa bersalah, dan bisa stress. Kalo terus2an, nanti bisa mengganggu buat kesehatan fisik juga. karna dalam diri kita itu terdiri dari body n soul. Jadi kalo kita stress, kita membuka pintu untuk semua jenis penyakit. Nanti yang nggak ada, bisa jadi ada.

    Masalah desakan atau tekanan dari luar, aku saranin kak yati untuk nggak terlalu mikirin itu. banyak orang2 di luar sana yang suka sekali membicarakan kejelekan orang lain, tapi nggak pernah mau mengerti apa yang sebenernya dirasakan orang itu. pada saat orang2 ngomong gitu, mereka pasti nggak pernah mikir, kenapa kak yati bisa sulit buat punya momongan. Mereka hanya suka aja memojokkan untuk kepuasan pribadi. Jangan dengarkan orang2 yang akan menjatuhkan kak yati, tapi dengarkan dukungan yang di kasih buat kak yati. Suami kak yati aka oke2 aja dgn kondisi spt ini, karna dia ngerti gmn keadaan yg sebenarnya n gmn perasaan kak yati sbnrnya. Mereka yg mencela itu nggak tau apa yg terjadi sbnrnya n mereka juga nggak mau tau. Kalo mrka ngomongin kak Yati, anggep aja itu urusan mereka, karna mereka yang ngomong pake mulut mereka sendiri. Kita nggak pernah tau apa yang terjadi besok. kalo nanti kak yati hamil n punya momongan (amin…), toh mereka juga nggak perduli lagi sama apa yang pernah mereka omongin. jadi jangan jadiin tekanan dari luar itu sebagai beban yang berat ya…masih banyak orang2 yang mendukung, ada suami, teman, sahabat, orang tua…Pikirin aja betapa berartinya dukungan mereka yang bisa bikin kak yati smkn optimis. Aku juga menyarankan untuk kak yati supaya lebih optimis, positif thinking n percaya diri. jangan lupa berdoa terus n bersyukur atas apa yang udah diperoleh. Kak yati harus merasa beruntung daripada temen yang laen, yang mungkin nggak bisa punya momongan secara normal tapi nggak bisa berbuat apa2, yang gak punya biaya, nggak ada dukungan atau krn alasan lain. Kak yati udah pernah hamil, jadi kemungkinan untuk hamil lagi ada. Optimis ya, semuanya pasti akan lebih baik. jangan berpikiran yang negatif2, dan tetep semangat ya….kalo ada yang blm jelas boleh ditanyakan lagi, aku siap membantu…

  21. olip

    hi Lia, duh lutu na nih anak hihi setahuku kalo di Indonesia ga boleh pake donor sperma or donor telur (melanggar kode etik katenye, MUI jg tdk membolehkan cara ini), trus sebelum masuk program suami istri tanda tangan surat perjanjian dg tim dokter pihak RS, tp pas aq ikut di harkit kmrn kayaknya prosedurnya masi longgar banget jd ga ada syarat pake akte nikah / bukti bahwa ybs adalah suami istri yg sah, nah kl di luar negeri ada yg membolehkan ada jg jg yg melarang, spt yg aq baca di sindo kmrn India, bole2 aja pake donor baik sperma or telur malah membolehkan menyewakan rahim seseorang untuk embrio pasangan lain…

    btw Lia…mo konsul ni, kadang2 aq ada rasa bersalah ke suami karena kesulitan punya anak ada pada pihakku, jadi beban gt.. trus kadang perna terlintas di pikiranku membiarkan suami kawin lg ama org lain (jelek bgt ya pikiranku), normal ga ya Lia pikiran kayak gt??

  22. Fenny

    hi Lia,
    aku seneng d bisa baca advise kamu soal psikologis BT. Soalnya aku juga ngalami hal yang dialami oleh Imel / Yati dll yang pernah gagal dalam BT. Aku juga skrg lg BT yang ke2, dan masih deg2an dengan hasilnya apakah berhasil apa tidak, karena bsk baru test urinenya. Mudah2an berhasil ya. wah selama menunggu inilah yang bikin aku jadi cemas dan takut kalo2 gagal lagi, sampe2 aku ga bisa tidur tenang. kalo sampe gagal, berarti aku da ngecewain suami dan keluarga yang sedang berharap kehamilan aku ini…kemarin sampe2 aku teriak2 di mobil sendirian, sambil menyakinkan diri, kalo aku itu pasti hamil kali ini(sampe berkali2) ya lumayan, akhirnya aku bisa lebih nyaman dan plong hatiku, rasanya jadi lebih yakin aja kalo aku bisa hamil. Soalnya dah 8 thn pernikahanku, tapi belum pernah hamil sama sekali. makanya kalo sampe nanti aku bisa hamil, pasti bukan aku saja yang akan merasakan kebahagian itu, tapi semua keluarga dan suamiku sangat bahagia juga.
    Menunggu 14 hr untuk mengetahui hasil apakah positif atau tidak, rasanya lama sekali ya..tapi seharusnya aku ga boleh merasakan itu waktu yang lama ya dibandingkan aku yang sudah menunggu datangnya kehamilan dari 8 thn menikah ini. selama menunggu 14hr ini, tiap hari aku BAK, selalu aku khwatir, aduh jangan sampe ada keluar bercak darah ya…aduh jgn mens ya..aduh inilah..itulah..tiap kali ngerasa aduh kok sakit pinggang ya..jgn2 dah mau mens ne..eh..pikirannya jadi takut mulu…Aduh deg2an ne..doain dong semoga hasilnya besok positif ya…..

  23. itha

    hi Olip… pakabr ikut nimbrung dong…
    kok kamu seperti suami ku aja deh… kalo aku lagi bad mood, suami ketularan juga deh shg kadang2 omongan yang ngak perlu diucapin akhirnya diucapkan gitu.. dalam hal ini Suamiku kan yg bermasalah shg dia merasa kasian ma aku palagi usia kita beda jauh 14 thn.
    Reaksi ku saat itu lebih baik diam aja…krn aku tahu itu bukan perkataan benar2 dari hati nya…itu semua krn menyesali/ emosi sesaat aja. Kalo menurt ku sih aku ngak setuju loh ma kamu lip, krn aku ngerasain yg suami km rasakan saat kamu ngomong sperti itu…, kita khan menikah bukan karena anak, tapi krn komitmen saling mencintai, ANAK itu mnrtku BONUS dan HADIAH atas proses cinta kita thd pasangan.
    Sebaiknya kita sangat mensyukuri diberikan suami/istri yang setia dan mau mengerti kondisi kita apa adanya…

  24. Lia

    Hi mbak olip…Iya neh, aku nggak ngerti soalnya tentang BT, maklum masih cupu,haha… Aku juga udah baca yang di Sindo. Kalo yang rahim pinjaman itu setau aku emang ada, namanya surrogate mother.

    Rasa bersalah itu masih normal kok mbak..Pasti nggak hanya mbak aja yang berpikiran kayak gitu. Mbak berpikiran kayak gitu karna ngerasa jalan keluar yang baik adalah itu di mata mbak, tapi blm tentu di mata suami. Kalo aku saranin, jangan sampai berpikiran kayak gitu terus, karna suami bisa kecewa lho nanti. Toh selama ini kan suami udah nerima mbak apa adanya. Mungkin hanya perasaan mbak aja yang ngerasa kalo suami mbak nggak bahagia karna nggak punya momongan. Belum tentu lho, karna apa yang dipikirkan laki2 itu beda banget sama apa yang dipikirin perempuan.Biasanya, kalo suami memang udah sayang, dia nggak akan berpikiran macem2, karna dia pasti udah bisa nerima kelebihan n kekurangan mbak apa adanya, sama seperti mbak nerima suami apa adanya. Dalam pernikahan itu kan juga nggak hanya ada cinta, tapi juga ada komitmen. kalo mbak berpikiran kayak gitu terus, nanti kalo suami tahu, dia malah bisa marah lho. Karena suami mungkin berpikiran kalo dia nggak bisa membuat mbak olip ngerasa nyaman dengan kondisi mbak seperti itu. Kalo cowok itu berpikir lebih rasional dan menilai sesuatu dengan prestasi. Kalo mbak bilang gitu nanti suami bisa berpikiran kalo dia gagal sebagai suami. Beda banget sama cewek yang selalu memikirkan perasaan.

    Kalo misalnya ada sesuatu yang mengganjal di hati, ada baiknya diomongin sama suami, tapi saaat moment yang tepat ya. Misalnya pas lagi nyantai atau lagi nggak ada kerjaan. Karna laki2 itu nggak bisa fokus pada 2 hal sekaligus, jadi kalo lagi ada masalah sama kerjaan atau mslh yang lain, mending diomongin nanti pada saat yg lebih tepat. makanya kenapa laki2 terlihat tidak mendengarkan perempuan ngomong waktu dia lagi baca koran atau ngapain,hehe….
    Buat referensi, kalo ada waktu mbak bisa baca buku mars n venus. Dengan baca buku itu, mbak bisa lebih memahami bgm laki2 n perempuan itu berbeda n apa yang seharusnya dilakukan,hehe…

    Semoga membantu ya mbak…kalo ada yang masih belum jelas silakan ditanyakan lagi..hehe…

  25. Lia

    Hallo kak Fenny…Sblmnya, aku doakan semoga bsk hasilnya positif ya…Amin…Setiap orang yang ikut BT pasti deg2an n ada perasaan takut nungguin hasilnya. Itu wajar kok, cuma aku harap jangan berlebihan ya…Soalnya nanti malah bikin kak fenny jadi tegang. Kalo tegang nanti kondisi fisik bisa menurun yang nanti bisa berdampak nggak baik buat kesehatan. mudah2an nggak ya…Yang kak fenny lakuin itu udah bagus baget, udah bisa bikin diri kak fenny jadi tenang dengan sugesti2 yang positif. Memang seharusnya begitu, tetep tenang n yakin aja ya…Bnr juga apa yang kak fenny bilang, jangan menganggap waktu 14 hari itu lama, karna selama ini kak fenny udah nunggu 8 taon n jauh lebih lama lagi. Pokoknya saran aku, jangan takut secara berlebihan aja ya…Kan tinggal 1 hari lagi. Nanti kalo positif juga kan, kak fenny musti ngejalanin hari2 dengan tetep optimis n positif thinking karna perjuangan masih cukup panjang,hehe…Pokoknya optimis n berdoa aja terus ya. Tuhan pasti mengabulkan doa2 orang yang percaya pada-Nya,hehe….Amin….

  26. Lia

    Hai kak itha, salam kenal ya…hehe…Bener banget apa yang kak itha bilang, aku setuju. Namanya juga manusia, ada saatnya capek n mungkin ada tekanan dari luar yang nggak di ceritain juga sama suami. Sebagai pasangan, kalo suami lagi dlm kondisi seperti itu, ada baiknya kita lebih memberikan dukungan n memperkuat kepercayaan diri dia kalo hubungan yang dijalani itu tulus dan mau menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bener juga tuh kalo menghadapi suami yang lagi Bete atau emosi, sebaiknya diem dulu sampai emosinya reda. Laki2 biasanya butuh waktu buat dirinya sendiri dulu buat dia berpikir atau menenangkan hati, misalnya dengan tidur, nonton atau yang lain. Nanti kalo mood nya udah balik lagi, pasti keadaan jadi biasa lagi kok.hehe…

  27. Lia

    To : Kak Yati

    Sama2, semoga saran aku bisa membantu ya…kalo ada yang blm dimengerti atau ada pendapat yang beda sama aku, silakan ya…aku terbuka kok,hehe…

  28. olip

    to Lia…trims masukannya, tar ku cari buku itu jd penasaran
    to Itha…iya nih aq gampang ga enakan ama org termasuk suami ndiri, palagi tipe suamiku org nya yg suka planning2 ms depan, aq jd ngerasa menghancurkan planning2 indahnya…

  29. olip

    jeng yati&imel, kalian beruntung bisa & berani mencoba program ini mpe berkali2, tdk semua org (trutama aq) bisa spt itu, trutama dg budget yg segitu hrs berpikir 2x & bener2 diplanning ‘sesiap’ munkin, jd kalian jg meng-inspirasi kami yg mau mencoba kedua kalinya, walopun efek ‘candu’ juga kurasakan, apalagi dokter bilang..kansnya untuk ikut yg keduakalinya untuk berhasil tinggi..

    btw buat Lia, ‘kecanduan’ spt itu positip ga? kykny
    aq belum menemukan solusinya nih

  30. Lia

    Hai mbak olip…Kalo menurut aku, seprertinya ini bukan kecanduan dalam arti sebenernya deh,hehe…Kalo kcanduan itu kan tanda2nya sesuatu itu menguasai pikiran kita terus menerus n segala sesuatu atau sepanjang waktu yg kita lakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan akan itu. Emank sampe begitu?hehe…Pengen terus-terusan BT itu karna ada penguatan dari dokter yang blg kalo kmungkinan selanjutnya berhasil lebih besar. Setiap hal yang kita lakukan dan mendapat penguatan pasti akan cenderung dilakukan lagi..Justru kalo masih ada semangat n motivasi buat program lagi malah bagus donk, artinya nggak hopeless, masih yakin kalo ada kemungkinan. Selama ngerasa masih mampu buat berhasil, why not…

  31. yati

    Hi,Olip & Lia
    ada kalimat yg saya kutip dari sebuah majalah :
    ” KEGAGALAN ADALAH INDUK DARI KESUKSESAN ”
    Setelah mengalami kegagalan, segera bangkit.
    Renungkan dan pelajari kesalahan yang anda buat.faktor-faktor apa yang menjadi penyebabnya.

    Karena kesalah2an tsb , makanya saya terus berusaha memperbaikinya.namun apakah kesalahan itu sebagai penyebabnya?
    masih misteri tetapi diluar dari itu seolah membuat kita jadi
    suatu pelajaran agar tidak mengulangi lagi.
    contohnya:makanan, ternyata ada makanan yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, mungkin tidak semua obat/suplement boleh dikomsumsi,mungkin penyebab gugur.
    Saya terlalu banyak bergerak , harusnya banyak istirahat
    (kedatangan tamu yang terlalu lama, kita tidak terbuka pada
    mereka bahwa kita butuh istirahat karena sedang menjalaniprogram/ET)
    Namun dari semuanya itu, faktor keberuntungan (hoki) juga belum berpihak pada saya, bahkan rasanya kok selalu apes, ada da aja hal yang tak diingini menghampiri.
    oleh karena itu saya selalu berusaha agar dapat program lagi (bersyukur juga akan rezeki dariNya),
    kami terpaksa tunda traveling hanya karena ingin program dan
    program lagi.
    Saya setuju Olip mau program untuk yang kedua kali,semoga kali
    keberuntungan (hoki) berpihak padamu,kamu berhasil positif hamil sampai melahirkan, banyak berdoa.

  32. olip

    to jeng Yati: trimakasih atas dukungannya, emang buanyak godaan ya abis ET, aq jg mengalami kejadian yg menyebabkan kita jd kurang istirahat (boro2 bedrest), trus yg kena demam lah, flu lah, batuk lah, diare lah, pokoknya hrs diambil hikmahnya & di kesempatan berikutnya moga lebih fight, ok

  33. Lia

    Hai kak yati & Olip Memang kegagalan itu sebaiknya dijadiin sebagai bahan evaluasi untuk ke depannya lagi. Tapi kita juga harus yakin kalo kita pasti bisa. Bikin mind set dalam diri kalo apa yang kita lakukan pasti akan berhasil. Seperti yang uda pernah kita bahas, dalam buku the secret kan juga dibilangnya gitu. Pikirkanlah apa yang anda inginkan, jangan pikirkan apa yang tidak anda inginkan, karna apa yang anda pikirkan akan datang kepada anda. Kurang lebih sih kayak gitu…Kalo uda optimis, jangan biarkan rasa takut atau pesimis datang n menguasai diri kita. Awalnya pasti agak susah untuk dilakuin, tapi kalo kita belajar, pasti lama2 aka bisa. Kan ada pepatah yang bilang bisa karna biasa, practice make perfect,hehe….

  34. moena

    Dear Lia,

    Met kenal, need ur advice aku baru selesai program BT dan hasilnya masih waiting list seminggu lagi, selama menunggu hasil yg 14hari serasa sebulan diriku tiap malam sebelum tidur selalu membuat khayalan sudah HAMIL (kira2 aku sd stress berkepanjangan atau terlalu positive thinking? bedanyakan tipis ya hihihi).
    Tapi kalo sdh pagi ya seperti mba Therez periksa underware ada flek apa gak, perut sakit dikit agak cemas.. termasuk katagori stress kah?

    I wish all mom to be berhasil semua program BTnya ya.
    Semangant, ciayooo

  35. Rini

    Dear Lia

    Met kenal,sdh hampir 2 th ya Lia sharing ttg bayi tabung, gmn kabar sekarang?..saya sdh nikah selamaa 6,5th..setelah sekian lama baru bergabung krn sy baru merasakan gagalnya ikut program bayi tabung 2 minggu yang lalu..sedih bgt rasanya walaupun sebenarnya sebelum mulai program udah baca2 kemungkinan hanya 30% kberhasilannya..sekarang sedang menata hati supaya tidak berlarut2 ksedihannya,berat sekali untuk meyakinkan diri hrs menerima & yakin bhw kita akan mendapat yg lebih baik..walaupun dg tertatih-tatih sy berusaha untuk bangkit lg sambil tetap berdoa..

  36. choirul bariah

    hai lia,salam kenal.li doain aku ya 4hari lg mau cek tes kehamilan.thanks bgt kamu udah jawab keluhan teman2 yg udah sheering ke kamu,jd aku nggak mesti curhat krn apa yg di rasakankan teman2 kayanya sama terjadi pd aku jd aku lebih positif thinking aja tiap hari yg aku lewati selama menunggu tgl 29juni.mudah2 aku dapat bayi kembar ya li.

  37. ari

    @ All

    Alhamdulillah, ketemu juga sharing tentang kegagalan bayi tabung… Terima kasih Lia… sungguh menguatkan… Buat semuanya… SEMANGAT….

  38. Mommy 2B

    Dear All,

    Sekedar sharring … saya yakin “sedekah” akan meningkatkan keberhasilan BT (sekalipun). Anak = rejeki kan … cobain aja … semampunya sesering mungkin … aku sih coba itu juga … dan yakin …

    Ya …

    🙂

    Salam,

  39. tini

    Hai Mommy salam kenal….
    Emang benar apa yg kamu katakan,klo sedekah akan meningkatkan keberhasilan BT,aku sendiri pernahmengalami itu….setelah kegagalanku di BT yg pertama jg dua kali tawing yg gagal aku jd merenung dan bertanya ke diri sendiri apa yg kurang dgn diriku YA ALLAH….apa yg salah….dan akhirnya aku mendapat jawaban bahwa selama ini aku kurang mensyukuri apa yg telah di berikan ALLAH SWT kpdku dan kel ku…Akhirnya aku wujudkan rasa syukur itu dgn bersedekah semampu yg aku bs lakukan…Alhamdulillah hasilnya programku berjalan lancar semua sesuai rencana dan seolah aku mendapat kekuatan yg entah dr mana datangnya sehingga aku dpt menjalani programku dgn tenang dan iklas. Sekarang aku hamil 27 mggu kembar,kehamilanku lancar dan babyku jg sehat,Subhaallah…Alhamdulillah…. Semoga ALLAH SWT selalu mencurahkan Rahmat dan Rizkinya untuk kita semua….AMMMIINNN….. Untuk teman2 yg masih berjuang jgn putus asa ya Allah pasti mendengarkan doa kita…..

  40. Mommy 2B

    Hellow Tini,

    Iya … aduh senengnya baca comment kamu di atas. Iya Alhamdulillah, semoga kedua bayinya lahir sehat, sempurna, dan tumbuh menjadi anak2 yang shaleh yang membawa kebaikan pada ummat manusia :p (harus lebih hebat dari generasi sebelumnya).

    Ini juga aku menunggu tgl 7 besok, semoga Allah Mengabulkan hajat ku juga dalam memperoleh keturunan. Ini program bayi tabungku yang pertama, semoga langsung berhasil. Allah lah yang Maha Tahu yang terbaik buat kita ya … Amiin …

    Yang jelas Allah itu BAIK …

    Tini, in e-mailku: millah.bahari@yahoo.com (kirim aku e-mail ya) …

    Salam Persaudaraan buat semua,

    Mommy@B (This is my pray). Amiiin …

  41. tini

    Hai Mommy…..

    Aminn terima kasih atas doanya…..
    Keep positif thinking ke Allah dan ke diri sendiri…Allah pasti mengabulkan doa dan perjuangan kita dan Allah maha tau kapan waktu yg terbaik bt kita….

    Oiya kamu program di mana ?
    Semoga smuanya dan lancar dan berhasil seperti yg kamu harapkan….Amiiinnn…
    Insyaallah aku akan kirim e-mail ke kamu secepatnya…..Goodluck……

  42. Mommy 2B

    Tini,

    Aku program di BIC Morula dengan Teamnya Dr. Ivan Sini … aku short protocol, mulai program, hari pertama suntik Gonal F 300 iu tgl 11 Agustus (H1), H10 suntik Ovidrel, H11 OPU (dapat 3 telur, Alhamdulillah bisa dibuahi semua), H13 ET (tgl. 24 Aug kemarin). Test BHCG dijadwalkan tgl 7 Sept besok. Usiaku 38 th.

    Iya … amiiiin …

    (Aku tunggu e-mailnya) …

  43. rin

    Mommy 2B,

    Semoga berhasil yah. Abis biaya brp utk short protocol? Aku nanti nyusul abis lebaran dg dokter yang sama.

  44. Mommy2B

    @Rin,

    Amiiin, tq doanya (2 you 2), sampai hari ini aku dah hitung, di luar ongkos taxi ya 🙂 totalnya 62,159,700 tapi sebenernya bisa lebih sedikit. Aku kelebihan beli Gonal F 600 iu (sayang sih kebuang :() … aku lupa nawarin di sini (keburu dah harus dibuang, kan dah di oplos dar tgl 18 Agustus, paling lama 2 minggu kata Dr. Agustine). Harga Gonal F yang kebuang 600 iu sekitar 4 jutaan lah itu buatku kan sekali suntik @300 iu, buat 2 hari – waktu itu aku beli yang 1200 iu dengan perkiraan aku sendiri bahwa suntik Gonalku akan sekitar 12 hari 🙂 … kayaknya rata-ratanya segitu 🙂 dengan dosis 300 iu/suntikan. Jadi harusnya total biaya 58 jutaan lah … gitu … 🙂 …

    @Tini,

    Iya amiiiin … shall be a GOOD NEWS ;p … Insya Allah …

    Salam,

  45. rin

    Mommy 2B,

    Gimana caranya ya biar beli obatnya gak kelebihan? Belinya per dus gitu yah, bukan per satuan? Btw, nyuntik sendiri di rumah atau di BIC?

  46. Mommy2B

    Hei Rin,

    Kan di BIC morula tersedia Gonal F, dalam ukuran 900 iu (IDR 7,402,000), terus yang 1200 iu (IDR 8,580,000). Ada juga yang ketengan per ampul = 75 iu. Berarti kalau yang per sekali suntik resepnya 300 iu kan harus 4 ampul waktu itu jatuhnya lebih mahal (untuk 2 kali tuh kalau gak salah totalnya plus Ovidrell untuk 2 x suntikan IDR 5,600,000.

    Waktu suntikan H7 aku sempet ragu, either beli ketengan atau beli yang 1200 untuk 4 kali suntik, yang jatuhnya lebih murah kan. Sementara, gak ada kepastian juga sih, berapa kali kita harus suntik Gonalnya, tergantung dari keadaan telur2 kita. Karena selama proses suntik Gonal kan kita dipantau terus oleh dokter, hanya saja kadang pertumbuhan telur itu “unpredictable”.

    Kadang pertama mereka “nyantai” mode on 🙂 …. eh … tau-2 2 hari kemudian … membesar … kasusku kemarin, dalam 2 hari ukuran telur2 ku membesar pada 2 x lipat dari sebelumnya. Gitu …

    Waktu itu sih feelingku bilang: Beli yang ketengan aja … tapi akunya yang akhirnya memutuskan untuk gak ikuti kata hati … hehehe … jadi caranya: “Dengerin dan ikutin kata hati aja” … 🙂 …

    Yah semoga … kalau kita ikhlaskan … semua biaya yang sudah kita keluarkan untuk proses bayi tabung ini, meski ada yang seolah “terbuang”, menjadi sedekah buat diri kita sendiri di mata Allah ya … 🙂 …

    Chayooo … Waktu itu aku gak berani nyuntik sendiri hehehe … jadi tiap hari bolak-balik ke either UGD Bunda atau ke Morula, soalnya jadwal suntikku kan jam 7 malam dan harus selalu pada jam yang sama. Gitu Rin …

    Salam,

  47. Mommy2B

    Rin,

    Eh sowwy salah … bukan plus ovidrell, tapi plus Cetrotide (suntikan penahan agar sel telur yang sudah mateng gak lepas duluan dari follikle), rata2 4 x suntikkan barengan Gonal F di akhir2 masa sebelum OPU, sebelum akhirnya mereka di OPU)… kalau yang ini harganya hanya IDR 600,000 an sekali suntik.

    Kalau Ovidrell biasanya satu kali suntik setelah Gonal F dan Cetrotide-nya di hentikan karena dianggap sudah cukup ukuran dan mateng, fungsinya sebagai pemecah telur, ini kalau gak salah 250 iu, harganya IDR 750 an aja …

    Good Luck ya …

    Salam,

  48. rin

    Mommy 2B,

    Makasih atas penjelasannya. Soal jadwal suntik, kok kamu bisa jam 7 malam? Biasanya kan pagi yah? Btw, semoga hari ini ada kabar bagus yah 😀

  49. tini

    Hai Mommy….gmn kabarnya nich ? Gmn hasil testnya hari ini,semoga sesuai dgn yg kita harapkan…. Amiinnn….

    Oiya beberapa hari yg lalu aku kirim email ke kamu tp kok ga ada respon….???

  50. Mommy2B

    @Rin,

    Iya … maklum kuli … hehe … jadi pulang kantor. Biar gak masih “ngos-ngosan” pas suntiknya (soal sampai sebelum ET aku masih nyetir sendiri :p), aku minta malam aja jam 7 malam, kata Dr. waktu itu, gak masalah asal harus tetep aja waktunya … gitu …

    @Tini,

    Oya? Sowwy, bentar aku cek ke Yahoo ya … hehehe … pasti aku respon 🙂 … thank you doanyaaaa …

    @Rin dan Tini,

    Tadi pagi kan jam 9 an … aku test urin (Test hamil) dan ambil darah (BHCG). Jam 11.30 ada sms dari Dr. Agustin: “Positif ya Bu, awal yang baik. Mudah2 an hasil darahnya juga bagus.”

    All,

    Alhamdulillah aku POSITIVE!!! Doakan lancar sampai lahiran … amiiiin … thanks atas doanya yaaaa …

    @Tini

    The power of sedekah kembali terbukti 🙂 Subhanallah …
    Salam,

  51. rin

    Mommy,

    Congrats yah 😀 Bikin aku tambah semangat ikut program.
    Selain sedekah, kamu ikut akupuntur jugakah? Di mana? Aku biasa akup di tempat Ibu Sri di daerah Antasari. Tapi beliau sering keluar kota gitu. Jadi pengen cari tempat lain.

  52. Mommy2B

    @Rin

    Iya … semangat dan penuh harap dooong … 🙂 … aku gak ikut akup.

    Tapi, dari mulai suntik Gonal, aku bener2 ikutin the does and donts yang dari BIC. Literally!!! Tiap hari aku makan ikan salmon, minum air 3 liter (diusahakan min 1 liter/day), makan telur ayam kampung 4 butir per hari (kadang aku makan putihnya aja kadang aku makan plus merahnya), terus minum susu Dancow 2 gelas sehari (setelah ET baru ganti susu hamil rasa coklat :). Makan sayur, tiap hari aku makan capcay tanpa MSG (pesennya selalu begitu, biarpun kayaknya MSG nya selalu masih berasa :(), minum jus jambu batu merah (menurut penelitian kadar serat dan Vit C nya terbaik). Tidak minum teh dan kopi (padahal aku termasuk coffee addict – dulu sehari waktu aku kerja di PWC aku minum 12 cangkitr/day!!! Latelly 2 cangkir di kantor – aku STOP bener2).

    Untuk mengendalikan stress (terutama paska ET), tiap hari aku meditasi, minimal 3 jam, pagi, siang dan sore (kebetulan aku bisa ambil cuti after ET – 10 harian – di rumah aja … nonton, dengerin musik, makan, santaiiiii … 🙂 …

    Gitu …

    Semangat Rin … 🙂 …

    Do the best aja … kalau kita merasa dah melakukannya dengan maksimal, akan membuat kita lebih tenang dalam menjalani programnya …

    Salam sukses buatmu ya …

  53. Mommy2B

    @Rin,

    Tapi kalau kamu bisa ikut akup dan menurut kata hati kamu itu baik (aku juga yakin tapi kemarin gak sempet). Iya ikut akup aja juga … tapi jangan lupa diet nya … karena ibarat membangun rumah … Ginal F dan kawan-kawan (termasuk akup – memperlancar peredaran darah kan intinya) kan ibarat “Tukang” nya aja … sementara matrialnya kan dari apa2 yang kita makan dan minum (ditentukkan diet kita)…

    Gitu …

    Salam,

  54. rin

    Thanx Mommy,

    I’ll do the best. Akup ndak masalah. Makan ikan dan telur gak masalah. Yang susah itu makan sayur 😛

    Jangan bosen2 share ya Mom, semoga kehamilannya berjalan lancar. Ntar kalo dah ikut program aku nanya2 lg deh. Apalagi dr kita sama (aku dah 2 th ikut dokter ini). O ya, kamu punya FB ndak?

  55. Mommy2B

    Rin,

    Sama-sama 🙂 … iya … dipaksain makan sayur, karena Vit juga diperluin dalam proses ini … yang sabar makan sayur yaaah 🙂 …

    Oya dah 2 th sama Dr. Ivan (aku nge-fans banget ama beliau) 🙂 … orangnya “melegakan” … kalau ngomong, kata2: “Never mind” … “wonderfull” sering banget meluncur dari bibirnya … membuat kita berasa “enteng” … hehehe …

    Sip 😀 … anytime Rin … anytime, kalau mau share (dan amin atas do’anya) …

    Ada FB suamiku … gak apa2 ya … add aja dulu (aku lum semper buat FB) … search aja “Ki Ngawur Permana” … hehehe …

    Salam,

  56. rin

    Iya Mom,

    Makanya aku masih betah aja ma tu dr. Dari coba program alami sampai insem 3 kali masih sama dia. Tapi belum ada hasilnya. Makanya dia kasih opsi LO atau BT. Dan aku pilih BT. Berhubung bulan puasa, programnya aku tunda sehabis lebaran saja.

  57. tini

    To Mommy….

    Selamat ya atas kehamilannya semoga lancar ampe melahirkan…..Amiinnn….
    Janji Allah selalu tepat tinggal kita aja yg hrs benar2 meyakininya…..
    OHH… ga masuk ya…ini alamat emailmu kan millah.bahari@yahoo.com ato mkn aku yg salah….

  58. fhie vhie

    buatt mbaa yenni,,
    aq mauu tanyaa proses lengkap pembuatan bayi tabung dongg,, secepatnya yaa ,, buatt tugass biologi ….

    buatt mba liaa,, aku sempet tertarik masukk psikologii,, serru gag sii ??
    aq senengg denger n bantuin temen** mecahin masalahnyaa …

  59. veronica

    Hai semua…lam kenal…
    Aku jg pasien dr.Ivan morula
    Lg nunggu hasil nih mgg dpn
    Duh uda campur aduk perasaannya
    Tidur ga nyenyak, berasa berdebar terus jantungnya,normal ga sih??
    Nafsu makan mulai byk,tp selebihnya ga berasa apa”
    Mau tanya nih buat semuanya yg uda berhasil hamil
    Biasanya kalo tanda” embrio nempel gitu kaya gmn?
    Apa emang pasti keluar flek, pinggang pegel,dll?
    Soalnya aku ga berasa apa” sm skali,jd bingung apa pos hamil ngga
    Mau cb testpack tp kt dr.Agustine jangan soalnya msh terlalu dini
    Nanti malah ga akurat n jd kepikiran
    Thanxx sebelumnya
    Moga” perjuangan ini ga sia” ya
    Semangat!!!

  60. Dewi Anggraini

    Hi semua… Beta HCG hasil testnya baru keluar hari ini !!! HCG = 110, hmmmmmmmm apa senang sekali rasanya padahal saya sudah down banget krn gak ada tanda2 apapun. Akhirnya saya bisa dengan bangga share news ini….setelah beruntun kegagalan yang saya alami. Dokter bilang positive, tapi harus test ulang lagi 2 hari lagi…. Takutnya cetrotide (HCG Shot) nya masih dalam darah saya. Doakan yach…. Buat yang sudah GOAL, congrats yah.

    Oh ya buat Mbak Rin, beli Gonal-F nya bisa 1200 IU atau 900 IU atau ada juga yang 300 IU. Saya sudah 5 kali ikutan BT sih, memang sangat memakan energi dan biaya besar!!. Kalo di Apotik Medika Center langgananku mereka jual Rp. 599.500 ketengannya yang 75 IU, dibandingkan dengan Bunda malahan hampir Rp. 700.000 secara saya memang gak rela membayar lebih kalau obatnya sama.

    Waktu mampir di apotik sana, ternyata banyak ketemu Pasien Bunda yang juga lagi program. Saya juga direkomendasi dokter Bunda sih makanya….. Telpon aja apotiknya nomernya 021-56957.245 atau 021-7020.8551. Semangat kuncinya dan hidup sehat selalu!

    Take care gals……!:)

  61. lala

    selamat ya buat yang sudah berhasil positive hamil..aku ET bln feb kmrn ga berhasil test BhCGnya cuma 60 telat 4hari keluar deh…belum dikasih rejeki momong x ya?mungkin terlalu woried sama kaya yang lainya pasca ET ternyata ga saya aja yang ngalamin ya??Gimana ya caranya biar rilexs & tenang,supaya program ET bisa berhasil??

  62. Salma

    Salam kenal semuanya…
    Saya Salma, baru coba program BT, tapi hasilnya gagal. Kami mencobanya di Thailand. Saya sedih banget, ibu-ibu yang baik…kasih saya support donk. Kami rencana lagi bulan depan. Doakan saya semoga usaha kami berhasil. Thanks

  63. Dian Lestari

    Salma,
    jangan sedih bu….. Semua ada waktu, jika buah itu sudah masak, saya yakin anda pasti dapat menikmati hasilnya. Selagi belum berbuah, anda harus rajin menanam benihnya… Saya terharu dengan perjuangan semua ibu2 di sini. Semua pengorbanan jiwa mental dan perasaan yang sanggup dilakukan dan dilalui ibu2 semua. Semoga akan membawa makna dan jika kita melihat ke belakang, semua hasil jerih payah kita akan terbayar dan membawa kebahagiaan utk kehidupan kita. Kadang2 uang tidak ada artinya, tapi masih mending semua prosedur ini masih bisa dibayarkan dengan uang, walaupun tidak sedikit. Intinya, kita harus tetap berjuang dengan hati yang tegar dan kuat. Saya juga sudah mencoba hampir 10 tahun, dan di saat karir saya sudah di atas, saya merasa semua usaha saya sia-sia karena saya merasa ‘kosong’ seperti kehilangan sesuatu… Masih belum lengkap kalau saya belum mempunyai anak sementara biological clock saya sangat cepat jalannya… sepertinya keberadaan biological clock kerap kali mengingatkan kepada saya bahwa usia saya nambah terus dan telur saya bertambah tua juga. Ada rasa ketakutan di mana telur saya akan ‘habis’ atau kualitasnya sudah tidak bisa diandalkan. Apa gunanya kehebatan saya di corporate world tapi saya tidak bisa mendapatkan yang paling saya dambakan dalam hidup ini. Singkatnya, setelah bergelut dengan dunia infertility, saya banyak belajar untuk lebih bersabar… Salah satu cobaan mungkin untuk saya menjalankan perjalanan panjang untuk mendapatkan anak… Di mana selalu saya berharap untuk mendapatkan cahaya terang di dalam perjalanan saya yang gelap… Dari yg gelap menjadi terang…

    Akhirnya, setelah mencoba insem, dan bayi tabung ke 5 kali, setelah juga saya meninggalkan dunia karir utk berkonsentrasi utk mempunyai anak dan mengejar impian hidup saya, saya berhasillah hamil walau dalam proses itu juga sempat deg-degan. Tapi ternyatan saya diberi berkah kehamilan yang sangat mulus dan tidak ada kebimbangan apapun… Anak yang kulahirkan juga sehat dan pintar…sunguh2 worth it dan akan saya lakukan lagi perjalanan panjang ini jika memang ini yang diinginkanNya….

    Jika biaya menjadi kendala, khususnya utk ibu2 yg merasa berat, sebenarnya simple sih cara menghematnya, biaya yg paling mahal adalah obatnya, yg memakan biaya 20-30 jutaan setiap cycle… Jadi jika teman2 sudah mengerti ini, maka segeralah mencari-cari info di mana teman2 bisa membeli obat2an bayi tabung dengan harga lebih murah. Sharing saya sih belilah di distributornya RS Bunda… di apotik Medika center, telpon 5695.7245 atau 70208551 atau 0813 73454800. Jika sudah membeli sendiri di apotik, otomatis menekan biaya suntik di dokternya karena kita suntik sendiri, karena dokter juga mengenakan biaya suntik dll, belum lagi harga obat di rumah sakit yang berkali kali lipat ganda.

  64. Dian Lestari

    Oh iya, jika dokter tidak ‘open’ dengan calendar, misalnya obat apa yg akan dipakai di hari apa, tanggal berapa, minggu ke berapa, langsung lah minta calendar atau schedule yang jelas kepada dokter tersebut. Perlu diingatkan bahwa dlm proses bayi tabung, kita tidak boleh terburu-buru dan panik, kita harus relax dan santai jadi effortsnya lebih maksimal dan akan bisa mencapai keberhasilan 100%. Semua harus diplanning sampai ke detail list obatnya. Mintalah list obat yang lengkap, karena kalau tiba2 lagi program tapi obatnya habis atau kita harus mencari obatnya di tempat yang cukup jauh sementara di jakarta macetnya parah, dan kita mengejar schedule suntik kita yg harus dilakukan sesuai jamnya, kan repot juga…. Jadinya, menambah stress yg gak perlu….:) Sedangkan biaya program tidak murah, jadi sebaiknya kita pelajarin obat apa aja yg diperlukan dan berapa biaya dan di mana termurah!…:) Semoga bisa membantu temen2… Konsul ke tim specialty medicine di apotik medika center, rekomendasi dari dokter saya dr Ivan di bunda… Thanks -Tari.

  65. maria

    bagaimana saya dapat menjadi ibu pengganti,apakah boleh d indonesia,adakah solusinya jika tdk boleh,smntara saya sngat ingin sekali.jika boleh itu dari luar atau dalam negeri.

Comments are closed.