Bayi tabung Penang, pola makan setelah ET – Nay

Hi semua
Saya menulis blog ini untuk berbagi pengalaman dengan teman-teman semua yang ingin atau dalam proses bayi tabung.
Saya (30 tahun) dan suami (32 tahun) sudah menikah 3 tahun dan belum dikaruniakan anak.
masalahnya asthenoteratozoospermia.
Kami tinggal di Surabaya. Kami memutuskan untuk bayi tabung dengan dokter Ng Peng Wah di Lam Wa Ee hospital Penang.

Banyak orang bertanya kenapa tidak ke Dr Auky yang di Surabaya.
Pertama-tama kami rutin ke dr Auky dan pernah 1x inseminasi gagal. Terakhir, team dokter USG pernah secara spontan mengatakan ada kista di rahim saya. Walau pada akhirnya dia memperbaiki perkataannya dan mengatakan kalau itu telur yang belum luntur dari bulan sebelumnya.

Atas saran teman-teman dan keluarga, akhirnya kami berangkat ke Penang untuk meminta second opinion dari Dr Ng. Tidak disangka, kami merasa nyaman dan percaya dengan Dr Ng, suster-susternya, dan memutuskan untuk bayi tabung di Penang saja.

Begini details-nya

LONG PROTOCOL
30-Mar-16 Biaya konsultasi 50
Blood test 353
medical supplies 30
suprefact 479
semen analysis 80
USG 60
patient registration fee 10

25-Apr-16 Blood test – estradiol 36
jarum suprefact 127

4-May-16 Blood test – estradiol 36
medical supplies 1
USG 60

5-May-16 E lab – cyst aspiration 120
embriology lab 200
antibiotic – unasyn 375 mg 17.4

6-May-16 Biaya konsultasi 50
medical supplies 11
Suntikan menopur 1664
USG 60

16-May-16 Biaya konsultasi 50
medical supplies 3
pharmacy (drugs) – menopur 562.5
USG 60

20-May-16 Biaya konsultasi 50
blood test – progresterone 36
clinical bed roll 1
bisacodyl 5 mg 1.2
ovidrel 250 MCG 95.5
pharmacy (drugs) – menopur 75IU 269.5
USG 60

23-May-16 Biaya konsultasi 200
(OPU) embryology lab supplies 49
ICSI disposables 2800
medical supplies 96.7
nursing care 50
oocyte recovery – NPW 2420
pharmacy (drugs) – zinnat tab 250 mg (antibiotics), cyclogest, tramadol 50 MG 153.45
pulse oximeter 15
Kamar deluxe (2 orang per kamar) 130
USG 60
admission fee 50

26-May-16 Biaya konsultasi 50
(ET) embryo replacement 800
PGP – 101 A PERI-GYNAE PACK, steri 49
CSSD itesm 5
cyclogest 400 mg PESS 319.6
ultrasound O&G 60

total 11940.85

Cyst aspiration itu dilakukan dokter karena sel telur saya masih belum luntur dari bulan sebelumnya. Jadi ini bukan proses umum.

saya juga cuma suntik suprefact dan menopur, sementara orang laen bisa lebih banyak suntikannya, ini tergantung dokternya. semakin besar dosis suntikan, makin sakit. Suntik suprefact tidak ada sakit, tapi suntikan yang selanjutnya agak sakit karena jarumnya lebih tebal. Kita akan diajarkan suntik sendiri, tapi kalau masih tidak berani, suster Dr Ng bisa suntikan (tapi kita mesti tiap hari ke rumah sakit pada jam tertentu)

1 minggu setelah ET, saya pulang ke Indonesia. Test hormon dan detak jantung dilakukan di Sby.

Banyak orang bertanya tentang pola makan saya selama program. Tapi yang bisa saya share menurut pengalaman saya di Penang, makanan itu penting tapi yang lebih penting tidak boleh stress (ini lebih ngaruh). Ada yang jaga makan, tapi negatif. ada juga yang tidak jaga makan tapi positif.

1 bulan sebelum ET, saya tetap makan seperti biasa tapi sebisa mungkin menambah asupan makanan ber protein tinggi seperti alpukat, putih telur kampung, salmon, susu ensure.

Setelah ET (menerima info dari Dr Ng kalau sel telur tidak bagus dan kemungkinan hamil kecil), saya menerapkan pola makan seperti dibawah ini (keep reading ya…).

Puji Tuhan positif yeay!

Saya sudah test darah dan bhcg 338. saya juga sudah cek detak jantung. Puji Tuhan, dari 2 embrio yang dimasukkan, ada 1 yang berkembang.

Sebelum mendengar hasil ini, Menurut Dr Ng, dari 9 sel telur yang diambil pas OPU,. 5 sel telurnya tidak berkembang dan 2 sel telurnya tidak bagus, dan dimasukkan 2 embrio ke rahim saya.

Dr Ng setelah ET memberikan informasi ke saya kalau sel telur saya itu tidak bagus, dan karena ini IVFx1,dia coba masukkan saja X2 embrio. Jadi kemungkinan hamil ada tapi tidak besar.

yang penting yang mau saya share disini pola makan setelah ET, dokter bilang kemungkinan hamil tidak besar, tapi saya menerapkan pola makan sebagai berikut setiap hari beberapa hari setelah ET (atas saran teman saya yang sudah berhasil dengan sel telur yang juga di vonis dokter tidak bagus)…selain Tuhan yang memberikan kesempatan embrio itu berkembang, saya merasa itu karena pola makan ini…saya harap bisa membantu kalian semua yang punya masalah yang sama

Setiap hari, demikian menu dan aktifitasnya,
MENU
x10 butir putih telur kampung
ensure 3x sehari
buah naga
jus 3 diva (apel, tomat, wortel)
air kacang hijau belum pecah kulit (kalau kuat makan sama biji2nya, silakan). sekali rebus 250g untuk dapat kira-kira2 gelas
sayur-sayur seperti bayam 1 ikat, toge, brocoli
alpukat
tim ikan, udang, pokoknya protein
AKTIFITAS
setiap pagi jemur di matahari pagi
setiap sore saya jalan -jalan santai

Saya juga tidak selalu bisa ikut target pola makan seperti itu, kadang ada bolong, kadang saya paksa makan walau tidak enak…tapi demi hasil yang baik, saya berusaha positif dan persisten saja…hasilnya saya positif hehe.

Oh ya, bukan Dr Ng yang menganjurkan pola makan ini, cuma pola makan ini diterapkan teman saya yang sudah berhasil dengan sel telur tidak bagus juga, tapi menurut saya, ini sangat pengaruh.

AT LAST,
Saran saya, keep positif dan jangan stress?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

25 thoughts on “Bayi tabung Penang, pola makan setelah ET – Nay

  1. nay

    Hi Meta, kacang hijaunya direbus sebentar, yang penting kulitnya belum pecah. warnanya hijau bening transparan biasanya.

    iya 2 gelas 1 hari

    Semangat ya mbak Meta, semoga sukses ๐Ÿ™‚

  2. Meta

    Hi mba, saya meta. Sekarang sedang program ivf di penang dengan de ng. Dan sedang menunggu jadwal fet. Mau nanya mba, kacang hijaunya direbus berapa lama? 2 gelas itu untuk satu hari ya?
    Makasih infonya

  3. Nay

    Wah selamat ya mbak Silva…

    Seperti yang kemaren saya info ke Mbak Grace juga,

    Setelah hormone test, dijaga baik-baik kandungannya (paling tidak sampai detak jantung) karena masa-masa ini masih sangat rawan. Jangan cape-cape (tetap beraktifitas tapi jangan kecapean, stress, dsb). Folic acid supplement-nya juga jangan lupa.

    Bukan mau nakut-nakutin, tapi saya dengar cerita ibu-ibu IVF yang bareng saya, yang juga hormone test-nya positif tapi kemudian tidak ada detak jantung, which means along the way keguguran. Atau ada juga yang pendarahan sehingga harus opname di RS, atau ada yang kena OHSS karena kurang protein, dsb.

    Semoga semua lancar mbak Silva sampai kelahiranโ€ฆ

  4. silva sitepu

    iya Bener mba Nay and Grace.ternyata tidak ada merasakan apapun dan diluar dari pengetahuan / jangkauan kita embrio berkembang, Puji Tuhan silva kemarin positif Hamil dgn beta Hcg645… dengan dr. Ng juga.. saya juga sama persis ikutin pola makan mba Nay dan plus Chiaseed and protein powder.. jika tdk suka makan ikan atau telur, Chiaseed boleh jadi menu keseharian juga.. oh ya jika tidak keberatan silva boleh minta alamat emailnya mba Nay and Grace. Thank you

  5. Nay

    Hi Silva

    Kalau saya tidak terlalu merasa ada perubahan apa-apa. Saran saya, be positive dan banyak berdoa aja ๐Ÿ™‚ All the best!

  6. Grace Theodora

    Hai mba Nay, iya nih mba masih was was sampai nanti usg pertama (5 weeks) untuk cek denyut jantung. Saya kebetulan disuruh balik ke penang lg untuk diperiksa dr. Ng. Tgl konsultasinya senin depan tgl 7 nov, smoga semua lancar ya mba.

    Kalau pola makan gak jauh beda dgn menu nya mba nay kok. Folic acid dan susu jg gak pernah lupa, cuman kalo susu saya 2 x sehari saja, pagi dan malam

    Dear kak silva, perubahan fisik masing2 org pasti berbeda ya, ada yg gak kerasa apa2 tp positif kok. Kalo saya pribadi hari ke 9 cuman merasa pengen pipis terus dan payudara terasa nyeri dan membesar.
    Kalau boleh tau kak silva bt dimana nih

  7. silva sitepu

    hi mba Nay ang Grace, Saya silva sedang dlm penantian hasil setelah ET minggu lalu, ini hari ke 9. yang saya mau tanyakan ke mba berdua kemarin setelah ET ada tanda2 atau perubahan apa ya di tubuhnya mba Nay and Grace.. Thankiu

  8. Nay

    1 lagi mbak Grace,

    Cuma mau kasih informasi saja,

    Setelah hormone test, dijaga baik-baik kandungannya (paling tidak sampai detak jantung) karena masa-masa ini masih sangat rawan. Jangan cape-cape (tetap beraktifitas tapi jangan kecapean, stress, dsb). Folic acid supplement-nya juga jangan lupa.

    Bukan mau nakut-nakutin, tapi saya dengar cerita ibu-ibu IVF yang bareng saya, yang juga hormone test-nya positif tapi kemudian tidak ada detak jantung, which means along the way keguguran. Atau ada juga yang pendarahan sehingga harus opname di RS, atau ada yang kena OHSS karena kurang protein, dsb.

    Semoga semua lancar mbak Grace sampai kelahiran…

  9. Nay

    Hi mbak Grace,

    Congratz ya!

    Iya saya sudah 5 bulan lebih.

    Setelah dapat kabar baik pas hormone test, saya tetap pada pola makan itu sampai cek detak jantung (week 10). Setelah itu terus terang saya mulai kendor pola makannya hehe karena sudah sedikit lega.

    Mungkin setelah cek detak jantung, bisa mulai ikutin pola makan ibu hamil biasa (banyak protein, sayur dan buah, kurangin garam, kurangin minyak, makan sehat, banyak minum air, etc)

    Mbak Grace, apa mbak juga mengikuti pola makan yang saya share setelah ET? Mungkin mbak bisa share juga ke sini buat informasi ibu-ibu IVF lainnya. hehe

  10. Grace siregar

    Hai mba nay, salam kenal..saya Grace juga program dengan Dr Ng. Kemarin, tgl 17 okt 2016 saya terima raport dan puji Tuhan dengan nilai bchg 373.

    Brarti kalo dihitung2, usia kehamilan sudah 5 bulan ya mba? Saya mau tanyakan, pola makan setelah minggu kedua ini gimana ya mba? Apa masih pola yg sama? Thanks saringnya.

  11. Nengah ariasthy

    Hi mba nay,

    Salam kenal! Aku ariasthy umur 35 th dann kondisi terakhir adalah indung telur 1, indung telur kanan masih baik dan jumlah sedikit, konsul dengan dokter aucki di surabaya. Tertarik banget dengan program mba nay di dr Ng sebagai second opinion.
    Rencana mau bt di dr.aucki
    Oh ya pernikahanku baru 3bulan namun karena usia kita gak mau buang waktu
    Give me hand to share your succesful story di emailku nengahariasthy@icloud.com
    Thanks in millions

    Ariasthy

  12. Nay

    @ rani: Hi salam kenal. Saya tidak sempat tanya grade embrio apa. Dokternya cuma kasih kabar kalau sel telur tidak bagus dan kemungkinan hamil kecil. Bahkan dia sudah bilang, kalau tidak berhasil kali ini, datang lagi 2-3 bulan mendatang (kayak uda kasi tahu bakal gagal gitu).

    Tetap positif, terus berdoa dan semangat ya mba Rani.

    Saran saya, ikutin pola makan dan aktifitas yang pernah saya jalani setelah ET ya.

    Setiap hari, demikian menu dan aktifitasnya,
    MENU
    x10 butir putih telur kampung
    ensure 3x sehari
    buah naga
    jus 3 diva (apel, tomat, wortel)
    air kacang hijau belum pecah kulit (kalau kuat makan sama biji2nya, silakan). sekali rebus 250g untuk dapat kira-kira2 gelas
    sayur-sayur seperti bayam 1 ikat, toge, brocoli
    alpukat
    tim ikan, udang, pokoknya protein
    AKTIFITAS
    setiap pagi jemur di matahari pagi
    setiap sore saya jalan -jalan santai

  13. Rani

    @nay :saya rani usia 31 th dan sekrang lgi proses bayi tabung sama dr.ng saya jg lagi kepikiran nih mba abis upo bulan agustus kemaren tpi ga bs lgsung et krn ohss dan cuma dapat blastosis dgn grade moderate sedih rasanya..mba grade apa embrionya? Skrg sya jdi termotifasi setelah bca tulisan mba.htc mba nay

  14. nay

    Dear Iche,
    iya itu setelah ET karena saya takut gagal karena menurut dr Ng kemungkinan besar gagal. Sebelum ET, saya tidak terlalu serius menerapkan pola makan itu. Saya hanya menambah asupan protein semampu saya secara sembarangan (tidak diplan hari itu mesti makan apa) Contoh proteinnya: salmon, alpukat, susu ensure, susu kedelai, toge.

    Selain pola makan itu, saya menerapkan jemur matahari pagi (untuk kebutuhan vit D) dan saya tidak bed rest (masih jalan-jalan santai yang menurut saya penting untuk blood circulation dan supply oxygen untuk cabang bayi).

    Untuk jemur pagi hari itu awalnya memang karena disarankan teman saya yang sudah positif, tapi saya mencoba melihat dari science point of view, dari yang saya baca-baca, vit D ada hubungannya dengan penempelan embrio (implantation of embryo).

    Dan kalau saya boleh highlight, air kacang hijau belum pecah kulit itu diberitahukan oleh asisten RT di apartment saya yang sudah bertahun-tahun pengalaman dengan pola makan ibu bayi tabung. Saya rasa ini salah satu faktor penting.

    Dear Diana,
    aku contact di email kamu ya..hehe

  15. Diana

    Hai semua, salam kenal
    Nay, selamat ya sudah berhasil dan semoga sehat sampai persalinan.
    Boleh email aku ga, soalnya ada yg mw aku tanya2 ni… Karna aku jg mw mulai program okt.
    Lulin, email aku jg ya… Aku jg mw tw ttg pengalaman program kmu.

    Emailnya ke : mardiana.dedek@yahoo.com

  16. Iche

    Dear nay,
    Salam kenal,info dunk itu makana yang kamu konsumsi diatas adalah sesudah et? Saya salah satu pasien dr ng,awal tahun kemaren bt fresh cycle tetapi gagal, flek 2 hari sebelum bagi hasil,tetapi masih ada sisa embrio 3 lagi ,kemungkinan saya bulan depan akan ke penang untuk melakukan fet.

    Dear evy & rida

    Salam kenal ,semoga kita tetap semangat dan doa kita dijawab oleh YME

  17. Rida

    Dear Evy,
    Yang kita alami sama, 3x ivf dengan 2x hamil janin tidak berkembang. Aku bahkan sampai 3 bulan ga mau ketemu orang hiks. Tapi life must go on ya… terus berikhtiar dan berdoa.

    Dear Nay,
    Makasii ya tips menu dan sharingnya. Bisa kita ikutin moga2 juga bisa hamil dan sehat sampai melahirkan.

  18. Nay

    @Lulin. boleh saya minta alamat email kamu, nanti kita bisa ngobrol disana ๐Ÿ™‚

    @Eka. iya semoga lancar ya semua ๐Ÿ™‚

    @Evi. kita di rumah sakit Lam Wah Ee, dengan Dr Ng Peng Wah (www.hlwe.com.my). Kalau mbak google – bayi tabung penang- itu rata-rata semua ke Dr Ng dan blog-blog orang-orang membantu sekali sehingga ada bayangan what to expect.

    Saran saya, mbak Evi baca-baca blog tentang Dr Ng dulu apakah cocok dengan kebutuhan mbak Evi. Soalnya mbak Evi sudah pernah coba di Singapore dan setahu saya, Singapore itu salah satu yang terbaik di Asia tenggara.

    Kalau saya boleh share, menurut Dr Ng, tingkat keberhasilan IVF 50%. Dan cerita dari ibu-ibu yang belum berhasil, Dr Ng juga tidak memberikan banyak penjelasan kenapa bisa tidak berhasil, dia hanya menyarankan untuk mengulang IVF dalam 2-3 bulan mendatang.

  19. Evi Sutiana

    Mba thakns for sharing, Alhamdulillah uda berhasil saya 3 kali voba di Thomson Fertility Center Singapore dan hasilmya gagal, 2 kali bayi gugur di masa kandungam masuk 2.5 bulan sedih, stress sempet ngak mau keluar rumah dan berinteraksi dg temen temen selama hampir sebulan.
    Masih ingin berushaa mencoba mba di tempat mba bisa di info alamatnya mba thanks banget kalau bisa. Saya sudsh hampir 10 tahun menikah. Menurut dr chan sel telur saya banyak dan sehat tapi kemungkinan rahim saya yg jauh dan panas jadi janin tidak bisa berkembang dengan baik. Kalau pola makan saya juga sudsh mengkonsumsi putih telur dsbnya. Thanks mba atas informasinya sebelumnya.

  20. eka

    nay, thanks alot ya bwt infonya yg detail, sangat2 membantu…aq rencana nov ksana skrg lg prsiapan, smoga nular yaaa….Aminnnnn

  21. Lulin

    Hai nay, congratz yah… semoga sehat mommy & debay nya smpe lahiran… *tangkep baby dust km yg bnyak..hehe… nayy blh mnt alamat email ga? Ak mw tny2. Ak jg lg program di dr.ng.

  22. Nay

    Hi Eka,

    Thank you. Semoga lancar terus sampai lahir.

    Tiap orang berbeda-beda biayanya tergantung situasi kesehatan, masalahnya apa, pemilihan akomodasi dan transportasi.

    Untuk transportasi, saya pribadi X3 PP. Kalau dari cerita ibu-ibu laen, saya ambil kesimpulan siap-siap X1-5 PP. Saya belum ketemu ibu-ibu yang lebih dari X5 PP. Saran saya, untuk check up 1, datang pas mens hari ke2 (karena biasanya disuruh datang kembali pas mens hari ke2)

    Didalam perjalanannya, saya ketemu ibu yang setelah OPU, disuruh kembali 2 bulan lagi baru bisa ET (karena dia ada masalah).

    Kalau tidak ada masalah, check up paling 1 hari selesai, jadi biasanya orang beli 3 hari 2 malam tiket. Tapi kalau ternyata ada masalah, dokter bisa saja minta kita untuk stay dan melewati test lainnya. Jadi saran saya, tiket pulang di leave open saja, beli yang bisa ganti tanggal atau beli setelah Dr Ng bilang boleh pulang (tp ini jatuhnya mahal).

    Untuk akomodasi, saya di penang kira-kira 1 bulan. 1 minggu setelah ET saya pulang ke Indonesia. Banyak ibu-ibu stay sampe test hormone (+10 hari) atau USG detak jantung (+14 hari dari test hormone). Info dari suster Dr Ng sendiri mengatakan boleh pulang 2-3 hari setelah ET.

    Harga akomodasi berkisar 40RM -100RM per malam tergantung dimana, kamar seperti apa,fasilitas, WC dalam atau luar.

    Untuk makanan, harga mirip-mirip seperti di Jakarta. Sebagai contoh, kwetiau goreng RM5 (porsinya ga terlalu besar si, kalau laki-laki mungkin harus makan 2 porsi hehe)

  23. eka

    congratulation sis…smoga janin tetap sehat sampai lahiran ya, mau nanya kmaren program brapa lama tinggal dsana? perkiraan cost tambahan untuk akomodasi dan transportasi jadi brapa ya pengeluaran sampai hasil positif?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*