Berhasil hamil bayi tabung di MMC Melaka – Yuri

Salam kenal bunda 🙂 Sy yuri dari pekanbaru. Sy sudah cukup lama jadi pasif reader bayi-tabung.com, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung.

Sy sudah 6,5 tahun menikah, sudah dikaruniai anak perempuan umur 5,5 tahun. Sy sempat pasang kb spiral yg sy lepas saat anak pertama sy usia 1,5 tahun, tapi setelah itu sy tak kunjung hamil. Setelah mencoba berobat kemana2, sy pun ikut tes HSG, dan ternyata ketahuan bahwa kedua tuba sy nonpatent, yg kiri obstruksi dan yg kanan hydrosalphing bengkak berisi cairan. Awalnya sy coba ikut fisiotheraphy dan minum obat, ternyata tidak ada perbaikan di tuba sy sehingga feb 2012 sy memutuskan untuk operasi laparoscopy di Mahkota Medical Center (MMC) melaka.

Pertimbangan sy memilih melaka karena cukup dekat dari kota sy dan track recordnya cukup bagus, suasananya juga tenang dan nyaman. Dari hasil searching, sy memilih dr. selva, dokter ahli ivf yang terkenal disana. Menurut beliau untuk kasus sy ini pilihannya memang hanya lo atau bayi tabung, tapi dia prefer untuk lo dulu mengingat usia sy yg masih di bawah 30 jadi berharap ada peluang untuk hamil normal setelah lo. Selain itu, kalau mau langsung bayi tabung dalam kondisi ada hydrosalphing kurang bagus karena bisa mematikan embrio.

Feb 2013, setahun setelah lo, sy tak juga hamil. Lalu sy kembali ke mmc untuk cek ulang. Dari hasil HSG, kedua tuba sy sudah tidak tersumbat, tapi mungkin secara fungsi sudah tidak baik. Jadi kemungkinannya cuma menunggu atau bayi tabung. Saat itu sy minta waktu untuk pikir2 dulu, dan sy minta diberikan penyubur sj dulu. 3 bulan setelah obat penyubur habis dan sy belum hamil juga, akhirnya sy dan suami memutuskan untuk melakukan bayi tabung.

Kami pun berpindah dokter dari dr selva ke dr ahmad syaifuddin, krn dr selva pasiennya sangat ramai jadi sy merasa kurang nyaman.. Dr. Ahmad sangat ramah dan sabar menjawab pertanyaan2 kami dan kamipun akhirnya pulang ke Indonesia dengan membawa obat suntik yang bisa dipakai jika sy sudah siap untuk memulai program bayi tabung.

Sy memulai suntikan suprefact 50iu setiap hari mulai haid ke 21 pada tanggal 28 juli 2013 selama 14 hari, tapi molor 2 hari karena sy pulang kampung lebaran. Tanggal 14 agustus sy datang ke malaka dan berkonsultasi dengan dr. Ahmad, di usg kondisi telur dan rahim oke, dan sy memulai suntik gonal F 150iu, suntikan suprefact tetap dilanjutkan sebanyak 30iu. Senin 19 agustus sy usg lagi, dan terlihat ada 10 buah telur, 8 di ovary kanan dan 2 di kiri namun hingga tgl 22 agustus tidak banyak penambahan telur sy, hanya 13 buah dan dari hasil cek darah diketahui bahwa yang ada isinya hanya 5. Tanggal 23 tengah malam sy suntik intramuscular injection dan bersiap untuk ovum pick up lusa paginya.

Jadwal OPU sy jatuh pada hari minggu sehingga sy dikenakan biaya tambahan. Proses OPU dimulai pukul 10 pagi dan dibius total. Prosesnya sendiri tidak sampai 30 menit dan diperoleh telur sy sebanyak 5 buah, hati ini rasanya sedikit kecewa, tapi sy tetap berusaha tawakal dan berfikir positif. Selama masa menunggu sy perbanyak shalat dan doa, memohon supaya Allah menjaga embrio2 sy dan memberi mereka kesempatan untuk hidup..

3 hari (28/8) kemudian sy kembali ke mmc untuk mendapat penjelasan dari embriologyst. Dari 5 telur sy, yang matang hanya 4. Dan setelah disuntikkan dengan sperm (kami menggunakan metode ICSI karena jumlah dan kualitas sperm suami yang kurang), Alhamdulillah keempatnya berkembang dan hingga hari ketiga keempatnya berhasil membelah 8 dengan kualitas baik. Kami sangat bersyukur, dan memutuskan untuk mentransfer 2 embrio dan 2 lagi dibekukan. Proses ET sy jalani pagi itu juga, sy tak terlalu merasa tersiksa menahan BAK karena ternyata tidak perlu terlalu penuh, jika tak tahan sy bahkan diizinkan untuk mengeluarkan sedikit.

Proses ET berjalan lancar tak sampai 15 menit, setelah itu sy kembali ke kamar, berbaring 15 menit lalu pergi BAK. Berbaring lagi 15 menit, lalu sy kembali ke ruang dokter untuk konsultasi. Dr menasihati sy untuk bertawakal, jangan stress, jangan terlalu lelah atau mengangkat barang2 berat.untuk makanan tidak ada pantangan, hanya saja sy dilarang minum obat herbal dan memakan makanan yang belum pernah dimakan sebelumnya. Sy sudah boleh pulang, tapi beliau menyarankan untuk bedrest 48jam. Tapi karena sy sudah rindu anak dan rumah, keesokan hari setelah et sy langsung terbang ke pekanbaru. Perut sy sempat kram karena perjalanan yang cukup jauh.

Masa 2ww sy jalani dengan tenang, sy sudah pasrah apapun hasilnya, aktivitas sy kurangi semaksimal mungkin. Selama masa 2ww sy tidak mengalami tanda2 apapun baik kram atau spotting. Hanya perut agak kembung kalau berjalan agak jauh atau naik tangga, dan pinggang agak sakit kalau terlalu lama duduk. Hari ke 11 sy iseng testpack, terlihat ada 2 garis tapi samaarr sekali.. hari ke 14 sy kembali lagi ke mmc untuk cek betaHCG, Alhamdulillah nilai HCG sy 2578 dan tanggal 26/9 lalu saat USG sudah terlihat jantung kedua bayi saya..

Informasi biaya bayi tabung di mmc melaka..
# Biaya pengobatan dengan Dr. Ahmad Syaifuddin, Mahkota Medical Center Melaka:

  • Obat2 (suprefact, gonal, cek darah, usg, biaya konsul, registrasi) : 2850 rm
  • OPU + ET : 8900 rm (karena minggu, sy kena 9214rm)
  • Biaya Frozen embrio : 1.150 rm (utk tahun pertama, tahun 2 – 5 800rm)
  • Obat2 kehamilan (folic acid, progynova, duphaston, aspirin, estrogestan (varginal)) : 390 rm
  • Total biaya pengobatan : 14.588 rm (1rm=Rp.3480)

Jika ada bunda yang ingin mengetahui info bayi tabung dengan dr. Ahmad syaifuddin, bunda bisa menghubungi mahkota medical center suite no 305. Telp (06) 2582851
Untuk bunda yang masih masih berusaha, semoga tetap semangat ya,, terus berdoa semoga diberikan kesempatan untuk menimang si kecil.. doakan juga semoga saya dan bayi2 sy sehat dan selamat..

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 2.75 out of 5)
Loading...

41 thoughts on “Berhasil hamil bayi tabung di MMC Melaka – Yuri

  1. Itha

    SELAMAT ya Yuri sdh sukses dengan bayi tabungnya yg pertama ya…..semoga baby dan ibunya selalu sehat walafiat sampai lahiran dan pastinya kakak seneng bgt mo dpt adik ya….pas ikut bt usia brp? Semoga kita” yg belum bs ketularan ya…

  2. yuri

    amiin.. makasih itha 🙂 iya, si kakak seneng banget, emang udah lama pengen punya adek 😀 semoga itha segera menyusul ya..
    umurku waktu program kmrn masuk 29

  3. maya zulfani

    Hai Yuri… salam kenal saya juga pasien dokter Ahmad Syaifuddin, MMC Malaka, Alhamdulillah saya juga berhasil, masih nunggu hari untuk dengar detak jantung bayinya.
    Semoga lancar ya Yuri

  4. silvie

    Wah selama2nya buat yuri… kasus nya sama dg sy anak sy udh 5thn kb spiral 3thn d lepas g kunjung hamil… hsg menyatakn bw sak tuba kiri nyempit/buntu akhir nya Tekadin untuk bt.. puji tuhan tgl 9/12 kmrn + dg bhcg 637 progesteron 67 skrg lg nanggung kontrol usg tgl 30/12 untuk liat babynya ..umur sy 34thn salam kenal n sukses mpe lahiran ya

  5. Elma

    Selamat yaaa yuri^^ semoga ibu dan bayi sehat selalu..
    Oiya, ini kebetulan saya juga tinggal di pekanbaru dan lagi kumpul2 info nih mo program ke MMC (soalnya klo ke Jkt Jaoh ><".. Mohon infonya yaa, tks

  6. yuri

    @silvie: salam kenal silvie, selamat ya buat kehamilannya, semoga sehat2 ya. bhcgnya tinggi, kembar juga kah?

  7. yuri

    @elma: amiin makasih doanya elma 🙂
    elma pekanbarunya dimana? aku tinggal di daerah marpoyan.
    iya memang lebih enak di malaka, krn dekat dan nyaman. makanya aku lebih pilih disana meskipun ortu dan keluarga banyak di jakarta..
    kalau ada info yg diperlukan lg, jangan sungkan untuk kontak2 aku ya..

  8. maya zulfani

    @Yuri: Saya tinggal di Samarinda Kalimantan Timur, kalau saya milih mmc karena dokternya lebih konsen aja nanganinnya, lebih ramahn lagipula malaka enak kotanya tenang, proses bayi tabungnya juga ga sakit, saya sempat takut mau ikut karena dengar sakit, tp ternyata itu ditempat lain, biayanya juga lebih terjangkau. Semoga sehat selalu selama kehamilan ya.

  9. silvie

    Hai yuri.. iya Nih tgl 30 kmrn usg babynya twin ternyata Nih… perkiraan usia 7 mggu… Emng cara menghitung kehmilan itu dr hari 1 menstruasi ya..

  10. agedmk

    selamat mb yuri saya juga tinggal di pekanbaru karena pekerjaan mb boleh minta emailnya saya lagi kumpulin info BT di malaka tq

  11. yuri

    @maya: samarinda? jauh juga ya… iya dr ahmad emang pelayanannya oke, so far aku puas program disana. jd inget dulu waktu hari tes bhcg, aku berangkat dari pekanbaru ke johor, dr johor lanjut pake bis ke malaka. sampe mmc udah hampir jam 6 sore tapi masih dibantu buat tes bhcg dan ditungguin sampe hasilnya keluar. mana bawa uang cash kurang jd mesti keluar rs dulu buat cari2 atm krn ga terima kartu kredit.. aku sampe jadi pasien terakhir yg keluar dr rumah sakit hari itu 🙂
    iya Alhamdulillah ga sakit, tapi memang diuji kesabaran dan tawakalnya ya 🙂

  12. yuri

    @silvie : syukurlah kembar.. dijaga baik2 ya mba utk trimester awal ini, semoga kehamilannya sehat2 ya 🙂

  13. maya zulfani

    @ nunik : klo aq ada rasa mual, bawaannya pengen muntah sama sering buang air kecil, payudara kencang kyk orang mau haid, hari ke 8 dan 10 setelah Et ada flek sedikit, tp ga kyk orang halangan, hanya sedikit sekali, katanya itu normal.

  14. yuri

    sy dulu ga ada flek.. pdhl ngarep baanget ada flek dikit2, katanya itu pertanda lg terjadi pelekatan embrio ke rahim. tp ternyata ga ada flek apa2 🙂 dibawa santai ya mba nunik, jangan terlalu difikirkan nnt stress. mempengaruhi hormon jd ga baik buat embrio.. semoga diberikan hasil terbaik ya 🙂

  15. Mona

    Haii semuanya selamat ya yg udah berhasil. Aku jg program di MMC tp dg dr.selva. alhamdulillah tgl 8 feb tadi aku terima raport positif dg bhcg 968. Ntar tgl 24 kesana lg buat cek kantung janin. Smga semuanya lancar….

  16. wenny

    mba mona, result kita sama banget tgl 8. mba tanam berapa? tinggi banget bchg nya yaaa kembarr tuhhh…aku juga positif tp di Penang. mba uda balik indo? ntar balik lg Malaka? gpp tuh mba bolaknbalik naik pesawat? aku uda di indo skrg dan rcana mau balik tgl 1 maret ke Penang tp mikir2 serem ga yaaaaa secara masi muda bangettttt kehamilannya…..

  17. yuri

    Alhamdulillah, selamat ya mba mona dan mba wenny, semoga kehamilannya sehat2 🙂 iya, kynya mba mona kembar ya, bhcgnya tinggi..
    mba wenny balik ke penang untuk apa mba? sy dulu setelah dapat hasil, cek up nya di indo aja. paling sesekali konsultasi via telpon sama dokter yg di malaka, dan mereka ga keberatan.. suami ngajakin cek ke malaka sih, tp sy yg ga mau, lg mengurangi pergi2 dengan pesawat terbang

  18. Retno

    Dear Wenny dan Mona salam kenal yaa,,,
    Selamat atas kehamilannya smoga sehat2 selalu,,
    Saya juga pasien dr Ng dan sedang hamil twins 12 w,,habis et 4 hari saya pulang ke indo kmudian 2mg setelah priksa darah balik lg bwt usg,,itupun pp di airport pake kursiroda lohh krn kuatir hamilnya msh muda. Dulu juga sy gak disuntik penguat,,pas msk 7w malah blooding trus flek sampe opname di jkt, tapi Alhamdiulillah skrg sdh aman..
    Smoga kehamilan kalian baik2 saja ya,,, dan bwt temen2 yg blm berhasil tetap semangatt yaa,,semua akan indah pd waktunya,,,,

  19. wenny

    @ yuri: better diindo aja yaa…saya juga mikir gitu naik pesawat sm perjalannnya ini leleah banget secara aku sekarang cepat cape dehh jalan jauh dikit bawaanya cape mlulu….gpp ya mba di indo aja?

    @ Retno: mba balik USG juga ke Penang ya? wkt mba USG 2 minggu setelah periksa darah itu kan di USG sm dr NG katanya kehamilan berapa minggu mba? sy bingung ngitungnya hehehehehe….btw twin berapa BCHG nya mba???

  20. yuri

    @wenny: kl sy cuma balik sekali setelah et mba, stlh dpt hasil positif sy cek disini aja. khawatir kecapean.. menurut sy gpp sih periksa di indonesia aja, dokternya jg ngizinin. cuma ttp konsultasi jg via telp. usia kehamilan ttp dihitung dr hari pertama haid terakhir mba, cmiiw. aku terakhir haid 11 agst, skrg udah 27w. mba wenny hasil bhcgnya brp?

  21. wenny

    mba Yuri, aq ga inget hphy ku secara mens ku ga teraturr selama ini hehhehe…bchg di hari ke 12 pasca ET 342 mba…brarti kira2 aq 4 week karna haidku dimulai 9 januari. btw mba nanya donk dl mba ada cekkekentalan darah ga atau dedimer? ada dikasi aspirin ga? aq bingung nih dokterku ga meriksain dan dikotaku ini ga bs periksa itu hrs jarak 3 jam ke kotamadya baru bisa….kepengen periksa kebentur jarakk uhhhhh

  22. Retno

    @wenny,,,waktu itu pas usg kyknya 6-7 week gitu, abis dr Ng jg diem aja pas usg takut jg mau tanya dan sudah ada denyutnya,,,ohya waktu itu bhcg 694,,,

  23. misha

    @ mb Yuri Salem kenall saya dr pekanbaru juga, mba saya jg ada planing ke malaka utk bayi tabung krn suami azoospermia sdh 4kali Cek ttp Sama. JD skrg sdh nyerah Dan mau bayi tabung mengingat sdh 4th pernikahan. Dan USIA saya 32 suami 35. mba Yuri bs minta pin nya utk sharing thx mba

  24. widi

    Hai smua,perkenalkan nama saya widi dari Tanjungpinang prov. Kepulauan riau, sya jga habis program di dr ahmad dan alhamdulillah pas tgl 31 mei 2016 sya cek darah di melaka dan didapat bhcgnya 793. Sya sempat nangis haru di depan dr.ahmad krna saking senangnya dpt raport bagus. Secara kmi udh 6 thn pernikahan dan baru kli ini coba bt dan langsung berhasil. Bsk tgl 20 juni sy ke melaka lgi utk cek denyut jantung, doain widi ya…mksh semua…

  25. Silvi

    Hi mb yuri salam kenal.. Mksh postingannya.. Gmn baby nya skrg? Udh besar yaa?

    @mb widi.. Salam kenal jg mb.. Boleh bagi email dong mb? Mau nanya2 ttg bt di dr. Ahmad.. Rencana bln dpn sy mau bt, bbrp hari lalu baru selesai screening

  26. yuri

    Alhamdulillah mba silvi, sikembar sudah usia 2th lebih dan lagi aktif2 nya 🙂
    Sy skrg lagi di malaka mba, program ivf ketiga. Yg kedua bulan mei lalu tapi gagal krn embrio tidak ada yg berkembang.

    Alhamdulillah mba widi selamat yaa.. minta doanya ya mba semoga programku yg skrg berhasil 🙂

  27. Silvi

    Si kembar udh 2thn yaa? Alhamdulillaahh.. Oh iyaa?? Moga lancar prosesnya dan berhasil ya mb yurii.. Duuh seneng dengarnya. Saya rencana akhir september ini ke malaka utk mulai program ivf, mohon doanya yaa.. Moga bisa ketemuu 🙂

  28. Puput

    Mbk yuri, salam kenal. Sy puput dr Jambi. Berencana ivf juga. Sy sdh menikah 6 th dan belum pernah hamil. Sy pcos, sehingga sepertinya ivf ini adalah kesempatan sy. Sy bingung menentukan dimana sebaiknya ivf, review rs di malaka bagus2 ya cuma kl dr jambi hrs 2x flight br sampe kesana. Di jkrta seperti rs.bunda jg banyak review bagusnya.

    Mnrt mbk yuri apa ya yg hrs jd prioritas dlm nentuin tmpt ivf yg ideal? Ivf yg terakhir brp mbk biayanya di malaka?

    Makasih banyak mbk

  29. Arum

    Asslm mbak yuri..Kenalkan saya arum dari bengkalis. Saya jg program ivf di mmc sama dr. Selva. Hari ini sdh hari ke 10 pasca et. (deg2an euy jelang bagi raport?. Semoga berhasil..aamiin…) Oiya, ini program yg kedua. Yg prtama gagal. Kbetulan embrio yg diperoleh lumayan bnyak..ada 8.jd bisa nabung.. Hehhe
    Mbak yuri bisa minta pin bb or no wa nya gk?
    Barangkali sy bisa konsul sm mbak…

  30. Yanti

    Halo semua… Saya yanti dari tanjung pinang. Sudah menikah selama 3 tahun tp belum punya anak. Pengen coba inseminasi dulu sebelum bayi tabung. Ada yg pernah insem gk dgn dr ahmad mmc ya? Trims.

  31. Arum

    Hallo semua…
    Alhmdulillah program ivf ku sm dr.selva berhasil. Skrg usia kehamilanku masuk 3 minggu..
    Alhmdulillah…
    Insyaallah minggu depan aq ke melaka lagi buat ngecek jumlah kantong yg terbentuk. Mudah2an calon janin ku sehat dan terus berkembang ya teman2…mohon doanya…
    ????

    Hallo mba yanti… Slm kenal ya… Semoga programnya berhasil… ?

  32. Meri S

    Selamat ya bunda2 atas keberhasilan bayi tabungnya. Bunda Arum, Berapa biaya BT nya (mengingat bunda belum lama ini melakukannya) ?, Bunda, boleh saya minta alamat emailnya? nanti saya mau minta no HP nya, boleh?

  33. Edbert

    Selamat Sore, boleh tanya waktu anda bertemu dokter Selva anda ketemu langsung atau buat janji dulu ya? kalau buat janji bisa tolong dibantu hubungi ke mana?

  34. mmcsurabayaoffice@gmail.com

    @edbert : Bisa dengan kami

    kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Membantu Mempermudah Claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    More info
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

Comments are closed.