Efek samping atau komplikasi bayi tabung

Proses bayi tabung merupakan sebuah proses yang tidak alami dan biasanya sesuatu yang tidak alami itu ada efek sampingnya.

Sebelum memutuskan untuk ikut program bayi tabung, saya diinformasikan sama dokter tentang komplikasi yang bisa terjadi:

  1. Ovarian Hyperstimulation Syndrome (OHSS), merupakan komplikasi dari proses stimulasi perkembangan telur dimana banyak folikel yang dihasilkan sehingga terjadi akumulasi cairan di perut. Cairan bisa sampai ke rongga dada dan yang paling parah harus masuk rumah sakit karena cairan harus dikeluarkan dengan membuat lubang dibagian perut. Kalau tidak dikeluarkan bisa menggangu fungsi tubuh yang lain. Jangan takut dulu, OHSS yang parah ini hanya dialami oleh sekitar 1% dari pasien… kata dokter. Dan sayangnya ini terjadi terhadap saya…
  2. Kehamilan kembar, bukan merupakan rahasia lagi kalau proses bayi tabung bisa menghasilkan lebih dari satu bayi. Kelihatannya enak punya anak kembar, tapi katanya resiko melahirkannya lebih tinggi dari kalau hanya satu bayi. Tidak jarang bayinya bisa masuk ICU karena prematur. Tak terbayang rasanya kalau mengandung bayi lebih dari satu, kalau kembar dua sih umum… coba kalau tiga atau lebih … aduh perut bisa kaya apa yah? dan bayinya pasti kecil-kecil.
    Kalau kembar dua saya maaau sekali… dua anak cukup.
  3. Keguguran. Ini memang bisa juga terjadi pada kehamilan normal. Tingkat keguguran kehamilan bayi tabung sekitar 20%.
  4. Kehamilan diluar kandungan atau kehamilan ektopik, kemungkinan terjadi sekitar 5%. 
  5. Resiko pendarahan pada saat pengambilan sel telur (Ovum Pick Up), sangat jarang terjadi.  Karena prosedurnya menggunakan jarum khusus yang dimasukkan ke dalam rahim, resiko pendarahan bisa terjadi yang tentunya membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Walaupun diberi tahu komplikasi ini kita tetap saja memutuskan untuk maju terus … pantang mundur. Memang tidak mudah yah kalau ingin punyak anak… berbahagialah bagi ibu-ibu yang bisa hamil normal.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (28 votes, average: 3.89 out of 5)
Loading...

23 thoughts on “Efek samping atau komplikasi bayi tabung

  1. ophie

    Hallo semua,…
    ikutan yah.. sharing disini bagus bgt.
    bagi yang sudah melaksanakan BT kasih info donk bgm biar lebih kuat menghadapi semuanya.
    karena aku juga ada rencana untuk BT.
    tx yahhh

  2. Rini

    Hai semua, salam kenal.
    Aku baru saja nemu blog ini. Ternyata
    seru juga. Buat semuanya keep trying!
    Aku juga mau nyoba, biarpun harapan keberhasilan kecil. Tidak terlalu kupikirkan hasil akhir, yg penting fokus ke proses saja. Daripada malah stress nantinya gagal. Ada yg bisa sharing ttg hormon apa aja yg harus diminum plus bocoran harganya.
    Trims sebelumnya

  3. olip

    hai semua…salam kenal
    buat jeng Tri: jangan 100% percaya dokter, tetap percaya ama taqdir Alloh & yakin taqdir itu bisa berubah bila manusia mau berdoa & berusaha, keep trying!!! aq juga divonis dokter spt itu, tp aq tetep coba Batab walo akhirnya belum berhasil, karena aq sakit (flu) aga berat setelah ET, jadi ya uda pasrah aja, buat jeng Yeny, salut bikin blog kayak gini, buat semua TETEP SEMANGAT!!!

  4. tri

    aku lagi stress banget dr. nge-vonis aku g akan bisa punya anak, tp dr nyaranin buat bayi tabung aja, tp au takut gagal? harus gimana yah? bantuin dunk.

  5. itha

    hi..teman
    aku minta saran dong tahun 2005 pernah BT juga tapi gagal krna ada myom di dinding rahim shg dioperasi thn 2007. saya selalu rutin USG dan mamografi ke RS untuk persiapan BT yang ke-2, namun kbar terakhir setelah 3 kali usg ditemukan kembali myom2 kecil di rahim tapi masih dibawah 1 cm dan ada benjolan kecil dipayudara kanan, saya konsul ke 2 dokter.
    1. menurut Dokter SPOG, myom ini tidak mengganggu karena msih kecil dan jauh dari indung telur, tetap bisa lanjtkan program tsb
    2. menurut Dokter Breast, benjolan di payudara sebaiknya diambil dulu sebelum program BT yang ke-2, krena nanti bisa membesar karna efek dari obat2 hormon selama program tsb.
    terusterang saya jd bingng nih…mgkn ada yg pengalamnan. beri saya saran dong… tks

  6. desy

    Hi vero..aku pada hari “h” test hamil, datang bulan, seperti biasanya next monthnya datang bulan lagi 9 hari , tapi agak telat. Masalahnya pada minggu berikutnya aku dapet lagi Mensnya…sampai sekarang udah berjalan 2 minggu. Saya kemaren cek-up ke dr.Karel katanya hormonal imbalance dan ada bacteria/virus di cervix. Obat yang diberikan banyak sekali ampe 6macem…mudah2an mensnya bisa stop krn saya ada rencana mau mulai BT lagi setalah semuanya Ok..

  7. Veronica

    Desy, maksud kamu fresh cyclenya tidak terjadi kehamilan terus sebulan kemudian baru mens stop terus mens lagi ?aku juga waktu fresh cycle kemarin gagal mens keluar agak lambat terus bulan berikutnya malah maju 6 hari dari tgl bulan sebelumnya..kata dokternya ngga apa-apa itu karena pengaruh hormon saja..dont worry ok

  8. desy

    hello..mau tanya aja , ada yang 1 bulan setelah cycle fresh bayi tabung mensnya datang 1 minggu, trus stop 6 hari, dan mulai lagi selama 14 hari? ada apa dengan bdn saya ya..

  9. Lindiana

    iya sich…dalam hatti kecilku aku juga berharap dan berdoa besok pas test lab +…..kalo nggak ya pas ntar yg thawong lsg berhasil

  10. ninit

    mb lindi, tetep semangat. waktu aku memutuskan untuk ikut program ini, aku udah tau kemungkinannya kecil.

    tp aku tetep maju, dlm bicara dlm hati semoga keberuntungan dipihakku, waktu gagal, aku nangis, sedih. apalagi embrio beku ku cuma 2. tp suamiku sll bilang, mungkin rejeki kamu ada disana. jadi jangan patah semangat. stress cuma nambah masalah baru.

  11. Lindiana

    aku ngevleknya seminggu setelah embrio transfer……terus kaya mens…kayanya gagal nich……….aku baru ketemu dr. Ivan hari Kamis, karena dia masih di jepang…aku telp assistantnya cuma disuruh bedrest aja……

  12. ninit

    mb lindi, aku ngga jadi tesnya. harusnya tes tgl 8 pagi.

    mb yenni, mksh buat supportnya aku salut bgt, walaupun pernah gagal ikut bayi tabung tp gak pernah nyerah. mudah2an aku juga tetap diberi umur, rejeki, jd bisa coba lagi.. lagi… semoga mb yenni n mb lindi berhasil. amien

  13. Yenni

    Saya sedih deh … tapi setuju dengan Ninit, jgn putus asa jgn stress dan tetap berusaha… semoga berhasil amien.

    Soal pendarahan, saya habis opu jg ngalami… agak parah waktu bangun hampir pingsan. Sy bedrest lama, diberi antibiotik dan obat penahan sakit…

  14. ninit

    tgl 8. fleknya mkn byk tgl 8. tgl 9 baru semuanya. mgkn ngasi tau spy gak repot2 ke lab. he he he

    mb lindi, jgn tlalu kawatir, temenku ada jg yg flek dikit2, tp alhamdulillah hamil. jgn stress, kondisi tubuh msg2 org berbeda.

  15. Lindiana

    aku date line untuk test darah dan urine tgl 13, Ninit, kau keamrin dapet mensnya pas tgl berapa? suruh cek darahnya tgl berapa?

  16. ninit

    nit dah daped, so bayi tabungnya batal. udah nangis darah, nangis bombay he he he. tp gak boleh putus asa ntar coba lagi.

    soal pendarahan, nit abis opu, sempat keluar darah segar lumayan tp gak tlalu byk. tp cukup mengagetkan krn gak ada informasi dr pihak rs. wkt nit telp drnya. menurut blio kdg memang bs saja tjadi.

    mb lindi, teuteup semangat. nit jg semped bedrest sminggu mb. turun kalo k kmr mandi n solat doang. namanya jg usaha. semoga berhasil mb. amien

  17. Lindiana

    Hi yenni and Ninit….

    Aku lagi stress nich..hari ini aku ngevlek…….aku telp dr terus suruh bed rest total hanya turun kalo ke kamar mandi………padahal due dateku tgl 13……..hik…hik……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*