Berhasil hamil bayi tabung namun keguguran – Evi

Senang sekali bisa berjumpa di sini. Perkenalkan, saya Evi.

Bulan Februari-Maret 2013 ini saya baru saja ikut bayi tabung di PH-Sarjito. Dokter saya sama dengan dokternya mbak Hanum. Tgl 4 Maret saya ET 2 embrio fresh cycle, dijadwalkan tes Hcg tgl 15 Maret. Sekitar tgl 7-8-9 (maaf, persisnya lupa) ada rasa ngilu-ngilu seperti mau mens di perut bawah sebelah kiri kemudian diikuti flek coklat yang keluar menempel di cd bersama sisa-sisa Crinone. Tapi, entah mengapa, perasaan saya tetap happy, malah optimis kalau ke-2 embrio itu menempel. Rasa optimis itu diperoleh karena tanda-tanda yang saya rasakan sudah seperti orang hamil, misalnya gak tahan bau masakan, bau kapur barus kamar mandi dan sering enek kalau makan bahkan enek saat minum air putih.

Tetapi kemudian, tgl 11 Maret kira2 jam 12 siang, saya merasakan sakit di perut bawah sebelah kanan. Rasa sakitnya seperti rasa sakit saat menstruasi hari pertama yang sering saya alami semasa gadis dulu (setelah menikah, kalo mens tidak terasa sakit lagi). Rasa sakit ini berlangsung lama, sampai kira2 jam 5 sore. Besok harinya, tgl 12 Maret, begitu bangun, badan saya demam panas, sakit kepala hebat dan seluruh otot punggung rasanya seperti habis dipukuli. Ini berlangsung seharian. Karena takut pengaruh ke embrio, saya tidak berani minum obat apa pun.

Tgl 13 Maret, demam panas reda dengan sendirinya, begitu pula sakit otot punggung, tinggal kepalanya yang masih nyut-nyut. Rencana mau konsul ke PH akhirnya nggak jadi karena merasa sudah baikan. Keputusan ini di kemudian hari, sangat saya sesali.

Kamis tgl 14 Maret, sore hari, keluar darah agak lumayan, menurut saya tidak bisa disebut flek lagi. Saya lalu berbaring saja di tempat tidur, sampai pagi tidak keluar lagi. Tgl 15, hari tes Hcg, kami datang ke PH pagi2 untuk ambil darah dan tes urin. Tetapi di kamar mandi, alangkah terkejut saya karena melihat banyak darah. Saya sudah sangat sedih, mengira ke-2 embrio kami tidak menempel. Tetapi, kesedihan lebih besar harus saya terima di ruang konsultasi. Dokter bilang, hasil tes Hcg saya positif. Wajah dokter berseri-seri hendak mengucapkan selamat sebelum saya potong dengan info, “tapi dokter, sejak kemarin sore saya berdarah. Hari ini malah sudah banyak”. Saya bisa melihat, dokter terkejut.

Singkat cerita, ternyata, sebetulnya embrio kami sudah sempat menempel, diperkirakan proses penempelan terjadi pada tgl 7-8-9 saat saya merasakan ngilu dan ada sedikit flek. Namun, entah karena apa, lepas lagi. Karena saat tes tgl 15, angka Hcg masih tinggi, dokter memberi dupaston dengan harapan dapat menghentikan proses lepasnya embrio. Kami disuruh datang untuk tes Hcg lagi 3 hari kemudian. Tetapi, masya Allah, sepulang dari PH, saat buang air kecil di kamar mandi rumah kami, saya bahkan tidak bisa membedakan warna air seni saya. Seluruhnya berwarna merah segar, darah mengalir keluar dengan deras seperti berasal dari pembuluh yang terpotong. Semalaman saya menangis sedih, rasanya sudah tidak ada harapan bahwa embrio kami masih bisa bertahan.

Benar saja, saat tes Hcg kedua kalinya (tgl 18 Maret), angka Hcg di darah saya sudah drop, dan dokter berkata embrio kami sudah tdk memproduksi Hcg lagi, kehamilan saya sudah lepas. Oh ya, selama 12 jam mulai 17 malam sampai 18 maret pagi, pendarahan sebenarnya sudah berhenti, membuat suami saya kembali optimis. Tapi apa mau dikata, hasil tes lab membuktikan lain. Hari berikutnya, setelah saya berhenti minum dupaston, darah kembali keluar sampai 3 hari kemudian.

Pada konsultasi tgl 18, dokter berkata untuk off dulu selama 1-2 siklus, setelah itu baru mulai program lagi. Alhamdulillah, kami masih punya 2 embrio beku berumur 5 hari.
Jika mengingat lagi hari-hari itu, terselip rasa sesal mendalam, mengapa saya tidak datang untuk konsul dan periksa begitu merasa sakit perut bawah sampai berjam-jam (tgl 11 Maret). Belakangan saya mendapat info di salahsatu web, bahwa ternyata Hcg diproduksi embrio segera setelah menempel. Jadi, saya pikir, barangkali, jika saya ambil inisiatif tes sendiri tgl 11 itu, dengan hasil Hcg sudah positif, maka barangkali saya akan lebih peka menanggapi rasa sakit itu sebagai gejala keguguran.

Demikian sharing saya, teman-teman, mudah2an ada manfaatnya.
Kita sama-sama saling mendo’akan ya, mudah2an Allah segera paring rizki berupa keturunan, anak-anak kandung yang sholeh/sholehah untuk kita. Aamiinn …

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.33 out of 5)
Loading...

56 thoughts on “Berhasil hamil bayi tabung namun keguguran – Evi

  1. Aurora

    Mba Evi yang sabar yah, jangan disesali yang udah. Malah bisa dijadikan pelajaran. Mungkin ada masalah kekentalan darah ato apa bisa diobservasi untuk next thaw cycle.
    Mba Evi masih sangat beruntung masih punya simpanan embrio hari kelima sampai 5 buah. Itu sangat jarang mba. Jadi keep positif thingking yah mba. Allah masih sayang sama mba Evi yakinlah akan indah pada waktunya.

  2. Sonia

    Mba Evi,
    Jangan sedih berkepanjangan yaa.. Ambil hikmah dan pelajaran dari kejadian ini untuk program dengan frozen embryo nanti agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.Semoga sukses dengan program selanjutnya nanti yaaa…
    Mba Evi masalahnya apa program BT? Usia berapa? Makasih

  3. Evi

    Mbak Aurora dan mbak Sonia,
    Hai, salam kenal. Trims ya untuk dukungannya.
    Mbak Aurora, dokter saya kemarin tidak menyebut-nyebut masalah kekentalan darah. Apa ini ada hubungannya dengan kadar hemoglobin dan tekanan darah ? Bagaimana cara menguji kekentalan darah kita ?
    Mbak Sonia, usia saya sekarang 38. Jadi pasien di PH sejak 2005. Diagnosis pertama dulu PCOS, ditangani dengan obat2an lalu senggama terencana beberapa kali tapi tidak berhasil. Kemudian off beberapa bulan, kembali lagi, masuk ke program IUI beberapa kali juga tidak berhasil. Lalu disuruh hys-lap. Lamaaa off karena suami gak kasih izin untuk hys-lap. Sayanya sendiri juga takut masuk ruang operasi. Tapi 2012 akhirnya hys-lap juga. Ternyata temuannya banyak sekali. Ada kista coklat, polyp dan endometriosis. Ada myom juga, tapi yang tumbuh di dinding luar rahim. Kata dokter sebetulnya tidak mempengaruhi kehamilan. Tapi karena mau BT, myomnya ini diambil juga supaya tidak mengganggu proses OPU.

  4. pink

    Dear Mba’ Evi…

    Yg sabar yaa mbak vi.. BT ku jg gagal minggu lalu, persis sm dgn apa yg mbak Evi rasa’in.
    Dua hari sblm test kehamilan, aq jg ngalamin flek coklat gthu, eh bsok nya lg flek tsb udh berubah jd
    merah bkn coklat lg.. 🙁 Mencoba utk tegar.. tp ttep drop jg, nangiss s’mlm suntuk, depress, feel like end of the world.
    Pdhl udh bedrest, cuti kerja, makan yg sehat2, tp ttep gak nempel.. 🙁
    Tp puji tuhan.. Aq jg msh punya 3 frozen embrio blastocyst , rncna mo thaw cycle Juni maybe. kl blh saran coba akupuntur
    dl mbak 2ato3 bln sblm thaw cycle. Aq jg rncna mo akup dl sblm thaw cycle, yaa mana tau bs membantu mbak..
    Tetap semangat ya mbak Vi, never give up..!! 🙂

  5. Evi

    Halo, mbak Pink.
    Terima kasih dukungannya. Mbak kemarin BT-nya di mana ? Btw, mbak Pink tetap tes Hcg enggak di hari ke-14 ? Saya keluar darah banyak itu sore, pulang dari klinik. Padahal sudah positif nempel. Hiks … !
    Oh ya, kemarin saya juga dibarengi akupunktur 1,5 sesi. Mbak Pink akupunkturnya di mana ?
    Wah, banyak tanya ya. Kita saling mendo’akan ya mbak, mudah2an thaw cycle besok (saya juga rencana Juni) berhasil. Aamiiinnn….

  6. pink

    Aq gak test HCG lg mbak wktu itu, soalnya aq sdh pasrah. Darah udh bnyak keluar gthu, mencoba menerima kenyataan aja.
    Kl mmg blum b’hasil lg, soalnya mlmnya aq jg mengarasa’in perut gak enak kyk mens biasa nya. Aq kebetulan BT di sydney mbak. Ini BT yg k2 malahan,Pengen coba djkt jg rncna nya cari second opini. Penebalan dinding rahim akan luruh jika tdk terjadi implantation( penempelan) jd kl mmg udh nempel gak bakalan lgsg lepas lg mbak. Test Hsg positif mgkn bs dikarna kan
    dampak progesteron dan obat2 yg mbak konsumsi. Aq baru mau akup mbak rncn, akupuntur 1,5 sesi itu mksdnya gmna mbak?
    1,5 bln sesi yaa..

  7. Evi

    Mbak Pink,
    Akupunkturku kemarin 1,5 sesi soalnya udah keburu mau ET. Jadi menurut terapisku, 1 sesinya terdiri dari 12 kali akup. Setelah itu harus jeda dulu 2 minggu. Nah, sesi kedua-nya cuma sempat 6 kali. Gitu…
    Ohya, mau coba BT di Jkt, berarti frozen embryonya di Sidney dibawa ke Jkt ?

  8. fang

    Mbak evi kapan mau program lagi???saya bulan nov 2012 juga ikut bt di bunda tapi gagal total sama sekali ga nempel embrionya.malah saya sama sekali ga ada cadangan embrio.jadi kalo mau bt harus mulai dr awal.saya udh menikah 9tahun dan ga pernah sama sekali hamil.karena gagal bt dan dok juga ga bisa kasih tau alasan yg jelas.akirnya di saranin lo aja .soalnya embrionya yg di masukan excelent n good.jadi dok ivan bilang laparskopi aja suru sy pertimbangkan.dan bulan feb 2013 saya lo.saya di suru 3 bulan untuk coba alami aja.kalo nunggu terus cape juga kelamaan dan udh tua juga.saya juga belajar untuk terima keadaan.waktu bt kemarin sy juga berharap banget ada mujizat terjadi dalam diri saya tapi ternyata blm.semoga tahun ini 2013 Tuhan buka jalan terbaik dan berhasil.saya tetap di bunda sih sama dok ivan.

  9. harni

    lam kenal mb evi, ak jg program di ph dr DH, tp lum hasil juga dah insem 1 kali tp gagal, kl BT kira2 biaya brapa mb? stimulasi ovarium nya pake gonal f dosis brapa mb, n brapa kali suntikan? mbak dg dr siapa? thank infonya

  10. Evi

    Halo, mbak Fang.
    Senang bisa kenalan di sini. Saya rencana FET (Frozen Embryo Transfer) bulan Juni 2013. Tapi nggak dijamin bisa bulan Juni sih. Dokter bilang, endometriumnya mau dibiarkan tumbuh alami saja cause kemarin waktu fresh ET, endometrium saya bisa tumbuh sampai 14 mm dan triple line, katanya ideal untuk implantasi. Kalo besok bisa mencapai seperti itu juga baru embrionya ditanam. Saya juga LO sebelum BT trus waktu itu dokter cuma suruh tunggu 1 siklus untuk masuk program. Tapi akhirnya saya nunggu 2 siklus karena di bulan Januari padat acara kantor dan acara keluarga.
    Mbak Fang sekarang usia berapa ? Mari kita saling mendo’akan ya. Percaya, insya Allah tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan. Dia maha mendengar dan mengabulkan do’a. Jangan lelah terus berusaha dan berdo’a. Mari kita sama-sama saling mendo’akan agar usaha kita mendapatkan keturunan dikabulkan Allah Swt. Aamiiinnn….

  11. Evi

    Hai, mbak Harni.
    Program di PH juga, berarti mungkin kita pernah ketemu ya. Saya dengan dokter SW, antriannya puannjaaannngng saking banyak pasiennya. Ada yang datang dari Jakarta juga lho. Biaya BT sangat tergantung kondisi individu, mbak. Jika usia masih di bawah 30, biasanya dosis suntikan sedikit dan jumlah suntiknya juga enggak banyak. Juga tergantung dari protokol BT yang diputuskan dokter. Saya kemarin disuruh long protocol karena ada endometriosis (meskipun sudah dibersihkan waktu LO). Jadi ada tambahan 10 kali injeksi suprefact.
    Mbak Harni kalau sudah serius mau BT, konsul dulu ke dr.nya. Dr DH juga kayaknya enak kan ditanya-tanya ? Nah, kalo sudah diputuskan ambil protocol apa, nanti mbak Harni bisa nyatet daftar tarif obat dan tindakan BT, tanya perawat mbak. Atau minta izin nyatet sendiri. Ada ditempel di konsol meja konsultasi perawat (tempat biasanya sebelum pulang kita dipanggil ke situ dulu, itu lho)
    Mbak Harni juga bisa suntik sendiri (saya kemarin suntik sendiri). Lumayan, ngirit jasa perawat, parkir, irit waktu dan tenaga, he.. he… Obat suntiknya dibawa pulang, disimpan di kulkas. Oya, kemarin, begitu diputuskan mulai, mbak Fathia (keuangan/front office) minta DP 20jt, bisa cash, bisa juga transfer, nanti dikasih no rekening PH. Trus waktu transfer, diminta nambah DP lagi, kalo saya kemarin 20jt lagi. Sisanya dibayar belakangan. Ni sekarang malah belum ta’ lunasi. Waktu tes Hcg ke-2 kali, mbak Ayu cuma menghitungkan total kasar kurangnya berapa, trus waktu tahu sudah lepas dan ada rencana FET bulan Juni, bilangnya, besok dilunasi bulan Juni aja sekalian. Gitu, mbak. Oh ya, kalo suntik sendiri, nanti di kartu monitor program, kolom keterangannya ditulis ‘sendiri’ gitu ya mbak, jadi ma mbak Ayu nggak dihitung jasa perawatnya.

  12. fang

    haii mbak evi..
    saya sekarang masuk usia 37.mbak evi udah lo tapi kok ada endo…kata dok sih kalo endo itu bisa bikin embrio susah nempel,bener ga ya?kata dok mengeluarkan suatu zat untuk melawan embrio gitu.saya sendiri udah keliling jakarta cari dok dan sinse,,,hampir semua rumah sakit di jakarta pernah saya datangi..cuma ya ga pernah berhasil.terakhir pernah sama dok azen di pondok indah juga.tahun lalu saya bt di bunda,sy baru lo bulan lalu sih.saya mau lihat 2 siklus lagi.habis itu saya baru sy putuskan.tapi dok ivan sih ga bilang apa2 malah sy di suruh coba 6 bulan ,,,menurut sy kelamaan.sy udh bosen sih cape banget.saya waktu bt gagal total sy pasrah aja.sy pernah insem 2kali gagal pertama dengan dok azen di pi.ke dua dengan dok ivan.habis itu baru bt….tapi kembali lagi kita hanya manusia biasa.yg penting kita udah berusaha.semoga tahun ini kita semua di bukakan jalan yg terbaik ya.

  13. firman

    Untuk mbak Fang, apa masalah mbak? PCO? Mungkin bisa baca pengalaman saya di kategori PCO, dgn judul PCO dan geopatis, siapa tau bisa membantu

  14. harni

    makasih mbak evi infonya, ak kemarin dah injek gonal f 6 hari dosis 75 pada hari ke 8 sel telurku ova ka dah ukuran 8,9, ova ki 13 trus injeksi nya di hentikan dr bilang takut kebanyakan yg mateng, hr ke 12 di usg lagi e malahan mengecil jadi ukuran 8 n 9 saja gak tau tu yg dah ukuran 13 lari kemana,padahal rencana mau insem yg ke2 jadi nya gagal total mbak, ni suruh istirahat dulu 3 bulan, nanti program lagi akhir juni tau awal juli. mbak kenapa FET nunggu amp juni gak kelamaan? mbak kalo boleh tau mbak evi usia brapa ya, ak selalu kuatir kl ingat umur mbak, des nanti usiaku 35 th, ak pernah baca kl usia 35 th tu kesuburan akan menurun drastis,kl mau BT di batasi umur ndak ya? maaf mbak banyak tanya.

  15. fang

    Mas firman ,,justru saya bukan pco,setahun setelah nikah saya udah ke dok kata dok ga masalah.ga ada apa2.saya pernah kemalaysia juga cek katanya ga papa.saya awal juga tidak ngerti ya,,kata dok ga papa ya sudah.saya pikir blm waktunya kali.nunggu sampai 4 taon sih keliling2 ke dok juga ke sinse juga.hsg juga.pokoknya intinya sana sini deh.ikut program sama dok andi hudono juga 6 bulan ga ada hasil.dok juga rada aneh ga boleh nanya macam2 bisa ga seneng gitu.trus pernah ke rs family di pluit juga.awanya saya pengen bt di sana.ga jadi karena dok dan suster saya kurang steg,,ceritanya panjang deh,,terakhir saya ke bunda bayi tabung tapi gagal bulan nov 2012.sama dok ivan disarani laparskopi dulu.kata dok takutnya ada endo ga kelihatan.saya tadinya mau di januari ga bisa jadwal padat di bulan feb.operasi hampir 3 jam kata dok ivan banyak perlengketan dan endo juga trus saluaran 2 kiri kanan di buka.sebelah kiri kata dok pernah infekksi jadi agak mangecil dan telur di hasilkan sebelah kiri dikit.mengandalkan kanan.dok suru alami dulu.sy mau coba 2-3 siklus ini dulu.saran saya buat temen2 kalo udah bertahun2 mendingan lagsung ke dok yg ahlinya aja .jangan spog biasa deh.kita di bikin bingung sama dok nya.saya dulu ga ngerti taunya di kasih tau temen apa saudara ya saya coba tapi sama sekali ga ada hasilnya.buang2 duit aja.sukses ya gbu

  16. Evi

    Mbak Fang,
    Waktu saya hys-lap, endometriosisnya emang dibersihkan. Tapi kata dokter, obat pacu pertumbuhan telur itu dapat merangsang tumbuhnya endo lagi. Jadi sebelumnya harus ditekan dulu pake suprefact gitu. Makanya disuruh long protocol. Iya, mbak Fang. Jangan putus semangat. Insya Allah, Tuhan bersama kita selama kita tidak putus asa. Semoga terkabul do’a mbak Fang untuk kita semua, sukses juga untuk mbak Fang .. aaamiiinn.

  17. Evi

    Mbak Harni,
    Saya nggak pengalaman IUI/IB dengan injeksi gonal-F, jadi gak bisa komen. Dulu, sekitar tahun 2007, saya IUI/IB di PH tapi waktu itu masih pake klomifen sitrat (Profertil). Telur yang tumbuh membesar tidak kebanyakan, cuma 1 atau 2 gitu, dan obatnya diminum terus sampai suntik Pregnyl. Beberapa saudara sepupu suami saya berhasil hamil dengan cara ini. Rupanya sekarang obat untuk IUI sama dengan obat untuk BT ya. Eh, tapi, ..jadi ingat nih .. (trus ngecek kartu jadwal suntik BT yang kemarin), ini di kartu saya lihat masih ada pilihan untuk ambil protokol klomifen sitrat. Tapi saya tidak tahu, mungkin dr.DH punya pertimbangan lain. Coba konsultasi lagi lebih banyak, mbak.
    Trus, di PH, kayaknya BT nggak dibatasi umur, mbak. Barengan dengan saya kemarin ada pasien dr.SW juga usia 42 tahun. Subhanallah lho mbak, jumlah telurnya lebih banyak dari yang saya hasilkan. Tapi entah berhasil hamil apa tidak.
    FET saya nunggu Juni karena, pertama dokter suruh tunggu 1-2 siklus untuk menyeimbangkan hormon alami tubuh. Kedua, bulan Mei, saya ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggal. He.. he.. Oke, mbak Harni, mudah2an suatu saat kita ketemu di PH ya …

  18. harni

    iya mbak evi, makasih mbak infonya,sukses untuk FET nya besuk juni ya semoga berhasil n tak tunggu cerita indah berikutnya…

  19. Naomi

    Hi smua,aq jg lg sedih ni,kmrn aq ET tgl 28maret 4 hr lalu keluar cairan coklat trus smpt berhenti sehari,kebesokannya keluar lg flek2 coklat cm dikit,pas kmrn sore wkt mo pipis tb2 sy liat sdh bukan bercak coklat lg tp wrn merah darah akhirnya krn hr sabtu sy ke dokter kandungan terdekat,dokternya blm bs memastikan jg ini mens krn diliat endometriumnya msh tebal dan msh terlalu dini utk tau ini mens atau bukan,huhu tp aq da hopeless ne bsk sesuai jdwl periksa beta hcg nya,kmgknan kl spt itu da pst ga jd y? Aq binggung ini skrg darahnya keluar dikit2 coklat spt darah ga fresh apa tersendat ga kluar krn sy ttp pakai progresteron y? Mba evi spt sy jg ga? Tau sdh flek ttp mkn obat tp darahnya keluar dikit2 dl? Tq

  20. mei-mei

    Ha mbak fang

    Salam kenal …saya mei mei
    Ttap semangat mbak pang, saya menikah sudah7 tahun.tahun lalu saya jg pernah bt dipenang hospital lam wah ee ..2x bt dgn hasil embryo excelent dan good tapi keduanya saya gagal.saya Dan suami memutuskan untuk berobat kealtetnatif.saya berharap bisa hamil normal dan alhamdulilah sekarang saya hamil.yang gagal BT jangan pernah putus asa insyaallah pasti bisaa….

  21. Evi

    Halo, mbak Naomi. Maaf, late respon nih. Bagaimana hasil test BHcg-nya ? Saya harap yang terbaik. Dulu itu saya nge-flek sedikit di hari ke-6 pasca ET. Lalu sakit/mules di perut bawah pada hari ke-8. Keluar bercak coklat 2 kali di hari ke-10. Hari ke-11 bercak coklat lagi pagi, siang, dan 3 kali di sore hari. Karena hopeless, Crinone-nya enggak saya pakai lagi. Jadilah di hari ke-12 keluar darah banyak, padahal dari hasil test ternyata sudah positif, cuma yaa, … nempelnya lemah kali ya, … Jadi, kesimpulannya, selama masih pake Crinone, yang keluar hanya bercak coklat, tidak merah.
    Ohya, saya sudah mens lagi dan saya bandingkan dengan darah yang keluar dulu itu, darah yang dulu itu volumenya kayaknya 3-4 kali lipat darah mens biasa (maksudnya ketika tidak ada embrio yang sempat menempel) … Darah mens yang keluar bulan ini sama seperti bulan-bulan dulu, baik volume maupun sifat darahnya. Jadi saya sih percaya sama dokter saya, bahwa embrio saya dulu itu sudah sempat menempel, tapi entah karena apa terus lepas lagi.

  22. Evi

    Hai, mbak Mei-mei. Salam kenal ya ..
    Boleh info pengobatan alternatif yang dipilih mbak Mei-mei, di mana dan bagaimana ? Trims ya share-nya ..

  23. mei-mei

    Hai evi…

    Saya dialternatif pak zafar yang Jakarta pusat….cukup datang 1kali saja bersama suami dan bawa hasil pemeriksaan kita dari dokter..nnti di kasi obat dan ramuan buat 4 bln….

  24. fang

    hai mei-mei..
    selamat ya,,,hamil normal.tadinya masalanhnya kenapa sampai di anjurin bt.trus pengobatan alternatifnya itu obatnya jamu apa gimana?saya dulu pernah juga sih sinse ban hua di dutamas ga murah mahal juga kayak jamu yg din seduh.banyak teman saya berhasil di sana ,cuma saya ga sabaran saya minum kira2 cuma 5 apa 6 paket aja.

  25. Evi

    Mbak Mei-mei, boleh dong di-infokan alamat dan nomor kontaknya pak Zafar ? Trims ya sebelumnya …

  26. mei-mei

    @haii pang…

    Makasiya…..rahim saya posisinya menukik kebelakang dan ada penyumbatan, sperma suami kurang dari normal…obat yg diberikan berupa ramuan rempah2 tapi udah dibuat kapsul Dan serbuk biji alkojah direbus diminum airnya..cuma selama perobatan kita mesti tahan dgn pantangannya habis pantangannya banyak amat..misalnya ni..kita vegetarian gk3 mkn seafood Dan ikan…kita harus yakin dan terus3 berdoa…

    @hai…evi….

    Mr.zafar jl.letjen suprapto no.30g samping campus yasri jakpus 021-80304555 praktek hari rabu sampai senin jam 08 pagi sampai 03 sore hari selasa libur…

  27. fang

    tq ya mei atas infonya,saya wktu insem sama bt dokter juga ada bilang rahim saya nungkik ke belakang,kata dok itu bisa juga akibat endo.dan bener setelah saya lo banyak endonya, tebel banget kata dok sehingga rahin ketarik gitu.tapi sudah di bersihin sama dok.sekarang sy lagi istirahat dulu 3 bulan coba normal dulu.cape juga.ntr 2 bulan lagi coba lihat.trus ke alternatif mr zafar obatnya mahal ga??soalnya kalo dutamas yg dulu sy pernah ke sana obatnya 1,3jt untuk 5 hari aja tapi buat suuami istri.jadi kalo 5 hari habis kita mesti tebus lagi.tq ya infonya.

  28. mei-mei

    Hai fang…..

    Sebelum program bt saya belum penyumbatan…saya tau ada penyumbatan setelah bderobat dari pak zafar..saya pikir mungkin dari pengaruh suntikan hormon Saat bt membuat penyumbatan…..sistim perobatan dipak zafar ini kita hanya cukup datang 1 kali aja terus dikasi obat buat suami istri selama 4 bulan .
    Kalau biaya pariasi mulai dari 6jutaan sampai yang lebih bagus 13jutaan kita tinggal pilih mau obat yang mana…setelah kita dperiksa nnti bpk itu akan kasi tau obat yang mana kita beli…

  29. risty

    Halo mb evi , mb pink sabar ya mungkin nanti mb bs nyoba lg dan semoga berhasil,Kt saling mendoakan saja krn nasib kt sm yaitu sm sm menginginkan buah hati mb mau nanya ni dl sebelum ikut program BT ikut akupuntur dl ga ni mb ..?

  30. Evi

    Mbak Risty, maaf late respond. Saya akupunktur di FisioMedical jl dr. Sutomo (kanan jalan setelah lab Parahita). Di sana akupunkturisnya ada dua orang. Jam buka klinik 08.00 sampai sore, tapi ada istirahat di siang hari. Minggu dan libur tutup. Satu sesi 12 kali terapi, trus disuruh off dulu 1-2 minggu.

  31. widya Rahman

    Hai semua salam kenal ,
    Mba evi yg sabar yaa..ttp semangat , saya widya usia 33 thn,pernikahan saya udh 4,5 tahun belom dikarunia buah hati,krn suami saya sedikit lemah spermanya.akhirnya bln April 2013 saya memutuskan untuk proses bayi tabung di Rs Family Pluit Jakarta Utara setelah sbelumnya konsultasi dgn dr yuslam Rs Pondok Indah, dimulai hari haid ke 2 tgl 26 april 2013 saya udh mulai ambil darah,USG,dan suntik gonal F.. Lalu pulang saya di berikan suntik gonal F tiap hari di rmh di suntik sendiri diperut selama 10hari , tgl 1 mei suami saya sperma freezing krn kerja hrs brngkat lg ke kalimantan. Tgl 6 mei saya?OPU ambil telur hnya dpt sdikit 3 telur saja,dari situ saya sempet cemas krn yg lain dpt bnyk saya?ttp optimis yakin ?nsyaallah bisa. Tgl 9 mei 2013 saya embrio tranasfer telur telah brhasil pecah dgn baik ketiganya jd ketiganya di transfer. Tgl 17 mei ke Rs lg untuk ambil darah hormon,setelah itu menunggu hasil sampai tgl 23 mei 2013. Tes urin hasil positif gak nya saya hamil…. Dgn perasaan khawatir pasti ada tapi mncoba untuk tenang dan bnyk syalawatt pasrah pada Allah SWT apapun hasilnya…. Setelah ET bdn saya sakit,mual,pusing,pinggang sakit sprti mau haid..
    Pas tgl 23 mei 2013 pun tiba saya pagi jam 5 tampung urin .. Lalu saya ke Rs sakit setelah tiba dsana msh deg deg gan muka saya pucat … Ga lama suster” melihat saya smbil senyum” krn saya khawatir… Mereka akhirnya mengucapkan “Selamat Ya buu ibu positif hamil ” dokter semua ngucapin … Rasa haru ,bahagia,brcmpur ga percaya saya menangis.. Alhamdullilah Ya Allah ..ga henti ucap syukur suami saya msh di toilet ga sabar juga memberi kbr…stelah suami saya dtg dan di beri kbr hamil…lucunya dia malah bengong heheh.. Baru setelah suster” ngucapin dia trsenyum sampai lupa meluk istrinya n ngucapin selamat… Saya bersyukur sangat bersyukur… Dan selamat kpd temen” seperjuangan saya di family kemaren program yg telah berhasil juga… Ttp semangat bagi yg baru mnjalankan , bnyk istirahat,jgn stres,nikmatin prosesnya.. Bawa senang dan tenang… Itu saja pengalaman proses bayi tabung.. Semoga bisa memberi semangat pd yg lainnya… Terima ksh kpd dr muksin yg baik memberikan kobsultasi,dan semangat ,trimksh kpd dr hadi dan team telah membantu saya dlm proses ini yg selalu memberi motivasi..terima ksh kpd suster” semua yg baik” ,sabar,ramah,dan selalu memberi saya semangat ,krn saya selalu tskut suntiksn hehehe…trimksh Rs Family Pluit Jakarta Utara..

    Salam buah hati
    I.Widyawati -sawangan depok email: widya.online@yahoo.com

  32. mom

    selamat ya mbak widya…semoga lancar sampai lahiran…
    oh iya klo boleh tau berapa biayanya ya? termasuk test darah, opu, et dan obat2an nya…
    tq bfore…

  33. risty

    Selamat juga ya mbk widya semoga sehat dan lancar sampai lahiran semoga kehamilannya juga nular ke kita yg lagi berjuang
    menuju proses bayi tabung juga mb widya .
    o iya untuk mb Evi makasih ya informasinya dan bener ni jd fet bulan juni semoga sukses dan berhasil mb, pokoknya semangat terus ….Amien

  34. yuni

    @mb widya congratz…ya semoga selalu sehat sampai lahiran nanti dan qta2 ketularan berhasil hamil jg , sy yuni 39 thn jg lg nunggu hari H ney 3 hr lg sy bt di RS graha amerta Sby dengan dr.Relly Yanuari P. beliau sangat baik dan nyaman kalo konsul sdh banyak pasien beliau yg berhasil BT dr Relly jg ahli laparoscopy.tgl 27 mei sy ET dengan 3 embrio sekarang H9 tgl 7 juni waktunya tes BHCG nya semoga hasilnya baik dAn positif ya amin YRA btw saat OPU dpt 8 telur trs yg di icsi 6 yg berkembang 4 , sisanya kurang bagus.
    Terus berjuang ya teman2 …semoga AllAH SWT memberikan yg terbaik pada kita semua Aminnnn Semangattttt !!!!

  35. Evi

    mb Widya, selamat ya untuk kehamilannya, semoga sehat sampai lahiran. Mudah2an nular pada saya dan teman2 lain yang masih berjuang.
    mb Risty, insya Allah jadi bulan ini, mbak. Besok tgl 12 (hari ke-11 haid) ketemu dokternya.
    mb Yuni, kapan test-nya ? Mudah2an hasilnya baik ya. Aamiiinn…

  36. yuni

    @mb Evi , semangat mb moga2 lancar dan berhasil ya aminn ,tesnya hari jumat tgl 7 juni besok mb

  37. arni

    @hi, salam kenal semua? saya sudah 10 th menikah usia 38th, rencana mau bt di sby dg dr aucky di siloam, bulan kemarin kesana haid h2, setelah test darah usg, dokternya bilang aku mesti suntik sendiri di rumah dg suprefact 40cc mulai besok ampe dtg haid lagi,karena aku ada kista 2cm dan itu harus di kecilkan dulu katanya. rencana tg 14 ini mau ke sby lagi tuk periksa lanjutan. mohon sarannya apa yg mesti saya lakukan ya sebelum proses bt nya?
    buat yg dah berhasil, selamat ya? dan yg belum berhasil tetep semangat, cai yo…

  38. yuni

    Hai teman teman semua ………hari ini saya trima raport dan hasilnya Alhamdulillah saya hamiiilllllllL , minta doanya lg ya semoga lancar sehat sampe lahiran nanti , saya doakan semoga teman cepat nyusul ya aminnn semangaaattt

  39. Evi

    Senang mendengar berita baiknya, mb Yuni. Semoga sehat terus ya. Mudah2an saya dan teman2 lain segera nyusuuulll, aamiiinn …

  40. yuni

    @mb evi…makasih semoga cepat menyusul ya aminnn YRA

    @ mb arni , tinggalnya di mana ? , saya BT di Graha Amertha sby dengan dr Relly Yanuari P SpOG(KFER) beliau termasuk dr yg asik kAlo kita konsul dan Alhamdulillah sy berhasil hamil beliau jg ahli Laparoscopy jd kalo sblum BT hrs ada yg di koreksi dl bisa skalian dokternya , O ya mb sy waktu Bt ini umurnya 40 th kurang sebulan 14 thn menikah mengidap adenomyosis (sejenis endometriosis) ± 7-8 cm tp sy begitu nekat dan yakin sy di tangani oleh dr yg tepat dan bln mei kemarin semua pasien dr Relly yg ikut BT berhasil 100 % termasuk sy heheee, kalo dr Aucky itu Spesialis Androloginya mba erni SpOG nya sama dr siapa kalo di siloam ? But RS di manapun dgn dr siapapun hasil Finalnya kita kembalikan lg ke Sang MAha Pencipta . Ok cay yo…..

  41. Risty

    Selamat ya mb yuni atas kehamilannya semoga di beri kesehatan sampai lahiran nanti dan semoga aza nular ke kt yg lg program juga ni mb ….o iya mb mau nanya ni mbk dl sebelum BT ikut tes Torch dl ga mb soalnya aku bingung ni mb kl mo bt harus tes itu dl apa ngga gt makasih.

  42. briena

    @yuni : aku jg di graha amerta.. Lg hrp2 cemas tggu raport tgl 19. Kdg perut nyeri kyk mw haid. Ambil raport nnti lama gak. Pasrah tp tetap aja penasaran. Ada tanda khusus gak? Yg kurasain cm bdn anget n kaki tgn rasa dingin kalo malam.

    @risty : BT gak pake test torch,saran sebelum kontrol ke dokter km test aja torch,rubela,tokso,LH,FSH n prolactin. Lmyn biayanya.,

  43. yuni

    @ mb risty , aminn aminn aminnn mba makasih doanya semoga Allah cepat menjawab semua doa dan harapannya untuk segera di beri momongan aminn , saya waktu awal ikut sebelum mulai suntik cuma di tes E2 (hormon) aja setelah itu hasilnya keluar sore baru mulai suntik gonal F 2 + menopur 1 kemudian stimulasi Hari ke 4 baru Lab lengkap suami istri (± 1.5 jt ) nanti hasilnya di liat bisa di lanjut suntik atau gimana , begitu mbak semoga bermanfaat , o ya ikut BT di mana ? Semoga btnya berjalan lancar dan berhasil ya semangaattt …..

  44. yuni

    @ Briena…trima raportnya kan 2 mggu setelah ET nah selama penantian itu yg aq rasakan yah nyeri perut bawah badan hangat malah H7 setelah ET sy gak bs gerak sm skali karna perut bawah sampe pinggang sakit badan panas seperti mau haid gitu tp aq tetap + thingking mungkin tanda2 embrionya mau nempel hehee besoknya sdh ndak terasa apa2 lg aq tetap bedrest sampe Hari H nya tes darah sebelum brkt aq sempat pake tespack negatif itupun ambil sampel urinnya dr urinbag karna H-1 aq jd ndak bs kencing hiks benar2 penuh perjuangan karna H3 setelah ET jg kencingku ndak bs normal sejak awal setelah di suruh nahan kencing 5 jam post ET.dan akhirnya I got preagnant . o ya hasil raportnya nanti di tlp sm susternya or dr nya .di bawa santai aja mb aq suka liat2 foto2 bayi2 yg lucu di web sambil ngebayangin itu bayiku hehee briana sm dr siapa di graha amertha ? Semangat ya say semoga hasilnya baik , amiinnn # bagi PIN nya briena boleh ? Tq

  45. Risty

    Makasih ya mb yuni, mb Briena atas informasinya semoga kalian sukses dan berhasil smp lahiran amien.o iya mb yuni aq mo program BT di Permata hati jogja mb .tetap semangat mb ku tunggu cerita indah kalian berikutnya…….

  46. Vanny

    @ Hi semua, salam kenal ya… saya uda nikah 4 thn pernah hamil thn lalu tp janinx nda berkembang…dr nyaranin di kuret, tp krn nda tega dan blm sanggup kami berusaha pertahanin ampe d usia 11weeks saya pendarahan dan keguguran, setelah itu baru deh ke RS dan dikuret 🙁 …. saya punya kista ukuran 2.4cm tp nda berkembang ttp aja ukurannya segitu dan ampe sekarang belum ada dokter yg nyaranin u di angkat / operasi… teman-teman ada yg punya pengalaman pengangkatan kista atau pengobatannya?

    @mb Arni gimana ama hasil pengecilan kistanya? apa sudah mulai program BT nya? semoga berhasil ya mb…

    Untuk yg uda hamil selamat ya untuk yg belum yuks tetap semangat….

  47. Evi

    Halo semuanya.
    Lama sekali saya tidak nengok halaman ini. Mbak Yuni sudah berapa bulan nih. Kapan HPL-nya, semoga selamat sampai lahiran ya. Mbak Risty sudah mulai program di Permata Hati ? Kapan2 mungkin kita bisa ketemu di sana. Saya, bulan Juni kemarin batal FET karena ketebalan endometrium tidak mencapai target. Bulan ini upaya lagi, tadi pagi USG hari ke-11 pasca haid. Eh, gantian telurnya masih kecil-kecil padahal endonya udah bagus. Dokter minta saya datang lagi hari rabu untuk USG ulang. Mohon doanya ya teman-teman.
    Untuk mbak Vanny. Sebelum masuk program BT, saya juga ada kista di ova kanan. Disedot lewat laparascopy. Tapi seorang teman saya, usia setara dengan saya, berhasil mengecilkan kistanya pake jamu daun sirsak dan 2 butir tomat tiap hari, selain ada obat dokter juga. Ukurannya katanya sebesar telur puyuh. Setelah kistanya sembuh, dia akhirnya hamil.

  48. Rachma

    Hallo Mei-mei, salam kenal…
    Sekarang dah berapa minggu usia kehamilannya? Maaf ya…mohon info waktu terapi ke pak Zafar Mei-mei beli jamu yang harga paket berapa? terus setelah berapa bulan konsumsi jamu berhasil hamil? Aku dah 4x insem dan 3x BT dengan catatan belum berhasil. Semoga kehamilan Mei-mei menular kepada kami yang sedang menunggu anugrah tersebut…

  49. Rachma

    Mei-mei tolong direspon dong…
    Klu ke pak Zafar untuk beli jamu kita harus bawa uang tunai atau bisa pk kartu debet?

  50. Evi

    Halo, teman-teman semua.
    Lama saya enggak posting di thread ini. Ingin berbagi cerita untuk teman-teman. Sesuai rencana seperti yg sy ceritakan di posting awal, saya memulai protokol alami FET bulan Juni lalu. Tapi ternyata ketebalan dinding rahim tidak cukup dan saya juga tidak ovulasi. Jadi, proses FET dicancel. Sy lantas dibekali resep obat (Femara dan Progynova)dosis 1 X 1. Saya minum mulai siklus bulan Agustus seusai lebaran. USG di hari ke-11, endo-nya 6,9 mm dan telur ova kiri 10 mm. Diminta USG lagi hari ke-14, endo sudah > 7 mm dan telur 13 mm. Dokter optimis sy bisa FET siklus itu. Diminta USG lagi hari ke-16, eh .. telurnya udah enggak kelihatan. Trus besok paginya disurus tes darah untuk ngecek apakah sudah terjadi ovulasi atau tidak. Ternyata hasil tes darah (Progesteron/P4) rendah sekali sehingga dokter menyimpulkan bahwa tdk ada ovulasi telur matang. FET siklus itu di-cancel lagi. Sy dibekali resep lagi, kali ini hanya Femara 2 X 1. USG hari ke-11 ada telur di ova kanan (subhanallah, itu ova yg dulu ada kista coklatnya, teman-teman) uk. 15 mm dan di ova kiri 13 mm. Endonya 7,6 mm. Dokter optimis dan minta sy datang lagi hari ke-13. USG hari ke-13 ternyata telur ova kanan baru saja ovulasi. Maka diputuskan sy FET di hari ke-18. Jatuhnya di hari Senin tgl 7 Oktober yg baru lalu. Sekarang sedang masa penantian ni teman-teman. Tes pregnancy-nya tgl 17 Okt. Doakan ya teman-teman … sekian dulu ceritaku …. semoga teman-teman semua dalam keadaan sehat dan bahagia.. salaamm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*