Estradiol rendah – Sashy

Umur saya 25 tahun , saya menikah pada maret 2011 dan dalam jangka waktu satu tahun saya hamil diluar kandungan sebanyak dua kali dan keduanya menyebabkan saya harus operasi pengangkatan saluran telur (tuba falopi) kanan dan kiri. Harapan untuk hamil normal sudah pasti tidak ada lagi dan itu membuat saya down, sampai saya pernah menyuruh suami untuk menikah lagi.

Akhirnya tahun ini saya mencoba program bayi tabung di salah satu rumah sakit swasta di Denpasar, proses bayi tabung pun dimulai. Setelah beberapa kali suntik Gonal F dan menopur , hasil test estradiol saya dibawah harapan, estradiol saya hanya 596 dari yang seharusnya 2000. Akhirnya dokter menaikkan dosis suntikan saya menjadi 3 Amp Gonal F dan 2 amp Menopur. Saya jadi agak cemas knapa tingkat estradiol saya naiknya tidak begitu banyak setelah beberapa kali suntikan, apakah ini mempengaruhi keberhasilan program bayi tabung ? bagi teman2 yang pernah mengalami masalah yang sama , apakah ada solusi untuk meningkatkan estradiol ? apakah ada makanan yg bisa membantu ? Mohon infonya . Terimakasih

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...

42 thoughts on “Estradiol rendah – Sashy

  1. Lia

    Hai Sashy, estradiol rendah bisa macam2 penyebabnya tapi pengalaman saya sih harus banyak makanan yang mengandung protein tinggi, saya dulu coba pakai whey protein, ada di toko GNC yang jual produk2 kesehatan. Semoga berhasil ya.. GBU

  2. sawitri

    Hai sashy, salam kenal ya…

    Estradiol itu apa ya? Untuk mendeteksi ukuran sel telur kah?
    Saya 2x siklus IVF, saat proses dari awal selalu dianjurkan untuk makan makanan yg tinggi protein. Salah satunya makan putih telur rebus. Sehari minimal 6 butir.
    Eneg? Pasti! Tapi allhamdulillah bikin sel telur saya cepet besar dan matang. Dan sel telur saya yang dipanen pun jumlahnya cukup banyak, walau yg jadi embrio excellent gak banyak.

    Dicoba aja yaa…tp kalau mau lebih yakin sih ya tanya sama dokternya aja. 🙂

    Tetap semangat yaa…

  3. Ade

    Dear all…

    Namaku Ade.. Aku Sudah menikah jalan 3 tahun Dan belum dikaruniai keturunan, aku Sudah ke macam – macam alternatif tapi belum juga di karuniai sang bush hati… Dan taun ini insya Allah bulan April atau may jika Allah mengizinkan aku mau coba bayi tabung dengan dr Muharram di klinik Yasmin…Ada yang Sudah berhasilkah?boleh Minta sarannya biar berjalan lancer, Dan apa same yang harus dipersiapkan, aku Sudah test macem – macem mulai Dari test hsg Kanan non paten, Kanan paten, test histeroterapi ternyata ada polip dan langsung dibersihkan hari itu juga, ada normal, fsh : 7.13, LH : 1.5, amh hari ke 3 hasilnya 5.0 dan hari ke 12 hasilnya 2.21 hasil test suami oligiasthenozoospermia, sudah dari Desember aku dan suami dikasih obat sama dokter,temen2 ada yang punya masalah yang sama tidak? Sebenarnya dokter bilang kalian mau normal bisa asalkan sabaarrr…tapi rasanya dengan kondisi yang ada aku pesimis, dan mau coba bayi tabung aja.. Mohon infonya ya kiat – kiat buat bayi tabung…

  4. Ade

    Dear Mba Sashy,

    Mudah – mudahan semua berjalan lancar ya mba, aku justru lagi deg deg”an.. Karena belum tau apa aja yang harus aku persiapin… Kalo boleh tau berapa kali mba kita bolak balik dokter sampe akhirnya di tanam ke rahim… Maaf ya aku ikutan curhat di atas, aku bingung posting sendiri, udah ke contacs us, di isi semua tapi ga nongol juga curhat aku, hehehee… Semangat ya Mba…

  5. sawitri

    Dear mbak Ade,

    Saya coba bantu jawab ya..
    Yg non patten itu tuba kanan atau kiri? Penyebabnya kata dr Muharram apa?
    Benar yg dikatakan dr. Muharram, kalau yg satu patten, masih bisa jalan normal kok.
    Kalau umur masih dibawah 30, mending dicoba normal aja dulu sampai waktu tertentu. Kalau blm berhasil baru ikut program IVF.

    Proses ivf sendiri dimulai dari hari ke 2 atau 3 menstruasi. Dilihat ukuran sel telur, lalu mulai suntik utk pembesaran sel telur. Ini bisa w hari sekali kontrol utk melihat ukuran sel telur. Dan tiap kontrol ini dosis suntikan bisa ditingkatkan bila sel telur membandel gak mau membesar. Kalau ukuran sel telur sudah mencapai 2.0cm, baru dijadwalkan untuk ovum pick up. Jarak dari opu ke embrio tanam sekitar 3 hari.

    Maaf kl kepanjangan.

  6. Ade

    Dear Mba sawitri….

    Aku sama suami disuruh olah raga yang sering karena dari hasil test darah apanya Gita yang ga bagus itu karena ga pernah olah raga sama sekali… Kiri aku paten nah kanan aku hydrospalinx bilateral.. , kenapa hasil Amh aku itu beda ya hari ke 3 hasilnya 5,0 kali hari ke 12 hasilnya 2.0… Aku juga maunya normal Mba.. Tapi ga sabar rasanya, umurku sekarang 26, tahun ini 27, aku baca – baca banyak yang mereka jalanin bayi tabung Badrest total, selama 1 sampe 2 bulan..rencanaku kali memang aku bayi tabung aku keluar kerja, sayang juga sih,, tapi aku jadi parno kemarin nasabah ku cerita, dia bayi tabung berhasil 2 bulan Badrest nah di bulan k3 rontok karena kerja lagi, memang kandungan orang beda – beda ada yang kuat ada yang lemah,, aku ga tau nih yang mana… Hehehee….

  7. ratna

    Dear ade,
    Sesuai hasil HSG memang yg satu paten,,tp krn ada hidrosalping dua- duanya,,harus bayi tabung mbak.Walaupun umur ade masih muda mending langsung aja bayi tabung, krn semakin muda usia bayi tabung (<30 tahun) keberhasilannya cukup tinggi.Daripada mencoba untuk insem,,atau normal cukup lama dan hanya menghabiskan uang .
    Krn saya sendiri juga punya riwayat hidrosalping bilateral harus dipotong saluran tubanya yg terkena hidrosalping kalau ingin bayi tabung, krn akan meracuni embrio.

    Untuk proses bayi tabung sendiri tidak lama mbak mungkin ade bisa cuti 1,5 bulan saja, untuk bedrest hanya 2 minggu setelah ET. Jadi ndak usah keluar kerja mbak, apa dikantor tidak boleh cuti di luar tanggungan mbak.Ayo ade semangat,,kamu masih muda jangan menunda, selalu berusaha..

  8. Ade

    Dear Mba Ratna,,

    Iya Mba rencananya bulan April atau may ini mau mulai proses bt, tapi dokter ku bilang ga terlalu parah, jadi ga perlu di potong atau dibuang,, nah loh… Gimana jadinya nanti aku bayi tabung ya?! Mba Ratna kemarin bayi tabung dimanja Mba? Apa aja yang harus aku siapkan ya? Katanya orang – orang makan telur putih ya?

  9. sashy

    Dear Mba. Ade,

    Terimakasih doanya mba, akhirnya estradiol saya naik setelah makan putih telur ayam kampung. Saya mulai proses bayi tabung dr tanggal 29 janury 2013 , dan setelah itu setiap hari saya mendapat suntikan gonal F dan menopur. Kira-kira kalo saya ngk salah suntikan terakhir saya terima tanggal 8 february. jadi bisa dihitung kira-kira 8 kali suntikan. harusnya saya hanya mendapat 6 suntikan tapi karen waktu itu estradiolnya masih rendah dan telurnya juga perkembangannya ngk sesuai yang diharapkan ,jadi suntikannya ditambah dua kali lagi dengan dosis yang dinaikkan. setelah USG terakhir akirnya sel telurnya sudah mencapai ukuran yg diinginkan dan estradiol saya naik malah diatas 3000 dan harus dikasi obat lagi karena estradiolnya terlalu tinggi. Tanggal 9 february saya suntik pemecah telur dan tanggal 11 february ovum pick up. Besok tanggal 13 saya process embrio transfer , mohon doanya lagi ya mba :). Ayo kita berjuang sama-sama, semoga apapun usaha yang mba Ade lakukan bisa berhasil dan kita segera dikasi momongan.

  10. ratna

    Dear ade,
    Kalau beberapa kali sy periksa di beberapa dokter memang kalau hidrosalping itu ada cairan yg bisa meracuni janin,,jadi kalau memang mau program apapun , kalau masih ada hidrosalping biasanya akan berisiko pd janin. Jalan satu2nya emang dipotong mbak ade. Soalnya kalau tdk ditangani juga bisa menjadi parah atau akut.Kalau ade masih kurang yakin mending second opini ke doketr lain mengenai hidrosalping.
    Kebetulan kemarin sy program BT di Yogya,,saya cuti 1,5 bulan aja kok,,tp sayang embrionya belum mau menempel. Mungkin taun dpn mau coba lagi.
    Kalau persiapan coba km baca disitus ini pengalaman temen2,, semua sdh sy terapkan banyak manfaatnya..makan putih telur ayam kampung wajib 1 bulan sebelum program sampai setelah et 4-5 bj/hari.Ok ade tetep semangat ya.

  11. Ade

    Dear Mba Sashy,,,

    Oooo..proses Bt seperti itu ya.. Makasih ya Mba buat infonya…. Semangat ya Mba… Mudah – mudahan semua diberikan kelancaran ya Mba… Amiiiinnnnn

    Dear Mba Ratna,,

    Aku tuh bingung Mba sama beberapa dokter,,sebelum ke dokter yang sekarang… Ke dokter pertama dibilang non paten yang kiri,,, ke dokter yang ke dua di bilang normal 2.2nya ga ada masalah nah dokter hsg yang berikutnya bilang yang kiri paten yang kanan hydrospalinx bilateral.. Setelah hasil test aku bawa ke dokterku, dokterku bil gk separah yang di bayangkan dan dipikirkan, kalo aku pribadi udah pasrah mau diapain aja yang penting yang terbaik dan punya beby Mba.. Makanya kemarin aku Fikri terakhir aku mau BT Aja.. Tapi sekarang jadi kepikiran nih,, apa aku minta hsg ulang aja ya di tempat lain buat Mastiin lebih pasti,, kalo dari beberapa kali ke dokter aku paling cocok sama dokterku yang sekarang… Mba Ratna makasih ya buat sarannya.. Minggu ini rencana kontrol.. Aku nanti tanya dokternya lagi deh…

  12. ayu

    Dear all,,
    Haii,,salam kenal buat smua ya namaku ayu aq uda nikah selama 4thn tpi blm dpt baby,,, aq pingin bgt ikutan program BT,tp sblmnya aq butuh info,,,

    Buat smua,,smoga qta smua bisa memperoleh apa yang qta harapkan,, slalu optimis,semngat,usaha dan berdoa,,, 🙂

  13. Ade

    Mba sashy & Mba Ratna….. Mau curhat nih… Telah.. Kayak Mamah dedeh aje nih.. Jadi gini… Aku sekarang lagi sakit dan terdampar dirumah sakit…tapi krn aku kepikiran soal laporoskpi,, akhirnya tepat sama hari k 12 aku, jadwal controlku berangkat deh ke Yasmin… Setelah Nunggu lama sambil tidur2an karena badan udah ga karuan,, kira kira jam 5 di panggilah… Seperti biasa trans v abis itu alhamdulilah … Telurku ukurannya 20.01… Abis itu keluar deh unek2ku sama dokter.. Soal non paten tubaku.. Medan rencana aku bayi tabung di bulan April.. Aku bilang sebenarnya yang beber yang mana, dibilang paten sama dokter 1 dibilang lengkeng yang kiri sama dokter yang ke 2 di bilang yang kanan malah yang masalah sama dokter yang ke 3 (dokter hsg) … Jadi nanti langkah yang diambil pertama adalah…. laparoskopi…. Gk ada bayangan kayak apa.. Diapain,,,pasrahin aja sama dokternya.. Yang jelas dengan itu pasti lebih dan sekalian solusi … Abis itu katanya jeda dulu ya 2 bulanan baru bisa bayi tabung ya… Sekarang aku bisa lebih tenang dan rileks, berhubung telur ayam kampung udah banyak.. Gpp deh lanjutan aja.. Makan telur ayam kampungnya… Hehehee… Semangat… Mudah2an semua lancar yaaa… Doaain ya Mba…

    Dear Mba ayu,,

    Mba rencana mau Kemana? Banyak dokter dokter oke yang aku tau,, kalo di bunda sama dokter Ivan,, masih muda, ramah, kalo di Yasmin kencana bisa sama Dr Muharram, Dr Budi, atau Dr andon,, kemarin kakak sepupuku berhasil sama Dr Budi sekarang usia kandungan 8 bulan, dia udah lama kosong 8 apa 10 tahun Gitu kosongnya,, kalo aku sekarang lagi sama Dr Muharram di klinik Yasmin,, dokternya oke banget kalo buat aku, tapi memang kalo dokter cocok2an… Tapi setahu aku dokter2 yang aku bilang di atas insya Allah baik semua.. Kalo dokter lain aku juga belum tau banyak, biasanya temen2 di sini suka pada bantu kasih info.. Kalo yang aku tau baru itu… Mudah2an bermanfaat ya infonya…

  14. sashy

    dear Mba. Ade,

    Sabar ya mba, sebenernya laparoskopi adalah salah satu tahapan awal prpses bayi tabung. pas tahap seleksi dokter akan melakukan laparoskopi untuk mengetahui detail kondisi organ reproduksi kita yang bisa dilihat lewat usg. jadi kalo sekarang mba ade laparoskopi nanti pas proses bayi tabung, ngk ngulang lsparoskopi lagi. waktu itu saya laparoskopi bulan oktobervpas operasi pengangkatan tuba falopiyg kiri. laparoskopi waktu itu dilakukan dengan mmmasukkan alat yg ada kameranya kedalam organ reproduksi kita, karena dibius jadi saya ngk tau pasti prosesnya. hanya ketika bangun luka bekas laparoskopi seperti 5 titik seukuran ujung pulpen di perut. 4 titik membentuk persegi dan satu lagi di pusar.jadi kalau memang dilakukan laparoskopi akan jelan ketauan kondisi organ reproduksi kita dan akan menjawab semua pertanyaan mba ade selama ini. saya doain laparoskopinya lancar ya mba :).

    sekarang ini saya lgi deg deg an nungguin hasil ET, Masih bedrest dirumah … mohon doanya supaya hasilnya bagus 🙂

  15. nita

    @ ratna,
    kalo bole minta infonya kmrn ikut prog BTnya di Jogja dimana ya mbak? dgn dokter siapa? perkiraan biaya sekitar brp ya? thanks ya sebelumnya..

  16. sawitri

    Ade, jdnya disaranin LO dl ya? Mudah2an LO nya sukses dan gak ditemukan hal yang aneh2 yaa…bulan apa LO? Maret atau april? Boleh kasih saran? Cb ikut akupuntur deh. Cari dokter yg spesialis akupuntur buat kesuburan kaya dr. Loona, Ira, sri atau meyla. Kamu rumah didaerah mana? Krn banyak peserta IVF yg suksea dg dibantu terapi akupuntur. Dokter muharam orangnya enak kok. Cuma agak diam ya?

    Sashy, kapan tes BHCG? Semoga babynya betah ya di rahim 😉 memang, masa 2ww adl masa2 ngeselin yg bikin H2C

    Ayu, info apa yg kamu butuhkan? Kamu tinggal dikota apa sekarang? Kl baca2 disini, sebenernya infonya sdh lengkap. Cuma memang tidak mendetail mengenai harga, obat dan prosedural RSnya. Tp proses IVFnya sendiri pasti sama lah.

  17. ratna

    Dear Nita
    Bayi tabung di Klinik Permata Hati RS Sardjito mbak, dengan dr Showfal Widad, kalau biaya bayi tabung sekitar 40 juta mbak…mbak nita mau coba disana enak kok orangnya ramah2, dokter widad juga bagus,dan ramah..
    Dear mbak Ade
    Ndak usah takut mbak, laparoskopi cuma operasi kecil kok, paling tindakannya hanya 1,5 jam aja dan luka operasinya juga kecil hanya 2 cm aja yg di pusat ,,yang tusukan lainnya cuma kaya pulpen jadi ndak di jahit.
    semoga lancar ya say prosesnya…God Bless you

  18. Sashy

    Hai Teman2, akhirnya kemarin tanggal 26 saya terima hasil test darah yang sudah saya tunggu-tunggu, rasanya mau mati waktu suster telp dan info kalo program bayi tabung saya hasilnya negative alias gagal. tingkat HCG saya sangat rendah cuman 5 . Walaupun dari awal dokter sudah mengingatkan kalau peluangnya 50/50 tapi tetep saja begitu tau hasilnya negative, rasanya dunia runtuh seketika. Semoga temen-temen yang lain berhasil dengan program yang dijalani.

  19. sawitri

    Sashy, i’m so sorry to know that… ;-( *peluk Sashy* yg sabar ya say…btw, kemarin itu dpt brp embrio ya mbak? Ada yg di frozzen kah?

  20. Sashy

    Dear Sawitri,

    Thank you ( hugs) , kmaren dapet 4 embrio, 2 excellent dan 2 good. dimasukin semuanya jadi ngk ada yg difreezing. makanya harus ulang dr awal dan kayaknya blm sanggup lagi untuk biayanya say 🙁

  21. callista

    dear sashy

    salam kenal ya… mei 2012 saya jg smpt ikut bayi tabung dan hslnya negatif n gak ada sisa embrio,,, rasanya memang sedih bgt bahkan gak sanggup ketemu dg siapa2 untungnya atas dukungan suami saya bs bangkit lagi dan skrg lagi program yg kedua. mbak sashy yg sabar ya, Tuhan pasti memberi yg terbaik buat kita.
    mbak sashy program nya d rs apa?

  22. ratna

    Dear nita

    ini email saya esteratna@gmil.com
    silahkan kalau ingin tanya2 saya siap membantu.

    dear sashy,
    Yang sabar ya mbak,,,saya jg pernah mengalami hal yg sama spt mbak,embrio saya waktu itu jg cuma 1 dan gagal menempel, jd hrs ulang BT dr awal.
    Kita tetep hrs bersyukur mbak, krn msh diberikan kesempatan untuk mencoba lagi, apalagi mbak sashy masih muda, masih panjang kesempatannya. tetep semangat ya mbak dan jangan takut untuk mencoba lagi…

  23. sawitri

    Sashy, kejadiannya sama dengan saya waktu pertamakali program IVF. Cuma berhasil 4 embrio : 3 excellent, 1 moderate. Semuanya ditransfer namun tdk ada 1 pun yg menempel ;( bener2 bikin saya down nangis berhari2. Yang sabar ya..banyak2 ibadah dan berdoa biar ttp sabar dan banyakin aktivitas biar gak sedih terus. Kl Tuhan masih memberi izin, mudah2an akan dikasih rezeki buat ulang IVF lg.

  24. Sashy

    Dear Callista,

    Semoga BT yang kedua sukses ya mba. Kemarin saya program di Bali di Klinik Bayi Tabung Bross.

    Dear Sawitri,

    Makasi ya mba supportnya, iya sampe hari ini saya masih ngk bisa berhenti nangis, masih belum bisa terima kok sesusah ini.

  25. callista

    dear sashy

    saya juga pasien klinik bt bross terakhir insem gagal, akhirnya memutuskan bt di srby,, klo di bross mb sashy habis brp?

  26. Sashy

    Dear Callista,

    Di Surabaya di klinik mana mba ? saya juga sempet kepikiran mau coba disurabaya tapi masih banyak pertimbangan coz ngk ada saudara sama sekali disana. Kemarin di Bross saya habis hampir 80 juta mba, makanya nyesek banget rasanya. Mba nanti bagi info ya kalau sudah mulai program di Surabaya sapa tau nanti saya ada rejeki lagi mungkin mau coba disana. Tx

  27. sawitri

    Sashy, kl di surabaya yg nge top itu dg dr aucky di rs siloam. Kl masalah biaya, cb kamu googling dl atau telefon ke rs nya. Mslh tempat tinggal, disekitaran rs banyak kos2an buat pasutri yg ptogram kok. Jd ada maid yg bisa diminta tilong cuci+setrika gt.

  28. pelangi jingga

    dear sashy & callista:
    sy udah 2 kali mencoba di rs siloam namun belum berhasil juga,sekarang sy mau mencoba lagi di klinik bayi tabung bross..sy udah juga laparoscopy ditemukan mild endometriosis semuanya udah dibersihkan..mudah2an jalannya lancar dan berhasil,kalo boleh tau di bross ditangani dokter siapa?trims ya sharingnya..

  29. ade

    Hay..haay… Semuaa.. Maaf baru gabung lagi,, ampun deh, aku bulan feb kemarin kena typus,, 2 minggulah dirawat,, makasih ya buat mba sashy, mba sawitri, sama mba retno saran2 dan motivasi buat aku, semangat rasanya,, aku baru ke dokter kemarin, suami disuruh test sperma lagi soalnya hasil test awal itu kan oligoastheno apa oligoterato gitu aku lupa, nanti kalo udah selesai balik lagi dokter baru mulai deh, jadi blm tau dijadwalin LO kapan.. Kayaknya bulan april atau mei kali ya,, BT nya masih blm tau kapan, kan harus nunggu 2 bulan ya.. Stlh LO.. Cutiku sudah habis di kantor 🙁 udah ga punya cuti tahun ini 🙁 btw aku jd deg2an takut n pesimis akan keberhasilan BT 🙁 aku harus gimana ya? Kalo nanti jadi BT? Apa aja yang harus aku siapin?

    Mba sashy : mbaaaa peyukkk.. Peyukk.. Cini.. Sabaaar ya mba,, tetep semangat, kemarin temen kantorku juga gagal BT dia rencana mau program lagi abis lebarann eh skrg dia positif udh jalan 7 minggu, kuasa ?????? ga ada yang tau ya mba 🙂 mudah2an mba sashy cepet di kasih dede bayi ya, dan di banyakin rezekinya,, amiiin…

  30. pink

    dear sasshy…

    yg sabaaaar yaaa.. aq jg sama sprti kmu, aq jg udh gak ada tuba lg. BT ku baru aja gagal hr minggu kmrn.. Terpukul sangaat psti, mencoba utk sekuat karang yg dterjal ombak tp t’nyata hancur jg.. Nangis bombay sepanjang mlm deh jdnya.. hehe. Rncna mo BT lg juli nti tp msh bingung dmna. soalnya BT ku yg kmrn gak di indo. Tetep semangat yaa, kmu msh muda, msh bnyak kesempatan..

  31. Rena

    Hi Mbak Sasshy ijin gabung ya …saya juga pernah ikut program BT di salah satu rumah sakit swasta di Denpasar yang kebetulan kami tau bekerjasama dengan Dr Aucky Siloam Sby (beliaunya datang ke RS ybs) , Syukur kepada Tuhan program kami berhasil . Semoga Mbak2 lainnya sukses juga ya programnya .

  32. elriyans

    hi all, selama ini silent reader akhirnya g tahan jg gabung hahaha,,,
    aku jg rencana mau bayi tabung nih, umur 28th n uda 1 thn nikah blm d karuniai anak 🙁 bayi tabung d bali ada yg berhasil g yah???
    buat rena, wah dr aucky nya yg datang? d rs mana ren? bagi info donk… trus biaya nya brp? thx u

  33. Rena

    Dear mbak Elriyans …
    Puji syukur Program saya berhasil tahun lalu mbk ,mbk Elriyans tergolong pengantin baru ya , klo bole tau masalahnya apa sehingga memutuskan program BT ? waktu saya Dokter Obygn nya berkoordinasi langsung dengan Dr Aucky saat program , beliau datang jg saat memberikan seminar di RS bersangkutan . untuk biaya sendiri relatif mbk tiap orang beda. Mbknya berdomisili dimana kalo di Denpasar rencananya bulan depan akan diadakan seminar BT lagi klo mbk berkenan datang.

  34. elriyans

    hy mba rena,,,
    ga jg mba uda 1 thn lohhh…. haid saya ga teratur kadang 2 bln 1x… aduhhhh susah yah,,, bln 1 kemarin cek d dr winda rs siloam bali, test hormon, lh nya tinggi makanya g haid2 trus saya dikasi cyclo progynova buat luruhin darah haid n teraturin siklus, febuari obat habis, haid pun datang, cek sel telur hari ke 2 n dikasi profertil 5 biji diminum 1×1 hari ke3 selama % hari and maret datang haid lagi dgn siklus 30 hari,,, lalu hajar profertil lg tp bulan ini ga haid lg 🙁 uda telat 6 hari, wkt telat 4 hari uda testpack tp negativ 🙁 jangan2 kacau lg siklus haid, pdhal saya baca2 cyclo bisa teraturin sampe 3 bln, d saya br aja sebulan uda gini lg… kebetulan wkt trans v bulan feb kata dr telurnya sedikit yg besar 🙁 jd hopeless tiap bulan pas testpack – terus makanya pengen insem atau bt, karena sy sdh ikut suami tinggal d labuan bajo flores, makanya kemarin itu bolak balik terus nalk pesawat periksa di bali, saya blm konsultasi sih sm obygen mengenai bt atau insem,saya dulunya mmg tinggal d bali n masi ada rumah ortu sih d bali sampai sekarang,,, seminar bayi tabung d denpasar ada dr aucky dtg? mbak rena sendiri abis brp? thanks alot yah sebelumnya

  35. Rena

    Dear mbk elriyans …
    Menurut informasi sih Dr Aucky akan datang seperti seminar sebelumnya … yang sabar ya mbk … semoga diberikan jalan keluar yang terbaik oleh Nya . Klo ada facebook bisa sharing di group prima medika ivf club .

  36. elriyans

    Mbak rena, prima medika ivf club nya ga bisa ke open yah???? klo boleh tau infonya kapan yah acara seminarnya? karena saya tinggal d flores sekarang, biaya d bt d prima medika kira2 abis berapa yah?thx u yah mba buat infonya

  37. risty

    Sabar ya mbk sashy ….mungkin lain kali bs nyoba lg semangat terus mb demi sang buah hati optimis suatu saat indah pada waktunya mb o iya kl boleh nanya waktu ikut program bt ikut akumpuntur dl apa ga mb katanya yang udah berhasil si mereka 3 bln akupuntur dl seminggu 2x ,minta doanya ya semua mb mb yg ada di sini saya jg ingin program nanti bulan juli terima kasih tetep semangat saling mendoakan agar berhasil.

  38. Rena

    Ijin menginformasikan kepada teman2 mengenai Seminar Bayi Tabung di RS Prima Medika Dps pada hari minggu tanggal 19 Mei 2013 jam 10.00 – 12.30 wita pembicara DR. Dr. AUCKY HINTING , SpAnd dan Dr. Ilyas Angsar , SpOG (K). Bagi teman2 yang berminat agar mendaftarkan diri & seminar tidak dipungut biaya . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai Program Bayi Tabung . Thx .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*