Biarpun pakai donor telur usaha saya …… – Flowers

Salam sejahtera,
Ibu2 & Bapak2 seperjuangan untuk sebelumnya saya mohon maaf kalau identitas saya rahasiakan.
Saya tinggal selama 14 thn di IBU KOTA di salah satu negara di EROPAH. Suami saya WNA Eropah. Lama menikah 7 thn. Thn 2005 saya pernah operasi untuk angkat Endometrios di rahim sebelah kiri. 1 thn saya dilarang hamil biar jahitan bekas operasi sembuh benar. Sampai thn 2007 buah hati belum datang juga, kami memutuskan bayi tabung dng protocole yg sangat panjang & sangat rinci untuk kami berdua.

Waktu pengecekan ternyata Endometrim saya tumbuh lagi malah di 2 tabung tersumbat semua + sperma suami tidak begitu TANGGUH padahal waktu itu kami BERUMUR 34 thn jadi belum begitu tua.
Prof.dr juga menerangkan bahwa keadaan rahim saya lebih tua dari umur saya, Kami tak tahu kenapa kami punya kelemahan itu, Padahal kami pasangan dg berat badan ideal, rajin berolah raga malah itu Hoby kami. POLA makan juga selalu kami perhatikan rata2 Organic Food, Kami tidak perokok & peminum, Siklus haid saya teratur dari dulu, tapi entahlah…. Prof.dr bilang itu penyakit Misteri semua orang bisa terkena tak pandang bulu.

Saya tak perlu menjelaskan seluruh protokol bayi tabung secara rinci karena, pil2 & obat2 suntik semuanya HAMPIR = yang di Indonesia & juga di negara lainnya, hanya waktu pertama kali program bayi tabung, kami harus tanda tangan surat persetujuan untuk segala macam a/l : ambil darah yg akan digunakan untuk segala macam test vaksin imunisasi juga DNA yg hasilnya 2 bln kemudian, harus konsultasi dg Psikiatri juga psikolog di tambah pengobatan alternatif saya a/l: Akupuntur, Homeopathy, Jamu/Madu, Pijit…Peramal… dls….semua saya lakukan.

3 kali saya bayi tabung dng cara yg canggih & maksimal dari thn 2007 sampai thn 2009 sampai lemari obat2an saya penuh dg obat2 untuk bayi tabung. Setiap program bayi tabung Prof. dr kasih resep obat untuk 4 bln inseminasi jadi saya ambil berpak-pak obat2 itu di apotek. Sayangnya semua bayi tabung saya gagal total biarpun dosis obat2an tinggi, saya hanya bisa menghasilkan 1/ 3 telur dan semuanya tak bertahan hidup = tak sempat di buahi sperma suami. Sedih hati saya tiap kali gagal saya hanya menangis & meratap (suami saya menangis secara sembunyi di kamar mandi).
Tapi kami tak patah niat karena kalau masih memungkinkan kami mau coba lagi, untungnya semua program bayi tabung ini ditanggung oleh ASKES kami jadi semuanya GRATIS 100% .
Tapi apa daya pihak Prof.dr2 di RS itu memutuskan kami tak BERHAK bayi tabung lagi karena lihat SITKON telur saya jadi kami disarankan untuk DONOR TELUR (DT).

Kesal & sedih hati saya saking kesalnya obat2an sisa bayi tabung saya buang ke tempat sampah (tapi saya benar2 MENYESAL setelah obat2 itu jauh ) saya pikir bisa kasih orang yg senasib dg saya untuk amal apalagi banyak obat2 yg tersisa tapi masih baru & belum saya buka, saya tahu harga obat2an itu berjuta2.
Waktu itu saya putus asa & kesal sekali karena untuk ikut DT di negara ini kami harus menunggu 3 s/d 5 thn karena banyak peminta tapi tak banyak pendonor kecuali kalau kami bawa donor sendiri (syaratnya seorang ibu berumur di bawah 36 thn & sudah beranak) maka program DT saya langsung di laksanakan.
Saya meminta adik & ponakan saya di DESA (semuanya masih muda, berkeluarga & punya anak) kalau mereka bersedia jadi donor tentunya mereka saya bawa ke Eropa. Sayangnya setelah saya jelaskan apa itu inseminasi dari awal sampai akhir (DT protokolnya sama dg bayi tabung cuma berakhir sampai OPU), mereka ketakutan apalagi untuk OPU pake anestesi segala mereka tak mau biarpun saya kasih imbalan.
Tak ada pilihan lain saya cari2 di internet kalau ada wanita yg bersedia jadi DT, tentunya saya kasih imbalan meskipun di negara ini imbalan dilarang & bisa di hukum penjara/denda tapi saya tak perduli. Saya cari dulu di negara ini kalau tak ketemu, kami bertekad DT di negara lain. Informasi RS2 & klinik2 fertilitas di negara2 Eropah & lainnya saya catat & simpan.

Untungnya saya menemukan 2 ibu yg bersedia jadi donor, Saya sebut saja ibu A & ibu S.
* Ibu A berumur 28 thn & sudah punya 3 anak, tinggal di kota L sebelah utara (300 km dari kota saya) tapi dia masih menyusui anak terakhirnya, jadi saya harus nunggu sampai dia selesai masa menyusuinya.
Ibu A ini tak mau IMBALAN SEPESERPUN dia bercerita dulu dia pernah keguguran saat usia kehamilannya baru 4 bln, Sejak kejadian itu DIA berjanji dg TUHANNYA bahwa kalau dia beruntung hamil lagi & punya anak dia mau jadi pendonor telur untuk menolong orang2 seperti saya. Saya jadi terharu membaca @nya.
* Ibu S berumur 19 thn, punya anak 1 & lagi hamil 7 bln dia tinggal di kota SM sebelah selatan (150 km dari kota saya) & saya juga harus nunggu sampai dia melahirkan. Dia meminta imbalan tapi tak perduli berapa saja katanya. Saya juga tidak perduli yg penting siapa yg pertama siap jadi donor itu yg saya pilih.

Hampir 1 thn saya tunggu, saya selalu rajin minta kabar dari ibu2 itu, kami malah sempat tukeran foto & kartu pos. Tapi akhirnya Ibu S mengundurkan diri karena dia mengalami pendarahan banyak waktu dia melahirkan & dokter ginekolognya menganjurkan dia untuk membatalkan jadi DT karena banyak resikonya, jadi harapan saya hanya ibu A.
Akhirnya Bulan Februari 2010 Ibu A siap untuk program DT untuk saya, tapi dia tak mau di kota saya alasanya karena dia punya 3 anak yg masih BALITA jadi repot untuk perjalanan PP 300 km.
Tak ada solusi lain saya & suami pindah program DT di RS di kota L, semua program baik kami & ibu A semuanya GRATIS hanya ongkos kereta api PP bayar sendiri tapi nanti dikembalikan oleh ASKES kami. Ibu A mulai melakukan test dari A sampai Z di RS di kotanya & selesai +- 6 bln kemudian. Waktu OPU ibu A menghasilkan 30 telur yg semuanya sangat bagus.

Dan menurut UU di negara ini TELURNYA BUKAN UNTUK SAYA tapi untuk pasangan2 lain yg bermasalah = saya, Tapi juga yg RASnya = ibu A yg bermata hijau kelabu & berambut pirang. Setiap pasangan hanya berhak 5 telur untuk dicampur dg sperma suaminya masing2, (identitas pasangan2 itu & identitas ibu A sangat DIRAHASIAKAN oleh pihak RS, jadi mereka tidak bakalan saling kenal). Sebagai gantinya karena saya bawa pendonor (ibu A) program DT kami di nomer satukan malah kami berhak ikut 2x DT (tanpa harus bawa pendonor lagi) kalau programme DT yg pertama kami gagal.

Hanya sayangnya di kota L ini belum ada dlm daftar pendonor yg RASnya seperti saya (RAS ASIA) semua identitas pendonor untuk saya ini di RAHASIAKAN oleh pihak RS, mereka hanya menjelaskan saja. Saya sudah menduga sebelumnya karena saya tahu di kota L ini, rata2 penduduknya berkulit sangat putih dg bintik2 coklat di kulitnya, bermata biru, hijau, kelabu & coklat terang dg rambut asli yg berwarna kuning emas atau pirang. Sedangkan saya bermata sipit dg kulit sawo matang & suami saya berkulit putih biasa bermata coklat terang & berambut pirang.
Prof.dr kasih 2 pilihan kepada saya, solusi pertama : tunggu, mungkin kalau beruntung ada pendonor RAS ASIA mungkin 1s/d 5thn tunggu atau mungkin tidak ada sama sekali, Solusi ke 2 : menerima pendonor yg RASnya seperti SUAMI saya (jadi kalau saya beruntung hamil & melahirkan, anak saya berwajah 100% Eropah). Saya kecewa sekali mendengarnya tapi karena saya pingin punya anak dari rahim sendiri saya tak mau tunggu lagi, solusi ke2 saya terima. Kamipun mulai siapkan dokumen2 yg di minta oleh UU negara ini untuk protokol DT, a/l : kami harus bikin surat perjanjian yg isinya macam2, disaksikan & di tanda tangani oleh NOTARIS, konsultasi dg psykolog & test DNA lagi.
Cuma enaknya hanya Pihak pendonor yang harus inseminasi total & komplet, Sedangkan inseminasi saya (sebagai pihak penerima Embrio) hanya sedikit,Cuma 21 hari sesudah haid harus suntik Enantone 1x, terus 2 minggu kemudian folice acid, Provames, Progesterone (tiap hari sampai usia hamil 3 bln).

Bln Mei lalu kami ke kota L untuk ET, sehari sebelumnya saya harus minum Xanak & Spasfon. Waktu tunggu giliran di ruang tunggu itu, saya perhatikan ada 9 PASANGAN yg istri / suaminya RASnya mirip dg suami saya, MUNGKIN untuk giliran ET seperti kami dg pendonor yg sama. Di ruang tunggu itu semuanya berwajah beku / sedih seperti kami, tak ada keinginan untuk menyapa/ngobrol.
Dari 5 telur pendonor yg di campur dg sperma suami saya, hanya 3 yg jadi (1 Blastocyst). Yg di masukan ke rahim saya hanya SATU, saya hanya BERHAK SATU-SATU menuruti peraturan RS di sini, Penyebabnya ukuran tinggi badan (menurut ukuran negara ini saya termasuk pendek, jadi berbahaya & beresiko tinggi kalau kembar). Yg 2 embrio lainnya di simpan di RS di kota L tidak bisa di TRANSFER ke kota saya.

Kembali ke kota saya, 2 minggu kemudian saya cek darah & positif hamil, herannya Perasaan kami biasa2 aja, bahagia sih tapi dlm hati kecil kami menduga enggak bakalan bertahan, kami memutuskan untuk tidak membicarakan kehamilan dlm rumah. Malah sudah bertahun2 kami menghindari dari segala perkumpulan & pergaulan baik dari pihak suami juga dari pihakku.
Karena tiap kali ada undangan atau acara2 di KEDUTAAN pertanyaan orang2 selalu seputar kehidupan pribadi kami :….berapa lama menikah ?…..punya anak berapa ?…..dsl…Jadi kami merasa sedih & enggak enak sendiri.
Untungnya selama masa hamil itu saya tak pernah punya rasa muntah2, pening, lelah, dls….semua oke2 aja seperti saya tak hamil saja, saya pikir mungkin karena obat2an yg saya konsumsi tiap hari. Kegiatan sehari2 saya lakukan seperti biasa cuma olah raga saya stop. Satu bln setelah ET saya echographic, embrio saya baik2 aja, detakan jantungnya juga lancar kami terharu melihatnya biarpun hanya sebesar udang.
Waktu konsultasi lagi dg dr Gynekolog di dekat rumah saya, dia kasih surat perintah untuk echographic kalau usia kehamilan mencapai 12 minggu untuk melihat apakah organ tubuh, tulang & Syaraf bayi sudah membentuk, Katanya penting untuk test TRISOMY 21, test itu untuk mengetahui apakah jabang bayi kami cacat mental & fisiknya atau enggak. Nanti terserah kami kalau bayi itu mau terus disimpan atau digugurkan.

Tgl 12 Juli saya ecographic 12 minggu kehamilan untuk test TRISOMY 21 itu & dugaan saya jadi kenyataan, jabang bayi saya sudah tak bergerak lagi, tapi saya masih penasaraan 3 hari kemudian saya echo ulang, lagi2 hasilnya IDEM. Gynekolog menyarankan saya untuk menyetop semua obat2 yg saya konsumsi untuk memperlancar proses keguguran.

Kami tak bisa menjelaskan emosi sedih kami tapi kami tak kapok2 biarpun jatuh bangun & jatuh lagi yg jelas kami tetap berusaha selama masih ada kemungkinan. Kami merencanakan ET ke2 bln November ini.
Sekarang umur kami sudah 38 thn & sebenarnya saya sendiri sudah MUAK juga LELAH dg segala teknologie canggih yg membuai harapan tapi blm tentu nyata, tapi apa daya hasrat untuk punya anak melebihi segalanya maklum saya manusia biasa.
Memang kami beruntung semuanya GRATIS tapi masalah sedih & perasaan tak bisa diganti dg UANG.
Saya sering membandingkan dg 3 orang teman2 main kecil (sekelas waktu SD) yg tinggal di desa, mereka jg tak dikaruniai anak tapi mereka tak SE STRES saya, karena mereka tak pernah tahu apa itu Bayi Tabung, Donor Telur, Surrogate Mother, Donor Sperma….dls

Nyatanya biarpun teknologi canggih kalau TUHAN belum menentukan tak ada yg mampu menandingi kehendaknya. Kami hanya BERDOA & BERDOA hanya itu yg bikin hati kami sedikit tentram. Kami turut merasakan perasaan Ibu2 & Bapak2 yg situasinya = kami, kami tak bisa memberi saran hanya jangan henti berdoa dari semua kegagalan mungkin ada rahasia untuk kabahagiaan mendatang.
Kalau semuanya tak memungkin lagi kami merencanakan untuk adopsi, Biarpun persyaratan untuk adopsi LEGAL bagi saya WNI & suami saya WNA EROPAH ternyata EXTRA RUMIT dari DT tapi kami akan mencobanya.
Salam Sejahtera Selalu.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (21 votes, average: 4.05 out of 5)
Loading...

113 thoughts on “Biarpun pakai donor telur usaha saya …… – Flowers

  1. isti

    hai flower salam kenal,saya salut baca perjuanganmu yg begitu rumit tp yakinlh suatu usaha pasti ada hasil.saya jg lg berusaha utk punya anak.

  2. didien

    Salam kenal mb flowers..
    Tetap semangat mb jgn patah semangat mb.. Smua yg kita alami smua itu pasti sdh jd jln ketentuan, tp percayalah pertolongan Allah SWT pasti ada unt stiap hambanya yg tak lelah berikhtiar dan berdoa..

    Mb sy pernah tau di kota sby ada yayasan greja namanya pondok hayat yg merupakan gerakan moral untuk mencegah para wanita yg akan melakukan aborsi, memberikan bimbingan, naungan unt para wanita yg blm siap unt mjd ibu. Sejenis panti asuhan unt menampung baby dari para wanita korban hamil dluar nikah agar tidak dilakukan aborsi. jd pondok hayat ini menampung dan membimbing wanita2 tsb dari hamil sampai melahirkan, agar bayi selamat dr tindak aborsi dan penelantaran.
    Coba mb flower kunjungi http://www.pondokhayat.com

    Smoga bermanfaat mb.. tetap semangat.

  3. Shanty.A

    SAlam kenal ya mb flowers,
    Klo masalah endometriosis itu erat sekali hubungannya dgn blood stasis di organ reproduksi. Coba deh mbak, mumpung di eropa, pesan bukunya Dr. Randine lewis Ph,d judulnya the infertility cure. Disitu dijelaskan semua masalah akupuntur, permasalahan blood stasis kayak endo dan miom dan cara natural mengatasinya. Sy terharu mbak udah coba BT berkali kali tp belum berhasil. Bisa dipesan di amazon.com yg cabang germany yaitu http://www.amazon.de atau langsung situsnya di amrik. Sy sendiri dpt ilmu yg luar biasa byk dr buku tersebut. Dan byk studi kasus spt ada seorang ibu yg 9 kali BT dan akhirnya bisa punya baby setelah umurnya diatas 40 tahun. Mungkin saja akhirnya mbak bisa hamil natural. Krn ada juga kasus 2 kali gagal BT malah udah laparoskopi 2 kali dan sampai puyeng deh keluar biaya byk eh malah akhirnya terapi alami bisa hamil alami 2 kali. Who knows….kuasa Tuhan tdk ada yg mustahil sama
    sekali. Siapa tau nanti akan menimang buah hati dr rahim sendiri 🙂

  4. Yuli B

    Dear Flower..
    Salam kenal…, jangan patah semangat mb.
    Aku yakin Tuhan maha adil untuk semua umatnya. Kita wajib berusaha dan berdoa. Saya BT 2 kali dan now i am preparing myself for the next step. Good luck mbak.

  5. Flowers

    Salam kenal selalu untuk semuanya,
    Rasanya beban di hati saya mulai berkurang berkas CURHAT dg para ibu/Bapak yg mengerti SITKON kami.
    Dulu bertahun2 masalah ini kami simpan sendiri. Apalagi pihak keluarga enggak mengerti benar2 masalah kami.
    Terima kasih untuk saran2nya. Pondok Khayat sangat menarik mungkin saya akan berkunjung kalau pulang ke tanah air.
    Untuk bukunya Dr Randin Lewis itu saya sudah punya dari dulu (yg di terjemahkan di bahasa Europa) juga buku2 lainnya tentang kemandulan sayangnya terapinya enggak mempan untuk kami.
    Sekarang saya pasrah tunggu kelanjutan ET Donor Telur saya bln Novembre ini mudah2an yg ini akan berhasil.
    Salam

  6. didien

    OK mb flowers
    kl mb berkunjung ke pondok hayat.. seneng rasanya krn liat ank2 kecil dr usia sekolah SD smpai yg masih bayi ataupun baru lahir, mb jg bakal lihat ibu2 hamil yg ditampung dsana
    memang pondok hayat tidak bgtu terkenal di banding panti asuhan yg lainnya. semoga saja mb berjodoh dg salah satu baby disana unt jd ank adopsi mb. omg2 mb apa sudah lihat web pondok hayat??
    Smoga Allah SWT memberikan pertolongan sm mb n suami, AMIN.

  7. Flowers

    Hello didien
    Iya saya & suami udah lihat webnya :www.hayat@pondokhayat.org
    Tapi untuk adopsi kami tak bisa dg yayasan itu karena tidak terdaftar di Kedutaan suami saya. Karena untuk adopsi LEGAL pihak kedutaan suami saya yg menentukan nama2 yayasan di indonesia,pokoknya sangat rumit deh. ada juga yayasan panti asuhan di kabupaten saya juga tidak tercantum.
    Karena kalau adopsi kami ingin bawa anak itu ke EROPA.

  8. didien

    oh bgtu y mb..
    kl cara legal susah.. di situs ini ada mb love yg menawarkan anaknya unt di adopsi, mb coba saja shering sm mb love.
    Smoga sj ada jln solusi unt smua permasalahan mb.. mb harus tetap semangat y.. siapa tahu Allah ksh jln yg tdk di duga2.

  9. Flowers

    Selamat malam DIDIEN,
    Niat kami ingin anak adopsi itu bisa di bawa ke eropa jadi kalau enggak nurutin syarat2 dari kedutaan ya tak bisa masuk ke eropa untuk tinggal selamanya dg kami.
    yayasan yg di pilih oleh kedutaan hanya satu di jakarta (yayasan sayap ibu).
    Kami tak punya pilihan dg cara lain.
    Mungkin Allah belum percaya pd kami untuk punya anak Wallahuallam.

  10. didien

    oh yayasan sayap ibu toh mb..
    itu emang panti asuhan yg sering sy dengar. smoga saja mb bs adopsi baby di sana. ad info terbaru kl baby mb love sdh lahir, dy jg lagi cari ortu adopsi. kl adopsi lewat jalur legal artinya harus lwt panti asuhan sayap ibu, tp kl lewat ortu lgsg spt kasus mb love itu cara ilegal.. krn tanpa prosedur suratmenyurat/administrasi.

    mb flower jgn pernah patah semangat, ingat Allah tdk suka hambanya yg putus asa, oh maaf y mb.. kl mb muslim saran sy jalani puasa senin kamis, tiap jm.3 mlm bangun unt sholat toubat, sholat hajat, sholat tahajud dan sholat istikoroh mb, luapkan smuanya yg mb rasakan. insya Allah mb akan lebih tenang n diberi kemudahan Allah mb.. itu pengalaman sy sndri mb disaat sulit Allah memberikan solusi yg tdk terduga. kdang2 Allah memberikan qta cobaan krn pasti ada sesuatu yg slh dg tingkah laku qta sndri, qta jauh dr Allah. jd Allah memberi peringatan qta unt kembali kpdnya.. sbnarnya kl di pikir qta hdp di dunia ini cm sementara, di akheratlah yg lebih kekal. kl mb flower senggang silahkan tausiah ustad danu di mnc tv tiap hr sabtu n minggu jm 05.00 insya Allah mb akan dpt pencerahan..
    Kl qta brpikir lwt jalur dunia n manusia smua dpikir tdk mungkin tp kl qta berfikir lwt jalur agama n Allah pasti ada jln. maaf y kl sy terlalu mengguri mb, sy hy memberi nasehat sseuai pengalaman sy.
    Smoga bermanfaat sm mb flower..

  11. mary

    Dear flowers,
    Salam kenal, Tuhan pasti ada rencana sendiri. kalau percaya akan karma, mungkin kita pernah berbuat salah di kehidupan yang lalu, yang tidak bisa dijelaskan oleh manusia. Banyak lah berbuat amal di panti asuhan, dll. hati & jiwa juga hrs selalu + thinking. Adopsi juga ok.
    By the way, saya skrg hr ke-8 suntik suprefact Gonal F 300 iu sbg donor, di Kuching, Sarawak, East Malaysia, Suami warga negara malaysia. Saya sendiri Chinese kalimantan Barat, Indonesia. Menurut dr telur sy bnyk, karena sy juga jarang haid. Cuman skrg ukurannya masih terlalu kcl. Jadi sy juga tdk tau telur sy nantinya bisa diambil tdk. Kalo semua lancar, telur dipanen tgl 21sep ini. kalo flowers masih mau saya bisa menjadi donor untuk flowers. Dr juga ada pengalaman 20 thn di London. Skrg buka praktek di Kuching.

    sy mempunyai seorang anak cowok 7 thn dan cewek 4 thn, semua dikandung normal, stlh sy konsumsi tablet royal jelly produk high dessert selama 30hari.

  12. didien

    OK MB..
    mb kl blh tau email mb apa? jd qta bs shering2. bismilahirohmanirohim.. sy doakan smoga Allah memberikan pertolongan sm mb n suami. Amin.

  13. Flowers

    Salam hangat untuk MARY
    Terima kasih untuk perhatiannya sangat menyentuh hati saya.
    Kalau mary baca cerita saya dan paham benar di situ tertulis ET ke 2 akan dilaksanakan bln November ini (masih ada 2 embryo kami di RS) dan hanya bisa di tanam satu2.
    Kalaupun dua2nya gagal, kami berhak ikut satu kali lagi dg pendonor yg udah di sediakan oleh pihak RS(jadi protokolnya lebih gampang enggak usah mengulang dari awal)
    Pokoknya perjalanan kami masih panjang.
    Salam hangat selalu

  14. Flowers

    Didien yg baik
    Maaf untuk sementara ini saya belum siap kasih email saya.
    Kita bisa lanjut ngobrol via bayitabung.com
    Sekali lagi mohon maaf

  15. Nona

    Dear Mbk Flower

    Jika masih ada harapan, jgn menyerah Mbk. Truslah berjuang. Kasus saya hampir sama dgn Mbk, makanya sgt mengerti dgn kondisi Mbk. Saya udah 5 kali coba bayi tabung dan selalu gagal trus.Sampai kadang sdh capek mental dan fisik. Setiap tahun coba, stiap kali gagal. Cuma terakhir kalinya saya berhasil hamil pertama kalinya, spt yg Mbk rasakan, saya merasa ngk hamil sama sekali dan sesuatu ngk benar. Akhirnya 6 minggu kemudian, dinyatakan ektopik dan harus disuntik MTX. Setelah penyuntikan, harus menunggu 6 bulan agar obatnya sdh keluar dari dalam tubuh. Tertunda lagi. Kami bakalan coba tranfer lagi (untungnya masih ada 3 frozen blastocysts) tahun depan September. Saya mempunyai endo yg sgt parah dimana dokter saja ngk mau operasi. Kata mereka, saya harus menunggu sampai kehamilan yg saya inginkan selesai smua, baru diangkat smua. So Mbak Flower jgn menyerah. Jika memang sdh waktunya berhenti, lakukanlah tanpa menyesal di kemudian hari. All the Best.

  16. Flowers

    Dear NONA,
    Bulu Roma tangan saya sampai berdiri ketika baca sharing nona.
    Tak bisa di bayangkan ternyata sekarang di tahun 2000an pasangan2 yg sulit punya anak semakin bertambah saja tanpa di ketahui pasti apa asal usul & penyebabnya.
    Saya sering berdoa untuk para ibu & juga para bapak yg senasib dg kami untuk tetap tabah & semoga semua permintaanya di kabulkan oleh TUHAN Amin….

  17. julie

    Amin mg semua berjalan lancar mg Alloh swt memberi kelancaran utk kita semua mbak……..sedih bgt baca kisah flowers,,tetep semangat ya….sy juga blom ada anak udah 10th merit. rencana taon ini insyaAlloh berjuang sekuat tenaga utk hamil.Kita berikhtiar saja sekuat tenaga yg tersisa utk hasilnya hanya Alloh swt yg ber-hak atas segala di dunia ini. Amin

  18. Flowers

    Salam hangat JULIE
    Memang benar semuanya TUHAN yg menentukan saya baru sadar setelah Biarpun pakai donor telur tak berhasil juga.
    Dulu waktu gagal BT saya pikir dg DT pasti berhasil ternyata TUHAN menentukan lain.
    Kecanggihan dunia tak ada yg bisa mengalahkan kekuasaan TUHAN.
    Salam sejahtera

  19. julie

    Sabar ya mbak sy doakan berhasil dgn 2 telur lanjutan…. jangan pernah menyerah dan percayalah mukjizat pemilik alam semesta ini Alloh swt. Semangat

  20. fai

    selamat sore semuaa..

    mbak flowers, jangan patah semangat ya. Sepupu saya 12tahun blm punya anak, suatu hari dia ikut pengajian. oleh ustadz dia dikasih saran untuk ingat-ingat lagi apakah selama ini ada kata-kata yang menyinggung perasaan ibu, adek2, tetangga.. setelah dia ingat2 lagi, ternyata dia memang pernah bersikap sombong di depan adik2nya dng bilang “ah, biar aja aku gak punya anak, tapi kaya, gak kayak kalian”. so, malam itu juga, si sepupu nelpon ibunya minta maaf sambil nangis, nelpon adeknya minta maaf juga. Dan alhamdulillah 1 bulan kemudian dia hamil normal, mbak. Mungkin dng minta maaf itu dia hatinya lebih lega. jadi tubuh dan pikiran sama2 positif, dan percaya gak percaya bisa hamil normal.
    Saya jga udah nikah hampir 2 tahun belum punya anak. Didiagnosis kista endometriosis, dan disarankan untuk laparoskopi. terkadang mikir, aku ini salah apa ya, Allah? kok cobaannya sakiiit bener.. Ingin sih percaya pasti ada rencana Allah yang lebih baik buat kita, tapi di saat yang sama kita liat Allah kasih anak ke mereka yg belum siap mental dan finansial (temen saya baru nikah 3 bulan, sama-sama gak kerja, eh kok udah hamil),, rasanya miris.. Tapi ya sudahlah, manusia hanya bisa berusaha. Keputusan kapan ada di tangan Allah. jangan menyerah ya mbak-mbak semuaaa…

    Mbak didien, kalo gak salah jg kena endometriosis dan berhasil BT ya? boleh minta alamat emailnya mbak?

  21. flowers

    Salam kenal fai
    Mohon maaf kalau baru sempat balas.
    Saya kadang berpikir mungkin tuhan belum siap untuk menitipkan anak pd saya karena saya & suami berbeda agama.
    Tapi tiap kali berkunjung ke KEDUTAAN saya lihat banyak orang indonesia yg jg nikah dg WNA & mereka dikaruniai anak dg mudahnya.
    Entahlah semuanya misteri.
    Saya jarang pulang kampung & saya jarang bergaul karena saya lebih senang tinggal di dlm rumah.
    Pergaulan saya terbatas teman sayapun tak banyak.
    Saya tak tahu kalau saya bikin salah sama orang atau enggak tapi yg saya yakinkan di seluruh kecamatan kecil saya hanya saya yg kebetulan nikah dg orang bule & saya rasakan banyak tetangga yg iri dg saya.
    Saya tak tahu kalau mereka pakai jampi2 jahat buat saya.
    Di dusun saya memang masih ada kepercayan seperti itu WAWLAHUALAM.
    Untuk sementara saya hanya berdoa.
    Salam hangat

  22. leony

    semangat ya mb’… sy terketuk mendengarnya, smoga diberi kekuatan dan kesabaran. sy punya putra 3, setelah melahirkan terakhir sy steril, trnyata msh banyak yg ingin punya keturunan tp jalannya sulit ya. i wish i can help u guys’

  23. Flowers

    Salam hangat leony
    Wah beruntung banget punya 3 kenapa harus steril ? apakah disengaja ? mungkin ke 4 bisa putri loh
    Salam

  24. anggrek

    Hai Flower…
    Jangan patah harap ya…terharu sekali membaca artikelmu. Sekalipun aq sendiri sering merasa sedih sepertimu sampai sekarangpun di 5th usia penikahan kami, aq juga belum dikarunia keturunan. Tapi percaya, masih ada Tuhan…Masih ada jawaban. Asal kita tetep dekat dan berharap padaNya

  25. Flowers

    Dear anggrek,
    Terima kasih banyak untuk curhatnya, Jangan patah semangat bukan berarti usaha modern gagal, usaha traditional gagal juga.
    Banyak juga artikel di BT dgn cara tradisional & alami berhasil & sukses.
    Itu semua rahasia & mukjijat TUHAN. Saya coba temukan artikelmu di BT ini tapi tak ketemu. Boleh tahu kisahmu udah coba BT atau insem ?
    Salam hangat

  26. anggrek

    Hai Flower…
    Aq memang tidak banyak menulis artikel ttg diriku ?ì website ini 🙂 tapi aq sering membuka dan membacanya, dan itu membuat aq merasa benar2 tidak sendiri. Segala pengobatan tradisonal, sinshe, pijat udah aq tempuh. Insempun gagal 3x dan terakhir dokter menyarankan untuk laparascopy.dan ditemukan saluran kerahimku sangat kecil juga sempit. Didukung lagi rahim aq menghadap ke belakang. Kami juga sudah test segala macam. Hormon baik. Kondisi sperma juga tdk masalah. Sampai suatu ketika 1 dokter mengtakan aq ??? mengidap anti body anti sperma. Aq kuaget luar biasa. Bingung cara apa yang kudu aq tempuh lagi. Kami konsul ke sana kemari, dan coba ditiup sebanyak. 3x. Akhirnya aq mencoba disiloam untuk memastikan pemeriksaan anti body anti sperma. Puji Tuhan setelah 2 bln menunggu hasil, ternyata negatif dan aq tidak mengidap itu.
    Akhirnya jalan terAkhir dokter menyarankan untuk pelebaran saluran ( dengan alat sonde, aq juga kurang paham istilahnya). Tapi hingga saat ini aqpun belum beroleh keturunan.
    Ditengah keputusasaan, kami mengambil keputusan untuk mencoba BT. Krn jujur aja biayanya gede banget, sambil nabung kami berharap bisa akhir tahun ini. Tapi tiba2 mamaq sakit dan meninggal hiks hiks…sedih dan terpukul juga bersalah ??? dlm perasaanq. Mamaq hanya berharap bisa melihat si mungil lahir dari rahimku…
    Membaca artikelmu dan teman2 yg lain membuat aq mulai bangkit lagi.
    Dan aq percaya masih ??? Tuhan… Masih ??? Jawaban, kalo Tuhan ijikan kita melewati hal spt ini pasti Tuhan punya rencana dibaliknya, yang aq yakini itu baik.
    Salam hangat juga 🙂

  27. Flowers

    Dear anggrek,
    untuk orang2 yg sitkonnya sama dg kita rasa sedihnya saya bisa pahami & rasakan, juga orang yg ditinggal ibu/bpknya sedihnya lain lagi & itu semua saya juga alami krn waktu bpkku meninggal & keluarga di kampung merahasiakan kematian bapakku karena aku lg menghadapi ujian di Eropa.
    Tapi semuanya udah lewat masih banyak jalan di depan mata saya.

    Saya tidak setuju kalau ada yg bilang Tuhan itu adil krn banyak orang tua yg malas/penggaguran/peminum….dls juga membuang/membunuh/menggugurkan/menelantarkan….dls anaknya.

    Tapi saya setuju kalau Tuhan itu MAHA KUASA jadi dia berhak menentukan apa yg DIA inginkan.
    Wah jadi bingung nih…semuanya misteri deh.

    Tapi saya sangat bersyukur dg Tuhan karena dia memberiku Suami yg sangat sayang & cinta 100% pada saya.
    Suamiku yg memberiku kebahagian LAHIR BATHIN yg sangat melimpah di bandingkan dg kakak & adikku yg kawin cerai.

    Jadi kalau saya sedih dan mulai tidak percaya pd Tuhan, saya tulis di buku harianku sisi positif & negatif dlm hidup saya lalu saya bandingkan & saya lihat lebih banyak sisi positifnya…he..he…he.

    Untuk program BT kalau biaya yg jadi pikiran, cari yg murah aja, karena menurut artikel2 di website ini BT murah/BT mahal hasilnya masih tanda tanya ? ada yg berhasil tapi ada juga yg gagal.
    Salam hangat

  28. anggrek

    Dear Flower
    Kadang hal sama terbersit dalam benakku. Kdg berontak, merasa yak adil. Tapi saat aq berlutut dan mulai menghitung berkat Tuhan satu persatu, aq menyadari qta sudah diberi suami yg luar biasa mendampingi dlm susah dan duka. Mengerti jg peduli keadaan qta.

    Diweb ini aq bs menemukan byk teman senasib yg bisa berbagi. Banyak info yang bisa didapat 🙂
    Aq pasti akan trs berjuang untuk bisa mendapat keturunan. Semangat ya…kmu juga masih punya kesempatan. Kita akan saling mendoakan.

    Salam hangat

  29. Mitha

    Salam kenal semua,

    @Dear Flower & Lotta: coba di Bangkok, Thailand, banyak consultant nursery di sana yang menyediakan donor sel telur malahan kita bisa melihat foto2 mereka. Saya bbrp bulan yang lalu udh hampir BT di Spain, tp sayang ada unpleasant experience dng petugas clinic di sana yang menangani saya, akhirnya saya memutuskan untuk mbatalkan treatment. Sekedar info, di Spain donornya pihak clinic yang memilihkan untuk kita, mereka akan cari donor yang sama dengan ras kita tp kita g bs lihat foto atau contact dng donor. Jadi kita g bs memilih donor sendiri. Kalau di Thailand, banyak sekali donor & kita bisa lihat profil mereka u memilih mana yang kita sukai. Kalau di Spain batas usia untuk IVF dengan donor adalah 5o thn, tp di Thailand bisa sampai usia 55 tahun.

    Semoga bermanfaat ya

  30. Flowers

    Dear Mitha,
    Saya sangat berterima kasih banyak atas infonya.
    Saya (mungkin juga Lotta) pasti tahu klinik2 fertilitas di negara eropah (saya tinggal 14 thn di eropa).

    Dulu saya punya lengkap informasi/biaya semua brosur dari negara Spanyol,Itali,Athena, Suede,France,Croatia, India, Thailand dls.
    Mbak di clinik Eugin Barcelona ? (banyak donor philiphina di situ).

    Tapi saya menemukan donor di sini karena saya niat untung2an kalau ada donor asia (saya udah menduga dari dulu itu pasti untung2an).

    Cuma waktu itu saya & suami udah terlalu lelah & capai untuk memulai prosedur ke negara lain.

    Lagian melihat keadaan rahim ecographic saya hampir semua klinik ivf di eropa (karena saya kirimkan hasil echograpic itu ke mereka) rata2 memastikan biarpun pakai DT hasilnya keberhasilannya cuma 10% minimal sekali.

    Sekarang kami pasrah mukzizat tuhan aja.
    Mungkin tuhan menentukan kami harus adopsi aja.

    Salam Sejahtera selalu

  31. Mitha

    Dear Flower,

    Saya minta maaf tidak bs menyebutkan nama kliniknya mb, kasian juga…krn mnrt sy klinik itu ckp bagus. Flower jangan putus asa, segala sst indah pada waktunya.

    Salam hangat

  32. Flowers

    Dear Mitha,
    Saya juga mohon maaf untuk kelancangan saya.
    Memang seperti mbak, saya & lotta , karena perjuangan lelah, kami jadi ingin merahasiakan usaha kami, apalagi sementara ini usaha saya terus2an gagal.
    Tapi insya allah kalau berhasil saya ingin bagi cerita yg sejelasnya, untuk teman2 yg ingin ikut usaha donor telur.
    Banyak pengalaman saya khususnya di bidang donor telur mungkin berguna untuk share, cuma untuk sementara ini saya tak punya kekuatan karena saya sendiri lagi jatuh bangun & jatuh lagi.
    Best Wishes

  33. wartini diana

    hi flower.. sy sangat terharu dengan perjuangan flower dan suami.Benar2 membangkitkan semangat saya untuk lebih giat berusaha memndapatkan buah hati.Saya 3 tahun 5 bulan menikah dan terasa begitu sangat panjang penantian ini.Setelah membaca kisah flower saya jadi tersadar bahwa perjuanganku belum seberapa.Ini menjadi semangat baru saya untuk berusaha,berjuang mendapatkan buah hati yg telah lama saya nantikan.Flower tetep semangat yaa.. pasti Tuhan punya rencana yg indah untuk flower dan suami.

  34. Flower

    Dear Wartini Diana
    Terima kasih banyak untuk simpatinya, sampai sekarangpun kami masih jatuh & jatuh lagi tapi kami tetap semangat 45 hehehehe.
    Salam manis dari kami berdua tetaplah berdoa siapa tahu Tuhan kasih mukjijat pada anda sekeluarga amin.

  35. Wartini Diana

    hi flower.. iya,kami pasti terus berdoa dan berusaha untuk mendapatkan buah hati.Mukjizat pasti akan ada utk kita yg slalu yakin padaNya.Ngomong2 Flower udah pernah mencoba metode dari Lisa Olson? dalam bukunya yang berjudul Pregnancy Miracle.Dalam testimoni yang pernah saya baca,banyak yang berhasil hamil dalam usia lebih dari 45 tahun lebih atau karena kelainan yang komplek lho.. tapi saya belum pernah nyoba jg karena belum berhasil dapetin bukunya hehee.. Tetep semangat flower.. ini email address saya klo flower mau mengontak saya wartinidiana@gmail.com

  36. Flower

    Dear Wartini,
    http://www.pregnancymiracle.com saya udah baca(enggak usah beli bukunya karena bisa dengan download gratis)jadi saya simpan di dukument laptop saya.
    Saya tekankan sekali lagi semua TUHAN yg kuasa loh. Menurut pendapat saya yg sudah merasakan sendiri canggihnya teknologi BT atau DT, semua kembali atas kehendak LORD. Jadi saran saya enggak usah ikut metode2 lain.
    Pasrah & relax aja (kalau bisa he..he..he..he).
    Terima kasih untuk @ nya, Saat ini saya belum siap untuk kontak secara langsung ma’af ya.
    Best Regards

  37. sendu pilu

    dear flower slm kenal mbk . . .aku orang jawa suamiku bangsa cina . . .kami jg nggak bisa punya anak mbk tp masalah di suami saya.krn sperma nggak ada alias 0,fsh suami saya tinggi 31 dan dokter bilang fabrik sdh rusak jd nggak bisa menghasilkan sperma . . .dokter saran bayi bt tp harus beli sperma,dan biaya blm tau berapa [asti mahal krn sperma dan proses bayi tabung . . .kami sedih saat mendengar berita itu kayak di sambar petir . .saat itu pun langit ikut menangis hujan ders dan petir kuat . . .saya berfikir hinakah diri kami di hadapan TUHAN hingga cobaan seberat ini . . .senang bisa share disini mbk walau sempet nangis juga nich . .

  38. wartini diana

    dear Sendu Pilu… sangat tersentuh membaca kisahmu.Semoga Tuhan kasih rejeki dan kesehatan untuk sendu pilu dan suami agar segera dapat melakukan BT dan donor sperma.Tetap semangat krn sendu pilu gak sendiri.Kita disini semua mengharapkan kehadiran buah hati dengan segala usaha yg tengah kita tempuh.Saling mendoakan ya semoga mukjizat itu akan datang untuk kita semua…
    Semangat!!!

  39. Flower

    Dear Sendu Pilu
    Benar kta Wartini tetap semangat aja, kalau memang biaya yg jadi pikiran, adopsi anak aja dulu baik dari pihak keluarga atau dari yayasan, karena saya perhatikan orang yang asuh anak lain bisa nular hamil loh hehehehhe
    Saya kalau gampang administrasinya udah adopsi dari dulu, sayangnya susah banget karena suami saya orang eropa.
    Untuk adopsi kami harus tinggal di indonesia minimal 2 thn & suami belum siap tinggalkan pekerjaannya.
    Pokoknya usaha saya pun masih sangat panjaaaaaang, jadi sendu pilu tak sendirian *_* slm hangat

  40. sendu pilu

    dear;wartini diana; makasih doanya,ya saya doakan juga ntuk mbk wartini,umurnya berapa mbk . .klu saya 27,suami 32 . . .semoga semua ada rahasia TUHAN YG INDAH PADA WAKTUNYA NANTI . . .mbk wartini masalahnya apa

  41. sendu pilu

    dear flower; klu adopsi anak saya nggak bisa kak,soalnya keluarga dari saya nggak ada yg tau,yg saya bisa ya bantu anak yatim piatu . . .dan nggak mungkin juga saya ceritakan ke mamaku,sudah tua,nt jadi pikiran . . .

  42. wartini diana

    dear Sendu Pilu
    umur saya dan suami 31 tahun.Saya blm siap untuk cerita masalahnya,nanti pasti akan saya share disini jika sudah siap.Makasih doanya…

    Dear Flower
    Klo boleh tau,gimana hasil DT yg bln november kemarin mbak?apa masih gagal lagi? sy slalu berdoa utk mbak,setiap sy down tulisan mbak flower ini sy baca lagi dan lagi.Betapa panjang dan melelahkan tapi gak pernah nyerah selama masih mampu.Tetap semangat mbak..
    salam hangat selalu

  43. Flower

    Dear Wartini,
    Tuhan masih kasih cobaan buatku ET ku yg bln November kemarin hasilnya negatif ‘,^).
    Sekarang lgi tunggu ET yg ke 3 bln Nofember ini, saya undurkan sangat jauh karena nanti bln Juli sampai Oktober saya akan pulang ke tanah air untuk istirahat & usaha pijit sana & pijit sini hehehehe (dulu udah nyoba biarpun tak mempan aku gak kapok2).
    Yang penting nanti di kampung saya mau nyoba istirahat total & hanya senang2 aja (pengenya sihhh)
    Salam Manis untuk semua

  44. wartini diana

    dear mbak flower,
    slalu salut dengan ketabahan dan usaha mbak sampai saat ini.Anggap aja liburan mbak,ketemu saudara,senang2 dan refreshing.Siapa tau bisa mengurangi stres dan peluang keberhasilan ET di bulan november nantilebih besar hehee… Have a nice vacation ya mbak…

  45. Flower

    Dear Sendu pilu,
    Semua donor di seluruh negara sebenarnya bayar loh.
    Seprti kisah saya di atas, tiap kali pengobatan saya tidak keluar uang langsung, tapi tiap bulannya kami bayar asuransi yg langsung di potong dari gajian suami saya, jadi sama aja uang dari kantong sendiri.
    Kalau ada pertanyaan lain jangan ragu2 untuk menanyakannya
    Salam maniz

  46. Flower

    klo itu bsa browser lnsung di site donor2 sprti di Thailand, Singapore , Malaysia dls di situ ada harga kira2 lihat aja yah

  47. Flower

    Dear Sendu Pilu yg maniz…
    Hehehe….ya gak ada price langsung lah semua site klinik fertility baik di dlm atau di luar negri gak bakalan pasang harga2 nya karena masalah orang beda2…kamu harus tinggalin pesan/jelaskan masalah kamu di (webnya) atau telephone dulu.
    Good luck

  48. sendu pilu

    oh,gitu ya . .klu usia saya 27 masih besar kemungkinan kan kk bayi tabung keberhasilannya . .dengan izin TUHAN sich . . .klu beli sperma on line baik nggak kk,dan tau web nya gak

  49. Koralle

    Menyangkut topik untuk adopsi anak. 5 tahun yang lalu saya mengikuti program BT di sebuah negara eropa, yang untuk privasi tidak bisa saya sebutkan di mana saya tinggal saat ini karena ikut suami yang WN Eropa. Berbarengan saat saya BT saya berkenalan dgn seorang ibu yg dari Indonesia, juga mengikuti program BT di klinik yg sama. Saya dan dia akhirnya menjaga kontak dengan baik. Berbagi suka dan duka bersama. Ketika itu bagi dia program yang ke 3x, setelah gagal 2x sebelumnya. Ternyata, Tuhan punya rencana lain karena BT ke-3 nya juga gagal. Asuransi hanya mengcover 3x percobaan BT jadi yang ke-4x harus bayar sendiri tidak ditanggung sedikitpun oleh asuransi (seperti yang dikatakan ibu Flower, asuransi sebetulnya tidak gratis tapi kita bayar per bulan otomatis didebet dari gaji sendiri atau gaji suami bertahun2 sejak bulan pertama berpenghasilan). Akhirnya ibu X (maaf, tidak bisa sebut namanya juga), memutuskan untuk adopsi. Dia dan suaminya yang WN Eropa ingin sekali mengadopsi bayi/anak yg berasal dari Indonesia. Karena Indonesia adalah tanah air, istilahnya sudah kenal “darah dan daging”nya, dan di Indopun bnyk anak yg membutuhkan pertolongan.
    Lalu proses mereka pun dimulai. Mengajukan permohonan adopsi di negara mereka tinggal. Prosesnya rumit, banyak syarat, dan bisa lebih dari 1 tahun menunggu “approval” dari pemerintah negara spy bisa memiliki anak adopsi dari negara lain. Tapi meskipun proses rumit dan banyak syarat kalau mau ditempuh dan dipenuhi syaratnya, approval itu pasti keluar.
    Nah, di Indonesia hanya 1 yayasan yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan semacam surat ijin membawa anak WNI keluar dari negara Indonesia. Se Indonesia hanya yayasan ini yang berhak mengeluarkan surat tersebut. Kalau tidak ada surat ini, anak adopsi yang dari Indonesia tidak bisa dibawa keluar untuk tinggal di negara ortu angkatnya tinggal.
    Dan kenyataan yang pahit, yayasan ini mengeluarkan harga yang mengagetkan untuk mengeluarkan anak dan surat tersebut. Ratusan juta.
    Akhirnya ibu X kembali ke negara suaminya dan kerja untuk mengumpulkan uang demi membayar “surat ijin” tersebut. Jadi pembantu, pelayan di resto, tukang bersih2 di sekolahan, tukang antar koran, dll semuanya dia tempuh demi bisa mengadopsi anak dari INdonesia.
    Saya mengelus dada dan ikut merasakan kesedihan. Kenapa “orang-orang birokrasi” di Indonesia selalu berpikir menikah dengan bule otomatis jadi kaya raya banyak uang. Itu tidak benar, kami pun harus cari uang sendiri untuk mencapai sesuatu, mengirimi ortu/keluarga biaya, atau ketika ingin pulang kampung. Kami ini harus kerja keras juga di negri orang. Bule juga sama seperti orang Indonesia, ada yang kaya, ada yang kurang, ada yang biasa-biasa aja. Menikah dengan bule bukannya langsung jadi nyonya ongkang-ongkang kaki, uang mengalir dari suami. itu tidak benar. Ya sukur-sukur kalo memang menikah dengan bule yang berlebih.
    Setelah 3 tahun akhirnya ibu X berhasil mengumpulkan uang. Lalu ke Indonesia untuk melaksanakan keinginan hatinya mengadopsi anak. TErnyata di Indonesia lagi-lagi apa-apa “diduitin”. “Harga”nya tidak sama dengan 3 tahun yang lalu.
    Kalau memang ada cerita lain (kasus sama)yang beda dengan cerita saya, saya ingin anda berbagi. Tapi inilah kenyataannya, kenyataan yang pahit. SUdah tidak bisa punya anak dari rahim sendiri, mau beramal dengan mengadopsipun masih saja dipersulit. Dan kenyataan ini tidak saya dengan hanya dari Ibu X saja, 2-3 kenalan yang dari Indonesia yang mau adopsipun problemnya sama.
    Saya tidak bermaksud untuk menjelekan instansi manapun di indonesia, ini hanya kenyataan yang harus diungkapkan. Orang-orang Indonesia yang merantau ke luar negri tidak bisa semudah itu mengadopsi anak (dari Indonesia) untuk tinggal bersama ortu angkat di luar. KArena itu saya bisa mengerti ketika Ibu Flower mengatakan prosesnya rumit soal adopsi.
    Untuk sodara-sodari yang masih berjuang untuk menjadi seorang ibu (secara bioligis ataupun adopsi), semangat ya. Saya selalu doakan.
    Salam

  50. zoya

    dear mbak flower..
    membaca cerita mbak, terlihat bahwa mbak memiliki kehidupan yang baik.. terlihat dari beberapa kali mbak menyebutkan bahwa suami mbak orang eropa, sampai-sampai orang di kecamatan iri dengan mbak. Mbak juga menyatakan bahwa mbak dan suami adalah “pasangan dg berat badan ideal, rajin berolah raga malah itu Hoby. POLA makan juga selalu kami perhatikan rata2 Organic Food,tidak perokok & peminum, Siklus haid teratur.”
    Mbak juga memiliki suami yang luar biasa, terlihat dari “aya sangat bersyukur dg Tuhan karena dia memberiku Suami yg sangat sayang & cinta 100% pada saya.
    Suamiku yg memberiku kebahagian LAHIR BATHIN yg sangat melimpah di bandingkan dg kakak & adikku yg kawin cerai.”

    Sungguh kehidupan yang baik mbak, apalagi jika dibandingkan dengan orangtua lainnya yang mungkin tidak punya berat badan ideal, tidak rajin olahraga, makan seadanya, merokok, dan mabuk. Saya juga melihat dari beberapa komentar mbak yang menyiratkan bahwa mbak sudah melakukan berbagai usaha dan memiliki begitu banyak informasi. Hampir setiap saran yang diberikan oleh orang2 di forum ini sudah mbak lakukan/ketahui.

    Mbak, saya melihat bahwa mbak berkali-kali menyebutkan bahwa mbak akan pasrah kepada Tuhan. Tapi tidakkan mbak sadari bahwa apa yang mbak lakukan seakan-akan memaksa Tuhan? Saya rasa mbak akan setuju dengan saya, bahwa Tuhan itu adil. Orang dengan pendapatan terbatas, tidak akur dengan suami, dsb, dikaruniai anak olehNYA, karena mungkin melalui anaklah ia memperoleh kebahagiaan. Sementara mbak, mungkin sudah diberikan kebahagiaan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan orang lain, tidak diberikan anak oleh Tuhan. Mungkin Tuhan punya maksud lain terhadap mbak. Mungkin ia ingin mbak melakukan banyak hal lain, sehingga ia tidak mengaruniai mbak seorang anak.

    Mbak flower yang beruntung, hal lainnya yang juga ingin saya sampaikan adalah, tidakkah mbak merasa bersalah menggunakan donor telur? Bagaimana jika kelak anak mbak yang cantik/tampan itu beranjak dewasa dan jatuh cinta dengan orang yang ternyata seibu dengannya? atau tegakah mbak, menjadikan anak mbak, seumur hidupnya tidak mengetahui siapa sebenarnya yang menyumbang separuh kromosom darinya?

    Menjadi ibu tidak hanya melalui melahirkan mbak, tapi juga dari hati. Saya yakin, mbak adalah seorang wanita yang cerdas dan mampu mengurus anak dengan baik melampaui ibu-ibu pada umumnya. Jika mbak ingin mengadopsi anak, adopsilah anak yang memang jelas asal-usulnya. Setiap anak berhak mengetahui siapa ayah dan ibu yang sebenarnya.

    Mbak flower yang cerdas, saya doakan mbak tidak lagi bersedih, dan dapat kembali menjalin silaturahmi dengan teman dan sanak keluarga mbak. Saya yakin, dengan segudang kelebihan yang mbak miliki, sebenarnya banyak sekali yang ingin berteman dengan mbak.

    Salam.

  51. Flower

    Dear Koralle …..

    Saya terima kasih atas kritik & saran dari anda….dalam kehidupan saya, kalau sebenarnya saya memang SANGAT BERUNTUNG DI BANDINGKAN KAKAK & ADIKKU….saya tak bilang LEBIH BERUNTUNG DARI SEMUA ORANG.

    Kebetulan suamiku kerja di kedutaan & memegang salah satu jabatan penting, waktu pernikahanpun ada pengawal pribadinya…jadi saya ada banyak keuntungan baik itu materi juga fasilitas (assuransi,transportasi dls..)

    MOHON MA’AF SEKALI LAGI KALAU DI KISAH NYATA SAYA TAK INGIN MEMBEBERKAN YG SEBENARNYA .
    Setiap ikut tugas kewajiban dng suamiku ke negara2 lain atau berkunjung saya sempatkan untuk tanya2 tentang BT/DT.

    Tapi kalau hanya untuk kumpul2 di kedutaan kami selalu coba menghindarinya.

    Untuk adopsi sama aja susah karena kami harus menjalankan berdua & suamiku sangaaaaat sibuk (santai tpi kerja berat).

    Masalah hukum/dosa atau yg lainnya ONLY GOD CAN JUDGE ME

    Jadi untuk sementara ini kami lanjutkan dng program kami.

    Itu aja sekedar informasi…

    Salam Hangat

  52. Koralle

    Dear ibu Flower,
    Isi komentar saya di atas (no 59)sama sekali tidak mengkritik ibu Flower. Saya cuma menceritakan sebuah kenyataan pahit, fakta yang tidak semua orang tahu. Topiknya menyangkut soal adopsi anak yang lebih kurang nyambung dgn komentar-komentar dan postingan ibu Flower.
    Soal suami ibu Flower yang berlebih, saya tidak berkomentar soal itu karena itu hokinya ibu Flower.
    Dan sebuah kenyataan lagi yang ingin saya bagikan, bahwa gak semua wanita indonesia yang menikah dengan bule otomatis jadi kaya/ga kurang duit. Terus terang, saya termasuk yang harus kerja keras di negri orang meskipun menikah dengan bule. Saya percaya setiap orang ada berkatnya masing-masing, entah itu berbentuk uang, jodoh, materi, anak, keluarga, dll asalkan mau berusaha, berjuang dan bersyukur.
    Ok, salam untuk semua.

  53. Flower

    Dear Koralle,
    Msalah assuransi saya lupa ada penjelasan lebih di jawaban sya nomor 50
    Dan untuk adopsi kami belum terlalu melangkah ke dalamnya.
    Step by step dulu
    Salam

  54. Flower

    HI ZOYA..I’M HUSBAND OF FLOWER!!
    LISTEN..WHAT WE’RE DO IT..WHAT WE WILL DID IT…WHAT WE WILL WANT IT..LET IT LORD WHO JUDGE US….
    EVERYBODY IN THE WORLD HAVE A PRIVACY PROBLEM AND I’M SURE YOU TOO ZOYA !!. SO..BEFORE GIVE LESSON, OPINION, CRITIC OR OTHER ELSE FOR ME AND MY WIFE, THINKS FIRST OF YOUR OWN PROBLEM.!!. YOU’RE NOT IN OUR SITUATION AND YOU DIDN’T KNOW WHAT WE FEEL.
    LIFE IS BEAUTIFUL BUT HARD. SMILE AND DID IT YOUR WAY, MAYBE YOU’RE MORE LUCKY THAN WE’RE.
    GOD BLESS, GOD LUCK AND CONGRATULATIONS FOR EVERYBODY IN BAYI TABUNG.
    REGARDS
    JAMES

  55. santi

    Dear Flower,
    saya sungguh salut atas perjuangan mb flower&suami dlm memperoleh keturunan,panjang dan pasti melelahkan. Meski begitu kalian berdua tetap berusaha sampai akhir. Saya merasa malu dng diri sendiri,ternyata banyak temen2 yg senasib dgn saya tapi tetap tabah dan terus berusaha. Saya sering berpikir untuk mengakhiri hidup saja dari pada menanggung beban mental,untung saja suami selalu menyadarkan saya dan mendukung untuk berusaha terus dan terus. Semoga ada jalan keluar buat kita semua yg mempunyai masalah yg sama.
    salam

  56. Flower

    Dear Santi….
    Salam kenal untuk anda & suami anda…kalau saya sedih/putus asa, suami saya mencoba menghibur dengan cara apa aja demikian juga sebaliknya kalau dia sedih gantian saya yg mencoba menyenangkannya sebisa saya…
    Beruntung kita2 punya suami yg selalu bahu membahu dlm sagala langkah,kami memang berusaha untuk tetap tangguh dan tersenyum walau hati ini nelangsa…
    Tetaplah coba membayangkan sisi2 positip dalam hidup kita, saya yakin sisi2 negatipnya akan tertutupi sedikit demi sedikit.
    Salam hangat selalu

  57. Flower

    Dear Sendu Pilu…
    Terus terang aja semua pertanyaan2 mu SEMUA JAWABANNYA ada di internet atau telepone langsung ke kliniknya tinggal mau usaha sedikit aja yah.
    Saya yakin kamu mampu & bisa
    Salam

  58. Sisca

    dear flower…..aq sisca di jogja
    menarik baca kisah flower….cuma sy blm tahu knp telur dptnya dikit apa krn AMH rendah atau srng disebut menopouse dini?….
    melihat gaya tulisan mbak flower ckp pintar deh,hehehehe…..oh ya apa pernah mencoba BT di indonesia mbak?walo standard BT scr international sama namun kdng metode msng2 negara ada variasi sbg bentuk pengembangan ilmu…..
    sbg contoh protap BT di singapore,semua suami pasien BT jk hsl tes medis menderita Verikokel HARUS menjalani operasi Verikokel dulu baru boleh menlanjutkan program BT……pdhl kan gak harus operasi verikokel,krn asal sperma msh ada dan ga ada kerusakan DNA yg parah pd sperma mk di Indonesia proses BT bisa diteruskan tanpa HARUS operasi Verikokel dulu…..
    itu slhst perbedaan BT di Singapore dan di Indonesia mba….ini yg cerita dokter androlog suamiku krn pernah magang di RS Singapore…..
    dg segala fasilitas mba flower sy kira demi anak perlu dicoba BT di indonesia,dan ga hrs didampingi suami kok….suami hny diperlukan saat OPU sj…..
    sharing lbh lanjut kirim email ya ke roby8889@gmail.com
    sy perlu belajar bnyk dg mba flower
    tetap semangat ya…….

  59. Flowers

    Dear Sisca
    Woaduh…klo saya ceritakan BT/DT ku secara detail bsa berhalaman2..masa insemminasi disini(dinegara yg sya tmpati)dibatasi sampai 6 minggu karena obat2 itu sangat keras & banyak efek sampingannya..syangnya tiap inseminasi telurku gak bertambah2 pdahal dokter udah ksih maksimal & sya udah 2X Laparoscopic.
    Klo gak bertelur dri insem ke 1 ke sterusnya sya hrus stop dulu untuk menghilngkan sisa2 obat2 yg ada di tubuh saya.
    Jdi tiap kali usaha sya STOP JALAN…MAJU MUNDUR…

    Wktu BT/DT brlngsung sekalian nemanin suami tugas, sya gnakan tanya sana sini (dlm & luar ngri) apakah ada harapan di klinik lain ?(jwabannya ada di nomor 32).
    Tuk BT udah gak mungkin lgi krena sya gak bertlur sma skali jdi harus DT…or surogathe mother (yg ini sya/suami tak mau).

    Sisca yg maniz apalah artinya fasilitas & tekhnologie dari semua perjuangan2 saya, kesimpulan cuma 1…Tuhan yg menentukan…kmi msih teruskan berusaha karena kami masih merasa mampu fisik & materinya..tpi skarang kmi slow down dlm usaha gak ambisi sperti dulu lgi.

    Ma’af tuk smentara saya belum siap tukar e-mail..kta bsa share via bayi tabung.com aja yah..skali lgi mohon ma’af.
    Salam Hangat

  60. sendu pilu

    dear mbk fllower
    kemarin aku tanya di hospital malaysia,di malay jg nggak di benarkan ada bank sperma , jadi kami bingung ini . . tgl 18 juni ini suami mau biopsy ,usaha terakir yg kami bisa lakukan untuk pakai sperma . . .

  61. Flower

    Dear Sendu Pilu
    Lihat deh semua orang di bayi tabung…mereka coba banyak klinik..jdi jngan satu klinik aja…
    Saya aja dulu usaha, 20 klinik bhkan lebih sya telepon, tanpa minta bantuan dari siapapun semua saya cari sendiri melalui internet.
    jangan putus asa pasti ada donor sperma.

  62. Sisca

    dear flower….
    gt ya…jd problemnya ada pd ovarium yg ga ada cadangan folikel telurnya……knp bs ky gitu pdhl flower rutin dpt mens….artinya penebalan rahim scr alami terjadi dg bagus loh….
    dari sekian bnyk klinik apa flower pernah cb treatment slhst klinik di indonesia?…
    spth mm jalannya hrs dpt momongan dg treatment di klinik dalam negeri sini…..walo hrs bnyk pengorbanan shg hrs stay bbrp saat di indonesia….
    melihat semangatmu,aq kok yakin flower bs hamil lwt BT di slhst klinik di indonesia tuh….melihat semangat dan pengalaman hdpmu aq ykn flower+hubby siap utk mencoba di slhst klinik di indonesia…..krn melihat dr cerita flower mm protap BT di LN/eropa lbh rumit dna jlimet….
    ibarat org mau ke pantai parangtritis,lwt jln parangtritis lurus dah smp,namun hrs muter2 lwt ringrod muter di bantul sgl wlo akhirnya smp ke pantai parangtritis….
    aq percaya kok diatas langit msh ada langit lg…..shg pengalaman hebat flower di klinik top LN sngt berharga namun perlu dicoba stay di indonesia utk treatment smp BTnya….
    jk mm dokter memvonis menopouse dini ya perlu dicek msh ada cadangan folikel telurnya ada brp?..
    papaku jg dokter SpOG blng jk msh mens dg rutin msh ada kesempatan mendptkan telur dg bbrp treatmnent….papaku dosen di UGM…..
    ini sharingku….mgkn klhtn culun/lugu namun krn aq di lingkungan keluarga semua dokter,shg sll optimis dg canggihnya kemajuan teknologi kedokteran….
    contoh kecil si Inul Daratista penyanyi dangdut,dia hbs ratusan juta buat BT di bbrp klinik luar negeri dan gagal hamil….eeee…krmn hamil di klinik siloam surabaya sm dokter Aucky Hinting dan skrg anaknya sdh msk play grup….
    so, tetap semangat ya……

  63. Via

    Dear flower
    Pernah nonton acara di channel e! Giulana & bill? They’re expecting their child through gestasional surrogacy,jadi embrio hasil bt mereka ditanam di rahim wanita lain,kalo di us ada agency yg memang specialize in finding women who want to carry these embrios. Giulananya sudah sempat hamil lewat bt but miscarriage di week 8 sampai akhirnya ketauan ada breast cancer dan dilarang dokter utk stimulasi hormon lg.sekilas cerita flower sptnya mirip dgn mereka,so just my opinion sich,maybe can be your way out. Saya sich masih agak susah nangkep prinsip ada wanita yg seems like specialize in nyewain rahimnya yach,but it’s the west,so i guess just different point of view

  64. Flower

    Dear Via,
    Trims tuk commentnya, tuk menjawabnya silahkan lihat jawaban n° 65…
    (sya tak mau pusing2 mikirin yg negatip2 dlm hidup sya)
    Surrogathe Mother sedikitpun tak berminat dlm benak saya.
    kmi hnya usaha BT & DT aja.
    Klo gak berhsil jga, kmi mau adopsi.
    Smentara ini kmi lnjutkan program DT kami.
    Salam Hangat

  65. agustina

    Saya doakan mba Flower dan Pak James diberi semua yang terbaik,kekuatan,keikhlasan,pokoknya semua yg baik2 deh. Saya 5th menikah,belum pernah hamil,ini lg konsultasi di graha amerta surabaya utk BT. Setiap hari berdoa agar semua teman2 yg dalam perjuangan mendapatkan buah hati agar dikabulkan oleh Tuhan dan menyerahkan semua yg terbaik menurut Tuhan. Selalu berdoa agar selalu diberi kekuatan untuk selalu berbaik sangka kpd Tuhan. Dari yg dulu jealous lihat org2 cpt hamilnya sampe yg skrg berubah jd seneng & bersyukur org tsb diberi cepet buat haminya. GBU all.

  66. Flower

    Dear Sisca,
    Mambaca tulisannmu sya lnsung ingat kata2 dri SEMUA dokter2 yg saya temui.hehehe.. semua bilang begitu…
    Sya jga udah, kalo hnya nanya di slah satu klinik di indonesia…cma wktu itu sya lgi tanggung…
    Kan kalo kta udah terjun di satu traitemen kta harus teruskan smpe tuntas,
    Klo Sisca punya perjuangan sperti sya pasti ngerti deh.
    Salam Hngat & teruskan studymu

    Dear Agustina
    Yes kta hrus thingking yg positif2 aja….
    Bnyak resiko dlm hidup & itu berlaku tuk semua orang yg mau berusaha apa aja.
    Siapa tahu kegagalan adalah buah dri keberhasilan…
    Salam Hangat buat seluruh keluargamu

  67. Sisca

    dear flower……
    hehehehehe….. gitu ya….
    pdhl aq ga kenal tuh sm dokter2 yg kamu temuin loh…..di keluargaku semua dokter aq sendiri yg apoteker, shg mindset kami terbiasa dg diagnosa medis dan percaya dokter pinter blm tentu sukses menangani pasien…..dokter ibarat pekerja seni dan profesi….kehebatan seorang dokter ga tergantung IPK namun bnyk pasien dan tdknya……
    so, aq kok msh yakin bhw flower bs hamil BT di indonesia…..aq pernah baca di blog ini seorang wanita yg nikah dg bule juga sdh BT di bbrp negara,mulai AS, hongkong, Jerman, Australia semua gagal hamil….
    kmd nekat stay di Indonesia krn bnr2 ingin hamil sendiri tanpa SM/DT….
    akhirnya bs hamil kembar kok…..cm lupa judul postingan apa dan ke klinik mana…..
    jk dana ga menjd mslh mau BT di jakarta gpp…..namun jk mau biaya terjangkau bs BT ke klinik PH sarjito jogja atau di siloam srby….
    so, sekali lagi dr seluruh ceritamu dna komentar2mu, aq kok YAKIN bngt 100% flower bs hamil BT di indonesia deh….cb buktikan kata2ku ini,hehehehehe
    jk flower hamil beneran, HARUS nemuin aq di jogaj,hahahahahaha….
    tetap semangat deh…..

  68. sendu pilu

    hyi all hari jumat minggu depan suami aku mau biopsy minta doanya,semoga ada sperma di temukan pada suami aku,aku barharap TUHAN MEEMBERIKAN KEAJAIBAN . . .AMIEN

  69. raka

    dear Flower,
    maaf ibu mungkin anda kurang beruntung di tempatkan pada posisi sepeti sekarang ini. tetapi saya yang di beri berkah juga merasa ada di posisi yang terlalu rumit untuk saya bisa uraikan.
    saya dan pasangan saya sudah lama menjalani hubungan back street. perbedaan, permasalahan dan perseteruan antara keluarga kamimenjadi penghalang besar yang tidak bisa kami hindarkan. hubungan kami membawa kami melangkah terlalu jauh. pasangan saya mengandung dan akan melahirkan dalam waktu 2 bulan ini.
    membaca semua harapan dan usaha anda untuk bisa mendapat momongan membuat saya bertanya2, apakah anda bersedia menjadi orang tua, keluarga dan tempat bernaung serta berlindung anak kami nanti. menurut (USG laki-laki). bila anda berniat mohon mau membalas tulisan saya ini ke e-mail pribadi saya. sebelumnya saya haturkan terima kasih.
    hormat saya,

    raka

  70. Flowers

    Dear Bapak Raka , saya sangat terima kasih atas pêrmohonan anda Apa boleh buat Kami tidak bisa adopsi secara kemauan kami, sedih, sedih, tapi udah nasib kami, Tuk alasannya silahkan lihat di jawaban saya nomor 7 & 9 juga teman yg kasih komentar secara rinci di nomor 59.
    Semoga masalah bapak Raka bisa teratasi
    Salam hangat

  71. Miracle

    hai all, salam kenal semuanya.
    untuk FLOWER Tuhan pasti akan menjawab doa kita.
    untuk SENDU PILU: dmana tempat biopsi testis? domisili surabaya, krn sulit cari disini.
    bedanya biopsi dan USG testis itu apa ya?, masalah saya seperti mbak soalnya, suami saya FSH 15, LH 6, Testosteron 6,62

  72. santi

    dear agustina
    Btw agustn lg promil di graha amerta sby y?? klo boleh tau dgn dr. siapa? kenal dgn dr. abraham or dr. wita g? sya jg lg cari2 info dr.dan insem di graha amerta nih,bagi onfonya ya…

  73. cika

    Dear mbak flower:

    Sy juga penderita endimetriosis sejak usai 26 th tp sealau kisaran stadium 1-1.5 setelah beberapa kali chek kedkter sampai usia 32 th,pacar saya bule italia dan tinggal di roma kami pacaran 3 tahun lebih dan kemungkinan menikah di usia 35 sekarang usia saya 34 th,saya juga khawatir bila endometriosis sy bisa seperti mbak flower,apakah mbak flower waktu mens sakit? pernah kah chek dokter sebeum menikah jadi tahu sudah lama sekali endometriosi stadium tinggi mbak flower alami? bisa kasih saran untuk saya?terima kasih .Tuhan memberkati !

  74. Flowers

    Dear Cika
    Mens saya lancar tiap ke 28 hari, tak pernah ada rasa sakit,makanya waktu pacaran sampai menikah saya tak terbersit sedikitpun akan kesulitan punya anak,
    Waktu itu saya & suami sangat sibuk & belum niat untuk punya anak cepat2, jadi malas juga untuk periksa ke dr rahim.

    Saya di operasi stelah tahu ada benjolan yg jalan2 di rahim saya, & ternyata endrometrios kira2, 2 bln habis pernikahan…kata dr hrus operasi klo pengen punya anak cepat..gak tahunya ..takdir saya lain lagi..& mulailah kesulitan datang silih berganti.

    Saya sarankan kalau Cika mampu & ada waktu jangan ambil resiko, cepat2lah berpikir tuk BT..karena endrometios BIASANYA makin parah biarpun habis di operasi angkat…. sebagian basar akan tumbuh lagi, tpi akan HILANG dng sendirinya klo kita udah mncapai masa monopause (kta dr saya).

    Saya sarankan klo belum pernah di operasi untuk angkat endrometrios, jangan coba2, percuma !..(menurut pengalaman saya pribadi).
    Langsung aja BT Karena untuk hamil secara alami mungkin lama & belum tentu bisa (HANYA TUHAN YG MENENTUKAN)..
    Sedangkan usia kita bertambah dng cepatnya, dan lagi usia sangat berperan bila kita akan menjalankan BT.

    Salam Hangat

  75. cika

    Dear Mbak flower 🙂

    Terima kasih atas saran nya mbak 🙂 saya akan mencoba mngikutinya.Tentang uang, cowok dan keluarganya sangat berkelimpahan yang menjadi masalah adalah kami tinggal beda benua jadi jarang untuk bertemu. Lagi pula saya masih perawan meskipun 3 tahun pacaran ,sekarang pacar saya sedang urus visa saya untuk saya tinggal di Roma kalau lancar tahun depan saya sudah di Italy dan awal tahun 2013 saya akan di lamar pacar dan keluarga besar nya di indonesia dan menikah di Roma. Selama sy tinggal dg dia di Roma ,saya akan membujuk untuk sex pre wedding untuk tidak menunda lagi punya anak mengingat usia saya, apalagi tahun depan juga kami akan menikah. Sebelumnya pacar saya juga bicara ke saya bahwa kita tidak akan menunda lagi punya anak setelah menikah ,dia juga menyarankan saya ikut program imsenia tapi dia tidak bicara tentang BT,kalau menurut mbak flower apakah program dua-dua nya sama baik nya?lebih baik mana untuk saya menurut mbak flower? Terima kasih atas waktu dan saran nya senang bisa mengenal mbak flower ikut prihatin juga dengan kasus yang mbak flower alami,saya sebagai wanita bisa ikut merasakannya semoga Tuhann kasih yang terbaik untuk kita dan tidak ada yang terlambat untuk Nya ;D

    salam cika

  76. Flowers

    Cika yg maniz
    Kalo dokter nya bsa di atur lebih baik lngsung BT aja krena insem mnurut pngalaman sya pribadi hanya buang2 waktu, perasaan, tenaga & jga uang…syukur klo jadi, tpi klo tak berhasil kcewa berat loh krena waktu yg kta gunakan terbuang..
    Cuma masalahnya biasanya dr gak mau kasih ijin begitu aja tuk BT pasti berputar2 tuk insem dulu …mohon secara halus aja.

    Saya sarankan juga BT nya di indonesia aja klo tak banyak kesibukan…keberhasilannya sama loh dalam/luar negri..yg paling kta butuhkan waktu BT adalah dukungan moral/suport dri sluruh keluarga..

    Gak enak loh klo BT sndirian, soalnya semua program mmbutuhkan rasa tenang & rilex alias di larang stress…jdi dukungan kelurgamu sangat mmbantu dlm berhasilnya BT.

    Ku doakan dng setulus hati semoga berhasil amin…
    Flowers

  77. cika

    Dear mbak flower ;D

    Senang sekali mendengar saran baik mbak, saya akan bicarakan ke cowok saya untuk menjalani BT daripada insemnia,aplg cowok saya ingin 3 anak 🙂 kalau buat BT di Indonesia kemungkinan tidak bisa mbak,karena saya kerja di perusahaan mertua saya nanti nya juga satu kantor dg pacar. Saya juga ada ikatan kerja tentang pajak, gaji,dll dengan perusahaan dan negara Itali jadi tidak bisa ditinggalkan :). Tapi untung saya satu kantor dengan pacar saya jadi kami akan berangkat dan pulang bersama tanpa saya yg harus mengemudikan mobil jd tdk terlalu kecapaian di transportasi. Saya sangat beruntung sekali karena ibu mertua saya sangat perhatian dan baik dg saya juga keluarga pacar saya jd tentang perhatian dan kasih sayang saya merasakan berlimpah dari mereka, jangan ragu kan itu 🙂 lagi pula pacar saya punya pembantu jadi sy tidak kerja rumah an sehingga terhindar dari kecapaian lagi he he ;).Hanya masalah nya saya sangat tidak mudah beradaptasi dengan cuaca di Roma pernah tinggal 3 bulan di sana waktu perkenalan dengan keluarga pacar saya bulan April lalu.saya sakit hampir satu bulan demam,bersin,terutama dingin! oya kalau ke Roma boleh mampir, ini website perusahaan mertua saya juga tempat saya bekerja nanti nya http://www.stpitaly.eu perusahaan bergerak di bidang minyak dan gas atau engineering & contractor, siapa tahu mbak flower ada niat datang ke Roma…Salam hangat dan peluk saya,Semoga berhasil dalam program DT. Tuhan memberkati dengan limpah ke suami dan mbak flower.Amin GBU! Cika

  78. Flowers

    Dear Cika,

    Terima kasih banyak atas doa & proposal dri Cika…& Saya mohon maaf bila tuk sementara ini saya belum siap kenalan/kontak langsung dng semua anggota Bayi Tabung.com…sekali lgi mohon maaf.
    Tapi dng senang hati sya akan bantu SEBISA sya bila Cika butuh penjelasan lainnya.

    TAKE CARE <3

  79. cika

    Dearest mbak flower ;D

    Mbak flower tidak apa jika mbak flower butuh waktu, cika juga tidak memaksa 🙂 …santai saja …masih bayak waktu! yang terpenting sekarang mbak flower fokus dulu dengan program bayi tabung nya, ya? kabar-kabar jika mbak flower berhasil:) saya doa kan Tuhan tersentuh hati Nya dengan perjuangan mbak flower dan meniupkan nafas kehidupan kedalam rahim mbak flower! AMEN AMEN AMEN…sampai jumpa <3
    Salam cika

  80. Flowers

    Amien..amien…amien…

    Saya ucapkan terima kasih tuk Cika & juga yg lainnya yg telah ksih doa, saran & kritiknya di perjalanan panjang saya.
    Semoga semua doa/permohon pAra ibu & pAra bapak di bayitabung.com diberkati oleh TUHAN YME.

    GOD BLESS 4 ALL
    flowers

  81. sawitri

    Hai flow, salam kenal ya…

    Salut dg usaha kamu dan suami. Sampai merinding saya bacanya 🙂
    Btw, apakah jd FET diakhir tahun 2012? Masih ada 1 sisa frozzen embryo kan? Tetap usaha dan positive thinking ya.
    Saya percaya kok kalau Tuhan itu tidak tidur. Dan semua akan indah pada waktunya.

    Saya sudah 2x OPU dan 2x ET. Dan gagal. Masih ada 6 embryo yg dibekukan. Tp setelah ET yg ke-2 saya di-observe suspect kista endometriosis di tuba kanan+adenomyosis. Obgyn menyarankan laparatomy buat ‘bersihin’ semua biar embryo menempel. Cuma saya takut di ops 🙁
    2011 saya sdh di LO dan tuba kiri dipotong krn sudah perlengketan parah akibat banyaknya kista coklat kecil2. Sedangkan yg kanan normal namun ada kista diujung dekat ovarium. Pasca LO dibeei suntikan GnRH (kl di jakarta biasanya pk merk tapros) sebanyak 3x siklus. Tp ternyata semua obat2 tsb malah membuat kista saya membesar menjadi 5cm. (Saat LO hanya 0.5cm). Setelah itu program IVF dg 12oosyt yg jd hanya 4 embryo dan ditanam semua. Pasca gagal, saya di histeroscopy dilanjut kuret dibulan berikutnya.
    Bulan agust-sept saya ulang IVF dpt 11oosyt, jd 8 embryo. 2 ditanam krn saat OPU obgyn menemukan adenomyosis. Jd saat itu hanya untung2an saja. Krn setelah ET dokter nengatakan kl gagal saya sabaiknya laparatomy biar gak sia2. Tp kl gak mau ya gak apa2. Jujur saya bingung.. 😀

    Mana teman2 di jakarta ini yg katanya ‘sahabat’ malah memberikan komentar2 yg negatif, dan menuduh doktet saya yg tidak kompeten. Lah emang dokter itu Tuhan apa y?! Sigh..trus kl lg setengah jalan gini ganti obgyn, emang mereka pikir gak ulang dari awal lagi apa ya Prosedurnya?
    Akhirnya, dari pada stress berkepanjangan saya memilih untuk diam tidak bercerita kpd siapapun incl orang tua kalau saya ulang IVF bbrp bln lalu.

    Oh iya, saran saya kalau jd adopsi sebaiknya yg masih dibawah 1thn ya kl flow dan suamu berencana utk tidak memberi tahu anak kalau dia adl adopsi.
    Semoga semua usaha flow dan suami dimudahkan Tuhan ya…god bless you both..

  82. Flowers

    Dear Sawitri…

    Trims atas sharenya, dengan senang hati akan bantu SEBISA saya siapa aja yg sudi bertanya.

    Seharusnya saya akan transfer ke-3 di bln Januari ini, tapi apa daya, ibu saya yg di kampung meninggal dunia tgl 22 Desember kemarin (pas hari ibu !), jadi sya untuk sementara ini tak ada waktu untuk transfer karena saya akan pulang kampung dulu & menenangkan sejenak rasa shock saya.

    Bagi saya pribadi, pengalaman panjang, pahit dan juga lelah atas perjuangan ini, membuat saya tak terbesit sedikitpun untuk memberi komentar2 yg negatif pda para ibu, para bapak, juga dokter..karena dalam hati sanubari saya hanya TUHAN lah yg mentakdirkan semuanya..apapun yg kita lakukan, dimanapun usaha kita, secanggih apapun tetap aja kalo TUHAN belum menakdirkan semuanya pasti NOT TO BE.

    Sekarang saya semakin merasa kuat, tegar & percaya bahwa TUHAN sudah menakdirkan jalan saya, Saya memang masih berusaha karena TUHAN MASIH MEMBERIKAN KESEMPATAN (bukankah orang yg putus asa di benci ama TUHAN), dan kalaupun gagal saya terima dng lapang dada.

    Saya masih beruntung apabila yg ini gagal, saya masih berhak satu kali lgi DT (dengan mudahnya), tentunya dng ibu donor lain, tapi semuanya pihak rumah sakit yg nyari & ngurus2.

    Saya sarankan ikuti saran dokter anda untuk laparotomy karena banyak yg melakukan itu jdi berhasil.
    Gak usah pindah2 dokter malah tambah pusing & tambah stress aja, seperti saya yg udah berkubang di negara ini, ya harus terus sampe tuntas, susah and rumet tuk pindah dokter ^_^..malah lama2 jdi betah juga ama dokter saya hehehehe.

    GOD BLESS 4 U 2

  83. Jemima

    Hi Flower, saya ikut simpati dengan perjuangan kamu & hubby. Saya bisa mengerti perasaan kamu, krn walaupun situasi kita tdk sama, saya jg punya pengalaman berjuang utk bisa hamil & punya anak selama 4 thn ini. And this is my story:

    Umurku  hampir 45 thn. Saya baru nikah pas umur 38, Dan baru merasa mau punya anak setahun setelah pernikahan. Saya naive berpikiran kalo saya mau hamil, pasti gampang krn berasumsi saya & suami sehat (dan suamiku 7 thn lebih muda dr aku). Setelah setahun mencoba hamil secara alami gagal, kami coba IVF. Sebelumnya kami berdua di checked total, & kita ber2 tdk Ada kelainan. 

    Saya tinggal di Australia, disini BT nggak gratis, biayanya lumayan tapi mungkin masih lebih murah disini dibanding Indonesia.
    Di BT pertama dpt embryos (4, 2 tdk berkembang). Berhasil hamil tapi keguguran pd kehamilan 10-12 week. Kejadian ini berulang 2 x IVF. Dan 3 x IVF tdk jd embryo & follicles tdk tumbuh besar. Jd 5 x BT saya nggak sukses dpt anak. in between saya jg sempet 3 x hamil secara  alami tapi keguguran. Walaupun sudah diperiksa sama specialist kandungan mereka nggak bisa secara teknis tau persis kenapa saya keguguran terus menerus. Hanya satu kesimpulan yg mereka bilang factor umur, krn umurku diatas 38 jd sel telur ku tidak punya quality bagus lagi, jd krn itu embryo ku tdk tumbuh normal.
     kalau tau begini, saya ikutan program “freezing eggs” sebelum masuk usia 35. Anyway, its too late now & jg bukan jalannya.

    Bln April 2012 aku & hubby pergi ke Bangkok utk IVF dng egg donor. Yg jd masalah utk kami milih donor nya, krn ga ada yg type orang melayu. Krn kebanyakan donornya chinese looking girls ( I don’t mean to be racist) sedangkan aku  jawa benget dng mata besar. Walaupun akhirnya berhasil milih (donornya sama sekali lain dr aku) dng harapan donor ini bisa menghasilkan bnyk sel telur. Pendeknya kami nggak beruntung krn dia cuma menghasilkan 2 sel telur matang (mungkin krn cycle dia wkt itu nggak bagus). Dua2nya jd embryo, & dua2nya ditransfer, tapi aku nggak hamil. Kecewa, but nothinyou can do about it. Biaya yg keluar utk proses Ivf egg donor ini  kurang lebih 9000 USD. Belum termasuk biaya ticket & accommodation. 

    Setelah Bangkok, bln july & November aku nyoba BT lagi dua2nya gagal. Akhir December 2012, aku keguguran, tanpa aku tau kalo hamil. Sehari sebelum berangkat holiday diluar Australia  dpt menstruasi, aku pikir krn hormones yg ga beraturan. Selama 2 minggu liburan terus pendarahan kadang2 cramping, aku pikir proses menopause jd ga punya pikiran hamil atau lain. Pulang ke Australia aku pergi ke dokter krn masih terus pendarahan. Dokter suruh aku urine test, ternyata positive. Besoknya ultra sound, takutnya ectopic pregnancy & infection. Sukur tidak ada kerusakan disaluran indung telur, & bukan ectopic pregnancy.

    Walaupun masih belum berhasil saya belum patah semangat. Saat ini saya mau coba cari donor yg mau proses diaustralia, krn dng cara begitu less stress buat saya, & setelah pengalaman di Bangkok, saya merasa kwalitas IVF clinic di sini jauh lebih baik & terpercaya.

    Kalo adopsi prosesnya mudah, saya & hubby mau adopsi tapi kenyataanya adopsi anak prosesnya panjang, mahal & tidak pasti ( secara Australian law), jadinya kami tetap terus mencoba secara alami atau/dan  ivf & ivf with egg donor.

    Flower jgn patah semangat, selama mampu kita terus coba. Keep trying and hoping for the best, because you never know. Salam

  84. Flowers

    Dear Jemima
    Namamu bagus sekali ^_^, oh y tuk BT & DT aku, sbenarnya gak gratis juga, lihat pnjelasanku di jwban nomer 50.
    Rata2 para dr bilang, karena usia kita brumur, jadi kita kemungkinann tidak berhasil ! tpi sya berkeyakinan hanya TUHAN YME yg bisa mntakdirkan semuanya, jdi jngan berputus asa krena umur atau yg lainnya, teruslah berusaha klo kta masih mampu dan di beri kesempatan oleh TUHAN.
    Banyak loh yg berhasil biapun dah berumur lbih dari 40 thn dan juga bnyak yg berhasil biarpun mnderita Endrometrime yg sangat parah !

    Jemima anda msih beruntung egg donornya brwajah cina ! krena sya di sini gak ada donor yg berRAS ASIA jdi aku terpaksa terima donor eropa krena aku tak mau tunggu2 lbih lma lgi.
    Waktu hamil saya bedrest total ! tpi tetap aja klo TUHAN blom merestui kehamilan sya tak sampe ujung.

    Hanya satu saran saya bnyaklah berdo’a, hnya kepadaNYA kita mohon ampun & pasrah, hnya dengan cara itu hati saya & suami sedikit tentram

    Untuk ADOPSI sama aja bgi WNI yg nikah dng WNA, susah bin lama binti mahal ! sya kira2 apapun negara asalnya & jabatannya ! lihat slah satu jwaban dari seorang ibu di nomor 59 !

    Salam Hangat buat anda Sekeluarga

  85. Jemina

    Hi Flower makasih utk balasannya.
    Supaya nggak salah paham saya mau menjelaskan lg soal biaya IVF utk warga Australia & resident Australia. Spt di negara kamu tinggal,  disini setiap org wkt gajian dipotong pajak, dan itu termasuk utk asuransi kesehatan. Untuk semua pelayanan kesehatan “gratis”, kecuali utk program IVF. 
    Di Australia IVF tidak termasuk didalam pelayanan kesehatan. Disini ada clinics IVF tapi semuanya swasta & utk semua treatments, patients harus bayar sendiri.  Disini orang yg kekurangan nggak bisa ikut program BT krn mereka nggak mampu bayar. Jd tdk spt di negara tempat kamu tinggal dimana setiap orang bisa berkesempatan utk program BT. 

    Program donor telur saya di Bangkok bukan di Australia. Krn di Australia tidak ada pelayanan  spt itu. Jd kita musti urus sendiri & biaya dr kantong sendiri, tidak Ada subsidi atau keringanan pajak dr pemerintah. Jd kalau flower mau bisa milih donor org Asia, bisa ikut program ini jg di Bangkok. Tapi ya itu, biayanya kurang lebih 9000 USD.
    Kamu beruntung banget bisa dpt pelayanan BT & DT “gratis”. Percaya saya, dalam soal pelayanan BT & DT, kamu jauh lebih beruntung drpd rekan2 di Indonesia & Australia. saya tau krn saya sendiri warga eropa barat selama 15 thn.
    Walaupun begitu tidak membuat cerita perjuangan kamu lebih mudah dr yg lain2nya. Kita semua yg masih belum berhasil punya momongan yg ada di forum bayi tabung ini, walaupun punya cerita yg berbeda2 dlm usaha utk bisa punya anak tetapi punya kesamaan yaitu punya perjuangan spiritual yg berat. Krn dimasyarakat kita termasuk kelompok minoritas, dng forum ini kita bisa sedikit lega kalau ada jg org2 yg punya masalah sama & bisa bertukar pengalaman, so it’s nice to know that you are not alone. X

  86. ELA

    YA ..SAYA JUGA IKUTAN SEDIH JIKA HARUS BICARAKAN MASALAH INI.
    KARENA SAYA SDH 11 TH BELUM DIKARUNIAI MOMONGAN, SY TAK TAHU GIMANA LAGI CARANYA…PASRAH DGN YANG KUASA AJ.

  87. Flowers

    Dear ELA…
    Seprti yg Jemima katakan anda tidak sendirian ! buaaanyaaak pasangan yg senasib dgn kita2.
    Jngan khawatir Tuhan pasti adil & kemungkinkan kita bsa meraih atau mungkin sudah di kasih keuntungan disisi lainnya tanpa kta sadari..
    Jadi kita jangan mengeluh apa lagi berputus asa tetap smangat 45, berdoa & mnerima apapun takdir dari TUHAN.
    Salam Hangat

  88. santa

    Salut untuk semangat Mbak. Saya juga sudah menikah selama hampir 4 tahun, tapi belum bisa punya baby. Tapi ini adalah pernikahan kedua saya, dan dari suami pertama, saya sudah punya 3 anak laki-laki. Saya dan suami ingin sekali punya bayi, tapi ada masalah dengan suami saya. Kayaknya, masalah kita itu, malah kebalik ya mbak? Semoga mbak cepet punya bayi, lewat proses apapun juga. Saya juga…semangat ya MBak

  89. lina

    hi para bunda,, ketika saya belum hamil dalam hati selalu berkata Tuhan beri aku kesabaran dan selalu bisa tersenyum untuk menjawab semua pertanyaan mereka walau kadang hati kecilku berkata apa mereka tidak liat keadanku,, tapi itulah hidup Tuhan mampukan Semua untuk terjadi dalam keluarga kecilku, karena jika mungkin Dia yang mengalami apa bisa Sekuat aku,,, jadi tetap bersyukur ya Bunda karena kita Pribadi yang ISTIMEWA dihadapan TUHAN

  90. Flower

    Dear All
    Sampai saat ini saya masih jatuh bangun n jatuh lagi, sekarang adalah ke 6 kalinya program donor telur dengan 3 wanita pendonor yg berbeda (sebelomnya berkali2 dng BT) masih gagal terus …tapi saya n suami masih semangat 100% biarpun tubuh saya udah seperti mesin yg di kasih banyal oli untuk kesuburan ..LOL.
    Salam hangat tuk semuanya GBU

  91. Liana

    Selamat malam semuanya buat mbak2 yang cantik. Ikutan gabung doang…. Lagi nyesek nich dadah ku, kaget n bingung mau cerita. Bingung mau ikut BT di Indonesia tapi nggak tau nama kliniknya tapi klo bisa di bali or Jakarta biar deket dari Aussie. Aku butuh DT n adik ku bersedia.klo BT di Aussie rumit n ribet urusannya jadi pengen di Indonesia aja biar gampang n mudah2an juga urus2an prosedurnya nggak seruwet n semumet Di Aussie. Tolong dong siapa yang tau cara2nya, kasih aku saran. Terima kasih sebelumnya.

  92. Flower

    Dear Liana
    Klo BT bsa di Indo tpi klo DT di indo mustahil lah, sebaiknya ke Thailand atau ke Malaysia aja.

    Klo mau bnyak yg komentar mndingan kamu bikin artik trepisah , sya jamin pasti bnyak yg ngasih komentar.

    Slamat brjuang yah

  93. nana

    salam kenal ; panjangnya perjuanganx mb flower… menurut saya sich tidak ada salahnya refresing dulu deg pergi umroh n berdoa disana, tidak ada yg mustahil baginya jika allah swt menghendaki

  94. Flower

    Dear Nana ,
    Mkasih atas supportnya, alhamdullilah udah umroh n insya allah thn 2016 mnunaikan ibadah Haji ^_^

    Sya dah ikhlas apapun kputusan Allah, skarang enjoy aja, btul skali smua Allah yg mnghendaki.

  95. Liana

    Dear flower….
    Makasih bnyk atas sarannya,sbtolnya Aku blom pernah BT. Krn ssuatu alasan sama kang Arjuna n usia ku juga,pas tahun kmarin konsul ke klinik Aussie n menjalankan smua pemeriksaan n hasilnya bagus.amin. Tapi hormon ku tinggi bnget!!! Kisaran 20-30. Jadi indung telur ku nggak menghasilkan telur.so, dokter langsung mengusulkan langsung pakai DT n kbetulan Aku dah curhat ke adik n dia bersedia mendonorkannya. Tapi slama treatment stahun kmarin aku cuman disuruh minum pil kb scara teratur n stiap 6 minggu’x check darah buat liat hormon ku n Aku nggak dikasih obat lain. Anyway, jujur nich aku sangat salut akan perjuangan mu n mudah2an do’a n harapan kita smua terkabulkan di tahun ini,Amin. Flower yg cantik n smua temen2 disini marilah kita slalu smangat ” jika kita mengikutin impi semoga jadi kenyataan” di iringgi Do’a, Usaha n Iktiar. Nawaittu n Insa Allah…..

  96. irine indrawati

    dear mbk Liana dan mbk Flower….nama saya Irine saya dari Jember, Jawa Timur usia saya 39 thn dengan kondisi sehat tb 155 cm dan bb 45 kg saya seorang ibu dengan 3 orang putri….saya bersedia menjadi pendonor telur mbk liana dan mbk Flower. kontak saya di 082144621775

  97. Maria

    Dear mba,
    Salam kenal semuanya, saya Maria, usia saya 35thn. Saya juga punya masalah dengan fasilitas. Setelah operasi pengangkatan Dermoid cyst dan emdometrioma dan terapi hormon dr bilang kerusakan yang disebabkan oleh cyst /kista +operasi cukup besar sehingga mengurangi produksi sel telur. Kt dokter saya hanya bisa produksi 1 sel telur /bulan, dan kemungkinan succes IVF hanya 5%. Saya dan suami akan mencoba untuk IVF walaupun chance nya kecil. Jika nanti tidak berhasil maka saya harus mencari egg donor. Saya sangat sedih dan hati saya rasanya remuk. Saya dan suami sangat ingin memiliki momongan. Saya hanya bisa pasrah dan berusaha dan berdoa.

    Salam
    Maria

  98. Flower

    Hello Maria mksih tlh mmpir di sini…sekarang sya dah off semua nya Karena endrometrime dah ganas n mnyebar ke sluran pncernaan ke anus n alat kemaluan. Jdi Pr dr menyarankan sya hrus di operasi total dng penganktan rahim juga. Insya Allah akhir November ini operasi kn di laksnakan. Kita berdoa sma2 aja y. GBU

  99. Maria

    Dear Mba Flower.

    You are such a strong woman. You probably didn’t realise that when you wrote this blog you also give us a hug, huge hug, and there is sense of presence. I felt someone is there and feel me, not to say “everything is going to be alright” but saying “we are here, you are not alone” And that is a mental booster.

    When doctor “cleans” my endomeriosis, he gave me Zoladex implant injection once a month. Is it possible to treat it with injection first instead of operation?

    I wish all the best for you and your loved ones.
    Remember, you are strong, for me you are a hero, Cut Nyak Dien aja kalah hehehe….

    Love,
    Maria

  100. Flower

    Dear Maria thx tuk support nya….Pr dr menyarankan klo dpt mens di bln septembre hrus suntik GONAPEPTYL 3,75 mg tiap 28 hri smpe operasi tiba.

    Sya sarankan klo hrapan kmu cuma 5% lngsung donor telur aja .

    Kmi lgi ada di Indo smpe akhir September ini klo mo ketemu email sya aja flwlys@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*