Bayi tabung dengan dr. Devindran Muniandy – Ellie

Hingga 4 tahun usia pernikahan, saya dan suami masih santai2 saja. Wara wiri sana sini dan bekerja. Walaupun ada saja yang KEPO bertanya “kok belum hamil2 sih? sengaja ya ditunda?” dan pertanyaan sejenis yang menurut saya seharusnya ditujukan ke Tuhan.

Masuk tahun ke 5, kami memutuskan untuk periksa keadaan masing2. Akhirnya pergilah ke klinik kesuburan di jl. Wijaya. Saya menjalani pemeriksaan lengkap termasuk HSG (tindakan paling tidak nyaman dari semua tindakan yg pernah saya jalani)
Hasil yg didapat, tubafalopi kiri sedikit lebih sempit dibanding yang kanan. Suami juga cek sperma. Dari hasil pemeriksaan, kualitasnya kurang bagus dan jumlahnya sedikit+ada varises di saluran reproduksi. Lalu dilakukanlah operasi pengangkatan varises itu.
Setelah itu kami belum sempat lagi berkunjung ke klinik tersebut untuk pemeriksaan lanjutan karena masalah waktu dan mempertimbangkan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Kalau boleh jujur, kami kurang nyaman pada antrian yang berjam2, dan ketika bertemu dokter, beliau hanya membacakan hasil pemeriksaan kami dalam waktu tidak sampai 5 menit lalu bertanya: “ada pertanyaan?”
Laaahhhh, ini saja baru dibacakan dan kami sedang mencoba mencerna, langsung di tanya balik begitu ya kami bengong ??

Beberapa bulan kemudian, teman dekat saya memberitahu kalau salah satu teman kami berencana mau program bayi tabung di Penang. Saya langsung tertarik ikut juga. Untungnya suami antusias dan mendukung sekali keinginan saya.

Bulan februari kami konsultasi pertama kali ke Penang. Tepatnya ke dr. DEVINDRAN MUNIANDY di RS Loh Guan Lye Hospital. Baru kali ini kami bertemu dokter dan langsung merasa sreg. Beliau fasih berbahasa melayu (menguntungkan untuk yang kurang menguasai bahasa inggris), memiliki raut wajah yang tenang dan selalu tersenyum. Selama konsultasi, kami tidak ngerasa diburu2. Beliau menerangkan dengan nada yang tenang sehingga kami pun merasa lebih santai. Saya langsung di USG dan kami dirujuk ke lab untuk melakukan pemeriksaan darah dan sperma suami. Sore hari kami balik ke rumah sakit dan langsung dibacakan hasil lab yang Alhamdulillah semua hasilnya bagus (kalau di Indonesia bisa/tidak ya secepat itu?).

Selama jeda waktu itu, saya selalu “keep in touch” by email dengan dr. Devindran. Semua pertanyaan2 saya selalu dijawab langsung oleh beliau. Sebagai pasien, saya merasa diistimewakan. Belum pernah sekalipun bertemu dokter yang mau meluangkan waktu menjawab pertanyaan2 pasien (yang pasti bukan dari saya saja) secara langsung. Yang pernah saya jalani di Jakarta, saya selalu berkomunikasi via asisten dokter.

26 April 2015
Haid hari pertama, saya seorang diri berangkat ke Penang untuk memulai program (program yang dipilih: Short Protokol atau mereka menyebutnya Antagonist Protocol yang dimulai pada haid hari kedua). Suami belum bisa ikut karna tidak bisa ijin kantor terlalu lama dan belum dibutuhkan juga untuk menjalani program. Ketika saya tanya apa yang sebaiknya saya lakukan selama program ini, jawab dr. Devindran: “happy happy and go shopping”
Hihi.. Dokter yang satu ini sangat mengerti wanita pastinya ^o^

Antagonist Protocol (IVF)

27 April 2015
Suntikan pertama dilakukan pada haid hari kedua di daerah perut. Suntikan bertujuan untuk memperbanyak sel telur yang dilakukan setiap pagi sampai hari ke-10. Suster yang mengajari saya menyuntik super duper sabar. Sampai 2 hari berturut2 saya diajari (kebetulan penginapan dengan rumah sakit jaraknya dekat. Jadi setiap jam 9pagi saya ke RS hanya untuk belajar suntik dengan suster Jennifer) baru percaya diri menyuntik sendiri ?

28 April 2015
Saya mulai menyuntik sendiri (jujur, tadinya takut sekali membayangkan akan menyuntik sendiri). Tapi setelah dijalani, ternyata tidak sehoror yang diduga.

2 & 4 Mei 2015
Jadwal USG untuk melihat perkembangan sel telur. Hasil terakhir, terlihat ada 26 sel telur.

6 Mei 2015
Dilakukan Ovum Pick Up (OPU) atau pengambilan sel telur. Saya dibius lokal. Waktu yg sama dilain tempat, suami saya menyerahkan sperma nya ke lab.
Setelah itu, sperma suami di pertemukan dengan sel telur yang diambil tadi ke dalam tabung (IVF) dan ada juga yang di suntikkan ke sel telurnya langsung (ICSI). Lalu jadilah embrio2. Dipilih yang kualitasnya bagus saja.
Dokter menyarankan saya konsumsi putih telur 6-9butir/hari untuk mengurangi pembengkakan pasca OPU.

7&8 Mei 2015
Istirahat

9 Mei 2015
Embrio Transfer (ET). Diruang persiapan akan disuruh minum hingga kantung kemih penuh dan tahan untuk tidak BAK. Setelah tindakan, akan dipindah ke ruang recovery dan masih disuruh tahan untuk tidak BAK selama 1/2 jam ke depan. Setelah itu kita akan disediakan pispot oleh perawat karna saya harus tetap ditempat tidur. Di ruang recovery sekitar 2-3 jam baru boleh pulang.
Dari 26 sel telur yang saya hasilkan, yang berhasil jadi embrio sebanyak 9. Lalu 2 embrio dimasukkan ke rahim saya tanpa anastesi. Prosesnya tidak sakit sama sekali. Hampir sama seperti Pap Smear rasanya.

12 Mei 2015
Saya dan suami kembali ke tanah air

13-20 mei 2015
2 weeks wait (2ww) yang tadinya saya pikir akan terasa lama karna stay di rumah terus, ternyata tidak sama sekali. Entah kenapa seminggu pertama dirumah saya seperti kehilangan kekuatan untuk berktifitas. Sebagian besar waktu saya habiskan dengan tidur. Keadaan seperti ini tergantung kondisi fisik masing2. Jadi tidak semua seperti saya.
Di minggu kedua baru mulai menjelajah dalam rumah.

21 Mei 2015
Hari pembagian raport pun datang. Saya dan suami sudah pasrah. Karna begitu mau memulai program ini pun kami sudah siap untuk kemungkinan terburuk. Dan semua keluarga udah saya ingatkan untuk jangan berharap terlalu banyak (PENTING!)
Masuk ke ruang dr. Devindran setelah pemeriksaan darah di lab, saya berusaha sekali untuk terlihat santai. Padahal jantung serasa mau copot saking deg2annya -__-
Wajah dr. Devindran terlihat sumringah ketika saya masuk ke ruangannya. Lalu menjabat tangan saya sambil berkata:”congratulations! you’re pregnant”
Saya rasanya seperti mau lompat2 saking senangnya ?
Akhirnya saya di USG dan melihat embrio sebesar kacang hijau. Terimakasih ya Allah, terimakasih dr. Devindran, terimakasih keluarga dan tmn2 yang sudah support saya selama proses ini.

Di Jakarta, saya selalu konsultasi dengan dr. Handi Suryana di RS. PIK sesuai rekomendasi dr. Devindran. Sebelumnya saya dan suami berencana mencari dokter kandungan yang di dekat rumah saja. Tapi setelah bertemu dengan dr. Handi, kami langsung merasa sreg seperti yang kami rasakan ke dr. Devindran. Akhirnya kami memutuskan untuk tetap ke dr. Handi.
Demikian pengalaman IVF kami..

Pesan penting sebelum mulai program bayi tabung:

  • Pasrah!! harus siap gagal. Kalau belum siap, lebih baik jangan bayi tabung dulu. Apalagi kalau masih ada masalah yang memberatkan pikiran.
  • Dan pesan ke keluarga dekat “dont’t expect too much”. Agar kita juga tidak tertekan ketika menjalani program.
  • Biaya memang tidak sedikit. Tapi kalau dibandingkan dengan biaya kami bolak balik ke dokter di Jakarta dan hasilnya tidak jelas, ya lebih murah di Penang. Dan yang penting, lebih memuaskan (buat kami)
  • jalani proses dengan sabar dan lapang dada
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.75 out of 5)
Loading...

39 thoughts on “Bayi tabung dengan dr. Devindran Muniandy – Ellie

  1. Ellie

    Halo semuaaa..
    Ya ampun, maapkeeuuuun ga ngeh kalo banyak yg nanya2 karna ga pernah buka2 lagi.
    Terimakasih untuk teman2 yg sudah bantu jawab. Kalo saya pribadi kenapa pilihan jatuh ke dr devindran di loh guan lye penang, karna diajak temen dan alhamdulillah bisa barengan programnya. Tdnya iseng aja, ga tau nya berasa nyaman bgt konsultasi sama beliau dan ngomongnya ga bertele2 trus pakai istilah yg kita ngerti (ga pake istilah kedokteran yg selama ini saya temui kalo konsultasi ke beberapa dokter di indonesia. Bukan berarti semua dokter di indonesia begitu lho ya. Kebetulan aja saya ketemunya yg begitu. Huvt..
    Kalo mau nanya2 lgsg boleh add line saya: elliee_y

  2. Mafi

    M.nanda

    Untuk proses bayi tabung dsana mungkin sekitar 50 sd 60 juta , belum termasuk akmodasi makan transport ya
    Saya justru mau rencana mau ke dr aucky. Di penang belum berhasil sya

  3. nanda

    Hi gals…..

    Mo tanya dong kl BT dgn dokter dev aq hrs prepare tabungan brp ya? Aq kmrn BT dgn dokter aucky di klinik yg br n blum berhasil

  4. lorent

    hi @indriwaldi @susiana aku harusnya Okt ini ke Dr.Dev tp suamiku kena cacar jadi di reschedule. Bs contact line aku di scholastica.lorent

  5. susiana

    Buat Bunda yg posting ini minta WA nya dong saya ingin tanya2 ttg Dr Dev…sbb saya pnh gagagal 2x d Dr. NG 3 thn lalu dan Dr. AAucky

  6. Indriwaldi

    Haaii bunda2 semua.. ada yg mau baby program sama dr.devindran jg?? Boleh jg mbak klo mau bareng.. rencan aku oktober ini mau ke sana.. ini id line aku: indrileo_0510 thanks semuanya

  7. lovelyhikkie

    Hai, mba..
    sharingnya bergunaaa banget. thanks ya.
    saya lagi cari rekomendasi dokter kandungan di Penang karena mulai lelah program di medan. Rencana mau konsul dlu, skaligus tanya proses program mana yang bisa kami jalani sebelum BT, soalnya kalo untuk BT, dananya belum terkumpul 🙁

  8. lorent

    Hi Era,

    Semoga berhasil ya program nya. Kalo bole tau ada contact untuk apartemen di sebelah Loh Guan Lye itu kah? Thank ya Era..

  9. Amelia

    Hii lorent.. Sama nihh aku jg bingung mau ke dr Dev atau ke dr Ng ??

    Aku sept awal rencana mau konsul dl ke sana.. Add line aku ya.. Id nya: hanessamelia

    See ya!

  10. Era

    Hai semua nya….. Sy skrng dipenang dgn dokter sim seng kiat.. Dokter nya ramah ramah banget… Apartemen nya sebelah rs loh guan lye… Jd lbh bs fokus istirahat dan dkt dgn rs

  11. lorent

    Hi Amelia, aku juga ada rencana pengen ke Penang cuma masih bingung antara Dr. Dev or Dr. Ng. Janjian yuk hehehehe. Ada email or line ga?

  12. Amelia

    Hi chacha..
    Salam kenal 🙂

    Aku juga rencana mau program bayi tabung di Penang. kamu gimana? berhasil kah? boleh kah di share biaya2 nya? aku rencana mau join Januari 2017.

    Trims ya n gudluck for you 🙂

  13. Chacha

    @rissa @desmery hi hubungi ke arnezattc@gmail.com ya kebetulan aku jg lg program sama dokdev dr bulan maret.. Syapa tau bisa bantu.. Oya aku nginep di glow hotel boasanya.. Tp skrg depan rs ada hotel namanya one pacific hotel.. Bagus kok.. Tgl 13 ini aku brangkat ke penang

  14. Desmery

    Tolong dibantu kalo ke dr.devindra RS Loh Guan Lye… rekomendasi tempat menginap dimana ya? Biayanya?.
    Terima ksh

  15. Rissa

    Hi…bagi yg sudah berhasil dgn Dr Dev, boleh share ga, biayanya habis berapa. Dan selama program, stay dimana? Sy rencananya awal agustus mau konsul utk pertama kalinya dgn Dr Dev. Thx..

  16. TETTY LRS

    HELLO IBU-IBU YANG PROGRAM BT DI DR.DEVINDRA SALAM KENAL YA…TERIMAKASIH SHARE YANG DIBAGIKAN MENGENAI PROGRAM BT, SAYA JUGA INGIN PROGRAM BAYI TABUNG ANAK KEDUA TETAPI SAYA MAU MENCARI JENIS KELAMIN LAKI-LAKI KARENA ANAK PERTAMA SAYA PEREMPUAN ( MEMANG SIH… INI PEKERJAAN MANUSIA TETAPI TUHAN PENENTUNYA). SAYA DENGAR DENGAN PROGRAM BT BISA PILIH JENIS KELAMIN, APAKAH DI RS LOH GUAN LYE BISA MELAKSANAKAN BT PILIH JENIS KELAMIN ?, MOHON SHARENYA IBU-IBU YANG BAIK APABILA ADA PENGALAMAN ATAU CERITA.TERIMAKASIH

  17. Iriana

    @mafi Makasi ya
    @martha @lana @devi @chici,,, bagaimana kalian udh start blm? aku baru mau konsul sama dr Dev mungkin akhir Mei ini. boleh bagi line kalian… thx

  18. mafi

    M.iriana

    Dengan dr devidran saja saran saya, beberapa temen2 sya dr nya komunikatif
    Sya sendiri di dr ng rs lwe .. sangat tidak bisa di ajak komunikasi di tambah lagi suster2 nya terutama suster low itu kalau kita tanya jawab nya membentak bentak ..

  19. Iriana

    Hi @lana @martha,,
    aku juga plan mau BT ke Penang, tapi masih bingung dengan dr Devindra or dr Ng, any suggest ?
    kira-kira kalo mau BT harus prepare dana berapa ya? terima kasih

  20. Lana

    Hi Martha, Arneza, Dita, Devi…udh pd mulai blm program IVF nya dgn dr Dev? Aku baru konsul pertama tgl 24 Maret kmrn, kalo jadi mau start sktr bln Mei/Juni… bareng yukss. Bisa kontak aku di email : lanarissa@gmail.com

  21. martha

    Eh uda pd mulai belum? LINE aku di @martha.xiaoyu
    Barengan yukkkkk..,
    @dita @chichi @arneza
    Aku msh blm mulai krn waktu yg blm pas.. mungkin April 2016 jadwalku kosong..

  22. Devi

    Hi martha, arneza, dita. Samaan, aku rencana mulai program sm dr dev akhir feb, sudah konsul dr des. Boleh ya cobtact via email.

  23. Rut

    Haloo, thanks for sharing… Boleh minta no hp/pin bbm/email untuk tanya2 seputar BT? Saya ada rencana ke Penang dalam waktu dekat. Mohon bantuannya, terima kasih.

  24. chici

    Salam kenal mbak ivo..
    Maaf ni sy yg bantu jawab…
    Sy udh prnh BT di penang 2x dan cek kesehatan wanita sblm menikah jg di penang..
    Waktu cek sy am dr. Devindran di rmh sakit loh guan lye..waktu BT ny am dr. Ng Peng wah di rmh sakit lam wah ee…
    Kl am dr.devindran pasiennya ga terlalu rame..jd qt bisa ngobrol2 d tnya2 lama,trus dy jago bahasa melayu, cm biaya aj lbh mahal drpd dr. Ng…kl di dr. Ng pasiennya rame bgt..jd qt g bs nanya2 lm2 am dy, trus bahasa melayu ny jg ga jago jd kl mw tnya2 ya k suster..tp biaya lbh murah..kl dokter laen sy ga tw mbak..
    Smoga bs membantu ya mbak..

  25. Ajeng

    Hai all
    Saya totally newbie
    Kalau mau tanya/sharing something gimana caranya ya?
    Saya baru mulai ke dokter kemarin u prog bayi tabung.
    Tp saya agak shock krn tnyt saya koq d suruh check lab u/ petanda tumor-ca 125 ovarium.
    Apakah memang itu part of the procedure?
    Terima kasih sebelumnya.

  26. Rachmania

    Mba thanks so much for the sharing ya..,
    Aku Sama suami juga mau program, Kalau boleh, mau Minta email atau kontak Nya.. Aku mau Tanya beberapa Hal…
    Thank you mba

  27. SISSY

    Terimakasih atas sharing pengalamannya. Saya cukup tertarik dg program bayi tabung yang anda jalani. Saya ingin lebih banyak tau ttg program tsb. Bisa minta no wa or pin bb atau emailnya utk lebih memudahkan komunikasinya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih atas waktunya.

  28. retna ningtias

    mohon dapat diinfo email/no telpon/no HP/pin BB atau apa saja supaya saya bisa berkomuniasi panjang lebar.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  29. chacha

    halo.. sebelumnya selamat yaaa udah berhasil BTnya.. ada email gak ya karna aku berencana bayi tabung di penang tahun depan…

    terimakasih

  30. ivo

    HAI..
    Namaku Ivo, aku juga mau program bayi tabung. Minta tolong beri reverensi dokter terbaik mana yang bisa membantu saya. Tau sendiri program bayi tabung kan biayanya gak sedikit jadi aku butuh banget info dokter-dokter itu agar aku bisa berhasil seperti anda2 semua.
    Sedikit info tentang kondisi kami, Alhamd untuk kondisi suami spermanya good dan sel telurku berkembang baik hanya tuba kanan kiriku agak menyempit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*