Berhasil hamil alami setelah gagal bayi tabung – Vincentia

Halo, saya disini ingin berbagi tentang pengalaman pribadi saya menjalani program bayi tabung, website ini membantu saya dalam mencari informasi ataupun sebagai teman berdiskusi. Karena itu saya harap sharingan ini dapat berguna bagi teman2 semuanya.

Saya 26 tahun dan sudah menikah selama 1,5 tahun. Karena tidak sabar untuk memiliki momongan, kami ke Dr. Aucky Hinting atas rekomendasi keluarga. Disana saya di USG transvaginal dan suami di cek spermanya. Setelah di USG, Dokter mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan saya, hanya ada sisa darah menstruasi yang tertinggal dan saya diberikan obat KB untuk membersihkannya. Sedangkan untuk suami, jumlah spermanya dinyatakan hanya sekitar 2jt, dimana untuk dinyatakan subur adalah antara 20-30jt. Dokter mengatakan untuk kehamilan normal peluangnya sangat kecil, namun apabila kami Ingin mencoba secara normal, bisa diusahakan dengan cara operasi untuk memperbaiki kualitas dan jumlah sperma, namun dibutuhkan kesabaran dan dokter tidak bisa memastikan jangka waktu untuk mencapai keberhasilan mendapatkan momongan.

Karena tidak mau menunggu dengan ketidakpastian, kami menanyakan apakah ada jalan lain, dan Dr. Aucky menyarankan untuk melakukan proses bayi tabung, sedangkan untuk opsi inseminasi tidak disarankan dikarenakan jumlah sperma suami yang sangat kurang yg berakibat sangat kecilnya tingkat keberhasilan inseminasi. Kami setuju untuk memulai proses bayi tabung bulan selanjutnya, dan sementara menunggu suami diberikan vitamin dan antioksidan dalam bentuk tablet untuk diminum.

Hari ke 2 menstruasi, saya datang lagi ke klinik Dr. Aucky di Siloam Surabaya untuk diambil darah dan USG transvaginal. Setelah memeriksa hasil lab dan USG, dokter memutuskan untuk bayi tabung short protocol, dimulai besok malamnya dengan suntik gonal 1,5 ampul selama 8 hari. Hari ke-6 ada tambahan suntikan karena hormon saya kurang. Dan juga suntikan anti pecah karena ada bbrp telur yg sudah besar, sedangkan sebagian telur yang lainnya masih berukuran kecil. Setelah diberikan suntikan terakhir, saya beristirahat 1 hari di rumah sebelum melakukan proses OPU (pengambilan telur). Dalam proses OPU, ada 10 telur yang diambil, namun pada proses ET 3hari kemudian, dokter menginformasikan hanya 6 yang bisa dibuahi dan hanya 2 yang membelah, 1 dgn kualitas good, dan 1 dengan kualitas biasa. Jadi ada 2 embrio yang ditanam tanpa adanya cadangan. Setelah 5 jam beristirahat di Siloam dengan posisi berbaring dan kaki diangkat lebih tinggi dari kepala, saya pulang ke rumah dibekali crinone yang diaplikasikan setiap hari sebelum tidur.

12 Hari kemudian, pagi jam 7 saya ke Siloam untuk ambil darah test HCG, dan disuruh telp jam 12 siang untuk mengecek hasilnya. Dag-dig-dug sampai jam 12, akhirnya suami saya memberanikan diri untuk telp. Selama dia menelpon, saya perhatikan raut wajahnya dan saya langsung lemas menyadari bahwa hasilnya negatif. Setelah tutup telpon, saya tanya brp HCGnya? Dia bilang 3,5. Langsung kami menangis karena pada wanita hamil, HCG diatas 12. Kami pun saling menguatkan dan dia bilang sore kami harus balik ke Siloam untuk evaluasi. Kebetulan pada hari itu, yang praktek adalah Dr.Hamdani, salah satu team Dr.Aucky yang juga hadir pada saat OPU dan ET. Dr.Hamdani cukup informatif dan sabar dalam menjelaskan kemungkinan penyebab gagalnya proses bayi tabung ini, walaupun sebelumnya diprediksi presentase keberhasilannya mencapai 70% mengingat umur saya masih dibawah 30 tahun. Dokter menyarankan untuk hidup sehat dengan mengurangi makan daging merah dan gorengan, memperbanyak jus buah, makanan dengan protein tinggi, dan tidak lupa olahraga ringan teratur. Tidak disarankan untuk olahraga berat dan mengkonsumsi suplemen apapun karena dapat mempengaruhi kualitas sperma dan hormon. Suami diberikan multivitamin Dan antioksidan dalam bentuk tablet lagi. Pada akhir penjelasannya, dokter mengatakan untuk terus mencoba secara alami karena setelah program ivf, wanita sangat subur akibat suntikan gonal dan crinone, dan sekitar 5% berhasil hamil alami setelah proses bayi tabung. Apabila ingin mencoba bayi tabung lagi, harus menunggu sekitar 3-4 bulan agar rahim dapat siap lagi.

Saya kembali ke Jakarta untuk beristirahat setelah kegagalan itu, dan saya mulai research klinik bayi tabung di Jakarta, sebagai opsi lain. Jujur, saya agak stress saat tinggal di Surabaya dan saya ingin menjalani bayi tabung yg ke-2 dengan lebih santai. Setelah mendatangi bbrp klinik, saya dan suami memutuskan untuk mencoba di Family Fertility Center RS.Family di Pluit. Disana kami bertemu dengan Dr. Muchsin Jaffar dan langsung merasa cocok. Karena pesimis dengan terjadi kehamilan alami, saya dan suami memutuskan untuk program bayi tabung lagi. Dokter menyemangati dengan kata2 positif untuk jangan putus asa dan terus mencoba selama menunggu siklus berikutnya, siapa tau bisa jadi katanya. Disana dokter menganjurkan untuk memulai program di bulan Januari dan sementara menunggu saya diberikan vitamin ovacare dan asam folat, terus disuruh tes HSG (saya blm pernah test HSG sebelumnya) sebagai salah satu syarat standar untuk mengikuti bayi tabung. Dijelaskan bahwa HSG bertujuan untuk mengetahui apakah ada penyumbatan, perlengketan, dan gejala lainnya yang mungkin ditemukan pada saluran indung telur yang bisa menghalangi keberhasilan program bayi tabung. Suster juga mengatakan bahwa setelah HSG saluran telur akan menjadi lebih bersih dan siapa tau akan melancarkan jalan pertemuan sel telur dan sperma sehingga bisa terjadi kehamilan alami.

Sebagai tambahan, saya juga melakukan akupuntur 2x seminggu, tidak minum soda, minuman yang mengandung kafein spt teh dan kopi, dan atas saran tante saya, mulai minum jus (kata tante saya jus ini namanya jus femi, karena yang memperkenalkannya di Internet namanya ibu femi. Tante saya taunya dari temennya yang suaminya divonis spermanya 0. Kemudian dia minum jus ini secara teratur dan sekarang sdh dikaruniai 2 anak). Komposisinya untuk 1x minum (dibagi 2 untuk suami dan istri):
– 2 wortel import
– 1 apel malang
– 1 tomat
Saya menambahkan 1 sendok madu untuk menambahkan manis.
Saya dan suami minum juice ini 2x sehari, setiap hari.
Dan tentu saja disertai doa setiap harinya.

Puji Tuhan, sebulan sebelum memulai program bayi tabung lagi, saya berhasil hamil secara alami, mudah2an semuanya lancar dan saya berharap dengan sharing disini, ada pasangan lain yang dapat terbantu untuk mendapatkan buah hati.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

38 thoughts on “Berhasil hamil alami setelah gagal bayi tabung – Vincentia

  1. Yessy

    Congratz ya Sist Vincentia… Miracle still exist…
    Saat ini baby sudah lahir tentunya ya… Congratz for being new Mom…

    Selamat juga buat Teman2 yang sudah berhasil, baik melalui program ataupun alami setelah berbagai usaha sebelumnya… Semoga semuanya lancar sampai lahiran…

    Saya ingin tanya mengenai akupuntur. Apakah itu harus akupuntur dengan sinshe / dokter yang spesialis pada program hamil, ataukah dengan sinshe / dokter umum?

    Jika ada info mengenai tempat akupuntur yang recommended berdasarkan pengalaman di Surabaya, bisa bantu share ya?

    Terima kasih sebelumnya untuk sharing2 pengalaman yang memotivasi. Buat yang belum berhasil, terus berusaha semaksimal yang bisa kita lakukan. Tuhan pasti mengerjakan bagianNya pada waktuNya… Mujizat masih ada dan pasti akan selalu ada buat orang-orang yang tidak putus asa dan berhenti berharap kepadaNya…

    Thanks dan sukses buat kita semua…

  2. Andriyanimutz85

    Sedikit share bunda.. 2 bulan kmr kmi k dokter prima untuk promil lalu dokter prima saranin periksa hsg setelah hsg trus kta dokter kedua saluran tuba ak tersumbat, dokter bilang ak ga bs hamil kecuali dgn cara batab. sedih rasanya menginggat usia pernikahan ku udah jln 8 thn. mengingat biaya batab jg yg tdk sedikit km blm mampu. coba googling di inet cari alternatif dan mau coba alami dlu ak ketemu sm situs yg khusus nagani mslh sperti ak, tertarik krn bnyk bngt testi testi penyumbatan saluran tuba yang bisa paten lagi dan bisa hamil setelah pengobatan di klinik holistik elif it. disitu aku konsul ke bidan lulu di bbm, setelah konsul dan lampirin hasi hsg bu bidan lulu saranin ak dateng langsung bwt kunjungan awal terapi sm pengobatan sb obstruksi total jadi agak bert katany. singkat cert 6 juli ak sm misua k cirebon k tmpt praktek bu bidan lulu utk terapi obstruksi kedua tuba ak, disana puas bgget diskusi sm konsul hampir 1 jam kta bebs tany tny seputar mslh tuba. setelah konsul n diskusi sm bidan lulu ak di terapi perut ak di panasin sm sinar inframerah , terapi batu giok dipanasin jg dn di tusuk jarum dibwah puser, terapi smp 1 jam setelah itu ak di kasih 4 macam obat herbal buat di minum sambil sruh ikuti panduan terapi yg kudu dijalanin dirumah penuh slm sebulan. ak pilih dosis estapet/tiap jam minum obat 1 kapsul buat minum herbal nya krn pengen cepet sembuh.

    sebulan setelah paket habs sy dteng ke dok kandungan berbeda spy bisa hsg lg. ga nyangka ternyta hasilnya kedua tuba ak udah paten sblmy riwayat tuba falopi non paten obstruksi 22nya.. Alhamdulillah skrg sdg hamil 5 minggu… tp, hrs bedrest krn kandungannya lemah krn sempet flek.. Pas USG transvaginal.. blm terlihat ada apa2, cuma dinding rahim yg menebal, mhn doanya ya dr semua agar kandungan sy baik2 sj.. klo ada para bunda n calon bunda yg punya pengalaman atw saran pls share ya…thx

  3. herna

    Puji Tuhan mba Vicen,,, setelah baca thread ini benar”support aq banget yg memang saat ini lg galau(hiks)
    Dari hasil SA 2x suamiku jg azoos dan udh disarankan utk batab,,tp ntah kenapa aq masih berharap dan berdoa terus utk bisa hamil alami(semoga keajaiban itu terjadi samaku)
    Amin,,mau lebih semangat lagi ne bikin jus femi nya
    Selamat ya mba Vicen,,lancar”sampai se debay lahir kedunia,,hehehe,,God Bless

  4. dewi hrp

    Salam kenal semuanya…
    Sya baru baca lg thread ini..
    Sya jg ikut program BT yg short protocol.
    Hari ini hasil lab test BHCG..sya bacanya shock bukanmain..hasilnya mengecewakan dibawah 5,dinyatakan No Pregnant..lgsung ngelus dada..
    Baru suami sya yg tau..keluarga lainnya pada belumtau..takut pd sedih..bantu doa ya kita,siaapa yg pernah gagal sperti sya, pengen jg bs hamil alami sperti mba Vicentia,congrats ya mba..

  5. Lala

    mba dina selamat atas kehamilannya..semoga kuat sehat debaynya pegangan kuat diperut mama ya,banyakain bedrest mba kmrn aku mpe hamil 2 bulan juga banyak bedrestnya.Saya juga pasiennya dokter aucky program di bulan Juni kemarin, hamil twins tapi mybaby twins ga survive diusia 13 weeks akhirnya dikeluarkan dinyatakan dokter dead conceptus.semoga ketuluaran hamil alami seperti mba vincentia dan mba dina yg stelah program gagal bs hamil alami.amin

  6. lina

    hi bunda semua nya tetap semangat ya dalam menanti si buah hati,,
    saya mau menambahkan aja kebetulan program yang dijalankan bu vincent mirip dengan saya. klo saya minum jusnya yang pake juicer dan gak dicampur gula ato madu, tiap pagi sebelum sarapan menu wajib sebelum ngantor jam 6 minum madu 1 sdk dicampur air putih hangat gak sampe setengah gelas, selang 1 jam minum jus (wortel tomat dan apel dimix jadi satu), setelah ampe kantor baru sarapan seperti biasa, ditambah telur ayam kampung yang direbus tiap hari 1 biji, boleh dimakan kapan aja dan Akupuntur 1xseminggu, hindari penyedap masakan n ayam boiler dan junk food puji TUHAN gak sampai 2 bln saya rutin program ini saya hamil sekarang 21mgg.. semoga bermanfaat.

  7. Vincentia

    Hi Linda,
    Terima kasih ya doanya.. Semoga km berhasil juga.. Apel malang itu ada yang warna hijau, tapi ada merah dan kuning juga biasanya…warnanya biasanya berserat2 gt.. Kalo ke toko buah tanya aja sama mbaknya, ada apel malang ga? Mereka langsung tau kok.. Selamat mencoba jus femminya ya..

  8. Vincentia

    Wah..selamat ya atas kehamilannya Mbak Dina.. di cek ke dokter aja untuk lebih jelasnya, teman saya ada yg kayak gitu, trus dikasi dokter obat penguat dan wajib bedrest awalnya, skrg udah mau masuk bulan ke 5.. all the best buat Mbak dan babynya ya..

  9. Linda

    Hi vincentia, selamat yaaa kamu bs hamil alami, semoga lancar jaya hingga melahirkan, bayi dan ibu sehat selalu. aku percaya memang ada bbrp yg bs kejadian seperti kamu. kasus kamu sama kaya aku. Sperma suamiku di bawah 2 juta. Aku juga udh coba BT dgn dr.ng juni tahun kmrn tp gagal. Rencananya bulan feb aku mau coba BT lagi. Krn udah nikah 2 taun meski nyoba alami dan hidup sehat tetep gak dapet2 alami. Hiksss. Btw, Maksudnya apel malang itu aple hijau ya?

  10. dina

    Haii vincent..
    Setelah Batab sy dpt haid 2x.. Oktober dan November..
    Kmrn tgl 3 sdh sy testpack sy ternyata hamil, usianya 5minggu.. Tp gag lama sy pendarahan hingga skrg.. Mudah2an aja kehamilannya msh bs dipertahankan, mengingat 9th sy menunggu.
    Oh iya sy juga konsumsi juice femmy tiap hari setelah gagal bayi tabung, sy minum brsma suami tiap pagi hanya ditambah gula sedikit.

  11. Vincentia

    Hanny: terima kasih ya..saya minum jus nya kurang lebih 3 bln..

    Lili: terima kasih..skrg masuk minggu ke 7, mohon doanya ya agar lancar sampai lahiran.. 🙂

  12. Vincentia

    Fina: maaf ketinggalan, saya minum juicenya rutin setiap hari selama kurang lebih 3 bulan sebelum akhirnya berhasil hamil 🙂

  13. Vincentia

    Fina: untuk campuran juice, suami saya sih kadang kadang minumnya dicampur susu (tanpa gula), namun saya tidak tau itu akan mempengaruhi khasiat juice tsb apa tidak. untuk gula mungkin boleh namun akan lebih bagus jika menggunakan madu, karena selain sama2 manis, madu memiliki lebih banyak khasiat drpd gula.

    Dina: kalo boleh tau, dina setelah Bayi tabung kemarin sudah dapat haid brp kali? Saya waktu itu test pack setelah telat 1 minggu, untuk tanda2nya sih ga ada, cuman kapan hari saya pernah creambath, trus mbanya bilang “non, bandannya anget ya!” cuman waktu itu saya pikir wajar karena saya lagi kurang enak badan dan agak flu. Waktu itu agak anehnya pas udah ga flu tapi badan masih berasa anget kalo dipegang Kalo Dina penasaran, coba test pack aja dulu.

  14. Lala

    selamat ya mba benar2 kado natal yang indah dari Bapa ya, smoga kehamilannya sehat dedeknya tumbuh kuat dan sehat.Amin.

  15. dina

    Hai vincent..
    selamat atas kehamilannya ya..
    sy juga pasien dokter aucky di siloam, sy gagal bayi tabung bulan september 2014.
    dan sekarang blm mendapatkan haid, biasanya haid sekitar tgl 22..
    klo vincent tau hamil pd saat terlambat haid brp hari??
    gejalanya apa? sy gag merasakan tanda-tanda hamil..

  16. Fina Amalia

    Hi vicentia, salam kenal. Maaf sy mau tanya jus feminya itu boleh gak ya dicampur sama susu dan gula? Biar rasanya bs lbh manis. Atau memang bolehnya cuma dicampur madu aja? Terus mba brp lama minum jus itu sampai akhirnya bs hamil normal? Krn kebetulan aku jg lg mau progtam bayi tabung karena suamiku OAT mba.

  17. Vincentia

    Hi,
    Kmrn saya akupuntur di dokter akupuntur di rumah sakit. Sebenarnya saya agak bingung mau akupuntur dimana, akhirnya iseng telpon rumah sakit deket rumah apa ada dokter ahli akupuntur dan ternyata ada. Langsung kesana, saya infokan ke dokternya bahwa saya berencana bayi tabung trus dokternya langsung mulai treatment, fokus di daerah bawah perut titik2nya (+dipanaskan), selain di tangan dan kaki.

    Kemarin ambil paket 6x (ditengah2 ada reses pada saat haid).

  18. putih

    Hai vincentia,

    Selamat ya atas kehamilannya. Semoga lancar dan sehat sampai melahirkan.

    Kl bole saya tau krn sempet akupuntur dimana? Dan brp lama.

    Thanks.

  19. Vincentia

    Hai Setya,
    Bagus deh kalo memang gt.. Mudah2an semuanya lancar ya.. Sampe skrg baik2, ga ada mual atau ngidam sih…mungkin masih early stage, kata dokter kapan hari juga masih baru bgt jd blm ada tanda2.. Doain aja semuanya baik dan sehat yahhh

  20. setya

    Haaii vincentia…

    saya ikut program di klinik teratai gading pluit jkrta utara…
    saya udh tanya sm dokter perlu di lo gak infeksinya tp kata dokter gak perlu udh gt.. hehehehee… ya mudah2an aja tdk mengganggu program nanti ya..
    Trs kbr km n baby gmn ? Ada mual2 n rewel gak ? Mudah2an gak ngidam aneh2 ya… xixixixiiii…

  21. Vincentia

    Hi Mita,

    Terima kasih untuk wishesnya. Saya seneng banget kalo sharingan ini bisa membantu.
    Semoga apapun yang Mita putuskan nanti dapat berjalan dengan lancar ya. 🙂

  22. Mita211

    Hi Vincetia,

    Really xmast gift from God, a miracl. Just sharing Sy juga pasien DR Aucky cm masih bimbang mau ikut IVF.
    Sharing kamu sangat menguatkan sy. Suami jg sama konsentrasi sperm kurang lbh segt jg. Selama masa tnggu utk proses IVF kami cek ke DR lain, ada DR yg bil suami varicocele ringan. Sbenarnya tdk prl di operasi, krn sy takut ad efek samping di kemudian hari. Sy msh trs berdoa utk diberikan kekuatan utk memutuskan IVF atau operasi varicocle.

    Semoga hadiah natal ini membawa kebahagiaan dan kedamaian utk keluarga km.

  23. Vincentia

    Dear Setya,

    Saya jg kurang paham untuk tindakan yg harus diambil dokter, mungkin dilihat dari tingkat infeksinya? Syukur kalo dokter bilang langsung ivf. Mungkin tindakan operasi diambil untuk kasus yang parah. Wah..jangan kepikiran ya..stay positif aja, kalau memang masih kepikiran, ditanyakan lagi saja ke dokternya…jadi pada saat ivf, pikirannya sdh tenang.. Dokter saya dulu bilang pokoknya kalau memang itu infeksi, tidak bisa dilakukan proses ivf, karena katanya embrio itu ga tau knp sukanya ama tempt yang infeksi gt, jadi ditakutkan embrionya tidak nempel ke dinding rahim, tapi malah ke tempat yg infeksi (jadi hamil diluar kandungan); ini pun tidak 100% ya..hanya ditakutkan katanya.. Setya mungkin bisa tanya lebih jelas ke dokternya ya 🙂 kalau boleh tau, Setya program dmn ya?

    Iya, mudah2an berhasil ya program bayi tabungnya 🙂

  24. setya

    Halo vincentia

    trimakasih ya udh menjawab pertanyaanku xixixixiii…
    ooo gt ya saya jg pas HSG hasilnya yg kiri paten yg kanan ada infeksi..
    cm dokter tdk menyarankan operasi ya.. lgsg program BT aja gt.. cm di ksi antibiotik sm apa ya satunya lg lupa hehehehe sambil nunggu dtg bulan br deh mulai suntik2. Jadi kepikiran nih, mudah2an tdk meganggu programku nanti…
    mohon doanya jg ya mudah2an bs nyusul km.. heheheee… amiiinnn…

  25. Yenni

    Selamat ya Vincentia atas kehamilannya, semoga lancar sampai melahirkan bayi yg sehat. Terima kasih atas sharingnya.

  26. Vincentia

    Halo Mbak Setya,
    Hasil HSGnya, yg saluran sebelah kiri dinyatakan baik dan lancar, sedangkan yang sebelah kanan ada penumpukan ketika disemprot cairan, sehingga terjadi penggelembungan sementara (seperti balon kalau disini air akan menggelembung), setelah dibawa ke Dokter untuk analisa hasil xray Nya, dokter bilang kemungkinan besar tidak terjadi infeksi, apabila infeksi ada kemungkinan harus dioperasi sebelum mau proses ivf. Seingat saya Dokter bilang penggelembungannya sepertinya disebabkan ada kebuntuan, namun tidak masalah untuk ivf. Untuk memastikan lebih lanjut, saya dijadwalkan untuk hysteroskopi pada hari 10-14 haid selanjutnya, yang seharusnya adalah bulan ini. Puji Tuhan, sebelum test tsb, saya positif hamil.

  27. Vincentia

    Salam kenal juga Mbak Marni.. Iya, kami sangat bersyukur atas kehamilan ini..kalo kata dokternya ini “keajaiban natal” ^^ terima kasih atas doanya ya..semoga cepat nular ke Mbak Marni juga ya..

  28. setya

    Salam kenal vincentia…

    selamat yaaa akhirnya berhasil hamil..
    oya saya mau tanya hasil HSG gimana ? Apakah smua baik2 saja ?
    saya juga ikut program BT di klinik teratai, msh nunggu haid bulan ini.

  29. marni

    salam kenal….selamat ya mbak Vincentia…pasti seneng rasanya bisa terwujud kehamilannya. wah semoga bisa nular ke saya ya…semoga kehamilannya lancar, ibu dan janinnya sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*