Berhasil hamil dengan berbagai masalah – Oke

Dear all, salam kenal. Saya sudah menikah lebih dari 5 tahun. Dari tahun pertama sampai tahun ketiga pernikahan saya saya sudah hamil 3 kali dan selalu keguguran di usia kandungan 2 bulan. Setelah lelah mencari penyebabnya, kami pun berhenti. 2 tahun terakhir ini saya tidak kunjung hamil walaupun selalu menghitung masa subur.

Awal Januari 2009 kami mencoba inseminasi di RS Bunda, namun tidak berhasil. Telur saya tidak berkembang. Menurut dr Indra saya memang PCO, jadi telur saya banyak tapi sulit matang sehingga kapanpun bertemu sperma, ya cm lewat aja. sebabnya bisa saja overweight. Walaupun saya protes (he..he..) Karena ada aja teman2 yg lebih gemuk dari saya tapi bisa hamil & berhasil . Tapi memang beberapa tahun sejak kehamilan terakhir saya, saya belum pernah hamil lagi & berat badan saya juga perlahan tapi pasti terus naik.

Setelah gagal insem, walaupun saya enggan membenarkannya 🙂 , saya berniat menurunkan berat badan saya paling tidak 10kg (wow). Akhirnya saya menjadi member sebuah fitness centre dan memakai tenaga personal trainernya agar saya dapat mempergunakan semua alat secara maksimal. Dimulai awal Februari sampai akhur Juli saya berhasil menurunkan berat badan saya sebanyak 14kg. Mau nggak mau saya akui setelah berat badan saya turun, menstruasi saya jg jadi lebih normal dari sebelumnya.

Bulan Agustus beberapa hari sebelum puasa, saya haid & dengan pertimbangan yang cukup berat kami memutuskan memulai program bayi tabung pada bulan Ramadhan, karena takut haid berikutnya tidak lancar.
Saya suntik Gonal sebanyak 9 kali baru telurnya mamanuhi syarat untuk dipanen. OPU tanggal 2 September, saya dapat 17 telur. Dari jumlah tersebut, 9 terbuahi & diambil 5 terbaik dengan grade 3 excellent, 2 good. Dari jumlah tersebut tgl 5 September ET 3 embryo 2 excellent, 1 good dan sisanya di freeze. Setelah ET perut saya memang agak membesar. Tadinya takut OHSS namun alhamdulillah tidak.

Tanggal 18 sangat saya nantikan untuk tahu hamil atau tidak. Ternyata dari test darah, BHCG saya mencapai 567,90. Agak kaget karena lumayan tinggin tp dulu kakak saya jg begitu & dia mengatakan, jangan kaget kalau BHCG seminggu lagi akan mencapai 1000. Seminggu kemudian saya tes BHCG lagi dan hasilnya 10.550. WOW! Saya begitu excited membayangkan kemungkinan kembar tp tetap takut ini OHSS.

Jadwal usg dengan dr Indra baru tanggal 12 Oktober karena beliau ada seminar di luar negeri. Berdasarkan pengalaman kehamilan saya sebelumnya, sebelum 50 hari dari HPHT, saya selalu bleeding & akhirnya keguguran. Atas dasar hal tersebut kami memutuskan untuk usg ke dr Bambang Karsono. Beliau memang terkenal ahli usg. Hal ini saya lalukan karena saya takut, kehamilan baru 7 minggu tapi besarnya perut separti sudah hamil 3,4 bulan. Walau dasarnya sudah gemuk (he..he..).

Alhamdulillah hasil usg saya tidak mengalami OHSS karena tidak terlihat adanya cairan yang berlebihan. Alhamdulillah lagi ternyata janin saya ternyata ada 2 dengan besar yang hampir sama & salah satunya sudah ada detak jantungnya. 4ubhanallah… Namun ternyata pada indung telur saya terdapat kista yang cukup besar dengan diameter 10cm, sehingga dokter menyarankan saya untuk bedrest & diharapkan kista yang timbul karena stimulasi obat itu dapat mengecil dengan sendirinya.

Perlu saya ceritakan juga saya adalah pasien Prof Karmel (ahli darah). Saya terkena ACA + namun masih di level yang rendah karena riwayat keguguran saya maka Prof Karmel menyarankan saya suntik heparin sehari 2 kali sampai melahirkan. Beberapa hari setelahnya malah dosis suntikan harus ditambah jadi 3 kali seharii karena d dimer saya sampai 1000.

Tanggal 4 Oktober saat beristirahat tiba-tiba saya mengalami pendarahan. Yang keluar adalah fresh blood & banyak sekali seperti orang mens. Langsung kami ke RS Bunda, pada saat buang air kecil yang memang sengaja ditampung, ikut keluar semacam gumpalan berwarna merah kehitaman campur putih & ada urat-uratnya. Kami meyakini itu adalah produk konsepsi yang berarti berasal dari salah satu janin kami. Malam itu hasil usg memperlihatkan 1 janin masih berdetak & yang 1 lagi terlihat buram, yang kami perkirakan tinggal kantong kehamilannya saja.

Saya bedrest di rs selama 3 hari disuntik penguat sekali & diinfus Duvadilan. Sebelum pulang saya di usg lagi. Dengan perasaaan iklas kami berharap semoga Allah masih berkenan menitipkan salah satunya. Namun yang saya lihat di monitor usg benar2 membuat saya menangis, karena kami menyaksikan adanya 2 detak jantung yang sangat jelas. Ternyata saya tidak kehilangan salah satunya. Subhanallah. Trimakasih ya Allah.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 2.83 out of 5)
Loading...

43 thoughts on “Berhasil hamil dengan berbagai masalah – Oke

  1. olip

    hai jeng oke….selamat selamat!!!!! bener2 anugerah yg tak ada bandingannya….smoga Alloh senantiasa menjaga baby & bundanya agar selalu sehat mpe lahiran kelak

  2. oke

    Dear Olip & Menik, amin thanks ya doanya. Kemarin hasil patologi atas gumpalan darah yang keluar saat pendarahan sdh diketahui dan ternyata memang merupakan produk konsepsi. Berarti sebelumnya kandungan saya kembar 3? Itu menjelaskan kenapa hcg kedua saya begitu tinggi.
    Tapi dengan kadar hcg yang tinggi kok saya nggak mual2 ya? Paling kalau lg kekenyangan atau kelaparan aja 😉 ada yang pernah mengalami seperti saya nggak sih? Hamil tanpa mual. Saya sih bersyukur karena semua nutrisi yg baik untuk janin saya bisa masuk.
    kemarin saat usg, saya jg sdh diperdengarkan detak jantung keduanya, seperti balap kuda. Hitungan dokter dari ukurannya, usia kehamilan 7 minggu lebih padahal menurut hitungan saya sdh 8 minggu lebih dari HPHT. Tp dengan mendengar detak jantung mereka, mdh2an ini pertanda baik.

  3. immanuella

    wwaaahh… surprise.. happy ending, merinding bacanya apalagi di bagian akhir… congratz ya……semoga sehat2 semuanya sampai melahirkan. Amin

  4. windha

    Selamat ya atas kehamilan kembarnya mudah2an sehat sampai
    Melahirkan. btw klo boleh tau umurnya berapa? sy jg pco,
    sudah pernah coba insem tp gagal
    Sy rencana bayi tabung januari taon depan, wish me luck ya

  5. retno

    Hai Oke….lam kenal,
    Selamat ya atas kehamilannya..dijaga baik2 mengingat perjuangan kamu ya ruarr biasa.
    Saya juga udah 2x program BT tapi semuanya gugur saat hampir 2 bln trus sama dokter dirujuk ke dr Karmel..yah moga2 program berikutnya Insya Alloh bisa berhasil.
    Sekali lagi selamat yaa..

  6. oke

    Hi Windha, thanks ya doanya. Umur saya 34 tahun dan suami 37 tahun.
    Berdasarkan pengalaman kakak saya, sepertinya umur tidak perlu terlalu dikhawatirkan walaupun itu jg dianggap faktor penentu. Kakak saya menjalani BT saat usianya 39 tahun & suaminya 65 tahun. Sekarang mereka sdh dikaruniai seorang putri yang cantik.
    Mudah2an Windha berhasil ya dengan rencana program BT nya.

  7. oke

    Hi Retno, salam kenal juga.
    Turut prihatin ya dengan cerita kamu. Semoga yang berikutnya bisa berhasil.
    Kalau boleh tau BT dimana & kata dokter apa penyebab kegugurannys?
    Di Prof Karmel terapi apa? ACA jg? Apa suntik sendiri jg spt saya?

  8. indah

    hai salam kenal juga yach……… saya indah^_^
    selamat atas kehamilannya ya aku doain supaya semua berjalan dengan baik.
    saya ikut program insem 1x masih belum berhasil renc mau ikut lagi doain mudah-mudahan berhasil. kalo teman-teman ada yang udah pernah ikutan tolong bantu sarannya
    dan bagaimana tahap-tahapannya? terima kasih .

  9. oke

    Hi Indah, salam kenal juga, trimakasih ya doanya.
    Aku dulu jg pernah nyoba insem tapi baru tahap yang paling awal (pematangan sel telur) udah gagal. Jadi belum ngalamin juga tahap selanjutnya. Tapi setahuku sih setelah sel telur matang, diambil sperma suami, dipilih yang mutunya baik lalu dimasukkan ke tubuh kita untuk dipertemukan dengan sel telur yang telah siap dibuahi. Mungkin begitu garis besarnya, mungkin ada teman2 yang bisa menambahkan. Semoga Indah berhasil dengan program insemnya, jadi nggak perlu bayi tabung deh 🙂

  10. shanty.A

    Halo…aduh senang ngebaca pengalamannya. Benar2 kuasa Allah ya mbak…ternyata si kembar masih bertahan. Mudah2an selamat hingga melahirkan . Amin..amin…amin..

  11. retno

    Halo Oke..aku prog BT di Bunda kalo kt dokter dicurigai kekentalan darah makanya dirujuk ke prof Karmel..mungkin terapi ACA kali ya(abis blm ambil hasilnya)..apa nyuntik sendiri ya..
    Mungkin kalo dah deket program baru suntik2nya dimulai, soalnya mesti nunggu siklus Mnya normal dulu.

  12. oke

    Hi Shanty,
    Thanks ya, iya nih mudah2an bisa lancar sampai melahirkan.

    @ Retno: kayaknya kalo di Prof Karmel memang suntik2 itu dimulai setelah hamil, tapi sambil nunggu M normal lagi mending kesana dulu karena ada beberapa tes lab & terapi obat untuk menetralkan darah kental. Mudah2an berhasil.

  13. thin

    Hi semua salam kenal….

    @oke :terharu deh dengar critanya…smg kandungannya sehat sampai melahirkan….
    @retno ;jgn putus asa usaha trs slama diberi kekuatan spiritual& materi,sodara sy mengalami mslh pengentalan darah bisa hamil kok.
    @Mb Winda :klo ga salah yg dr Mlg ya??gmn skrg usaha apa jd BTnya thn dpn.
    @indah :prosesnya sama aja kok,cman saran aja jgn stress,tegang pas dimskkan keteter ntar bs pendarahan (dikit kok)
    Tetap usaha lah meski peluang cman 20%,saya juga lagi coba insem ke-2 di mlysia (suami krj sini)
    Semoga berhasil ya mohon doa’nya…ini lg nunggu hari ke10-12 bt ukur seltelur mg2 besar2 dan byk….

  14. tin.s

    hallo Oke ,salam kenal yah ..selamat atas kehamilannya dan lancar sampai melahirkan .saya 41 tahun ,baru saja BT tapi belum berhasil,hamil sampai minggu ke 8.kalo boleh tau kakak oke coba BT berapa kali dan apa saja yang dilakukan sebelum bayi tabung,untuk sampai berhasil.thanks

  15. oke

    Halo Tin, salam kenal juga. Trimakasih ya doanya.

    Kakak saya baru nyoba BT 1 kali alhamdlh langsung berhasil tanpa melakukan apa2 sebelumnya untuk persiapan. Menurut saya modal utamanya adalah semangat yang tinggi. Karena selain faktor usia (kakak saya & kakak ipar saya), dia juga PCO, belum pernah hamil sama sekali sebelum BT (tdk spt saya yang sdh bbrp kali hamil tp sulit mempertahankannya), dan jg bkn termasuk kategori kurus/langsing :).

    Pada usia kandungan 8 minggu dia jg mengalami pendarahan yang sangat parah. Pada saat kami merayakan tahun baru di sebuah hotel, tiba2 dia mengeluarkan darah yang sangat banyak & tidak bisa ditahan yang langsung berjatuhan dilantai hotel. Untung saja begitu banyak pengunjung yang akan memasuki lift dan lantai hotel yang berwarna hitam sehingga tidak terlihat ada darah yang begitu banyak. Langsung saja naik ke kamar & pergi ke RS Bunda dengan menggunakan ambulance utk lebih cepat menyebrangi bundaran HI.

    Akhirnya ia bedrest di RS selama seminggu. Dan selama itu pula pendarahan tidak berhenti cuma berkurang. Setelah ia pulang kerumah tetap diharuskan bedrest, tapi karena tidak tahan ingin keramas maka ia jalan ke kamar mandi & keramas. Pada saat itu darah segar kembali keluar & dlm jumlah yang banyak.

    Cobaan demi cobaan berhasil dilalui dan alhamdulillah pada bulan aguystus 2008 mereka berhasil mendapatkan seorang putri melalui bedah caesar.

    Dear Mbak Tin semoga dengan sepenggal cerita ini bisa menyemangati untuk BT selanjutnya. Cerita ini juga yang menyemangati saya untuk tetap optimis saat mengalami pendarahan yang parah kemarin. Dengan 1 keyakinan apabila Allah telah berkehendak, tidak ada 1 kekuatan pun yang sanggup mencegahnya. SEMANGAT!!!

  16. Wienda

    To : oke, selamat atas kehamilannya..smg ga ada kendala lg,lancar sampe lahir,amin
    To: thin, mgkn yg dimaksud ‘wienda’ aku ya,kl aku emang bener dr mlg. Kalo ‘windha’ blm tau dr mana. Hehe…emang banyak nama mirip2 disini,ada winda yg BT dah 5x,ada windha yg PCO,ada jg wienda aku yg brmasalah dg tuba.
    To all..semangat deh,smg Allah meridhai usaha,kerja keras dan semangat qta tuk dpt keturunan,amiin

  17. lulu

    hallo mbak oke, salam kenal ya, saya umur 37 th, kasus pco juga, kmrn nan mau bayi tabung, tapi karena telur saya gak berkembang, jadi tunggu mens lagi baru program lagi. kira2 ada gak metode ato makanan yang bisa buat telurnya bagus? dan apakah memang harus kurusin badan? saya ada denger katanya di akupuntur juga bisa…. thanks ya atas informasinya…

  18. tin.s

    dear : Oke
    thanks untuk dukungannya dan salam untuk kakak Oke,bersyukur udah dapat anak ceweq cantik.untuk Oke sehat dan lancar sampai melahirkan.saya juga bersyukur mendapat kekuatan ,untuk ke dokter dengan perjalanan 5 jam pp dan awal tahun depan proses lagi .saya tinggal di florida ,jadi semua harus dikerjakan sendiri ,kadang suami ikut .tapi saya percaya Tuhan mendengar doa kita.

  19. ati

    salam kenal buat semua
    to;Oke congrat yach,thank for sharing,saya mau nyoba turunin berat badan nich.
    to:Tin.s yg sabar dan sukses buat taun depan yach,seneng ada yg sharing lagi dari usa ,saya juga di los angeles also kita seumur rencana saya nyoba lagi juga

  20. tin.s

    dear : Ati
    thanks untuk dukungan nya ,saya tinggal di Florida.
    saya juga sama mau turunin berat badan karena naik hampir 15 lb setelah bayi tabung.Ati ada informasi supaya dapat telur dengan good quality.

  21. immanuella

    @Oke: sehabis ET kamu baringan di tempat tidur berapa jam or brp lama? trs setelah ET bener2 bed rest ga (di tempat tidur aja)? trs makanan kaya apa siy sebaiknya yg dikonsumsi stlh ET? semoga kamu dan babies sehat2 sampai melahirkan ya…
    @all: saling mendoakan ya semoga perjuangan kita utk menjadi mommy boleh menjadi kenyataan. Amin….

  22. monica

    dear mbak Oke,
    saya mau tanya2 nih, kalo mau ikutan program bayi tabung, musti check ke dokter nya itu hari keberapa setelah menstruasi ya? agar tidak membuang waktu..

    thanks sebelumnya….

  23. iva

    Hi Jeng Ok..salam kenal yaa…n selamaatt ya atas keberhasilan BT nya, deg2an bgt bacanya..soalnya kok ada kemiripnya..heheh..
    Aku jg sama dr.Indra..tp fresh cycle n thawing 1 blm berhasil.. insya Allah awal Nov mau thawing lagii..minta doanya yaa..:)
    Aku jg mulai awal feb jd member fitness center krn pgn nurunin BB,alhamd dh turun 15kg..makanya jadi deg2an mudah2an diriku bernasip sama dgn dirimu yaaa…amiiiin

  24. Oke'

    Dear all: Maaf ya baru bias bales semuanya. Sebenernya udah lama balesinnya, tapi eror terus. Ok, coba saya jawab satu persatu ya.

    @ Lulu:
    Saya kurang tau apa ada metode atau makanan untuk meperbaiki kualitas telur. Kalau saya hanya mengikuti apa kata doketr untuk tidak mengkonsumsi the, kopi & minuman yang mengandung kafein lainnya. Tidak makan instan dan kalengan, banyak mengkonsumsi ikan (terutama tuna & salmon) Kalau saya sih ikan apa aja.

    Kalau untuk kurusin badan sih mungkin masing2 orang nggak sama. Karena ada aja teman saya yang jauh lebih gemuk tapi bisa hamil. Tapi yang jelas sih kalau bb turun, memang banyak manfaatnya. Saya dulu pernah mencoba turunin BB pakai akupuntur. Berhasil, tapi badan lemas & efek yoyo ( mudah naik lagi). Bedanya dengan olahraga, tubuh jadi bugar, metabolism lancar, berat badan tidak mudah naik & memperbaiki siklus menstruasi. Sehingga secara keseluruhan, tubuh saya menjadi “SIAP” untuk hamil. Jadi kalau saya boleh memberi sedikit masukan sih lebih baik turunin bb dengan cara olahraga dibandingkan dengan cara lain. Dengan olah raga kita memperbaiki metabolisme tubuh dengan bonus turun bb.

    Kalau akupuntur untuk menunjang program BT saya baru tau dari site ini. Jadi saya tidak melakukannya. Tapi teman saya ada juga yang melakukan akupuntur sebelum ET tapi tidak berhasil.

    @ Mbak Tin:
    Thanks untuk doanya. Wow! 5 jam pp!!! Saya benar2 salut dengan perjuangan Mbak. Semoga Allah mendengar doa kita yang nggak pernah putus berikhtiar. Semangat!!

    @ Ati:
    Thanks ya. Turunin bb, SIP!!! Tapi ingat, lebih baik turun sedikit tapi tubuh segar & metabolisme lancer, daripada turun banyaktapi lemas & tidak mendapat efek yang dibutuhkan. Semangat!!

    @ Immanuella:
    Thanks ya untuk doanya.
    Setelah ET saya baring di ruang recovery selama kira2 1 jam. Saya baring tanpa bantal & dengan bagian bawah tempat tidur agak dinaikkan. Pipis di pispot, kata dokter sih minimal setengah jam an baru boleh ke kamar mandi. Tapi lebih lama lebih baik, karena saya baru dimasukkan obat dari vagina (crinone). Setelah hampir 1 jam, saya duduk di ruang dokter karena melihat computer gambar embryo yang telah ditransfer. Setelah itu saya kembali ke kamar. Belum genap 5 jam, saya sudah nggak tahan untuk pipis di kamar mandi, walaupun harus jalan pelan2, karena selain perut saya masih sedikit kram, juga msih ada darah.
    Kebetulan saya memang berniat bedrest di RS selama 3 hari, karena rumah saya di apartemen takut ada gempa ?. Eh waktu saya abis ET kan Jakarta gempa (pusat di Tasik). Lumayan juga kabur pelan2 sambil nenteng infus ?. Sebenarnya,menurut dokter sih bisa langsung pulang. Jadwal embryo menempel adalah 8 hari dari OPU atau 5 hari setelah ET.
    Makanan yang baik dikonsumsi setelah ET adalah ikan terutama salmon & tuna (tapi saya nggak makan keduanya, saya makan ikan apa aja). Selain itu perlu banyak tambahan protein. Selama di RS aja setiap hari saya mengkonsumsi telur ayam kampong 8-10 butir sehari.

    @ Monica:
    Saya menstruasi hari ke 2 periksa ke dokter, sebagai gambaran, aku kasi tau aja jadwalku waktu itu ya:
    -21/08: Hari kedua menstruasi, usg untuk liat kondisi rahim
    -22/08-30/08: Suntik Gonal F
    -27/08-30/08: Suntik Cetrotide (agar telur tidak pecah)
    -31/08: USG untuk melihat besar & jumlah telur. Suntik Ovidrel ( disesuaikam demgam jadwal OPU). Karena saya dijadwalkan OPU tgl 02/09 jam 09.00 maka saya suntik ovidrel tgl 31/08 jam 21.00
    -01/09: Ambil sperma (saya memakai sperma yang di freezing, bukan sperma fresh)
    -02/09: OPU (09.30) telur yang diambil 22, matang 17
    -03/09: Sdh nisa mengetahui berapa telur yang berhasil menjadi embryo. Kalau saya, dari 17 telur, 2 tidak berkembang, 1 abnormal, 5 tidak terbuahi, 9 terbuahi. Diambil 5 terbaik (3 excellent, 2 good)
    -05/08: Embryo Transfer jam 10.30. dimasukkan 2 excellent, 1 good
    -10/09: Jadwal embryo seharusnya menempel pada rahim.
    -15/09: nyoba pake testpack, sudah terlihat jelas 2 garis.
    -18/09: Test BHCG darah (hasil 567.90)
    -25/09: Test BHCG darah II (hasil 10.550)
    -01/10: USG, sudah bisa terlihat ada 2 janin, yanag 1 sudah ada detak jantung
    -12/10: USG, sudah ada 2 detak jantung, dan sudah bisa didengarkan

    Mudah mudahan bisa memberikan sedikit gamabaran ya

    @ Mom2furbabies:
    Kayaknya selama 2 minggu menunggu hasil nggak ada gejala2 khusus yang saya rasakan. bahkan saya menunggu adanya sedikit darah pada hari ke 8 setelah OPU yang pada sebagian orang menandakan terjadinya penempelan embryo, tapi tidak terjadi pada saya. Saya juga tidak mengalami mual2. Cuman memang perut saya terasa agak kram. Mungkin karena bekas OPU aja. Selain itu perut saya juga terasa kembung seperti banyak angin didalam. Selebihnya, nggak ada gejala khusus.

  25. Oke'

    Dear Iva,
    Thanks ya… Amin…. mudah-mudahan diberi kemudahan ya untuk yang kedua… seneng juga ada yang mengalami hal yang sama dg aku. Semoga ya… semoga berhasil… Semangat!!! 🙂

  26. nita

    Dear mba oke dan all friends here,

    salam kenal juga ya mba dan selamat atas kehamilnnya mba oke,insya allah lancar sampai hari H nya, mama & babynya sehat….amin.
    dan salam kenal utk semua teman seperjuangan utk BT…

    Btw saya jg ikut prog BT setelah 4thn menikah dan saya hanya mempunyai satu ovariun sblh kiri saja,dan sdh melakukan ET 2 embrio pd tgl 19 okt kmrn menurut jadwal tgl 3 nov ini saya hrs melakukan test darah BHCG yg pertama,asli deg-deg an sekali ttg hasilnya nanti, karena pas hari ke 11 setelah ET sy ngeflek sedikit dan hari ini hari ke12 makin tambah tdk bisa di bilang ngeflek cuma warnanya tidak merah tp kecoklatan gitu saya tidak merasa nyeri di perut, saya sedih bgt,kira2 adakah yg pernah mengalamin hal spt saya, mohon infonya?bagaimana hasilnya?apakah ini gejala yg normal?
    mohon do’a & dukungannya ya teman2 semua semoga hasil BHCG saya tanggal 3 nanti Positif…amin.

  27. widy

    Subhanallah….sy ikut terharu bacanya…pengalaman sy bisa di baca di Sharring pengalaman dan curhat mo ikut bayi tabung, selamat ya mb…

  28. oke

    Dear Nita, salam kenal juga. Thanks ya untuk doanya.
    Gimana hasil BHCGnya? Semoga berita baik ya… 😉 mudah2an fleknya pertanda adanya perlukaan saat nidasi. Ditunggu kabarnya…

    Dear Widy, semoga berhasil ya perjuangan BTnya. Sekarang lg di Sby dong. Semangat ya.

  29. Ety

    Hai salam Kenal, saya Ety (28 th) saya baru ikut program BT di Penang dengan dr. Devindran. Saya OPU tanggal 20 Oktober dan mendapat 8 telur, dari 8 telur itu yang menjadi embrio 3 dan semuanya ditransfer pada tgl 23 Okt. Tgl 2 Nop saya tes Bhcg dan hasilnya 125, saya sangat senang. 2 Minggu kemudian saya tes Bhcg lagi dan hasilnya sudah puluhan ribu (saya lupa pastinya) tapi detak jantung janin belum terdeteksi (duh, deg2an banget, emang gitu ya???). tanggal 7 Des saya diminta USG lagi memastikan detak jantung bayi. saya harap hasilnya baik2 saja. O ya Bulan Juni saya menjalani LO karena ada kista darah di kanan dan kiri. Saya minta doa dari teman2 semua agar janin saya selalu sehat. dan semoga teman2 yanglain segera menyusul hamil. Amin

  30. Maya

    Hi, slm kenal buat semuanya. Saya, Maya, baru hari ini buka bayi-tabung.com & baca posting2 dr tmn2 ttg infertilitas, insem, n BT. Wahhh…jd smngt nih, tdnya sempet sedih, pingin punya momongan kok susah amat. Oya, saya pasien dr.indra anwar di Morula. Kondisi saya dan suami, tuba kanan saya tdk paten, sblm L/O ada myom 2 buah di rahim ukuran 1.8cm & 2.8cm serta endometriosis stadium 4, sedangkan suami normal. Sejauh ini baru selesai 3x suntik endrolyn stlh L/O, skrg lg nunggu haid u/ cb insem lg, kl insem msh gagal, dokter anjurkan untuk BT. Mudah2an kita semua dilancarkan yah jlnnya oleh Allah SWT untuk bisa punya momongan, amien!!!

  31. ari

    selamat ya oke,..

    semoga ibu dan baby sehat sehat selalu…

    @ ety : hai ety salam kenal ya…

    saya juga pasien dr.devindra boleh bagi cerita ya…ety sekarang tinggal dimana? kita kemaren mau Bt tapi krn di penang masih agak kuatir..boleh kasih info ya ety…

    ini alamat email ku tiupasaribu@yahoo.co.id

  32. sony

    selamat yah
    saya juga pengikut BT
    dan semalam dapat kabar yg bagus dari dokter…
    istri saya positif hamil…..

  33. Oke

    Dear all…

    Maaf ya, saya baru sempat buka website ini lagi. Alhamdulillah saya sudah melahirkan bayi kembar laki laki pada tanggal 25 April 2010, bertepatan dengan 6 tahun usia pernikahan saya.

    Anak kembar saya lahir di usia kehamilan 36 minggu, dimana saat itu adalah batas minimal aman fungsi paru. Mereka lahir melalui operasi caesar dengan berat 2,9 dan 2,74. Alhamdulillah mereka dinyatakan sehat tanpa kurang suatu apapun, sehingga tidak perlu masuk inkubator.

    Nggak mudah buat saya untuk ngepasin antara ingin menambah berat badan bayi & memperpanjang usia kandungan. Karena dokter saya memberi gambaran bayi dengan berat badan diatas 2,5 kilo yang lahir diatas 34 minggu yang kemungkinan besar tidak perlu masuk inkubator. Saat saya berpikir untuk menaikkan berat badan bayi, rahim saya bisa tidak kuat menahan beratnya 2 bayi & air ketuban bisa pecah sebelum waktunya. Tetapi masa itu telah terlewati & alhamdulillah Allah SWT memberikan saya kemudahan dalam melewatinya

    Sungguh anugrah yang luar biasa indah yang sudah Dia berikan untuk saya & suami. Semoga kebahagiaan yang saya rasakan bisa dirasakan juga oleh teman2 semua

  34. ully

    Dear mba Oke,
    Selamat yaaa atas kelahiran jagoan2nya..
    Saya pembaca setia situs ini dan sgt termotivasi dg pengalaman mba Oke

    Semoga saya dan teman2 yg lain disini yg sama2 pingin jadi mommy segera bisa menyusul mba Oke yaaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*