bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

9th April 2010

Bayi Tabungku Gagal – Retha

posted in Proses |

Hai teman2…. hari ini aku baru saja terima rapor dari Tuhan… dan program bayi tabungku dinyatakan Negative alias gagal…. duuuuhh serasa dunia ini mau runtuh. Sedihnya ampun2… rasanya ingin berlari ke tempat yg jauh dan menyendiri.

Dokter bilang embrionya ga mau nempel.. padahal kata dokter semuanya bagus. ya memang belum rejekinya kali… aku mau tanya sebenarnya jarak dari ET sampai tahu hasilnya jeda berapa hari siy?? Aku ET tgl 30 dan terima rapornya hr ini.. hanya merasa koq cepat bgt yaa.. hehehe

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...Loading...

This entry was posted on Friday, April 9th, 2010 at 10:10 pm and is filed under Proses. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 38 responses to “Bayi Tabungku Gagal – Retha”

  1. 1 On April 9th, 2010, erna said:

    hallo retha..salam kenal

    wkt itu aku ET tgl 15 nov 2009 n disuruh tes urin tgl 30 nov 09.

  2. 2 On April 9th, 2010, rinta said:

    hi retha, kamu bayi tabung dimana? dengan dokter siapa? aku jg lagi ada rencana mau persiapan program bayi tabung, rencananya pengen di rs. bunda

  3. 3 On April 10th, 2010, ipung said:

    Hallo Mbak Retha, sebenernya penyebab embrionya nggak mau nempel menurut dokter penyebabnya apa….? Saya juga rencannya mau ikutan program bayi tabung setelah selesai sekolah. Sekarang nggak mungkin, karena berjauhan dengan suami.

    Pertama kali diperiksa dokter, kedua tuba tersumbat dengan rahim terbalik ke belakang. Kemudian langsung disarankan program bayi tabung karena kondisi saya tersebut. Dari dulu sejak masih SMP, ketika haid hari pertama, perut saya sakit banget….bahkan muntah kalau lagi haid. Saya juga jadi berfikir, apakah ini karena saya rahimnya terbalik ya….???

    Meski dr menyarankan bayi tabung, tapi suami menghendaki agar normal saja dulu, akhirnya saya ikut treatment agar tubanya tdk terjadi pelengketan lagi. Alhamdulillah, dengan ditiup dan disinar, akhirnya tuba nya jadi tdk tersumbat lagi. Tapi selama setahun…saya ttp belum hamil, sampe akhirnya saya dapat sekolah diluar.

    Jadinya saya berencana untuk ikutan program bayi tabung habis sekolah. Apakah mbak Retha ikutan program bayi tabung karena penyebabnya seperti saya??

  4. 4 On April 10th, 2010, christina said:

    Salam kenal Retha…
    Setahuku seperti kita mns secara normal saja, tes urinenya hari ke 14 – 16, kalo positif pasti tes urine & tes darah juga akan positif, tidak perlu menunggu lama.
    Kasusmu sama seperti aku, embrio tidak mau nempel. Sampai DOkter dan teamnya heran kenapa bisa ya, prediksi mereka seharusnya aku berhasil.
    Tapi kalau sudah ditransfer itu sudah pekerjaan Tuhan. Kita tidak bisa mengontrol apa yang sedang terjadi di dalam rahim kita. Jadi ya harus iklas menerimanya. Hikmah yang aku dapat adl kita tidak boleh sombong & percaya diri karena hidup mati adl milik Tuhan….. ciieeee…
    Saat ini aku program lagi, dah mulai suntik puregon (sebelumnya Gonal F). Mungkin sekitar seminggu lagi dah OPU. Berharap Tuhan memberikan mujijatnya kali ini, Amin.
    Semoga kalian semua yang lagi program juga mendapat berkat Tuhan, GBU.

  5. 5 On April 10th, 2010, erlyna said:

    Aduh Retha turut prihatin ya
    Memang Retha sama dokter siapa sih. Saya juga akan bayi tabung, saya wanti2 juga sama diri sendiri tidak boleh marah & pasrah, siap mental.

  6. 6 On April 10th, 2010, erna said:

    salam kenal retha…
    aku ikut prihatin ya…aku juga mau coba BT tapi lagi pusing mau dmana….kmarin mbak retha BT dimana??

  7. 7 On April 10th, 2010, fikri said:

    bagi siapa sza yang mau mengadopsi anak hubungi ke no 085291800550…

    kasihan tu temen’q,,dy hamiL di luar nikah & cwoNya meninggal kn tmen’q itu… skg umur kehamilan nya sekitar 8 bulan,,, tolong yng mau ngerawat atw mengadopsi tu anak nya nNti…

    scepatnya… sya tinggal di Yogyakarta

  8. 8 On April 11th, 2010, lidya said:

    dear Retha,
    saya turut sedih dengan pengalaman bayi tabung yang dialami.
    Mengenai kapan waktuya untuk pemeriksaan level Beta HCG, adalah 11-14 hari setelah embryo transfer. Level beta HCG dihasilkan oleh placenta yang terbentuk dari proses penanaman embryo, sehingga bila embryo berhasil menempel pada dinding rahim akan menghasilkan HCG yang terbaca dari pemeriksaan darah.

    Tentang berapa lama hasil tersebut bisa dibaca setelah pengambilan darah, saya pernah denger dari teman yang melakukan proses bayi tabung di Sydney, hasilnya bisa dibaca setelah 1 jam kemudian, tapi saat saya menjalani proses bayi tabung saya 17 mgg yang lalu di Klinik Morulla Jakarta, saya baru dikabari hasilnya sekitar 5-6 jam setelah pengambilan darah.

    Mungkin saya bisa berbagi sedikit pengalaman, dulu waktu pertama kali mengikuti program, BB saya kurus, kalo dihitung Bassal Metabolisme Index dibawah rata-rata normal, untuk yang kedua, saya memperbaiki gizi dan berusaha menaikkan berat badan, alhamdulillah, saya berhasil, sekarang kehamilan sayang memasuki minggu ke 17. mungkin itu salah satunya sebab, karena saya juga diserang demam tinggi pada hari ketiga setelah ET, pada program bayi tabung saya yang pertama.

  9. 9 On April 11th, 2010, lidya said:

    @ ipung,
    saya juga penderita rahim yang retroflexi (melengkung ke belakang) malah dari catatan Dr Taufik Jamaan (dokter yang menangani bayi tabung saya saat ini), rahim saya “Hiperretroflexi dan agak melambung ke kiri”, tetapi beliau tidak menyarankan untuk operasi perbaikan posisi rahim, alhamdulillah, saya sampai saat ini sudah hamil 17 mgg. Saya sangat nyaman dengan dr. Taufik, karena saya sangat sensitif dan tak tahan dengan rasa sakit, sebelumnya, saat program pertama, saya mengalami kesakitan yang luar bisa saat ET, sehingga saya meminta kepada dr. Taufik supaya saya diberi sedasi saat ET, tapi setelah diyakinkan saat melakukan Dummy transfer saya tidak merasa kesakitan, saya akhirnya menjalani ET tanpa sedasi.

    Mengenai rasa sakit yang ipung alami saat menstruasi, lebih mendekati kemungkinan endometriosis daripada kelainan posisi rahim, tapi tentunya hal ini memerlukan pemeriksaan yang lebih lanjut.

    semoga membantu.

  10. 10 On April 12th, 2010, iin said:

    Hai… retha yg sabar yah.
    Km enga sendiri kok aku jg bln kmrn gagal BT tp yg penting jgn lah putus asa dan tetep semangaaaat jg byk2lh berdoa yah.

  11. 11 On April 12th, 2010, Mita said:

    Hi Retha, jangan berlarut-larut sedihnya.
    Aku ET tgl 29 Maret di Sby & tes HCG di tgl 8 kemarin, hasilnya negatif. Kemarin sempat sedih waktu pertama kali tahu hasilnya, tapi syukurlah sekarang sudah bisa terima kenyataan. Dokter bilang kalo semua proses sudah berjalan baik, ternyata 3 embrio yang dimasukkan tidak ada satupun yang menempel. Besok aku ke dokter lagi buat konsul kira-kira penyebab kegagalan tsb apa & kapan bisa thaw cycle. Maju terus & tetap semangat ya..

  12. 12 On April 13th, 2010, lin said:

    lam kenal mita, aku salut kamu tegar bangat terima kenyataan ini,dan cepat maju dan semangat terus,moga thaw cycle nanti berhasilya.klu boleh tau kamu bt dsby sm dr siapa?dl aku sm dr auky jg gagal

  13. 13 On April 13th, 2010, Mita said:

    Hi Lin, pertama konsul mau BT ma dr Aucky juga, cuman karena kesan pertama nya bete banget & kebetulan dibulan yg sama temenku gagal di Siloam, akhirnya aku hunting ke tempat lain di Graha Amerta. Aku kategori good responder, cuman habis puregon 2 ampul udah dapet 7 telur, pakai icsi yang berkembang ada 6 blastosit semua. Yang dimasukkan 3 jadi sekarang masih punya 3 froozen embrio. Padahal aku udah jauh2 hari prepare akupunktur, trus makan makanan sehat, HSG dll makanya optimis banget bakal berhasil. Sekarang lagi prepare pakai hal2 yang alami sapa tahu berhasil. Waktu gagal dulu dokter kasih tahu penyebabnya apa Lin? Sekarang sedang teratment dimana lagi? Share ya…

  14. 14 On April 13th, 2010, icha said:

    hai retha
    ikut prihatin ya, sabar aja..
    kayanya pengalaman kamu mirip sama aq, coba cek detailnya di :

    http://bayi-tabung.com/pengalaman-bayi-tabung-di-melaka-icha/

  15. 15 On April 13th, 2010, iin said:

    @ mita salam kenal yah km dl d graha amerta sama dokter siapa?
    Slnya kmrn aku BTnya jg d graha amerta.

  16. 16 On April 13th, 2010, lind said:

    hi mita,ya dr auky orangnya memang seperti itu klu konsultasi bawaanya mau cepet2 aja maklumlah paisennya banyak,apalagi sekarang katanya tambah buanyak,wkt gagal dl dr ngak bisa jelaskan secara apa penyebab gagal,tapi aku nyimpulkan sendiri mungkin embrionya ngak kuat nempel karna wktu itu aku punya endo,skrg aku dah LO rencana tahun ini mau ngulang didr auky lg, tetap semangat ya semoga tahun ini kita sama2 dikasih momongan

  17. 17 On April 13th, 2010, lind said:

    lam kenal iin,yang tabah ya dgn tetap semangat

  18. 18 On April 13th, 2010, wien said:

    hi retha,kamu tidak sendiri…
    hasil test beta-HCg ku di siloam sby kemaren juga negatif. sedih banget emang, apalagi kalo ada teman kantor yang tanya kabar programku. wuih, susah banget nahan tangis :p
    tapi berkat support suami n keluarga, dan sibuk lagi dengan pekerjaan, sekarang aku udah bisa lebih tegar.
    tetap semangat ya, rencananya aku juga mau coba lagi. semoga ikhtiar kita selanjutnya diridhoi olehNya…

  19. 19 On April 14th, 2010, Mita said:

    @Iin : aku di Graha Amerta sm dr Hendy, kamu BT nya kapan n sama sapa? waktu gagal dibilang karena apa ya? Masih punya frozen embrio kan, sapa tahu nanti thawing nya kita bisa barengan.

    @Lind : Sebelum BT apakah dr menyarankan untuk cek hormon, kekentalan darah, antibodi?. soalnya nggak ada saran apa2 dr dokternya. Cuman HSG aja hasilnya keduanya paten, tapi retro. Aku juga bingung sih mau nentuin langkah selanjutnya sebelum ikut thaw transfer mesti cek apalagi ya? Teman2 kasih saran ya…

  20. 20 On April 14th, 2010, tia said:

    slamat ya buat teman-teman yang tdk pernah putus asa…semoga yang diatas cpet memberikan yang kita minta…

  21. 21 On April 14th, 2010, lin said:

    helo mita,aku tahun kemaren bt sama dr auky,sayangnya ngak punya simpanan embrio karna pas2 dan udah ditanam semu hik hik….! sebabnya dr ngak bs jelaskan secara detil tapi aku mempunyai kesimpulan sendiri mungkin karna wkt program aku ada kista diovari dikanan,embrionya kalah sama herder/endo pegangan dirahim he he. ya nti terpaksa aku ngulang dari awal lg.

  22. 22 On April 16th, 2010, iin said:

    @ hai mita : aku sama prof. syamsul hadi wkt gagal dokter bilang krn sperma suamiku tp aku enga py yg dfrozen( sel telur ku ada 9 tp yg jd embrio cmn 1).
    Oia aku BTnya dpt yg short bln feb gagalnya tgl 6 maret. Masalahku memang d sperma suamiku kl aku sih normal tp smpt d LO sih th kmrn yg hasilnya normal smua.
    kl mita sendiri brp embrio yg d mskan?

  23. 23 On April 19th, 2010, Mita said:

    @Iin : sebenarnya rencana awal insem sih, jadi aku nggak pakai suntik2 yang berhari2 itu. Cuma 2x suntik untuk memperbesar telur. Saat USG ternyata ada 7 telur yang ukurannya besar, so Hendy nyaranin buat BT aja sekalian. Dari 7 itu yang bagus ada 6, yg dimasukkan 3 jd aku masih punya cadangan 3 froozen. Sperm suami juga nggak seberapa bagus, jd kemarin pake icsi. Setelah gagal bingung nih usaha apa & gimana lagi, Iin masih melanjutkan treatment ke prof syamsul atau sementara ini berhenti dulu?

  24. 24 On April 20th, 2010, cerril said:

    salam kenal, retha sabar ya,.. sy jg gagal bulan kemarin di aucky siloam,..kamu ga sendiri,sy jg sedih bgt n kcewa tp cepet nyadar kalo BT tuh ga 100% berhasil,jd persiapan mental nomor wahid buat ngadepin hal terpahit,.. @iin&wien,.. kita sama2 lulusan aucky ya,.. gagal bukan akhir sgalanya,wkt sy program kita teman ber 6 orang yg gagal makanya sedihnya sebentar krn kita dah kyk keluaraga slama disby yg penting mau mencoba dn berusaha lg,…semangat….

  25. 25 On May 1st, 2010, ipung said:

    @ lidya,

    Salam kenal…
    Lidya, memang untuk kasus rahim retrofleksi harus bayi tabung ya…?
    Kalau mmg saya punya endometriosis apakah bisa langsung menjalankan bayi tabung? apa penyebab endometriosis itu?
    Apa dampaknya bagi penderita endometriosis tapi terus ikut bayi tabung?
    Biaya bayi tabung untuk kasus rahim retroflesi kira2 berapa ya?

    Mbak bisa japri nggak…? emal saya purwantisuryadi@gmail.com…thx ya

  26. 26 On May 3rd, 2010, wien said:

    @ cerril, iya betul. semoga ini merupakan awal dari keberhasilan kita ya… mungkin kemaren kondisiku kurang bagus. telurku 5, dan yang bisa di icsi hanya 2. itu pun hanya satu yg ditanam, karena pembelahannya tidak secepat yang satu. walau embrioku 12 sel, tetep aja ga nempel. estradiolku jg pas2an.
    kapan mulai program lagi? aku bulan ini dijadualkan kontrol, semoga lancar2 aja untuk memulai lagi. tetap semangat…

  27. 27 On May 3rd, 2010, lidya said:

    Dear mbak retha, punten ya mbak, saya numpang lewat mo kasih comment ke ipung,
    Dear mbak ipung,
    untuk kasus rahim retrofleksi apakah harus bayi tabung, jawabannya tidak selalu, tapi posisi anatomi rahim dapat mengurangi kemungkinan hamil secara normal.Dalam kasus saya, selain posisi rahim yang hiperretroflexy, saya juga mengalami gangguan hormonal sehingga sel telur tidak berkembang (PCO), dan usia perkawinan kami yang sudah 13 thn. Pertimbangan saya dan suami saat itu adalah, usia saya yang sudah 36 tahun, dan bayi tabung kami pertama yang gagal serta sudah pernah inseminasi 1 kali yang juga gagal. Jadi kami pikir sudah cukup untuk mencoba cara lain selain bayi tabung.

    Endometriosis sering ditandai dengan rasa sakit yang hebat saat menstruasi, walo ini pun bukan tanda pasti untuk diagnosa ini, untuk pastinya tetap butuh laparaskopi yang sekaligus sebagai tindakan untuk mengangkat lapisan endometrium yang berada tidak pada tempatnya. (endometrium adalah lapisan dalam rahim yang pada saat menstruasi luruh, dan menyebabkan keluarnya darah menstruasi). Kalo seingat saya rasa sakit yang hebat itu disebabkan oleh ikutnya luruh lapisan endometrium yang berada di luar rahim, hal ini tidak dapat dihindar, karena proses menstruasi sendiri disebabkan aktivitas hormonal pada wanita usia subur yang dikendalikan oleh otak kita. Salah satu penyebabnya adalah infeksi saluran reproduksi, ada sebab yang lain, tapi saya tidak ingat. Kalo tidak salah, apabila diketahui pasien mengalami endometriosis, dokter akan menyarankan untuk mengobati endometriosisnya dulu, laparaskopi adalah salah satu tindakan yang dilakukan. Mengingat bayi tabung adalah tindakan yang mahal tentu akan lebih bijaksana bila kita mengatasi dulu setiap hambatan yang mungkin menyebabkan kegagalan.

    Untuk biaya,apakah kasus retrofleksi berbeda dengan yang lain, apabila dokter tidak melakukan tindakan rekonstruksi untuk kasus retrofleksinya (seperti halnya saya), biayanya sama saja dengan yang lain. Justru dosis gonal F yang diberikan yang akan memberikan perbedaan biaya. Umur juga sangat mempengaruhi respon kita terhadap gonal f. Dulu saat bayi tabung pertama saya masih berumur 34 thn, dan saat itu dengan dosis gonal f 150 IU saya sudah dapat menghasilkan 11 sel telur, saat program ke dua (36 thn) saya butuh 250 IU baru sel telur saya berkembang sampai 22 mm dan saat OPU didapat 8 sel telur.

  28. 28 On May 3rd, 2010, sisca said:

    hai semua lam kenal ya….
    aku baca postingan kalian jd ingin sharing nih….
    aku baca2 postingan di web ini pernah baca….PCO/endo/rahim retro/kista/miom ada yg bs hamil alami stlh melakukan detoks dg produk herbal kmd konsumsi Gamat Extract,ada juga yg kmd stlh detoks alamiah konsumsi produk lebah High Desert..kista akhirnya luruh dan keluar mirip mens gitu..ini tulisan shanty aris produk High Desert coba klik
    http://bayi-tabung.com/ada-teman-yang-punya-pengalaman-di-rshs-rita/
    produk herbal Gamat Extract coba klik
    http://www.k-link.co.id/products.php?act=detail&idp=13
    semoga info ini membantu bagi temen2 yg punya problem sprt diatas…
    jangan menyerah deh tetap semangaaaaaaaaaaaat

  29. 29 On July 10th, 2010, lisa said:

    too lidya,

    mo tanya neh, krn aku juga hyperretroflexi rahimku…..saat ini sering tidak kesulitan untuk kencing?….krn aku baru 13 minggu kencingku sering mampet, krn rahimku menutup saluran kencing….oke gitu lid….

    salam

  30. 30 On July 10th, 2010, ipung said:

    Dead mbak liyda,

    Saya sudah check dengan gynecologist di Clinic di Tokyo, pendapatnya sama dengan dokter Muharam di RS. Hermina Dewi Sartika, ternyata saya memang tidak punya endometriosis kok mbak…trus nggak ada myom, kista dll, ukuran rahim saya juga baik…Tapi kenapa setiap haid hari pertama merupakan penderitaan bagi saya ya…
    Apakah pengaruh rahim yang retrofleksi dapat menyebabkan sakit haid???
    Saya sangat ngeri kalau sampai dioperasi…takut terjadi apa2…
    Apakah ada teman2 yang punya pengalaman untuk mencoba alternatif pijat untuk membetulkan posisi rahim???
    Apa bedanya dan kapan dikategorikan sebagai retrofleksi dan hyperretrofleksi?
    Apakah resiko rahim retrofleksi embiro menjadi sulit untuk menempel?
    thx infonya ya…

  31. 31 On September 20th, 2010, Ari said:

    Hi Retha…

    Kami juga baru saja menjalani proses bayi tabung awal September lalu, dan hasilnya negatif alias gagal krn 2 embrio yang ditanam tidak menempel. Jarak dr ET ke test kehamilan dijadwalkan 14 hari persis dan saya haid pas dihari yang dtentukan tsb. Rasanya sedih bgt, tp untung suami 100% support dan sangat pengertian. Kemarin kami BT di RS, Bunda dgn dr. Indra Anwar. Disarankan jika mau mengulang harus menunggu at least 3 bulan.

    Tetap optimis ya…jika sekarang Tuhan belum mengizinkan semoga kita masih diberi kesempatan untuk terus berusaha dan tentu saja sabar.

    Regards, Ari di Bintaro

  32. 32 On December 13th, 2010, dewi salim said:

    Hai Mba Ari,

    Met kenal, nama saya dewi, Aku jg gagal BT pertama di BIC ama dr. Ivan bulan October, sedih rasanya, malah sudah berharap bgt, padahal yg ditanam 3 embrio, 1 excellent, 1 good, 1 moderate, kalau boleh tau Mba Ari gagalnya knp? kalau aku ktnya krn progesteronnya tinggi, jdnya embrio tdk nempel. aku jg sih mau coba lg tp tunggu 3 bln, ya kira2 nanti bulan january mulai konsul lg, tp disuruh test2 spt ACA,dll..kalau mba disuruh test2 spt ACA tdk? btw, boleh minta YM nya mba, biar kita bisa sharing2, YM ku : dewi_msalim@yahoo.com

  33. 33 On January 10th, 2011, nuki said:

    saya ikut prog BT di dr hendy graha amerta sby, kmrn saya disuruh hsg…ptnyaan saya, utk apa ya sy disuruh hsg? bukannya BT tdk membutuhkan data tentang saluran yg tdk tersumbat/tersumbat? mohon informasinya

  34. 34 On February 2nd, 2011, esti said:

    Dear all, ada yg tau brp biaya bayi tabung yg plg murah dan trjangkau ? kalo sm dr Hendy Surabaya kbrnya bisa 15jtan, sy rencana mo bayi tabung tp masih ngumpulin duit sih..trims

  35. 35 On March 29th, 2011, hartini said:

    Dear all,
    Saya baru kemarin test bhsg, hasilnya negatif, sedih banget memang rasanya, kan ikut program BT,harapannya besar untuk berhasil, tp kenyataannya msh blm di beri rejeki, waktu hari ke 11 setlh et, saya mencoba dg test pack, memang hasilnya menunjukkan negatif, dan kemarin waktu pengumuman, bener2 negatif.rasanya slth mengetahui hasil tsb,langsung nyesek di dada……padahal sdh mempersiapkan diri, bahwa apapun hasilnya harus siap dan kuat.waktu et tanggal 16 mar, ditanam 2 embrio, dan pengumuman tanggal 28 mar.untuk saat ini, blm punya rencana mencoba ulang BT, disamping hrs mempersiapkan mental,yg terutama mempersiapkan dana nya…he..he…
    selamat untuk temen2 yg sdh berhasil positif, dan yg msh belum berhasil ,semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan menghadapinya………dan mesti tetep semangat…..pdhl saya sendiri msh lemes rasanya….he..he….
    Salam

  36. 36 On August 23rd, 2011, miel said:

    Hi mita, ak jg mo rencana BT ma dr Hendy. kasusq ada kista ovari kiri, yg kanan da diopr th 2006. Km gagal BT kenapa? trus masalahmu apa kok ikutan BT. Pse inform ya..

    Bagi temen ” yg da berhasil ma dr Hendy di griu, tolong sharingx dong..

    Salam

  37. 37 On September 25th, 2011, helmi said:

    saya jg punya mslh hyperretroflexy/rahim terbalik.sdh IB 3x tp gagal.sebenarnya waktu IB pertama dan ketiga sdh ada pembuahan.tp stlh terlambat 1 mg akhirnya keluar mens.kira2 penyebabnya apa y?kok sdh terjadi pembuahan tp tdk hamil….

  38. 38 On October 3rd, 2012, Ika Candra said:

    Banyak warga Surabaya disini kayanya. Saya jg kmrn BT di Graha Amerta sm Prof. Syamsul. Tinggal nunggu hasilnya Senin Besok. Doakan berhasil ya…soalnya saya terserang batuk stlh ET hari ke 4. Menurut saya BT disitu ekonomis koq, tergantung brp banyak pemakaian obatnya.

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • yanti: @ mba lulu, sy di kabupaten parigi moutong mba. Cuma sering...
  • mela: @jas: boleh tau biaya berobat di Tow Young Clinic?
  • Nia: Terimakasih ya piping dan tasha untuk dukungannya. Thanks juga udah...
  • vero: Hi, All…. Syukurlah, klo itu cuma Rumors….. Mba Ciecie...
  • neni: Assalamualaikum wr wb… Mba Mel, postingannya membuat saya...
  • Claria Natasha: @Nia Jangan sedih yaa tetaap positif thinking, lebih...
  • pienk: Hai nia… Salam kenal Ak tau bgt gmn kondisimu skrg, ttp...
  • ciecie: Hi, mbak Selvi dan mbak Vero salam kenal. Syukurlah kalo cuma...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...