Berhasil hamil lwt inseminasi natural setelah gagal bayi tabung – Amalia

Hai semua… saya mau sharing sedikit ttg pengalaman saya & suami untuk memiliki keturunan.

Usia saya 30th dan suami 32th, lama menikah 4.5th.  Sejak th 2007 kami berdua sdh mulai mendatangi beberapa ahli kandungan dan mulai berbagai mcm usaha untuk memiliki keturunan.

Melalui berbagai mcm test, saya di diagnosa mengidap endometriosis stadium 4, ada 3 buah myom yg berukuran ckp bsr dan menghalangi jln msk sperma ke dlm rahim, selain itu diketahui tuba kiri saya non patent. Sedangkan untuk suami, jumlah dan pergerakan spermanya jg tdk terlalu bgs, walaupun semua obgyn yg km datangi mengatakan bhw itu bukan mslh, krn hanya perlu di wash pd saat akan inseminasi atau IVF, makanya jumlahnya jd akan sgt mencukupi.

Agustus 2009 saya menjalani laparascopy (LO) di rs bunda menteng untuk membersihkan endo n myom yg ada, serta kalau memungkinkan untuk membuka sumbatan pd tuba kiri saya (sayangnya yg ini tdk berhasil). Stlh LO, saya menjalani terapi taphros slm 3 bln sblm bisa mulai program insem/BT.

Januari 2010, saya mulai program BT long protocol. Saya jg melakukan alternatif pengobatan terapi akupuntur seminggu 3x sejak awal Januari 2010 dg dr. Loona di kliniknya di Cikarang. Pertengahan Feb dilakukan OPU & ET. Saat OPU, sel telur yg terambil hanya 4 saja, & saat ET dimskan 3 embrio (2 excellent & 1 average). Pd awal Maret saat test beta HCG diketahui kalau BT kami gagal & stlh diperiksa lbh lanjut diketahui BT kami gagal krn kekentalan darah saya yg sgt tinggi (d-dimer saya 2500 wkt itu).

Tdk mau lama2 sedih, kami berdua berencana untuk melakukan BT ulang pd Oct 2010 (setelah lebaran). Sambil menunggu saat itu, saya tetap kontrol 1 bln sekali ke obgyn saya, dr. Ivan Sini, tetap menjalankan terapi akupuntur dg dr. Loona dan jg berobat ke dr. Djumhana untuk memperbaiki darah saya. Kondisi saya slm 3 bln terakhir stlh terapi akupuntur dan terapi darah sgt2 membaik. Tuba kiri saya akhirnya berhasil terbuka, yup…tuba saya patent dua2nya skrng!!! Sdgngkan untuk darah, agregasi trombosit dan d-dimer saya berada di level yg sgt2 normal :)

Akhir Juni 2010 saat kontrol ke dr. ivan, beliau blg rahim saya dlm keadaan sgt bgs krn triple layer (saya ga bertanya lbh lanjut apa maksudnya triple layer) dan ovum yg tumbuh kebetulan ada 2 yg berukuran sgt significant besarnya, sgt ideal untuk proses inseminasi natural (inseminasi tanpa suntikan Gonal-F), hanya suntik pemecah telur saja. Kita pikir ga ada slhnya dicoba, kali aja inseminasi yg ke-9 ini rejeki kita.

Awal Juli saya menjalani inseminasi natural, dan diharuskan check darah pd pertengahan Juli. Pagi hari tgl 20 Juli 2010, saya test pack dl di rmh, alhamdulillah hslnya positif.. .lgs ke lab untuk check beta hcg & sore harinya keluar hasil beta hcg dg angka 688.12. Rasanya hari itu saya & suami ga bs berhenti tersenyum, benar2 ga disangka bs hamil lwt inseminasi.

Saat ini kehamilan saya sdh memasuki minggu ke-9 & alhamdulillah sehat. Msh pjg mmg jlnnya sampai melahirkan nanti. Semoga saja kehamilan kali ini diberikan kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT sampai saatnya lahir nanti, amin!!!

Semoga sharing saya bs menambah semangat buat semua tmn2 yg msh & sdg berusaha untuk memiliki keturunan. Maaf ya kalau kata2nya krg teratur, berhubung saya mmg bukan penulis :)

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 2.40 out of 5)
Loading...Loading...

88 thoughts on “Berhasil hamil lwt inseminasi natural setelah gagal bayi tabung – Amalia

  1. Julie

    Hi all!
    Salam kenal buat semuanya, senang mambaca pengalaman semuanya.
    Saya uda menikah selama 9 tahun dan blum memiliki junior. sempat periksa dan hasilnya 2 tube fallopinya tertutup. uda berusaha pake alternatif seperti herbal tanpon terapi dll tapi belum berhasil.
    Sempat berpikir untuk bayi tabung tapi sangat mahal waktu itu 3/4 tahun lalu dan ekonomi crash (tinggal di USA). jadi tidak terpikir untuk sementara dan baru menyadari mengapa tidak cek dgn negeri sendiri dan ternyata sudah banyak yg berhasil.
    Buat teman2 yg sudah berhasil tolong informasinya selengkapnya. dokter siapa , dimana, prosedurnya. brapa lama prosesnya. ada tempat penyimpanan/pembekuan sperm tidak biar suami tidah harus hadir ditempat karna harus bekerja!
    Ada informasi bayi tabung di bali tidak selain di jakarta dan surabaya.
    tolong informasi selengkapnya…
    yg sudah berhasil selamat…yang belum mari kita berjuang bersama sama….

  2. intan

    Dear Amalia, lanjut di sini tanya2nya ya.. aku tertarik yg masalah tuba.. dulu penyumbatannya apakah mmg tidak tembus waktu diHSG dan LO? berapa lama diakupuntur baru bisa tembus? ingat gak apakah waktu itu cairannya lancar/slow spilled? krn tuba-ku yg tinggal 1 ini terbuka tetapi slow spilled..mohon infonya ya.. thx

  3. amalia

    @Intan: sy tuba kiri totally blocked, smntr yg kanan slow spilled. Hydro, hsg & LO ga mempan u/ buka sumbatan yg kiri ataupun memperlancar yg kanan. Sy rutin akup skitar 6 bln lah seminggu 3x sblm akhirnya 2 tuba jd patent semua, bnr2 paten ya bukan slow spilled.

  4. amalia

    @Nita: bagian mana yg ditusuk, brp bnyk jarum n brp lm ditusuknya tergantung km hari ke brp stlh mens. Tp kl pukul rata sih biasanya bag dpn n punggung msg2 20menit, msg2 sisi skitar 20 jarum dr atas kepala sampai telapak kaki.

  5. yeni

    Salam kenal mbak.. selamat ya mbak atas keberhasilan usaha mbak n suami, semoga segera menular ke kami. sekedar share juga, aku n suami pasien dr. Aucky di RS Siloam Surabaya mbak. kami periksa ke beliau sejak September 2011. Sebenarnya hari ini, 3 Feb 2012 dijadwalkan inseminasi, tapi ternyata hasil USG transV-ku di hari ke_13 haid, di tgl 31 Jan 2012, hasilnya adalah lapisan rahimku masih sangat tipis. jd harus ditunda. sedih banget rasanya. karena aku sdh nyiapin segalanya (maklum kami tinggal di Madiun dan harus melakukan pemeriksaan di Surabaya). akhirnya aku pulang ke Madiun dengan menangis di sepanjang jalan. sepertinya tdk ada harapan. sebab kata dokter, kasusku langka. biasanya lapisan dinding rahim tipis karena hormon yg tdk seimbang, tp ini hormonku seimbang banget. akhirnya aku berusaha cari info kesana kemari (termasuk pasien2 BT yg gagal dan akhirnya berhasil). Ternyata salah satu solusinya adalah…….AKUPUNTUR. yess.. sepertinya dunia memang belum berakhir :)Alhamdulillah… do’akan kami semoga benar2 segera menyusul… mbak minta no hp donk, aku mau japri juga boleh ya… makasih mbak..

  6. jesica

    hai amalia,
    mau nanya.. stlh akupuntur 6 bln, ke 2 tubamu jd patent semua… kok bisa tau kalo sdh paten ya? apa di hydro /HSG lagi?
    apa maksud Natural IVF? bedanya apa dg prog IVF pada umumnya?

  7. amalia

    @Jesica: tahunya sdh patent krn bbrp kali usg, ovum bs keluar ke rahim trs obgyn jg minta sy u/ hsg ulang & mmg hslnya patent. Sy hml bkn lwt natural ivf, tp natural iui atau inseminasi natural. Itu jns insem tanpa suntik gonal-f/puregon, hanya suntik ovidrell u/ pemecah telurnya. Cb baca deh cerita lngkp sy di atas, smg membantu :)

  8. jesica

    hai amalia,
    jadi kamu di usg stlh masa subur ya , jd bs keliatan telur uda di dalam rahim?
    kalo tuba saya katanya non paten dan hidrosalpink(ada cairan yg tertampung di tuba), apa bisa sembuh lewat akupuntur yaa??

    sory .. saya seharusnya nanya ttg natural ivf ke mbak muly ya yg posting di response #1.
    bisa dijelasin mbak, apa itu natural ivf?

  9. amalia

    @Yeni: sdh cek drh lngkp kah? Soalnya dl endometrium sy jg ga pernah lbh tbl dr 6-7mm, smntr hormon baik2 aja. Tnyata mslhnya di pengentalan drh, d-dimer, fibrinogen & agregasi trombosit sy sgt tinggi, jd sy berobat ke hematolog jg selain akup n tetap kontrol ke obgyn, alhamdulillah membaik.

    @Jesica: kl dg dr.ivan, kontrol blnan & usg biasanya hr ke2-5 haid, di situ dilihat perkembangan telur u/ bln berikutnya. Kdg perlu di cek ulang seminggu kemudian. Tuba km bs patent lg atau ga lwt akup, mngkn tergantung sbrp parah hydrosalping yg km punya kali ya, cb aja tanya dr.loona lgs. Sejauh yg sy tau, tmn2 sy yg menderita hydrosalping biasanya tubanya diangkat krn mmg sdh parah. Kl cm sblh tuba, berarti msh ada kemngknan u/ hml normal, tp kl dua2 tuba diangkat, ya mmg hrs ivf. Ivf natural yg dilakukan sm mbak muly ya sm aja kaya insem natural, ivf tanpa suntikan hormon sm sekali. Jd ga ada produksi ovum yg berlebih. Biasanya yg bs di collect pd saat OPU cm 1-2 ovum aja yg berkembang, sesuai siklus blnan wanita pd umumnya. Itu kebijaksanaan msg2 obgyn u/ nentuin ivf-nya natural atau ga, long atau short protocol.

  10. eny

    ass dr. dicky
    Saya menginginkan bayi kembar. Apa bisa lwt teknologi inseminasi? dan apakah bisa jg menentukan jenis kelaminnya?
    Berapa persen angka keberhasilannya,bila usia saya 32 th?

  11. uniq

    dear mb Lia,, selamat ya dah mau jadi ibu… aq mau share n nanya dikit boleh yaa. aq april 2012 besok genap 6 th menikah. tp lum dikaruniai anak. sekarang lg mau persiapan laparoskopi. yg mau kutanyain, jika keadaan semua dah normal (tuba patent, hormon seimbang dan rahim gak terbalik), apakah saran dokter pasti IB? makasi yaaa…btw, accept bbku ya,,

  12. yeni

    aku belum ke hematolog mbak (karena di Madiun ga ada:). tp hasil akupuntur sangat menakjubkan mbak. Sebulan lalu sebelum akupuntur lapisan endometriumku 1,3mm. Setelah sebulan aku menjalani akupuntur 3x per minggu, sekarang endometriumku 8,1mm. do’akan semoga di akhir April nanti, saat akan insem, semuanya sudah siap n acc untuk insem. amin.

  13. susi

    Hi all!
    Salam kenal buat semuanya, senang mambaca pengalaman semuanya.
    Saya uda menikah selama 3 tahun dan belum memiliki keturunan. saya pernah keguguran setelah 1 tahun menikah tapi setelah itu belum isi lagi dan belum lama ini, tanggal 1 & 2 Mei 2012 ak juga baru inseminasi di RS. Mitra Keluarga Bekasi dgn Dr. Antony Atmaja, kalau ga salah dulu Dr. Antony jg pernah di RSIA Bunda menteng, oh ya sedikit kronologis biar menambah perbedaharaan bagi pembaca yg lain hehehe ….
    waktu h2 ( head di hari ke 2 ) tgl 19 April ak diberi obat Profertil untuk 5 hari sekali minum 3, dosisnya memang tinggi krn sebulan sebelumnya ak gagal mo insem krn telor ga berkembang, efeknya mual, pusing dan sembelit, ini biaya dokternya 110.000 dan obatnya 260.000. trus tgl 26 April periksa lagi tuk melihat perkembangan telor, by dokternya 110.000 dan usg 130.000, trus diliat lg tgl 30 April ternyata telor sampai yg diharapkan untuk bisa insem yaitu atas kebawah 19mm, kanan kekiri 18mm, malam ini jg diberi suntikan pemecah telor Ovidrel PFS 250mcb inj 1 ampul (ini disuntik diperut), biayanya 860.000 dan dokter 110.000, besok pagi tgl 1 Mei jam 7.00WIB di cek sperma, dicuci, jam 9.00WIB lsg insem, ini biayanya 2.418.300, rinciannya: By.Ruang bersalin 400.000, pemeriksaan sperma 1.200.000, by. dokter 450.000, obat (duphaston 10butir untuk 10hari dan doxycycline 10mg cap 6butir untuk 3 hari) Rp. 247.400, by adm & service 114.900 dan by.materai 6.000, trus besoknya tgl 2 Mei melakukan hal yang sama diinsem lagi biayanya Rp. 2.158.500, katanya biar lebih mantap dan jadi.
    Sekarang saya lagi menunggu smp tgl 20 Mei nanti, harap-harap cemas, doain ya mba, semoga kita semua pada berhasil seperti mba amalia.

  14. santi

    Dear Susi,
    salam kenal mba susi, gimana hsl insemnya?? semoga berhasil ya..saya mau tanya nih mba, waktu mau insem itu mba disuruh tes yg macem2 g? Dan waktu insem yg ke-2 itu yg nyuruh dokternya ya,kalo kita minta cuman 1x insem aja kira2 boleh g ya mba,hitung2 untuk menghemat biaya gt,heeheee…
    salam

  15. susi

    Dear santi, wah sayangnya saya gagal proses insemnya, sedih dan bercampur aduk rasanya tapi mo gimana lagi, yg penting sudah berusaha, sebelum insem biasanya disuruh HSG dulu untuk melihat apakah ada sumbatan atau ga, karna kedua2nya suami istri harus bagus hasilnya, baru bisa insem, iya semua dokter yg ngatur, saya ikuti saja sarannya karna saking pengin punya momongan, yah manusia boleh berencana tapi tuhan juga yang menentukan, kalau cuma sekali mungkin bisa di diskusikan ke dokternya

  16. santi

    @ Susi : kalo boleh tau penyebab gagalnya kenapa mba? februari kmrn saya jg gagal insem {insem di OMNI Pulo mas} padahal sempat positif tp krn rahim yg trs mengecil/menyusut jd embrio g mau nempel. Dokter bilang embrio kurang aktif dlm merangsang rahim unt membesar, hormonnya kacau kali ya…pdhl sudah disuntik hormon,obat hormon Crinone jg mungkin blm jodohnya. Rencana mau insem lg tp ganti dokter, ternyata prosedurnya beda dgn yg pertama. Yg pertama dulu saya dikasih obat pinfertil dosis 1×1/hr,dokter bilang biar telurnya tdk terlalu banyak shg tingkat keberhasilannya tinggi gt. Akhirnya telur cuman 1 doang yg nongol,saya jg g disuntik pemecah telor krn ternyata telornya udh pecah duluan. Sedangkan unt yg mau insem ke-2 ini kata dokternya mulai awal sampe akhir pake obat suntikan semua,biar lebih efektif katanya {dokternya praktek di RS Mitra Keluarga Cibubur tp dia punya RS sendiri di dekat rmh saya}

  17. susi

    santi, kegagalannya karena apa, saya kurang tau jg, karna sejak habis insem dan akhirnya datang bulan tidak pernah datang lagi kedokter, masih cukup sedih karena gagal, biasanya kalau mau insem ga beda jauh caranya tapi mungkin masing2 dokter berbeda caranya, oh ya rencananya kapan mo insem lagi, semoga yang kedua ini berhasil ya, oh ya nyoba ke alternatif juga ga san ???

  18. santi

    oo gt y mba, kalo saya dulu insem di OMNI Pulo mas kmrn harga dokternya bayar per siklus haid,jd 1 bln sekali cuman Rp. 500.000,- jd kita periksa sakalian usg paling cuman bayar adm RS aja 30 rb sama obat kalo ada. Waktu itu saya hbs onsem disuruh datang kira2 3x pertemuan,diliat perkembangannya tiap minggu sama tes pack jg mba {g bayar dokternya lg}. Pinginnya sih insem bln ini tp berhubung saya pindah dokter yg lebih deket rmh,dokternya bilang terlalu mepet waktunya mintanya bln dpn krn ternyata prosedurnya lbh rumit dr yg di OMNI {pake obat suntikan semua g ada yg diminum}, terpaksa deh diundur sampe hbs lebaran sekalian. Kalo alternatif paling cuman pijet ke orng pintar ato tukang urut bayi mba sampe ke purwokerto jg pernah. Kita sama2 mendoakan y mba semoga insem selanjutnya berhasil ato kalo memungkinkan bs hamil alami aja deh, hee…heee… amien….

  19. allie

    hello all..baru bergabung disini, mencari teman sepenanggungan menghadapi ‘galau’nya hati menjalani inseminasi :)
    saya baru aja jalanin insem kmaren 6 juli 2012, sama dr arie polim di BIC, apa ada kemungkinan berhasil di percobaan pertama ya?(harapharap.com,hehe) apa memang harus menjalani 2-3 kali dulu..apa ada yg berhasil dipercobaan pertama? salam kenal buat semua..

  20. airn

    Dear Susi,
    Saya hari ini baru saja melaksanakan insem dg dr Antony Atmaja.
    Sedih mendengar Susi blm berhasil, apakah skg Susi sudah mencoba lg?

  21. yeni

    @all: temans, insem pertama sy gagal sodara.. semoga masih tetap semangatttt..
    sy sudah tes darah lengkap. semua baik baik saja ddimer sy 170,55. ACA sy juga normal, entah berapa sy lupa. insyaAllah pertengahan Okt 2012 ini kami akan mengulang. entah insem entah BT. mohon share ya…. mohon do’anya juga. semoga yang belum berhasil segera berhasil hamil yaaaaaaa…..

  22. amira

    halo yeni, sy insem sampai 3x baru berhasil. mudah2an di program berikutnya langsung hamil yaaa.. semangatttt untuk semua…

  23. Nini

    Teman – teman salam kenal… Sy newbie nih d surabaya. Mau nyoba insem, mohon info dnk dokter nya..
    Pasien nya dr aucky rs siloam tanya donk, tingkat ke berhasilan insem dgn dr aucky tinggi ga? Apa dia lebih pro di BT aja? Thanks ya atas reply nya…bisa mail ke aku jg. Nila1110@hotmail.com

  24. titin

    Mau nanya sis, apa insem itu sama kayak hsg sakitnya?selang dimasukkan kateter yang sakitnya minta ampun rasanya. Saya mau nyoba insem, tapi kok masih takut banget.

  25. mila

    hai mb titin lam knal,,,
    gak sesakit wkt HSG koq, santai aja. agak sdikit sakit pd wkt alat utk mmbuka vagina dimasukkan, perut sdikit mules. hbs itu ilang sndiri sakitnya,,
    aku tgl 19 kmrin hbs insem,, mohon do’anya smua smoga aku berhasil. Amin

  26. susi

    dear airn, alhamdulillah sekarang saya sedang hamil jalan 4 bulan lebih tapi bukan karena insem karena saya tidak pernah mencoba lagi setelah gagal yg waktu itu, terus gimana airn hasilnya dari insem itu? berhasil ga, yang saya tau dokter antoni di mitra keluarga bekbar itu satu2nya dokter yg bisa menginsem, saya sendiri periksa kandungan masih dengan dr.antoni juga.

  27. santi

    alhamdulillah susi udah hamil ya..duuh senengnya…:) hamil alami yg mb…kapan y giliran saya hamil alami..:( kalo bolah tau selisih berapa bulan sejak insem yg gagal sampai hamil alami?

  28. susi

    Dear santi gimana kabarnya ? Insem selanjutnya jadi ga ? Alhamdulillah iya hamil alami, cuma minum jamu kesuburan aj, tgl 19 april insem, tgl 18 mei gagal insemnya, trus mengetahui positif hamil lagi habis lebaran idul fitri bulan agustus, jadi kosong 3 bulan sejak insem yang gagal itu san, gimana dgn dirimu, jgn putus harapan ya, banyak berdoa dan sholat malam, semoga dirimu cepat hamil ya.

  29. santi

    dear susi
    waktu mau insem Dr androlog nya bilang ada varicocele jd suami hrs operasi dulu,skrng lg masa pemulihan pasca operasi jd tahun dpn baru mulai promil lg mb…makasih y doanya, semoga mb susi&baby sehat sampe lahiran nanti. Amieen…amien…

  30. susi

    Amien …amien … Makasih santi, semoga pasca pemulihan, dirimu cepat diberi kehamilan secara alami ya, amien …
    Buat teman2 yang lain, jangan putus asa ya, HSG dan Insem ga sakit kok, yang penting rileks aj, semua usaha Insya Allah pasti ada hasilnya, tetap semangat ya …

  31. Noel

    Salam kenal untuk semua, perkenalkan nama saya Noel. Saya ada pertanyaan untuk Ibu2 di forum ini. Mohon bantuan untuk sharing biaya tindakan laparoskopi untuk membersihkan rahim (?) istri saya. Kalau boleh sebutkan juga nama RS-nya. Mohon maaf bila mengganggu.
    Terima kasih sebelumnya.

  32. airn

    dear Susi, selamat yaa..sebentar lg sudah mau lahiran ya..baby nya ce atau co? ak kmrn insem nya ga berhasil, dan sampai skg jg blm hamil..

    dear Santi, mau tny, suami km konsul dengan dr Androlog siapa? gimana stlh op? apakah ada perkembangan?

    suami ku konsul dg dr Androlog , dr Hermawan , diblg ada varikokel ringan. disuruh op jg, tp kt msh bingung..

  33. santi

    dear airn
    Maaf bru buka email,suami sy jg dgn dr. Hermawan d RS Siloam kbn jeruk dan operasiny dgn dr. Lie Darmawan atas rekom dr. Hermawan. Agustus thn operasi trs bln oktober terapi obat dgn dr. Hermawan. Terapinya seharusny slma 3 bln tp bln terakhir mau nebus obat blm sempat2 apalagi kbn jeruk banjir jg kn wktu itu. Februari kmrn wktu mau nebus obatny trnyata sy telat haid selama seminggu pdhal biasanya gak prnah telat. Sampai 10 hr sy TP dan alhamdulillah hsilny positif skrng udh 12w. Padahal sehabis operasi itu slma ±9 bln sy gak prnah promil k dr. Ato pun minum penyubur sm sekali. Kalo suami airn disuruh operasi jg lbih baik ddukung aja spya grade varicoceleny gak tmbah parah shngga kualitas sperma gak tmbh jelek. Semoga sukses y klo operasi ntar dan cpt nyussul H……amieen3x

  34. susi

    Dear airn : Maaf baru dibuka emailnya, alhamdulillah sekarang anakku sdh berumur 5 bulan, cowok, tanggal 22 april kemarin lahiran, gimana kabarnya sekarang airn ? sudah ngisi lagi or belum, gimana suami jadi dioperasi or ga, smg diberi kelancaran ya & cepat diberi momongan …

    Dear santi : wow selamat ya santi, dijaga ya kandungannya, ngalami morning sick ga, moga lancar sampai melahirkan nanti ya …

  35. Yulcar

    Salam Kenal semua …

    Mau sharing nih aku masih tunggu 8 hari lagi untuk hasil TP nya, saat ini yang saya rasakan payudara dan puting membesar,nafsu makan bertambah,body se dikit tidak bersemangat,sering nya. Pipis, perut kiri kanan nawab kadang suka Kram,dan Moody. Kira2 teman2 Ada pengalaman yg seperti saya rasakan tidak? Kira2 bisa berhasil tidak yah proses insem saya. Mendambakan buah hati sangat.. Minta doa nya yah yah sobat..

  36. jessi

    Salam kenal semuanya…Semoga semuany berhasil dengan proses insem nya bunda2….*doakan saya jg bs brhasil..krn sdh pnuh dgn perjuangan bgt rasa2ny tiap hr hrs diinjeksi menopur dan pemecah telurny..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*