Dampak negative bayi prematur – Lisa2

Halo teman2, sebelumnya saya sudah pernah menulis di blog ini mengenai keberhasilan bayi tabung saya. Saya melahirkan twin babies (cowk & cewek) dengan usia kehamilan sekitar 34 minggu. Anakku sekitar 9 hari di NICU. Sekarang sudah 8 bulan tapi belum bisa duduk. Kayaknya perkembangan anakku agak telat dibandingkan yang dilahirkan normal.

Adakah teman2 disini yang anaknya lahir prematur? Saya baca2 di internet banyak dampak negatif di kemudian hari bagi bayi prematur, makanya agak takut ini. Please SHARE ya. thanks a lot.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

7 thoughts on “Dampak negative bayi prematur – Lisa2

  1. lita

    Hallo lisa….

    Aku bisa ngrasain apa yg lisa rasain…aku dulu jg sering deg2an dgn tumbuh kembang anakku. Ankku lahir usia 38 minggu, udah cukup sih scr usia. Ankku dulu baru bs tengkurap n balik sendiri di usia 6 bln, duduk sendiri usia 9 bln, merangkak usia 10 bln, jalan sendiri usia 15 bln. Awalnya sih ketar ketir nih anak kok lambat banget motoriknya. Tapi setelah aku cek milestone tumbuh kembang anak, ternyata wajar2 aja. Setiap anak unik gak bs disamakan n dibandingkan dgn anak2 yg lain. Scr motorik kasar anakku memang lambat tp usia 1 th ngomong udah bisa n langs jelas gak pake cadel. Dari yg pernah aku baca2 (lupa bacanya dimana :)) tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh genetik, nutrisi n stimulasi. Stelah aku tanya2 ke ortu ternyata aku dulu bs jalan jg diusia 15 bln sama deh dgn anakku…hehehe.

    Lisa udah gabung di babycenter.com blm? Dr situ kita akan dapat panduan tumbuh kembang anak perminggu. Buat aku baby center sgt membantu banget deh buat ngilangin kekhawatiranku. Kita jg dipandu gimana cara kasih stimulan ke anak agar sesuai dgn milestone nya.

    Maaf klo ngga banyak bantu…

    Salam lita..

  2. bunga

    Hi Lisa, kita punya cerita hampir sama ini… anak2 ku lahir 35 minggu 4 Juni 2013 maren skrg juga hampir 8 bulan. Cewe dan cowo jg mereka juga 9 hari di NICU.

    Yg cewe aga ada masalah reflux saya kalo kasi makan dia hrs dikit trus badan nya ga bisa terlalu di goyang muntah dia skrg dia 8kg..tapi kalo pertumbuhan dia rada cepat 3 bulan uda tengurap..dan skrg dia uda mau merangkak..dia memang aga lincah dan sedkit hyper.

    kalo yg cowo baru mulai tengkurap jg 6 bulan skrg masi tengkurap dan merayap mundur…tapi dia makan nya bgs, reflux jg ga separah bayi cewe sy.. skrg dia malah 10kg, dia tidurnya bgs dan dia a very happy baby.

    dan dua2nya skrg mau 8 bulan jg belon bisa duduk..but I’m very happy with the development considering where we start with.

    Menurut dr anak mereka “Dr Kalyana Sundaram” ini adalah dokter anak yg terbaik dimana sy tgl “Dubai” ini hal yg sangat wajar mereka akan mengejar kelambatan pertumbuhan dlm waktu 6 sampai 16 bulan. jadi kita tdk bisa membandingkan dgn bayi2 yg lahirnya full-term.

    hope this help xx

  3. Tia

    Hai Lisa

    saya juga punya baby dengan mengikuti program bayi tabung di Klinik Jasmin RSCM Kencana tahun 2012 dan Alhamdulillah langsung jadi dengan hasil baby boy.

    My baby boy lahir juga di usia kandungan sy 34 minggu dengan berat 2,450 ons melalui operasi caesar. Masuk NICU juga selama 7 hari dikarenakan tidak adanya respon saat dilahirkan (tdk langsung menangis), kuning, dan ada sedikit kebocoran dijantungnya sebesar 0,01ml. alhamdulillah semua itu sudah dilewati dengan sukses. kebocoran jantungnya sudah tertutup secara alami, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

    saat ini my baby boy sudah berumur 11 bln, dengan pertumbuhan yg -menurut sy- sangat fantastik. diusianya 6 bulan sdh mulai tengkurep dan ngoceh2, masuk bln ke 10 mulai tumbuh gigi2 mungilnya 2 buah, 2 minggu kemudian tumbuh 3 gigi, saat ini sdh mulai selangkah dua langkah….

    so, lisa…. don’t worry terhadap anak2 yang lahir prematur spt anak2 kita… pertumbuhan anak itu smua tidak ada yg sama…ada anak yg lebih cepat bicara dibanding jalan, atau sebaliknya… Tinggal kitanya saja menyikapi pertumbuhan anak2 kita dengan cara apa.

    Mudah2an dapat sedikit meringankan kekhawatiran Lisa… 🙂

  4. Lisa2

    Dear Lita & Bunga,

    Thanks a lot ya buat sharing nya. Jadi cukup tenang sekarang. It helps a lot 🙂

  5. nisa

    Tenang mb,emg agak repot & terlambat di thn pertama.tapi nanti mrk mengejar ketinggalannya.kembar sy juga prematur 31 mgg.skrg sdh 2 thn.sehat & aktif

  6. Wenny

    Sy jg lg hamil kembar dgn usia kehamilani masuk 22 minggu. Ada yg mau sy tanyakan sama tmn2 ,apakah hamil kembar bisa menyebabkan perut gmpg mengeras. Seperti kontraksi palsu.skrg yg sy rasakan asal malam perut sering keras yg mengakibatkan perut bawah berasa kram dan berangin. Tetapi berlangsung sebentar saja tidak lama.dan datang lg. apakah itu termsuk gerakan bayi yg lg aktif didlm perut yah? Mohon info nya soalnya sy baRu pertama kali hamil.

  7. silvie

    Wenny… bnyk In istirahat aja deh… g ush aktifitas.. krn ntar kita nya d buat nyesel… dpt susah… me mperthnkn juga lbh susah… cm saran aja say dr pengalaman ku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*