bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

12th July 2007

Biaya dan tingkat keberhasilan bayi tabung di Singapore

Ada artikel statistik menarik mengenai biaya dan tingkat keberhasilan program bayi tabung di Singapore yang dikeluarkan oleh departement kesehatan pemerintah Singapore pada tahun 2004 yang datanya diambil pada tahun 2002.

Meskipun sudah lama, informasi statistiknya saya rasa masih tidak jauh berbeda dengan yang sekarang. Sudah saya buktikan biaya ikut one full cycle program bayi tabung di KK Hospital awal tahun 2007 sekitar SG$6500, tidak jauh berbeda dengan biaya rata-rata yang tertera di artikel ini.

Untuk data tingkat keberhasilannya saya rasa sekarang lebih baik sekitar ada tambahan satu sampai dua persen.

Yang menarik adalah data perbandingan biaya rata-rata bayi tabung antara rumah sakit satu dengan lainnya. Dari yang termurah SG$6032 di KK Hospital sampai SG$13024 di Gleneagles Hospital.

Sebagai informasi: KK Womes’s and Children’s Hospital, National University Hospital dan Singapore General Hospital yang tertera di artikel ini adalah rumah sakit pemerintah (public hospital), yang lainnya adalah rumah sakit pribadi (private hospital).

Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang tertarik untuk mengikuti program bayi tabung di Singapore.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (40 votes, average: 3.48 out of 5)
Loading...Loading...

This entry was posted on Thursday, July 12th, 2007 at 12:21 pm and is filed under Biaya, Persiapan, Singapore, Tempat program bayi tabung, Tingkat keberhasilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 32 responses to “Biaya dan tingkat keberhasilan bayi tabung di Singapore”

  1. 1 On July 16th, 2007, Sherly said:

    Ga disangka kalau ikut program bayi tabung di Singapore ternyata tidak semahal yang saya bayangkan. Di Indo aja dah segituan… pengalaman Yenni telah merubah persepsi saya. Memang kayanya jelas di mana-mana rumah sakit pemerintah lebih murah, karena dapat subsidi … Ngomong-ngomong apakah harga berobatnya beda antara warga negara dan orang asing? Biaya yang Yenni bicarakan termasuk yang mana?

  2. 2 On July 16th, 2007, Yenni said:

    Wah good point Sherly. Memang harga berobat berbeda, lebih murah buat warga negara atau PR (Permanent Resident) Singapore. Saya termasuk kategori orang asing, yang tidak ada discount… alias full price.

  3. 3 On July 17th, 2007, Vivi said:

    Yang mahal itu ongkosnya, berapa kali harus bolak-balik Singapore. Viskalnya aja dah 1 jt setiap berangkat, belum tiket, tempat tinggal, makan dll.

  4. 4 On July 17th, 2007, Dita said:

    Ibu-ibu, yang buat mahal itu loh … belanjaaannyaaaa.

  5. 5 On January 17th, 2008, desy said:

    waaaahhhh… kok cuma S$ 6,500 ya… Aku ikut IVF di Mt. E th 2004 habis sekitar S$ 12,000.. Apa ada syarat2 khusus ya biar bisa dapat harga segitu?

  6. 6 On February 17th, 2008, donni said:

    ada program ICSI ga ya di kk hospital?

  7. 7 On March 28th, 2008, Widi said:

    Para Ibu2 yang sudah berhasil, saya baru saja disarankan dokter untuk ikut program bayi tabung. Kalo saya oke, minta info Klinik yang di Jakarta dong. Soalnya kalo saya baca pengalaman Ibu2 kebanyakan di luar negeri semua. Thanks ya.

  8. 8 On May 31st, 2008, Dee said:

    teman saya di Spore abis sekitar S$ 9,500 incl apartmen dan makan.

    di US sekitar $ 15,000 doooohhh

  9. 9 On August 23rd, 2008, ventyshick said:

    nimbrung dong aku juga pingin dapat baby lagi berusaha nih sebelum ngambil tindakan bt aku periksa dulu dari mulai paps sampai tube kalu semua ga berhasil baru bt di indo sama di singgapore maseh boleh di sini di usa bt 15000 bo ga kuat and insuran ga cover lagi ,salam buat semua semoga berhasil

  10. 10 On September 5th, 2008, Nia said:

    Wah bagi infonya dong..saya perlu informasi rumah sakit yang ada proram bayi tabung di Malaysia dan s’pore (kebetulan lagi di mly,nemanin misua sekolah).Saya pernah ikut bayi tabung tahun 2000 di RSHB, tapi belum berhasil.Waktu itu sudah sampai ET.Rasanya down banget dan sudah pasrah. Tapi setelah mbaca comment temen2 saya jadi tertarik…dan semangat lagi. tapi saya ragu, usia saya sudah 41…masih bisa dak ya ikut program ini di mly atw s’pore…?Mgk temen2 ada pengalam ikut bayi tabung di usia 42… Gimana sih prosedur bt di s’pore. rs pemerintah yang murah itu rs apa..?

  11. 11 On January 15th, 2009, JASMORO said:

    Info dijakarta ada klinik bayi tabung yang baik namanya klinik YASMIN tingkat keberhasilannya 30-33 %. Klinik ini dikelolah oleh Dr. lulusan UI dengan pengalaman LN

    Kalo mau Inseminasi di RS ASRI saja Jl.Duren Tiga No. 20 jakarta selatan. Saran saya coba inseminasi saja kalau masalah tak ada sumbatan saluran telur, Infertilitas orang indonesia, Umumnya karena ada infeksi,ibu sebaiknya kalo membersihkan organnya hati hati apalagi kalo di tempat umum

  12. 12 On January 22nd, 2009, jernih said:

    saya udah menikah 3.5 thn. belum pernah hmil. suami saya … continued in post Keinginan kami untuk memiliki anak melebihi keinginan untuk hidup

  13. 13 On February 24th, 2009, Linda said:

    hallo Yenni,
    saya mau nanya mengenai Prof PC Wong yenni pernah dengar ngak ? kira kira kalo sama dia biayanya berapa yah ? sebenarnya saya berencana ivf di penang sama dr. Mg Peng Wah tapi kebetulan ada adik di singapura jadi udah ada akomodasi gratis kalo dihitung hitung kurang lebih sama dengan di Penang mungkin akan mempertimbangkan IVF di singapura lagi bingung nih soalnya , tks atas infonya kalo ada ya yen

  14. 14 On February 25th, 2009, Yenni said:

    Hi Linda, Prof PC Wong itu yg nangani klinik ivf di National University Hospital NUH. Coba kamu baca pengalaman Bing http://bayi-tabung.com/pengalaman-keberhasilan-bayi-tabung-keluarga-bing/. Semoga sukses ya…

  15. 15 On March 6th, 2009, mega said:

    bagi infonya dong..yg pernah ikut program bt ama dr.ongki rs.siloam sby..thnx

  16. 16 On March 11th, 2009, Medy said:

    Dear moms,
    Aku sangat salut melihat kegigihan moms untuk memperoleh momongan, aku juga pernah berada dalam posisi itu (setelah menikah hampir 7 tahun) dan berusaha untuk ikut program IVF-ICSI di Spore April 2007.
    Tapi progrm baru sampai tahap suntik harian menghambat perkembangan telur kemudian terhenti karena menstruasi-ku tidak datang sehingga tidak bisa dilanjutkan dengan perangsangan telur di hari ke-2 mens. Ternyata aku sudah hamil.
    Menurutku tingkat keberhasilan pembuahan telur tidaklah bergantung kepintaran dokter tetapi kuasa Tuhan saja, karena toh yang mempertemukan telur dan sperma adalah petugas lab fertility-nya; dokter hanya mengambil telur dan menanamkan embryo.
    Jadi semua bergantung pada Nya saja sambil kita tetap melakukan porsi kita yaitu berusaha.
    Pengalamanku dengan banyak dokter menuntun pada kesimpulan bahwa carilah dokter yang memiliki empati (karena mengambil keputusan ikut IVF & menjalaninya sangat menguras emosi) & enak diajak komunikasi (tanya jawab), that’s why we choosed Singapore.
    Jangan menyerah ya, aku doakan agar moms berhasil dan segera memomong, GBU all.

  17. 17 On July 30th, 2009, diajeng said:

    hai medy…salam kenal.
    Aku pernah ikut BT di jkt tp sayangnya gagal dan kemungkinan abis lebaran mau coba ikut di singapore. Minta infonya dong…thn kemaren berapa biayanya? lbh baik pul pergi jkt or stay disana. Thx ya….

  18. 18 On September 1st, 2009, widya said:

    Salam kenal, saya sedang bed rest and ET 3 hari yg lalu.sebagai informasi saya pakai dokter Prof ng soon chye di gleneagles,dokternya sangat care dan tidak commercial.Tadinya saya memang berniat di NUH karena adanya subsidi dan lebih murah,tapi ternyata kalo mau yg subsidi ,dokternya setiap visit berbeda.dan program IVF tdk ada subsidi.Jadi lebih baik saran saya ke prof ng saja karena dia dokter pertama IVF di sg.

  19. 19 On September 3rd, 2009, Iien said:

    dear all,
    Ada yang pernah ditangani program BT dengan dr.sheila loh di raffles singapore ga???kalo ada bisa kasi info serta biayanya ga???THX

  20. 20 On September 10th, 2009, yeyen said:

    aku sudah 8 tahun ini menikah dan pernah KET juga pernah menjalani program inseminasi di RS Bunda Klinik Morula, hingga akhirnya aku sepakat dgn suami mau program bayi tabung, pernah ditawari di bandung ada pengalaman tdk ya? trus baiknya dimana dengan tingkat keberhasilan yang tinggi selain pasrah dan berdo`a terima kasih atas infonya

  21. 21 On November 15th, 2009, ika said:

    dear all,
    ada yang pernah insem di MMC Malaca malaysia ga?dengan Dr.Selva?Sharing dooonk,Aq rencananya mau berangkat ke sana.Biaya nya kena berapa?n berapa hari…Thanx infonya

  22. 22 On November 16th, 2009, Medy said:

    Halo diajeng, sorry baru sempat balas lagi nich…
    April 2007 prediksi biaya sih sekitar S$ 14,ooo di Mt.E tapi itukan tergantung penggunaan obat2an stimulasi, penguat, dll yang kita gunakan; jadi bisa leh murah loh. Menurut Dr. biasanya untuk usia diatas 34 thn akan menggunakan obat2an lbh banyak.
    Mereka juga bisa menyimpan (storage) telur yang sudah dibuahi seandainya kita punya lebih dari 3, karena yang bisa ditanam di rahim hanya boleh 3 saja – no sex selection.
    Untuk biaya hidup disana banyak kok penginapan murah sekitar RS, tinggal pilih aja karena rata2 banyak orang Indo juga jd tidak berasa suntuk. Hehehe…
    BTW udah mulai program? Dimana mbak?
    Moga berhasil yach, aku doakan…
    GBU

  23. 23 On March 2nd, 2010, Lia said:

    Hi Yenni, saya sudah coba BT 2 kali di Sby tetapi gagal, sempat down juga :(
    Ini saya mau mulai cek lagi di S’pore,msh blm bs menentukan sekedar cek aja atau program lagi disana.
    Ada teman yg merekomendasikan 2 alternatif tempat KK dan Thomson, apa bisa bantu memberikan info dr segi kualitas, biaya & dokternya?
    Kalau saya liat webnya sepertinya Thomson lbh nyaman karena menggunkan bhs Indo.
    Bagaimana menurut teman2?
    Thanks infonya…..

  24. 24 On April 5th, 2010, Hani said:

    Hi Yenny,

    Kasus aku nih, azoosperma krn klinefelter’s syndrom.
    Saya sudah ke dr. Muchsin Jaffar dan dia bilang ini kasus sulit. Aku dan suami rencana ke singapore.
    Cuman aku bingung, di singapore kan banyak urologis yang bagus. Spt di Elizabeth Mount waduh urologisnya
    banyak banget. Tolong dong aku diinform dg dokter Urologi yg bagus n peralatan yg bagus untuk operasi TESE.
    Trims ya. Gbu

  25. 25 On July 25th, 2010, aya said:

    hii teman teman
    ada yang punya informasi mengenai bayi tabung disingapore sekarang ini ga
    soalnya aku br aja mo mulai program bayi tabung
    kira2 rumah skit mana ya yg bgs, jg dokternya yg bgs&ramah,trus harganya jg terjangkau
    makasih untuk informasinya

  26. 26 On September 28th, 2010, Thevie said:

    Berobat di singapur atau mengikuti program bt d singapur bukan lah harga yg murah ,tahun 2009 aku menjalankan operasi laparascopi d Mount elizabeth hospital ..bisa di total biaya yg aku keluarkan hampir 100 juta

    emang sich dapat discount tapi tetep aja mahal .
    belum ongkos pesawat ,stay hotel ,waktu itu aku menginap di kelas 2 karna aku ga mau di kelas 1 yg tidur sendirian ,tapi ya alhamdulilah operasinya bagus

    menurut ku di manapun kita menjalankan bayi tabung ,mau di singapur ,bangkok ,malaysia,jakarta atau pun german ,kebetulan aku melaksanakan BT ini d German – Hamburg ,semua tergantung dari usaha dokter dan ALLAH YME ,dan tentunya kita sendiri ikut kerjasama dengan baik dan mematuhi segala peraturan yg ada selama menjalankan program bayi tabung.

    mau sehebat apa dokter kalau TUHAN YME belum mengijinkan tentunya hal itu belum akan terjadi.
    alhamdulilah program BT ku ini yg pertama dan kemarin cek darah yg pertama dan hasil nya positif dan besok cek darah yg ke 2.

    selama menjalankan program bayi tabung akus empat konsultasi dnegan dokter yg menangani ku dan aku bertanya padanya ..aku bilang aku baca di internet sering kali mereka melakukan program BT tp harus berulang ulang baru berhasil ,dan jawaban dokter
    hal itu bisa terjadi…. DAN AKU PUN BERKATA YA AKU DATANG KESINI BAGAIKAN KITA MASANG LOTRE KALAU BERHASIL KITA MENANG DAN KALAU KALAH KITA GAGAL
    dokter pun tertawa ..damn dia berkata saya berusaha yg terbaik dan kamu harus OPTIMIS KARENA KAMU AMSIH MUDA ,DAN AKU ADALAH PATIENT TERMUDA DI KLINIK TERSEBUT USIA KU MENGINJAK 32 TAHUN ,karena paling muda biasanya usia 35 tahun.

    DOA YG KITA PANJATKAN TIAP MALAM TELAH MEMBUAHKAN HASIL ,THANKS GOD FOR YOUR MIRACLE
    hope teman 2 berhasil and suksess juga yg penting yakin dan jangan stresss

    selama program aku bedrest 2 hari dan hari ke 5 aku sudah mulai keluar jalan jalan dan shoping yg penting tdk kerja berat oke……….

    regard
    Thevie Yulia

  27. 27 On June 1st, 2011, andriyani said:

    saya sebetulnya gak susah hamil,tapi 2 kali hamil bayi saya mengalami kelainan dinding perut.Dan tdk dpt bertahan hidup. Yg I : kasusnya omphalocele,dilahirkan umur 5 bln. Yang II : gastroschizis,lhr 8 bln,sempat dioperasi,hny bertahan 4 hari. Intinya dua2nya organ dalam perutnya ada di luar. Dokter bilang kemungkinan mereka mengalami kelainan genetik.Jadi kehamilan brikutnya,sebaiknya BT supaya bisa dipilih calon bayi yang memiliki kromoson sempurna.Ada yang punya srn sebaiknya utk kasus ini sy sebaiknya BT di mana ya? thx sebelumnya.

  28. 28 On July 5th, 2011, uya said:

    Bayu tabung di Indonesia ajalah sudah banyak Rumah Sakit yang menangani dan berhasil baik. Disamping meningkatkan Nasionalisme juga mengangkat citra dokter ahli kita.

  29. 29 On September 27th, 2011, fai said:

    mbak thevie, memang kmrn laparoskopi karena kasus apa mbak? aku juga mau dilaparoskopi di Mt.E S’pore karena ada endometriosis. Kalau sampai 100juta, mahal sekali. karena di surabaya aja 25juta. pertimbangannya pilih s’pore krn saya tinggal di batam, jd gak perlu nginap. tapi kok mahal sekali ya, kasusnya apa waktu itu mbak?

  30. 30 On February 7th, 2012, Widi said:

    Hi friends

    Tiba2 aq pengin BT lagi. Aku pernah BT di Bunda Thn 2001 sampai ET tp gagal! Eh bln berikutnya hamil. Anakku sdh 10 tahun. Thn 2008 pernah coba lai tapi telurku cuma ada 2 terus selama 6 bulan. Akhirnya males deh. Skrg pengin BT lagi dg umur diatas 42, gimana ya.? Di Sin ada yg pengalaman gak ya.

  31. 31 On February 20th, 2012, zilla said:

    Salam ! kepada semua mohon maaf saya sebelum nya apabila tidak menyukai ter-baca nya thread ini, banyak orang bersusah payah untuk mendapatkan cahaya mata tetapi sebaliknya saya ingin mengadopsikan bayi saya yg akan lahir akhir bln ini dikarenakan hal yg tidak bisa saya publikasikan di sini, menurut hasil USG janin dlm keadaan sehat tetapi jenis kelamin blm diketahui secara pasti karena terhalang bokong si bayi. saya mencari pasangan suami istri yg sdh menikah tetapi blm dikarunia kan anak dan benar-benar siap untuk menerima bayi ini layak nya anak kandung sendiri, pasangan suami istri tersebut harus ber-kecukupan dari segi financial agar si anak mendapatkan kehidupan yg layak, saya menginginkan orangtua angkat yg open minded, jika ada pasangan suami istri yg serius ingin adopsi silakan hubungi saya di : kaylapurnama@ymail.com, saya akan segera menghubungi bapak/Ibu

  32. 32 On September 5th, 2014, keii said:

    dear all…

    sekarang ini ada klinik baru yang mengembangkan tentang BT dan ditangani oleh dokter terbaik di sini.
    biaya lebih murah dari pada sin, serta teknologi tidak kalah dari sin.
    klinik ini ada di bangkok.. bagi yang tertarik, bisa menghubungi saya di
    indonesian01@safefertilitycenter.com

    dan bisa mengunjungi web kami di http://www.safefertilitycenter.com

    god bless

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • Selvy: Mba Andai, menurut saya utk pcos sebaiknya diterapkan pola hidup...
  • andai: Salam kenal semua.. saya jg di diagnosa dokter kena bpco kena...
  • agustin: @indira kl blh tahu msalahnya apa mb,smpai BT?trs BT nya...
  • Tiara: Selamat siang, sy sdh menikah hampir 8 tahun dan belum dikaruniai...
  • indira: Haiiii semuaaa…..perkenalkan sy indira,26th Seneng baca...
  • widia: @ mb nisa.. pas pengumuman +, apa rasanya mb. badan gmn. sdh mual...
  • AS: Senang sekali bisa menemukan tulisan mbak Linda ini di saat hati...
  • anna bunda: hai bunda semua..saya ana..saya juga mengalami rahim...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...