Berhasil hamil alami setelah 2x gagal bayi tabung – Indira

Saya menikah akhir 2007, tahun 2008 saya mulai program baby karena belum hamil setelah menikah 1 tahun. Diagnosa dokter kandungan menyatakan bahwa telur saya kecil-kecil (PCO), dimana saya diresepkan metformin yang harus diminum setiap hari untuk membesarkan telur. Kemudian saya program dengan obat-obatan untuk inseminasi natural. Setelah mencoba dan tidak berhasil hamil, maka saya mencoba inseminasi buatan 2x yang semuanya gagal. Hasil tes sperma suami saya adalah asthenoteratozoopermia, dan ada varikokel. Sementara dari HSG test, diketahui tuba kanan saya tersumbat.

Karena ada problem di suami juga, maka saya memutuskan ke dr Aucky di Siloam Hospital karena beliau androlog. Dari hasil pemeriksaan saya disarankan untuk inseminasi yang ketiga, dimana saya diresepkan suntik gonal 3 hari sambil dicek perkembangan sel telur saya. Ternyata ada 5 sel telur yang besar, sehingga saya ditawari untuk bayi tabung karena jika dilakukan inseminasi ada resiko ke 5 telur tersebut terbuahi semua sehingga menjadi embryo dimana kehamilan kembar 5 sangat beresiko. Akhirnya saya menjalani program bayi tabung (short protocol) dimana dari 5 sel telur ada 3 embryo yang bagus dan ditanam.

Dua minggu kemudian, tepat hari pengumuman – saya menstruasi. bayi tabung pertama di tahun 2010 tersebut gagal. Dengan sedih saya asumsikan kegagalan tersebut karena saya tidak bedrest setelah embryo transfer, namun dari dr Aucky sendiri menyatakan bahwa semuanya baik tetapi untuk proses menempelnya embryo ke rahim adalah suatu hal yang masih diluar kuasa manusia.

Setelah kegagalan tersebut akhirnya saya rutin browsing di website ini, dan menemukan dr Ng Peng Wah di Lam Wah Ee Hospital Penang. Pebruari tahun 2011 saya konsultasi ke dr Ng di Penang, dan beliau menyarankan saya untuk melakukan laparoskopi. Di bulan Oktober akhirnya saya menjalankan laparoskopi dimana dinyatakan bahwa tuba kanan saya tersumbat, sementara tuba kiri saya separuh tersumbat. Dimana sudah dilakukan hidrotubasi, tetapi air tidak bisa tembus saluran tuba kiri tersebut. Dengan kata lain, harapan saya untuk memiliki anak adalah dengan bayi tabung dan kecil untuk normal. Sempat shock mendengar hasil laparoskopi tersebut, untunglah saya berkonsultasi dengan Ms. Low Bin Kee dimana beliau menjelaskan prosedur bayi tabung dengan jelas, telaten dan cukup membesarkan hati saya. Menurut saya ini keunggulan bayi tabung di Lam Wah Ee, jadi di awal lebih punya bayangan akan prosedur bayi tabung. Biaya bayi tabung di Penang dan Surabaya saya hitung-hitung hampir sama (saat itu ringgit masih 3ribu), tetapi saya perlu biaya ekstra untuk tiket pesawat dan kos di Penang.

Karena saya bekerja, maka saya ijin cuti sekalian 1 bulan pada Pebruari 2012 dan menjalani bayi tabung long protocol di Lam Wah Ee. Sebenarnya kunjungan ke dokter untuk suntik gonal dan USG untuk cek ukuran telur adalah 3-5 hari sekali, tetapi karena sulit dan akan lebih mahal jika saya PP Sby-Penang dimana tidak tiap hari juga ada flight maka saya stay di rumah petak dekat Lam Wah Ee. Saya kira dengan stay di Penang akan lebih focus menjalani program bayi tabung, saya ditemani kakak yang berobat juga di Penang. Dimana suasana kota Penang sangat tenang, transportasi kemana-mana dengan menggunakan bus mudah, dan dari kos ke pasar juga dekat.

Akhirnya dari OPU, bedanya OPU di Lam Wah Ee dilakukan dalam keadaan bius total jadi tidak terasa sakit sama sekali didapatkan 15 telur. Dari 15 telur diseleksi, tinggal 6 yang bagus dan jadi 4 embryo yang semuanya moderate tidak ada yang good. Malam hari setelah OPU saya sempat mengalami sesak napas dimana dada saya sakit sekali, sehingga jam 11 malam saya harus ke UGD. Kemungkinan sakit dada saya ini akibat PCO, dimana rongga tempat sel telur saya yang diambil saat OPU terisi cairan. Hal ini membuat saya tidak mantap sebenarnya meneruskan program bayi tabung, tetapi dr Ng tidak bilang apa-apa.

Akhirnya hari ke 4 setelah OPU dilakukan ET, dan dimasukkan 4 embryo. Saat itu ekspresi dr Ng agak suram, sehingga saya tanya kenapa – beliau bilang kalau telur saya kurang bagus. Perasaan saya campur aduk, namun saya mencoba menenangkan diri. Saya bedrest selama seminggu, dimana banyak menghabiskan waktu diatas ranjang dan hanya turun untuk ke kamar mandi. Setelah seminggu saya pulang ke Indonesia, dan seminggu kemudian saat pengumuman ternyata saya menstruasi lagi.

Kegagalan kedua ini sangat membuat saya stress, karena saya merasa telah berusaha lebih baik dari program pertama. Saya cukup terpukul, dan banyak menangis bahkan suami saya pun tak bisa berkata-kata dan ikut menangis. Apalagi mengingat di rumah petak yang saya tinggali selama di Penang, ada 4 kamar yang semuanya ikut program. Ketiga housemate saya itu berhasil hamil dengan kembar 3, kembar 2 dan satu kehamilan tunggal. Saya sendiri adalah yang gagal. Cukup sedih karena saya tidak bisa ikut bergembira bersama mereka. Salah satu penguat saya adalah saat browsing dan membaca ternyata banyak juga yang berhasil setelah 1-2 kali gagal bayi tabung, bahkan ada juga yang baru berhasil setelah 6 kali. Saya sempat korespondensi dengan yang berhasil hamil setelah 6x bayi tabung, dan disarankan untuk ke konsultasi dengan dokter di Singapore.

Kegagalan kedua ini terasa lebih berat dari bayi tabung pertama, dan saya butuh waktu lebih lama untuk recovery termasuk saya sempat konsultasi dengan psikater dimana beliau memberikan masukan yang cukup berharga. Dimana menurut beliau kondisi kejiwaan (tidak boleh stress saat program bayi tabung) itu sangat penting, karena saat kita khawatir dan cemas berlebihan maka tubuh kita akan memproduksi hormone pertahanan diri yang memiliki efek samping antara lain “melawan” semua benda asing dimana embryo juga dianggap benda asing sehingga tidak bisa menempel di rahim. Penjelasan ilmiah mengenai stress ini sangat membuka pikiran saya, walaupun memang tidak mudah untuk mengatur agar tidak merasa stess, merasa takut, cemas maupun kecewa. Saya sempat down dan hampir menyerah untuk program baby, ketika saya email dokter di Singapore menceritakan masalah saya dan diberi informasi bahwa saya kemungkinan kena hydrosalphinx yang meracuni sehingga embryo tidak bisa menempel. Solusinya adalah dipotong saluran tubanya, tetapi dengan dipotong saluran tubanya berarti tidak ada kemungkinan sama sekali saya hamil normal.

Januari 2013, akhirnya saya mengikuti saran teman saya yang berobat ke NUH Singapore. Disana saya bertemu dengan dr Ng Ying Woo yang ahli robotic surgery, dimana saya menanyakan apa benar ada hydrosalphinx dan apakah tuba saya perlu dipotong. Selain itu saya juga konsultasi dengan dr PC Wong yang merupakan kepala departemen fertility center. Beda lagi dengan di Penang, di Singapore pemeriksaan lebih detil dan untuk program bayi tabung disediakan pendampingan psikolog. Bahkan saat saya kesana, ada seminar gratis untuk program bayi tabung yang menjelaskan secara lebih detil lagi dan peserta dipersilakan bertanya apapun. Dari hasil tes masih sama, saya ada PCO dan sperma suami saya asthenoteratoozoopermia untuk tuba falopii tidak diketahui adanya infeksi/hydrosalphinx sehingga dr Ng tidak menyarankan untuk pemotongan tuba. Menurut beliau lebih baik saya langsung program bayi tabung saja. Selain itu dr Ng menyarankan saya untuk : BE HAPPY! Istirahat dari berbagai upaya saya untuk mendapatkan bayi (sejak 2008). Mengingat biaya program bayi tabung di Singapore 12ribu dollar. Saya benar-benar tidak mau memikirkan program bayi tabung, saya putuskan untuk istirahat dulu. Sambil menimbang kemungkinan saya mencoba bayi tabung di Singapore atau kembali lagi mencoba dengan dr Aucky.

Selain ke dokter upaya saya adalah minum obat tradisional, pijat, hypnotherapy, dan saya rutin akupuntur selama kurang lebih 2 tahun termasuk saat saya menjalani program bayi tabung di Penang. Tahun 2013 itu saya putuskan untuk berhentikan semuanya, dan kebetulan tahun itu saya punya banyak agenda bepergian karena dapat tiket pesawat murah. Bulan Pebruari saya dengar teman saya yang sudah 2 tahun menikah dan belum punya anak, berhasil hamil karena minum obat sinshe. Sebenarnya saya sudah pernah ke sinshe tersebut dan minum obatnya di tahun 2008, tapi tidak ada hasilnya. Iseng saya kembali ke sana dan dikasi pil minum yang sekali minum 16 biji, dulunya ternyata saya salah dosis saya minum hanya 4 biji. Setelah resep habis saya tidak kembali kesana lagi. Bulan Mei saat rekreasi ke Macau saya sempat flek kecoklatan yang saya kira mens selama 3 hari, karena dalam kondisi liburan saya tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Sebelumnya saya juga pernah minum obat herbal/tradisional tersebut dan tidak mens selama 2 bulan. Sepulang berlibur dari Macau, saya sempat bulutangkis 2x. Pada minggu ketiga karena harus keluar kota, saya iseng aja beli test pack dan hampir tak percaya ketika hasilnya positif. Saya beli test pack lagi merek lain, hasilnya tetap sama. Akhirnya saya ke dokter dan dinyatakan hamil 7 minggu, bahkan detak jantungnya sudah terdengar. Saya dan suami sampai tidak percaya, dan besoknya saya periksa lagi ke dokter kandungan lain. Benar! Saya dinyatakan hamil 7 minggu. Benar-benar mujizat Tuhan saya rasa, karena disaat saya menyerah dan berserah (setelah mencoba semua cara) ternyata saya dinyatakan hamil. Saat tahu hamil saya sempat khawatir takut terjadi apa-apa, tapi saya pegang saran dr Ng Ying Woo – be happy (don’t worry). Jadinya saya upayakan hati selalu senang, dan tidak mengkhawatirkan segala sesuatu.

Selama hamil 9 bulan, saya hanya 2 kali muntah itupun karena maag. Kehamilan saya jalani dengan senang, saya bahkan sempat beberapa kali jalan-jalan keluar negeri. Untuk makan saya juga makan biasa, tidak menjaga secara khusus atau bagaimana – hanya menghindari yang sewajarnya saja. Akhirnya bulan Pebruari lalu saya melahirkan bayi laki-laki yang sehat, dengan berat 3,8kg dan panjang 50cm. Sharing saya ini untuk semua pasangan yang sedang berupaya memperoleh momongan, tetap semangat ya – terkadang hal yang paling mustahil pun mungkin terjadi. Saran saya sebaiknya jika sudah berusaha beberapa waktu secara normal, dengan obat-obatan, belum berhasil sebaiknya lakukan pemeriksaan menyeluruh. Kemudian bisa mencoba inseminasi, dan jika belum berhasil – Anda memiliki tabungan bisa mencoba bayi tabung. Jangan menunda, karena semakin tua usia maka obat-obatan yang dibutuhkan semakin banyak (makin mahal). Jika Anda mencoba semua dan belum berhasil, Anda juga harus belajar pasrah dan ikhlas. Terkadang disaat kita pasrah dan berserah, Tuhan turun tangan.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

42 thoughts on “Berhasil hamil alami setelah 2x gagal bayi tabung – Indira

  1. Sani

    Hai Indira, salam kenal. Selamat atas kelahiran buah hati mu. Semoga cepat menyusul punya adik ya. Kalo boleh, sy ingin tanya, kamu ke sinshe apa dan dimana ya? Soalnya sy sendiri sdh pernah 2x insem dan 3x bt, blm berhasil. Pernah coba ke sinshe, tp ga tahan minum obat godokannya. Sy baca kamu dikasih minum pil. Sy jadi pengen coba periksa ke sinshe tempat kamu berobat itu. Trims ya 🙂

  2. Dwie

    waahh selamat ya mba Indira..
    senang nya baca crita mba yg berakhir happy ending..
    crita mba membuat sy semangat lg setelah diagnosis dokter terakhir sy yg sama seperti mba Indira yg mempunyai masalah di tuba kanan yg tersumbat total dan tuba kiri separuh tersumbat serta PCO.
    disaran kan utk oprasi pemotongan Tuba atau bayi tabung, tp sy blm jalani krn suami msh sibuk saat ini.

    Mba Indira,
    kl boleh tau mba Indira ke Sinshe yg dmn ya mba? trs nama sinshe nya apa?
    sy jg ingin mencoba peruntungan sy disana.

    sekali lg:
    selamat ya mba Indira..

    terima kasih utk sharing nya.

  3. Ika Candra

    Baca ceritamu ikut seneng mbak….aku jg PCO suami azo jg dah mau 7th nikah. Sdh pernah gagal insem dan bayi tabung jg. Smoga nular ke aku dech critamu. Aku jg dikasih tau alamat sinshe cm blm aku datangi. Obatnya hrs rutin minumnya dan harganya jg lumayan katanya.

  4. dwi

    mbak indira selamat ya atas kehamilannya… pengen banget nular hamilnya mbak… mohon info sinshe yang di surabaya itu ya mbak … soalnya sy pindahan dari jakarta jd blm tau sby… mohon info jg buat temen2 yg lain.. semangatt

  5. Aida

    Mbak Indira,

    Selamat ya mbak atas kehadiran malaikat kecil bersamu mbak.
    Oya mbak, boleh tau ya mbak alamat pengobatan Sinshe yang mbak coba itu.
    Saya juga udah hampir putus asa mba, skrg ingin bangun dan bangkit lagi

    Terimakasih sebelumnya,
    Saya tunggu jawabannya ya mbak

    Salam
    Aida

  6. Esther

    Hai mbak indira…
    Congratulation setelah sekian lama berdoa dan berusaha akhirnya Tuhan mengabulkan juga,, hadirnya baby kecil semoga lancar sampai nanti melahirkan.
    Saya juga mau tanya alamat sinshe krn sy juga sedang program mengingat usia sy sdh mau 38 thn,,
    Thanks yach,,, ditunggu jawabannya

  7. Indira

    Hi all…

    Semoga cerita saya bisa bikin semangat ya…tak doain ketularan hamil semua. Sinshe Sumber Waras, jl Sutan Syahrir no 9. Bukanya senin-jumat jam 5 sore s/d jam 8, kalau sabtu jam 10-2 siang. Telpon dulu sebelumnya. Kalo periksa sambil bawa hasil lab.
    @ Dwie : kalo problemnya tuba, saya rasa perlu terapi lain seperti hidrotubasi dan akupuntur. Klo dipotong berarti chance normal tidak ada donk. Dipotong itu jika ada hidrosalphinx.
    @ Sani : aku sampe udah tawar minum obat godogan hehehe… Klo pilnya ga berasa apa2, cuma gede2 aja n banyak
    @ Ika : ini terkamgkau kok, klo ga salah ingat saya bayar 200-300rb

  8. lena

    Hai semua, salam kenal,…. Kalau boleh tanya, selain makan obat sinshe, makanan apa yang dikonsumsi sehari harinya?
    Apakah ikut akupunktur juga?

  9. Indira

    @ Lena : kalau makanan aku tidak ada makanan khusus, yang pernah baca sih untuk menyuburkan bisa makan daging kelinci, trus ada gamat, multivitamin. Mestinya makanan juga ada pengaruhnya. Tp yang paling penting adalah manajemen pikiran, dijaga agar tidak stress/negative thinking. Memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Bisa dengan yoga, terapi hipnoterapi, ataupun bantuan psikolog. Kalau BT di Singapore ada pendampingan oleh psikolog selama proses, jadi mental juga disiapkan (makanya mahal).

  10. rida

    Halo sis indira.. congratz ya sdh berhasil alami.. sis mu nanya kl sinshe suber waras itu di kota surabayanya ya? Kl mau ksana hrs telpon dl ya? Bolekah sy mnt no telponnya? Sy suda coba insem 1x insen dan
    gagal hu3. Sy pco, suami yg asthenoteratooligo. Pdhl pernah normo lho..

  11. ferra peach

    Mba indira, sangat menginspirasi bgt cerita nya. Aku smp sedih trus senyum2 sndr pas baca akhir cerita, happy ending. Slmat y mba semoga bs hamil alami lg y mba. Amiiiiin

  12. fathul jannah

    Mba Indira, salam kenal…..saya membaca cerita mbak pagi ini saat saya iseng-iseng mencari informasi biaya untuk FET. Sebelumnya saya mengikuti program BT di Siloam Surabaya & berhasil hamil hingga 14 minggu. tetapi akhirnya harus dikuret karena janin tidak berkembang. sekarang ini sedang melanjutkan program kehamilan secara alami di dokter kandungan di Samarinda. Saya juga divonis PCO tapi saluran tuba baik-baik saja, tapi sampai sekarang belum berhasil. saat ini saya sedang menimbang-nimbang untuk ‘istirahat’ dari segala program kehamilan mengingat beberapa bulan terakhir saya banyak sekali mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan (dari dokter).tapi saya masih bimbang apakah keputusan ini sudah tepat.mohon masukannya mbak….
    Selamat atas kelahiran putranya mbak…. semoga hal ini terjadi juga pada kami semua yang sedang menantikan buah hati..Amiin

  13. Indira

    @ Rida : Sumber Waras di kota Malang, jl Sutan Syahrir no 9. Telp : 0341-325109. Kondisi sperma itu dapat berubah-ubah setiap waktunya, bisa dipengaruhi obat-obatan yang diminum, pola hidup, dan stress. Jika dulunya pernah normo, pasti bisa kembali ke kondisi normo. Coba konsultasi dengan androlog, mungkin ada suplemen yang bisa diminum.
    @ Ferra : semoga bermanfaat ya…aslinya lebih tragis itu ceritanya, untung deh happy ending hehe..
    @ Fathul Jannah : salam kenal mbak…setau saya boleh langsung coba bayi tabung lagi dengan interval dua bulan dari percobaan pertama. Apalagi kalau mau program hamil alami mestinya tidak masalah. Sebenarnya setelah menjalani siklus bayi tabung, khasiat dari obat-obatan penyubur bisa jadi masih berpengaruh dalam beberapa waktu. Sehingga bukan mustahil, bahkan banyak yang hamil normal setelah gagal bayi tabung.
    Saran saya sih sebaiknya “istirahat”kan dulu tubuh dan pikiran, setidaknya 3-6 bulan baru mulai untuk program lagi. Siapa tahu disaat menunggu ini, justru bisa hamil normal.Interval ini bisa lebih panjang, hanya mbak Fathul sendiri yang bisa memutuskan kapan Anda siap (lahir batin) untuk mulai program lagi. Konsultasi ke psikolog juga merupakan ide yang baik menurut saya, tumpahkan kekhawatiran-ketakutan-harapan Anda. Karena faktor emosional/pikiran juga berpengaruh pada kondisi tubuh kita, tanpa kita sadari.

  14. fathul jannah

    Mungkin benar kata mbak, bahwa saya sebaiknya mengistirahatkan dulu tubuh dan pikiran. setelah kejadian yang kemaren saya memang berusaha untuk rileks, tapi di sisi lain saya sulit mengendalikan keinginan saya untuk bisa berhasil. ( sepertinya ‘luka’ krn kejadian ini lebih sulit diatasi dibandingkan penantian selama ini 🙂 )
    Terima kasih atas perhatian dan saran yang mbak Indira berikan. Saya memang tidak banyak bisa berbagi mengenai apa yang saya rasakan kepada orang2 di sekitar saya. saya merasa lebih nyaman bertukar pikiran dengan orang-orang seperti mbak atau teman2 lain yang pernah mengalami pengalaman dan usaha yang sama.
    Semoga mbak Indira sekeluarga senantiasa diberi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa… Amiin

  15. Indira

    Benar, tidak semua orang bisa mengerti yg kita rasakan. Kadang niatnya baik kasih saran, tapi buat kita justru bikin down. Sabar Mbak, Tuhan tahu yang terbaik buat kita. Be strong and don’t give up. Miracle happen everyday 😉

  16. lena

    Hai Indira…
    Mau nanya sedikit nih, selama hamil alami ada masalah ga? Seperti flek dll, soalnya ini aku udah positive 5w, tapi udah 3 hari ini ada flek cpklat, ada saran ga? Biar kehamilannya bisa dipertahankan
    Thx before…

  17. Indira

    @ Lena : sempat flek coklat 3 hari, itu 1 25 hari setelah mens terakhir – kalau dari pengalaman bayi tabung kemungkinan flek itu pertanda embryo nempel ke rahim. Aku tahu hamilnya udah 7w, seterusnya tidak ada problem apa-apa. Sebaiknya Lena konsultasi ke dokter deh, klo ada apa2 bisa diberi obat penguat kandungan (dupasthon). Saya sempat minum karena pada waktu hamil trimester pertama saya trip ke Singapore-Malaysia, buat jaga2 aja.

  18. lena

    Tapi ini flek coklatnya koq banyak ya?? Jadi sedih, takut kenapa” soalnya udah dikasi duphaston 3×1 ga juga berhenti, udah 4 hari 🙁

  19. Indira

    @ Lena : udah ke dokter kan? klo flek biasanya disarankan bedrest. Selain dupasthon mestinya ada obat2an lain juga untuk penguat kandungan.

  20. lena

    Ini udah bed rest, tapi masih saja flek kalau duduk atau berdiri sebentar, badan rasanya lemas

  21. Indira

    @ Agus : coba baca ulang sharing saya dan comment saya diatas Pak, ada semua jawaban dari pertanyaan Bapak

    @ Emma : email saya di squatika@gmail.com

    @ Winda : yah at the end emang jodoh, rejeki dan anak di tangan Tuhan 😉

  22. efrida

    Hallo mbak indira, salam kenal. Terharu dan senang mdengar ceritanya. Selamat ya mbak atas keberhasilannya. Mau nanya mbak, kl obat shinshe itu kita harus ke sana ya? Bawa semua medical record? Apakah memungkinkan mrk mengirim obatnya?

  23. Indira

    @ Efrida : makasi, semoga lekas ketularan ya. Harus ketemu langsung, karena dia akan check kondisi kita (caranya cukup raba nadi di pergelangan tangan kita). Bawa medical record, bibi tua/sinshe’nya bisa baca medical record untuk dibandingkan dengan hasil pemeriksaan dia. Jika kedepan perlu mengulang resep, mungkin bisa minta dikirim. Sebaiknya tanya langsung ke sana sih.

  24. jesica

    salam kenal ya mba Indira,
    wah jadi semangat baca pengalaman mba. Aku sendiri pernah BT di singapore belum sempat ET tapi embrioku tidak berkembang dengan baik. Klau boleh tahu mba waktu itu ke sinshe dan ke akupuntur mana ya?
    Terima kasih atas bantuannya ya.

  25. Indira

    @ Jesica : sinshe’nya Sumber Waras, alamat, jam buka, dan no telpon please cek jawaban comment saya diatas ya. Untuk akupuntur saya langganan dengan Anita, kebetulan perempuan, jadi lebih nyaman. Tapi saya rasa semua akupuntur sama ya, karena yang distimulasi titik-titiknya (untuk kesuburan) sama. Btw, untuk embrio tidak berkembang baik – kalau berdasarkan pengalaman saya tiap cycle hasilnya bisa beda ya. Pada BT kedua saya dari 4 telur hasilnya 2 kurang bagus, 2 cukupan.

  26. Indira

    Dyth : usia saya sekarang 35 dan suami 37, pada waktu BT pertama usia 31 dan yang kedua 33 tahun (golden period untuk BT adalah under 35)

  27. keii

    selamat pagi semua,

    perkenalkan.. saya Keii..
    saya bekerja di klinik bayi tabung di Bangkok..

    klinik kami merupakan klinik khusus untuk infertility.. klinik kami terletak dipusat kota bangkok dan sangat mudah dijangkau..
    klinik kami merupakan salah 1 clinic terbaik disini, dan kami memiliki teknologi terbaru untuk pengecekan kromosom embrio (NGS) yang mana klinik kami merupakan klinik pertama kali di Asia yang mengembangkan teknologi ini.. sangat akurat dan meningkatkan tingkat keberhasilan..dengan teknologi ini pula anda dapat mengetahui apakah embrio anda normal atau abnormal, dan juga mengetahui gender dari si embrio, sehingga dapat memutuskan mana dahulu yang ingin di transfer..

    teknologi kami dapat dikatakan lebih maju dari singapore dan malaysia..
    maka dari itu banyak pasien kami yang berasal dari singapore dan malaysia ..dan selain warga thailand, singapore, malaysia, dan indonesia, pasien kami banyak yang berasal dari vietnam, jepang, china, hongkong, india, maldives, newzeland, LA, german, negara2 di amerika, dan australia lainnya.. jadi anda tidak perlu kuatir..

    informasi lebih lanjut mengenai klinik kami, dapat dilihat di http://www.safefertilitycenter.com
    dan bagi yang tertarik atau ingin bertanya2 soal program ini bisa menghubungi saya di :
    indonesian01@safefertilitycenter.com

    akan lebih mudah jika berkonsultasi / melakukan program ini di negara orang namun tetap menggunakan bahasa ibu kita .. ^^

    terimakasih

  28. amelia kawangi

    Selamat ya mbak….saya sekarang niy yang lagi deg2 an nunggu tanggal 11 Juni 2015 untuk test kehamilan setelah ET 5 hari yang lalu,btw saya ikut program di Permata Hati RS Sardjito…..mohon doa dari semua..

  29. yanti green

    Congrat ya mba indira
    Atas kelahiran baby nya
    Aq juga bulan mei 2015 coba ikut program bayi tabung di siloam surabaya,dr.aucky
    Tp programx belum berhasil
    Pas pemeriksaan darah,tnyata HCG nya hanya 2,3,dan di nyatakan tdk hamil
    Saat itu sedih dan kecewa rasanya
    Tp untung nya mertua,suami dan sobat ksh momotivasi dan support yg luar biasa
    Mereka ngga menyalahkan aq ataupun suami

    Jad InsyaAllah 3 bulan kemudian mw coba lprogram lg
    Insyaallah program yg ke 2 nanti berhasil
    Amin yra
    Mohon doanya ya …

  30. mutiara

    Slmt buat mbak indira…saya juga mau share hal yg mirip dgn mbak indira..tahun kedua pernikahan saya..saya mengikuti program bayi tabung..tpi dinyatakan gagal…terpukul pasti..sebab waktu itu dokter meyakinkan keberhasilan bt saya agak tinggi sebab saat usia saya msh 23 thn.tpi Tuhan ternyata punya rencana lain…tahun ke 6 pernikahan saya.kmi berencana untuk bt lagi …dan semua sudah say8a rencanakan dgn baik.sudah kontrol ke rs.tropicana medical center kuala lumpur…dan sudah buat appointment dgn dr.surender sing…tepat dua minggu sebelum berangkat untuk mulai suntikan,saya menunggu jadwal haid saya..tpi tamu bulanan tak juga datang…walau baru telat 2 hari saya beranikan diri untuk membeli testpack…dan ternyata muncullah dua garis yg membuat saya dan suami tak bisa berkata2 selain menangis mengucap syukur..skrg sudah memasuki bulan ke 3 kehamilan…mudah2an sehat sampai lahiran…yg saya mau sampaikan buat semua teman2 yg sedang atau akan menjalankan program..kuncinya ttp satu ..”berserah penuh”.untuk apapun keputusan Tuhan..kita berharap pada dokter.dan dokterpun hanya berharap keajaiban Tuhan..saya di vonis hanya akan berhasil hamil bila bt.krn tuba saya yg satu sudah di potong dan yg satu kondisinya tak terlalu baik.sperma suami juga oligo…tpi semua hal bisa terjadi atas ijin Tuhan..so,jgn berhenti berharap.vonis dokter tak membuktikan apapun kalau Tuhan bertindak
    ….semangat semuanya…..

  31. aura

    selamat ya mb mutiara..mdhn sllu sehat bersama babynya smpai lahiran..aamiin ya raab.jd nangisss nih baca sharingannya..mdh2an ak bs hamil alami dlm wkt dkt ini spt mb mutiara..aamiin ya rabb

  32. mutiara

    Semangat mbak aura…sebagai manusia kita harus berharap..berharap pada Tuhan tak kan pernah sia2..yakinkan saja diri dan suami,bahwa kita pasti diberi momongan..dengan cara yg Tuhan mau..baik alami atau pun program semua sudah atas ijin Tuhan.aq doakan mbak aura juga akan segera menyusul aq dan mbak indira….

  33. Poppy

    Slm kenal mba..sya jg bru gagal bt yang pertama tpi gagal wktu itu hcg 8,2. . Tgl 14 juli 2015 hri ini atau 2 hri sesudah pengummn mens pun kluar sedikit pekat dan warna kehitaman. . Disrankn 3 bln lg jika ingn lanjut krn msh ada 2 embrio yg disimpan.. mudah2n saya bsa hamil alami jg seperti mba.. tanpa hrs mengulang lgi.. aamiin. .

  34. mutiara

    Halo mbak popy..ttp semangat yah..dulu saya bhcg nya cm 7..2 hari kemudian saya haid..jgn stress..krn akn mengganggu kesehatan mbak nya.banyak berdoa aja mbak saat seperti ini supaya hati lbh tenang.share dgn teman2 yg juga pernal gagal dan saling menguatkan.semoga mbak juga bisa hamil alami..saya ikut doakan ..saya tau bgt rasa kecewa mbak saat ini…ttp semangat……

Comments are closed.