Bayi Tabung di Tropicana Medical Center – Michelle

Halo teman-teman, bulan Februari kemarin saya mencoba lagi bayi tabung di Klinik Morula, akan tetapi gagal. Respons telur saya tidak baik (hanya dapat 5 buah dan 3 yang terbuahi dengan serpihan yang banyak) dan persiapan saya juga kurang matang seperti dulu.

Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mencoba di Tropicana Medical Center di Kota Damansara, Kuala Lumpur, dengan dr. Surinder Singh. Konon kabarnya tingkat keberhasilan di klinik ini mencapai rata-rata 60% (ada perincian per kelompok umur, tetapi seingat saya bahkan untuk kelompok umur diatas 35 thn juga masih diatas 40%). Saya baru mulai hari ini dengan pemeriksaan awal. Sebetulnya kalau dari Jakarta sudah dipersiapkan lebih baik tapi biaya periksa disini juga tidak mahal, hanya sekitar RM 200 – 500 per test (hampir sama dengan Jakarta).

Biaya IVFnya sendiri sekitar RM 15.000 (RM 10.300 utk proses IVF, RM 1.600 untuk Embryo Transfer dan RM 3.000-an untuk obat-obatanya, yakni Gonal F dan Buslerin/Suprefact). Ini diluar biaya konsultasi dan lab test, tapi sudah termasuk kamar perawatan untuk OPU dan ET. Kelebihan klinik ini adalah kita bisa meminta test kromosom, sehingga bisa memilih jenis kelamin embryonya. Biaya untuk test kromosom ini adalah antara RM 7.000 – RM 15.000. Selain itu, biaya untuk membekukan embryo sangat murah. Satu tahun pertama gratis, setelah itu hanya RM. 1.000. Untuk menginap mereka ada guest room seharga RM 150/malam untuk dua orang (ada dua ranjang ukuran queen size).

Kalau memang ada yang berminat mencoba di Tropicana Medical Center, harap sabar dan mau meluangkan waktu seharian untuk test awalnya ya, karena lama sekali. Kami datang jam 9 pagi. Lalu suami di test sperma. Menunggu 2 jam untuk hasil test lalu bertemu dengan dokternya. Oleh dokternya diperiksa tiga kali, USD luar, USD dalam, periksa dalam dengan jari. Lalu setelah itu test darah (HIV, Hepatitis, Diabetes, TORCH dan IMS) baik untuk laki-laki dan perempuannya. Setelah itu baru dijelaskan tentang masalah programnya, obat-obatan dan jadwalnya. Pada awal kunjungan ini kita harus membayar sebesar RM 3.800 yang terdiri dari biaya konsultasi, biaya test lab dan biaya obat yang dibawa pulang (Gonal-F dan Suprefact). Setelah itu terserah kita untuk melakukan pemeriksaan monitoring di Jakarta atau kembali ke klinik untuk pemantauan reaksi telur. Saya dijadwalkan untuk periksa Estradiol pada hari ke 16 sebelum menurunkan dosis Suprefact dan hasil dikirim ke mereka lewat email, lalu monitor besaran telur pada hari ke 27, dan direncanakan akan OPU pada tanggal 7 May besok.

Sementara baru ini saja yang bisa saya bagikan kepada teman-teman. Saya akan update lagi setelah saya mulai menjalankan program ini.

BTW, Garuda sedang ada tiket murah ke Kuala Lumpur. Hanya USD 110/orang, berlaku 5 hari, berangkat dengan pesawat pk. 14.35 dari Jakarta. Lumayan kan?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...

66 thoughts on “Bayi Tabung di Tropicana Medical Center – Michelle

  1. Susie

    Dear michelle,

    Makasih ya atas sharenya dan kita tunggu terus perkembangannya, Kalo tdk salah kamu memilih TMC karena pgn milih gender ya? Kalo boleh tau km tgl dmana ?adakah rumah disekitar rumah Sakit yang bisa disewakan? Berapakah biaya sewanya. Saya sedang mencari rs Dan Dokter yang bisa menangani ivf dgn amh rendah krn di lam wah ee saya hanya disuruh pake egg donor Dan saya ma suami keberatan, permasalahannya Ada di sel telur sy yg sedikit.

    Kalo michelle tahu email address dr surrinder mhn infonya ya, sy mw email2 dulu sblm memutuskan datang (takut ditolak lagi),hehehe.

  2. julia

    allo michelle

    mudah2an hasil nya baik dan menggembirakan ya…btw boleh tahu kamu umur berapa skrg?

    cheers

  3. agita

    ????????.???? ??iii..
    Mudah2an kali ini sukses yaa..
    Btw, udh BT brp kali? Aku hari ini ET, baru selesai.. Skrg msh observasi nih. Pegel, ga boleh byk gerak.
    Tetap semangat!!

  4. anggi

    Mba Michelle, memangnya di Indonesia ada kerjasama rumah sakit ini dengan rs Indonesia ya sehingga bisa monitoring telur, hormon etc? dengan RS apa kalo boleh tau mba? dan bagaimana proses pertama bisa sampai ke RS ini? maaf banyak nanya mba hehehe..terimakasih sebelumnya

  5. nita

    @Michelle,bole tny yaa kira2 apa solusi dr surrinder utk kasus respon telur yg tdk baik tsb..?
    @Susie, amh rendah itu maksudnya gmn yaa? thanks..

  6. Michelle Anugrah

    Hi semua,

    Sorry baru buka websitenya lagi. Aku jawab satu2 ya:

    @ Susie: kamu bisa menghubungi head nurse mereka, Nazeema, di website mereka, http://www.tmcfertility.com. Biasanya merek akan jawab lumayan cepat, selang 1 hari saja. Dr. Surinder tdk kasih alamat email pribadi dan saya juga nggak minta. Katanya sich ada rumah yang bisa disewa. Saya sedang tanya2 sama Linda (member milis ini juga) info tentang rumah sewa di dekat TMC. Tapi hotel2 murah di sekitar lokasi juga ada, kok.

    @ Julia: makasih atas doanya. Saya sekarang 37 tahun, jadi memang stock telur mulai menipis

    @ Agita: semoga berhasil ya? Nunggu hasil memang yang paling berat dari proses BT ini

    @ Anggi: sayangnya mereka tidak ada kerja sama resmi. Saya disarankan utk monitor dgn dr. Taufik di Morula BIC karena beliau dulu dokter saya utk BT yg pertama, dan kebetulan BIC juga pernah merujuk pasien kelas berat yg tidak bisa ditangani ke TMC juga. Mungkin kalau memang Anggi mau coba dgn TMC mereka bisa kasih referral. Saya ke TMC juga direfer sama dr. Taufik.

    @ Nita: saya dimasukin program dgn pakai Sufrefact/Buselerin untuk awalnya, terus baru lanjut ke Gonal F dosis 375iu. Kemungkinan karena E2 saya tinggi jadi pas cycle kedua di BIC respons telur jelek. Selain itu, dr. Taufik tidak berani kasih dosis lebih dari 300iu waktu saya program sama beliau. Terus saya dianjurkan dr. Surinder untuk konsumsi DHEA (lupa kepanjangannya apa) 75mg sehari. DHEA di Jakarta dijual di Century, yang keluarin Nature’s Plus. Harganya sekitar Rp. 240rb utk 60 kaplet 25mg, sekali minum 3 kaplet. DHEA itu supplementasi hormon estrogen sebetulnya, jadi buat org yg sudah menopause.

    Kalau ada yang juga punya info soal apartemen atau rumah yg disewakan untuk jangka pendek di Kota Damansara, tolong info juga ya!

    Thank you!

  7. nita

    @michelle, makasih yaa buat infonya..Ohya, apa DHEA itu suplemment yg bole dikonsumsi bebas tiap org atau hrs diresepin yaa..?
    kl bole minta almt emailnya yaa..biar enak sharingnya,thx

  8. Michelle Anugrah

    @ Nita: DHEA dijual bebas di Jakarta. Ada di Century, aku baru beli kemarin. Kalau di Malaysia dan Singapore memang gak dijual sama sekali. Yg paling bagus merek Schiff, tapi itu dijualnya cuma di Amerika, rada susah nyarinya di Jakarta. Konsumsinya cuma boleh 75mg/hari atau tiga kaplet, setiap pagi sesudah makan.

    Alamat email aku michelleanugrah@gmail.com

  9. vivi

    hai,michell

    kalau mau nginap sekitar damansara, coba telp ke bu muji +60162744836 , kalau nginap di sini ken rs cuma jalan kaki aja, deket , kalau tidak salah semalam 80 ringgit, rumahnya bersih

  10. Michelle Anugrah

    @ Vivi: masalahnya aku bakalan serombongan sirkus, bawa Mama sama anak2 nich. Rencananya 3 hari sblm OPU aku akan datang berempat, sama Mama dan anak2 aku. Terus pas OPU suami aku akan datang buat 1 malam, terus pulang. Rencananya aku mw nginep di RS sama dia, Mama dan anak2 di penginapan. Habis ET aku nginep di RS sampai 3 hari, terus pindah ke penginapan sama Mama dan anak aku yg paling kecil sampai test kehamilan. Suami aku pulang sama anak yg gede. Mungkin akan lebih nyaman kalau di apartemen, gitu. Ada info gak kalau apartemen di mana?

  11. linda

    hi Michelle
    hi Vivi(barusan bbm,ketemu lg di sini…he)
    tahun lalu ,aq bt dgn dr collin di tmc,aq sewa apartement 2 kamar punya rekannya dr collin,contact personnya bu muji jg.
    ga tau kalo sekarang setlh dr collin ga di tmc,msh disewakan ga.
    coba Michelle hub bu muji,untung vivi msh punya no hpnya,aq uda ga punya.
    dr apartement ke tmc naik taxi walau ga jauh.
    sewa nya minggu an.

  12. vivi

    hai,linda , michell,

    hai,linda,ketemu lagi ya….iya aku masih simpan no telp bu muji,

    iya,michell bu muji juga ada apartemen, coba tanya dia aja, tp kalau mau di rumah juga enak sih, michell, kamarnya banyak trus kebanyakan kosong,jd mungkin bisa book bbrp kamar berdampingan, jd kayak tinggal di rmh sendiri gitu, aku senengnya kalau di rmh ke rs cuma jalan kaki, rumahnya besar , ada kulkas buat kamu simpan obat , kalau apartemen ke rs harus naik taxi , rmhnya di hoek, jadi mau buat jemur’ baju jg bisa, trus jg kalau gak salah ada mesin cuci, tempat setrika, pokoknya gak binggunglah ,kayak rumah sendiri, juga ada dapurnya, kalau tinggal rame’ lebih enak, kalau cuma ber dua terasa sepi , karna rmhnya gede banget, waktu itu aku bbrp kali ke sana, cuma tinggal ber2 ama suami,jd berasa sepi

  13. Michelle Anugrah

    @Vivi: masih ingat nggak kira2 harga per kamarnya berapa? Habis ET mendingan stay di RS atau nggak ya? Dari rumahnya Bu Muji dekat nggak ke pasar/convenience store? Bu Muji keberatan nggak kalau ada anak kecil? Anak aku yg paling kecil lagi heboh2nya nich. Mama sich bilang lbh baik aku di RS biar bisa istirahat, tapi mana betah?

    Btw, suntik Buserelin bikin leher dan badan pegal2 ya? Aku ngerasa leher suka kencang dan pegal2, tp kemarin test darah kolesterolnya masih oke biarpun agak tinggi. Jadi kemungkinan bukan kolesterol. Biasanya minum jamu masuk angin pegal2 bisa hilang, tp sdh diancam dr. Surinder gak boleh minum jamu jadi gak berani dech. Rasa groggy juga sich, soalnya beda dokter, jadinya semuanya baru lagi, kecuali disuntik setiap harinya, hehehe

  14. vivi

    hai, michell
    kalau di bu muji kmrn aku 80 ringgit/malam, kalau kamu mau tinggal lama, minta bu muji hitung bulanan aja jd jangan harian,mending kamu coba nginap dulu kalau cocok baru minta bulanan, gak apa2 kog kayaknya bawa anak kecil, karna itu rumah kosong, bu muji jg gak tinggal disana, dia tinggalnya ama dr collin lee, dia cuma tiap pagi datang buat bersih2 rumah

    kalau dari sini , aku blom ketemu pasar, tp dekat cova mall, buat cari makan biasanya aku ke sana, pasar dimana aku gak tau…hehehehe

    iya kalau di rs, kamu ntar bosan , kalau di sini kan kayak rumah sendiri, halamannya luas, udaranya juga enak buat hirup udara seger pagi…

    kalau aku gak pernah pake busereline, michell , aku bt ama dr selva pake suprefact ama menopure

    coba tanya linda,deh, dy sama ama dr surrinder juga…ada rasa begitu gak..

  15. rees

    salam bunda, dalam thread ini sy sampakan adakah sesiapa yg beniat adopsi anak perempuan ? saya seorang ibu yg bernasib tidak baik dan tgh dihadapi dgn masalah yg amat sulit. anak saya berusia 8bln, dia sehat, cantik dan berkulit putih. jika ada bunda yg ingin mengadopsi nya dan dpt memberikan kasih sayang layaknya orangtua kandung, sudikah kiranya datang ke rumah saya. jka serius please email ke : rees_1160@yahoo.com
    saya akan menghubungi bunda

  16. Arini

    Hai Michelle,

    Coba aja cek d dimer kamu siapa tahu naik.
    Kemarin kemarin aku juga konsumsi DHEA, d dimer aku naik sampai 1500.
    Cirinya leher suka pegel pegel gitu, kepala kadang migren. Menurut dokter, nggak semua orang cocok dengan DHEA.

    Regards

  17. susi

    Dear michelle,

    Sy ada rencana ke KL minggu ini, apa rs nya ada fasilitas jemput ya setibanya kita diairport sampai ke rs?

    @vivi, kamu skrg msh dirmh ibu muji tdk, sy rencana mw sendirian ke sana karena suami tdk bisa cuti.

  18. Michelle Anugrah

    Wah, saya tidak tahu ada fasilitas jemputan atau tidak oleh RSnya ya? Tapi di airportnya ada taksi kok. Modelnya kayak di Bali, jadi sebutin alamat, nanti dikasih ticket, bayar di tempat. Kira2 taksinya sekitar RM 75-an dengan tip untuk supirnya.

    Aku nyewa apartment di daerah Damansara Perdana. Lumayan mahal tetapi kelihatannya enak. Per minggunya RM 1200 utk apartment 2 kamar. Siap2 kalau ternyata harus 2 minggu di sana. Tgl 29 besok saya kesana utk check up tgl 30 nya, terus tgl 3 balik lagi utk siap2 check up tgl 4 dan OPU tgl 7 nya.

  19. Michelle Anugrah

    Ke TMCnya? Saya email dulu ke mereka, jadi sudah dikasih tau siap2 bawa apa dan harus ngapain. Soalnya kan pemeriksaannya harus pada hari tertentu utk pemeriksaan cadangan telur dan kadar hormon. Selain itu juga ada test darah utk pemeriksaan TORCH, HIV, Hepatitis B dan C dan Diabetes. Coba cek http://www.tmcfertility.com untuk alamat email yg bisa dihubungi utk bikin janji. Kalau go-show jarang dilayanin, soalnya dokternya cuma ada 4 org dan mereka praktek sesuai perjanjian.

  20. vivi

    dear, susi

    saya skrg udah gak di kl,lagi,susi
    skrg udah kontrol di jkt aja , di rs bunda
    kalau sendiri, di rumah bu muji, sepi lho? mending cari alternatif lain, susi baru mau ikut program atau udah ikut saat ini, karna kalau udah dalam program saat ini, cari penginapan yang ada kulkasnya, karna obat harus slalu di simpan di kulkas

  21. susi

    Dear vivi,
    Aku msh ‘seeking’ dr/rs yg bs ‘nanganin’ kasusku yg rendah amh,telur sedikit.
    Vivi knp ikt BT? Maren ditnc da mpe tahap mana knp skrg lanjut dibic?
    aku pernah kepenang dan lbh suka tgl dperumahan yg dsewakan,serasa dirmh sndiri. Tp dpenang g terlalu sepi sich, kalo diKL sepi alamat bosen jg x ya.

  22. vivi

    dear, susi

    oh,begitu, kalau aku kasusnya adenomiosis n suami azoospermia, aku sekarang Puji Tuhan udah hamil, masuk 10 minggu,

    aku dulu pernah kontrol ke TMC, sblm memutuskan ikut BT yang ke 3 ini, mau dimana, akhirnya aku pilih malaka ama dr Selva, aku berhasilnya di Malaka ama dr Selva

    setelah Positive aku lanjutin kontrol di RS bunda ama dr Taufik
    Jangan Putus Asa,ya susi, terus berusaha, dan berdoa…Pasti ada jalan

    aku berhasil stlh ikut bt yang ke 3, 2 kali ikut di jkt, di harkit n bunda

  23. Michelle Anugrah

    Hari ini saya akan di OPU. Terakhir kemarin saya di USG ada 8 telur yg sudah besar dan 5 lagi yg masih kecil2. Jadi OPU yg harusnya Senin diundur ke Selasa. Sekarang sudah di preparation room. Mohon doanya supaya folikel2 telur semua ada isinya ya!!!

    Puasa dari semalam jam 11 jadi lapaaaaaarrr sekali!!!

  24. Ika

    Dear Michelle,
    Thank you banget yah atas info dan sharingnya, kebetulan saya juga rencana utk BT ke TMC dengan dr surinder. Tapi masi bingung juga antara MMC dr selva atau TMC dr surinder.
    Kalo boleh tau michelle gimana kabar perkembangan program BT nya?
    @Vivi, hai vivi kalo berkenan boleh gak saya minta pin bb kamu, saya pengen nanya2 nih soal program ke dr selva. Saya juga BT yg ke 3, sebelumnya BT di RS Morula Bunda.
    Terima kasih ya.

  25. Michelle Anugrah

    Ika,

    Berita sedih sekali. Saya gagal hamil. Mungkin juga karena kualitas embrio yg ditanam kurang bagus dan saya juga stress (ibu mertua kena serangan jantung dan masuk RS kira2 2 minggu).

    Tetapi pendapat saya pribadi, mungkin kemarin saya akan bisa hamil kalau saya stay 2 minggu stlh di ET di Kuala Lumpur (tidak maksa pulang ke Jakarta) jadi nggak terlalu stress dan kecapekan.

    Saran saya, kalau mau ke TMC, lebih baik siap2 utk stay 3 minggu di KL, supaya dari USG ke 3, OPU, ET dan test kehamilan tetap di sana. Dan kalau mau menginap di apartemen yg saya kemarin sewa juga enak lho. Banyak resto yg jual makanan di sekitarnya. Cuma memang rada mahal, lebih murah di rumah Bu Muji itu.

    Sekarang saya disuruh rest dulu 2 bulan. Saya juga lagi mikir2 lagi mau lanjut apa nggak. Masalah dana soalnya, hehehe. Dan juga saya capek ditusuk-tusuk sama jarum terus. Moga2 nanti Tuhan kasih petunjuk sama saya.

  26. Ika

    Michelle,
    Sorry yah… Tetap semangat walaupun kali ini belum berhasil. Memang no 1 penting banget ya utk gak stres, aku juga waktu BT pertama stres banget, jadi bhcg ku yg tadinya +, sminggu kemudian nge drop. btw, makasih buat saran-saran dan info nya, sebetulnya aku masi bingung mau coba ke TMC atau MMC, kemungkinan aku akan coba konsul ke dua2 nya, nanti tinggal lihat mana yg lebih nyaman. Oya kalo kamu masi simpen no telp apart yg kamu tinggal kemarin, aku boleh minta ga? untuk referensi aja kalo seandainya aku jadi program ke TMC. Makasi ya.

  27. Ika

    Teman-teman, sorry mau tanya ada yg bisa kasi info untuk apartemen/rumah di sekitar MMC malaka gak yah? terima kasi sebelumnya.

  28. vivi

    dear michelle,
    aku ikut sedih, kabarnya michelle,yang sabar,ya, tetap semangat iya rest dulu aja 2/3 bln , menormalkan smua hormon dalam tubuh

  29. widia

    Dear Michelle..sabar ya ,tetep semangat.
    By the way,aku sekarang lagi bikin BT yang ke2..karena yg pertama (november 2011) gagal,dan aku gak ada tabungan embrio,,So,harus ngulang dr pertama lagi deh prosesnya,,harus suntik menyuntik tiap malem…
    BT yg pertama aku buat di Prince Court medical Kuala Lumpur,dgn Dr.Paul Tay ..trus Bt yg Ke2 ini juga mash dengan dokter yg sama (jujur aku ngrasa nyaman sekali dengan dokter dan staf stafnya).
    Kemarin aku habis eggs colection,,dan ternyata yg berhasil dipanen ada 28 sel telur (banyak banget).. dr awal dokterku worry kl aku ngalamin hyperstimulate..semoga sih gak tambah parah.So far aku coba ngimbangi dengan banyak minum air minimal 2 lt sehari. will see selasa besok aku ketemu dokter untuk memutskan apakah Embrio Transfernya bisa lngsung diproses atau hrs pending dulu.
    Tetap semangat ya…GBU

  30. WILSON

    Dear Ika,

    Saran saya, hubungi agent MMC di Indonesia aja, mereka ada kerjasama dengan Hotel Fenix, lokasinya di belakang MMC. Ratenya lebih murah daripada apartment di seberang MMC.

    Semoga Bermanfaat.

  31. Ika

    Dear Michelle,

    Sorry nih kalo ganggu, boleh ga sy minta no telpon apartment yg kemarin kamu stay pd saat program di TMC? Kira2 dari apartment itu ke TMC harus naik taksi atau bisa jalan kaki ya?
    Terima kasih sebelumnya.
    @Wilson, iya kmrn sy juga stay di Hotel Fennix Inn, lumayan dekat ke MMC dan bersih juga. Makasi ya bwt info nya.

  32. Michelle Anugrah

    Hi Ika,

    Apartmentnya di Damansara Perdana, 15 menit dari TMC. Nama ownernya Carliff, HPnya +60126459580 atau +60168453989 (saya lupa yang mana yang punya dia mana yang punya Managernya).

  33. Ika

    Dear Michelle,

    Makasih ya buat info nya. Jarak apartemen 15 menit dari TMC dgn jalan kaki atau harus naik taksi ya? Soalnya waktu aku konsultasi kesana agak susah ya kemana2, kayanya mesti naik taksi kalo cari makan atau ke supermarket gitu. Kalo Äðä apartemen yg bisa jalan kaki ke TMC enak juga 🙂
    Oke deh, sekali lagi makasih ya michelle..

  34. Michelle Anugrah

    Naik taksi. Kalau mau yg jalan kaki apartmentnya dokter Colin Lee, yg fiurus sama Ibu Muji. Tapi saya lupa teleponnya berapa. Lihat di thread atas aja.

  35. lita

    Dear Michelle…

    Halo..met kenal Michelle..aku dah lama ikut baca di thread ini..sorry to hear that..tapi kita tetap tabah dan semangat ya…aku juga sama 2 bulan yg lalu gagal bt yg ke-2.Michelle..bolehkan aku kirim email ke Michelle?aku ingin minta pendapat Michelle…

    Dear Ika…

    Halo..met kenal Ika…baca thread di atas..sepertinya Ika mau konsultasi ke TMC ya?kapan rencananya ke sana?aku nih lagi pertimbangkan antara TMC atau Alpha..mgkn juga mau konsultasi ke dua2nya.cuma gak tau sekali ke KL bisa gak ya ke TMC dan Alpha sekalian? kalau bisa ke MMC juga ya? tapi sepertinya mesin di TMC dan Alpha lebih canggih ya dengar sharing dari teman2 di bayi-tabung.com.Terus..TMC juga ada buka cabang di pulau pinang…di sana dengar kabar sih doc yang menangani ivf case itu ramah,baik..tapi aku sendiri belum coba konsultasi ke sana…

  36. Ika

    Hi Lita,
    Salam kenal juga. Aku 2bln lalu sudah konsultasi ke TMC dgn dr surinder dan MMC dgn dr selva. Tp baru konsul aja, belom decide mo coba yg mana. Kemungkinan besar si aku habis lebaran baru akan program dan kayanya aku ??áu coba yg di TMC aja. Kamu Äðä pin bb ga biar kt bisa contact2 kalo seandainya kamu jg ??áu ke TMC. Kalo waktu kmrn aku pergi kesana stay di Malaka 2 hari setelah itu lgs ke KL TMC 2 hari, jd bisa skalian pergi 2 dokter utk konsul.

  37. lita

    Dear Ika..

    Hm..bagus ya..kalo sekali pigi bisa kunjungi 2 doc sekalian.kalo boleh nanya..apakah suami diminta untuk buat sperm analysis 2x juga karena beda hospital?soalnya aku rencana mau ke alpha dan TMC.kalo duluan ke alpha,pastinya diminta buat sperm analysis di alpha.kalo ternyata besoknya bisa dapat appointment ke TMC,apakah boleh kita menggunakan hasil sperm analysis dari alpha sebagai data untuk konsultasi di TMC gak ya?untuk appointment di TMC,gimana ya caranya?apakah melalui email bisa buat appointment?oya..Ika punya whatsapp di bb nya?aku pakai android.aplikasi whatsapp bisa untuk chatting antara bb dan android,tinggal saved no hp dari teman2 aja…

  38. Ika

    Dear lita,
    Kalo kemarin aku ke mmc dulu jadi suami test sperma disana nah hasilnya kita bawa ke tmc jd ga usah ulang lagi. Jd pas konsultasi aku bawa smua tu data2 dari jkt. Bilang aja ke tmc dan mmc kalo kamu belom decide mo ivf dmana, baru akan konsultasi aja.
    Tapi yg di dr selva aku dan suami smpt dikasi vitamin selama3bln dan vitamin nya mayan mahal jg hehe jd pas di tmc aku blg aja sama dr nya sudah dikasi vit pas di malaka jd jgn sampe dikasi lg. Kamu rencana kapan mau ke malaysia?
    Oya kalo mau bikin appointment lewat email bisa ke tmc, kamu coba baca diatas aja websitenya. Kalo yg mmc aku tlp ke kantor perwakilan nya di jkt, no nya 02171794608. Jd mrk yg bikinin janji bwt kita.
    Aku ga pnya whatsup lita. Email aja yah.

  39. Ika

    Sorry lita, aku salah baca tyata kamu mau konsul ke alpha dan tmc ya. Kalo alpha aku ga tau no tlp nya.

  40. lita

    Dear Ika..
    Gak apa-apa…memang aku juga mau konsul ke TMC.mau konsul beberapa tempat dulu..baru buat keputusan mau program dimana.berarti untuk TMC bisa buat appointment via email ya? oke..sipp deh..thanks ya Ika..kalo alpha aku sudah buat appointment,via email juga.jadi nanti dengan TMC mudah2an bisa dapat waktu yg berdekatan dengan alpha..jadi bisa sekali berangkat,2 tempat dikunjungi…macem pergi jalan2 saja..hehe…Kalo boleh aku nanya..Ika masalahnya apa ya? aku juga sudah 2x gagal prog bt.tapi aku dan suami memang masing2 ada masalah…terus..kenapa lebih memilih TMC daripada MMC? Gimana menurut Ika,dr Surrinder yg di TMC?orangnya baik,ramah,banyak kasih penjelasan? makasih ya…

  41. widia

    Ikutan nimbrung ya Ibu ibu…Btw,jadi tergerak hati nih pingin berbagi cerita berhubung ibu2 pada ngomongin Bayi Tabung di Rumah sakit Malaysia.
    Saya salah satu pasien di Prince Court Medical Centre Kuala Lumpur..dan sekarang lg hamil masuk 10minggu.
    Dari awal rencana bikin BT,saya sempet kepikiran untuk mau ke TMC..tapi setelah tau TMC pasiennya banyak,,n ngantrinya lama ..saya jadi berubah pikiran,,karena takut “apa dokternya bisa konsen nggak ya dengan case yg kita punya,secara pasiennya banyak banget”. Akhirnya saya putuskan untuk ganti haluan untuk dateng ke Prince Court,karena sesuai rekomendasi temen,Prince Court pasiennya nggak seramai TMC,nggak nunggu lama,trus bisa curhat panjang lebar dengan dokter gyneco yg nangani kita (saya ditangani Dr.Paul Tay).. plus bisa ngobrol juga sama Embriologistnya yg nanti bakal bertanggung jawab untuk mengikuti perkembangan sel telur/sperma/embrio di laboratorium.Kalau untuk harga,saya pikir Prince Court masih lebih murah dibanding TMC..tapi yaaa itu semua tergantung case masing masing.Mungkin point plusnya buat TMC,sekarang TMC punya alat canggih yg bisa nentuin gender siBaby (kalau nggak salah).
    Banyak pasien pasien Bayi tabung Prince Court datang dari Indonesia juga.
    Saran saya untuk Ibu ibu yg mau buat BT..komunikasikan proses bayi tabung yg akan kita jalani bukan hanya dengan dokter gyneconya saja tapi kalau bisa ketemu juga sama Embriologistnya.
    Tetap semangat ya Ibu Ibu…Thanks

  42. Ika

    Dear widia
    Selamat ya atas kehamilan nya, semoga diberikan kelancaran dan kesehatan yg baik ya. sekarang widia masi di KL atau sudah balik ke indonesia?
    Oya kalo boleh tau kemarin habis berapa utk biaya ivf di prince court? Terima kasih sebelumnya ya.d

  43. widia

    Hi Ika
    Kebetulan saya n suami tinggal di KL.Kl gak salh inget total semua dr mulai pertama kali konsultasi,trus divaksin toxso dkk dulu,trus test sperma suami (kebetulan saya nggak ada buat test ini itu diprince court,krena sebelumnya udah pernah buat,jd wktu kesitu sy cm bawa medical report aja),obat2an/injection slama treatment,eggs collection,transfer embrio..sekitar 18.000 ringgit.Kl diprincecourt,biaya konsultasi dokter aja kita dichargenya 90 ringgit.Kl mau info lebih details,,mbak Ika bisa call lngsung ke Prince Court telp nya 62-03- 2160-0000 ,nanti minta disambungkan kebagian ivf,,nnti mbak ika akan dijelasin sm nursenya dulu.Biar lebih nyaman minta nurse yg bisa bahasa indonesia,,mksudnya biar kita clear dpt infonya.Maaf,kl boleh tau usia mbak ika berapa ya????

  44. widia

    dear mbak ika..
    so sorry,saya salah ketik..kode malaysia 60 ya,,,bukan 62..62 kan punya indonesia…
    thanks

  45. linda

    Hai semuanya…..sy mau nanya tentang apartemen yg disewakan. Yg dekat ama tmc. Katanya ada apartemen cova yah. Ada yg tau nggak no hp yg bisa dihubungi ? Untuk sewa apartemen disana Soalnya sy ntar tgl 23 september ke kl trus ntar tgl 24 ke tmc untuk scan krn sekaranh sy lg ikut program bt di tmc

  46. Asti

    Dear all, saya asti dan pernah posting di website ini karena belum berhasil hamil setelah menikah 5 thn akibat ada masalah AntiSperm Antibody (ASA). Akhirnya saya memutuskan utk menjalani bayi tabung di TMC Kuala Lumpur dgn dr. Surinder. Saya datang ke TMC tgl 14 dec lalu, dan dibekali dengan suntikan superfact dan gonal F utk kembali ke indonesia (prosesnya dengan long protocol). Saya mulai suntik superfact 0.5ml tiap hari dr tgl 17 dec, dan tgl 2 jan ini saya hrs periksa hormon estradiol utk menurunkan kadar superfactnya. Saya harus kembali ke TMC tgl 12 jan utk USG folikel. Dan saya memutuskan untuk cuti panjang dari kantor, dan saya akan stay di KL dr sejak pemantauan folikel sampai nanti saya tau positif atau tidaknya (semoga lancar). Ohya, saya akan stay di apartment Cova yg diurus oleh Bu Muji juga.
    Mohon doa-nya ya teman-teman semua, semoga usaha kami ini berhasil. Semoga tahun baru 2013 ini menjadi tahun yg pernah berkah utk kami.
    PS: Saya akan terus update perkembangannya di web ini supaya teman-teman tau bagaimana proses bayi tabung di TMC.

  47. Nelwati

    Hi, Mb Asti, lam kenal, aq Nelwati (Nel), aq jg rencana mo coba adu keberuntungan utk BT di TMC Damansara, berkat info dari teman2 (yg aq baca di web ini) juga. Rencananya aq mo berangkat bln Januari 2013 ini. Aq dah kontak via email dg Nazeema Begum. Request nya konsul sm dr. Nur Azimat. Kira2 priksa (screening)awalnya butuh waktu berapa hari,ya…? Trus, dtg nya baiknya pas haid ato terserah kita?

  48. Asti

    Hallo mbak nel, kalau aku sm dr surinder. Aku pertama dtg tgl 10 november hr ke 21 dr mens sesuai email dari marketingnya TMC ibu tjandrawati (waktu itu belum kenal sm nazeema). Nah, tapi waktu itu nggak langsung program, suami cuma diambil spermanya dan dianalisa, terus hasilnya sore itu langsung di konsultasikan sm dr surinder, dia bilang hasil sperma suami bagus dan ready utk IVF. Akhirnya kita balik dulu ke indonesia untuk menyiapkan semuanya, dr ijin cuti di kantor, materiil dan moril tentunya.. Hehehe. Setelah mantap dan ready, aku contact nazeema, dan disuruh dtg bulan december, tgl 14 tepatnya, itu pas hari ke 21 menstruasi.
    Kunjungan tanggal 14 dec itu suami nggak diambil spermanya lg, cuma kami berdua di test darah saja. Terus konsul sm dr surinder lg, kami tanya semua pertanyaan yg ingin kami ketahui sm dia, terus dibagikan schedule detail IVF dan dibekali suntikan banyak banget. Kunjungan kedua ini sekalian juga survey penginapan, yg akhirnya akundpt apartment cova, alhamdulillah banget jadwalnya pas, biasanya selalu penuh. Semoga pertanda baik utk proses IVF ini.

  49. Nelwati

    Waaah…., semoga IVF nya sukses,ya,mb Asti, amien…. Bararti hari itu juga bisa langsung pulang ke Indo,ya? Kenapa gak lgs screening or priksa darah langsung pd tgl 10 November itu jg,ya,mb Asti ? Ibu Tjandrawaty itu org Melayu,ya…? Mhn aq dikirimi emailnya,dong,mb.Asti… Apartement Cova lokasinya d mn, n bayarannya harian, mingguan or bulanan? Kira2 bw duit brp,ya, Mb Asti? Sorry, pertanyaannya byk banget, he he…..

  50. Asti

    Hai mbak nel, iya waktu itu aku belum test macem2 karena belum pasti mau IVF disana. Ibu tjandra orang Indonesia yang kerja disana mbak, dia marketingnya TMC utk pasien indonesia, ini emailnya tjandrawatih@tropicanamedicalcentre.com
    Apartement Cova deket banget sama TM, gak sampe 1 km, dari TMC keliatan gedungnya. Tapi kalau jalan kaki lumayan juga, jadi harus naik taxi juga kalau nanti udah program. Rental apartmentnya 4500 MYR/bulan. Aku rental sebulan karena mau stay sampai tau positif hamil atau nggak. Kalau rental mingguan kayaknya bisa, kalau gak salah 1500 MYR/minggu.

  51. Nelwati

    Oke,deh….,tq banget,lho infonya,mb Asti…,ntar aq kirim email ke ibu Tjandrawaty nya,deh, krn banyak hal yg mau aq tanyain, maklum, aq blum pernah ke KL…. Smq sukses,ya, mb Asti….

  52. Asti

    Hi all, kami sudah 9 hari di damansara, menginap di Cova Suites apartment. Mulai tanggal 8 january suntik Gonal F dengan dosis 262,5 iu dan continue terus injeksi buserelin, tapi sudah diturunkan dosisnya jadi 0.1 ml sejak tgl 2 jan setelah dpt hasil test estradiolnya.
    USG dengan dr surinder tgl 12 Jan, hasilnya ada 9 telur berkembang, 6 kanan dan 3 kiri, yg paling besar ukuran 14,9 mm. Akhirnya dr surinder menambahkan dosis gonal f nya jadi 300 iu, supaya telurnya lebih banyak lg yg matang. Diminta datang lg USG tgl 16 jan, ternyata telurnya jadi 10 yang matang (5 kanan dan 5 kiri) namun baru beberapa saja yg membesar sekita 20mm, dan dokter memutuskan utk meneruskan dosis gonal F, dan menunda jadwal OPU dari tgl 19 menjadi tgl 21 jan.
    Malam ini saya sudah suntik ovidrel utk pemecah telurnya. Besok malam harus puasa untuk persiapan OPU hari senin pagi.
    Alhamdulilaah so far lancar, tidak ada gejala OHSS, memang ada sedikit kembung diperut mulai kemarin, tapi katanya normal, mungkin karena sel telurnya sudah banyak yg matang. Dan sekarang aku fine-fine aja. 2 hari sekali ke mall, ke ikea, the curve, dll., hehe. Dibikin menikmati suasana liburan aja supaya gak stress. Karena sehabis ET aku rencana mau bedrest total di apartment.
    Biaya yang dikeluarkan juga alhamdulillah juga tidak banyak utk proses medisnya, aku sudah lunasi pembayaran (deposit) sampai proses ET, total hanya sekitar 16,100 MYR atau sekitar 51jt Rupiah. Mungkin karena obat suntikan yg kupakai juga tidak banyak ya dosisnya. Karena tiap org beda2 tergantung umur dan kondisinya.
    Lebih senangnya lg aku ditemani suami dan orangtua disini. Jadi tiap hari kita masak sendiri, kebetulan di dkt apartment ada minimarket yg menjual sayuran dan bahan makanan segar. Jadi utk masalah makanan gak masalah, kita bisa makan masakan rumah tiap hari. Di sekitar apartment ada danau besar dan jogging track, kami sering jalan pagi dan atau jalan sore utk menikmati suasana yg masih asri dan udara segar. Sebisa mungkin kita nikmati suasana ini seperti liburan yang jauh dari rutinitas kantor.
    Mohon doanya supaya proses OPU hari senin lancar, dan embrio yang berkembang juga banyak dan bagus kualitasnya…

  53. Mey

    Hi mba asti, gmana proses bayi tabungnya? Smoga berhasil ya… Aku jg ada rencana mau ke TMC, sudah bikin appointment hari Sabtu ini utk priksa darah dll di hari ke-3 siklusku.

  54. Asti

    Hi mba mey, alhamdulillah BT saya berhasil, saya sudah hamil skrg jalan 10 minggu. Sekarang lg mabok2nya. 🙂 Good luck ya dengan programnya… Sama dr surinder juga kah?

  55. Mey

    Wow selamat ya mba… Jd tambah semangat neh… Crita2 lagi donk pas ET nya dan jadinya hamil tunggal atau kembar nih? Aku kmrn sudah ktmu dr Surinder, orgnya kliatan baik, bahkan dia ga buru2 lgsung suruh IVF ya… Ktnya smuanya ok jd kalau msh mau hamil alami atau insem dulu jg ok.. Tp krn udah kebelet aku lgsung mutusin mau IVF.. Sudah 4 thn nikah soalnya… :-p
    Mba Asti ikut long protocol ya, apa siy prtimbangan short atau long itu? kmrn pas konsul siy nursenya jelasin proses IVF yg long kayanya krn pake gnrh agonist segala.. Tp dr surinder siy belum jelasin krn mau liat hasil tes hormon dulu mngkin. Tgl 1 april aku kesana lg utk liat hsl hormon n mulai program.. Wish me luck ya… Baidewe mba asti sudah balek jkt brarti ya?

  56. wenny

    dear all:
    mba mey , mau tanya nih utk pertama x kita mau ke tmc email ke mana yah? ke nazeema nya yah?email nya klo boleh tau ? trus jika mau berobat ketmc sebaiknya datang konsul pada saat haid atau gimana yah?sy sih lg rencana mau ivf soalnya sudah 4thn blm hamil,sblmnya pernah insem di penang…tolong infonya yah utk tmc dgn dr surinder..tq

  57. Mey

    Hi mba wenny..

    Aku kebetulan memang stay di slangor, suami br ditempatkan dsini, jd emg sebelumnya udah browsing & dpt info dr wbsite ini mengenai TMC. Trus pas kita sudah pindahan kmari aku isi enquiry form yang ada di websitenya tmc, waktu itu sbnernya msh mau nanya2, tp langsung loh ditelfon sm rs, yg nelpon namanya Rina, trus dia suruh hr 1 mens telpon lg utk make appointment dng dr Surinder.

    Waktu itu Januari, tp krn kita msh belum settle bgt dsini akhirnya br Maret aku ketemu dr Surinder. Hr ini br mulai suntik Suprefact… Ternyata ga trlalu nyeremin.. Hehehhe…

    Kalau ga salah di Jkt ada kntor representatif TMC kok, tp kamu bs langsung isi form enquiry atau bikin appointment dr websitemya. Mrk cpt kok responsnya.

    Oh iya nanti pas datang prtama dr Surinder akan cek smua2nya, trus kita sama suami ambil darah buat cek hormon & hiv dll.

  58. wenny

    mey:
    makasih yah atas infonya …ada email atau whatsup atau pin bb gk mey..biar lain kali mau tanya info lbh gampang…
    untuk temen-temen seperjuangan ada gak yg lagi mau program di tmc ,info info yah …manatau bisa saling memberikan info dan barengan…tq

  59. Nanda

    Mba mey, saya juga ada rencana mau bayi tabung di TMC. kira-kira berapa ya uang yang harus dipersiapkan dari awal sampai selesai ivf nya

  60. laila

    hai mbak nanda, aku rencana mau ivf lagi di bulan november di TMC damansara. mungkin apabila dikau ada rencana dibulan itu..bisa bareng-bareng kita yak.. ^_^

  61. vitien

    Dear All,

    Salam kenal… nama saya Vitien. Mohon informasi menggenai sewa kamar di apartment Cova & rental mobil.
    – Apakah disewakan harian ? Karena saya rencana hanya 1 malam.
    – Berapa biaya per kamar /malam dengan kamar mandi di dalam ?
    – Mohon informasi no telp / hp penyewa apartement.
    – Apakah ada rental mobil yg bisa antar jemput airport – penginapan – airport ? Mohon no telp / hp driver.

    Mohon pencerahannya…

    Terima kasih / Vitien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*