Dukungan psikologis dari Lia

Hai semuanya, salam kenal ya… Saya lia, 21 tahun n belum nikah. Saya adalah mahasisiwi psikologi salah satu Univ swasta di jakarta. Mungkin kalian bingung kenapa saya yg blm nikah n punya pengalaman BT ikut2an di web ini … hehe …

Udah sejak beberapa bulan yg lalu sy mengunjungi web ini, awalnya untuk mencari2 informasi tentang BT karna kebetulan saudara dan teman saya juga ikut BT. Setelah membaca pengalaman kakak2 skalian, saya jadi tertarik untuk ikut bergabung. Saya senang membaca pengalaman kalian semua di web ini, bagaimana perjuangan dan semangat kalian untuk menjadi seorang ibu… sungguh luar biasa n salut untuk kalian…

Baru beberapa hari yang lalu saya ikut nimbrung di web ini dan mendapatkan sambutan yang cukup positif dari beberapa temen yang ada di sini. Karna itu, sy ingin skali bisa membantu kakak2 skalian dalam masalah2 psikologis yang dialami selama program BT.

Saya ingin skali bisa membantu menjawab permasalahan psikologis yang kalian alami, gimana cara mengatasinya, dan hal2 yang lain yang ada hubnya sm psikologi.

Semoga saya bisa menjadi bagian dari kalian n bisa membantu. Terima kasih atas kepercayaan dari kakak2 skalian yang sblmnya sudah ngasih kprcayaan untuk menjawab beberapa masalah psikologis yang dialami. Semoga saya masih dan tetap di kasih kepercayaan untuk ikut dalam web ini… 🙂 Amin…. Thanks all…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 3.56 out of 5)
Loading...

55 thoughts on “Dukungan psikologis dari Lia

  1. yati

    Hi Lia,
    Salam kenal,senang sekali mendengar Lia suka mengikuti website ini walaupun usia masih sangat muda dan belum nikah (berkeluarga),kelak bila Lia sudah menikah belum tentu akan seperti kami2 yang mempunyai problem sulit mendapatkan momongan(sulit untuk bisa hamil)secara alami,terima kasih Lia, dengan bergabungnya Lia dalam website bayitabung ini dengan sendirinya sudah menjadi dukungan psikologis dari Lia.

  2. Lia

    Hai kak yati (atau mbak?) salam kenal juga ya..Thanks ya atas sambutannya buat aku,hehe…Jangan berkecil hati ya karna nggak hanya mbak aja yg ngalamin hal ini. Aku juga sbnrnya punya kakak yg blm punya momongan juga stlh 2 taon menikah n disarankan untuk ikut BT. Aku juga ngerti gmn perasaan kakak2 semuanya. Kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi besok2, jadi jangan patah semangat ya, terus berusaha n berdoa, pasti suatu saat ada jalan…Kalo mau tanya2 atau curhat, silakan ya…aku akan dengan senang hati membantu,hehe…

  3. Imel

    Hai Lia..
    Panggil aku kak Imel aja. Gini Lia, justru dengan optimisnya para dokter itu buat aku yakin pasti bisa.. tapi tetep aja blom berhasil. Kalo aku ngerjain sesuatu trus aku yakin bisa malah jadinya sebaliknya. Sedangkan sesuatu yg aku lakuin biasa2 aja, trs pasrah alias nothing to loose malah jadinya bagus lho. Bingung kan? hehe.. Emang sih di BT yg kedua aku sempet hamil sampai 7 minggu (sama kayak Yati) tapi keguguran karena flek2. Padahal di BT yg kedua itu aku yakiiin banget lho.. karena keadaannya jauh lebih baik dari BT yang pertama. Kalo kata suamiku sih emang belom waktunya Tuhan aja, mudah2an next program itu adalah sesuai dengan waktunya Tuhan.. amiin..

  4. Lia

    Halo kak imel…Kalo dokter punya keyakinan besar untuk bisa berhasil, pasti secara medis kondisi kak imel emang baik banget selama program, makanya mereka optimis berhasil. Apakah waktu dokter blg optimis itu, kak imel juga optimis? kalo kak imel berpikiran kayak gitu, brarti dlm mind set kak imel udah selalu berpikiran kalo optimis ujung2nya nggak berhasil n kalo nothing to loose bisa berhsil. Makanya ada saatnya kak imel mencoba untuk nggak optimis. Kalo menurut aku, kak imel terlalu cemas n takut, sama seperti kebanyakn temen2 yang lainnya. Jadi setiap hari diliputi perasaan takut, karna blm ngelewatin masa2 rentan kehamilan (trimester pertama). Jadi itulah yang bisa terus2an ada di pikiran kak imel n akhirnya mungkin itu penyebabnya bisa terjadi keguguran. Embrio (bnr kan ya?) itu kan ada dlm tubuh kak imel, jadi apapun yang kak imel lakuin n rasain, dia juga rasain. Pada saat kak imel lagi ngedown atau stress, dai juga bisa ikut stress lho, percaya nggak percaya. Makanya kalo di psikologi, kepribadian seseorang itu sudah mulai terbentuk sejak masa kehamilan. Apa yang dirasakan ibunya, bakal dirasain anaknya nanti. Kalo pada saat hamil ibunya suka cemas, nanti anaknya akan jadi pencemas, kalo ibunya suka sedih, nanti anaknya suka murung n sedih juga, karna dia biasa dengan keadaan seperti itu pada saat di rahim. Jadi, pada saat kak imel dlm kondisi stress atau cemas, keadaan diri kak imel juga jadi lemah. Kalo kak imel lemah, kondisi janin bisa lebih lemah lagi. Makanya lebih baik banyak gembira, jalani aja apa adanya n nikmati aja, hehe…Aku doain deh mudah2an nanti BT selanjutnya berhasil, amin….Btw, aku boleh skalian add di YM gak?hehe…

  5. Monica

    Hi Lia, saran kamu benar2 bagus deh. Aku juga pernah ikut BT, tapi belum berhasil, nanti akan coba lagi tahun depan.
    Pada masa2 penantian 12 hari sampai test kehamilan, disitu adalah saat2 dimana kita harus santai, ga boleh stress, ga boleh pikiran, harus relax dsb, dan kita juga jangan melakukan banyak aktivitas yang terlalu berat. Ada yang menyarankan bedrest total, ada juga yang menyarankan aktivitas normal. Aku termasuk yg menjalankan bedrest total, dimana aku tiduran di tempat tiduran terus (kecuali ke kamar mandi ya) sambil nonton TV atau baca buku.. awalnya memang santai, tapi menjelang hari H makin hari makin kepikiran, dan pastinya kita sangat berharap. Kata orang, jangan terlalu dipikirin, tapi bagaimana ya cara spy ga mikir, soalnya kita ga ngapa2in sama sekali.
    Kalau ditanya, aku ga stress kok, santai aja, ga terlalu dipikirin; tapi mungkin secara dibawah sadar aku kepikiran, krn 2 hari sebelum test aku ga bisa tidur, mungkin terlalu excited kali. Aku pikir, mungkin krn itu juga programku yang pertama tidak berhasil.
    Susah deh Li, untuk mengkontrol pikiran dan perasaan, karena makin kita berusaha ga mikirin, ternyata kita artinya sangat memikirkan..

  6. Lia

    Hai kak monica, salam kenal…(aku manggil apa ya?hehe….)Thanks ya atas pujian n kepercayaannya. Memang bener, semakin kita berusaha nggak memikirkan sesuatu, semakin kita jadi kepikiran. Itu memang kerja alam bawah sadar yang nggak kita sadari,hehe…Justru semakin kita berpikir untuk nggak kepikiran, di saat itu sebenernya kita lagi mikir juga. Jadi untuk ngatasin itu, bisa juga ngelakuin hal2 yang bisa bikin lupa sama pikiran itu. Kalo lagi bedrest, kak monic bisa nyantai sambil ngobrol2 sama orang2 yang ada di rumah misalnya. Soalnya kalo sendiri pasti ada saat dimana pikiran itu muncul lagi. Jadi perlu ada dukungan dari orang2 sekitar juga untuk membuat suasana hati kak monic jadi lebih nyantai.hehe…Saran aku, kalo misalnya kak monic ngerasa agak stress atau kepikiran, saat ditanyain ada baiknya kak monic juga bilang yang sbnrnya, jadi bisa lebih lega juga. Tanpa disadari, alam bawah sadar kita akan membuat sebuah pertahanan (biasa disebut defense mechanism ~dlm psikologi. Jadi pada saat ego kita terancam, secara nggak sadar kita akan ngelakuin sesuatu atau memikirkan sesuatu yng kita sndr nggak tau knp, salah satunya penyangkalan. Mungkin itulah kenapa kak monic bisa bilang nggak stress, walaupun sbnrnya dlm hati ada perasaan takut n agak sdkt stress (mungkin ya…)
    Jadi, untuk next program, aku saranin untuk lebih nyantai n positif thinking. Kalo misalnya ada sesuatu yang mengganjal di hati, ada baiknya diomongin sama orang2 terdekat atau yang dipercaya. Semoga saran aku bisa diterima n membantu ya. Kalo ada yang blm jelas atau pendapat lain, silakan,hehe….

  7. Monica

    Hi Lia, thanks berat lho atas saran2nya.. 100% diterima..hehe.. artinya aku diberi waktu 2 bulan sama Tuhan untuk bener2 mempersiapkan mental, harus latihan dari sekrg nih..:D
    Nanti pas bulan Januari, kayaknya aku bakalan sering chatting sama kamu nih..hehe

  8. therez

    Hi Lia..
    Ya, mmg defense mechanism itu ada. Tp gmn mbedain defense dgn upaya positive thinking?
    Kan gak selalu kita bisa bareng orang lain. Kdg klo lg sndirian n tiba2 pikiran2 negatif dateng, kita jd brusaha ‘mengenyahkan’ dgn sndirinya. Ya dlm rangka keep positive thinking itu lah.
    Aku samp punya cara sndiri. Tiap kali pikiran jelek dateng (aduh ngeflek gak ya, aduh gagal gak ya, aduh aduh dll), aku brusaha “ganti chanel” di kepalaku. Aku buang kekuatiran, n aku tarik simpenan pikiran2 senengku. Sampe aku udah tulisin apa2 aja yg bikin aku seneng, n klo lg sedih or ktakutan, aku baca aja catetanku.
    Aku gak ngerasa ini defense. Habis, gmn lg cara kita keep positive? Tambah lagi, kadang2 ngomongin ke orang lain itu malah bikin aku mewek2 lho, jd kayak mengasihani diri sndiri. Brdoa? Mmg kan itu satu2nya jalan dikala sndirian. Tp kdng jd nangis2 ndiri jg.. (gak tahu deh yang lain, tp aku jd suka brtanya2 sndiri: why me, God?)..
    Jd ujungnya ngures air mata lagi deh. Padahal itu lah yg harus dihindarkan di saat2 proses BT ini.
    Cicinya Lia sndiri gmn waktu mo BT? Lia brhasil ‘mempositifkan’ dia gak?

  9. Lia

    Hai ci therez, pa kabar? Defense mechanism itu kita lakukan dlm upaya mempertahankan ego yg sedang terancam. Itu terjadi tanpa disadari n kita pun nggak tau knp ngelakuin itu. Kalo kt sadar akan apa yg kita lakuin, itu bukan lagi defense mechanism…Yang udah dilakuin itu udah bagus banget kalo menurut aku. Mungkin nggak semua orang punya cara kayak gitu lho, bikin catatan gitu, boleh juga dicontoh,hehe…Kalo kyk di buku the secret kan dibilang di situ “pikirkan apa yang anda inginkan, bukan apa yang TIDAK anda inginkan” gitu lah kira2,hehe…Pada saat kita berdoa, kita dalam keadaan prasadar tuh biasanya, apalagi kalo yang udah doa terus2an (misalnya rosario kalo di katolik). Pada saat itu, hal2 apapun yang kita pikirin bersamaan dengan doa itu cepet banget menguasai keseluruhan perasaan kita. Mau tau nggak gmn caranya biar nggak nangis kalo lagi keinget yang sedih?jangan menunduk, tapi menghadaplah ke atas. Karna kalo kita nunduk artinya kita pasti berbicara sama diri sendiri (self talk), dan akhirnya pasti kebawa sama perasaan saat itu. kalo kita nengok ke atas, otomatis perasaan itu langsung di blok dgn sndrnya. Begitulah kira2 kerja otak kita, kan ada bagian di otak yg ngatur emosi. Mungkin ci therez juga lebih tau banyak soal itu karna dokter,hehe…

    Kalo ke ci2ku, aku slalu bilang hal yang sama, jangan mikirin apa yang orang lain omongin n nggak tau keadaan yang sebenarnya. Keluarga aku yang tau inti permasalahnnua nggak pernah juga mengeluarkan kata2 yang bikin dia down, malah dia cerita apa yg sbnrnya terjadi n kita saling support (karna aku lima bersaudara, 4 cewek n 1 cowok). Aku n ci2 ku lmyn terbuka soal masalah pribadi n dgn share itu dia juga nggak terlalu ada tekanan juga.hehe…Btw, ci2ku programnya nggak slsai waktu itu, terputus di tengah jalan. Mungkin nanti akan ikut lagi,hehe…

  10. therez

    Hi Lia.. bener jg tuh, klo mo nangis aku jg suka ndongak, maksudnya biar air matanya gak jadi kluar..
    Huh, kayaknya jadi cengeng banget ya..
    Dulu aku suka pingin nangis juga klo lagi periksa pasienku yang baby2 imut. Habis, lucu2 banget, apalagi matanya yang bulet n innocent. Dalem hati jd mikir “hmmm knp ya gak dikasih2 yang kayak gini.. Kenapa kok susah banget ya punya anak.. Apa salahku… knp aku susah bgt punya anak satuuuuu aja.. dlldsb bla2”
    Di 1 website aku prnah baca, ktnya salah satu pnyebab stres pd wanita infertil adalh berhadapan dgn anak2. Disana malah dianjurkan mnghindar dari anak2, n usahakan jgn brhub dgn mrk.
    Wah, aku pikir, klo aku mana mungkin.. profesiku nuntut aku sll ada brsama anak2. Tp apa iya justru kita harus mnghindari anak2 itu. Mrk kan ada dmn2, di mall,di jalanan, di WC umum, pokoke dimana mana sll akan ada anak2 imut melintas. Apalg kamar praktekku yg full ortu dgn anak2 lucunya minta diimunisasi. Aku sampai mikir, klo sarannya aku ikutin, brarti aku harus brenti jd dokter anak, menyepi or n ngerem dlm kamar.. Walah.. mana kuat…
    Skrg aku brubah pikiran aja deh. Klo lagi meriksa pasien lucu n imut, dlm hari aku mikir aja “hmmm.. satu saat aku bakal punya yang kayak gini..”
    Mudahan bukan defense mechanism yah Li..
    Any advice for a desperate pediatrician?

  11. yati

    Hi Imel,
    Imel, kita sudah pernah bertemu di Lam Wah Iee, waktu itu Imel bersama dengan Lina , ingat ngak ?
    Imel, Saya bulan Feb ini rencana mau thaw Cycle setelah gagal yang fresh kemarin.

  12. Imel

    Hai Therez..salam kenal!
    Jangan dong sampe menghindari anak kecil.. Justru dinikmatin aja kalo kamu lagi berhadapan sama pasienmu yg imut-imut itu. Yakin aja, disaat yang tepat kita pasti akan mempunyai anak.. amiin. Walaupun harus melalui jalan yg agak berliku ya.. hiks. Semangat terus… GBU

  13. Lia

    Hi ci therez, jangan desperate donk…Tunjukin donk semangat yang di kasih ke temen2 dari baca2 buku the secret, laskar pelangi,hehe…Bener kata kak imel, jangan menghindari anak kecil dan memang mereka nggak terhindarkan, dimana2 ada kyk yg ci therez blg. Aku agak kurang stuju dgn yg ada di web itu, karna menurutku kalo ada masalah kita mending menghadapinya, drpd dihindari. Karna kalo mslh dihindari, suatu saat dia akan datang lagi n berulang2. Lebih baik diatasi, walaupun awalnya sulit, tapi akhirnya psti enak,hehe…Justru biasanya orang akan ngelakuin kompensasi sm apa yg nggak dimiliki, dlm hal ini ya lbh deket dgn anak2 kecil. Bener banget tuh kalo musti bilang dlm hati “suatu saat aku akan punya yang kayak gini”

    To kak imel: Ci therez mau diajak ketemuan bareng juga nggak? kan kenal juga tuh ma ci mulia, biar bisa share langsung n nggak desperate,hehe…Mau??

  14. Imel

    Hai Therez.. kita harus meminimalkan masalah biar masalah itu ngak berasa berat banget jadinya. Aku umur 30 th, dah merried 4,5 tahun. Aku udah 2x BT dan gagal..hiks. Padahal secara medis aku ngak bermasalah. Tes ACA n Lupus juga negatif, cuma masalah di kualitas sperma suami aja. Awalnya sih aku stres bgt, tapi akhirnya aku yakinin diri, emang blom waktu-Nya aja kali ya.. biar tetep semangat terus buat nyoba lagi.

  15. Uly

    hai semua, nama ku uly, salam kenal yah .. aku sdh pernah sharing pengalaman hamil diluar kandungan ku ..

    Lia, aku org nya aga aneh kaya’nya, aku tipe yg ceria .. hihihihi, tp kl dah sedih, bisa minta ampuuuun sedihnya. aku ga panjang lebar lg cerita yah, kl lia smpt bisa baca pengalaman ku di web ini .. abis nya kl cerita selain panjang, rasa nya kok mengingat yg lama lg.

    skrg aku lg bingung, oleh dokter B, stlh dilakukan operasi, aku minta utk di hydrotubasi utk mengetahui ada sumbatan ga di tuba kiriku( yg semata wayang ) ternyata tersumbat, aku disuru therapy diathermi, stlh therapy aku coba kontrol ke dokter A yg awalnya menemukan masalah ku, kata beliau, tuba kiriku sdh tidak total tertutup, tinggal dikit aja yg ketutup, maka nya dokter menyarankan aku utk SHSS ( sejenis HSG tp tdk menggunakan radiologi melainkan ultrasonographi ), sblm itu dilaksanakan, teman karib ku sdh duluan dilakukan tindakan tsb pada dktr A, ternyata terjadi kasus, SHSS itu tdk dibius layak nya HSG, jd temen ku saking kesakitannya sampe akhirnya pingsan, suami nya ngamuk nih crita nya, krn sblm pingsan temen ku sdh smpt mengeluh ke dktr kl dia tdk kuat tp dktr nya suruh tahan aja, eh ternyata pingsan.

    singkat cerita, aku smsan sm dktr A, beliau menjelaskan kl temen ku stamina nya kurang kuat dan suami nya emosional. akhir nya selesai deh, tinggal giliran ku, pas aku tlp di hari 1 haid, ternyata dktr A melalui suster nya bilang kl beliau mst keluar kota, feeling ku bicara kl dktr tdk mau melakukan tindakan SHSS krn mgkn takut terjadi hal yg sama, suami ngamuk …hehehehe. tp suami ku adalah org yg sll berpikiran positif, katanya mugkin dktr lg sibuk ..

    akhirnya krn keyakinan ku tsb, aku smpt vakum 1 bln utk tindakan SHSS. tgl 29oct, pas hari 1 haid, aku tlp klinik nya utk minta schedule SHSS, lagi2 suster bilang dktr sibuk, aku tanya sampe kpn, gapa2 deh aku nunggu, tp jawabnya UFN .. (until further notice) wuaduh .. feeling ku semakin kuat bahwa dktr memang ga mau melakukan tindakan ke aku. akhir nya aku smpt curhat ke suster dan ternyata memang benar, dktr menghindari aku .. wah, smpt aku down bgt .. kok gw yg kena imbas nya yah ..

    hari ini aku mengunjungi dktr C (aku ga balik lg ke dktr B krn beliau menyarankan utk laparoskopi guna membuka sumbatan, aku ga mau di LO lg, kmrn sdh LO. lagian kata dktr A, LO terkadang malah merusak jaringan di tuba, pusing kan ..). hasil dr kunjungan ke dktr C, aku disarankan BT, kata beliau, percuma mau ikut segala jenis tindakan, itu akan membuang uang dan waktu, apalagi kt dktr umur ku sdh diatas 30 tepatnya 35thn, tindakan2 tsb sah2 sj dilakukan kalau usia masih dibawah 30.

    skrg aku lg pusing, smp aku bertanya berulang2 ke suamiku, apa dia tdk merasa terbebani krn akhirnya kondisi harus spt ini, aku ngerasa jd nyusahin suami ku bgt, kasian suami ku, mgkn kl ga merit ma aku, dia bisa dng mudah utk memiliki keturunan. itu yg membuat aku ragu utk maju BT, apalg kami belum memiliki cukup biaya utk itu ..

    lia, add aku deh di YM hutagalung_uly@yahoo.com yah ..

    thanks a lot yah lia (btw, panggil aku ka uly ajah, tp panggil uly jg oke ..)

  16. ati

    Hi uly
    aku juga tuba kanan kali ada sumbatan ,tapi dokter saranin biarin aja karena biar udah dioperasi ntar biasanya nyumbat kembali ,oya umurku kali pengaruh udah 39,mudah mudahan info ini berguna buat uly.yg sabar yach jangan nyalahin diri sendiri,untuk biaya Dr Aucky sangat murah begitu juga Dr Ng di penang bahkan lebih murah kudengar dari yg udah BT disana.

  17. Uly

    hai mba ati,trima kasih perhatiannya.

    hari ini aku konsul ke dr. indra anwar di bunda morula .. bulan depan aku mulai utk program, haid akhir bln ini aku sdh mesti periksa darah. biaya bt sekitar 54jt, semua dah komplit tuh, sampe utk biaya frozen embryo juga .. suntikan gonal f 300mg dihitung utk 8 kali suntikan.

    dr. indra bilang, kl pun aku LO lg utk mengkoreksi sumbatan, belum tentu pd saat sumbatan terbuka, aku bisa hamil, malah kemungkinan tetap hrs BT, jd dari pada buang2 uang mending BT aja lgsg. bener juga sih ..

    suami ku sudah di anjurkan utk periksa darah, nanti pd saat aku periksa darah, suamiku periksa sperma.

    dr td aku nangis2 melulu .. rasa nya ga percaya aja, tapi yah ini lah rancangan TUHAN utk hidup ku .. aku yakin Rancangan nya bukan rancangan kesusahan .. ini harus jd tantangan yah mba .. iman kita di uji ..

    mba ati skrg ngapain dong?sdh lg menjalani apa?

    kabar2i yah mba .. thanks ..

  18. Lia

    Hai kak Uly, salam kenal ya….Sebelumnya aku cukup prihatin sama kejadian yang kak uly alami. Thanks ya udah mau berbagi di sini, mudah2an bisa membantu teman2 lain yang punya pengalaman yang sama juga. Aku juga ikut merasakan gimana sedihnya perasaan kak uly dengan ketidakjelasan dokter, apalagi sampai menghindari pasien. Aku juga nggak tau, apakah ini melanggar kode etik kedokteran atau nggak (gimana bu dokter therez?). Perasaan sedih n kecewa itu wajar kok, semua orang yang ngalamin hal ini juga pasti akan merasakan hal yang sama. Kalo menurut aku, kak uly jangan berpikiran seperti itu, karna suami pasti akan kecewa dengan apa yang kak uly pikirkan. Apalagi kak uly sempet bilang kalo suami adalah orang yang positif thinking. Suami juga akan melakukan yang terbaik buat kak uly, buktinya dia memberikan tanggapan positif sama pemikiran kak uly terhadap dokter itu, pasti dengan maksud agar kak uly bisa lebih tenang n skaligus ngasih dukungan. Dari situ bisa kelihatan kalo suami kak uly berusaha untuk selalu mendukung apapun keadaannya. Menututku, ada baiknya kalo kak Uly lebih menghargai apa yang dilakukan suami, misalnya dengan bilang makasih atas dukungan yang udah dia kasih. Kalo kak uly terus bertanya apakah kak uly nyusahin, nanti suami malah akan sedih n menganggap usaha yang dia lakukan selama ini sia2. Seperti yang aku pernah bilang, kalo laki2 itu menilai sesuatu dengan prestasi. kalo dia nggak ngerasa dihargai, dia akan merasa gagal sebagai suami. jangan berpikir kalo suami diam berarti dia nggak perduli, karna dalam diam mereka lagi memikirkan jawaban untuk membantu. Intinya adalah kak uly harus tetap positif thinking seperti suami.

    Masalah biaya, ada yang bilang kalo di penang lebih murah daripada di Indo. Mungkin kak uly bisa tanya2 sama yang sudah pernah ke sana, misalnya mulia, imel atau yang lain. Aku uda add di YM, nanti kita chatting ya, skalian sama temen2 yang lain. Oh iya, waktu hari senin kemarin kita ketemuan n saling sharing langsung. Aku rasa kak uly juga perlu untuk sharing langsung, supaya bisa lebih optimis dan lebih tau banyak tentang informasi2 dr temen2 yang lain. Kalo ada kumpul2 lagi, nanti ikut ya…Mudah2an saran aku bisa membantu, paling nggak membuat lebih lega,hehe…Kalo ada yang msh bingung atau mau ditanyakan, silakan….

    Tetap semangat ya, jangan menyerah n tetap berdoa, pasti ada jalan…..Amin…

  19. Uly

    lia, makasiy byk yah .. jadi agak lega .. memang suami ku adalah org yg paling mengerti .. sering aku minta maaf krn akhirnya membuat dia bingung dng sikap ku ..

    tapi aku berusaha sekuat mungkin utk meminimalisir kondisi mood ku yg terkadang naik turun ..

    memang sih, yg aku baca di website ini kalo di penang lebih murah, tapi apa tidak jatuh nya sama aja dng jakarta, krn ditambah living cost di sana. lagian suami ku ga mau ninggalin aku sndr walaupun ditemenin sm nyokap, kata nya kl biaya nya cuma beda dikit mending di jkt aja ..

    sekarang aku lg dlm kondisi tenang nih .. paling nanti kl mumet lg, pasti aku krm message lg ..

    hebat kamu lia, salut aku .. cepet lulus yah jadi kita punya private counsellor ..

    thanks a lot yah lia ..

  20. therez

    Lia, boleh juga tuh kapan2 ketemuan. lama2 kita bisa bikin support grup. baca femina baru, skrg kan banyak support grup, isinya sekelompok manusia senasib sepenanggungan, yg bisa ngasih penguatan satu sama lain, skalian info+ saran buat dishare bareng.
    Tapi mnrt the secret, kita sebaiknya berkumpul sesuai kelompok yang kita inginkan. jadi klo pingin merit blm punya pasangan, pilihnya main sama kelomp yang udah brpasangan. trus klo pingin punya anak, kumpullah sama kelomp ibu2 +anak2nya yg lucu2. tapi ini kayaknya rada sulit diterapkan. krn kita umumnya pingin curhat n share ama yg senasib, ya gak temen2…

  21. Lia

    Thanks kak Uly…Wah, senengnya punya suami yang selalu mengerti n ngasih support. Keliatannya suami kak Uly sayang n care banget ya orangnya. Bersyukur ya punya suami kayak gitu,hehe…

    Kalo masalah mood, semua cewek juga ngalamin hal yang sama kok, moodnya gampang banget brubah n kalo lagi gak mood bisa2 bikin orang jadi kesel gitu. Kalo kata buku Mars n Venus, wanita itu seperti gelombong (moodnya naik turun), laki2 seperti karet gelang (kalo lagi gak mood mereka malah menarik diri). Apalagi kalo cewek lagi PMS, seharusnya cowok ngerti ya. Tapi cowok sulit memahami pemikiran cewek, karna mereka nggak hidup di dunia yang semuanya menggunakan perasaan. Hehe..Makanya ada lagu “Karena wanita ingin dimengerti” Bener juga kayaknya tuh lagu,hehe…Btw, kapan2 chatting ya, uda aku add di YM…Kalo ada rencana mau ketemuan nanti dikasih kabar ya…Tetap semangat n optimis, okay…

  22. Lia

    Ya…betul..Kecenderungan manusia itu nyari temen2 yang sama atau senasib. Nggak usah jauh2 deh, kalo kita lagi di luar negri aja, yang kita nggak ngerti sama bahasa mereka, kalo ketemu orang yg keliatan ngomongnya indo aja, kita langsung pengen cari tau n kenalan sama orang itu karna senasib..

    Memang kita seharusnya bikin support group ya, biar kita saling menguatkan satu sama lain n nggak ngrasa sendiri. Rencananya sih minggu depan kita mau ketemuan, kira2 ci therez bisanya hari apa kalo ktmuan? Nanti dikabarin lagi ya…Btw, punya YM gak?Aku udah add, tapi blm di approve…Biar lebih gampang kalo mau ngabarin,hehe…

    Salut juga buat bu dokter yang satu ini, pengetahuannya luas banget. Kayaknya segala jenis bacaan jadi makanan sehari2 deh, jurnal2 penelitian kayaknya udah jadi temen maen,hehe….Thanks ya karna udah “menyirami” kita2 dengan banyak pengetahuan,hehe….

  23. Lia

    ….INVITATION…
    Hai all….Untuk lebih mempererat hubungan pertemanan n dukungan, skaligus biar bisa share bareng, hari sabtu ini tanggal 15/11/2008 ada acara ketemuan di Mal Taman Anggrek, Jak-bar jam 11. Di sana bakal ada beberapa anggota web bayi tabung, ada mulia, imel, alida, herny, dll (termasuk lia donk,hehe…). So, temen2 yang laen, ayo ikutan gabung juga…For info or confirmation hub lia (florent_imut@yahoo.co.id)atau mulia ya…ditunggu lho kabarnya, sblm hari H ya….Thank’s….

  24. Uly

    Yaaaaaah, liaaaa, aku pengen dateng tp ga bisa … bertepatan dng acara lamaran sepupu ku .. bte, bsk2 bikin nya di tengah dong yah … di PS lah .. aku soal nya tinggal di depok … hihihihihi .. membelah jakarta tuh …

  25. Lia

    Yah…nggak bisa dateng ya….Ya uda, kumpul2 selanjutnya aja ya ikutan,hehe…Tadinya sih emang pengen di Selatan, cuma akhirnya dibuat keputusan di daerah barat.hehe… Nanti selanjutnya kita jalan di senayan city aja deh ya,hehe….

  26. Lia

    Hai kak olip, pa kabar? Seru euy, ada 14 orang yang dateng, kita makan2 di Samudra suki TA (all u can eat), dari jam 11 smp jam stgh 3 sambil ngobrol2. (rahasia ni,hihi…) ada beberapa anggota yang makan buanyak,haha…Btw, punya facebook gak?aku uda add foto2 yang di TA kmrn di situ, nanti liat aja. Bikin facebook dong,hehe…Nanti untuk ketemuan selanjutnya dateng ya, rame n seru lho…Ada lucunya juga, tiap kali ada anggota baru yang nyampe n keliatan bingung, pas sampe depan pintu restorannya, pasti pelayannya langsung nanya, temennya Mulia ya? Emang dy terkenal banget, nggak hanya di Web, di Penang, sampe TA juga,haha…

  27. therez

    Lia.. wah, seru banget ya .. sayang kmrn gak bs ikutan gara2 kena flu parah… gara2 kecapean n ktularan pasien ngkali nih.. 🙁
    Btw,lain kali bikin lagi ya Li.. N klo bisa minggu, soale sabtu itu “hari praktek sedunia” tuh.. hehe..

  28. Olip

    usul buat bos admin (mbak Yeni): dibuatin postingan khusus tuk pertemuan rutin peserta blog ini… biar yg berhalangan datang masi bisa terhibur,

    To Lia: foto2nya bisa ditampilin ga di sini (tentu dengan ijinnya bos admin kita)

  29. Lia

    Hai bu dokter…Uda sembuh blm skrg?hehe…Iya nih, laen kali kita bikin acara ngumpul2nya diusahain hari yang semuanya bisa. Ada yang ngusulin pertengahan bulan ntar, tapi blm tau lagi kapan. Nanti dikabarin deh kalo mau ada ketemuan lagi. Btw, punya facebook ato Ym gak? Foto2 kita waktu ketemuan kemaren dimasukin di facebook, nanti join juga ya,hehe…ditunggu lho…

  30. Yenni

    Hi Olip, Lia very good idea… bisa kamu kirim detail pertemuan dan fotonya ke … biar support buat ibu2 lebih mantap.

  31. yati

    Untuk teman-teman semua yang membaca situs ini, mau tanya nih!
    Apakah pernah berpengalaman, atau mendengar kabar ,bahwa
    untuk thaw cycle yang di ET cuma/hanya dua embrio (beku)saja
    tapi berhasil positif hamil, trims

  32. therez

    Lia.. facebook aku namanya “Therez Daton”.. mau dong di-invite.. Klo YM-ku gak tau ni error mulu.. OK, c u…

  33. itha

    Hi Yati, salam kenal..
    yati bisa baca sharing pengalaman Yuika, dia thaw embrio hanya 1 dan yg usianya sdh 2 tahun lho dan sekarang dia sdh hamil.
    kalo di sharing ngak ada, ketik di SEARCH aja dan enter.Yati mau thaw dimana kapan rencana thawnya.
    Kamu ngak sendirian kok Yat, aku jg mau thaw nih Januari 2009 nanti. Semoga kita sukses ya

  34. therez

    yati.. cb baca “pengalaman kberhasilan bayi tabung Yuika” di kategori ‘brhasil hamil’. Dgn 1 embrio beku yg disimpan dah 2 tahun, dia berhasil hamil! amazing banget kan..

  35. olip

    to Lia & panitia acara pertemuan peserta blog ini, bgmn kl tar undang jg si ratu ngebor? dia kan uda hamil jg ikut di siloam hihi pasti seru

  36. Lia

    Okeh de, aku akan masukin foto2 yang ketemuan kemaren di Web ini juga…Jadi ntar bagian foto isinya bukan cuma baby donk, tapi mommy2 n calon mommy juga,hehe…

    To kak olip: Boleh juga tuh kita undang….Hmmm aku tau gimana cara kita ngundangnya…Teman kita monic pernah ketemu n program bareng sama inul…Mungkin dy kenal ya?haha…Biar ntar kita2 bisa dikasih nonton konser gratis ala inul,haha…
    Miss augry, apakah anda setuju n kenal dengan sang ratu ngebor?hihi….

  37. Lia

    INVITATION….

    Hai all….Anggota Web BT mau gathering lagi nih yang ke2…Acara ngumpul2nya di Senayan City (Urban kitchen) hari sabtu, tanggal 13 Desember 2008…Bakalan ada banyak anggota web BT yang ikutan lho…(sejauh ini uda ada 15 orang yang ikutan)…so, yang laen pada ikutan juga ya, terutama yang belum pernah ikutan n yang uda berhasil (biar bisa sharing langsung sama yang lain,hehe…) seru lho…hehe….4 info hub lia or mulia ya…thanks…see u there….

  38. yati

    Hai Itha, Saya rencana thaw Feb ini ,di Lam wah Iee dgn Dr. Ng, selama ini tetap positif hamil, thn lalu pernah thaw juga positif hamil cuma bhcg rendah jadinya disuruh buang ,cuma yg kemarin itu ET 3 embrio,thanks ya, moga kali ini berhasil .

  39. yati

    Dengar kabar dr infotement, Inul Daratista (Ratu Ngebol) sudah hamil dgn program bayi tabung , kalau benar beritanya
    untuk Inul selamat ya, jaga kandungannya baik-baik, jangan stres ya. bukankah sudah lama menunggu kehamilan ini.

  40. Lia

    ….INVITATION….

    Hai all….acara ngumpul2 anggota web diadain di Senayan City (urban kitchen lt 5) hari sabtu tanggal 13 des jam 11 ya…Kalo ada yang mau ikutan kabarin dulu ya, soalnya uda book tempat, jadi ntar biar bisa ada persiapan dulu…okeh…pada dateng ya…see ya…

  41. ida

    dear lia …

    Hii all salam kenal yah … aku baru baca soal postingan ini (telat banget yak). Lia hebat yah kamu … masih muda tapi bisa support. Aku juga baru mau ngejalanin bayi tabung en rencana di klinik yasmin cipto. Kemarin sempat di LO karena ada penyumbatan di kanan, ternyata setelah di LO penyumbatan itu gak bisa di buka juga. Sekarang aku lagi sedih banget, jadinya suka nyalahin diri sendiri. Setiap bangun tidur selalu nangis. Hubby sih support banget, tapi aku nya suka down. Btw aku dah add kamu di ym aku yah lia.

  42. ari

    Hi Lia….salam kenal ya, aku Ari, sama lo kita, dulu kuliahnya Psikologi :), seneng banget nemu temen sejurusan hihihi…

    Bedanya, saya sudah menikah selama 5,5 tahun, dan sedang dalam perjalanan menanti bayi tabung juga (kalo lancar Juni 2009). Jujur aja ni Lia,…walau saya udah kuliah Psikologi bertahun2 dan (alhamdulillah) lulus sebagai sarjana hehehe…yang notabenenya tahu teori2 tentang bagaimana harus berperilaku positif dan lain2 , tetep aja rasanya seperti kena “bom” waktu tau bahwa kedua saluran telur saya tersumbat :). Berat banget rasanya…, perasaan denial dan tertekan datang silih berganti, tapi demi sebuah mimpi harus terus bangkit.

    Berbagai proses yang telah dijalani, yang tentu saja melibatkan waktu yang lama, pikiran, dan tentu saja dana…dan tidak tahu kapan ujungnya, tidak tahu berhasil atau tidaknya, merupakan pembelajaran tersendiri buat saya pribadi. Ini merupakan sebuah pengalaman spiritual buat saya, bagaimana proses denial terhadap kenyataan2 berubah pelan2 (walau laaammaaaa bgt)menjadi sebuah penerimaan. Bagaimana saya “merelakan” uang gaji habis diawal bulan untuk berobat tapi gak tau kapan “sembuhnya” alias jadi hamil. Bagaimana saya berbesar hati dengan lingkungan yang sangat mengharapkan saya “isi”, dan kadang bikin males ketemu keluarga besar hehehe…..

    Ternyata penerimaan adalah inti segalanya. Menerima keadaan berarti ya menerima.Kalo kita menerima, pasti orang lain juga perlahan2 akan menerima kita. Sulit banget awalnya…menjaga semangat yang naik turun juga tidak mudah, menanamkan pemikiran bahwa “uang” itu numpang lewat dan insyaallah rejeki sudah ada yang mengatur. Tapi pada akhirnya kalo ada orang2 yang terus berjuang apalagi sampaei ke tahap bayi tabung dan berkali-kali …harus saya acungi jempol, itu butuh motivasi dan semangat yang luar biasa, saya juga yakin semua perjuangan pasti ada hasilnya.Entah itu nanti menimang bayi atau tidak, ternyata itu semua sudah ada yang mengatur. Sekali lagi gak mudah.

    Seneng banget kalo ada support grup, walau saya gak bisa dateng yah, di Jakarta soalnya yah?? hihihii….tapi bisa lewat YM kan yaa 🙂
    oya lia, dan kawan2 lain yang pingin sharing2 mau dong saya di add id YM saya: arioktora.

    Sekian dulu mohon maaf kalo ada yang kurang berkenan dan terimakasih mau baca curhatan saya hehehe…

    Salam,
    Ari
    *yangsedangterusmenerusmenatadiri*

  43. leni

    dear all,
    hi….aq baru nemu situs ini.aq (25th)jg ud merit 1 th 2 bl blm hml jg:(
    bwt mbk lia, boleh sharing lwt imel gak?

  44. Nani

    Hi Ari,
    salam kenal,
    Ari aku sdh 14 thn menikah, sepanjang pernikahan aku tak pernah hml, diawal pernikahan aku ada ke dokter(dilaparaskopi tak ada permasalahannya) dokter bilang aku sehat, bahkan bilang aku pasti hamil) sejak itu aku tdk pernah kedokter lagi.
    seiring berjlnnya wkt aku ngak pernah hml namun aku cuek/tak terpikirkan utk hml krn suami juga tak pernah membicarakannya.
    Bagaimana aku bisa mengunjungi dokter kembali?
    Ya satu wkt aku dengar kata, dimana dipertanyakan kenapa aku tak hamil2, lalu knp tdk pinjam rahim dgn wanita lain? kata pinjam rahim itu yg buat aku shock, spt satu peringatan, lalu kedokter lg.
    krn usia yg mulai rawan, pilihan ke prgrm bayi tabung.
    pertama kali menjlninya yg ada dipikiranku adalah nih aku kan tunjukin bahwa aku hamil,sptnya balas dendam.
    apa yang terjadi? belum berhasil. bbrp kali gagal membuat mataku terbuka dimana kita sebagai manusia dapat berusaha namum Tuhan jugalah yang menjawab.
    Spt Ari bilang “AKHIR ” nya itu bagaimana? apakah aku boleh merasakan melahirkan atau sama sekali tdk pernah merasakannya, jwbnya hanya ada di tanganNya.
    Dgn pernahnya aku menjlni prgrm ini, sedikit terobati krn aku pernah merasakan apa itu hml(sementara)dan sebgn masalah sdh terjwb yaitu ternyata aku bisa hamil.
    Mungkin inilah jln yg hrs aku lalui , bila aku tak bertemu dgn kata2 tsb mgkn sp kini aku takkan pernah merasakan apa itu kehamilan, kata yg awalnya buatku shock ternyata tlh membantu aku, terlebih sdh mengenal apa itu prgrm bayi tab.

  45. ari

    Hai mb Nani…

    wahh….speechless deh mba..salutt….
    Membaca pengalaman mb Nani, sepertinya Mb Nani sudah tahu apa yang terjadi, berusaha tetap optimis ditengah2 kesulitan emang gak mudah ya mba…

    Saya memang belum mencapai tahapan yang dialami mb Nani, dan saya jadi tahu bahwa mb Nani pasti sudah melalui episode2 menakjubkan, bisa dibilang 2 x lipat lebih berat dari apa yang saya alami 🙂

    Mb Nani, dengan segala keterbatasan saya Mba, yang bisa saya lakukan adalah melantunkan doa agar kita semua diberi kekuatan untuk melanjutkan ikhtiar dan berusaha tetap berpikiran positif dan melakukan kegiatan2 positif didunia ini. Juga tetap yakin bahwa Tuhan tidak tidur, Maha Melihat apa yang dilakukan hamba2Nya.
    Saya yakin teman2 seperjuangan yang lain, sedang berusaha untuk menguatkan diri masing2 untuk mencapai impian.

    Yah…hidup cuma sementara, mumpung masih hidup dan masih diberi kesempatan untuk berjuang yah….life must go on..
    Tapi saya sih tidak memungkiri, hidup gak selamanya indah. Kalo saya lelah dan ingin menangis, ya menangislah saya. Kalo lagi capek, ya istirahat dululah saya.

    Dengan saling berbagi beban, saya hanya berharap, saya pun bisa melalui ini semua.
    Mb Nani, dan kawan2 yg lain, tetap semangat yah !!!
    🙂

  46. Nani

    Hi Ari,
    Semoga Juni ini Ari sdh mulai prgrm bayi tabung, jangan biarkan wkt berlalu , problemnya disaluran aja ,kemungkinan berhslnya lebih banyak, kalo aku sdh termsk katagori agak terlambat.
    thanks & good luck u/mu & kel.

  47. lia

    Dear mb ari, leni n nani..maap banget ya, aku udah lama nggak buka postingan ini (padahal punya sndr,hehe..).paling kalo buka di pertemuan ibu2,hehe….@ mbak ari, aku udah add lwt YM ya…buat mb leni, add Ym aku aja, di florent_imut hehe….kalo ada yang punya facebook bisa add aku juga dgn nama lia tjoa. Biasanya temen2 suka ngobrol di FB n YM..ditunggu yah..kalo yg mau sharing boleh..kebetulan aku udah lulus jadi sarjana psikologi,hehe….Semangat yah ^ ^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*