bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

14th September 2009

Endometriosis berat, belum juga haid setelah minum obat haid – Cici Wahyuni

posted in Endometriosis |

Salam kenal sebelumnya buat semua karena ini kali pertama saya gabung di blog ini.

Saya baru 4 bulan yang lalu (13 Mei 2009) menjalani laparoskopi untuk masalah endometriosis saya (sudah tingkat berat dengan diameter +/- 6 cm dikiri dan +/-8cm dikanan). Pasca laparoskopi, saya disuntik tapros 2x dan disuruh menunggu 6 minggu sampai saya haid. Namun setelah lewat 6 minggu, saya juga belum haid. Kemudian saya diberi obat untuk seminggu agar haid, namun sudah hampir 2,5 minggu saya belum juga haid.

Saya sudah menikah 1,5 tahun dan ingin bisa segera hamil, mengingat penghalang saya untuk hamil yaitu endometriosis sudah dilakukan operasi. Mungkin ada sharing dari teman2 yang memiliki permasalahan yang sama dengan saya. Terima kasih sebelumnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 2.82 out of 5)
Loading...Loading...

This entry was posted on Monday, September 14th, 2009 at 9:11 pm and is filed under Endometriosis. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 25 responses to “Endometriosis berat, belum juga haid setelah minum obat haid – Cici Wahyuni”

  1. 1 On September 15th, 2009, susi said:

    Hai cici, salam kenal ya, aku susi, aku mau sedikit sharing ma kamu karna kasus kamu pernah tjadi dgn aku pasca Laparaskopi pertamaku 3th yg lalu.
    Aku laparoskopi/LO karna endo dan adenomiosis jg kista diovarium kanan (3,5 cm), LO dbunda stay 2 mlm. Abis LO tapros 3x dan dktr bilg aku bakal ga mens pasca tapros untuk menekan endo biar ga nongol lg.
    3x tapros 3 bulan ga mens aku tenang aja menikmati masa ini krn aku ga merasakan sakit perut krn ga mens. Sepengetahuan aku (kbtulan teman2ku ada yg jg LO n tapros) tiap2 orang beda menerima tapros ini. Ada yang 2 bln langsung mens stl tapros 3x, ada yg 4 ato 5 bln kmdian baru mens.

    Jadi menrt aku, kamu tenang aja ya, ga usah kawatir, ini mmg daya kerja tapros bikin kita kaya menapause. Smga membantu ya.

  2. 2 On September 16th, 2009, Desri said:

    Hi Cici salam kenal,

    Endometriosis adalah salah satu penyakit karena kita kekurangan hormon progesterone. Aku udah hampir tiga tahun berjuang dengan endo ku (di kandungan)yg udah tahap kompleks 3-2 tahun yg lalu, setelah melalui 5 kali laparoskopi dan hyterescopy + D&C dan minum high dosis progesteron selama kurang lebih setahun (megace 160mg). Selama minum obat ini memang kita tidak akan mendapat mens sampai obat habis kira2 setelah kurang lebih 2 bulan mens akan lancar lagi.Akhirnya setelah di lakukan D&C dan laparaskopi lagi kira2 5 bln yg lalu bahwa aku sudah bebas dari endo sekarang aku akan memulai proses bayi tabung. Program bayi tabung harus aku lakukan secepat mungkin. Semoga hasil usaha ku dapat terwujud utk memiliki keturunan… dan untuk kamu juga.. Gud luck :)

  3. 3 On October 10th, 2009, Mommy2B said:

    Susi, Desri, Cici,

    Betul!!! Harus sabar beresin dan bersihin segala macam endo dulu, sebelum memulai apapun termasuk bayi tabung.

    Tips buat yang lain juga ya, cek dulu peralatan reproduksi kita ke ahlinya, rujukan dr. Wahyu Hadisaputera adalaha ke Dr. Bambang Karsono Spog, beliau ahli usg 4d, ternyata saya baru tahu tidak semua dokter ahli dalam menginterpretasikan apa yang nampak di layar mesin usg.

    Saya kecewa sekali, kandungan saya hasil bayi tabung di rs Bunda, gugur di usia 8 minggu, pada tgl. 2 October kemarin. Penjelasan dari Dr. Ivan tidak jelas (waktu tgl 18 September meramalkan Abortus im minens, berdasarkan angka BHCG ku yang merayap), yang jelas faktor usiaku yang 38 th menjadi titik beratnya.

    Tgl 28 Sept, kandungaanku masih bertahan, penasaran aku cek ke Dr. Yoso (USG 3D), terlihat ada 2 mium mengapit “spoting G/S yang irregular – tempat emby2 ku berjuang menempel”. Diameter yang kiri: 3.09 x 2,12 cm, kanan 3.49 x 2.34 cm.

    Ironisnya: Menurut Dr. Yoso, embynya kalah bersaing makanan dan oxigen dari ke 2 mium itu. Sementara yang kiri pernah terdeteksi Dr. Ivan melalui USG di awal program BT ku, dan beliau bilang: “Ada miuma Fundusa, tapi tidak akan mengganggu (dengan yakin). Sementara yang kanan, sama sekali tidak pernah disinggung Dr. Ivan. Dr. Irham yang pernah memback up Dr. Ivan waktu sakit DB, pernah menemukan sesuatu di kananku yang beliau sangka kista, tapi setelah bertanya padaku: “Dr. Ivan pernah bilang ada kista sebelah kanan uterus Ibu?” Aku jawab” “Tidak”. Beliau langsung berkesimpulan: “Kemungkinan Hidrosalping, akibat operasi KET yang aku jalani tgl 23 Mei 2009 karena kehamilan spontan yang ektopik.

    Tgl 22 Agustus 2009 pas sesaat sebelum OPU Dr. Ivan bilang: “Bu, Dr. Irham bilang ada Hydrosalping di uterus kanan, saya sedot sekalian ya?” Ya aku manut aja, bermodal keyakinan bulat pada Dr. Ivan waktu itu. (Benarkan itu Hydrosalping? Atau bukannya malah mium?).

    Moral of the story: 2nd opinion sangat penting! Cek dulu segala halnya. jadi apa2 yang Susi, Desri dan Cici lakukan adalah tepat menurutku. Step by step. Mungkin kisah bayi tabungku akan berbeda seandainya rahimku bebas mium. Meskipun Dr. Ivan teteap bersikukuh, bahwa ke-2 mium itu tidak ada hubungannya sama sekali.

    Sekarang aku coba dari awal lagi, coba bersihin dulu kandunganku, coba perbaiki perlengketan di tuba kiriku. Perjuanganku untuk memiliki anak belum sampai titik akhir.

    Aku tetap bersyukur aku masih memiliki rahim, tuba kiri yang lengket tapi ada harapan untuk diperbaiki, ovarium kiri yang tidak bereaksi pada saat teraphy gonal, dan semangat yang masih menyala. :)

    Salan semangat dan persaudaraan.

  4. 4 On October 10th, 2009, Yenyen said:

    Mommy2B, gak nyangka bisa keguguran. yg tabah saja n yakin bahwa nanti mbak diberikan yg terbaik olehNya, amin.

  5. 5 On October 10th, 2009, Mommy2B said:

    Yenyen,

    Thank you … iya … mang harus sabar dan tabah … sip lah … yah ada fase2 yang harus dilalui wanita keguguran. Apalagi tahun 2009 ini, aku keguguran 2 x. Bulan Mei dan Oktober … :)

    Yah semoga suatu saat perjuanganku membuahkan hasil :) … (dan perjuangan kita semua).

    Salam,

  6. 6 On October 11th, 2009, ira marlina said:

    Mommy 2B,

    Turut sedih ya denger kamu keguguran 2x nggak kebayang deh..tapi aku setuju banget sama commentar kamu, sebaik nya sebelum mulai program harus cari lebih dari 2 opini tetentang kondisi rahim kita ke ahli USG krn memang tdk semua obgyn bisa baca dengan benar. Padahal resiko nya kita sendiri yang nanggung. Hasil Papsmear dan lab nya juga kudu akurat dan detail. Semoga kita di berikan kesabaran ya dalam usaha meraih impian mempunyai keturunan amin

  7. 7 On October 12th, 2009, Deasy said:

    Hi Cici,…
    salam kenal ya….aku mao share aja.Dr sejak aku kuliah aku mengalami nyeri haid yg hebat. aku dah cek ke sana sini sampai ke LN dan smua dokter blg ga ada apa2. sampai sekitar juli kmrn akhirnya aku mencoba ke Prof Nugroho di BWCH,oleh beliau aku didiagnosa endometriosis, lalu aku treatment dgn Provera selama kurang lebih 2,5 bulan. Pas minggu lalu tgl 7 sept 09 aku cek up lg ternyata endo ku sudah bersih.5 okt aku cek up lg dan dokter bilang dah bnr2 bersih. Thanks God bgt.Padahal menurut dokter ku utk treatment ini normalnya memakan waktu 4 bulan. Tp Puji Tuhan bgt 2,5 bulan udah bs bersih. Skrg aku di kasi obat Femara dan Serophene. Hari ini ( 12/10/2009 ) aku sedang haid hr ke 3 dan ga sakit lg ky dulu selagi msh ada endo. dan mnrt artikel2 yg aku baca di internet obat Femara dan serophene ini bs membantu utk proses kehamilan. dan hsl nya cukup positif krn cukup byk yg berhasil hamil.
    Cici tenang aja pasti endo nya bs sembuh, ayo semangat!!!!! pasti sembuh…… :)

  8. 8 On October 13th, 2009, Mommy2B said:

    Ira Marlina,

    Thank commentnya. Iya … tepat 101% kita yang nanggung … semenjak di vonis bakal aborsi … aku berjuang sendiri untuk “mematahkan ramalan dokter itu”. Tidak ada support secara mental, not even say “sorry” … baru aku duduk (teringat kala itu), beliau dah nanya: “Sudah mens Mil?” … (duh … dokter please … its my babies that you are talking about … defenetely not his :( … show a little sorry?) … -Beliau hanya bilang: “Ascardia-nya di stop aja, biar nanti kalau pendarahan tidak terlalu banyak.” (gak bicara tentang miumku terus diapain?), Gak bicara apa yang harus aku lakukan kalau terjadi pendarahan itu, tindakan apa yang terpaksa aku ambil?) So thats it! OPU, ET … thats it? Hanya bilang: “Sebaiknya, istirahat dulu 3 bulan sebelum menentukkan langkah selanjutnya … “. (Bersihin mium2 itu juga harus nunggu 3 bulan?). Seribu satu pertanyaan, tapi mulutku terkatup rapat waktu itu.

    Yah … namanya juga perjuangan, kalau tidak berat … bukan juga dibilang perjuangan ya Ir …

    Semoga kisahmu jauh lebih baik dari kisahku … semoga kisahku bermanfaat. Aku sekarang berobat ke Dr. Wahyu Hadisaputera untuk membersihkan rahimku dan merawat tuba kiri dan ovarium kiriku. Aku dikirim ke Dr. Bambang Karsono tgl 28 Oktober ini, untuk USG 4D. Dan aku tidak akan menunggu terlalu lama untuk “bersih-bersih” :) … aku minum Cytotec 250 mg dari Dr. Yoso, Provera 10 mg dari Dr. Wahyu. Masih bleeding per hari ini … provera meluruhkan “line uterusku” yang tebel karena theraphy Gonal etc.

    The show must go on … Bismillahi … :) (doakan aku ya Ira).

    Salam Persaudaraan.

  9. 9 On October 13th, 2009, retno said:

    Halo Mommy2B..salam kenal..
    Kisahmu sama dng aku ya, 2x program BT keguguran trus. Yang terakhir aku sama dr Taufik(di Bunda jg). Sampai hari ini jg blm bersih(apa krn gak dikuret ya..), trus dirujuk ke dr Karmel dan hasil tes darah blm keluar, apa ascardia itu utk pengencer darah ya..

    Sekarang lg cooling down dulu gak tau mulai lg kapan..mungkin thn dpn..
    Ok deh..Mommy, smoga usaha kita semua berhasil ya..

  10. 10 On October 13th, 2009, susi said:

    Dear Deasy,
    Mau sedikit sharing aj ya, aku tdeteksi adenomiosis, abangnya endoetriosis, aku nyebut gt krn pemilik adenomiosis jg mngalami suakiiit ketika mens, bahkan lbh sakit drpd pnderita endo.

    LO ptma dbunda, LO kdua dsin, dan kdua dokter bilg kalau da nasibku tiap mens sakit krn adeno/endo yg aku derita dan ini jg krn faktor gen. So ampe skrg tiap mens aku nikmatiin aj penderitaan ini. Tapi jgn pernah myerah semua ada solusinya.

    Dear Mommy2B,
    Au bisa ngerasain kesedihan km, wong aku telat mens aj trus mens sedihnya minta ampun (soalnya bharap ga mens ampe 9 bln kdepan sih), apalg ampe sempet + ya, tp jgn bllarut2 ya, sesuatu yg baik mnrt qta blm tentu baik mnrt Allah,bgitu pula sebaliknya. Ingat aj, Allah maha tahu, tetap prasangka baik keAllah dan terus ikhtiar. Wah maaf ya kalo aku sok ngegurui.

    Sambil ‘bersih2′ banyakin bdoa, sapa tau da bersih smua ga perlu ivf lsg bs hamil scara alamiah dan sehat ampe lahiran. Mending dbersiin dulu smua ‘wahana’ qta sblm ktahap ivf, takutnya pas lahiran ada masalah yg qta sesalin nanti.

    selamat bjuang semuany

  11. 11 On October 16th, 2009, thin said:

    Hai semua,,,tetap berusaha ya jgn menyerah…
    saya juga ada pertanyaan yg sama mg2 ada yang bisa bantu,
    Dulu awal menikah saya ada endo 7cm,cek trs lama2 ilang,saya sudah pasrah klo dr, suruh LO tp taksatupun yg menganjurkan dgn alasan endo sy tdk berkembang (dibawah 5cm).Bukan 1 dokter lho yang bilang itu saya sdh bandingkan diagnosis dokter di batam.malang,semua bilang sama.
    Insem pertamaku gagal,dan stlh 5thn menunggu blm juga diberi kepercayaan oleh yang diatas kini aku sdng menunggu insem ke-2 di mlysia krn kebetulan suami krj disana.
    Yang membuat saya bingung dr,Tan ahli fertility mengatakan saya ada endo 1.4cm dan hrs di LO,kaget jg sih (pdhal dulu pasrah!)alasan dia tdk bisa…that’ is kemudian dia tawarkan insem,ya..kami coba dulu sambil cari2 info ttg LO
    berapa cm sih endo hrs di LO,biaya juga ktnya mahal ya?saya tdk ada perlengketan di tuba,hanya endo di ovarium.
    Klo ada yg pny pengalaman share dong…..

  12. 12 On October 25th, 2009, pauline said:

    Halo mommy2b salam kenal yach..
    Saya pingin konsul ke Dr.Bambang Karsono, alamatnya dimana yah? Trus saya ada diberi saran oleh dokter kandungan utk mencoba laparaskopi utk melihat kondisi rahim apakah ada perlengketan tp blum saya jlnkan krn takut sakit. Kalo km perna laparaskopi minta infonya donk sakit ngga n prosesnya dari puser yh? Trims yh sblumnya dan salam kenal buat temen2 yang ada di rubrik ini. Saya sdh mencoba bt 2x di penang dan medan tp belum berhasil hamil smntara umur sudah 38 tahun.

  13. 13 On October 27th, 2009, novi said:

    Dear Mommy2B,
    Salam kenal ya…
    Mo tanya nih, kalo mo bersih2 perlengketan di tuba dengan treatment apa nih
    Coz kayaknya aku juga ada perlengketan , tp aku blm ke dokter lagi.
    Aku juga endometriosis, thn 2005 operasi. Dokter bilang kemungkinan perlengketan terjadi akibat operasi itu.
    Tks b4.

  14. 14 On December 1st, 2009, rahma said:

    salam kenal semuanya…
    ini pertama kalinya saya gabung diblok ini…
    umursaya 27 th blm menikah, 6 bulan yang lalu saya periksa kedokter kandungan … continued in post Dokter menyuruh saya untuk operasi atau menikah.

  15. 15 On January 21st, 2010, lind said:

    hei cici,susi,mommy, ak juga pernah LO dibunda dan suntik tapros sebanyak 3X,memang selama suntik ngak dapat haid sehabis suntik tapros bln nov, januari ak dah dapat haid lg, sekarang lg mau mempersiapkan diri untuk bt yg kedua,buat teman teman yg senasib mohon doanya ya

  16. 16 On February 3rd, 2010, Her@ said:

    hai teman… salamkenal
    saya juga sudah mengalamilaparascopi. karena bius total jadi ngak terasa apa-apa. tapi sekarang sudah haid hari kedua dan diberi obat ladogal danazol buat tiga bulan.tapi rasanya haidku lebih sakit kali ini.aku LO endometriosis kiri dan kanan di RS Mahkota Malaka. Ada pengalaman apa rasanya setelah endometriosis dan apa dia muncul lagi.thxs

  17. 17 On February 26th, 2010, emi said:

    Salam kenal.. aku jg divonis dr Adenomiosis, kista, hydrosalping. skg aku jg bingung nih.. menurut Dr azen, aku ga perlu operasi karena bisa bikin perlengketan. masalah bisa hamil atw tidak tergantung Mujizat. sdgkan menurut Dr Imam, aku bisa dioperasi miomectomy(kl ga salah) trus direkonstruksi. bingung banget deh.. trus kl kondisi kaya gini, bisa ikut bayi tabung ga ya? please kasi infonya ya. aku udh 37th. blm pernah hamil, udh menikah 9 thn. tqu

  18. 18 On April 6th, 2010, eva said:

    hai sy sdh 3 thn lbh menikah tp blm py baby.sy jg pernah ada endometriosis di indung telur kiri n kanan. dilaparotomi th 2006. 1 th pertama stlh operasi sy cb program scr alami tp tdk berhasil. th 2007 s/d 2009 sy cb inseminasi sampai 5 kali di 2 dokter berbeda tp msh belum berhasil. coba ke sinshe n urut perut msh blm berhasil jg. febuari kmrn sy check di penang n baru ketauan kl di rahim sy ada adenomiosis n hormon fsh tinggi, ada jg perlengketan yg diduga krn operasi pertama. selama berobat di dr kandungan di jakarta tdk diketahui adanya adenomiosis ini.. kesal bercampur sedih kok bisa yah ada adenomiosis. secara tiap bulan sy kontrol dan di usg dgn dokter kandungan tp ga diksh tau apa2..terakhir inseminasi bln des 09 tp gagal. rencana mau bt cepat ga jadi deh. akhirnya dokter di penang ksh suntikan zoladex u/ 3 bln dgn harapan adenomiosis dpt mengecil atau hilang.. krn u/ bt tdk memungkinkan kl ada adenomiosis ini.bulan juli baru rencana ke penang lg u/ check perkembangan si adeno. moga2 berjalan lancar ya..

  19. 19 On April 23rd, 2010, DONA said:

    Hai semua yang pernah kena Endometriosis, salam kenal.
    Saya menikah Juli 2002 dan kami tidak pernah KB karena berharap untuk segera hamil. Tahun 2003 saya dinyatakan kena Endometriosis ( kista coklat ) di indung telur sebelah kanan. Dan kami memutuskan untuk dioperasi laparatomi sekitar bulan Oktober 2003 di Batam. Paska operasi saya disuntik Tapros dan rencananya sebanyak 6 bulan, tiap bulan sekali suntik. Tapi mau suntik yang ke 4 dokter nyatakan saya sudah positif hamil 1 bulan. Bersyukur bangat. Dan bulan september 2004 anak saya lahir dengan sehat.
    Karena kami agak sibuk tidak langsung mau hamil lagi.
    Setelah anak saya 3 tahun kami mulai merencanakan untuk bisa hamil lagi. Dan kami cek ke dokter ternyata ada kista di ovarium kiri lagi. Dan kami pergi ke MMC Malaka dengan dokter Selva untuk memastikan, dan ternyata ada di ovarium kiri. Dan bulan oktober 2008 saya operasi laparascopy dan sampai 6 bulan disuntik tapros lagi. Terakhir kami kontrol bulan desember dan dokter nyatakan kami untuk berusaha hamil dengan diberikan obat penyubur. Dan sampai saat ini belum juga ada tanda-tanda hamil. Kami hanya berharap dan berserah agar bisa hamil lagi, ada rencana mau ikut program BT.
    Kehamilan saya yang pertama adalah MUJIZAT NYATA yang saya terima dari TUHAN karena dari sekian dokter yang saya temui hal itu tidak mungkin terjadi ada kehamilan karena selama kita disuntik tapros tidak ada menstruasi. Dan saya berharap teman-teman yang telah banyak melakukan usaha MEDIS agar tetap berserah kepada Tuhan karena bagiNYA tidak ada yang MUSTAHIL.
    Oh ya saya tinggal di Batam dan kalau mau ke MCC Malaka kita juga bisa tinggal di Rumah sakit tersebut karena mereka menyedikan Hotel di gedung yang sama dengan harga standart hotel ( sekitar RM 100 = Rp.270.000,-) Di sana mereka menyebutnya dengan HOSTEL ( Hospital Hotel ).

  20. 20 On April 25th, 2010, sisca said:

    hai semua lam kenal…..
    ini ada testimoni Shanty aris….ttg kesembuhannya dari kista dg mengkonsumsi produk High Desert…coba deh baca testimoninya dibwh ini.
    http://bayi-tabung.com/ada-teman-yang-punya-pengalaman-di-rshs-rita/
    semoga buat teman2 yg mempunyai problem dg kista/miom/edometriosis/dll bs sembuh tanpa operasi….tentunya biaya lbh murah dan lbh aman buat organ dlm kita dong…..
    tetap semangaaat deh

  21. 21 On April 14th, 2012, Tin said:

    Salam u teman2, bln sept 11 sy jg LO n jalani suntik tapros 4x selesai bln Jan 12, tp sampai Saat ini bln April 12 sy blm menstruasi dan Ada keputihan yg di rasa. Apa Ada teman2 yg pernah mengalami seperti ini. Mhn infox… Makasih.

  22. 22 On January 8th, 2013, Liska said:

    sist…mau tanya-tanya pengalamannya suntik tapros itu jadwalnya ketika menstruasi hari keberapa ya?

  23. 23 On February 11th, 2013, Putri said:

    Hai semua,aku juga abis laparatomy buat kasus miom dan kista tgl 13 desember kmren.trakhir disuntik zoladex tgl 13 des itu,tp sampe skrg belum mens juga,padhal aku dah minum prothyra 10 mg 2×1 selama 5 hari tp masih belum ningol juga tuh m. Hiksss…ada yg senasib gag?kira2 balik kedokter lagi ato nunggu bbrp minggu dulu ya…thanks..

  24. 24 On March 19th, 2013, silvi said:

    Hallo salam kenal, maaf mau tanya apakah femara klo diminum dihaid ke 2 ga ada masalah? Krn sy salah baca instruksi dokter yg menyatakan dihaid ke 3 baru boleh minum,sedangkan sy dikasi 5 butir, ini msh sisa 4 butit, tolong infonya yaa teman2,makasih, GBU

  25. 25 On April 29th, 2014, siti rochaidah said:

    Hai.. Cerita aq juga hampir sama dengan mba Tin. Aq juga mengalami nasib sama spt kalian. Aq habis LO bln des 2013 karena endo di ovarium kanan 7,5cm dan ovarium kiri 5cm. Pasca LO, aq dianjurkan untuk suntik Tapros 6x, tp jadinya cm 3x aja karena udah ga dicover asuransi lagi. Terakhir suntik tapros tanggal 20 feb 2014 tapi, sampe sekarang bulan april (2 bulan) masih blm mens juga, aq juga ngerasa kayak agak keputihan sedikit (warnanya bening). Gmn ya? Kira2 sampe kapan ya batas max ga mens pasca tapros?

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • nita: Dear Chrissy, Saya punya pengalaman adenomyosis dan pernah batab...
  • mila: Hi mbak, Salam dr saya, group ini jarang aktif. Mending gabung di...
  • asti: Hai aida.. saya baru baca kisahnya.. semoga sudah move on dan...
  • tentry: Assalamualaikum bunda-bunda semua,saya mau berbagi pengalaman...
  • julia: Waah yg comt smua anggota BD ya plug…hehehe…mbem km...
  • Devina Alvania: Yuni yg cantik alias makcik pimbem.. Tetap semangat dan...
  • Yuni: Iya nih Ciplug menghilang rupanya nulis di sini toh? Hihii Jd...
  • julia: Hi plug….dasar…menghilang seharian kmrn ternyata...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...