Bayi tabung pertama – Lia

Hi teman-teman. Nama saya Lia. Setelah setahun menyusun rencana, akhirnya saya bisa melakukan bayi tabung. Untuk hasilnya masih belum tahu karena masih ada sepuluh hari lagi baru saya akan melakukan pemeriksaan darah(bhcg).

Masalah fertility sudah saya sadari dari beberapa tahun yang lalu. Tapi karena kurangnya pengetahuan dan informasi, saya baru “terbuka” untuk melakukan bayi tabung sejak setahun yang lalu. Sebenarnya, sejak membuka web ini (thanks, bayi-tabung.com). Ternyata bayi tabung tidak semahal yang saya bayangkan dulu. Hampir semua artikel saya baca, mulai yang proses, berhasil sampai yang gagal.

Dari semua artikel, kesimpulannya ada 4 kota yang bisa jadi pilihan saya, Surabaya, Jakarta, Medan dan Penang. Akhirnya saya pilih Penang. Selain tingkat keberhasilannya relative tinggi, dekat dengan Medan, kota asal saya. Karena umumnya keluarga saya tinggal di Medan. Saya pun mulai mengumpulkan informasi lebih banyak dari teman-teman atau temannya teman yang pernah bayi tabung di Penang, tepatnya di Lam Wah Ee Hospital dengan dokter Ng Peng Wah. Sampai saya punya “mentor” segala! (thanks kak Karina di North Carolina!)

Setelah beberapa email dengan asisten dokter Ng (miss Low), akhirnya Desember 2010 lalu saya pertama kali bertemu dengan dr Ng Peng Wah. Orangnya tidak sedingin yang saya bayangkan dari artikel-artike yang saya baca sebelumnya. Tapi memang dia bukan orang suka berbicara banyak. Intinya, kita harus percaya dengan keputusannya. Kalau saya biasanya tetap tidak tahan untuk diam dan suka bertanya, “bagus, dok?” atau “bagaimana, dok?” dia akan menjawab sekedarnya. Kalau butuh penjelasan detail, bisa langsung masuk ke ruang konsultasi, Miss Low Bin Kee dengan senang hati pasti membantu.

Karena mens saya memang tidak teratur, saya memang harus mengkonsumsi profera (untuk datang bulan) supaya tepat saat bertemu doker nanti Hari ke2 mens. Tapi apa boleh buat, mens yang sudah saya hitung sangat rapih ternyata datang terlambat! Saya dan kakak harus memperpanjang tinggal di Penang karena harus bertemu dokter lagi dua hari kemudian. Dan tiket Airasia pun hangus!

Setelah pemeriksaan darah keluar, akhirnya dokter menganjurkan saya bayi tabung, seperti yang saya rencanakan. Kebetulan saya sudah dua kali iui/insem dan gagal. Karena pco dan mens saya tidak datang kalau saya tidak makan obat (bahkan pernah lebih dari 6 bln!). Saya jelaskan kalau saya biasa konsumsi profera. Tapi dr Ng menganjurkan obat lain yang sedikit lebih ringan, Neosteorin. Dan karena saya bilang kalau saya butuh waktu untuk memutuskan kapan mulai program, dr memberi saya stok obat untuk 6 bulan. Yang harganya kurang dari RM20. (saya lupa pastinya) Pertengahan Agustus 2011 lalu akhirnya program saya dimulai. Thanks to Gege yang program Agustus tahun lalu jadi paling tidak ada gambaran lama dan prosesnya.

24 Agustus saya mulai suntik suprefac 40iu selama dua minggu. Karena memang rencana untuk suntik sendiri, saya bawa semua obat ke medan dan kembali ke Penang dua minggu kemudian.

8 September saya kembali bertemu dengan dr.Ng. setelah diperiksa, saya harus memperpanjang suprefac dua hari lagi dengan dosis 15iu. Baru kemudian 10 September mulai suntik Puregon 175iu dan suprefac 15iu. dengan membawa instruksi untuk lima hari, saya pulang lagi ke medan.

15 September. Dari begitu banyak telur yang ada (PCO) hanya ada 3 telur yang membesar. Tapi dr Ng bilang, itu masih normal. Suntikan dilanjutkan untuk dua hari kedepan. Kali ini saya tidak bisa balik ke Medan lagi karena dokter minta periksa setiap dua hari. Disini saya salah perhitungan dengan bookingan apartment yang akhirnya bisa terselesaikan juga.

17 September, terlihat 7 telur yang bergerak membesar. Kali ini dr Ng terlihat kecewa. Katanya ini kurang bagus. Saya panic! Pulang ke rumah saya cerita dengan kaka yang punya apartement. Dia nganjurin saya belanja kepiting bertelur dan dibuat sup. Katanya bisa membantu. Disaat seperti ini, apa pun yang katanya membantu pasti kita lakukan. Karena yang saya tangkap, intinya kita butuh asupan protein tinggi. Di pasar, saya bukan hanya beli kepiting yang sudah dijamin ada telurnya (kata yang jual dan terbukti!) tapi juga kebetulan melihat telur ikan. Saya beli. Dirumah saya buat sop ala kadarnya.(kebetulan saya kurang pandai masak).

Mungkin karena sop kepiting dan telur ikan mungkin juga karena reaksi badan, yang pasti saat diperiksa pada 19 September, ada lebih dari sepuluh telur yang berkembang. Ukurannya bervariasi. Kali ini dr bilang sudah cukup bagus tapi jangan terlalu di dipaksa. Karena saya pco, dokter harus take it easy sama telurnya. Ada teman (kak erna!) yang mulai start suprefac di hari yang sama (24 Agustus) sudah siap panen (opu) pada 22 September tapi saya masih tetap suntik. Hanya saja Puregon diturunkan jadi 150iu sedang suprefac tetap 15iu.

21 September, dr Ng memutuskan saya opu tanggal 26 Sep. Puregon dihentikan karena takut kebanyakan telur yang berkembang, hanya suprefac untuk satu hari. Hari itu memang dokter sedikit panic,telur saya yang berkembang dalam dua hari terakhir ini terlalu banyak. Dr. Ng malah sempat mengatakan kalau kondisi saya tidak memungkinkan setelah opu, et akan ditunda sebulan kemudian karena besar kemungkinan saya tidak akan kuat. Lemas rasanya. Hanya dalam hati, saya yakinkan diri kalau saya PASTI bisa!
24 September, ovadrell. 25, santai.

26 the big day! Sempat panic karena nurse d bagian ivf center sempat cari-cari suami. Katanya butuh sample baru. Yang dikasih kurang bagus! Wah, suami tambah pusing, mana bisa keluar lagi. Tapi akhirnya suster bilang gak masalah lah kita proses aja sample yang ada. Sempat lemas juga. Tapi karena dia bilang jangan khawatir ya sudah lah.

Meski dibius, saya merasa dengar nurse di ruangan opu sebut 18. Tapi menurut Mis Low, ada 11 telur yang layak dibuahi. Dan kami harus menghubungi ivf centre keesokan harinya untuk memastikan kapan et dilakukan. Senangnya ketika mereka pastikan 29 September jam 10 pagi akan dilakukan ET.

29 September, embrio transfer (et). Dari 11 telur, hanya 5 yang berhasil jadi embrio yang menurut dr Ng kulitasnya sangat bagus. Ada 3 embrio yang ditanam ke rahim dan 2 dengan grade A dibekukan. Rencana, 12 Oktober nanti saya periksa darah untuk terima raport. Lulus atau tidak. Tiap hari saya berdoa supaya usaha ini diberkatiNya. Tapi kita kan cuma bisa berusaha, yang menentukan tetap Yang Diatas. Saya bawa santai saja, berpasrah. Teman-teman, bantu doanya juga ya supaya usaha kita berhasil. Hari ini ada kak Uli sedang ke rumah sakit untuk terima raport. Kak Erna tanggal 6 Oktober. Dan beberapa teman lainnya seperjuangan di ruang tunggu!:D

Meski tulisan ini sedikit telalu panjang, banyak sekali yang masih ingin saya sampaikan untuk teman-teman yang berencana bayi tabung di Penang. Kalau bayi-tabung.com, bersedia saya akan kirim beberapa artikel lagi.

Untuk informasi, biaya yang saya keluarkan untuk berobat RM 9453.70 atau sekitar RP 27.415.730,- dengan kurs RM1=RP2.900. (saat ini kurs Rp 2.800an). untuk penginapan, pukul rata aja RM45 permalam, saya disini hampir satu bulan(29 hari) RM1.305 (Rp 3.784.500,-). Hitungan ini tidak bisa dipastikan sama untuk setiap orang karena jumlah obat dan hari pemakaian tidak sama. Tetapi paling tidak teman-teman yang berencana untuk melakukan bayi tabung bisa memiliki gambaran. Semoga pengalaman saya ini bisa membantu semua. Terima kasih sudah membacanya 😀 (lia)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 2.75 out of 5)
Loading...

43 thoughts on “Bayi tabung pertama – Lia

  1. Arini

    Halo Mba Lia,

    Hebat ya perjuanga Mbak untuk dapetin momongan….
    saya doakan semoga sukses IVFnya.

    Saya juga sedang berencana IVF, setelah kemarin mencoba insem namun gagal.
    Jika tidak ada kendala minggi depan saya jalani prosedur hysteroscopy, karena dokter tidak menemukan masalah berarti pada kandungan saya, termasuk suami.

    Dokter bilang, jika dari prosedur hysteroscopy nggak ditemukan masalah, maka IVF akan segera dimulai….

    Share pengalaman lainnya ya Mbak

  2. novi

    halo mbak lia,

    saya doakan semoga sukses IVFnya.

    saat ini saya tinggal di jakarta dan berencana akan melakukan IVF ke Penang setelah mendapat informasi dari sodara2

    kalo boleh tau apa yang harus kami lakukan sebelum berangkat ke Penang, apa menelpon dr ng atau asistennya dulu untuk memastikan tgl pertemuan or gimana ? bisa mbak share no tlp or email beliau…. tks sebelumnya.

  3. Pera

    Hallo mbak lia……..
    Salam kenal………..

    Saya doakan semoga IVFnya berhasil ya mbak dan apa yg kita impikan menjadi kenyataan yaitu ingin menjadi seorang ibu.

    Mbak bolek tanyakan? Waktu mau mulai program untuk periksa darah hari keberapa kita datang? Trus persiapan apa aja yg mbak lakukan utk program bayi tabung ini? Ada gak dr. Ng menyarankan apa yg boleh atau yg tdk boleh? Klo boleh tau mbak lia skrng umur berapa?

    Ok, terima kasih sebelumnya, “tetap Semangat ya Mbak”.

  4. aida

    Hallo mba Lia….
    Salam kenal, nama saya aida…. Saya jg pasien dr NG. rencananya saya OPU tgl 11 ini… Mbak tinggal dimana di Penang?

  5. aida

    Hai All…..
    @ mba Lia, gpp saya bantuin jwb krn saya jg pasien dr Ng tp saat ini saya msh menunggu waktu OPU selasa depan….
    @ mbak Pera n Novi…Kalo mba mau cek darah baiknya datang pas haid hari kedua, kalo bisa hari senin, rabu n kamis aja krn hr selasa ,jumat dr NG ada jadwal operasi.
    Untuk informasi lbh lengkap boleh hub ms Low( konselor IVF di LWEH)
    emailnya lowbk@hlwe.com

  6. dewina

    . hello mbak lia : salam kenal.. gimana hasilnya mbak? semoga berhasil positif yaa.. amiinn..

    . mbak aida : hello mbak salam kenal ya.. aku ada rencana BT tapi bingung di penang atau di sby aja ya.. kalau di penang kita komunikasi dengan bahasa apa ya mbak? hehehe..

  7. aida

    @ Dewina…..
    DiPenang yg dipakai tiga bahasa: english, Melayu dan mandarin. Kita boleh pakai salah satunya atau gabung aja s3emuanya…. krn kdg bhs melayunya kita tdk terlalu paham jd ya dicampur aja gitu….
    Kapan rencana ke Penang? saya udh 2 minggu di Penang, rencana besok OPU…..

  8. Harry

    Hello Dewina, Boleh tahu penginapan yang recomended di Mewah Court ? Beserta no teleponnya. Karena kapan hari aku pernah telepon Lina, tapi sepertinya dari cara bicaranya ngak recomend. Thank you

  9. dewina

    @ mbak aida : duh bakal susah komunikasinya yah mbak.. aku pengen secepatnya, tinggal nunggu mens aja mbak.. oiya hari ini mbak aida OPU kan? telur dapet banyak kan mbak? duh semoga sukses sampe hasil raport nya posistif yah mbak.. amiinn..
    klo mbak aida tau gak? umur MINIMAL wanita melakukan bayi tabung?

    @ mbak harry : saya blm sempet tanya2 penginapan di Penang mbak.. karna masih bingung mau di Penang atau Surabaya aja 🙁
    rencana BT kapan nih mbak? di Penang kah?

  10. Pera

    Hallo Mbak Aida……
    Salam Kenal

    Terima kasih infonya ya mbak, mudah2an OPUnya berjalan lancar dan sukses. Mbak aida tinggal dimana di Penang? Persiapan apa aja yg mbak lakukan utk program bayi tabung ini?

    Ok, sekali trima kasih ya mbak. Tetap semangat.

  11. aida

    hai all…
    kemaarin saya dah OPU dpt telurnya 14, mudah mudahan semua telurnya bisa jd embrio setelah ICSI.
    ini msh mau konfirmasi kapan jadwal ET.
    @ Harry coba aja dgn ibu LINAWATI(60164360425)
    beliau banyak ngebantu saya…..

  12. aida

    @ Dewina..
    Saya ga tau batasan umur berapa ya untuk BT, tp kmrn saya ada jumpa dgn mba Vera yg umurnya 39 thn dan dia positif lho…
    Saya sendiri udh 36 thn, trus kt temen yg seapartment ada yg dr bandung umur44 berhasil hamil kembar empat lho….
    Pokoke tetap semangat…..

  13. anggun

    Aida : Alhamdulillah dah OPU ya,,,selasa OPU, kamis ET? kok cepat banget ya,,cm 2hr? semoga embrionya sehat dan kuat,,, aq kmrn 5hr stlh ET,,krn ada 8embrio yg berjuang hidup. Smg berhasil ya,,,keep praying 🙂

  14. dewina

    @ mb aida : iya deh mbak dr skrg udh harus siapin mental, gak boleh takut, yg penting usaha dulu yaa.. Soalnya masalahku kyknya berat deh mbak, tuba, pco, hormon, dan retro (????_????) saling mendokan yah mbak…

  15. yanti

    ass.mbak lia,,
    sy doakan smoga smuanya berjalan lancar dan seg
    era memiliki keturunan…
    mau share sedikit,sy jg sdah 4 th ber rumah tangga tp blon jg d berikan keturunan..,ingin ikut program BT juga..,tp masih cari”informasi…,kmaren ada tmen yg nyaranin k simederby hospital malaysia..,
    mohon to tmen smua d rubrik ini mau berbagi cerita dan pengalaman nya ya..,

  16. Lucy

    Dear Mb Lia & dear all,

    Hi, sy Lucy. Sy di Surabaya & dah 7 th married tp blm dikaruniai anak. Sy dah coba insem & BT di sby tp blom sukses.
    Terakhir sy dpt info dr temen utk coba di Lam Wah EE Penang dg dr Ng. Bisa kasih saran nggak :
    1. Klo mau ketemu dr Ng, apa sy hrs janjian dulu by phone? ato bs langsung dateng aja?
    2. Klo bs langsung dateng, baiknya waktu kapan, apa pd saat sy mens, perkiraan masa subur ato anytime?
    3. Klo di sana paling nyaman stay dimana? (dr segi jarak, suasana & cost).

    Ok, sementara itu dulu yg sy mau tanya, mohon bs dibantu ya..

    For mbak Lia & yg lain yg lagi program, moga2 sukses ya & selalu semangat, krn sy tau bgm nunggu2 hal ini sekian lama.

    Thanks

  17. lia

    maaf mba-mba.. rada telat balasnya. saat ini saya sudah kembali ke medan. hasilnya..POSITIF dengan bhcg 452. rencana kembali ke penang tanggal 22 oktober depan. meski posotif ternyata deg degannya belum habis juga. karena dokter sendiri mengingatkan kalau ini semua masih tahap awal banget dan perjalanan masih panjang banget.

    @mba arini : hayo mba, jangan menyerah! kalau kita usaha keras Tuhan juga kasihan sama kita! hehehe

    @mba novi dan pera : kalau mba masih ragu dan butuh informasi, bisa saja email ke mis low bin kee, asisten dokter. tapi sebenarnya juga gak perlu mba, soalnya mereka tidak menerima pendaftaran pasien melalui email atau telepon. dokter menerima pasien baru setiap senin, rabu dan kamis. dan sebaiknya datang di hari ke 2 atau ke 3 mens supaya bisa langsung ambil darah. bagaimana, mba? kanyanya mba aida juda udah menjelaskan diatasnya:D

    mba aida : maaf kemarin gak onlen. soalnya sebelum tanggal 12 (terima raport) perasaan gak enak melulu. heheh maklum lah.. setelah pengumuman, saya balik ke medan keesokan harinya. mba aida pengumuman kapan?

    mba Lucy, kayanya artikel berikutnya pas banget deh buat mba lucy. semua orang itu kebutuhannya relatif, mba. jadi saya juga gak berani menyarankan ini itu. tapi gak ada salahnya melihat beberapa tempat sebelum memutuskan. yang pasti, cari tempat yang bersih ya mba! good luck!

  18. nita

    Congratz yaa buat mb.Lia..salut buat perjuangannya,thanks buat sharenya yg sgt membantu..
    @Lucy : salam kenal, sy dari sby juga..sdh pernah insem dan BT dimana? bs minta email/nmr hp utk sharing2.

  19. Lucy

    Dear mbak Lia,

    Selamat ya…. sy ikut seneng jg lho.. smoga semuanya berjalan lancar sampai lahiran nanti ya…

    Btw, artikel yg mana ya??
    Ok take care ya…

  20. lia

    @Harry,
    lina yang bapak masud linawati atau acu ya? kebetulan saya tinggal di taman medan penaga, bukan di mewah court. namanya yang punya apartmen juga lina, orangnya masih muda. bisa bapak hubungi di +6014 6022 688. paling tidak, harry bisa start disana, berikutnya bisa dilihat cocok atau tidaknya. bukan tidak mungkin mencari tempat yang lebih baik nantinya. kak lina juga banyak membatu saya dan orangnya tidak terlalu komersil, jd dia juga mengutamakan ketenangan kita yang tinggal di apartmennya. tempatnya sangat bersih setiap hari pasti ada yang datang untuk membersihkan ruang tamu, dapur sampai kamar mandi. kecuali kamar mandi kita yang menggunakan kamarmandi dalam. biasanya seminggu sekali kamar kita dibersihkan dan penggantian sprei, dll. silakan dicoba ya..

  21. lia

    @mba lucy, saya juga ada artikel soal tips berobat di penang

    http://bayi-tabung.com/beberapa-tips-berobat-di-lam-wah-ee-hospital-penang-lia/

    soalnya umumnya kita yang baru pertama kali ke penang punya pertanyaan yang sama. banyak tanya mba, biar leih mantap. heheh.. saya juga dulu bnayak sekali yang bantu ngasih tips ini itu. sayang kalau tidak dibagi. kapan rencana mau ke penang, mba? sebaiknya dihitung jangan terlalu dekat dengan imlek. karena umumnya disana keturunan chinese. tapi tidak salah juga kalau kesana pertama untuk konsultasi dan mantapin hati, nanti tinggal tentukan kapan mulainya setelah diskusi dengan dolkter.
    selamat berjuang ya mba…

  22. aida

    @ Lia….
    Ih….senengnya denger Lia positif……
    Mudah mudahan sehat sampai babynya lahiran….
    Aku mgkn pulang ke Mdn hr sabtu ini, testnya hari senin depan…
    Doa kan ya bisa bernasib sama dengan kamu….

  23. Lucy

    Dear Mbak Lia & Mbak Nita,

    @mbak Lia…
    Ok thanks ya atas semua infonya, smoga sy ketularan jg ya hehehe..
    Sy & suami rencana ke Penang bulan november nanti, tp msh test2 dulu kali krn skrg
    aja baru kontak2 ama Ms Low Bin Kee. Iya ini mau ngumpulin tekad bulat & niat yg kuat
    utk berobat ke Penang.. hehe kayak mau ikut wamil aja ya..
    Mbak Lia jaga diri baik2 ya…

    @mbak Nita..
    hi..sy dah pernah ikut BT di dr Aucky Hinting akhir 2009, waktu itu short protocol & bikin
    pusing krn badan sy ga respons baik itu obat yg disuntik (gonal F & suprefact)..jd akhirnya
    sy hrs suntik 12x… bayangin aja bgm mau ga stress… akhirnya ga berhasil pula..
    Tp ini sudah ada semangat lagi utk berjuang kok, makanya sy mau coba ke Penang, smoga ada
    hasilnya ya…
    Feel free utk kontak aku di : lucy_fefe@yahoo.com (0818372207), spy kita bs tukeran info2 ya..

  24. nita

    @Lia,
    bole tanya ya, di apartemennya itu bs buat tidur utk brp org/kmr? apa ada fasilitas kulkas/kompor yaa,kl misal kita pingin masak sendiri gt..hehe
    Sy juga pingin ikutan prog di penang,nih lg ngumpulin info,mg2 bisa ketularan keberhasilannya..
    Good Luck for all..

  25. nita

    @ Lia,
    Oohya, berarti setelah ET kita hrs stay di penang sampai menunggu hasil atau bole langsung kembali ke Indo dan test bhcg di Indo?
    Thanks buat infonya, maaf banyak tanya..

  26. lia

    @aida, sabtu balik ke medan ya? saya jumat malah balik ke penang.sabtu mau cek ini itu. saya doian supaya sukses juga ya. sepertinya semua yang saya kenal di ruang tunggu berhasil, tuh. hanya saja bhcg yang berbeda. sukses ya!

    @lucy, sukses ya!

    @nita, hampir semua apartmen punya fasilitas kompor dan kulkas. kita boleh masak apa saja kok, dan alat masaknya sudah komplit. selain untuk makanan, kulkas juga penting untuk menyimpan obat kita,jadi wajib ada. yang sedikit relatif itu fasilitas mesin cuci dan mesin air panas. tapi berdasarkan pengalaman, tidak terlalu penting kok. setelah opu dan et biasanya saya minta kaka yng punya apartment/yang kerja buat drop baru di laundry terdekat. simple aja.
    kebetulan saya memang sudah niat untuk menunggu hasil di penang.tapi itu tidak harus kok, terserah kita. menurut dokter sih tidak mempengaruhi hasil. Good luck ya!

  27. roma

    salam kenal mbak, sy ada niat bayi tabung di tempat yg sama dgn mbak lia. Dari cerita nya mbak lia sy pingin pake dr yg sm. Kira2 mbak lia punya foto dokternya gak ya???

    Makasih ya

  28. Lucy

    Dear Mb Lia,

    Hi,ini Lucy lagi. Sy mau tanya nih, sy pny temen yg pco jg, dia lg program didr Ng. Tp telurnya banyaakk banget jd ga besar2.. Dia pingin nanya2 kira2 dia harus makan apa ya yg bikin telur2nya besar? Thanks..

  29. Eva

    Hi Lia dan semua.. salam kenal..
    duh selamat ya.. semoga semuanya berjalan lancar.. Amin.

    Oh ya Saya Eva dari Surabaya. Saat ini saya sedang mengikuti program BT dengan Dr. Ng diPenang.

    Kunjugan pertama saya ke Dr. Ng 2 Nop 2011 yang lalu. Saat datang saya sedang haid, dan langsung test hormon. Dokter menyarankan untuk mengikuti BT.

    Saat ini saya sedang menjalani suntik suprefact sendiri di Surabaya sejak 20 Nopember kemarin.

    Dokter mengatakan saya harus menghubungi dia kembali pada haid hari kedua, untuk ditentukan kapan saya datang kembali ke Penang.

    Bole share donk.. Btw biasanya dokter menyarankan datang setelah mens hari keberapa ya.. untuk proses selanjutnya ?

    Terima kasih sebelumnya, sukses buat kita semua ya Temans.. Eva – ev4_ms@yahoo.com

  30. lucia

    hai lia, salam kenal yah…

    selamat lohh atas keberhasilan bt nya 🙂

    sy lucia, mau tny ttg biaya bt di penang.
    biaya berobat sekitar RM 9453.7 itu sdh termasuk biaya obat2an, suntik dll belum? atau itu hanya biaya dokter dan rumah sakit sj?
    kemudian, biaya akomodasi (transport dan makan) selama di penang kira2 berapa?
    sy lg rencana mau ke penang jg, tp masih hitung2 total biaya yg perlu disiapkan berapa besar.

    thx yah

  31. lia

    hi teman-teman,
    sekedar mau up date. saat ini saya sudah 15 minggu, masuk 16 minggu tanggal 3 januari 2012.
    justru setelah masuk 12 minggu, rasa mual dan muntah-muntah.padahal sebelumnya biasa saja tidak terlalu merasa perubahannya.

    kalau dipikir-pikir panjang banget perjuangan untuk memiliki buah hati. setelah dinyatakan positif, saya balk ke medan meninggu satu setengah minggu untuk usg pertama. saat usg pertama dinyatakan hanya ada satu embrio yang berkembang jelas, sedang yang satunya lagi kabur. dokter menjelaskan kalau ada kemungkinanembrio kedua akan jatuh sendirinya atau menyusul berkembang. harus dipastikan dengan usg seminggu kedepan. akhirnya saya memutuskan (diharuskan mertua,juga) untuk tinggal di penang -sendiri- untuk menunggu usg berikutnya. tiket pulang ke medan hangus dan tiket pulang ke new york terpaksa dimundurkan.

    iseng, saya jalan ke guerny mall dan “jajan” spagetti yang berbuntut KERACUNAN MAKANAN. tiga hari saya muntah dan buang air tak henti-henti.hari kedua keracunan makanan, saya terpaksa ke emergency Lam Wah Ee hospital, karena kebetulan dr Ng lagi ada operasi. jd miss Low (asistendokter)menganjurkan saya segera ke emergency.
    di ruang emergency, saya hanya diberi sejenis oralit dan dia memastikan kalau embrio dalam kandungan baik-baik saja.

    meski demikian, baru setelah melakukan usg saya lega saat dr NG memastikan kalau kedua embrio menempel kuat di rahim.

    hari itu juga saya balik ke medan, besoknya terbang ke jakarta. kebetulan mertua tinggal di jakarta. dua hari kemudian saya balik ke New York tempat saya tinggal.

    teman-teman, selama travel sebaiknya hati-hati dengan makanan. sampai sekarang saya masih trauma dengan saos tomat spagetti! 😀

    good luck buat kita semua. selamat tahun baru 2012!

    @eva, saya sudah add yaa…

  32. estee

    Salam kenal mbak Lia.

    Selamat ya atas kehamilannya yg sdh masuk 16 mgg.. Senang sekali membaca pengalaman yg mbak tulis, jadi makin semangat mengikuti program bayi tabung. Saya baru mulai, jadi sering baca2 untuk cari info dan untungnya saya nemu forum ini. Mudah2an semua pengalaman teman2 yg ada di forum ini bisa menjadi support buat saya.

  33. lia

    hi teman-teman..
    saat ini saya masih dalam masa duka. saya mengalami komplikasi yang berujung kelahiran si kembar di usia 22 minggu 5 hari dan tak bisa ditolong lagi. keduanya meninggal dalam beberapa jam saja.

    perasaan saya campur aduk, senang sekali melihat wajah anak-anak yang sempat saya pangku, tapi dunia rasanya runtuh saat harus melepas mereka.

    tapi saya tidak putus asa. bila tiba saatnya lagi, saat fisik dan mental saya siap, saya akan kembali ke Penang untuk menanam dua embrio beku yng sudah menunggu. bila Tuhan berkehendak semua akan indah pada waktunya…

  34. estee

    Dear M’ Lia..
    Turut berduka ya mbak, tapi kata orang nih, bahwa kegagalan adalah suatu keberhasilan yg tertunda. Allah sangat sayang sama si kembar, makanya DIA “meminta” kembali si kembar..Insya Allah, DIA akan mengganti dengan yg lebih baik. Tetap semangat ya mbak…

  35. lia

    thanks, estee..
    beberapa hari ini saya suka baca pengalaman-pengalaman di web supaya kuat dan menambah semangat.

  36. estee

    Dear M’ Lia…
    Harus semangat mbak, masih ada 2 calon baby lagi menunggu. Saya skrg sdh sampe tahap stimulasi (suntik Gonal F) dan Suprefact, kemarin waktu tahap2 awal saya diberi tips (sama teman yg sdh berhasil hamil) di web ini untuk persiapan. Akupuntur katanya membantu, karena melancarkan peredaran darah (gak sempat dilakukan), makan telor ayam kampung, detox dengan rajin2 minum jus (saya minum campuran jus wortel, tomat/strawberry dan apel), rajin olah raga, jalan kaki minimal 15 mnt (ini yg belum sempat saya lakukan juga), dan mengurangi pemakaian penyedap dalam masakan. Mudah2an dapat ada manfaatnya tips dari teman saya ini. Dan sekali lagi yg penting dari segalanya adalah doa.. Selamat “berjuang” ya mbak, mbak Lis gak sendiri.. 🙂

  37. Arini

    @ Lia,

    Semangat ya Lia, lepas dari apa yang terjadi, lia masih ada simpanan embryo di masa depan,
    sedangkan saya, boro boro embryo, sel telur aja hanya 1, and dokter nggak mau start IVF karena changenya sangat kecil.

    Jadi saya belum merasakan yang namanya OPU atau ET
    Tapi insyaallah saya masih diberikan kekuatan untuk berusaha, walau nggak tahu gimana hasil akhirnya

  38. lia

    @estee,
    terima kasih sarannya. saya memang harus detox dan olah raga sebelum tanam embrio. soalnya berat badan naik banyak sejak program dan hamil. mudah-mudahan yang berikutnya, badan lebih kuat. Semoga jalan estee lebih mulus ya..

    @arini,
    *hugs* mba juga jangan menyerah. selama masih ada jalan coba semua mba. akupuntur, detox, olah raga, apa saja yng katanya bisa bantu menambah hormon coba aja… saya juga tidak mau nenyerah mba..

  39. deli

    dari pengalaman mbak lia kira2 habis berapa hari untuk proses BT sampai dengan selesainya….sebabnya tempat ku jauh cuti ku gak bisa lam…

  40. lia

    Mba Deli,
    Kalau saya kemarin perlu hampir satu setengah bulan. Tapi untuk beberapa suntik pertama, saya masih sempat bolak balik medan. Karena dr Ng minta saya kembali 5 hari kemudian. Kalau yg full tinggal di penang 30 hari. Sampai hari penentuan hasil.

    Tapi, mba Deli, gak semua orang sama loh. Ada teman yg hanya perlu sebulan dari mulai suntik pertama sampai penentuan hasil.

    Kalau tidak bisa sebulan, mba Deli bisa hanya sampai ET di penang dan nunggu hasil di tempat asal mba.. Konsultasi aja dulu dengan Ms Low, nurse konsultannya.

    Good luck ya mba….

  41. selvy

    Mba Lia,

    happy new year 2013..udah lama banget ya sejak postingan terakhir semoga aja masih kebaca nih
    aku bln dec kmrn baru saja cek ke dr ng karena memang mau rencana baytab dng beliau, dari hasil usg dan sperma sih dr ng blg tidak diperlukan baytab cuma karena mengingat usia pernikahanku yang sdh 5thn kalau memang mau baytab juga tidak masalah.
    dan rencana aku memang ingin memulai program tp nanti sekitar bln maret

    mba lia..gimana apakah sudah kembali menanamkan embrionya?
    buat teman teman yang ada rencana baytab di bln maret ini share donk biar bisa barengan…mbak add emailku ya biar enak ngobrolnya jg by email di sakura_fl2001@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*