Bayi tabung dengan myoma – Nana

Hai salam kenal…..
Usia pernikahanku sdh memasuki 14 thn, tdk pernah merasakan hamil sekalipun, ada sih telat bbrp kali tapi hsl selalu (-). Bbrp tahun yl aku pernah operasi kista di ovarium kiri 5 thn kemudian operasi myoma ke duanya dgn laparatomi. Sudah pernah menjalani inseminasi sebanyak 2x namum gagal. Waktu itu kata dokter permasalahannya sperma suamiku sgt sedikit (oligoasthenozoospermia).

Bertahun2 kami mempertimbangkan untuk mengikuti bayi tabung, disamping waktunya yg lama juga cost nya yg tdk sedikit belum lagi mental jg hrs dipersiapkan.
Akhirnya oktober 2010 kami memberanikan diri utk mencobanya. Aku memakai short protokol, dan ternyataaaaa….. myomku ada lagi sebesar 4cm tapi menurut dokter posisinya tdk mengganggu apabila tjd kehamilan. Hari ke 3 aku disuntik gonal F 225UI, suntikan ke 6 dosis dinaikkan jd 300UI, hari ke 12 OPU telur yg berhsl diambil cuma 5 menjadi embrio 3 yg 2 lg tdk layak di freez. Singkatnya ke 3 embrio itu ditransfer dan masih belum berhasil. Aku sedihnya setengah mati, tiap melihat foto embrioku tak kuasa menahan air mata, selama sebulan aku bangkit kembali dan malah makin semangat. Kami berdua mempunyai motto baru yaitu: NEVER GIVE UP!!

Aku mulai dgn pola makan sehat, dgn tinggi protein dan serat, minum soya tiap hari. Siklus yg ini aku mendapatkan 11 telur dgn jlh embrio 8. Tgl 26 april kemaren sdh dilakukan embryo transfer 3 embryo, 5 embryoku di simpan. Siklus yg ini lbh bagus dari yg sebelumnya. ternyata masih belum berhasil juga. ada mioma ukuran 37mm x 49mm di corpus kanan intramural yang mengganggu proses implantasi, disarankan untuk miomektomi agar sewaktu thawing cycle (kami masih mempunyai 5 embrio beku) keberhasilannya lebih besar.

Saya sudah pernah operasi kista 12 thn yl dan operasi mioma 6 thn yl, jadi ini merupakan operasi mau yang ke 3 kalinya. ada timbul keraguan apakah saya masih bisa hamil setelah miomektomi 2x? hampir hampir hopeless rasanya…..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.25 out of 5)
Loading...

26 thoughts on “Bayi tabung dengan myoma – Nana

  1. widya

    Hai Nana..salam kenal.
    Waw..! 14 tahun bukan waktu yang sebentar lho..beruntunglah kalian masih punya semangat untuk maju terus. Menurut aku sebaiknya kamu selesaikan dulu masalah2 yang mungkin menghambat atau menggagalkan BT, teruskan pola makan sehat dan jangan lupa olah raga kalau bisa treadmill minimal 30 menit setiap hari (suami juga lho..). aku doakan semoga berhasil ya dan semangat terus!!

    widya

  2. Nana

    hai widya…salam kenal juga!
    sebenarnya ada perasaan takut untuk operasi kembali, ada juga perasaan apakah tindakan yang kulakukan ini sudah tepat, apakah aku masih bisa hamil setelah 2 x miomektomi? apakah…..apakah….apakah?? banyak sekali pertanyaan di dalam kepala ini…
    yang membuatku semangat adalah aku masih mempunyai 5 embryo lagi yang sedang menunggu rahim ibunya, sehingga harapan itu masih bisa terjaga dihatiku. seperti kata widya (harus) MAJU TERUS!!
    terima kasih support, saran dan doanya…
    rencana aku akan operasi tgl 11 Juni 2011 nanti dengan cara abdominal myomektomi. buat sementara kami masih fokus dengan ini sebelum memikirkan thaw cycle nantinya..
    apakah ada yang mempunyai riwayat seperti aku ini ya? sangat membutuhkan advice dan informasi agar bisa terencana dengan matang dan benar..

  3. isti

    hai nana salam kenal dari isti
    waaou 14 th.itu luar biasa lo.ak yg br 4th aj udah kelimpungan.tetep semangat ya.chayyo.

  4. Nona

    Hi Nana, Salam kenal

    Jangan menyerah ya, karna kita masih ada harapan.Aku juga sdh beberapa kali operasi endometriosis, tp tak bakalan sembuh, jadi sekarang mah gua cuekin aja. Dokter selalu bilang operasi, tapi jelas2 mereka tau tak ada gunanya, tp tetap disarankan. Menurut aku, kamu cari opinion dari dokter lain juga dan kalau dianjurkan operasi, mungkin pengobatan alternatif dijalankan dulu. Operasi bagi aku merupakan jalan terakhir, soalnya satu masalah sembuh tapi masalah lain terganggu.Jika mioma harus dioperasi, pastikan kondisi tubuh harus benar2 pulih dulu sebelum ditransfer. Tetap semangat ya Nana!!

  5. susi

    Hai Nana,ada benarnya jg kata nona, jgn tlalu banyak operasi. Aku 2x LO, bdampak pada sel telurku yg bkurang karna kbykan operasi. Terakhir ada kista uk 3,5cm,untung ga usah dioperasi cuma dsedot.

    Semoga doa kita semua untuk bisa hamil segera dikabulkan Allah. Tetap bersemangat dan berusaha ya.

  6. aryani

    hai nana, ttp semangat ya… cobain deh km ma suami setiap hari minum jus wortel campur buah apa aja..u suami malamnya minum vit virill actine dr sea quill. trus buat istrinya minum folavit. itu udah berhasil loh, aq dah ngerasain… skrg aq hamil 6 minggu…

  7. irene

    dear nana

    memang bener tuh..sebelum program ivf lagi, sebaiknya dibersihin dulu rahim dari segala macemnya.
    saya juga tidak setuju kalo harus operasi terus2an, akan tetapi..kalo bener ada miom yang sebesar itu…4 cm itu lumayan besar loh (sedangkan rahim itu ukurannya hanya sebesar telur ayam kalo dalam keadaan tidak hamil)
    memang letak miom kamu sepertinya di dinding rahim ya…..tapi harus di usg/dimasukkin cairan, untuk bener2 diliat..apakah miomnya itu hanya menggantung di luar rahim, atau di dalam dinding rahim… kalo menonjol ke arah dalam rahim..yah sangat mengganggu untuk penempelan embryo…sedangkan kalo bener2 di luar letaknya…yah sama sekali tidak mengganggu, walaupun besar ukurannya.

    nah…operasi pengangkatan intramural miom ini…termasuk operasi yang sangat sulit. kamu harus cari dokter yang benar2 ahli, kalo intramural itu sepertinya adanya di dalam dinding rahim, jadi dinding rahim harus dipotong…dan dijahit kembali. kalo miomnya hanya menggantung di luar sih mudah ya dibuangnya, bahkan tidak perlu diangkat.
    kalo harus operasi, lebih baik laparoscopy saja….dan cari dokter yang bener2 ahlinya..di singapore yang paling jago operasi dr loh seong feei di kkh hospital. sesudah operasi..kalo bisa disuntik tidak mens dulu beberapa bulan, supaya miom2 tidak muncul lagi…lalu baru dimasukin sisa embryonya

    yah..saran saya..benar2 dipastikan dulu deh dimana letak miomnya itu…tanya ke pendapat beberapa dokter, kalo bisa dimasukin cairan usg nya..jadi bener2 ketahuan…

    good luck buat nana dan semuanya…..jangan putus asa ya, yang namanya usaha itu pasti tidak akan sia2.

  8. Nana

    @ Hai isti….salam kenal juga
    Waktu terasa cepat berjalan isti, dan tak terasa sdh 6 thn kami berhenti berusaha sejak inseminasi terakhir thn 2005 3 bulan pasca operasi miom. Seharusnya kondisi itu jgn disia siakan ya….dimana saat umur msh muda dan miom baru diambil. Tp yg lalu jgn disesali lagi, sekarang what next aja….
    Pesanku, jgn sia siakan umurmu…cepatlah berusaha dan tekun dgn usaha yang dijalani, mdh2n berbuah manis.
    So isti…..mari kita berjuang utk satu tujuan!
    Menjadi seorang ibu……

    @ hai Nona….senang berkenalan denganmu
    Sama halnya denganku, myoma ini juga bisa muncul lagi dan lagi. Aku gak bisa terapi alternatif lagi karena ini memerlukan gerak cepat non, ada 5 embryoku yg msh menunggu dan usiaku juga sdh 37 thn, jadi operasi merupakan pilihannya (bukan karena hobby di operasi lho…..hehehe). Pilihan yg berat memang tapi semua kulakukan karena masih ada harapan di hatiku dgn 5 embryo tadi. Aku berjuang untuk itu. Terima kasih masukannya dan benar kita harus semangat!!mudah2n kondisiku cepat pulih shg wkt thaw cycle nanti rahimku sdh bener2 siap utk kehamilan, aamiin ya Allah…..

  9. Nana

    @ Susi: salam kenal susi…kalo boleh aku tau kistanya jenis apa. aku juga dulu ada kista (kista dermoid) dan alhamdulillah tdk kambuh lagi. semoga doa kita dikabulkan….aamiin..

    @ dear Irene..
    aku sudah memastikan letaknya di dokter kandunganku yang dulu mengoperasiku. dilakukan USG 4D dan memang intramural (didalam otot rahim) dan menekan rongga rahim, seandainya pun terjadi kehamilan akan rentan terjadinya abortus sehingga pengangkatan myoma merupakan indikasi.
    aku juga pernah dengar dr loh seong feei di kkh hospital ahlinya LO, tapi memikirkan transportasi, akomodasi, dll sangat tidak mendukung.
    saat ini pun aku sudah mulai disuntik (tapros) katanya biar mengantisipasi perdarahan dan memudahkan operasinya nanti, mungkin setelah operasi penyuntikan ini masih terus dilanjutkan. waktu disuntik tapros aku haid hari ke 4 sampai skrg haidku belum berhenti, kadang flek kadang darah sedikit sedikit kata dokter memang seperti itu awalnya, entahlah….aku pasrah saja.
    aku harus maju terus, dan semangat harus tetap dijaga ditambah dengan motivasi dari teman teman disini…mudah2n indah pada waktunya

  10. Shanty.A

    Utk nana…
    Hai nana, salam kenal ya. Aku jadi ikutan nimbrung nih, krn kasus nana mirip dgn aku. Dimana pernah punya kista dan miom. Udah hampir di operasi..( krn kistanya lumayan besar sekitar 9 cm) disebelah kanan. Aku udah pernah posting mengenai hal ini di kasus endo dan kista setahun yg lalu. Tapi krn takut operasi akhirnya aku coba minum produk high desert yg disarankan teman yg jenis dinamic trio yaitu produk madu perlebahan yg terdiri dari bee propolis dan propolis dan royal jelly liquid ( ini nih makanan exlusif ratu lebah yg bikin sang ratu subuuuur luar biasa). Produk ini dijual di hampir seluruh toko high desert di indonesia. Alhamdulillah setelah 6 bulan konsumsi kistanya keluar pd saat haid dan minta ampun deh saaaakiiiiiiiit luar biasa. Tp setelah 3 kali check up hingga ke singapura, alhamdulillah kista udah hilang. saran saya, daripada operasi berulang kali, boleh mbak dicoba produk ini dan di kombinasikan dgn ginseng, beli aja triple ginseng gold di GNC yg terdapat byk cabang di mal mal kota besar indonesia. Ginseng itu sgt berguna utk kasus blood stasis yaitu endo, kista dan miom. Klo dikombinasikan dgn high desert, luar biasa hasilnya. Sy sudah merasakan sendiri. Dan ada satu keuntungan ginseng, yaitu dapat pula memperbaiki lutheal phase defect atau LPD dimana jika hormon progesteron yg dibutuhkan malah tdk naik setelah masa embrio transfer, ginseng dpt memperbaiki kasus org yg LPD. Sy pernah baca satu kasus org amrik yg harus operasi karena ada miom yg cukup besar. Setelah dia mengkonsumsi ginseng dan Akupuntur, akhirnya minggat semua deh miomnya. Semoga bermanfaat ya..amin. Hasilnya bisa dilihat antara 3 hingga 6 bulan setelah itu nana coba cek miomnya lagi dan boleh lanjut BT jika benar benar sudah hilang…wassalam. Utk semua teori dan kasus BT yg disembuhkan dgn akupuntur dan herbal boleh dibaca buku ahli kandungan Dr. Randine lewis Ph.d yaitu the infertility cure….

  11. Shanty.A

    Miom memang bisa tumbuh berulang kali mbak nana. Aku pun juga dulu pernah punya miom selain kista. Alhamdulillah sekarang sdh tdk ada. Tanpa operasi hilang sendiri dgn ginseng dan produk alami high desert. Miom, kista dan endo itu sumbernya blood stasis. Jika nana mau operasi yg ketiga kalinya tapi tdk menyembuhkan akar permasalahan yg ada yaitu blood statis di rahim atau ovarium maka miom bisa datang dan bertumbuh lagi. Triple Ginseng yg sy coba sgt murah dibandingan biaya operasi yaitu dibawah 300 ribu isi 90 utk konsumsi 1 bulan. Tau kan kenapa org korea itu kuat stamina , salah satunya krn herbal sehat yaitu ginseng.Masyarakat china juga gemar mengkonsumsi ginseng Dan terbukti secara klinis sgt baik utk kesehatan. Hnya saja ginseng tdk boleh dikonsumsi utk org yg menderita penyakit jantung dan high blood pressure. Ginseng byk manfaatnya utk kesuburan, blood stasis ( miom, endo dan kista )
    dan memperkuat spleen yg ada hubungannya dgn kesuburan.

  12. isti

    hai nana.
    kasus kita hampir sm.ak jg sdh op kista th 2008,dan skrg kista ada lg lengkap dg hidrosalping dan kedua tuba non paten dari hsg th 2010.dr nyaranin utk laparoskopi.tp krn biaya terbts sy blm lo smp skrg.salma ini sy coba berbagai macam alterntif.tp blm ada hsl jg.dan sy pikir mungkn jln satu2nya cuma lo.skrg sy mantapkan utk lo tp nunggu mr m dateng.br ktmu dr lg.doain semua agar lancar.amin.

  13. Meiske

    hai mba shanty,

    saya tertarik dgn buku dr. Randine Lewis, The Infertility cure,…sy pernah baca postingan mba shanty yg nawarin utk foto copy buku tersebut….mau dong mba…utk biaya foto copy dan ongkos kirimnya sy akan trf ke rek mba shanty….tolong add saya di ym: ette6868@yahoo.com….trims sebelumnya…

  14. sarah sarofa

    hai Nana,
    NEVER GIVE UP yah…setuju sekali 🙂
    aku juga pernah ngalamin kista, endometriosis, hidrosalping… dan sudah beberapa kali insem dan ivf , PLI, Laparascopy, berbagai alternatif namun belum berhasil juga, karena disamping masalah ada di aku juga ada di sperm suamiku, terutama di motilitas dan morfologinya yg parah banget.
    Bagaimana dengan Nana, apakah sperm suami juga ada masalah ?

  15. Shanty.A

    Meiske,,,oke. Bisa kok aku fotokopi in. Aku sebenarnya punya 2 bukunya krn buku yg Pertama sampai lecek saking seringnya dibaca . Akhirnya aku order lagi ke amazon.com. Bukunya aku simpan dirumah di sulsel, lusa aku balik kesana. Nanti aku hitungkan lembaran biaya fotokopinya ya. Ini edisi inggris tdk ada edisi indonesia. Lengkap dgn gambar titik akupuntur utk kesuburan dan makanan penunjang. Ok…

  16. vivi

    salam kenal shanty,
    shanty, saya mau nanya donk…saat ini saya khan lagi terapi produk high desert juga dan aku juga pengen minum triple ginseng gold dari gnc…produk hd yang shanty minum apa aja namanya kalau saya dianjurkan pollenegy 520 (1×1),bee propolis (3×1),clover honey 3×1,royal jelly liquid 2×1…kalau ginsengnya dosisnya berapa? kasusku adenomiosis…apa bisa sembuh dgn produk hd? tks..

  17. Nana

    @ dear aryani:vit virill actine itu kandungannya apa dan fungsinya untuk apa ya?

    @ dear Shanty. A: dulu saya udah pernah konsumsi produk high desert, tapi belakangan ini sudah stop. ada baiknya saya mulai konsumsi lagi pasca operasi, terima kasih sudah mengingatkan.
    Dan saya titip juga donk buku dr. Randine Lewis, The Infertility cure,…nanti brp biaya fotokopi dan ongkirnya saya transfer aja.

  18. Nana

    @ Hai Isti…kalo boleh tau umur kamu berapa? iya deh, tuntaskan dulu dengan LO, semoga semua lancar ya, dan kabar kabari bagaimana hasilnya kepada kami..gudlak!

    @ Hai Sarah…dulu sperma suami memang bermasalah oligoasthenozoosperma, tapi sekarang udah bagus tuh…dan gak ada masalahkan utk IVF ada teknik ICSI yang diperlukan cuma 1 sel sperma normal.
    jangan menyerah…semangat!!

  19. Shanty.A

    Meiske dan nana. Bukunya sekitar 300 lembar lebih. Nda sampai 400 lembar. Cuma ongkos TIKI aku belum tau. Alamat kalian berdua dimana ya? Please inbox aku alamatnya ya di facebook Risma shanty aris. Sekalian aku di add ya hehehehe. Besok aku tanya si tukang fotokopi berapa dgn jilid bukunya.
    Vivi @ iya vi,,aku dulu minumnya semua produk itu kecuali clover honey aku tdk konsumsi. Dan dosisnya semua cuma masing masing cuma 2 kali sehari. Utk ginseng aku cuma dosis 2 butir tiap hari. Cuma sekali Aja habis makan. Royal jelly itu sangat luar biasa khasiatnya. Dr randine lewis pun menganjurkan mengkonsumsi Royal jelly. Oh ya, aku mau nanya. Vivi klo mau haid sering sakit payudara atau tidak? Aku byk belajar dr buku the infertility cure itu. Kasusku berawal dr hormon estrogen tinggi yg pengaruhnya bisa memicu tumbuh miom, kista dan kasus blood stasis di alat reproduksi dan payudara yg kelewat sakit klo mau haid. Aku juga terapi alami menurunkan hormon estrogen yg tinggi dengan minum jus sayuran kol dicampur buah apel tiap hari supaya agak manis rasanya. Karena ternyata dr 3 buku yg telah aku baca dan semuanya karangan dokter dr amrik, sayuran jenis cruciferous seperti kol, brokoli dan bunga kol bisa menurunkan hormon estrogen yg kelewat tinggi. Alhamdulillah sekarang klo mau haid payudara sudah tdk sakit lagi. Kembali normal seperti saat sy gadis dulu. Miom dan kista juga udah minggat semua. Moga moga bermanfaat ya…

  20. vivi

    dear shanty…
    aku kalau mau mens biasanya payudara sakit dan agak membesar…apa itu tanda dari hormon esterogen yang tinggi? tapi sejak aku minum produk hd kayaknya bulan ini payudara tdk begitu sakit tp ada rasa sakit sedikit padahal aku minumnya baru 7 hari…ya mudah2an mens bulan ini lancar n wes e wes bablas sakitnya hehe….

  21. isti

    hai nana.
    umurku 30 thn.makanya pengennya cepet.maklm udah s.tw.ak skrg mulai konsumsi hd lg.krn siklus haid makin kacau dari 27 tahan 3 sklus tiba2 turun jd 26 selama 2 siklus.eeeh skrg mlorot lg jadi 25.jd tambah pusiiing deh.

  22. ima

    Shanty boleh minta copy buku nya atau waktu kamu order brapa harga bukunya ya, karna saya takut juga nie mau operasi tapi karna umur udah 40 an mau cepet bt thks ya

  23. yunie

    dear shanty…
    saya tinggal di bekasi, dan saya tertarik utk mencoba produk HD. dimana saya mendapatkan itu ya mba ?

  24. Pingback: Alexander4

  25. yetik

    mbak shanty saya juga pengen bukunya, alamat saya di yogyakarta, sy penderita mioma, kista and adenomiosis, kt dokter harus diangkat padhl ak blum punya anak. Dulu pernah juga ak suntik tapros 6 kali and 3 kali tapi gak ilang tuh.Umurku dah mau 36 je and ak dah hampir 7 tahun nikah,please help me ya…thanks alot…btw buku adn ongkir skalian nomor rek biar ak transfer….thanks again….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*