Bayi tabung gagal apa langkah selanjutnya – Nana

Hai,
Saya baru saja mengalami gagal bayi tabung, ini bayi tabung pertama saya dan saya masih ada simpanan embryo, cuma karena masih merasa kecewa dan sedih kami memutuskan untuk menunggu dulu,
Saya mohon bantuan sharing teman-teman pada saat gagal bayi tabung apa yang harus dilakukan?
Apa saja tre yang harus diambil?
Lalu sebaiknya mengulang proses bayi tabung lagi atau menunggu?
Apakah ada kasusnya seperti saya? Embryo nya tidka menempel, biasanya karena faktor apa ya?
saya tahu bayi tabung ada kemungkinan gagal cuma rasa nya pada saat harapan itu sirnah sedih sekali
Mohon bantuan sharing teman/teman saat bayi tabung gagal apa langlah selanjutnya,

Terima kasih

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

14 thoughts on “Bayi tabung gagal apa langkah selanjutnya – Nana

  1. erni tio

    Hai salam kenal smuanya…
    Sya jg br aja slsai program batab…dan hasilnya negatif. Yg psti sedih,kecewa dan teman2nya. Skrg dah mulai agk tenang,,wlpun ada rasa kuatir dihati mshkah mngkin ada hrpan utk pnya anak yg trlahir dr rahim sendiri mengingat usia sya saat ini 43thn.
    @ mba elin…,klu boleh tau brpa biaya utk program batab yg mba lakukan diklinik yasmin dgn dr.wiweko?
    Boleh gak brbgi crta dgn sya lwat WA or Bbm? Ni nope sya 085695298909, pin bbm 5FA58272.
    Jg utk tmn2 yg lain yg ada diblog ini boleh add nope and pin sya…utk brbgi crta,trlbh2 utk tmn2 yg programnya brhsil agr kami2 yg gagal dlm program ini bs bljar dr tmn2 yg brhsil.
    Slmt utk yg sdh brhasil hamil….slmt brjuang utk kita2 yg msh brjuang dan yg akn mau brjuang…Tks utk smuanya.

  2. Rida

    Dear Nana,

    Kemaren ini program ivf nya dimana? Karena saya sekarang juga hanya punya simpanan 1 embrio good. Sedangkan saya barusan gagal ivf yg ke-3 hamil tapi janin tidak berkembang.

    Memang berat banget jika harus ulang dari awal lagi. Berat moril dan materilnya hiks. Yah kita berdoa aja embrio yg satu itu berhasil dan milik kita ya. Karena saya dengar ada yg berhasil fet dengan satu embrio.

    Seperti saran teman2 yg lain sebaiknya akupuntur dulu sebelum ET supaya rahimnya bagus. Dari pengalaman saya ivf 1 dan 3 dengan akupuntur berhasil menempel meski keduanya berakhir bo. Sedangkan ivf ke-2 tanpa akupuntur gagal menempel. Kata dokter penyebab bo berulang karena masalah kromosom. Jd ga tau penyebabnya apa.

  3. eka

    @ diniyales : hidrosalping itu bisa terdeteksi lwat usg kah? karna saya juga ada penyumbatan di tuba, tapi tdk tau ada hidrosalping atau tdk

  4. jeng marni

    ayo semangat mbak… sy jg besok ngulang BT , ini lg persiapan mental. semoga perjuangan kita kali ini berhasil ya…

  5. Nana

    Dear mommy and mom to be,

    terima kasih ya saran dan dukungannya, saya jadi lebih semangat ?,
    embryo saya tinggal 1 dan kualitas good, dokter saya menyarankan agar saya mengulai thaw cycle untuk megambil fresh egg lagi, tapi saya ingin coba embryo terakhir dulu baru mengulangi thaw cyle karena membutuhkan waktu lebih lama jika diulang dari awal.

    Nana

  6. diniyales

    Salam kenal mommy2 ….
    Aku batab pertama gagal, 3 embrio ga ada yg nempel. Sama dokter disaranin laparoskopi dan ternyata ada hidrosalphing yg menjadi penyebab gagal menempelnya embrio.
    4 bulan setelah laparoskopi, langsung thawing cycle dgn 3 embrio tersisa. Alhamdulillah hamil dgn hcg 618.
    Yg aku lakuin sebelum 2bln thawing adalah menjaga pola makan, no kopi n mie instan. Tiap hari makan alpukat, madu dan vitamin (asam folat dan vit E), rutin akupuntur . Yg pasti doa ga putus2, pasrah dan hindari stress.

  7. elin

    Hi, mba, saya juga waktu bayi tabung pertama belum berhasil jangan bilang gagal ya kita harus tetep positif thinking, bilang aja belum berhasil 🙂 kemarin saya sempet shock dan sedih juga karena udah bener bener dijaga, ngambil cuti sebulan, pulang dari jkt ke plg naik pesawat pake kursi roda dan triple line endometrium, blastocyst juga yang dimasukkan dua tapi belum berhasil. Waktu tau bhcg hanya 5 komaan malamnya saya dan suami langsung ke dr spog dengan keadaan yg masih sedih. dr spog di palembang menyarankan saya istirahat dulu nanti 3 bulan kemudian mencoba lagi karena saya juga masih ada simpanan embrio blastocyst 7 lagi. Mungkin udah campur tangan Allah SWT, dr budi wiweko (saya bayi tabung di klinik Yasmin Kencana) menelpon dr saya dr.Chakra dan bilang bahwa saya bisa mencoba thaw cycle atau fet bulan berikutnya dan saya ikuti saran dr iko. Utk yang kedua ini saya bener bener pasrah karena cuti udah habis jadi di jakarta cuma seminggu trs langsung masuk kerja, kerja seperti biasa karena kata dr iko prosesnya ya sama aja kayak proses hamil biasa jadi jangan terlalu dipikirin n aktifitas spt biasa. Alhamdulillah dr dua embrio yang dimasukkan satu yang bertahan satunya lagi luruh dan embrio tersebut sekarang udah menjadi bayi laki laki lucu dan sehat sekarang umur mau 4 bulan :). Jadi saran saya ikutin saran dokter dan jalanin aktifitas seperti biasa jangan stres dan terus berdoa. keep postif thinking ya mba 🙂

  8. andin

    Salam kenal mom n mom to be semua.. postingan mommy renata dan mommy2 yg lain, membuat sy menjd lebih optimis, PD dan yakin bahwa sy jg akan berhasil. Sy jg sdh 1 kali fresh cycle Dan 1 kali thawcycle, masih ada 3 embrio lg yg menunggu saya. Mudah2an yg ketiga ini, sy jg menyusui mommy2 yg lain yg sdh berhasil. Bwt mommy2 Terimakasih untuk Semangathh nya Dan untuk mom to be, slu Semangathh, yakin akan indah pd waktunya Dan Allah akan memberi rezeki itu di waktu yg tepat.. aamiin

  9. mommyrenata

    Hai Nana.. sedih dan kecewa pasti tapi harus tetap semangat karena masih punya simpanan embrio ya. Saya termasuk yang jatuh bangun dalam proses batab, 4 kali mencoba dan kali ke 4 baru berhasil itupun dengan embrio simpanan (beku) karena fresh cycle gagal. Sama dengan Nana sedih, kecewa, putus asa bercampur aduk jadi satu. Tapi karena tinggal sisa 2 embrio simpanan saya bertekad untuk mengupayakan yang terbaik apalagi usia waktu itu sudah 40 tahun. Yang saya lakukan selama menunggu tubuh pulih dari obat2an (kurang lebih 6 bulan) adalah rutin akupuntur di RS Husada Mangga Besar (dgn dr Melya), tetap minum vit E dan Zinc, olahraga, makan sehat. Karena untuk menanam embrio kita akan menggunakan siklus normal, artinya pada saat telur benar2 matang saat itulah embrio kita ditransfer. Saat itu saya membaca literatur bahwa tanam embrio terbaik adalah pada saat terlihat “triple line endometrium” (Coba digoogle ya) atau garis tumpuk 3 di dinding rahim pada saat USG yang menunjukkan kondisi rahim benar2 optimal dan telur matang dengan baik. entah benar atau tidak, kenyataannya pada saat hendak tanam embrio memang kondisi rahim terlihat triple line sampai dr nya waktu itu bilang “wah.. cantik ini!”. Sang embrio itu kini berusia 2,5 tahun, cantik, sehat dan lincah. Dan usia saya pada saat melahirkannya adalah 41 tahun 🙂 Semoga tetap semangat ya, GBU.

  10. Riska

    Assalamualaikum,
    Bu, saya Riska mahasiswa S2 Program profesi Psikologi Unpad. Saya sedang membutuhkan bantuan ibu untuk dapat berpartisipasi dalam penelitian akhir \ tesis saya mengenai problematika psikologis wanita infertil. Saya dibimbing oleh psikolog dari rumah sakit Dustira Cimahi-Bandung.

    Jika ibu berkenan untuk berbagi rasa dan berbagi masalah bersama kami, dengan senang hati kami menunggu kabar dari ibu.

    Silahkan hubungi saya di nomor hp. 081322224420 (sms/whatsap)

    Terimakasih

    *semua data dan identitas akan dirahasiakan

  11. Kun hidayati

    Halo mba nana..
    Tenangkan hati dulu ya mb, semua ada hikmahnya, bersyukur masih ada simpanan embrio.
    Saya jg batab pertama gagal bulan Agt 2015 lalu, kasusnya ga nempel dgn hasil bhcg cuma 0,4 tapi alhamdulillah msh ada simpanan embrio.
    Untuk lanjut batab lagi khususnya fet, disarankan dokter saya utk tindakan histeroskopi (HO) , gunanya utk melihat penyebab kegagalan dan skalian rahim jadi bersih pasca et kmaren. Syaratnya setelah HO habis segera lgsg mulai lg siklus utk programnya, krn waktu itu saya cutinya habis jd diundur dulu awal tahun 2016
    Bln feb kmaren saya mulai lg program batab kedua diawali dgn tindakan HO, program kedua ini lebih nyaman karena ga banyak suntik2 lg n pastinya ga ada opu krn msh punya simpanan.
    Hanya bedanya utk yg kedua saya lebih siap lahir batin, n diselingi akupuntur utk lebih mempersiapkan rahim. Yang paling penting hati dibawa senang n makan yg enak2 mb, hehe..
    Alhamdulillah setelah 10hari pasca fet, test bhcg saya 441 dan dinyatakan hamil

    Terus semangat ya mb nana.. Selalu ikhtiar dan berdoa..

  12. Agata

    Hi nana, tetap semangat ya.. Tetap bersyukur kr masih ada simpanan embryo, so tidak perlu mengulang dr awal. Tahun lalu sy jg pernah gagal walau sudah sempat hamil 9 minggu, dan skr sy mencoba program lagi. Saran sy, sebaiknya tubuh diistirahatkan dulu dari obat2an yang banyak itu selama program, nanti setelah beberapa bulan baru kembali mulai program lagi. Daaan.. Tetap harus positive thinking ya.. Jgn stress kr kamu nga sendirian, banyak juga kok yang pernah gagal dan akhirnya Tuhan kasih jawaban. Tugas kita hanya berharap dan terus berdoa saja.
    Tetap semangat ya!! 🙂

  13. Ika

    Hai Nana… saya juga sama dan saya memilih utk menenangkan diri dg menyibukkan diri sampai merasa siap. Alhamdulillah saat memasukkan embrio simpanan berhasil. Sy agak lama jaraknya hingga 2 tahun. Saat menjalaninya ga pake target apa2… pasrah sepasrah2nya… tetap aktif spt biasa. Insya Allah apapun hasilnya adalah yg terbaik. Tetap semangat yaa… setelah saya berhasil dg yg kedua, saya dapat bonus hamil normal. Byk faktor2nya kalau terlalu dipikirkan malah membingungkan… santai, relaks, berpikir positif, dan berserah diri. Mudah2n membantu yaa

  14. Theresia Tyas

    Hi Nana ikut bisa merasakan karena saya juga gagal batab 1. Sebaiknya ngobrol dengan dokter mengevaluasi penyebabnya lalu tenangkan pikiran dan perasaan dulu sebelum maju batab lagi. Bagusnya masih ada simpanan embrio jadi proses berikutnya lebih simpel ya. Saya dulu tidak ada simpanan jadi ulang dari awal.
    Tidak menempel bisa macam macam penyebabnya, kualitas embrio, kualitas penebalan rahim, perkembangan embrio di dalam memang sudah kehendak Tuhan. Jadi kita banyak berdoa dan pasrah saja
    Jangan lupa hatinya yg tenang dan happy ya Nana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*