Bayi tabung untuk bentuk rahim abnormal – Uut Utami

Usiaku 36 th, suami juga 36 th. Tahun ini pernikahan kami sudah menginjak tahun ke-12. Awal pernikahan saya langsung hamil, tetapi pada minggu ke-8 terjadi keguguran sehingga harus dikuret. Hasil USG ada myom dan kista. Selang sebulan saya menjalani operasi kista dan endometriosis, sedangkan myomnya ternyata tidak ada. Saya juga suntik tapros 3 kali untuk mengeringkan endometrosis agar tidak numbuh lagi.

Dua tahun berjalan saya tidak juga hamil. Saya kembali periksa di dokter yang berbeda, hasil HSG ternyata kedua tubaku buntu, hidrosalpink dan rahim berbentuk tanduk. Saya kemudian menjalani tiup 3 kali, sakit memang tapi motoku “semua akan berlalu”. Cek HSG lagi, tubanya nggak mbuka juga dan dokter menyarankan bayi tabung.

Karena suami belum setuju akhirnya kami berobat alternatif mulai dari jamu dan pijat kampung, produk madu dan lebah, herbal untuk TORCH, herbal cina yang mahal dan bikin gemuk (bahkan vertigo), herbal dari timur tengah yang mahal juga dan masih banyak lainnya, semua NIHIL. Akhirnya kutemukan blog ini saya tertarik untuk sengat lebah. Terapi sekitar 15 Kali, aku HSG ulang dan kondisinya tetap sama. Mungkin pengobatan alternatif tidak sesuai untuk kasusku.

Tiga bulan yang lalu aku ke dokter lagi, niatannya bayi tabung. Tes FSHku 6,05 kata dokter bagus, tapi stlh melihat riwayatku aku harus laparoscopy dulu. Tgl 12 feb kemarin operasinya, Hasilnya perlengketan berat di organ perutku, ovarium kiri dan tubanya melekat di usus besar, karena beresiko jadi dibiarkan saja, sedangkan ovarium kanan dan tubanya bisa di bebaskan. tuba kanan menjadi paten tapi fungsi menangkap telurnya diragukan jadi ya tetap disarankan bayi tabung.

Saya optimis untuk menjalani bayi tabung bulan depan, cuma ada sedikit pertanyaan untuk bentuk rahim saya. Setelah saya baca di google untuk rahim bertanduk, nidasi (penempelan embrio agak sulit) dan ada kemungkinan keguguran karena posisi penempelan janin di tempat yang sedikit pembuluh darahnya. Apakah dokter punya kiat khusus untuk menaruh embrio di bagian rahim yang baik? Janin juga susah berkembang karena ruang rahim yang sempit. Bagaimana nanti kalau yang ditanam 2 atau 3 embrio? Tolong dong sharing untuk ibu2 yang punya masalah yang sama denganku. Kalau ada yang pernah operasi koreksi bentuk rahim atau berhasil bayi tabung dengan bentuk rahim yang abnormal, pengalamannya pasti sangat berguna bagiku. Masalahnya saya barusan laparoscopy dan bulan depan mulai program bayi tabung. Saya mohon saran dari teman2 semua. Saya tunggu….

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

30 thoughts on “Bayi tabung untuk bentuk rahim abnormal – Uut Utami

  1. Featha

    Hai bunda… Sy jg mmliki rhim brcbg, dkternya blg byk ko yg brhsil dg hmil&mlhirkn normal…Alhamdulillah 5bl kmdian sy bs hmil dg normal smp mlhirkan… Smgt bunda2

  2. uut

    Hai, teman2 semua. Ini ada berita gembira utk teman2 yg mempunyai rtahim bicornue. Tiga hari yang lalu adik iparku melahirkan anak keduanya secara cecar, padahal anak pertamanya lahir scr normal. Selain karena terlilit tali pusar ternyata bayi tidak bisa bergerak normal menuju jalan lahir. Keadaan ini disebabkan karena ternyata rahimnya bicornue. Ternyata rahim bicornue masih berkesempatan hamil normal dan bahkan melahirkan secara normal. Semoga berita ini bisa memberikan semangat baru…..

  3. melia

    februari,10th ,2012
    assalamualaikum ! hai teman2 ikutan sharing y.
    beberapa hari yang lalu q juga menjalani kuret,karna janin yang uda berusia 15 mnggu itu tidak berkembang,q juga gk tau knp bs kgguran krn tak sekali pun q jatuh,,,dr mknan juga sehat,mnum susu.tp allah berkehendak lain ,dan sampai saat ini q juga msh mrsa khlngan ..tp saran dokter q harus mnunda khmln slm 3 bulan,tp q ud gk sbr lg pngn cpt2 hamil ge,doai y agar kita sama2 diijinkan tuhan mnjd seorang ibu

  4. Siwi

    Halo Wanti,
    Thanks ya atas suppportnya.
    Saya dah mulai juga di BIC Morula dgn dr Ivan.
    Sdh periksa darah n usd ternyata ada kista hormonal 3cm, jadi ditunda tunggu kistanya kempes.

    Smg Wanti berhasil juga ya program BT nya. Kita sama2 berdoa diberikan kemudahan dan kelancaran. amin

  5. shafa

    @wanti:
    thanks atas supportnya,, iya saya sedih banget ketika mendengar vonis tersebut, rasanya dunia ini mau runtuh. Semoga Allah memberikan jalan yang terbaik.. Tapi untuk BT sekarang ini saya belum siap baik itu secara materi maupun mental.
    Btw mbak wanti kapan progamnya?? sharing-sharing disini ya mbak!!

    @uut
    bagaimana progam selanjutnya mbak??

  6. wanty

    @shafa:hai shafa..salam kenal.saya turut prihatin dengan hasil pemeriksaanmu..namun bagi TUHAN tidak ada yang mustahil.yakin dan percaya lah disetiap usaha kita,TUHAN pasti selalu melihat dan menunggu waktu yang tepat untuk memberikan keturunan kepada kita.TUHAN tidak pernah tidur dan tidak akan pernah menutup mata atas segala perjuangan kita.tetap berusaha,berdoa dan berpasrah diri.mengingat kondisi menurut saya langkah yang paling tepat adalah BT.aku ikut mendoakan semoga apa pun langkah yang ditempuh nanti,semoga berhasil dan TUHAN berkati..amien 🙂

  7. shafa

    Hai teman2 smua dari hasil Hsg saluran tuba kananku tersumbat saya sdh pernah insem tp gagal,dari hasil usg malah dokter menemukan kalau bentuk rahimku bersekat dan di anjurkan untuk laparoskopi kemarin tgl 20 oktober laparoskopi di permata hati yogya dg dr. Dwi haryadi, n hasilnya kedua tuba non paten dan rahim ganda dg ukuran tdk sama, solusi terakhir hanya dg BT dan itupun peluangnya kecil. Gimana menurut teman2 saya umur 29th suami 31 th. Usia perkawinanku hampir 5 tahun. Saya tunggu saran teman semua..
    Thanks…

  8. wanty

    hai siwi..saya akan mulai BT pertama bulan november ini di klinik morula dengan dr.Indra Anwar,semoga siwi diberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses bayi tabungnya nanti dan berhasil amien

  9. Siwi

    Salam Kenal semua…
    Saya siwi ( 39 thn) bln sept 2011 lalau saya operasi laparaskopi. Ternyata terjadi perlengketan dan tdk bisa dibuka. Rencana saya akan ikut program bayi tabung, tp masih bingung antara Klinik Morula Bunda dan Klinik Yasmin.
    Ada yg bisa membantu. Mohon infonya.
    terima kasih.

  10. uut

    Halow semua…
    Bulan juli lalu aku program BT di jogja, tapi masih gagal. Walaupun udah digunakan Gonal dosis tinggi tapi cuma diperoleh 4 telur dan akhirnya 1 embrio ditransfer dan tidak menempel. Untuk program Bt berikutnya mungkin aku mau ke surabaya atau Jakarta. Tapi masih bingung nih. Sebenarnya ingin di Surabaya, tapi apakah dg dr aucky bisa dilaksanakan teknik assited hatching utk meningkatkan keberhasilan penempelan embrio. Temen2 yang punya info ttg hal ini bagi dong.

  11. Ninu liansari

    Selamat sore dok,perkenalkan saya perempuan usia 29 tahun tinggi badan saya 150cm,berat 60kg ^_^
    Saya sudah menikah 5 tahun dan belum diberikan keturunan,ada beberapa pertanyaan yang ingin sekali saya tanyakan
    1. Hasil pemerisaan RS di Bandung 2007 dan RS Pekanbaru 2008 Saya di diagnose ada kista 0.8mm,tapi tidak membesar apakah itu berbahaya?
    2. Dec 2010 RS di Bandung bag Infertilitas.Saya pernah menjalani HSG dan hasilnya tuba saya yang kanan Unicornus maksudnya apa itu yah? Saya disarankan laparoscopy (tapi belum saya jalankan karena sy tinggal di jayapura disini alatnya belom ada,)tapi saya pernah 2 kali menjalani terapi peniupan/dimasukan cairan di Dr di Manokwari Papua Barat,hasilnya ada penyumbatan disebelah kanan.
    3. Dec 2010 dari hasil diagnose Dr di Jayapura Papua, ada jaringan cancer serviks chin 2,dan sudah diangkat apakah itu bisa kembali kambuh?bagaimana saya merawat biar penyakit itu ga datang lagi
    4. 7 sep 2011 saya kembali memeriksakan diri karena 2 bln terakhir haid saya tidak lancar dan Dr menyatakan saya Kena PCO dan disarankan diet,apakah PCO itu? Dan berbahayakah?
    5. Dari hasil test sperma suami saya tahun 2008,dia dinyatakan terdapat sel darah putih dalam sperma nya,apakah itu berbahaya?dan apa penyebabnya?
    6. Dari banyak hal yang saya alami apakah saya masi berpeluang hamil kah dok?
    Atas jawaban nya saya ucapkan,terimakasih banyak…

  12. ai

    hai all, saya adalah single parent umur 28thn bagi 2 anak balita. saya bersedia menjadi surrogate mother bagi pasangan suami istri yang mempunyai embrio sehat tp bermasalah dengan rahimnya. sedikit info klo saya dah 2 kali melahirkan dengan persalinan normal dengan berat masing2 3,5 kg dan 3,750 kg. kedua anak saya Alhamdulillah sehat dan montok. bagi yang berminat ( jika itu memungkinkan di Indonesia )bisa kirim email ke mychildren810@yahoo.com

  13. lily

    Hai…. saya jg punya rahim bicornoe,jg udah pernah keguguran 3kali,skrg lg mau coba bt di klinik teratai waktu keguguran jg ktnya saya blinded ovum. Tp wkt saya tanyakan sm dokter kl keguguran msh kecil gitu bukan karena bentuk rahim tp terlebih krn kelainan kromosom/infeksi/memang sel telur yg dihasilkan emg jelek dr sononya. Ktnya di klinik itu jg udh ada yg pernah berhasil utk bt krn kelainan bicornoe tp bayinya lahirnya gak bs smp 9bln cm 7bln udh melahirkan.

  14. rima

    hello…semua…saya udah menikah sekitar 1 tahun,saya ada kelainan anatomi tubuh..rahim saya sempit dan sel telur kecil – kecil,,,haid tidak lancar…kata dokter saya kesulitan hamil…hiks….saya sedih…ada ga teman2 yg mengalami seperti saya?apa ada kemungkinan bisa hamil?kalo ga…ada info adopsi anak…share ke saya ya…teman…trims..

  15. shinta

    Hi…salam kenal buat ibu2
    Duuh..saya salut deh baca perjuangan ibu2 untuk bisa hamil, saya baru 2 minggu yg lalu laparaskopi (ada kista coklat) pas dibilang ada kista sm dokter..itu dah bikin saya shock berat. Setelah laparaskopi saya disuruh suntik tapros 3 kali.
    Mudah2an smua usaha kita untuk punya baby dikasih jalan sama yang Diatas…

  16. prima

    Halo mbak uut dan teman2 lainnya salam kenal sblmnya.saya juga baru tau dari hasil hsg kalo rahim
    Saya juga abnormal ( bertanduk), terus terang rasanya
    Down banget karna saya dan suami udh 3,5 th nikah, usia saya 28 th
    Dan suami 31 th. Membaca cerita mbak uut membuat saya semakin semangat
    Dlm program baby ini, saya ingin bertanya mbak apakah dengan BT kemungkinan
    Berhasilnya besar? Trus tahap2 apa aja yg harus dilewati buat BT?
    Trus biayanya kira2 brp? Jawaban mbak dan teman2 sekalian sangat
    Membantu saya. Trims dan terus berjuang..

  17. septy

    usiaku 33th dan suami 43th, kami sudah 3 tahun menikah tapi saya belum pernah hamil. awal tahun 2010 saya dinyatakan myom dan endometriosis, ukuran myom sekarang 3.3cm sekarang saya lagi menjalani program untuk hydrotubasi/tiup tgl 4 juni 2011 saya kedokter dan diberikan obat profertil sebanyak 5 butir diminum saat saya haid hari 2, dan hari 8 haid saya harus di hydrotubasi, oh ya suami saya juga ada kelainan sperma ( teratozoospermia ) kelainan bentuk sperma hanya 5% dari jumlah normal yg dapat bergerak baik, tolong share yg pernah punya kasus sm dengan saya. apakah bisa berhasil, krn kalau BT saya tidak sanggup.

  18. noviasabrina

    mbak uut saya juga dah laparascopy endometriesis tapi 2 bln kemudian langsung Bt…tapi kehamilan saya jatuh tgl 14/2/2011…
    tapi sekarang saya di Bt lagi sekarang lagi bedrest di Rs selama 2 mnggu..,besok penentuan Bthcg..Bantu doa buat teman2 yg senasip sama saya ya..,jadi mbak nggak usah nunggu lama2..lagi semakin lama ntar kita semakin malas untuk melakukan nya..semangat ya..

  19. uut

    Hallo kak shita,
    Senang bisa berbagi….
    Permata Hati itu di RS Sardjito Jogjakarta (letaknya sebelah barat kampus UGM). Kalau berdasarkan usia saya kira bisa, tapi kondisi seseorang yang berbeda mungkin menjadi pertimbangan lain seseorang disarankan BT atau tidak. Berdasarkan cerita dari pasien yang ikut BT di PH dg usia 47th tsb, beliau bilang sempet ditolak mengikuti program BT di salah satu RS karena pertimbangan faktor usia. Kemudian beliau mencoba konsultasi di PH dan 2 bulan lalu sedang menjalani cek hormon. Sayangnya saya gak tahu perkembangan selanjutnya. Kalo kak shita berminat coba aja konsultasi dulu, mudah2an menjadi jalan untuk mempunyai buah hati Amien….

  20. shita

    Hallo Uut,
    Kamu program BT di Permata Hati itu dimana ya..? Apakah bisa dgn usia 46 thn ikut program BT? spt yg kamu cerita ada pasien dari bengkulu usia 47 thn…thanks

  21. uut

    Hallo icha….
    Aku kayaknya ditunda dulu BTnya soalnya siklus haidnya jadi gak keruan (makin maju) setelah minum yasmin. Bulan ini cuman 18 hari keluarnya dikit2 banget, sudah 10 hari belum berhenti. Lagian suami ada tugas luar kota 3 bulan, daripada gak nyaman (stress) mending tak tunda lagi.
    “Manusia hanya bisa berencana, berikhtiar, berdoa selanjutnya serahkan pada yang maha memberi”.

  22. icha

    hallo mba uut…iya mba, kita musti tetap semangat…apapun diusahakan d untuk bisa berhasil gendong buah hati…..gimana prosesnya sekarang mba.?sudah sampai tahap mana.?….kalo aku, si dokter geleng2 kepala krn udah 5 siklus gak berhasil hamil juga, jadi dia ganti obat yg lain, femara dll….:-p……

    hi mbak anastasya salam kenal juga ya…kalo boleh tau mba selain rahim bicornue gak ada masalah lain kan.? semoga tidak ada masalah lainnya ya dan tetap semangat utk berjuang…nanti share pengalamannya ya mba…

    agak terhibur juga karena punya teman yg senasib….soalnya pasca kuret kedua april tahun lalu ditambah dengan keterangan dokter terakhir kalo rahimku abnormal, aku down banget dan sempat kepikiran mau adopsi aja…tapi sekarang jadi lebih bersemangat utk usaha terus punya darah daging sendiri…

    thanks sharenya ya mba uut dan mba anastasya..tetap saling kabar kabari tentang perkembangan nya ya….:-)

  23. uut

    Hallo juga anastasya…
    Saya juga divonis rahim bicornue oleh spog yang dulu di Semarang berdasarkan hasil HSG. Tapi ketika saya tanyakan ke spog yang merawat saya sekarang tidak ada penjelasan mengenai bentuk rahim walaupun saya telah menjalani laparoscopy dan hysteroscopy dengan beliau. Beliau hanya menjelaskan keadaan rahim saya bersih tidak ada polip maupun myom. Mudah-medahan anastasya lancar pemeriksaan di singaporenya sehingga kita dapat berbagi pengalaman. Karena saya hanya menjalani LO kemarin, tes FSH dan USG hari kedua haid itu saja. Jangan lupa yah ditunggu sharingnya…..

  24. anastasya

    halo uut… saya kemaren juga baru HSG dan divonis rahim bicornu. Oleh dr sp. OG saya disarankan untuk bayi tabung dan konsul ke konsultan klinik fertility, karena dr Sp OG nya baru menangani sedikit sekali kasus bicornu, sehingga saya disarankan ke yang lebih ahli. Dalam waktu dekat saya berencana berangkat ke singapur untuk konsul disana. Ada yang bisa memberi gambaran ga kalo kasus rahim bicornu dan ingin hamil kira2 pemeriksaannya apa aja?

  25. uut

    Hi…vanetta
    Rahim bertanduk adlh salah satu kelainan bentuk rahim. Biasanya diketahui dari hasil HSG. Kelainan bentuk rahim merupakan salah satu sebab hambatan embrio dpt menempel di rahim. Bila terjadi kehamilan akan meningkatkan resiko keguguran dan posisi janin sungsang. Karena kelainan bentuk rahim ada bermacam2 maka akan memberikan tingkat hambatan yang berbeda pula. Itu sedikit pengetahuanku kalau ada yang keliru dikoreksi ya…
    Kelainan bentuk rahim memang tidak perlu kita pikirkan, mengapa bentuknya spt itu karena itu udah bawaan lahir. Tapi dengan kita ketahui kelainan ini setidaknya kita bisa lebih berhati2 menjaga kehamilan kita nanti.
    Vanetta udah pemeriksaan apa aja? apa dah program? sharing dong….

  26. uut

    halow icha… Senang punya teman yang semangat kaya icha. Kemarin aku juga barengan sama pasien BT di Permata Hati, usianya dah 47th dari Bengkulu, wow… semangatnya patut kita contoh. Icha kan gak ada hambatan lainnya kan? Jadi akan mudah hamil lagi. Semakin sering hamil akan membuat rahim mengembang sehingga untuk kehamilan berikut akan lebih mudah, itu yang saya baca. Mudah2 kehamilan icha yang berikut selamat dan sehat. Saya sendiri programnya ditunda bulan depan karena ada kista fungsional (folikel yg gak pecah/tdk tjd ovulasi). Bulan ini hanya minum pil KB (yasmin) untuk mengempiskan kistanya. Mudah2an bulan depan kondisinya baik dan dpt dimulai programnya, AMIEN…

  27. icha

    salam kenal mba uut, saya icha..bentuk rahim saya juga bertanduk atau bercabang (bicornu)..sempat posting juga di sini (keguguran 2 kali dan divonis rahim bercabang) tapi gakada yg comment.hehehe
    saat ini saya masih berobat dengan dokter makmur di medan dan menurut beliau, bentuk rahim abnormal masih memungkinkan untuk hamil dan melahirkan anak yg sehat. cuma sebelum hamil musti minum obat dan vitamin dan pada saat hamil si ibu harus bed rest total dan juga ditambah dengan obat plus suntikan penguat. dari 5 bulan yg lalu saya diberi folavit dosis 1000ml 2×2, mithioson 1×1 dan blesifen pada saat haid hari kedua 2×1 (utk 5 hari). sampai saat ini sih belum berhasil hamil juga sih..:(
    tetap semangat berjuang ya mbak..semoga usaha dan doa kita untuk jadi ibu bisa terwujud suatu hari nanti…:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*