Dilema neh, normal dulu, insem atau bayi tabung – Lauren

Saya sudah hampir 3 thn menikah (umur skrg 27thn), tapi blm punya momongan. Suami Istri diperiksa, menurut dokter tidak ada keluhan apa2. Saya jg udah periksa hormon, jg tidak ada masalah. HSG tuba paten tapi ada tulisan hypoplasia salphinx, spill (+). ga tau apa tuh.

Dokter di bali dan surabaya semua bilang HSG OK, dilihat hasil rongsen-nya. Konsul ke dokter di bali sampe 5 dokter ganti2, jg blm membuahkan hasil. didiagnosa oleh salah satu dokter bali ada antibody sperma. Ternyata wkt PCT di sby, dgn Dr. Prajitno, sperma bagus en bergerak lincah, jadi tidak mungkin ada antibody terhadap sperma. berobat dengan beliau sudah hampir 1 thn jg belum membuahkan hasil.

Ke spore saya sendirian, suami tidak ikut wkt itu. saya di USG lengkap, jg tidak diketemukan apapun, menurut analisa dokter di TMC en Gleaneagles, semua OK. Akhirnya balik lagi ke bali. Suami di test lagi spermanya di klinik khusus infertilitas (biasanya sih di prodia hasil Normozoospermia), ternyata hasil bln Sept 2009, Asthenoteratozoospermia. Apa mungkin hasil test prodia tidak akurat? Soalnya thn 2006 test di klinik infertilitas hasilnya Teratozoospermia. setelah itu semua test sperma di prodia. skrg saya bingung.

Hasil terakhir konsul dengan dokter kandungan dan infertil di bali sperma suami bagus tidak ada masalah, cuma dikasih antioksidan dan vitamin sperma Lycoten (kalo ga salah) dan saya dianjurkan untuk laparaskopi. Dokter andrologi menyarankan bayi tabung aja langsung. Gimana ya baiknya? Mohon sharingnya. Thx.

Oh ya, saya jg sudah pernah insem, sekali, tapi gagal. saya HSG bln nov 2007, apa perlu ulang HSG? Menurut dokter yang terakhir, kalau sudah melewati 6 bln, keakuratannya sudah berkurang. dilema neh…sudah pernah konsul dengan dr. Aucky, beliau menyarankan 3 hal, normal dulu, krn umur masih muda (kurang dari 30thn), or insem or bayi tabung. Menurut suami langsung aja bayi tabung bln Januari 2010. tapi saya masih mo sharing2 dulu gimana baiknya. Biaya utk Laparaskopi=8jt. Thx

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...

21 thoughts on “Dilema neh, normal dulu, insem atau bayi tabung – Lauren

  1. Yustin

    Hi Bunda Lauren .. Salam kenal
    Sy di bali. Bulan Desember kmrn sy KETdi tuba kiri, lalu menjalani Laparotomi. Januari kmrn kontrol ke dspog lg, dinyatakan hidrosalping tuba kanan . Disarankan oleh dokter untuk laparoskopi dilanjut dengan BT. Klo boleh sy tau, kmrn bunda Lauren apa jd Laparoskopi? Klo jadi, di bali ato dmana?
    Mohon sharingnya.
    Klo bs , boleh sy minta alamat emailnya?
    Thank’s

  2. didi

    hiii,,,, untuk yang pernag inseminasi, mau tanya donk. kira2 perlu waktu berapa lama ya untuk inseminasi ini? karena saya tugas di flores, rencananya insem di bali atau sby,, tapi kalau waktunya lama saya bisa pikirkan matang2 untuk persiapannya.

  3. Lauren

    Herlina: Hi Lina, saya di bali. Klo di Bali Lina coba ??n inseminasi Dr. I Putu Gde Wardhiana,SpOG (Apotik sudirman Agung, seberang Miko salon), Jl.Diponegoro 176 Denpasar-Bali, telp: 0361-+62361241036, HP: +62811392406. Soal keberhasilan 10-20% (tergantung umur), biaya kurang lebih 2-3jt. Dikonsultasikan dulu aja, bawa smua laporan pemeriksaan yg prnh Lina & suami jalani. Biasanya klo suami sperm encer, nanti akan dirujuk ke dokter androlog (alamat dan tmpt yg sama, di Lantai 2) ??n dr. NONo Tondohusodo. Biasa sblm insem, suami dan istri akan diberikan vitamin. Smoga berhasil ??”? :).

  4. herlina

    Helloo all..sy Lina (41th) dah nikah selama 6 th blm jg diksh momongan.sy & suami sdh pernah periksa di kupang sama dok.spesialis kandungan dan katanya semua baik2 sj cm suamiku yg katanya sperma sdkt encer.skrg sy tertarik dgn insem di Bali tp gak th sama dokt siapa & jg gak tahu alamatnya.Tolong donk klu ada yg th alamat &no.HPnya biar sy bisa konsul dl sebelum pergi kesana

  5. terra

    sy udh 3 thn menikah sy udh 5 kali kguguran tp kelimanya sy kguguran..dkarenakan ada virus rubela n miom..
    sy bingung mau di operasi apa berobat tradisional???
    pngobatan virus rubelanya udh sy lakukan,,tinggal miomnya aja..mau di operasi apa dengan tradisioanl??

  6. ika

    saya (30th) dan suami(34th) jg blm pny baby, nikah dah hmpr 4 thn… suami sdh SA, hasilnya asthenoteratozoospermia, sy keputihan sm overwight, ada yg pny pengalaman sama trs berhasil hamil?? mohon infonya

    makasi

  7. Lauren

    Ully : mungkin bisa coba dgn dr.Aucky Hinting (dokternya inul daratista), Beliau praktek di Siloam Hospital di surabaya. Coba konseling dulu ama beliau, soal biaya tergantung usia. Yang penting jgn patah semangat ya :).

    Yuliana: alo yul, saya pernah inseminasi 1X thn 2008 dgn dr. putu Wardhiana (Apotik sudirman Agung, seberang Miko salon), tapi gagal, ga tau kenapa. Tapi malah thn 2009 Tuhan malah ngasih saya hamil tanpa program apapun, skrg baby udah 1bln lebih. Kalo Yuli mo coba insem, boleh dengan beliau, soal keberhasilan 10-20%, biaya kurang lebih 2-3jt. Yang penting, kalo program hamil emang ga boleh stress, soalnya berpengaruh banget. Emang sih utk ga stress susah sekali ngejalaninnya. tapi usahakan untuk relax. hari libur sabtu or minggu, pergi jalan2, entah ke bedugul, ke pantai, nginap di hotel, yang penting having fun en untuk menghilangkan kepenatan dan pikiran kita untuk pengen hamil. gud luck ya sis 🙂

    utk semua: jgn pernah patah semangat ya. Semua itu akan lebih indah pada wktnya :). yg terpenting jgn stress :).

  8. yuliana

    aloo….
    Saya juga tinggal di bali, inseminasi bali dg surabaya lebih bagus mana ya? Biaya inseminasi di bali berapa ya? Dg dokter sapa? Terima kasih

  9. ully

    salam kenal,
    saya sudah menikah hampir 7 tahun. suami saya ada gangguan di sperma..azzospermatozoa (kalo tdak salh). kira2 inseminasi bisa gak ya dengan kondisi spt ini..soalnya dokter di s’pore sih nyaranin BT tp kita blm punya dana yg cukup

  10. Lauren

    Dear all friends,
    Thx buat supportnya…sorry lama ga reply….soalnya ada kabar baik, saya udah hamil, skrg memasuki 15 weeks. Tidak ada keluhan apapun, mual atau semacamnya, spt biasa aja. Padahal dah 2 bln ga program sama dokter, bingung mo insem or bayi tabung awal 2010, eh malah dikasih ama yang di ATAS. Benar2 hadiah dari Tuhan pada wkt Natal en Taon Baru. Sempet down awalnya, soalnya saya pikir mens saya kacau, adik ipar malah udah + duluan…. suami en mertua mungkin punya feeling, mrk berdua kukuh suruh saya testpack, padahal udah takut dengan testpack. Akhirnya pagi2 memberanikan diri, udah hopeless, tau2 ada 2 garis. Emang garis kedua awalnya masih nge-pink. Akhirnya test lagi pake testpack lain, tetep 2 garis. Seneng, haru, pokoknya campur aduk perasaan mengetahui akhirnya penantian tidak sia2.

    Mungkin setelah sekian lama berobat bolak balik, pindah sana sini. Pada wkt ga program 2 bln terakhir, pikiran jadi lebih relax, ga mikir macam2. Mo ML, ya ok, ga jg OK. tidak pusingin ukur suhu basal tubuh, ga pusingin kapan ovulasi, semua berjalan sesuka hati, mungkin karena “pikiran” sangat berpengaruh ya….soalnya semua org bilang semakin kita pikirin semakin kita “stress” walau kita sendiri ga sadar kalo kita stress. Atau mungkin ada sebab lain. Entahlah…Yang pasti bersyukur banget udah dikasih kepercayaan oleh Tuhan dan bisa hamil dengan cara alami. Saya doakan semua kalian semua jg cepat berhasil programnya….yang penting jgn stress ya :).

    Shani : saya pakai dr. Wardhiana (Apotik Sudirman Agung, Jl. Diponegoro, seberang Miko Salon). DUlu konsul prog hamil dengan beliau, tp ga berhasil. akhirnya gonta/i dokter en malah ga prog berhasil hamil. Dokternya wkt ketemu saya sempet surprise….akhirnya bisa hamil. Beliau ikut senang. Dokternya lumayan OK, ramah en jg ga terburu2 dengan pasien, sabar sekali.

  11. eko

    tolong untuk cek sperma dan untuk istrisaya di daerah vaginanya sering mengeluarkan keputihan, biayanya semuanya berapa, alamat cek up nya dimana? buka sampai jam berapa?

  12. Syani

    Dear Lauren,

    Saya juga di Bali. Menikah 2 th 2 bulan. Sy 29, suami 30.
    Setelah setahun menikah kami coba konsultasi ke dokter,bbrp bulan bolak balik ke dokter tanpa hasil..tibalah giliran suami cek sperma. Namun suami malah menolak, akhirnya sampai sekarang sy masih belum melanjutkan usaha program utk punya bayi ke dokter manapun..hiks.
    Sy berniat untuk konsultasi lg dgn dokter di Bali. Kira -kira referensi yg bagus dmn nih?
    Tq

  13. elvina yusni

    dear all.. saya sdh menikah 5 thn, sampai saat ini blm ada tanda tanda hamil, bln dec 2008 saya di diagnosa ada mioma 3 cm, bln april 2009 meningkat jadi 8 cm dan pada bln april di angkat mioma uterus saat ini saya masih terus berusaha, mohon bantuannya untuk info, apa bedanya insem dan bayi tabung, dan kira kira biaya untuk ke dua program tersebut brp ya … dan apa mereka yang sudah operasi miom bisa hamil mohon bantuannya ..
    thx b4 yaa

  14. Lauren

    Thanks ya semua atas saran2nya. Bulan Nov 2009, haid pada hari ke-10 saya mengulang melakukan HSG, karena yang HSG sebelumnya menyebutkan kalo tuba saya sempit (hypoplasia). wkt itu emang saya sempat hampir pingsan. Yang ke-2 ini saya bener2 relax, saya udah bertekad harus bagus hasilnya, ga boleh tegang lagi. Puji Tuhan hasil HSG normal, kedua tuba paten, rahim normal dan bagus. Intinya no problem! Sy ke dokter kandungan lagi untuk memastikan, dokternya sampe heran, kok hasilnya beda jauh banget dgn yang pertama en bilang berarti pada wkt dulu HSG-nya tegang sekali ya, sampe tubanya menyempit. Dengan hasil yang demikian, sy mo coba insem dulu, dengan sebelumnya harus konsul dgn dr. Aucky ttg hasil sperma suami.

    Sebenarnya sy ingin sekali suami di periksa spermanya kembali, tapi bukan di Bali, mungkin SBY or JKT. Soalnya kalo di bali, selalu di rujuk ke RS yang sama(lab andrologi). Untuk mendapatkan second opinion aja. Sy sudah ke dr androlog di bali, beliau bilang tidak ada masalah, malah menyarankan BT. Emang sih beliau kenal kita, en udah beberapa kali bolak balik tanpa hasil.

    Sy udah bisa dibilang beberapa kali di obok2 ama dokter (ada jg yang USG TransV, ada jg yg langsung pake tangan), semua bilang tidak ada masalah.
    Skrg saya lagi menunggu untuk mens, sepertinya agak mundur, tapi emang ada ovulasi, cuma telat. Sy mengecek ovulasi menggunakan alat OVulasi test yang dulu beli di spore. Mudah2an tidak mens.

    Thin, gimana kabarnya? udah berhasil? Moga2 berhasil ya!!! Anastasia mo coba BT dimana? dr. Aucky?? sy jg mo coba insem dulu ama dr. Aucky. sapa tau nanti malah ketemu hehehe 🙂

    Eva: salam kenal jg. inseminasi sebenernya tidak sakit asal kita bisa relax. soal biaya, tergantung dimana, dgn dokter siapa, di RS mana kamu insem. kalo dulu saya insem termasuk dengan suntik, total 5jt lebih.

  15. eva

    HAI….salam Kenal
    kasiinfo nya tentang inseminasi ya, sakit gak… n biaya nya brapa?
    Mau Coba juga krn dah nikah hampir 2 thn, tks ya sebelumnya……..

  16. Anastasia

    @ Lauren, mungkin bener yg thin bilang, sebaiknya cek sperm jangan di lab umum, kalo bisa di lab androlog. Soalnya kalo di lab umum/biasa, bisa jadi peralatannya beda/ga selengkap “ahlinya”. Hubby saya juga spermnya jelek, awalnya periksa ke lab umum, hasilnya beda2 selalu. Setelah itu ke androlog, hasilnya selalu sama yaitu bentuknya yg ga normal (lupa istilahnya apa, he he..). Menurut obgyn, mungkin itu yg menyebabkan saya belum hamil2, soalnya secara medis sy ga ada masalah, katanya. Dokter nyaranin saya utk BT dengan metode ICSI. Hubby Lauren udah cek di lab androlog atau cuma cek di Prodia trus hasilnya dibawa ke androlog?

    @ Thin, gimana hasil insemnya? Mudah2an positif ya. Thin, kalo andaikata harus insem ke Sby, kapan rencananya kira2? Sy juga ada rencana BT disana, tapi taon depan, soalnya sekarang sy mo coba alami dulu sambil kumpulin pundi2 🙂 Siapa tau kita bisa barengan programnya, he he..

  17. thin

    Hai semua..
    seneng banget bisa sharing sama2 gini smoga bermaanfaat bt yg lainnya…
    @lauren :Saya usia 28 thn nikah dah 5 thn,skrg sdg proses insem di mlyasi ke-2(pertama di btm)klo menurut bbrp buku yg saya baca sebaiknya memeriksa sperma di lab. khusus ttg fertility cos lbh akurat,
    Saya juga bingung di mlysia dktr menganjurkan saya utk Laparoskopi krn ada kista 1,4cm,HSG bgs.pdhal hampir dktr di malang dan batam mengatakan kista dibwh 5 cm tdk perlu,apalagi kista sy kdng ilang.akhirnya kami putusin utk insem,tdk ada salahnya mencoba.
    sperma suami terakhir dikatakan kurang aktif tp msh Ok.
    Moga2 berhasil insem ini,Oh ya BT di aucky brp kira?soalnya klo gagal kami ingin kesana,trs Laparoskopi 8 jt itu di Surabaya ya?

    Semoga segera menentukan pilihan yang terbaik dan berhasil….

  18. Whatever2B (Ex. Mommy2B)

    Dear All,

    Menurut saya sebelum bayi tabung, di cek dulu semua peralatan reproduksi kita. Karena, kalau dokter fertility, biasanya: “ok ok aja” 🙂 …

    Saya terburu2 BT, ternyata: “Multiple Miuma Utery”, janin rontok di minggu ke-8. Sekarang, saya harus Laparascopy untuk angkat mium, dan memperbaiki semua yang masih harus diperbaiki.

    Sabar dulu … kalau masih bisa hamil normal, usahakan dulu normal. (Sekedar saran, karena tidak ada yang bisa menjamin keberhasilan BT itu sendiri, semua resiko ditanggung kita).

    Salam,

  19. Lily

    Hi Lauren, salam kenal ya…saya juga dulu merit umur 26 tahun dan selama 4 tahun berobat kesana kemari dan kata dokter2 yg saya datangi,kami unexplained..alias ga diketahui penyebabnya tidak hamil,karena kami berdua sehat2…memasuki tahun ke 5 malah saya di diagnosa PCO (lumayan berat) dan akhirnya mencoba inseminasi 1x, Laparoskopi 1x (katanya 9 juta ternyata 20 juta hahahha) dan terakhir BT juga gagal,dan sekarang mulai khawatir efect obat2 ovulasi dll,kalau memang ada dana BT bisa jadi opsi,atau coba insem lagi aja dulu …gudluck ya

  20. Widi

    Dear all,

    Salam kenal buat semua. Saya Widi (30 years old) udah married hampir 5 tahun dan sedang program biar cepet punya momongan. Terus terang, setelah browsing…Saya merasa engga sendiri lagi, ternyata ada juga ya komunitas yang memiliki masalah seperti saya….Lega deh ada teman buat sharing.

    Saya & hubby (31 years old) sepakat untuk coba Inseminasi setelah beberapa kali ikut terapi alternatif (pijat & shin-she) tapi engga berhasil. Sebenernya kita sudah pernah konsultasi ke dr. kandungan (dr. willy & dr. Razak, RS Thamrin) untuk check fisik : USG, tes darah plus masuk lab : check sperma (hubby).

    Tapi jujur, kami engga fokus menjalaninya, akibatnya tahapan demi tahapan proses kehamilan yang seharusnya di jalanin jadi tertunda lama.

    Hari ini after office saya mau coba konsultasi pertama di klinik Morulla (RS Bunda) sama dr. Ivan….
    Guys, boleh minta informasi sebanyak-banyaknya apa yang harus kami persiapkan (menthaly-especcially)supaya usaha ini lancar.

    Thank you very much for all.

  21. Oke

    Dear Lauren
    Menurut saya, ada baiknya mencari akar permasalahannya dahulu sebelum mencoba bayi tabung, selain itu masih ada pilihan lain yang lebih murah yang ada baiknya dicoba dulu. Karena untuk bayi tabung, selain biayanya besar, ekspektasi kita terhadap keberhasilannya juga sangat tingi. Teman saya ada lho yang mencoba bayi tabung gagal, trus, coba inseminasi malah berhasil. semoga dpt memilih dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*