bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

10th July 2007

Biaya bayi tabung

Tidak salah lagi ini adalah pertanyaan yang sering saya terima setelah mengikuti program bayi tabung. Berapa biayanya? dari ibu-ibu yang tidak ada masalah untuk hamil sampai nenek-nenek … semua bertanya kepada saya.

Saya sudah dua kali ikut program bayi tabung, pertama di Jakarta di salah satu rumah sakit khusus ibu dan anak. Waktu itu tidak sampai full cycle karena telur-telur yang telah diambil ternyata … kosong! … kata si dokter, jadi tidak sampai tahap telur ditemukan dengan sperma. Sedih sekali tidak bisa bertemu…. Waktu itu di tahun 2005 biaya sekitar 15 juta rupiah berikut dengan obat-obat. Kalau full cycle katanya bisa sekitar 35 jutaan.

Sebenarnya biaya tergantung dari masalah dan kondisi dari si pasangan. Kalau saya ada masalah dengan siklus haid yang tidak teratur dan perkembangan telur lambat sekali. Obat suntik hormon perangsang pertumbuhan telur… wah mahal banget, sekali suntik bisa 1 jutaan, bisa dibayangkan kalau dokter suruh tiap hari suntik selama seminggu. Obat termahal yang pernah saya pakai. Benar-benar bayi tabung menguras tabungan…

Karena tugas kantor, suami dan saya pindah ke Singapura. Setelah tanya sana tanya sini dan mendapatkan referensi yang baik akhirnya kami putuskan untuk berobat di salah satu rumah sakit pemerintah di Singapura. Dengan melihat kondisi saya si dokter menyuruh kami untuk ikut program bayi tabung. Langsung deh kami cek biaya-biayanya, maklum jangan sampai ‘besar pasak dari tiang’.

Petugas di rumah sakit tersebut memang sudah banyak pengalamannya dan profesional… tanpa ditanya mereka menjelaskan semuanya. Dari statistik katanya biaya per proses bayi tabung rata-rata sekitar SG$6000 an atau sekitar Rp. 36 jutaan rupiah (kurs Rp 6000/SGD), sudah termasuk obat-obatan.

Ternyata setelah selesai saya menghabiskan sekitar SG$6500 atau sekitar Rp. 39 jt. Perkiraan rumah sakitnya tepat juga, dan ini sudah termasuk biaya simpan setahun frozen 17 embrio sisa. Kalau dipikir-pikir ternyata hampir sama dengan biaya bayi tabung di Indonesia. Saya ikut program bayi tabung ini di awal tahun 2007.

Kalau Anda tertarik dengan mengikuti program bayi tabung di Singapore saya anjurkan di rumah sakit pemerintah atau public hospital, biaya sekitar separuh dari yang private hospital. Bagaimana dengan tingkat keberhasilannya? jangan kuatir, menurut data yang dikeluarkan departemen kesehatan Singapore tahun 2002 tingkat keberhasilan mereka hampir sama dengan yang lainnya, ada private hospital yang malah kalah dengan rumah sakit pemerintah. Harga rata-rata per program bayi tabungnya di salah satu rumah sakit private top sekitar 2x dari harga di rumah sakit yang saya kunjungi.

Kalau Anda berobat ke Singapura sebenarnya yang membuat mahal itu adalah biaya transport dan tempat tinggal…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (53 votes, average: 3.72 out of 5)
Loading...Loading...

This entry was posted on Tuesday, July 10th, 2007 at 1:54 pm and is filed under Biaya, Pengalaman di klinik/rumah sakit. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 106 responses to “Biaya bayi tabung”

  1. 1 On September 6th, 2007, olivia said:

    Salam kenal,
    Saya baru saja terpikirkan untuk mencari tahu lewat internet mengenai proses bayi tabung dsbnya, benar2 berguna informasi yg saya peroleh dari email anda di web ini.
    Kalau tidak merepotkan, bisakah saya memperoleh nama rumah sakit itu dan nama dokter yang menanganinya dan kalau anda tidak keberatan, seperti apakah prosesnya? apakah sangat rumit dan menakutkan? secara garis besar saja, kalau anda bersedia, tolong dibagikan kepada saya pengalamannya.
    Terima kasih banyak

  2. 2 On September 6th, 2007, Yenni said:

    Salam kenal juga, senang rasanya bisa bantu Olivia. Saya berobat di kk hospital, lebih detailnya bisa lihat ‘Saya berobat di Kandang Kerbau’. Secara garis besar proses bayi tabung seperti yang ada di post ini ‘Proses bayi tabung’, tidak rumit hanya perlu waktu dan ketekunan. Tidak perlu takut… banyak yang telah menjalaninya.

  3. 3 On September 15th, 2007, Nilasari said:

    Salam kenal Yenni
    Boleh saya tahu nama dokter di KK Hospital yg menangani anda untuk program bayi tabung?
    Terima kasih ya..

  4. 4 On September 15th, 2007, Yenni said:

    Salam kenal juga, saya ditangani oleh dr Kelly Loi. Bisa Nila lihat data-data dokter klinik IVF kkh di website kkh. Kamu bisa juga minta ditangani oleh consultant yg lebih senior … tapi harga konsultasinya lebih mahal.

  5. 5 On September 28th, 2007, Nilasari said:

    Hallo Yenni, thanks ya buat infonya. Oya, apa Yenni sudah berhasil hamil lewat bayi tabung? Apa bisa sekali ikut proses bayi tabung, langsung hamil? Thanks ya

  6. 6 On September 28th, 2007, Yenni said:

    Saya saat ini lagi proses bayi tabung kedua, lagi dag-dig-dug menunggu hasilnya. Bayi tabung pertama sayangnya gagal.
    Bisa saja bayi tabung pertama langsung hamil tergantung bisa tidaknya embrio bertahan dalam rahim, tingkat keberhasilannya sekitar 30-35% bisa lebih atau juga kurang tergantung banyak hal. Semakin muda umur kita semakin besar chance-nya, ini salah satu yang membuat saya bertekad ikut bayi tabung walaupun tidak ada jaminan 100% berhasil.

  7. 7 On October 2nd, 2007, maryam said:

    saya ada masalah dengan siklus haid yg datang 1×3 bulan,di jakarta rs mana yg bagus buat bayi tabung,berapa lama waktu minimal dibutuhkan,soalnya kami cuti ke indonesia cuma 40 hari.kira2 berapa biayanya.thanks

  8. 8 On October 2nd, 2007, Yenni said:

    Di Jakarta rs yg cukup berpengalaman RSAB Harapan Kita dan RS Bunda. Bagus tidaknya itu relatif, ada juga yg berhasil di rs lain.
    Wah rasanya 40 hr terlalu pas malah bisa tidak cukup kalau dilihat pengalaman saya yg juga punya masalah siklus haid panjang, harus mengikuti paling tidak satu siklus persiapan hormon sebelum masuk siklus proses bayi tabung.
    Maryam ada dimana? mungkin bisa konsultasi awal dulu di klinik bayi tabung di sekitar tempat tinggal Maryam mengenai kondisinya. Terus telpon ke rs di Jakarta jelaskan masalah 40 harinya.
    Biaya relatif, tergantung kasusnya… siap2 aja sekitar 50jutaan… semoga berhasil.

  9. 9 On November 25th, 2007, asri said:

    Saya tinggal di yogya, tp saat kami konsultasi di RS Sardjito ko biaya untuk bayi tabung sangat tinggi sekitar 60 juta… Apa ada yang lebih hemat dari itu??? Trim lho

  10. 10 On November 27th, 2007, Yenni said:

    Hi Asri, biaya bayi tabung memang tidak ada patokan pasti, tergantung dari kasus ketidak suburan kita. Tapi memang 60jt termasuk mahal, biaya bayi tabung fresh cycle saya sekitar 40jt, istri pak Dicky di Surabaya seperti yg dijelaskan di artikel ini habis sekitar 35jt.
    Sebaiknya Asri konsultasi ke rumah sakit lain, kalau bisa ke Surabaya atau Jakarta.

  11. 11 On December 3rd, 2007, Frida said:

    Hai, salam kenal ya…
    Saya sedang pikir2 untuk ikut program BT. Kira2 dengan kondisi saya yang ada perlengketan di saluran kanan dan kiri, apakah bisa ya ikutan program ini?
    Thanks sebelumnya.

  12. 12 On December 4th, 2007, Yenni said:

    Hi Frida, maksudnya saluran tuba falopi agak tersumbat? kalau ini saya dulu pernah di’tiup’ untuk melancarkan salurannya… aduh sakitnya minta ampun krn tdk dibius. Apa Frida sudah coba? Banyak loh yg berhasil hamil setelah ditiup. Frida bisa ikut bayi tabung selama punya telur dan kondisi rahim serta sperma suami baik…sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk lebih jelasnya. Semoga berhasil ya.

  13. 13 On January 29th, 2008, Mia said:

    Dear Yenni,

    Dari hasil konsultasi kemarin, saya memperoleh estimasi biaya dari KKH sebesar SGD 8000-10000 (incl medicine, excl surgeon fee, excl pre-test & registration), total billnya SGD 11000-120000, sedangkan di Gleneagles SGD 11000-12000 (package + medicine). Setahu Yenni, apakah memang ada kenaikan di KKH?
    Makasih sebelumnya.

    Mia

  14. 14 On January 29th, 2008, Yenni said:

    Hi Mia, mungkin ada kenaikan kali yach. Yang jelas taxnya naik dari 5% jadi 7% baru2 ini.
    Sebagai referensi kebetulan saya masih ada catatan biaya2 besar yg saya bayar dalam menjalani proses bayi tabung di kkh:
    - SGD 652 art stimulation
    - SGD 1235 obat Puregon
    - SGD 92 obat lucrin
    - SGD 2647 OPU + IVF/ICSI
    - SGD 199 infus, obat2 injeksi saat OPU/ET
    - SGD 515 embryo transfer
    - SGD 476 embryo freezing and 1 year storage
    Total diatas SGD 5816 + 5% tax jadi sekitar SGD 6107. Biaya pre-checkup consultation awal sekitar SGD400 total, dalam proses bayi tabung tidak ada biaya consultation dokter karena sudah termasuk dalam paket art stimulation, OPU, IVF/ICSI.
    Saya berobat dengan dokter associate consultant dr Kelly, kalau dengan yg senior consultant atau head consultant lebih mahal.

    Semoga perincian diatas bisa jadi referensi Mia. Semoga sukses ya…

  15. 15 On January 30th, 2008, titi said:

    hi mia, tambahan aja, untuk puregon tergantung dosis yg 350 harga S$210 perampul kalau dosis 650 S$415, tambahan charge biasanya after OPU kalau sel telur terlalu keras charge untuk laser hatching sekitar s$600 FYI untuk USG histeroscopy sekitar S$250 untuk operasi laser washup polip sekitar S$2000 tanpa penginap.

  16. 16 On February 4th, 2008, Mia said:

    Yenni & Titi, makasih ya infonya. Sepertinya rincian yang ditawarkan ke saya kemarin memang lebih mahal.
    Saya ingin tanya lagi mengenai Rubella. Apakah Yenni & Titi melakukan imunisasi dulu sebelum program? Karena kalau belum mempunyai kekebalan & hrs imunisasi, lumayan juga ya harus menunda program sekurang2nya 3 bulan.
    Makasih sebelumnya.

  17. 17 On February 4th, 2008, titi said:

    hi mia, sebelum ke spore aq sudah screning di jkt, termasuk hormonal ( fsh,LH, prolaktine, estradiol) karena ini yang menentukan berapa besar dosis obat stimulasi? and Torch (IGm and IGG), trus untuk test darah yang harus di lakukan spore rubella, hiv, VDRL & Hep B in standard spore per 6 bln validnya dan test sperma.

  18. 18 On February 4th, 2008, wienda said:

    Hi yenni, infonya bagus banget,jadi makin mantap mau ikutan bayi tabung. Kalo aku sih kasusnya harus bayi tabung karena pangkal saluran telurnya tersumbat jaringan parut, kata dokter seperti bekas infeksi, padahal aku gak pernah merasa dulu pernah infeksi kandungan. Tapi nyatanya ada bekasnya. Mungkin aku nggak sadar ya. Ada info nggak di Surabaya di RS mana yg bagus buat bayi tabung ? Terus proses mulai konsul awal sampai selesai kira-kira makan waktu berapa hari?

  19. 19 On February 4th, 2008, Yenni said:

    Lam kenal Wienda. Coba deh kamu baca pengalaman keluarga Dicky, RS Siloam (Budi Mulia) boleh dicoba.
    Wah kalau lamanya konsul tergantung situasi kita masing2 masalah ketidak suburan kita diperiksa dulu. Makin complex situasinya ya makin panjang. Kalau saya bayi tabung terakhir yg thaw cycle ketemu dokter 2 kali langsung mulai, kalau yg fresh cycle sebelumnya kira2 4-5 kali kedokter.
    Proses bayi tabung kira2 sepanjang 2 siklus haid. Siklus pertama untuk persiapan, siklus kedua proses utamanya. Mudah2an saya tidak salah mengerti pertanyaan Wienda.

    Hi Mia, saya tidak lakukan imunisasi apapun sebelum ikut bayi tabung, tes Rubella ku hasilnya negative.

  20. 20 On February 5th, 2008, bing said:

    hai yen, piye kehamilannya…hope sehat2 ya…
    buat wienda…salam kenal…
    Dr. Aucky Hinting di Siloam Hospital emang bagus…. tapi untuk dokter kandungannya mending jangan sama partner dia…kurang bagus kayaknya…ada beberapa temen yang punya pengalaman radak gak enak..padahal uda positif hamil loh…
    Dr. Aucky itu Androlog…jadi mending kalo uda ada hasil positif..ganti dokter kandungan yg laen aja..
    btw, kamu tinggal dimana sekarang? cu.

  21. 21 On February 6th, 2008, wienda said:

    Makasih salam kenalnya :). Aku tinggal di Malang. udah 5 th marriednya, gak ada nyantol sama sekali. Makanya aku heran kenapa. Trus baru maret 07 kemarin mulai intensif periksa di dr.sutyoso di malang,referensi teman-2 sih beliau bagus kalo buat program bagi yg pengen hamil dan termasuk senior. Untuk androlognya suamiku sama dr. heri di RSB Husada Bunda. Hasil tes sperma nilainya A+ kata dokter berarti gak da masalah. Cuman sel telurnya yg memang agak kecil ukurannya. Setelah distimulasi memang membaik, tapi tetap gak nyantol. trus terakhir aku laparoskopi september kemarin, diketahui hasilnya produksi kedua ovariumnya masih bagus, tapi ya itu ada jaringan parut bekas infeksi yang menutupi pangkal saluran telurnya. Ini termasuk yang gak bisa ditiup dan kalo dioperasi resikonya terlalu besar. Kalopun berhasil ntar kalo embrio hasil pembuahan nyangkutnya di bekas operasi malah resiko tambah besar. Makanya kemungkinan bisa hamil normal sangat kecil trus dikasi alternatif bayi tabung. Nah sekarang baru tahap cari2 info ttg itu, soalnya terus terang aku awam banget soal ini. Makanya thanks god aku bisa ketemu teman-teman disini, barangkali bisa sharing infonya.

  22. 22 On February 8th, 2008, Mia said:

    Hi Yenni, mau nanya lagi nih..
    Selama proses BT itu, pada moment2 apa diperlukan kehadiran dokter? Apakah hanya pada saat ovum pick up dan embrio transfer saja? Makasih sebelumnya

  23. 23 On February 8th, 2008, Yenni said:

    Hi Mia, selain opu & et seingat saya ketemu dokter saat USG perkembangan sel telur atau perkembangan ketebalan dinding rahim.

    Hi Bing, puji Tuhan kehamilanku lancar dan sekarang udah 5 bulanan. Perut mulai mancung, si baby juga aktif banget sering bergerak. Kalau kamu piye?

  24. 24 On February 11th, 2008, Wahyu said:

    Dear ibu ibu…

    Ikutan ngobrol yah…. Saya menikah 7 tahun dan belum juga punya si kecil. Pernah 1x keguguran. Maunya sih bisa hamil alami, tapi mengingat usia, saya dan suami memutuskan “jalan pintas” mau bayi tabung. Sementara ini mau insem ke 2 dulu di Sarjito karena sy tinggal di Yogya. Wienda, ada info terakhir tentang biaya? Di Sarjito Yogya kayaknya sdh mencapai 70 juta all in. Nanti ku check and will inform you ya…

  25. 25 On February 17th, 2008, karina said:

    hi Bing…

    Boleh tanya mengenai pengalaman ngga enak dengan dr. Hendro Pramono (partnernya dr. Aucky Siloam Surabaya)?
    Soalnya saya pakai beliau.
    Terima kasih.

  26. 26 On February 18th, 2008, siti said:

    hai semua…,
    ada yg punya pengalaman BT di RSHS bandung gak ???aku soalnya baru mau mulai nih….share dong pengalamnnya…tks sebelumnya

  27. 27 On February 20th, 2008, bing said:

    hai..karina….ada temen yg bikin bayi tabung di Aucky dan berhasil….terus karena Aucky rekanannya dg Dr Hendro… jadilah temanku ke sana juga…dia kayaknya terlalu ngegampangin??? Akhirnya keguguran deh… Mending kamu konsulnya ama dokter yang lain aja…yg lebih senior…Dr. Sunaryadi, Dr. Harman, banyak deh…kliniknya aja kayaknya kurang ya??? Jangan putus asa…Dr. Aucky emang the best in Surabaya…nggak mata duiten juga…kalo cuma proses pengambilan telor ama embrio transfer kayaknya di DR. Hendro gak masalah..karena kan misik under control Dr. Aucky..kalo uda pos…mending ke dokter lain deh….jangan putus asa ya…ciayo!!

  28. 28 On February 20th, 2008, bing said:

    hai, Yen… kehamilanku baek2 aja…radak pilek ama mencret2…tapi minum new diatab en CDR aja…now getting better…keep on praying 4 us ya…juga unt temen2 yg laen…GBU!!

  29. 29 On March 15th, 2008, Indah said:

    hai, salam kenal semua…. rencananya aq jg ngambil program bayi tabung tapi gimana kalo ada kista masih bisa dilanjutin ngk? mhn masukannya

  30. 30 On March 17th, 2008, siti said:

    hai Indah…, kamu mau program BT dimana?
    aku juga ada kista, dan sdh di aspirasi kista sebelum suntik gonal f 225…sekarang sdh suntikan gonal f yg ke 6.. ntar tgl 25 maret OPU nya….

  31. 31 On April 7th, 2008, Nana said:

    hi, teman2 namaku Nana, aku lagi rencana utk program bayi tabung.tapi maunya sih konsultasi dulu dgn dokter indonesia.ada gak dari temem2yg tahu di RS Bunda, dokter kandungan yg bagus itu siapa ya?. dan RS Harapan kita, Dokter kandungan y bagus itu siapa ya?. mohon dong informasinya. thanks

  32. 32 On April 8th, 2008, Yenni said:

    Hi Nana, coba Nana baca cerita rekan-rekan kita yg dah berhasil di link ini…. semoga memberikan masukan dalam memilih dokter yg tepat. Semoga berhasil ya…

  33. 33 On April 13th, 2008, Fenny said:

    Hi Yenni…salam kenal
    Saluran kandungan saya mengalami pelekatan, itu di ketahui setelah melakukan tiup.
    Oleh 2 dokter ( dr Imam dan dr Prabowo ) sudah di anggap tidak bisa hamil secara normal dan di sarankan untuk bayi tabung….
    Sebelumnya saya konsultasi dengan dokter Sutyoso – Malang dan di sarankan untuk di Teropong ( Katanya lewat operasi kecil di pusar )
    Saya belum begitu mengerti tentang teropong ini dan masih takut untuk melakukannya.
    Apakah teropong ini sama dengan tiup ya…?

    Terima kasih banyak

  34. 34 On April 15th, 2008, Yenni said:

    Hi Fenny, lam kenal juga. Saya belum pernah di teropong, kalau tidak salah teropong itu operasi laparaskopi lain dengan tiup. Coba Fenny lihat diskusi teman2 di proses bayi tabung.

  35. 35 On May 4th, 2008, yanie said:

    hi mba , selamat ya atas keberhasilannya, saya mau tanya nih, kira2 selama proses bayi tabung di singapore, perlu berapa hari? masalah nya saya kerja kantoran dengan ijin cuti yang minim sekali. saya sdh d hsg, dg pdapat 2 dokter yang sama menyatakan problem nya disaluran tuba palopinya tersumbat. masih rada takut utk coba program bayi tabung,tapi hidup harus optimis kan mba? mohon sarannya, supaya saya dan suami ga salah info soal bayi tabung.terima kasih

  36. 36 On May 4th, 2008, Susy said:

    Hi, ini saran aja. Sebaiknya kasih tau umur juga, krn umur itu sangat menentukan untuk BT. Aku udah gagal sekali krn umurku sudah 42 jadi sulit untuk mendapatkan telur yg berkualitas tinggi. Dan skrg dianjurkan agar bisa mendapatkan donor egg. Aku pengennya bisa dapat donor egg yg kualitas telurnya bagus, yg pinter dan wajahnya mirip2 aku.
    Aku bersedia membantu biaya pendonor untuk BT juga, sumbangkan telur anda. Telur akan di kluarkan dan kita bisa share telurnya dan biaya akan saya sebagian tanggung untuk qualify pendonor. Dan semuanya akan di kerjakan di Singapore.

  37. 37 On May 8th, 2008, menik said:

    buat mb’susi..
    emang bisa ya mba’, pake donor telur..?

  38. 38 On May 9th, 2008, Nunung said:

    Hi mbak Yeni , salam kenal ya ….

    Mbak Fenny , operasi teropong nggak sakit koq ( dibius total ) cuman di-iris beberapa cm di bawah perut . Saya dulu juga di op teropong sama dr Sutyoso di RS Husada Bunda Mlg , nggak perlu nginap – operasi pagi sekitar jam 7-an trus jam 4 sore sdh balik , setelah op nggak sakit cuman sedikit nyeri aja .

  39. 39 On May 13th, 2008, iwan said:

    Salam kenal,
    aku mo share kali2 aja ada yang bisa kasih saran buat aku. aku sudah menikah selam 7 tahun, dan 6 bln setelah pernikahan kami akhirnya istriku hamil, hanya saja karena kurang tahu dan kurang informasi tentang kehamilan tiba2 istriku mengalami pendarahan di dalam dan ternyata terjadi kehamilan di luar rahim janin membesar di saluran indung telur dan terjadi infeksi yang akhirnya harus di angkat termasuk indung telurnya satu. selama ini sudah kami jalani semua cara baik terapi dokter maupun alternatif. terakhir aku terapi inv dengan dr.irchamsyah di salah satu rs ibu bersalin di bilangan tebet.selama hampir satu tahun tetapi sampai sekarang belum ada hasil. seandainya kami ikut program BT proses apa yang harus kami lalui ? Trimakasih

  40. 40 On May 18th, 2008, rinda said:

    salam kenal. saya udah 6 th nikah, umur saya skrg 31 th & belum pernah hamil. suami normozoospermia. saya tinggal di malang & selama di malang periksa ke dr. sutyoso (kaya mb wienda). dari laparoskopi tes diketahui ada bekas2 infeksi di tuba falopii saya yang menimbulkan bekas semacam bekas luka. kata dr. sutyoso bekas ini yg menyulitkan sperma jalan menuju ovarium, meskipun HSG saya menunjukkan tidak ada kebuntuan sama sekali. ovulasi saya juga baik. karena 4 th ke dia gak ada hasilnya beliau merujuk saya ke dr. hendro pramono & dr. aucky di RS siloam surabaya (kaya mb bing). bulan depan rencananya saya mau IUI (inseminasi). ada yg pernah mengalami kasus kayak saya nggak? kira2 kalo ada bekas infeksi peluang keberhasilan IUI gimana yah?

  41. 41 On May 19th, 2008, Nunung said:

    Hai mba’Rinda salam kenal , saya juga pasien dr Sutyoso apa beliau tdk langsung menyarankan untuk BT ? 4 thn bukan waktu yg pendek lho untuk periksa dlsb . Saya dulu cukup sekitar 4-5 bln untuk diketahui dan di advise untuk BT , masalah ada di tuba falopi sehingga hamil normal secara medis susah terjadi . Bln depan sy jg ada renc utk konsultasi awal dg dr Hendro/dr Aucky di Siloam .

  42. 42 On May 19th, 2008, menik said:

    Hi iwan, aku juga pernah mengalami ektopik (hamil di luar kandungan) sehingga saluranku yg sebelah kiri sudah tidak berfungsi.. Iwan udah pernah HSG belum..? Karena setauku KET itu bisa disebabkan karena ada gangguan di salurannya (seperti kasusku yg ternyata setelah HSG ketauan kalo ada penyempitan/perlekatan di saluran tuba).. Kalo emang kasusnya buntu, ada yg bisa diatasi dg hidrotubasi/ditiup.. Tp kalo yg buntunya parah ya kayaknya emang harus bayi tabung..

  43. 43 On May 19th, 2008, rinda said:

    hi mb nunung. thx share-nya. awal periksa dr. sutyoso langsung nyaranin saya utk cek infeksi & laparoskopi. beliau langsung nemu kalo ada kerusakan di tuba. beliau ga langsung nyaranin BT tuh, katanya sih kerusakannya msh tergolong ringan. dia nyaranin sya utk timed-intercourse dulu dg berbagai macam stimulan, baik saya maupun suami. 6 bln gakada hasilnya & keliatannya badan saya juga dah jenuh distimulan, akirnya dia saranin juga BT (beliau kurang suka dg IUI). lagian dr. hendro kok juga ga langsung nyaranin BT ya? jadinya saya sante2, di samping sayanya emang blm siap sih, makanya ga segera2 BT. mb nung udah hamil blom?

  44. 44 On May 21st, 2008, Nunung said:

    Halo mba’ Rinda , sy baru mau konsul sm dr Hendro/ dr Aucky bln Juni . Sdh di ksh srt pengantar sih sm dr Sutyoso plus rekap medik cuman krn msh byk urusan br bs bln dpn ke Sby . skrng mba’ Rinda sampai mana perkembangannya ?

  45. 45 On May 22nd, 2008, rinda said:

    mb nung, klo blm hamil, kemungkinan bln dpn mens sya 2juni. 9juni sya dijadwalkan dr. hendro utk USG & suntik2, IUI nya 15juni. jd kemungkinan sya nginep di sby semingguan. mb nung renc mo nginep di sby ato pp mlg-sby?

  46. 46 On July 10th, 2008, Veronica said:

    Susi..klo mau egg donation kamu ikutnya di penang aja..katanya disana RS nya langsung menyediakan egg donation utk pasien yang sudah tidak bagus telurnya tapi ingin ikut bayi tabung..

  47. 47 On July 17th, 2008, rienov said:

    rinda …. malang jawa timur ya….
    Rinda… kmu ikut an BT ya… gmn critanya donk… trus dokter siapa yg kmu kunjungi….
    aku di madiun renc juga konsultasi dgn dr di sby….
    aku pengen ngobrol sama kamu nich….aku pengen tuker info…

    rienov
    0351.7787400

  48. 48 On July 17th, 2008, rienov said:

    Moderator tanya….
    klo yg terjadi masalah adalah pihak suami (aspermatozoa) apa bisa ya ikut program BT ?????

    makasih ya…

  49. 49 On September 1st, 2008, olip said:

    buat mbak rinda & mb nunung…salam kenal
    saya jg mantan pasien dr.Sutyoso & dirujuk ke RS Harapan Kita cos suami pindah Jkt tuk ikut IVF (sayang belum berhasil&belum rezeki),btw mbak rinda& mb nunung uda sampe tahap mana????

  50. 50 On February 21st, 2009, Yuli said:

    Mba, saya dengar klo anak hasil dari bayi tabung kemungkinan besar mempunyai kekurangan misalnya autis, down syndrome, dsb. Hanya sedikit saja yang lahir dan hidup dengan normal. Ini terjadi karena sperma dipilih oleh dokter (manusia) bukan proses alamiah. Apa benar begitu? Saya sempat berpikir untuk ikut program bayi tabung, tapi mengingat resiko ini, saya jadi urung karena takut konsekuensi yang harus ditanggung baik terhadap keluarga maupun anak itu sendiri. Mohon kalau punya informasinya… Terima kasih.

  51. 51 On July 1st, 2009, Wienda said:

    Hai semua…lama gak nimbrung ni..kira-kira msh ada yang baca di post ini gak ya..
    @ mba rinda & mba nunung salam kenal, gimana dah sampe mana programnya..jangan-jangan malah udah lahiran ni? Jadi sama dr.aucky ya?

  52. 52 On August 20th, 2009, ribka said:

    salam kenal saya mau tanya, saya masih umur 22tahun, tapi rahim saya sudah di angkat, bisakah saya mendapatkan anak dari bayi tabung?
    trus kira2 gmn prosesna?
    makasih atas bantuana.

  53. 53 On August 20th, 2009, thin said:

    Salam kenal semua…
    mb wiend mo nanya laparoskopinya di malang ama dr.sutiyoso ya?apa di RS Husada Bunda?sy kebetulan asli mlg jg,tp suami tgs malaysia.kmrn cek disrh laparoskopi di mlysia tp tkt ga ada yg jaga klo opname,jd klopun terpaksa mending di mlg or srby,mana lbh bgs ya?

  54. 54 On September 3rd, 2009, Wienda said:

    Dear Thin…salam kenal juga..Maaf ya lama baru jawab. Betul sekali aku kemarin laparoskopi di Mlg, di Husada Bunda, sama dr. Sutyoso. Prosesnya sebentar, pg jam 7 an gitu udah siap di RS, jam 8 mulai operasi, siang jam 11 uda sadar lagi, trus stlh ngrasa kuat udah boleh pulang, gitu… Trus bbrp hari kemudian kita ke dr sutyoso lagi untuk dijelasin hasilnya kaya apa. Ya itu akhirnya dari laparoskopi ketahuan bahwa kedua tuba ku non paten, that’s why setelah 6 tahun married kok ga ada nyangkut2nya sama sekali he..he… Jadi dipacu seperti apapun, walaupun telurnya bisa matang dan besar tapi ga akan pernah bisa dibuahi. Ada untungnya juga laparoskopi jadi cepat tau jawabannya, dan bisa segera switch ke alternatif yg paling mungkin, yaitu Bayi Tabung.

  55. 55 On September 3rd, 2009, thin said:

    @wienda :
    kira2 brp biaya laparoskopi di HB?klo aku tuba patent cman ada endometriosis 1.4cm(hsl dktr malys)kmrn pas plg aku ke laksmi dia blg ga ada mslh mau ke sutyoso yg di boldy ktnya dia ga pake alat USG jd krg yakin.oke deh bsk klo plg kucoba.skrg dah lagi prosess apa??

  56. 56 On September 3rd, 2009, Wienda said:

    Hai Thin…dulu th 2007 untuk laparoskopi di HB biayanya sktr 3 jtan. Ga tau kalo harga sekarang ya. tapi di HB itu enaknya bersih, tenang dan nyaman. Walaupun kita cuman bentar aja di RS tapi kan enak kalo nyaman. Laksmi yg di RS di Soekarno Hatta itu ya, kayaknya ok juga tuh, dulu sepupuku juga sama dia.
    Aku sekarang lagi nunggu waktu untuk suntik suprefact. Kmrn aku udah pemeriksaan pertama di Siloam, dapat Long Protocol, karena hormonku rada ga seimbang jadi harus dibenerin dulu. Selamat berjuang ya Thin…goodluck!!

  57. 57 On September 3rd, 2009, menik said:

    mb’winda sekrang lg di siloam..?
    pake baju apa mba’..?
    aku jg lg nungggu disuntik nich..

  58. 58 On September 4th, 2009, thin said:

    @wienda..
    mksh atas infonya..and semoga berhasil dan lancar2, bagi2 trs kelanjutan cerita kita saling mendoakan and jgn stress.

  59. 59 On September 4th, 2009, Wienda said:

    @thin : makasih ya doa & supportnya,smg kita semua brhasil,amiin.
    @menik: hehe..enggak,maksudnya nunggu di rmh krn suntiknya baru ntar tgl 18,sori ya..:-) Menik suntik apaan,boleh ya mnta suntik2 itu qta mnta tlg susternya,soalnya walopun kmrn udh diajarin tp aq takut nyuntik sndiri :-(

  60. 60 On September 17th, 2009, wulan said:

    yg bmasalah sodara saya….dah 8 th nikah tp blm jg py ank…smpe saat ini pun beliau dah angkt ank yg usia ny 6 thn…saya mrasa iba dg mslh abg kandung saya dg istri ny.mreka dah bs dblg byk ush to brobt ke dokter andrologi..tp hsl ny nihil.malah skr ada keluhan ny yaitu,,sperma abg saya cm 10% kt dokter kt dkter .n abg saya tmsuk Ejakulasi dini yg 3mnit plg lama coitus ny n klo ejakulasi pun akhir2 ini srg mrsa skt di ujung sal sperma ny….yg saya ingn tn yakan apakh abg saya msh bs smbuh spt org normal,,gmn pngbtn ny???dan apakah mreka bs py ank scr normal….ato gmn dg program bayi tabung.apakah ada peluang…..kmn saya hrs bw abang saya brobat,kmi tnggal di daerah jambi?????saya mhn bantuan jwbn ny,trimakasih

  61. 61 On December 19th, 2009, maya said:

    salam kenal…bulan ini menginjak 7 thn usia pernikahan kami..saya sdh 3x hsg dan hasilnya harus BT…usia saya 32thn,berapa ya kira2 biaya untuk BT skg…??..saya ingin coba di Surabaya,dokter mana yang terbaik?..dan murah tapi berkualitas… monon bantuannya ya teman2…makasi..

  62. 62 On January 10th, 2010, Devina said:

    Salam kenal juga teman-2…. ud lama ngak ikut berkomentar nih…
    Ohya.. untuk mbak maya, kemarin i ud tanya biaya BT..katanya samapi kita tahu hamil apa ngak itu kurang lebih 40 an… I tanya karena nanti malami akan berangkat ke Siloam Surabaya utk program… Doain ya teman-2…. setelah i dapat infonya i akan bagi-2 ke tman2…. salam….

  63. 63 On January 21st, 2010, wati said:

    Hai Ibu2 Semua Namaku Wati, Saya baru menikah 1 Thn , tapi aq belum diberi kesempatan untuk hamil, sedangkan Saya pengen … continued in post bagaimana caranya supaya hasil sperma suami saya bagus.

  64. 64 On February 6th, 2010, Vita said:

    Aloo salam kenal..@Devina..Bagaimana program BT nya?Mudah2an Sukses… saya mau tanya sebelum program BT.. konsoltasinya brp bulan sblmnya? proses BT berapa lama sampek hasilnya ketahuan.. Ranc saya mau program BT di sby juga..Tks atas infonya

  65. 65 On March 4th, 2010, dila said:

    salam kenal tuk wati…suamiku juga pernah ngalamin hal yang sama, supaya hasil sperma bagus harus menjaga suhu testis agar jangan terlalu panas,untuk menjaga suhu testis bisa dlakukan dengan disemprot dengan air di bagian telornya,kurang olahraga juga bisa menyebabkan sperma kurang bagus,klo belum punya anak sebaiknya berhenti merokok dulu dan mengkonsumsi jus tomat buah dapat memperbaiki kualitas sperma,istirahat teratur.aku dan suamiku konsultasi ke Dr.Aucky dan Dr.Hamdani trus dikasih obat seleca sebagai anti oksidan dan Q_ten,selama 1 bln ,hasilnya sperma cukup bagus untuk membuahi… sebelumnya sperma suamiku kurang di bawah normal,bentuknya tidak sempurna & sebagai pengganti anti oksidan mengkonsumsi juz buah tomat….

  66. 66 On March 4th, 2010, dila said:

    oh ya, bwt semua yang mempunyai masalah kesuburan bisa mengkonsumsi buah kurma….sebanyak 7 buah setiap hari di tambah madu murni juga boleh….buah kurma dapat mengatasi masalah kurang subur untuk pria dan wanita,so di coba aja mengkonsumsi selama 1 bulan lalu coba deh periksa ke dokter….klo hasilnya bagus nggak ada salahnya mencoba….semoga berhasil mendapatkan baby….jangan lupa berdoa ya….

  67. 67 On March 13th, 2010, ika said:

    salam kenal… sy br ikutan di situs ini, ternyata byk sekali manfaat dari sharing tmn2. sy mengikuti BT di Penang, my, yg pertama. tapi gagal, janin sy tidak berkembang,sel telur sedikit dan habis dipakai, tdk ada di frozen. skrg lg berusaha nabung lagi mau coba lagi. Kalau mau coba lg, sebaiknya di rs n dokter yg sama yg sudah tahu kelemahan kita, ato coba rs lain? pls sarannya, tq.

  68. 68 On March 14th, 2010, tracy said:

    salam kenal..
    Saya jg baru ikutan nih. Saat ini saya sedang ikut program bayi tabung di penang,rs loh guan lye,dgn dr devindren. Saya suntik dengan gonal f 450 iu x 7, dan suprefact 0,4 selama 2 mggu. Kmrn dokter memutuskan utk stop program saya krn sel telur saya cm 1 dan tidak berkembang. Duh..rasanya hati ini hancur bgt. Dokter menyarankan utk ikut lg yg short protocol,bulan depan. Sama dengan Ika, haruskah saya coba lg dgn dokter yg sama? Usia saya sdh 39 thn. Dokter jg menyarankan utk cari egg donor. Tp suami tdk setuju. Makanan utk kesuburan yg bagus apa ya? Thx.

  69. 69 On March 22nd, 2010, rita said:

    hai teman nama saya Rita, saya mau ngejalanin bayi tabung tp kok rata2 skitar 40 – 55 jt yah? kira2 ada info gak bayi tabung mana yang murah terjangkau tp kualitasnya bagus? krn degar2 di Rs.Abdi waluyo skitar 15jt t kualitasya bgaimana yah? krn msalah penyakit saya serius jg… mohon sarannya yah,ditunggu kabarnya

  70. 70 On April 13th, 2010, setyo said:

    Hai teman2
    Apakah ada yang pernah bayi tabung Rumah sakit Dr.Soetomo? Berapa biayanya?

  71. 71 On April 21st, 2010, niar said:

    hai all….sy ada rncana ikut BT,sy perlu info dari awal proses BT smp ketahuan hamil perlu wktu brp lama ya…..mohon info,thx…!!!

  72. 72 On May 2nd, 2010, Andi Irawan said:

    Hai All

    kalo dibandung dimana ya bisa konsul untuk program bayi tabung, dan kira2 dokter yang bagus siapa ya

    Thanks

  73. 73 On June 29th, 2010, Nin said:

    Temen2… Saya ada rencana mau ikutan programm Bayitabung. Tolong yg udah pengalaman rekomendasikan ke saya Rumah sakit mana aja yg bisa saya kunjungi, sekalian budgetnya. Suami saya PNS tentunya kami dr keluarga pas2an. Tapi niat kami buat punya anak begitu besar. Saya sangat berharap dapat informasi yg akurat mengenai tempat dan biayanya. Terima kasih yg udah merespon.

  74. 74 On November 26th, 2010, lia said:

    hai siti n andi…
    saya jg lg pemeriksaan di RSHS Bandung sama dr tita….tp mudah2an masih bisa alami, cuz katanya masih ada cara alternatif yg bisa dilakukan selain bayi tabung…saya lagi cari2 info cara alternatif tersebut…

  75. 75 On December 19th, 2010, rani said:

    saya jg dvonis dr tono djuantono u/pembuahan secara BT..coz sperma suami abnormal…tp sebelumnya pengen periksa dl k androlog…

    da info ga androlog yg bagus di bdg selain dr herman?
    trs persiapan bayi tabung, selain finansial..apa lg?
    biaya BT di klinik aster RSHS..brp ya?

  76. 76 On January 24th, 2011, Dinna said:

    Saya divonis tidak bisa hamil secara normal krn saluran yang ke indung telur tertutup (tidak ada) hasil HSG dulu benar2 mematahkan semangat hidup saya. sebelumnya sy sudah memiliki anak berusia 11 tahun dari pernikahan pertama, saat ini saya sudah menikah kembali dgn seorang perjaka, usia sy saat ini 31 th dan suami sy 27 th, 2 dokter bilang sy bisa hamil dengan cara BT (bayi tabung) sy benar2 takut mengingat keuangan kita yang belum stabil…..sy takut diceraikan suami sy krn tidak bisa hamil secara normal. mungkin di forum ini ada yang tau apa yang harus sy lakukan? dokter mana yang bisa menangani kasus sy ini? kalopun sy hrs menjalani bayi tabung, dimana proses BT yang murah dikota Malang Jawa timur??? sy sgt mengharapkan jawabannya segera…..!!!

  77. 77 On March 11th, 2011, Abu Majid said:

    Ass.Wr.Wb Para Ibu yang Hebat,yang pinter-pinter.Mohon beribu maaf sebelumnya.Bukan saya kurang bersyukur, tetapi saya pingin punya anak agak banyak. Saya sudah punya 2 anak (cowok),dua-duanya proses hamilnya gampang, begitu lepas KB langsung jadi.Nah saya berkeinginan punya lagi,tapi sdh 3 thn gak jadi-jadi,mengingat umur yg makin tambah, saya pingin juga ikut program BT (meskipun saya bukan orang berduit).Pertanyaan : khabarnya BT bisa langsung menginginkan anak kembar ya,Istri teman saya tidak pernah haid,tetapi ikut program BT di SBY anaknya langsung kembar.Sekali lagi mohon maaf ya,demi Alloh nggak ada maksud apa-apa,saya paham bagaimana perasaan Ibu-ibu. Demikian Wassalam. Abu Majid-Bontang

  78. 78 On May 21st, 2011, Rully said:

    Saya ingin bertanya, kabarnya ada program bayi tabung yang cukup murah yaitu 15 jt rupiah. Mohon infonya bagi bapak/ibu yang sudah tahu. Kabar terakhir yang saya tahu ada di RSU Dr. Soetomo Surabaya, apa benar demikian …?

  79. 79 On June 19th, 2011, Dina said:

    Bulan Januari kemarin sy ikut BT di Graha Amerta tp belum berhasil. Insya allah bulan September sy mau ikut yang di Siloam karena sangat banyak dokter yang recomended kesana. Untuk mbak Rully emang bener ada programnya tp prosentasenya kecil kemarin sy jg kena ga sampe 20 jt.

  80. 80 On September 29th, 2011, utami said:

    Biayanya bayi tabung di dr aucky berapa ?

  81. 81 On October 20th, 2011, kiki saputri said:

    ada yg bisa ksh info brp biaya utk program BT di siloam ?

  82. 82 On November 7th, 2011, hani said:

    Salam kenal,
    Temen2 saya ada renc utk ikut BT,umur sy 35th suami 41th.Problem saya tuba palopi kiri non paten, kanan paten tp sempit. Sy sdh ditiup 2x dRS dan thn yg bbeda tp hasilnya sama. Siklus haid sy normal bahkan cenderung ontime. Suami sperma normal.O ya pernikahan sy sdh 17th, awal menikah sy hamil krn blm siap kami gugurkan dg cr d urut.Km bfikir apa yg sy alami akibat kesalahan penangganan dmasa lalu. Biaya yg sy miliki minim, 50jt. Sy skrg domisili dbatam dan renc BT dsiloam sby. Sy tkt dana yg sy miliki tdk ckup bila mencakup akomodasi. Supaya bs hemat biaya dan berhasil persiapan seperti apa yg bisa sy lakukan dikota sy yg blm ada sarana utk BT. Dan ketika melakukan BT apakah sy hrs tinggal dsby dan berapa lama ? Sy saat ini menggelola usaha rumahan yg ngak bs sy tinggal lama lama, krn usaha ini tumpuan hidup kami.

  83. 83 On November 10th, 2011, thin said:

    Hi..baru bs join lagi…
    @hani:salam kenal sy juga tinggal di batam,sy BT thn 2010 di Malaysia bln okt.dan alhamdulilah lsng berhasil…klo soal biaya menurut sy di mlys lbh murah dibanding JKT..ato Srby krn lokasi kita yg jauh..sy habis 60jtan tp sampe hamil 3 bln itu mb,krn kan selama 3bln kita hrs diksh crinone tp hari sampe 3bln hrngya @63rb.klo proses aja cmn 40jt di mlys,sy BT di Johor Victory ivf klinik,skrg anak saya 3bln mb…

  84. 84 On November 10th, 2011, linda said:

    hani..salam kenal
    kenapa ga ke malaka aja,kalo ga salah sekitar 12.000ringgit ya,penginapan jg ga mahal ko..
    mungkin bisa jadikan pilihan ke 2 setelah srby.

    aku lg tunggu terima rapot nich,sabtu kemarin baru et…
    bt ku di tmc kuala lumpur..ohya aku jg di btm..karna ada pesawat lgs ke kl,jadi pilihnya ke kl.
    tapi lbh mahal dr malaka sekitar rm.18.000

  85. 85 On November 21st, 2011, HANI said:

    Hai linda, salam kenal jg
    Kmrn pilihan pertama kemalaka, setelah aku pikir…kenapa uang segitu byk kok lari keluar negeri toh angka keberhasilan d indo cukup bagus jg. Ke2 aku khawatir akomodasi d sana lebih mahal ( tmn sih blg mrh ) trus dr stulang kan hrs naik bus 4-5 jam aku khawatir ketika proses nanti dan aku hrs pp terganggu. Trus aku dsana ngak ada siapa2, soal bahasa aku jg tdk speaking walaupun dsana ada melayunya cm aku mikir utk komunikasi spt ini kurang efektif. Linda sdh berhasil…selamat y, tolong dong bagi tipsnya. Persiapan spt apa yg hrs aku lakukan disini, mgkin dr segi makanan, olahraga or hrs konsul dg dokter dsini apa ngak. Kmrn aku baca akupuntur bs membantu, btl ngak ? Apa benar pikiran hrs rilek.

  86. 86 On November 21st, 2011, hani said:

    O…ya lind
    Biaya segitu sdh termsk akomodasi blm y? Krn aku selain uang itu ngak ada tabungan lg.

  87. 87 On November 21st, 2011, hani said:

    thin hallo jg
    trims atas infonya, di johor ? berapa lama dr pelabuhan ….biaya itu sdh termsk akomodasi ato RS saja ? dan soal bahasa bagaimana ? trus nanti tinggal dsana berapa lama ktika mau dan setelah OPU itu. Tolong dong bagi tips supaya bhasil.

  88. 88 On November 21st, 2011, linda said:

    hi,hani
    Ko tau aku uda positif..hehe
    perjalanan msh 8 bln lagi,masih butuh banyak bedrest..
    kalo di kl ato di johor,kita bisa bahasa indo ko,suster ato dokter nya bisa bahasa melayu.
    sebelum bt,aku akupuntur,sekitar 3 bln an..makanan biasa aja ya,ga ada yg khusus.
    pikiran penting banget ya.. harus relax.
    sebenarnya aku jg kerja,cuma saat ini aku konsen u kehamilan ini dulu..biar kantor ,suami yg urus..he..
    aku punya pengalaman yg krg bagus pd kehamilan sebelumnya..keguguran pada saat kehamilan 10 minggu..
    walau di kantor ga angkat yg berat,tapi pikiran tetap jalan ya..he

  89. 89 On November 21st, 2011, linda said:

    kalo hani merasa lbh nyaman di srby,bagus jg ko,tingkat keberhasilan jg tinggi..tapi bagusnya setelah egg transfer jgn buru2 pulang btm..
    aku istirahat 2 hari di rs.
    sekarang aku ga balik lagi ke kl,aku terusin cek ke dokter spore.
    sebenarnya ke dokt di sini jg gapapa,kalo uda hamil,uda seperti kehamilan biasa..

  90. 90 On November 21st, 2011, hani said:

    lin…sebenarnya sih msh binggung jg, aku menyesuaikan dana yg ada n cr yg persentase keberhasilannya tinggi n mudah djangkau. Aku maunya sekali TB berhasil. Cm aku mikir jg ksby trasp lbh mahal. Sbnrnya saat ini aku blm begitu siap sec financial tp mrngejar umurku.Thn depan aku dah 36,ktnya tingkat ksuburanku mkn menurun. Niatanku utk punya anak begitu bsr, rasanya kbahagianku tdk lengkap tanpa khadiran anak. Saat ini ak lg myiapkan diri, sambil terapi ( urut ) krn dr sanalah aku merasa probleku berawal. Br aku jlni 2bln ( temp yg kesekian x nya ), harapanku dtpt urut br ini berhasil ( amin ) krn aku rasakan bagus n byk yg bhasil jg. Tp klu TUHAN bln kasih lwt bude ini, insaallah awal tahun aku berangkat…
    O ya kmrn akupuntur dmana, bbrp bulan yg lalu aku ikut jg cuma aku hentikan krn penanggananya tlalu cepat n tdk telaten. Tdk sesuai spt yg aku baca/bayangkan.

    thin,
    dijohor RS apa y ? mgkn bs aku pertimbangkan krn dekat…persentase kberhasilan bagaimana n pelayanan ?

  91. 91 On November 22nd, 2011, hani said:

    O ya ada yg lupa…sblm transf egg, linda pp / stay dsana ? klu tdk salah kan tiap hari ada suntik…3hr sekali/… dicek kondisi kita.

  92. 92 On November 22nd, 2011, hani said:

    Thin…tolong dong info / alamat klinik/RS yg dmaksud. Kebetulan aku ada saudara dekat sana td aku tanyakan. Tp dia binggung… dia tanya apa RS AKAR PINANG ?

  93. 93 On November 22nd, 2011, linda said:

    hani
    sebenarnya u kondisi mu bagusnya ke malaka ya,di sana sekitar rm 12.000 blm akomodasi.hotel 1 malam sekitar rm 80.dan dr htl ke rs ga perlu naik taxi,karna tinggal jln kaki.
    8 thn lalu aku bt di malaka,anakku uda 7thn sekarang.
    kalo di johor ato k lumpur sekitar rm 18.000.hotel ada jg yg rm 100-120.dan dr hotel ke rs hrs naik taxi.
    biasanya kita ketemu dokter 2x trus lgs bawa obat pulang u suntik di rumah,dan pas kunjungan ke 3 uda mulai stay sekitar 10 hari u opu(pengambilan telur)et(egg transfer) dan kalo boleh setelah et,kita tinggal dulu bbrp hari.
    kalo di malaka setelah et,stay 2 mlm trus aku naik taxi lgs ke stulang laut u naik fery,kalo di kl aku naik pesawat lgs batam..semua rata2 aku nginap 2 malam setelah et. kt dokter sich penempelan embrio sekitar 2-5 hari..he
    akupuntur di ruko central sukajadi,hrs bikin janji dulu.
    moga2info ku berguna

  94. 94 On November 22nd, 2011, hani said:

    Berarti dana yg aku siapkan cukup ya lind, selama ini aku khawatir sekali danaku tdk cukup. Trus klu mau kesana kita bikin janji dl or langsung datang aja ? boleh dikasih no telp n dokter siapa gitu. atau ada alamt emailnya sapa tau aku bisa konsul dulu.

  95. 95 On November 22nd, 2011, linda said:

    hani
    Bagusnya telp buat janji dulu, mahkota medical centre,dokter selva 606 2852999.kalo emailnya aku ga punya.
    mungkin bisa baca dr bbrp sharing teman2 kita di sini.
    hani,sambil menunggu waktu yg pasti u bt,bisa coba akupuntur dulu.. bagusnya akupuntur 3 bln sebelum bt.
    tingkat keberhasilan bt 30-50%,siapa tau dgn akpt bisa meningkatkan keberhasilan bt.

  96. 96 On November 23rd, 2011, hani said:

    lind makasih atas infonya, o ya…dr selva itu komunikatif ngak sih. Ato kt yg hrs aktif bertanya. Takutnya krn pasiennya byk jd dia to the point aja gitu. Sedang kita mau tanya jg binggung mau tanya apa. Ok nanti aku akupuntur lg dech…

  97. 97 On November 26th, 2011, Devvy said:

    Hi semua,

    Boleh kasi saran ke kita?
    Aku rencana juga pengin coba BT, umurku sudah 37 suami 44, jadi ya sudah tua :)
    Kami tinggal di Bali,8th yg lalu sempat cek kandungan lengkap,dinyatakan ga da masalah.
    Cuman suami ga da sperma, tapi cek lagi ada cuman di tetis, jadi mesti operasi ato pake BT.
    Waktu itu BT di Bali belon ada, dan kita kebentur biaya.
    So pertanyaannya sekarang … apa aja yg perlu kami siapin sebelum BT di Surabaya?
    Ato langsung aja ke Surabaya dan cek up complit di sana.
    Bener ga ya disana ada waiting list?
    Terima kasih sebelumnya untuk infonya.

  98. 98 On November 28th, 2011, didien said:

    Dear mb Devvy..

    ikut nimbrung n ksh info y.. brarti permasalahannya terletak di suami mb yg azoospermia y.. biasanya y program batab dg Tesa/Pesa. dibali sdh ad mb di rsud induk milik pemerintah di denpasar. sy prnah dgar jg sdh ada yg berhasil jg mb tp sy g tau brp persen tingkat kbrhasilannya. tp mnurut sy mw dimanapun tmpatnya kl Allah sdh mengizinkan ya berhasil, jd pasrah n tetep berusaha.

    Pengalaman sy wkt ikhtiar ivf/batab di graha amerta sby bbrapa bln kmrn g ad waiting list mb. cuma konsultasi+usg pertama kali trus dsuruh balik untuk konsul n usg wkt mens hr kedua plus priksa laborat, sdh bs di mulai ikhtiar ivf long protokol. unt mb biar lbh tau crita sy dr proses awal, biaya sampai syukur alhamdulilah dinyatakn hamil silahlkn mb baca di di kategori endometriosis, dg judul “pertolongan Allah begitu dekat dg multipel endometrioma di ovarium kanan dan kiri – didien”. disitu lengkap sy nulis email n dokter siapa sja plus teman2 barengan sy wkt ikhtiar. siapa bs nambah info unt mbak.

    yang perlu disiapin untuk batab di sby :
    tentu saja tempat tinggal yg terjangkau dr rs tempat ivf plus mental n biaya. bgtu mb.. qta saling sharing2n az mb.. krn sdh kwajiban sy sbg hamba Allah yg sdh di anugrahi karunia ini, berbagi informasi. semangat y.

  99. 99 On November 29th, 2011, rita said:

    dear all,,
    saya sudah 5thn menikah, smpai sekarang belum dkarunai anak,, bahkan hamilpun lom pernah.
    rencananya saya mau inseminasi dulu
    bisa ga kasih tau dimana tempat atau rumah sakit yang bisa lakukan proses itu yang ada di kota padang
    makasih y..

  100. 100 On December 10th, 2011, hani said:

    Aku lg binggung ni…., klu aku tb dimalaka ? Dr pelabuhan stulang kan hrs naik bus lama tu. Nanti mengganggu ngak ya ? Naik bus sek 4-5jam kan cukup melelehkan. Tolong dong masukkannya ( yg lewat batam dan sek )

  101. 101 On December 10th, 2011, cen cen said:

    @hani , mbak stulang itu dimana ya? kalo aku ke melaka biasa dari jakarta ke kl , lalu dari kl aku naik bis ke melaka, setau aku sih kalo mbak naik bis gak apa2 lah mbakM yang penting dan perlu kita khawatirkan naik pesawatnya, seperti saya nih harus naik pesawat, saya pun lagi menunggu hasil thaw cycle saya , kmrn tgl 3 des aku baru saja di et di MMC,melaka dengan Dr Selva, nunggu raport sampai tgl 17 des, mbak. kalo mau lebih jelas add aja pin bb aku di 22fa7327 atau email di cencenhioe@yahoo.com . Pasti dengan senang hati aku akan me berikan penjelasan kepada kamu

  102. 102 On December 11th, 2011, linda said:

    hani,
    kalo dr btm pagi sampai di malaka sekitar jam 2 sore,
    naik busnya enak ko,jalan tol nya lurus aja,ga kyk naik bus di jawa..he..
    biasanya sampai malaka sore,besok paginya baru ketemu dokter Selva,ambil obat,dan bisa lgs plg batam kalo mau.

    baru setelah et,biar ga naik turun bus,bisa carter taxi ke st tulang,pjalanan sekitar 2jam an,300ringgit.

    coba aja pergi u konsultasi dulu,kalo merasa sreg dgn dokter,dan suasana di sana,baru dilanjutin.

  103. 103 On December 11th, 2011, linda said:

    cen,
    semoga berhasil ya dgn thaw cycle nya..
    brp embrio yg di masukin?

  104. 104 On April 24th, 2012, helda said:

    Dear all…
    Saya 33 thn dan suami 36 thn sdh nikah 6 thn,saya ingin ikut program bayi tabung,kira2 ada yg bisa kasih rekomen RS yg bagus krn saya tinggal di Lampung dan kasus suami Azoosperma,langkah pertama yg hrs dilakukan apa ya,mohon saran dari tmn2 semua,krn dl suami prnh berobat ke dokter Androlog dr Nukman Muluk selama bbrp bulan,tiap kali dtg sll diberi obat,tdk pernah disarankan utk operasi apa pun,tp kami hentikan karena tdk ada perubahan.
    Mohon saran dari teman2 semua nya,thanks a lot all.GBu

  105. 105 On May 10th, 2012, Lea said:

    Hai all….

    Salam kenal ya. Saya sekarang 34 thn dan suami 39 thn. Pernikahan memasuki tahun ke-2 dan kami sudah berusaha untuk memiliki anak sejak 6 bulan pertama pernikahan. Sudah 2x insem dan masih tidak berhasil dan sekarang sedang mempertimbangkan untuk ikut BT. Tolong dikasih masukan dengan dokter siapa ya yg bagus di Jakarta….
    Ada yg punya pengalaman BT dengan dokter Indra atau dr. Ivan di RS Bunda ?
    Thanks…

  106. 106 On November 8th, 2012, mary said:

    Hallo all.. Saya mary umur 30 tahun, suami 32 tahun. Saat ini saya rencana melakukan bayi tabung karena dr diagnosa dokter sy PCO dan suami azoosperma. dari hasil baca baca kesana kemari sy tertarik BT di RS Siloam Surabaya atau di RS Bunda Jakarta. Tapi masih bingung mau yang mana. Soalnya masih memperhitungkan faktor biaya… Adakah info kira2 berapa total biaya utk BT dengan kasus seperti saya yg PCO dan suami azoosperma ini? Untuk sist helda dan Lea : gimana sist? dah jadi mulaikah? Jadinya ikut dimana?

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • Cherry: @Tina : hello salam kenal ya.. wahh habis ET.. baik2 yaa sampai...
  • JAS: Mel, Saya juga kena azoosperma parah seperti Mel ceritakan diatas...
  • LuLu: @Agustin : iya mba. Dl aq kost di belakang siloam yg dekat pasar....
  • agustin: @lulu salam kenal mb…dlu mb lulu batab di siloam ya??klo...
  • Kane: Dear Yanti, Saya juga punya bentuk rahim yg unik, uterus...
  • LuLu: Iya btl. Klo g salah RS bunda sm Dr.Ivan. Aq dngr,,,byk jg yg...
  • Indah: @m’yanti, mungkin selain ke siloam di Surabaya, bisa...
  • LuLu: @mba yanti : mba di sulteng mn? Kbtln aq jg org sulteng...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...