Endometriosis, Prolaktin dan ASA – Widya

Dear Moms,
Aku sudah banyak mengikuti obrolan disini tapi baru sekarang gabung. Aku 34th suami 38 menikah sudah 9.5th dan belum pernah hamil. Kemarin2 mungkin terlalu santai sampai lupa waktu, gak sadar usia tambah tua.. hikss. tapi sekarang aku lagi coba terapi di Budhi Jaya.

Awal konsultasi sudah di suruh LO karena anti retrofleksi dan ternyata waktu ops ditemukan endometriosis stadium 2 dan kista kecil berjumlah 3. kemarin aku konsul pasca LO (2 minggu) sekaligus baca hasil tes lab. USG menyatakan endometriosisnya msh ada yg tumbuh baru kecil karena kemaren katanya ngumpet gak terlihat (kok bisa ya…) prolaktinku tinggi 42 dan ASA 1:65536 duh tinggi banget ya…pengobatannya dengan suntik Tapros 3x siklus mens dan PLI 3x selang waktu 3-4 minggu, kedua terapi ini berbarengan.

Suami juga diambil darah untuk di tes layak tidaknya darah dipakai sebelum PLI, hasilnya masih kamis besok sekaligus tapros pertamaku. Oiya suamiku spermanya bagus dan banyak tapi sayang mati semua karena antibodi yang tinggi sehingga dokter tidak menyarankan pengobatan apapun.

Aku baca untuk membantu menurunkan antibodi harus test response food dulu ya.. aku belum disarankan itu, kalau gak disarankan apa aku bisa minta aja ya? katanya mahal ya?

Biaya Tapros sekali suntik 1.8juta tapi aku lupa tanya kalau biaya PLI berapa ya? teman2 yg lagi punya kasus sama sharing info ya untuk saling menguatkan, aku sedih dan takut stress padahal untuk turun prolaktin harus gak boleh stress.. teori aja tau prakteknya susah ya..
Tetap semangat semua ya… 🙂

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 3.11 out of 5)
Loading...

33 thoughts on “Endometriosis, Prolaktin dan ASA – Widya

  1. lin

    lam kenal widya,aku jg pernah LO tahun kemaren dan merasakan yg namanya snutik tapros selama 3bln,dan selama itu kita tidak akan mendapat men. yang penting skrg widya ikuti aja saran dokter yang terbaik.yg terpenting jangan stress.

  2. iin

    @ widya salam kenal :
    aku mo ty kl ASA itu apaan sih ? trus kl ASAnya tinggi apa enga tau dr mn?

  3. widya

    @ Iin
    Salam kenal juga. Aku denger selama Tapros memang gak mens, jadi kalo kita mau terapi lain misalnya akupuntur mungkin lebih baik nunggu setelah Tapros dan PLI ya..? (rencananya 2 hal itu mau barengan nih)

    ASA adalah anti sperma antibody dan ketauannya kalo kita tes kibrik, biasanya spog rekomendasikan itu barengan dengan banyak tes lainnya. Kalo kita gak hamil2 bisa jadi karena darah kita ternyata alergi dengan sperma sehingga semua sperma yang masuk akan mati. salah satu cara pengobatannya dengan PLI – suntik lekosit suami ke tubuh istri. Untuk lebih jelasnya baca deh postingan disini (akupuntur atau akupressure) banyak ilmu bisa kita dapat ttg ASA disitu..

    Salam

  4. lin

    pagi widya, ya klu mau apukuntur sebaiknya nunggu selesai suntik tapros aja,karna selama suntik tapros kita kan ngak mens ya seperti manopouse sementara,jg biarkan dl pungsi dr tapros bekerja menyembuhkan endo,dan smoga setelah suntik dpt mens dg cepat,kadang ada beberapa org yg ngak mens 3-6bln.

  5. widya

    Hai Iin, iya aku juga mikir begitu.. sekarang aku lagi bingung nih kalo tapros dengan PLI barengan kira2 efektif gak ya..kalo nanya dokternya katanya oke aja tapi rasanya kok kurang sreg deh.. apalagi selama tapros kaya orang meno..ada yang tau gak teman2? please.. thanks ya..

  6. lin

    hai widya klu masalah PLI aku kurang bgt tahu mslhitu,coba kamu cari diweb ini sepertinya aku ada baca yg punya masalah PLI ini

  7. shanty aris

    Halo widya,,salam kenal. prolaktin bisa diturunkan dgn diet makanan kok. Beberapa jenis sayuran terbukti bisa menurunkan kadar prolaktin seperti kol, bunga kol, brokoli (termasuk dlm golongan cruciferous vegetables…).Jgn makan junk food dan yg goreng gorengan (kurangi frekuensinya klo nda bisa dihilangkan sama sekali selama proses penurunan prolaktin). baca buku randine lewis ph.d mengenai makanan yg bisa mengurangi kadar prolaktin.Semoga bermanfaat :0)

  8. widya

    Halo Shanty, thanks infonya. Sebenernya aku sudah menerapkan makanan sehat, untuk itu aku menjadi penggemar brokoli (ternyata naikin prolaktin toh..) dan seperti gorengan pinggir jalan maupun junk food itu jarang banget ketemu, tapi memang di rumah masih goreng2.. hehe…OK nanti aku cari bukunya deh, di Gramedia ada kan? oiya hasil test response food untuk memaksimalkan terapi PLI mungkin bisa juga dijadikan standar mengurangi prolaktin ya..? Thanks
    Salam

  9. Eka

    salam kenal widya ,kurasa nasib kita sama, aku udah 10 thn nikah tp blm hamil jg udah berbagai pengobatan baik medis atau alternatif udah kujalani . 1 thn yll aku ada plan BT di harapan kita tapi terlebih dl Lo di RS Raden saleh ( Dr.wahyudi) dan hasilnya ada kista dan udah diangkat dan kista yg kecil2 di bakar tapi di RSAB HK disarankan untuk ovulasi normal belum disarankan untuk BT karena hasil pemeriksaan bagus semua termasuk suami , jadi aku dirujuk di Balikpapan ke dokter terbaik di Bppn , dan disin aku udah microkuret 2 kali, pengobatan virus , tapi sampai skg Allah belum memberikan kesempatan sama aku sampai kadang aku putus asa dan jenuh wid , tolong donk suportnya . . Thanks

  10. widya

    Halo Eka, salam kenal juga.. jangan putus asa dong kita kan hanya berusaha semampu kita, keputusan terakhir tetap di tangan Allah. Apapun yang kita dapatkan harus yakin inilah yang terbaik yang Allah berikan untuk kita ya.. :)dan harus yakin di balik semua kesulitan pasti ada kemudahan.. 🙂

    kata orang kalau kita enjoy bisa cepat punya anak, tapi seingetku aku juga enjoy selama ini tapi sampai sekarang aku tetap belum dikaruniai anak karena aku yakin memang belum rizkiku untuk itu jadi selain pasrah menerima aku juga mau berusaha.. semoga Eka tetap kuat ya.. usaha terus dan yakin Allah akan membantu kita.
    Eka di microkuret itu apa ya?

    salam

  11. Tami

    salam kenal,

    aku juga sedang terapi PLI, ASA ku : 8192, sebelum itu aku di vonis dokter ada myom ( sdh diangkat tahun 2008 ) dan PCO ( tapi sesudah diberi obat , sel telur sudah normal dan matang , Feb, 10 sel telur yang matang ada 3 buah dengan diameter : 20-22 milimiter ) tapi karena antibodi ku tinggi maka aku harus PLI. Yang penting kita harus happy dan tidak boleh stress serta berdoa karena apapun yang terjadi Tuhan pasti memberikan yang terbaik untuk kita semua. Tetap semangat untuk kita semua. Och yach, aku sudah married 3,5 tahun dan belum punya baby sama sekali serta tidak ada riwayat keguguran

  12. tintin Papua

    Hai Mbak… aku punya kasus yang sama denganmu. Prolaktin tinggi dan ASA juga tinggi. thn 2008 aku di therapi di Sam Marie. untuk Prolaktin aku sampai di infus, biayanya klo tak salah 2,5. lalu utk ASA ku, krn suami jauh di Papua, aku tidak PLI, seingat ku PLI murah, sekali imunisasi 600rb, berlaku utk 30 hr, diulang selama 6 kali. Nah, kemarin aku di infus untuk menurunkan ASA, biayanya 5,8 jt, belum termasuk kamar.

    Tapi, ada info terbaru, sebenarnya untuk ASA itu tidak jadi masalah kalau rencana bayi tabung. Karena kata Dr. Budi dr RSCM Yasmin Kencana, ASA baru jadi masalah kalau kita melakukan hugungan alami, krn dimulut rahim lah terjadi ‘pembunuhan’ sperma tsb.
    Sementara kalau kita ingin hamil dgn cara inseminasi dan bayi tabung, hal itu tidak terjadi, krn embrio atau pun sperma langsung diletakkan di rahim.

    Dari hasil konsul dengan Dr. Budi, yang perlu kita lakukan saat ini adlh mengugah mind set kita, utk tidak berpikir negatif, sehingga tingkat keberhasilannya jadi tinggi…

    Ok mbak, tetap berusaha yaaaa. Aku sudah insem 2 kali, IVF 1 kali, gagal semua, tp masih tetap semangat… AYO SEMANGAT!

  13. widya

    Halo Tintin,
    wah perjuangan kamu lumayan heboh ya karena suami di Papua..aku memang pernah baca di salah satu postingan disini ASA bisa diturunkan lebih cepat dengan infus tapi biayanya jauh lebih mahal di banding PLI. Aku sendiri sekarang sudah 2x PLI dan sisa 1x lagi.. tapi setelah itu masih harus nurunin prolaktin. spog ku belum ngomong terlalu jauh mengenai program yang mungkin akan kita ambil, tapi dia pernah bilang untuk usaha alami dulu. Kalau semua masalah sudah terobati mungkin aku mau mencoba insem karena kalo IVF belum terjangkau 🙁 tapi kita juga lagi mikirin kemungkinan ganti dokter nih cuma masih bingung mau kemana..
    kita berdoa sama2 ya semoga kita bisa tetap semangat dalam usaha ini 🙂
    Salam,
    Widya

  14. sisca

    @widya:
    lam kenal ya lwt web ini….hehehehehe
    aku pernah baca di web ini ada yg berhasil hamil alami stlh konsumsi produk herbal Gamat Extract,ada juga konsumsi produk lebah merk High Desert,dll
    jk widya disarankan hamil alami dulu sm dokter,artinya problem organ repro kamu ga berat,msh mgkn hamil alami tuh…
    cuma biar hormon seimbang dan bgs perlu dicoba tuh produk Gamat Extract…coba klik
    http://www.k-link.co.id/products.php?act=detail&idp=13

  15. Manda

    Hi all salam kenal, mau nanya terutama buat Shanti, makanan apa aja yg bisa menurunkan kadar prolaktin. Makasih sebelumnya atas informasinya.

  16. dea

    hi teman2, hi manda
    Aku dulu th 2008 prolaktin 25, sdh termasuk tinggi.Trus aku banyak mkn sayur, buah, kurangin lemak. Dan yg pasti kurangi stres, krn wkt itu aku stres bgt ada masalah, trus aku rilex..bener2 santai.. eh pas dicek lg 2 bln kemudian alhamdulillah prolaktinku normal 12..
    Oya klo mau cek hormon prolaktin sebaiknya hari mens ke 2 atau 3. Krn dulu aku pernah disuruh spog cek h9 mens, masak prolaktinku 65. Pas aku tanya ke dr lain, ktnya salah atau gak berlaku. Buang2 duit deh… Smoga info ini bermanfaat ya..

  17. widya

    Halo Dea dan lainnya..
    waktu cek prolaktin kemarin udah lupa deh hari apa.. tapi aku 45 tuh.. tinggi ya.. mau cek lagi males deh nanti aja kalo sudah lepas kondom.. hehe.. pakai kondomya masih diperpanjang nih..karena kemarin habis evaluasi PLI ternyata ASA ku turun ke 4096 lumayan turun banyak dari 65000, tapi masih jauh ke 128 angka standard untuk bisa hamil.. jadilah aku nerusin PLI ke 4 sampai ke 6..
    aku terus terang sedih dan khawatir, gimana kalo gak turun sampai 128..trus mana bisa hamil pakai kondom terus..aduh gimana sih caranya supaya sampai angka itu.. 🙁

  18. henny

    lam kenal widya : aku juga skarang lg bingung.semangatku dah bulat mau ikut program BT.aku smaa kayak kamu,endometriosis.Nah, utk sementara ini saya bingung bgt..dr yg menangani endom-ku kasih saya obat tapros utk 3 bulan.waktu aku konsul aku tanya apa bisa program BT, dia bilang coba aja…tp kecil kemungkinannya…owggggggggggggggggggg!!!boring ga sech….emang dr x bukan dr yg khusus menangani BT,tp alhasil menurunkan semangatku di titik 0..???tp kayaknya aku tetep mau ke Dr …, aku butuh saran juga kayak widya, apa baiknya sesudah suntik Tapros apa gimana?ada yg ngalami proses BT paralel dgn suntik tapros ga ya???share-dunk….

  19. widya

    Hai Henny..
    salam kenal juga :)gak usah bingung, menurutku kalo kamu mau BT harus dengan dokter yang berpengalaman jadi gak takut di tengah jalan merasa buang2 duit aja.. dan sebaiknya kamu tunggu proses tapros selesai dulu sehingga rahim siap untuk program BT, dengan adanya endo embrio akan sulit nempel di rahim kita. Kalo aku boleh tau kamu udah cek ASA? untuk cek apakah kamu punya alergi yang tinggi terhadap sperma suami kamu, karena beberapa kasus BT bisa gagal karena ASA yang tinggi. Obrolan disini kadang aku menemukan yang bilang ASA tidak berpengaruh pada BT, tapi kalo menurutku dengan ASA yang tinggi bisa membuat embrio yang ditanam bisa tidak berkembang karena badan kita menerimanya sebagai benda asing yang harus dibasmi..:(
    good luck ya..

  20. sisca

    @henny:
    buat henny ini ada postingan dokter Therez…..coba klik link dibwh ini ya
    http://bayi-tabung.com/akhirnya-saya-hamil-therez/
    semoga membantu deh,krn kasusnya agak mirip dgmu deh….
    drpd bingung,coba kamu buka postingan semua kategori di web ini deh,ntar kamu jd bnyk pengalaman dan pemahaman….
    jangan menyerah deh….tetap semangaaaaaaaaat……….

  21. devi

    hai all, aku punya cerita juga soal ASA. pernah berobat ke RSIA Budi Jaya sama Prof Ichram dan Dr Indra… lumayan tinggi juga ASA-nya. skrg dah brenti soalnya capeeee..lg pengen cari info inseminasi sapa tau berhasil. soalnya aku dah nikah 5 tahu belum punya anak. kmrn ssih disaranin sepupu ke RS Bunda Menteng soalnya dia berhasil disana. malah sekarang lagi hamil anak ke 2

  22. widya

    Hai Devi, kamu udah cape PLI memang sudah sampai berapa kali, dan kalau boleh tau ASA pertama kamu berapa? aku sendiri udah yang ke 6, 2 minggu lagi evaluasi ke dua. Lagi mikir2 nih kalo hasil evaluasi kedua ini belum bagus jg apa aku terusin PLI ya.. bukan masalah capeknya sih tapi lebih ke gak yakin bisa sampai angka yang diharapkan untuk siap hamil (128) dan juga consider soal gak semua spog setuju soal PLI ini…

  23. Lyant

    hi all…
    4 tahun aq jg pernah terapi PLI ini smpe di level normal (lupa angka brp)… *yg LUMAYAN menguras kantong*…
    kmdn disarankan untuk program hamil…
    lalu aq inseminasi 2x tetapi ternyata belum berhasil juga…
    yahh… mungkin belum rezekiku… hanya Allah yg tau kpn datangnya…

  24. widya

    Hai Lyant,
    level ASA normal adalah 128, kamu sudah mencapai itu setelah berapa kali PLI? hasil evaluasiku terakhir (setelah PLI ke 6) ASAku masih di 1024 jadi masih ada 3 tingkat lagi menuju 128.. tapi aku dan suami juga sudah capek sehingga kami gak lanjutin anjuran androlog untuk melakukan 3x lagi, enough!

    Hai Devi,
    Dokter kita sama ya.. prof ichram gak mau melakukan tindakan apapun sebelum ASAku mencapai normal, akhirnya kami cari second opini ke spog lain dan dokter itu menyarankan gak perlu PLI tapi langsung insem aja.. rencananya aku mau coba insem habis lebaran nih,doain ya teman2..
    Devi gimana udah coba insem?

    buat teman2 yang masih berusaha tetap semangat ya..!

  25. Lyant

    @widya
    Aq mencapai normal stlh PLI ke 5…
    Btw… Mo insem dimana? Smg insemnya nanti berhasil ya…

  26. widya

    @Lyant
    rencananya insem di yasmin dengan dr budi wiweko, doain ya… kemarin aku kedatangan tamu bulanan lagi..sedih deh..:(

  27. Widya

    Dear All, aku mau ngabari kalau aku alhamdulillah sudah berhasil hamil alami, sekarang usia kehamilanku sudah 5 minggu. Setelah 10th 3bulan akhirnya Allah mengabulkan doa kami.. oiya aku juga sudah ambil anak, usianya baru 12 hari, kehamilanku sudah ketahuan sebelum anakku itu masuk rumah kami, tapi niat sudah bulat dan kami tulus untuk mengasuhnya. Allah emmang Maha Besar, kami diberiNya 2 anak sekaligus!
    terima kasih untuk supportnya dan buat yang masih usaha jangan pernah putus asa, tetep usaha, dan harus yakin semua indah pada waktunya dan Allah selalu memberi yang terbaik buat kita 🙂

    salam,
    Widya

  28. wati

    alo mbak ummi,…
    dah jd operasi? kl yg ku tau mio dg kista bs di operasi dg laparoskopi & histeroskopy cuma biayanya lbh mahal, maklum alatnya canggih & manipulasinya bs diminimalis gt.

  29. ummi

    Hai mba wati.
    Alhamdulillah sy sdh dioperasi tgl22 juni kmrn di Siloam Hospitals Surabaya (Dr Santoso).
    Pra operasi dgn usg 4D ternyata bukan miom, tetapi kista krn kenyal(seperti kantung cairan).ada 2 kista di sebelah kanan 4cm,kiri 7cm. Alhamdulillah operasi berjalan lancar selama 4jam tanpa harus diangkat rahimnya. Untuk saat ini sy sdg menjalani program nambah momongan,mdh2n bisa berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*