Bayi tabung buat yang aktif bekerja – Arini

Assalamu’alaikum wr.wb.

Saya sangat senang dengan adanya forum ini. Dengan membaca kisah teman-teman yang berjuang untuk bisa hamil, saya merasakan tekad saya untuk memulai program insem atau bayi tabung semakin kuat.

Saya, 38 tahun, dan baru menikah kira kira 8 bulan yang lalu. Mungkin saya terlalu sibuk bekerja atau terlalu pemilih sehingga baru diberikan jodoh oleh YMK (Yang Maha Kuasa) 8 bulan lalu.

OK, langsung ke pokok soalan. Karena usia saya yang mulai tua, maka saya dan suami ingin menggunakan teknologi kedokteran untuk membantu saya supaya hamil. Hasil pemeriksaan dan lab, saya dinyatakan sehat, namun jumlah sel telur sedikit, namun juga menurut dokter nggak masalah karena 1 sel telur saja sudah mencukupi untuk terjadinya pembuahan. Hasil HSG bagus, kedua tuba patent, namun suami mengalami oligiasthenoteratozoospermia….

Dengan melihat kondisi suami, dokter menyarankan untuk memulai usaha inseminasi atau bayi tabung. Pilihan kami jatuh ke dr. Ivan di BIC.

Hanya saja karena saya juga bekerja, kadang saya masih separoh hati melepas karir saya, nggak siap 100% jadi ibu RT. Walau untuk keperluan tersebut, saya minta dimutasikan ke bagian yang lebih ringan (lebih banyak dibelakang meja) dan nggak lagi banyak jalan alias travelling.

Jika teman teman, ada yang memiliki pengalaman insem atau bayi tabung namun juga bekerja full time, tolong share ke saya. Apakah saya harus resign dari pekerjaan saya saat ini ?…….

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

43 thoughts on “Bayi tabung buat yang aktif bekerja – Arini

  1. susi

    Hai Arini,
    Aku mw tanya km ikt prgram BT pake long atw short protokol?soalnya aku jg sel telur sedikit, tp herannya ga pernah dsuruh cek lab.

  2. hana

    Hi arini..salam kenal
    Saya juga wanita bekerja. Saya berhasil hamil dengan bayi tabung. Pengalaman saya, saya masih tetap bekerja pada saat program dan juga masa hamil. Saya hanya cuti pada saat OPU, Embrio transfer da 5 hari stlah ET untuk istirahat. jadi total cuti kira2 smnggu. Selama hamil pun saya tetap bekerja seperti biasa. Hanya memang selama program dan hamil saya sama sekali tidak naik pesawat. Bepergian paling jauh k Bandung.

    Cheers

  3. retno

    Halo Arini..salam kenal..
    Masalahmu sama dng aku, cuma waktu abis merid sempet nyantai dulu dan mulai program BT di usia 39 tp sblmnya jg sdh ke dokter sana sini dan sempet di laparatomy krn ada miom dan kista. Alhamdulillah skrg sdh hamil 19 week..ini jg dng program BT yg ke4..baru dikasih amanah sm Allah..(sy jg program di Bunda dng dr Taufik).

    Oh ya..sy jg bekerja koq, cuma saat dinyatakan positif sy ambil cuti dan pihak tpt sy bekerja membolehkan sy utk cuti sakit(max 6 bln)..

    Ok deh smoga sukses ya…gutlak..!

  4. farida

    Dear mbak arini, salam kenal sebelumnya.
    Kalo saya juga sedang mencari info2 ttg bayi tabung dan inseminasi ini. Menurut dr yuslam di pondok indah,stl insem ataupun BT kita bisa tetap beraktivitas seperti biasa,seperti bekerja, berkegiatan di rumah, dll.Namun,harus dikurangi intensitasnya dan tdk melakukan hal2 yg berat dan berlebihan,misal mengangkat2 berat,kerja sampai lembur,lari2, dsb.
    Semoga membantu dan saya tunggu kabar baiknya dari mbak.

  5. nisa

    hi arini salam kenal
    saya juga bekerja full time,saya hanya cuti pas program selama 3 minggu (sampai 4 hari setelah et) setelah itu kegiatan normal lagi.sekarang kehamilan sudah 16 minggu.ikut program BT (graha amerta dr relly). dikantor juga tiap hari naik turun tangga. asal pelan2 aja.
    pulang kerja juga masih naik ojek..
    ok smiga sukses

  6. Arini

    Halo semua,

    Thanks buat sharingnya….. ngebantu banget buat saya untuk menjalani program insem atau BT.

    @ Susi :
    Lam kenal… saat ini saya baru mulai proses pemeriksaan darah. Jadi belum ada putusan apakah mau insem ataukah BT. Namun dengan melihat pengalaman dari teman-teman yang ada di web ini, saya prefer langsung BT saja. Pertimbangan saya adalah : waktu dan beban psikologis yang harus saya tanggung kalo gagal, walau dengan BT juga ada kemungkinan gagal, hanya saja prosentase keberhasilannya lebih besar daripada insem.

    @ Hana :
    Makasih banget atas sharingnya, saya lebih optimis untuk BT, namun tetap bekerja seperti biasa.
    Saya ragu banget, apakah BT akan sukses dengan kondisi pekerjaan saya saat ini.

    @ semuanya :
    Thanks atas supportnya, terus akan saya up dated, setiap ada perkembangan baru

    Regards
    Arini

  7. Arini

    Mens bulan depan, saya dijadwalkan untuk test darah dan hormon.
    Info dari suster, katanya harus dilakukan saat mens hari kedua, dan setelah saya cek
    dengan lab, selain mens hari kedua, masih ditambah lagi dengan puasa 12 jam sebelum ambil darah,dan ambil darahnya pun harus pagi kurang dari Jam 09:00.

    Sebenarnya perlu puasa nggak seeeehh…..
    mengingat biaya untuk periksa darah cukup mahal, saya mau pastikan saja supaya tidak sia sia..

    Teman-teman, berdasarkan pengalaman yang sudah pernah BT sebelumnya, perlu puasa nggak ?

  8. Santi

    Dear mba Arini, salam kenal ya…
    Saat ini saya jg sedang mencari informasi tentang program bayi tabung di BIC…mohon info & update perkembangannya ya mba…
    Semoga berhasil programnya…

    Mba Retno,
    Kalo boleh tau, 4x ikut program bayi tabung itu di RS mana & dengan dokter siapa?
    Terus terang saya belum menentukan pilihan dokter…
    Pls sharing pengalaman & infonya ya mba…

  9. retno

    Halo Santi..
    Pengalamanku ikut BT antara lain:
    – BT1 di harkit dng dr Subiyanto dkk (teamnya BT disana) positif sampai 6 mg trus kuretase, tdk diberikan solusi hrs priksa apa aja makanya ganti dokter..
    – BT2 di Bunda dng dr Taufik…positif bhcg 263,3 hanya sampai 6 mg trus abortus spontan, disarankan ke dr Karmel utk terapi darah juga terapi akupuntur.
    – BT3 di Bunda dng dr Taufik..negatif krn kondisi drop(abis ET ada infeksi saluran kemih).
    – BT4 msh di Bunda krn dr Taufik msh penasaran trus diganti obat suntiknya(sblmnya pake gonal f diganti sama puregon) eh ternyata responnya bagus, estradiolnya tinggi..Alhamdulillah walaupun BT4 ini bhcgnya CUMA 66,14 kehamilanku berlanjut sampe skrg (19w)..krn aku ada massalah plasenta previa jd hrs banyak istirahat makanya ambil cuti..

    Ok deh Santi..begitulah perjuanganku mendpt buah hati, pokoknya persiapkan mental jg finansial tentunya..smoga sukses ya..

  10. irawati

    Salam kenal mba Arini….

    waahh sama dunk saya jg lg program BT dgn Dr Ivan, baru mulai pertanggal 18 Juli kemarin, waktu kita berdekatan yaa?? mba udah apa aja, saya baru screaning darah, allhamdullilah hasilnya saya dan suami hasilnya bagus, cuma suami ada masalah di spermanya, tanggal 1 agustus mulai menggunakan obat semprot, saat ini saya di kasih folid acid oleh assisten Dr Ivan, Dr agustine, masih deg degan dengan prosesnya , mudah mudahan lancar sampai agustus nanti, cuma sedikit bingung dengan Puasa saya , bagaimana?? karena ada obat semprot yang harus di gunakan dan ga boleh lepas yg harus di gunakan setiap jam 8 pgi πŸ™ , hukumnya gimana yaaa??? any suggestion ???

  11. Arini

    Halo juga Mbak Irawati, salam kenal…

    Setelah beberapa saat mencoba dengan cara normal, maka awal bulan ini, saya dan suami sepakat untuk menggunakan teknologi kedokteran untuk mendapatkan buah hati.

    Sejauh ini, baru 1 kali pertemuan dengan Dr. Ivam di BIC, dan baru akan menjalani test darah pada H2 Mens mendatang. Jadi kelihatannya, Mbak Irawati lebih dulu dari saya…

    Rencana kita, supaya nggak mengganggu puasa, maka setelah lebaran kita akan mulai program BTnya. Kalo mbak kawatir soal puasanya, ya di tunda dulu lah, tapi ya itu sihhh opsi pribadi ya, anda yang menentukan. Mumpung belum terlalu jauh saja… supaya nggak susah bagi perhatian antara puasa n BT…

    Oh ya, pada waktu test darah, sebelumnya Mbak irawatinya puasa dulu nggak ?
    Saya menerima 2 info yang berbeda. Suster di BIC bilangnya nggak usah puasa, tapi petugas prodianya bilang harus puasa 12 jam dulu…. yang bener yang mana ya ?

    Ok Mbak kabar kabar perkembangan BTnya ya….. biar kita bisa saling menguatkan

    Regards
    Arini

  12. Irawati

    @Mba Arini, iya mba kembali ke individuny πŸ™‚ , mudah mudah waktu yg kami pilih tidak salah, waktu kemarin di ambil darah, ga puasa kok mba,malahan setelah d suggest untuk BT , langsung di ambil darahnya di lab …dan konsult dengan Dr.Agustine untuk proses dan serangkaian jadwal untuk proses BTnya…oh iya saya menggunakan long protokol.
    iya mba arini, nanti saling mengabarkan, mudah mudahan mba prosesnya lancar ya
    salam,
    ira

  13. dev

    Hallo arini,

    Aku juga lagi rencana mau BT abis lebaran. Tapi msh nunggu minutes nih gak keluar dah 6 bln.lagi di kasih pil kb dan kalo mens baru disuruh test darah untuk FSH, dll di hari ke 2. Dokterku sih bilang puasa dulu sebelum test darah.

    Dev

  14. Jeni

    Halo..salam kenal semuanya,
    Minta infonya donk..brp perkiraan biaya program BT di BIC yah?
    thanks for all..

  15. Santi

    Mba Retno, thanks bgt utk infonya ya…
    Aku akhirnya memutuskan utk ke dr.Taufik, dg pertimbangan waktu prakteknya lbh fleksibel & dokternya jg ngga terlalu sering ke LN…
    Rencana BT insyaAllah bulan Sept setelah lebaran…
    So far yg udh dilakukan baru screening test, spermanalisa & USG (hari ke-3 dan ke-14); minggu depan ini hrs USG lg di hari ke-21…

    @Mba Jeni, biaya program BT di BIC per Juli 2010 :
    – Long protocol : Rp 61.659.000
    – Short protocol : Rp 65.059.000

  16. susi

    Hai Retno,
    Boleh minta ym/pin bb nya ndak,aku pgn tanya2 soal ivf ma dr ivan,krn kasusku sel telur smkin bkurang,amh rendah, dan skrg msh prog ma dr ivan.

    T?Βͺ?k Β₯?ΓΌ

  17. via

    hi arini

    Saya juga rencana nya akan mulai ikut bayi tabung di BIC sama dokter ivan abis lebaran karena harus laparoskopi dulu untuk angkat kistanya. Saya juga masih kerja full time dan gak ada rencana untuk resign. Justru kalo di rumah aja malah jadi stres yach, mending ada kegiatan. Gitchu menurut saya sich.

  18. retno

    Hai Susi..
    Kalo mo tanya2 boleh koq, pin bb: 2566EFC1, email:retno105@yahoo.co.id
    Seandainya ada temen2 lain yg mo tanya jg boleh koq…

    Trims

  19. zahra

    hai nisa, salam kenal. selamat ya atas keberhasilannya. Aku kemarin juga ke graha amerta , ikut program inseminasi tapi belum berhasil.kalau boleh tahu nisa umur berapa dan kenapa ikut BT, bisakah di sharing. terus sebelum bayi tabung makanan yg dianjurkan bagi istri apa aja?

  20. Arini

    Lanjutan info :

    Hari ini hasil lab untuk screening sudah keluar. Ternyata saya pernah terinfeksi Torch, yang dinyatakan nilai positif pada IgGnya, namun negatif pada IgMnya.
    Baca baca dari literatur, ternyata Torch sangat berbahaya bagi pasangan yang mendambakan kehamilan seperti saya ini. Bisa jadi inilah yang menyebabkan saya sulit hamil, ataupun kalo hamil, bisa keguguran atau kehamilan cacat. Naudzubillah himindzalik….

    Memang konsultasi dengan dokter, kalo IgG nya yang positif, itu nggak masalah,
    namun banyak juga yang menyarankan sebaiknya, baik IgG maupun IgM, keduanya negatif.

    Tolong share bagi teman-teman yang memiliki kondisi yang sama dengan saya ? bagaimana sebaiknya,
    dan bagaimana caranya supaya IgG saya jadi negatif

    Thank B4

  21. nisa

    @zahra

    kemarin ikut karena male factor (ektreem OAT) sudah di terapi tidak ada perbaikan jadi ikut program BT. sebelum program dan selama program juga tidak ada pantangan makanan.

  22. zahra

    kalau boleh tahu habis berapa biaya BT nisa? suami juga OAT berat. sekarang sedang terapi hormon dengan androlog. berharap bisa diperbaiki spermanya, Masih bimbang antara bayi tabung di yogya atau melanjutkan di graha amerta.

  23. nisa

    @zahra
    aku total 42 jt pake long protokol (termsk freez sisa embrio). dokter yg nentuin
    sebelum bt suami sempat di terapi selama 4 bulan tdk ada perbaikan.androlog sarankan untuk operasi varikokel
    tapi suami tidak mau akhirnnya langsung bt & alhamdulilah sekali berhasil.

  24. Yuli B

    Salam kenal semua,
    Mb Retno…., salut ma perjuanganya sampai 4x batab. Selamat akhirnya diberi amanah dari atas jg πŸ™‚
    Aku sdh 2x batab, yg pertama gagal. Trus yang kedua neh sedang nunggu hasilnya tgl 25. Mohon doa teman2 semoga aku berhasil ya…, good luck utk para ibu2 semuanya.

  25. nisa

    @heri
    bt di klinik fertilitas graha amerta dgn dr relly.kalo dihitung sama ongkos dan biaya kos masih lbh murah di surabaya drpd jakarta.krn disana perpemakaian obat.grade 1/2.

  26. Yuli B

    mb Retno…., iya neh tiap hari h2c walo dalam atiku selalu kubilang relax …relax…… Mkch doanya….amiiiiin y Robbal allamiin.
    mb… abis ET ada special yg dikerjain ato dikonsumsi ga? Maksudku utk mendukung kesuksesan batab.

  27. retno

    Halo Yuli..kalo aq dulu abis ET nginep dulu di rs (bedrest) trus ya gitu deh: gak boleh naek turun tangga, bnyk mkn sayur buah(yg bnyk vit Cnya), buat jaga stamina aq minum sari kurma tiap pagi trus jng banyak pikiran yah..bnyk berdoa aja soalnya habis ET udah bkn urusannya obgyn lagi tp Allah SWT yg berperan..Insya Allah kalo rejeki gak kemana deh..

  28. Yuli B

    Mbak Retno… thank for advisenya, sejauh ini berarti ok yang kukerjakan byk konsumsi buah dan sayur :). tgl 10 aku ET trus aku ambil libur 5 hari sesudahnya, nyantai dirumah ( aku ga nginep di RS ). Tapi sekarang sdh mulai ngantor lg, kukerjakan serba pelan. Sari kurma aku ga tahu cara dapetnya, jadi aku beli buah kurma aja (kebetulan Ramadhan, jadi byk yg jual :).
    Ok mb…, again thank you so much for ur support, it really mean for me. Semoga Allah SWT memberikan amanah ke aku dan ibu2 yg lain yg sedang berusaha. Dan Mb Retno dan dedek selalu dalam lindunganNya. Amiiiin….

  29. Santi

    Mba Via,
    Berdasarkan pengalaman, biasanya setelah laparoskopi, kita disuntik Tapros 3x dulu utk menekan kadar hormon sampai nol, sehingga kista & miom ngga muncul lagi.
    Efek suntik Tapros ini kita ngga mens selama 3-6 bln, dan baby program baru bs dimulai setelah siklus mens normal lg, jd ngga bs langsung baby program.
    Cmiiw

  30. Santi

    Mba Arini & Ibu2 lainnya,

    Sy jg berencana utk program IVF di BIC dg dr. Taufik bln Sep ini. Kondisi sy saat ini msh bekerja full-time di daerah Cikarang (tinggal di JakTim).
    Selama ini sy ke kntr dg menggunakan bus jemputan karyawan.

    Mohon sharing pengalaman, adakah yg berpengalaman sama spt sy?
    Brp lama hrs bedrest setelah ET, & apakah kondisi pekerjaan sy memungkinkan utk IVF?

    Terima kasih sebelumnya…

  31. irawati

    Hi semua

    @ mba arini + torch ya, iya mba lebih baik di sembuhkan dulu sampai tuntas, ada kerabat saya, pada usia kandungan ke 6 bln, baby nya tidak berkembang dan meninggal dalam kandungan di bln ke 7, hasil pemeriksaan dokter karena Torch sedih sekali karena tidak cek dr awal kehamilan.

    @mba santi salam kenal, waah jauh sekali tempt kerja dan rumaqhnya, tapi sama kok mba dgn saya, kantor di pulogadung rumah di bogor , kebayangkan bolak baliknya antara Rumah , kantor dan BIC, saya pasien Dr.Ivan, baru selesai ET senin kemarin sehari sebum lebaran , sedang menunggu hasil raportnya nanti t/l 11 september ( mudah2an sukses )

    Setelah ET saya tdk bed rest tapi langsung pulang, sakit yang saya rasakan justru hasil setelah OPU, karena menurut dokter telur yg di ambil cukup banyak 21 telur, efeknya perut terasa sakit dan kembung sampai susah jalan dan buang air kecil, tapi saya di beri beberapa obat untuk mengatasi nyeri tersebut, setelah ET yang penting bed rest saja di rumah, yang harus diperhatikan mba santi pada saat penyuntikan Gonal F, tp itu tergantung mba sendiri, karena untuk suntik Gonal F kita di minta dan akan di ajarkan untuk menyuntik sendiri, berhubung saya takut yg namanya suntik sendiri, suami pun kayanya ga tega akhirnya saya minta surat pengantar untuk suntik di Bunda Margonda atau mba bisa minta tolong ke IGD RS terdekat, tapi kalau bisa sendiri lebih menghemat waktu dan tenaga, kalau saya tiap malam harus bolak balik ke Bunda MArgonda yg sangat melelahkan, tapi semua usaha itu buat saya adalah proses yg memang harus di jalani, malahan sekarang sudah seperti biasa lg, pert sudah merasa enakan, sekarang tinggal di bawa seneng saja sampai menunggu test kehamilan…..
    Good luck yaaa…..

  32. wanty

    hai..salam kenal..ada yang tahu tempat kost terdekat dengan BIC-Morula ngak.saya mau kost buat BT bulan depan,karena dari luar pulau.thxs..semoga semua yang ada di forum ini berhasil BT nya dan diberikan keturunan yang terbaik amien…

  33. Dewi

    @Arini: menurut info dari dokter dan internet:
    – positif pada IgGnya, negatif pada IgM, artinya Arini pernah kena toxo tapi sekarang sudah tidak terinfeksi. punya kekebalan thd toxo. Tapi jika IgG positif lebih atau = 300 itu juga bahaya. Krn masih mempengaruhi sampai saat ini.
    -IgG positif, IgM positif, sudah pernah terinfeksi dan sekarang msh terinfeksi. Ini yang sangat berbahaya.
    -IgG negatif, IgM negatif, belum pernah terinfeksi sampai skrg. Hati2 karena belum punya kekebalan thd toxo.
    Mdh2 an bermanfaat..

  34. Arini

    @ Dewi

    Terima kasih banyak buat infonya.
    Memang kemarin kemarin aku sempat ragu karena IGg Positive dan IgM negative,
    tapi karena kata dokter nggak apa apa, ya sudahlah percaya saja, tambah bingung kalo nurutin semuanya.

    Aku rencana BT bulan Jamuary ini di Bunda dengan dr. Ivan.
    Sebelumnya sudah sempat insem, tapi gagal. Aku juga ada rencana sebelum IVF mau USG ke dokter Bambang (katanya ahli USG). Untuk 2nd opinion saja, karena hasil USG nggak ada masalah, hanya miom dan kata dokter ivan nggak masalah.

    @ Wanty :
    Kost di daerah BIC,
    yang aku tahu ada di daerah gondangdia lama, posisinya dibelakang apartemen menteng. Lumayan kayaknya.

    Semoga bermanfaat

  35. ully dee

    hi lady’s…

    Bagi info nya donk, pleasee.. obat sepray mulut itu dgunakan nya brp hr biasa nya..?? Trus langkah selanjutnya apa stlh penggunaan sepray mulut…?? thx info nya, Tetep semangat…

  36. Selvy Sequence

    hai all..sy sdh 4 kali konsul ke Dr. Karel di RS Abdi Waluyo, beliau prakteknya jg di BIC. rencana pingin program BT ada yang tau ga tingkat keberhasilannya kalo Dr. Karel yang melaksanakan prosesnya?? soalnya saya baru dengar juga kalo Dr. Karel ini ada jg sisi negatifnya.

    @Arini. kalo Dr. Ivan itu emg spesialisnya BT yah?? kira2 gmn orgnya. soalnya kalo Dr. Karel tidak mau melihat rekam medis saya dari tahun2 seblmnya. saya dtg 4 x hanya diksh resep obat2 virus dan gedein telur. tks yaa infonya..

  37. irawati

    hi all…. dah lama gak comment lg neh, apa kabar semua?? alhamdullilah program BT saya berhasil sekarang saya sedang hamil 4 bulan, hasil BT yang ke 2 dengan menggunakan embrio frozen , pada saat BT yang 1 dengan fresh embrio seminggu setelah ET saya tetap mengalami pendarahaan…. sempet nangis sejadi jadinya sedih banget, tapi msih dengan semangat memiliki sisa embrio ,saya konsultasi kembali dengan dokter Ivan, dokter Ivan memang ramah dan support sekali, beliau menjelaskan kemungkinan fresh cycle saya gagal karena saya over stimulasi, kembali lagi mungkin Allah belum memberikan ijinnya untuk saya langsung hamil kali ya, akhirnya saya istirahat 3 siklus haid dan mulai lg di bulan desember 2011 dan setelah ET saya Bed Rest selama 1 bulan…. untung kantor mengijinkan..selama bedrest saya santai aja, banyak makan yg berprotein dan yg pasti jd banyak makan buah2an terutama yang banyak mengandung vit C, allhamdullilah setelah test dari hasil urine dan BhCG saya positif hamil, karena masih jaga2 kehamilan muda saya ambil cuti lagi 2 minggu untuk istrht, agar janinnya lebih kuat, dan samapai memasuki bulan ke 3 saya minta di pindahkan ke lantai bawah dan sekarang saya sudah kembali kemeja kerja saya di lantai 3,mudah2an saya dan baby selalu sehat smapai melahirkan …

    @Selvy..hi mba salam kenal, kalau Dr.Ivan, setahu saya memang spesialis di BT, ramah dan support sekali orangnya, karena sejak awal saya dengan dokter ivan, jadi kalau untuk pasien yg sudah pernah ke dokter lain sebelumnya saya kurang begitu tahu cara kerjanya seperti apa…di coba aja untuk konsultasi terlebih dahulu….. good luck yaaa…

  38. Selvy Sequence

    hai Irawati, salam kenal jg ya..km ada tlp/ym biar ngobrolnya lbh jelas dan enak..hhehe..thank u yaa..

  39. lusia

    wah menarik sekali.salam kenal semuanya.saya juga lagi menjalani ivf.tapi pertama minum pil dr 7-26 tanggalnya.habis itu disuruh hisap produk baru dilanjutkan dengan suntikan.agustus nanti rencana opu.apakah opu tuh sakit apa nga sih.kita akan dibius atau gimana ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*