Baring 5 jam ga boleh gerak setelah embrio transfer – sharing Li Eng

Alo semua salam kenal, aku sekarang lagi program bayi tabung di siloam hospital sby. Umurku 27 th udah merit 2 tahun tp blm hamil juga. Sekarang lagi nunggu hasil nich. Deg deg an juga. Doain ya supaya berhasil.

Aku mau tanya sich sama teman2, aku kan baru aja embrio transfer, perut rasanya kembung banget dan berangin. Kayak sakit maag dech. Ga ngerti karena sakit maag ato karena efek transfer embrionya. Bisa cerita dong, pengalaman yang udah pernah jalanin. Selain itu aku merasa ada yang mengganjal di hati.

Setelah embrio transfer kan aku disuruh baring 5 jam ga boleh gerak. Posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Karena sebelumnya disuruh nahan pipis, suster suruh aku ngompol aja di pampers karena ga boleh turun dari ranjang. Sengsara banget karena kencingnya susah keluar. Sampe perut ga enak.

Akhirnya setelah ngeden baru pipisnya keluar dikit2. Sekarang aku lagi mikir, nyesel udah ngeden wkt pipis tapi gmn udah ga tahan lagi. Takut embrionya ga bisa nempel. Ada yang punya pengalaman ga ? Bagi2 ya. Thanx

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 2.38 out of 5)
Loading...

234 thoughts on “Baring 5 jam ga boleh gerak setelah embrio transfer – sharing Li Eng

  1. Yati

    Hi Li Eng,
    Sesdh embrio transfer mengapa berbaringnya sampai 5 jam ? lama sekali. biasanya paling lama cuma 1 jam ada yg cuma 30 menit.

  2. Yati

    Hi Li Eng,Sy sdh bbrp x embrio transfer (ET) pada dokter yang sama selalu enjoy & santai aja dan istirahatnya 30 menit saja, mungkin karena dokter dan staffnya bekerja sama dan baik, kita sptnya diperhatikan, mereka mau bertanya apakah masih bisa tahan pipisnya, jika tdk, mrk kan membantu kt mengeluarkannya dgn selang cuma hanya sedikit, namun walaupun sedikit sdh sgt membuat kita lega.
    Maka sy tdk merasa takut jika hrs menjalaninya lagi.
    Cuma yg sy takutkan yakni komsumsi obat2 hormon yg berulang kali dan dlm jmlh banyak takut efek samping obat saja.

  3. li eng

    Mbak yati saya disuruh baring sama susternya sich selama 5 jam. Kayaknya kalu di dr aucky prosedurnya emang gitu. Staf dan dokter semuanya baik cuma yang saya sayangkan harus pipis di pampers. Kan susah banget. Ya doain ya semoga bisa berhasil. Ini lagi nunggu hasil. O ya saya ga nginap di rs setelah penanaman, 5 jam baring terus saya langsung pulang rumah. Tambaj stress kalu rs mbak. Ha ha ha. Bagi yang ada pengalaman paska penanaman, bagi2 cerita ya. Thanx

  4. bintang

    li eng,aq blm prnh BT,cm insem aja d dr.Aucky…menurutku km ngeden tuk pipis g mslh tuk embrionya,toh g segampang itu tuk “lepas”..kl dah rejeki pasti jadi deh…km nya jangan kepikiran donk,nyantai aja,cari hal2 yg bkn seneng…semoga sukses BT nya…be happy ya

  5. bintang

    ohya li eng km hbs brp BT d siloam?aq terus trg blm kepikir tuk BT krn dah prnh 2x hamil alami,mungkin aq mau insem lg.tp kl mengingat umurku yg sdh 31 kdg kepikir tuk BT.rencananya bln dpn aq mau insem lg(yg ke 3 kali)tp bkn di dr.Aucky,tp di dr.Budi Santoso di graha amerta.teman2 ada yg prnh berhsl g program d graha amerta?share donk….

  6. li eng

    Dear bintang, aku di dr aucky sampe sekarang habis 29 jt an. Ya ampir 30 jt kurang lebih. Itu udah mulai dari biaya konsultasi pertama dan suntik suprefact sebelum BT. Aku pake long protokol krn aku pernah operasi miom tahun lalu. Miomnya dulu 3 cm. Cuma dokter di sgp bilang kudu operasi karena risiko keguguran kalu hamil. kayaknya dr aucky takut miom tumbuh lagi jadi diredam dulu pake suprefact sebelum suntik gonal f. Dosisnya 150 perhari. Selain miom aku ga ada keluhan apa2 lagi. Sperma suami juga bagus. Tapi mungkin belum rejekinya ya selama ini nyoba alami eh ga jadi2. Minta doanya. O ya kalu nurut aku insem agak susah jadinya. Jarang ada yang berhasil. Tapi gpp dicoba. Siapa tau udah rejekinya. Kalu BT sich selain biaya kita kudu persiapan mental :p

  7. li eng

    O ya bintang tadi yang dosisnya 150 itu gonal f . Kalu suprefact 40 perhari waktu persiapan dan diturunin jadi 20 setelah mulai suntik gonal f. O ya waktu OPU kan yang dikeluarin 12 telur yang matang. sampe hari ke 3 setelah OPU semua embrio masih hidup yaitu sebanyak 12 buah. Jadi dr aucky mengundurkan rencana ET pada hari ketiga memjadi hari ke 5. Sayang saat hari ke 5 hanya ada 3 embrio yang sampe pada tahap terakhir dan perkembangannya bagus. Aku minta ditransfer 2 aja, sisanya dibekukan. Teman2 biasanya ET hari keberapa ya setelah OPU ? Yang barengan aku semua ET duluan. Aku yang terakhir. Setelah 5 hari. Ada yang punya pengalaman yang sama ? Share dong

  8. bintang

    iya aq mau coba insem sekali lg,siapa tau rejeki kali ini berhasil..kl aq masalahku di PCO,sm dr.Aucky dl aq diksh glucophage,lumayan lama jg aq mnm nya,krn mensku selalu telat 10hr-2mgg bahkan prnh 3mgg.aq cr 2opinion k Dr lain ktny mending laparascopy.akhirnya aq ganti Dr yg d graha amerta&sekalian laparascopy disana.hslnya ada perlekatan antara indung telur&tuba,tp perlekatanny g bs dilepas 100%krn pendarahan.wkt itu aq jg di drilling di 5titik.Setelah laparascopy aq bantu dg minum habbatussauda,syukurlah walau blm berhsl hamil tp mensku sdh g semundur dl.aq lg berusaha diet spy PCO ku teratasi,selain OR juga.ntar kabar2i ya li eng…smoga berhasil..

  9. li eng

    Bintang, mau insem ini untuk anak keberapa ? Sebelumnya kan udah pernah hamil kan ? Udah berapa anaknya ?

  10. bintang

    ohya bc postingan teman2 yg bermasalah dg tuba yg tdk berfungsi aq agak takut jg nih,apa perlekatan spt aq(indung telur&tuba)berpotensi spt itu…aq sempat periksa d sgp,klinik dr.Kwee Lee menurut dia g terlalu mslh perlekatannya tp lbh baik lg kl ditindak ulang(laparascopy lg)aduh aq msh males kebayang mual2nya abiz laparascopy,jd blm ada tindakan lanjut deh

  11. bintang

    @li eng
    aq pertama hamil keguguran,hamil kedua anakku meninggal wkt umur 2hr,sdh berselang 10 th sejak anakku meninggal aq blm hamil lg smp skrg

  12. li eng

    Bintang kalu masalah perlengketan dll kan semua bisa diatasi pake BT kan ? Kalu bintang mau yang lebih pasti ya ikut BT aja. Lagian bintang usianya di awal 30an kan kemungkinan hamil lebih besar daripada yg umurnya di atas 35. O ya aku pernah dibilangi dr suresh nair di mount elizabeth sgp, katanya usia menentukan kesuburan. 17 – 24 th itu puncak kesuburannya wanita. 25 – 30 th udah mulai menurun grafik kesuburannya dan semakin menurun di usia atas 35 an. So, cepetan dech. Tapi doanya kudu kenceng juga. Kita berusaha tapi akhirnya Tuhan jualah yang menentukan.

  13. Yati

    Hi Li Eng,
    ya tiap tempat & setiap prosedur memang berbeda namun intinya semua sama yakni semua dokter pasti menginginkan keberhasilan tiap pasiennya.
    lupakan pahitnya embrio tranfer ,santai aja, semoga Li Eng berhasil positif hml, sehat sampe melahirkan.

  14. li eng

    Dear yati, thanx buat supportnya ya. O ya teman2 apakah kehamilan yang terjadi pada BT pasti ditandai dengan OHSS dulu ? Mengingat usia saya kurang dari 30 tahun. Thanx buat share nya

  15. Linda

    Hai Li Eng,
    Menurutku kalo sdh et,semua pasrah in aja ke Tuhan.karna menurut pengalamanku Bt pertama di spore,setelah et,tidur seharian,sore baru pulang ,hasilnya negativ.waktu bt ke 2 di malaka,cuma disuruh baringan 1 jam,malah berhasil,sekarang anakku sdh mau 5 tahun..jadi semua pasrahin aja ke Tuhan..cuma memang kalo ragu2, khawatir,dan bisa baringan lebih lama ya lebih baik,karna kita sdh habis banyak biaya,waktu,ya sekalian aja kita benar2 istirahat ..

  16. li eng

    Alo semua. Tinggal 4 hari lagi nich penantiannya. Moga hasilnya positif . Mohon doanya. Selama ini setelah ET biasa 2 aja rasanya cuma belakanga kembung bangetM hari ini malah peut agak kram dan kaki pegel banget. Moga ga mens dech. Teman2 ada yang punya pengalaman kayak saya ? Terus terang nich deg deg an banget. Tapi gw beusaha banget tetap nyantai :p

  17. li eng

    Dear all. Hari in perutku agak aneh kayake. Kram2 dikit terus kaki pegel banget. Masih 4 hari lagi nich penentuannya. Minta doanya ya. Semoga positif.

  18. bintang

    hi li eng…
    semoga km positif hamil ya…jangan kepikiran mau mens,ntar malah bkn stress,anggap aja km g prnh BT jd g senewen tgg hasilnya.sukses ya!

  19. Velia

    Dear Li Eng,

    Waktu itu aku juga kembung karena OHSS, tapi kalau aku PCO (resiko OHSS lebih tinggi). Telurku waktu itu ada 18. Biasanya yang kena OHSS yang telurnya banyak atau yang PCO.

  20. Velia

    Li Eng, waktu itu juga kakiku pegel2 tapi aku rasa itu karena kita kurang gerak. Kan selama 2 weeks waiting kita kebanyakan baringan di tempat tidur.

  21. li eng

    Dear velia… Velia udah berhasil hamil ya ? Di dokter aucky tiap kali aku dateng untuk suntik penguat, susternya pasti nanya gimana nafasnya sesak ga ? Syukur aku kayaknya ga kena OHSS sich karena nafasku ga sesak2 banget. Cuma emang kalu abis makan nafasnya jadi satu2 persis kayak orang yg habis lari.. Ha ha ha. Perutku juga udah gede banget. Kayak udah hamil 3 bulan. Jalan juga ga bisa cepat2. Aneh rasanya. Hari ini kramnya udah berkuranng. Dulu velia sempat kram perut ga ? Ya moga semua berjalan dengan lancar karena aku liat postingan teman2 yang lain, banyak juga yang nyeri peut bawah tapi ternyata positif. Moga nular ke aku dech.

  22. li eng

    Dear all… Mau nanya nich, aku setelah ET udah langsung dikasih obat crinone yg dimasukkan lewat vagina. Tapi aku liat ibu2 lain ga dikasih obat itu, padahal kita program barengan. Apa emang tiap orang mesti beda beda ya ? Mereka cuma disuntik penguat aja 2 x. Tapi ga pake obat crinone.

  23. Henny

    to, li eng
    salam kenal ya, klu dilihat dari ciri2 nya mudah2 an sih kamu hamil, soalnya aku jg dulu gejala2 nya spt kamu, perut kembung kayak sakit maag, trus sekali2 perut kram, tapi yg paling terasa itu setelah seminggu et perut terasa mual & eneg banget sampe2 folic acidnya distop diganti folavit, puji Tuhan skarang ak dah hamil 3 bulan

  24. li eng

    Salam kenal juga Henny. Puji Tuhan Henny udah berhasil ya. Kalu aku sich belum mual cuma 2 hari ini agak pusing. Tapi kadang2 sich. 2 hari ini malah suka makan , bawaannya lapar terus. Ha ha ha. Badanku agak panas nich. Moga ga sampe sakit dech aku. Henny doain ya spy aku hamil juga. Aku berharap banget embrionya mau nempel yg kuat, dan berkembang dgn sempurna di rahimku. Henny udah berapa tahun menikah ? Dulu BT di mana ?

  25. mimie

    Hai Li eng!

    Salam kenal ya…
    Aku juga BT di dr Aucky. sama loh kaya kamu, pas aku disuruh ngompol, aku stress banget karena gak biasa pipis di tempat tidur, jadi 4 jam kemudian baru bisa pipis.
    aduuh.. sengsara banget, tapi ternyata aku blm berhasil, mungkin aku terlalu stress mikirin hasilnya, yang penting jangan stress ya.. mudah2an kamu berhasil ya… mudah2an kram perutnya karena embrionya nempel, aku dulu gak ada rasa apa2 di perut,
    Mengenai Crinone ada yang bilang kalau dimasukkannya dikit aja, aku gak tahu yang benar bagaimana.

  26. Velia

    Dear Li Eng,

    Dulu abis OPU aku dikasi cyclogest 2x sehari (masukin lewat dubur). Fungsinya sama kok dengan crinone, yaitu hormon progesteron. Waktu insem di jakarta aku pake crinone juga, cuma kalo crinone cukup 1x sehari aja di malam hari. Suntikan beda lagi, namanya pregnyl, disuntik pas selesai ET, 3 hari dan 6 hari setelah ET. Pregnyl yaitu hormon hcg supaya tubuh kita ga nolak embryo yang ditransfer.
    Ada lagi suntikan hormon progesteron, biasanya disuntik kalo udah positif hamil. Waktu itu pas waktunya cek darah aku ada flek, begitu hasil lab positif hamil, dokter langsung suntik progesteron selama 3 hari berturut2

  27. li eng

    Velia, thanx buat infonya ya. Aku juga udah disuntik dua kali nich. Kayaknya pregnyl itu :p. Aku liat yang lain juga disuntik itu tapi crinone nya itu ga semua orang pake. Velia, kalu boleh tau waktu BT yang berhasil ini umurnya berapa ? O ya sekarang perutku udah berkurang kramnya. Sampe hari ini juga ga ada flek. Aku sich berpikir positif semua ini emang proses sampe hamil :p. Moga dua babyku mau nempel dan tumbuh sempurna.

  28. cici

    To li eng
    moga babynya nempel kuat ya.
    oh ya, sy jg bln depan mau bt di siloam sby, kmrn li eng pake short protokol at long protocol?

  29. li eng

    Salam kenal mimie… Emang wkt digantung itu sengsara banget ya. Ya moga program ini berhasil. Mimie gmn ga nyoba lagi ? Aku liat banyak teman2 yg tetap berjuang. Pantang nyerah dech pokoknya.. Moga mimie juga cepat hamil ya. Kita sama2 berdoa semoga berhasil. Mie, kalu boleh tau knp program yg dulu gagal ?

  30. Eli

    Hi Li Eng,

    salam kenal ya..aku juga lagi ikut program BT di Dr Aucky, dan lagi proses injeksi suprefect bulan depan datang lagi ke Sby untuk proses berikut nya..
    Li eng, untuk injeksi gonal F sampe berapa hari ya? terus setelah ET harus istirahat total kah ? kalau boleh tau Li eng tinggal di mana ? untuk yg tinggal nya di daerah resiko nya lebih besar kali ya…
    Mudah2an li eng berhasil ya…

  31. li eng

    Salam kenal ya Eli… Emangnya Eli dr mana ? Org luar daerah ya. Kalu aku emang org sby sich . Setauku di sekitar siloam banyak kos buat yg mau ikut BT. Jalan jawa, jalan sumatra, jalan sulawesi, jalan sumbawa. Kalu Eli mau ikut program, ya mending nge kost aja. Malah yg program di siloam 80 persen org luar sby. Suntikan gonal f itu tergantung dr kondisi tiap pasien. Selama suntikan gonal f, kalu bisa Eli udah harus stay di sby karena kudu ke rs tiap 3 harian untuk usg. Kapanan aku disuntik 8x. Tapi kalu misalnya telur Eli masih blm memadai, pasti bs disuntik sampe 10 ato 12 x. Suami cuma dibutuhkan wkt pengambilan sperma. Ya saat kita pengambilan telur. Proses penyatuan telur sperma bs makan 3 sampe 6 hari. Tergantung kasus. Embrio siap baru ET, abis ET harus istirahat. Ga mesti bedrest sich cuma mending banyak baring aja. Aku aja masih keluar ke supermarket ato keluar makan . Tp ada juga lo yg bedrest total. Abis ET harus ke RS lagi 2 kali untuk suntik penguat. Jaraknya 3 harian kalu ga salah. Hari ke 10 cek dara

  32. li eng

    Dear Eli, sambung di sini lg ya. Hari ke 10 cek darah untuk tau kadar beta HCG. Tau hamil ato gak. Kalu berhasil hamil kayaknya disuntik penguat lg sama dokter. Ya paling ga kalu mau kost sebulan lah udah kelar semua. Moga Eli juga sukses ya bulan depan.

  33. mimie

    Iya aku mau coba lagi, mau proses thaw cycle bulan depan. Kemaren embrio ada 8, masih sisa 5.
    Dokter bilang semua baik baik saja, tidak ada yang kurang dlm prosesku, jadi aku rasa aku terlalu stress mungkin, karena tiap hari mikirin hasilnya terus, namun diatas itu semua aku rasa semua pasti kehendak Allah SWT.

    Down banget sih saat ngerti gagal, aku baru bisa bangkit 2 bln kemudian. Sekarang aku sudah belajar rileks, karena stress itu sangat pengaruh bgt lho…

    BTW, aku pernah nanya yang udah berhasil hamil, dia cerita dr nya bilang crinone itu dimasukkannya ke Mrs. V seperempat aja, jangan sampai mentok nanti kena embrio-nya, nah.. aku dulu masukkannya sampai mentok, karena susternya dr Aucky bilang gak papa. apa itu juga penyebabnya aku gagal? aku juga gak tahu… ada yang bisa share?

    Selain itu bentuk rahimku juga retro, aku ingat pas ET agak lama dan susah, gak tahu susahnya itu karena aku tegang atau retro nya itu.

    Oh iya, pengumumannya Li Eng kapan nih? Kabari ya…

  34. li eng

    Dear mimie, kayaknya pemakaian crinone justru harus mentok nyampe kotak pencetannya. Tujuanne spy obat sampe ke rahim dgn baik, juga menghindarkan tumpah. Sia2 dong kalu tumpah. Lagian ukurannya crinone udah dipaskan dengan panjang liang miss v kita, jadi ga sampe ke rahim en nabrak embrio :p. Aku pernah nanya sama susternya , katanya crinone dimasukkin pol sampe tinggal pemencetnya doang. Jadi kayaknya bukan itu dech penyebabnya. Kalu mimie masih khawatir coba nanya aja sama dokter lagi. Ntar aku kabari ya kalu udah berhasil. Deg deg an banget nich. Doain ya

  35. li eng

    Dear cici.. Kalu masalah long atau short, kayaknya dr aucky yang nentuin diliat dari kasusnya kita masing..kalu aku pake long, jadi ada suntikan suprefact sebelum disuntik gonal f. Cici mau ikut BT yang pertama ya ? Udah konsul ga sama dr ? Doain ya semoga aku berhasil..

  36. cici

    dear li eng
    moga sukses ya, aku bantu doa dech
    2 minggu yg lalu aku ktm dr. Hendro tp pas hr ke7 haid, di siklus bln dpan hr pertama haid di suruh telp dr. hendro dulu, br di tentuin hr ke2 at hr ke3-nya ke sby lg ktm dr. Aucky.
    mudah2an bln depan aku langsung di suntik gonal f, soalnya udah gak sabar. he..he..
    ini bt pertama buatku, setelah insem 3x gagal.
    kt saling mendoakan ya.

  37. li eng

    Thanx ya cici.. Ya kita saling mendoakan supaya cepat sukses. Cepat hamil :p. Semoga tidak akan ada lagi kematin dan keguguran bayi. Semua pasti jadi. Takabari ya kalu udah ada hasilnya. Jiayou..

  38. Eli

    Buat Li Eng thanks banget info nya ya…
    buat cici udah tak sabar ya nunngu bulan depan…sama dong..he..he…
    dan mudah2an kita semua berhasil..aminn

  39. mimie

    Iya, aku do’ain ya semoga Li Eng berhasil.. Amin 1000x. Hari ini aku mau konsul ke dr Aucky, karena kemaren beliaunya gak praktek, sekalian aku mau tanya masalah Crinone.
    BTW, pas Li Eng habis ET ngambil kamar apa langsung pulang? aku dulu ngambil kamar sehari, tapi gak betah makanya stlah 5 jam aku pulang, gak tahu deh nantinya aku mau stay atau langsung cabut

  40. li eng

    Dear all, hasil udah keluar en aku HAMIL… Puji Tuhan.. Aku sampe menangis terharu ternyata Tuhan mengabulkan doaku yang kupanjatkan tiap saat. Puji Tuhan halleluya. Semoga selamat sampe melahirkan ya. Doain,, bagi teman2 tetap berjuang ya. Semoga semua berhasil. Ini ngetik sambil air mata terus mengalir ga berhenti :p. Thanx all buat dukungannya.

  41. li eng

    Dear mimie… Aku dulu abis ET langsung pulang abis baring 5 jam.. Ga tahan aku di rs. Tambah ga bs nyantai. Semua sich tergantung mimie aja, enaknya gmn . Yg mana lebih nyaman lah..jiayou. Moga cepet nyusul ya. Tuhan berkati

  42. mimie

    Hai Li Eng…

    SELAMAT YA….. Aduh.. sampai merinding aku, perjuangannya gak sia sia, mudah2an selamat sampai lahiran.. Amien 1000x.. Aku jadi tambah semangat nih πŸ˜€
    BTW, sharing dong, sebelum ET Li Eng ngapain aja? olah raga? atau minum apa gitu?
    Bener gak sih sebelum ET kita harus diet?
    Thanks ya before

  43. li eng

    Dear mimie, selama proses BT, mulai hari pertama suntik gonal f, aku biasain tiap pagi makan telur sebiji, minum segelas susu hamil, minum vit e dan asam folat. Jam 10an makan buah. Siang malam makan kayak biasa nasi lauk pauk tp dibanyakin dikit porsine.. Soale aku biasa makan dikit bgt. Jd skg disuruh mertua makan sing akeh :p. Sering makan ayam tim dan aku juga minum ENSURE. Spy lbh bergizi. Ha ha ha.tapi setelah ET aku stop ENSURE. Cuma minum susu hamil aja sama asam folat. Ga ada yg luar biasa mie, tp aku doa siang malam. Kalu lg gundah aku langsung doa, jd ga kepikiran. Ga stres. Ya semoga mimie cepet nyusul ya.

  44. mimie

    Thanks ya sharingnya, BTW untuk crinone Li Eng masukkannya mentok tinggal pencetannya aja yg nampak? sebaiknya setelah Crinone dikeluarkan di kulkas langsung dipakai atau nunggu beberapa jam? telurnya digoreng atau direbus aja? dimakan sama kuning telurnya juga? ayam tim nya itu cara masaknya gmn? ayam kampung/boiler?
    Sorry ya nanyanya borongan :D. Mudah2an Li Eng gak bosen jawabnya πŸ˜€

  45. li eng

    Dear mimie, crinone nya aku pake mentok sampe tinggal pencetannya aja. Kan itu hormon progesteron spy bayinya bs nempel dgn baik, jd harus masuk semua en ga boleh tumpah di luar. Kalu aku sich pake crinone kadang dari kulkas langsung dipake tapi kadang juga dibiarin dulu. Ya sasempatnya aja. Soale kan jam tidur malam ga sama. Tp usahain jam 10 udah langsung bobok dech. Telur ayam kampung direbus. Aku makan putih dan kuning sich. Cuma kayake lebih bagus kalu putihnya doang ya. Kalu putihnya aja, makan dua butir aja mieM aku juga pernah gituM cuma krn ga doyan putih aja, jd aku makan kuningnya. Uenak :p tp kalu udah makan kuningnya ya sebiji aja. Takut kakehanN malah jd penyakit. Ayam tim itu ayam kampung ditim biasa ditambah dgn angcou dan kichi. Kalu mau lebih sedap tambah ciu dikit. Gpp kok nanya2. Aku senang bs share sama mimie. Kalu boleh tau mimie umur berapa ?

  46. li eng

    Dear mimie aku lupa blg kalu rahimku retro juga sich. Tapi prosesnya ET cepet banget. Malah aku ga tau udah dimasukin sampe dokternya bilang , ayo bu diliat ke layar.. Gitu . Ternyata udah masuk semua. 10 menitan kayake beres. Mulai dari kita baring sampe ditransfer. Kayake mimie wkt ET hrs rileks jd rahimnya ga tegang spy masuknya embrio lancar. Ok ?

  47. mimie

    Makasih ya Li Eng, sudah mau berbagi cerita, umurku 31 th sudah 4th nikah. Iya, mungkin aku terlalu tegang & stressfull bgt, maklum biaya BT gak sedikit bagiku makanya aku mikirin hasil terus, padahal kan harus bener2 rileks.. Ngebaca ceritamu aku langsung semangat lagi nih, thanks ya..

    BTW angcou, kichi dan ciu itu beli dimana? aku baru denger

  48. li eng

    Alo mimie, emang kayake kudu relax ya. Aku aja selama BT ini banyak main game. Ha ha ha. Kan nganggur jd main aja spy ga boring. terus baca2 novel, aku suka banget novel. Terus liat dvd korea . He he he. Pokoke nyantai banget. Kadang malah rasanya enak krn bs istirahat terus. Kalu dulu kan kudu kerja ae terus, ga abis2. Angcao, kichi itu beli di toko obat china. untuk nambah daya tahan tubuh. Kalu ciu itu di supermarket aja. Tp ciu ga penting kok. Yg bagus itu angcou dan kichi. Kalu dimasak dgn tim ayam biasa yg dibilang orang chinese itu ciakpo. Makan sehat. Ha ha ha. O ya kayake angcou dan kichi juga ada kok di supermarket ato toko2 bahan makanan. Gampang kok nyarinya. Kalu di sby, ada di hokky, pabean juga ada :p

  49. mimie

    Wah… Thanks banget ya penjelasannya yang lengkap, aku mau siap2 ke dr Aucky nih, mudah2an aku ketularan Li Eng ya. Amien 1000x.

  50. cici

    dear li Eng
    selamat ya, moga selalu sehat sampe melahirkan, aku ikut senang dengernya, sampe mau netes jg airmata.
    oh ya li eng pake akupuntur gak setelah ET? Kalo di sby dmn ya klinik akupuntur?
    aku jg udah mulai minum susu anmum, biar babynya nanti sehat, tp kalo beli anmum kotaknya ku buang di tempat sampah di pinggir jln, jd nyampe rmh tinggal bungkus aluminium foil aja, soalnya malu, blm hamil kok udh minum susu hamil, ntar di kira udh hamil, he..hee takut di ledekin org rmh…

    buat mimie yg semangat banget nanya-nya, moga berhasil jg ya

    buat mbak ely yg sama gak sabarnya sm aku, CU di sby…

  51. li eng

    Dear yati dan cici, thanx ya buat supportnya selama ini. Aku juga bersyukur banget bs hamil..senengnya..moga yang mau program semuanya berhasil ya.. Tadoain dech. Dear cici aku ga akupuntur. Jadi ga tau kalu di sby ada ga klinik yg bs akupuntur buat dukung program BT. Setauku di klinik hwato jl gubeng itu akupuntur tp kayaknya lebih ke fisioterapi buat penyakit ato anak2 yg downsyndrom. Ya mungkin teman2 lain bs bantu, tolong di share di sini buat cici ya. Aku wkt minum susu hamil juga diketawain sama suami dan ipar. Ha ha ha. Mertua aja sampe bengong. Cuek aja. Buktinya kan juga bs dukung untuk hamil kan..+ ya cici aku juga lumayan rutin minum asam folat. Bahkan sebelum BT. Cici berjuang ya. Kuncine cuma satu doa dfan ga boleh stres. Dijalani aja dgn ikhlas dan pasrah. Jiayou

  52. bintang

    @li eng
    wah selamat ya bu!!!aq seneng bgt bc km positif hamil,jangan kecapean ya..sementara jangan keluar rmh dl walau dekat,km dah mati2an tuk bs hml so mesti jaga yg bener..jangan mkn pedes ya,jangan naik turun tangga..aduh aq jd kyk nenek2 ya..hehe abis aq ikutan seneng bc km hml.sekali lg selamat yah,moga2 lancar semuanya smp melahirkan,ibu&bayinya sehat.

    @cici
    aq prnh bc dimjlh kesehatan kl akupuntur baik dilakukan sebelum proses BT krn akupuntur memperlancar aliran darah ke rahim.kl aq akupuntur di indrapura krn dkt rumahku,di pusat pengembangan akupuntur,tau kan?kl temanku di adi husada,blg aja pengen hamil..kl aq pengen hamil sekalian langsing juga…p
    cici sby nya mana?

  53. Eli

    Hi Li Eng,

    Selamat ya…aduh jd terharu juga, begitu baca cerita Li Eng, aku bayangkan kalau aku yang dikasih hasil positiff nya..aduhh senang nya…Li Eng jaga kondisi ya supaya mommy ama baby sehat sampe melahirkan..
    buat cici, aku mau ikutan minum susu juga ah…

  54. cici

    Dear Bintang
    aku tinggal di kalimantan, makanya gak ngerti dmn tempat akup di sby. minta alamat lengkapnya dong…
    tq.

    To Ely
    pasti langsung ngacil beli susu anmum, he..he..
    apapun di lakukan demi…………………

  55. li eng

    Dear bintang.. Aku emang seneng bgt. Semoga lancar semuanya ya. Bintang pasti cepat hamil juga kok. Satu hal yg harus ditanamin dari awal BT adalah keyakinan berhasil. Ga boleh ada pikiran negatif. Enjoy aja gitu lo :p

  56. bintang

    hi cici…
    RS Adi Husada jl.Undaan wetan 40-44.kl yg satunya jl.indrapura tp aq lupa no nya,ntar keliatan kok bangunannya besar gt,Pusat pengembangan kesehatan.
    oooh jd km tgglnya d kalimantan?tp yg aq tau seh akup jauh2 sblm BT(coba masuk ke google search akupuntur&kehamilan),emang km mau brp lama d sby?
    smoga sukses ya…..

  57. cici

    Dear Bintang
    tq infonya, emang sich harusnya jauh2 hr sblm bt sebaiknya akup dulu, tp di kotaku gak ada klinik akup, rencana ya 1 bulanan aku di sby, ya lumayan kalo bs sambil akup drpd gak sm sekali

  58. Henny

    to Li eng

    Selamat ya, benar ya dugaan ku kamu bakalan hamil, soalnya tanda2nya mirip ma ak, btw nilai b-hcg nya berapa? dr bhcg nya biasanya ketahuan apa embrio menemple kuat, di jaga baik2 ya semoga lancar ampe lahiran, doain ak jg ya biar kita sama2 lancar ampe lahiran.

  59. li eng

    Dear Henny. B HCG ku 234.. Dulu punyanya Henny berapa ? Moga babyku bisa tumbuh kembanh sempurna ya. Aku blm usg sich. Beberapa minggu lagi baru usg. Kadang masih deg2an juga mikir babynya. Ya aku berusaha positif terus mikirnya. Bantu doa ya Henny. Semoga babyku sehat dan tumbuh dgn baik. Thanx
    A

  60. mimie

    Hai Li Eng,

    Apa kabar? sudah mual2 yah? wah.. senengnya…
    Anyway, Aku sudah ketemu dokternya, dia bilang gak harus digantung kok setelah ET, gimana kitanya aja yang penting rileks gitu katanya, pertanyaanku ada yg belum dijawab loh, sebelum ET Li Eng rutin olah raga gak? aku maleesss bgt kl disuruh yg satu ini πŸ˜€

  61. li eng

    Mimie, emang bukan digantung mie, tapi posisi bednya pas kita tiduran kaki lebih tinggi dari kepala. He he he. Tapi kayaknya semua ini ga pengaruh banyak kok. Yang BT kan banyak yang stay semalam di RS tp ada yg ga jadi juga. Aku begitu 5 jam langsung ke kamar mandi, bersih2 terus langsung pulang. Banyak juga yg jalannya pelan banget, tp aku biasa 2 aja. Ya mie semuanya tergantung rejeki kayaknya. Aku ga olahraga mie . Justru sejak setahun ini aku usaha hamil, aku brenti aerobik sama sekali. Udah setaun ini ga olahraga. He he he. Ya doain ya babyku sehat.

  62. Henny

    to Li Eng
    hello, klu b hcg kamu 234 , termasuk bagus , berarti embrio nya menempel kuat di rahim. ak jg dulu msh suka deg2an seblum usg, malah setelah usg pertama aj msh deg2an, tapi pasrah dan berdoa aj,mudah2an hasilnya baik, klu ak dulu b hcg nya 557,90, makanya kembar, biasanya klu diatas 500 kemungkinan kembar, btw ak mo tanya dong kamu setelah ketahuan hamil tetap di dr auckynya ato pindah dr?

  63. li eng

    Henny, jadi babynya kembar ya ? Kembar dua ato tiga ? Dulu henny, embrionya dimasukkin berapa ? Kalu aku minta dokternya masukin dua aja, ini ga tau kembar atau satu aja. Yang penting sehat dan sempurna sich ga masalah :p. Emangnya boleh pindah ya Hen ? Aku sich blm tau. Nanti liat gmn dech. Kalu Henny gimana ? Mau pindah dokter mana ? Henny tinggal sby kan ? Umur brp ?

  64. Mimi

    Dear Li Eng dkk ‘lam kenal. Aku mimi di bali. Selamat ya atas keberhasilannya, tulisanmu bener2 memompa semangatku tuk ikut bt lagi. Li Eng dulu aku gak dikasi obat yg disemprotkan ke vagina stlh et. Apa itu metode baru?

  65. li eng

    Salam kenal ya mimi di bali. Moga sukses ya. Aku juga dikasih obat crinone itu mi.. Tapi ga semua orang dikasih. Kayaknya tergantung kasus masing2. Ya apapun yg ditetapkan dokter adalah yang terbaik. Mimi ikuti aja sambil doa ya. Pasti sukses ya

  66. Henny

    to Li eng

    Klu ak kembar dua, dulu embrio yg dimasukin jg dua, krn dari enam telur yg terbuahi cuma dua, puji Tuhan dua-duanya jadi , skrang ak udah 13 minggu, nnt siang mau usg 4 dimensi, ak di Jakarta, bayi tabung di BIC dgn Dr.Ivan, btw Li eng kpn USG pertama? smoga baik2 ya, klu ak skrang msh ma Dr Ivan, gak tau deh nanti klu mau lahiran

  67. novy

    Hi Lieng…
    Salam kenal ya.
    Saya jg lagi ikut program BT di Klinik Permata Hati RS. Sardjito, Yogya. 2 hari lagi menunggu pemeriksaan urin, utk mengetahui hamil atau tidak. Sebelumnya selamat ya atas kehamilannya, puji Tuhan d..akhirnya berkat itu datang :). Setelah aku ET, ga bergerak kira2 2 jam-an, trus di pindah ke ruangan. Tiap institusi memang berbeda, tp prinsipnya sama aja. Saya juga di kasih crinone lwt vagina selama 2 mg. Dokter embriologistnya bilang pada prinsipnya setelah ET adalah istirahat dan rileks, seterusnya banyak berdoa.

  68. Radiah

    Hello Novy,
    Salam Kenal,
    Saya Doakan semoga proses BT novi berhasil. Saya juga minat Ikut BT di Klinik Permati Hati R.S Sardjito Yogya, 3 bulan lalu saya inseminasi disana tapi gagal. Saya mau nanya nich berapa lama proses BT mbak novi dan biaya BT semuanya berapa? Soalnya saya dari Kaltim jadi perlu siap-siap gitu. Aku dulu ditangani Dr. Amino saat insem

  69. li eng

    Dear novy… Sukses ya. Semoga hasilnya bagus. Jangan khawatir. Serahkan semua pada Tuhan. Can’t wait for good news :p

  70. novy

    To Li Eng,
    Makasih supportnya ya, sama2 saling mendoakan πŸ™‚ That’s right, can’t wait for good news…..hehehe
    To Radiah, salam kenal juga….
    Pada setiap kasus dan biaya BT dan lamanya proses berbeda2, dokter akan melihat kasusx. Kl pengalaman saya di Sardjito, saya mulai dari tgl 4 April konsul dulu. Kemudian pada hari ke3 or 4 haid dtg kembali, dan mulailah program BT. Saya memakai cara ICSI, short protokol dg Prof. Anwar. Sampai sekarang kira2 1 bulan. Biaya sampai sekarang blm tau totalnya berapa, tp saya dah DP sekitar 22jt.Begitu pengalaman saya, kl Mba mau ty2 boleh kok πŸ™‚

  71. novy

    Dear Li Eng…
    Hari ini saya tes urine, tp tnyt hasilnya masih negatif :(. Kita masih berpikir positif dan terus berdoa. Kt dokterx tunggu seminggu lagi, di cek kembali. Sampai sekarang sih belum mens, semoga jadi d :). Waktu dl, Li Eng tes kehamilanx lwt pemerksaan darah? di cekx pas berapa hari dari HPHT? Saya dl HPHT tgl 8 April.Thx ya…

  72. li eng

    Dear novy jangan sedih ya. Berpikir positif aja, kan blm haid juga kan ? Masih ada kemungkinan berhasil. Coba dech novy tes darah spy lebih jelas. Jadi bs tau brp kadar b hcg nya. kalu lebih dr 100 udah positif kok. Walupun mungkin kadang lewat urine blm kelihatan. Aku test darah emang dijadwalin dokternya 10 hari setelah ET. 28 hari setelah HPHT. Coba novy ke lab aja ya spy pasti. G’luck

  73. nov

    Dear Li Eng, salam kenal. Aku dari Jakarta.Selamat yah atas kehamilannya,moga2 nular ke aku :p kmrn ini aku konsultasi pertama di sby dgn dr aucky n pas hari itu aku liat 2 org yang hasil tes darahnya positif. Apa li eng pake sweater/bolero kuning yah?? Bln ini aku baru akan mulai long protokol ama dr aucky krn aku punya miom dan kista. Pertengahan bln ini baru suntik suprefact n bulan depan aku baru ke sby. Aku mau nanya soal kost atau apartemen yg tidak terlalu jauh dari rs siloam, yang tempatnya tenanglah,soalnya aku kan mesti tinggal sebulan disana. Apa li eng bisa membantu memberikan informasi kost atau apartemen yg bisa disewa bulanan?? thanks ya

  74. li eng

    Dear Nov, tenang aja pasti hasilnya positif ok ? O ya kapanan aku ke aucky, aku pake baju coklat tua model gombor soale perut lg gede2nya. He he he. Kalu ga salah , aku pernah denger dr aucky juga ada tempat yg bs dijadiin kost nov. Aku sich ga berapa ngerti juga soalnya aku punya rumah di sby jadi wkt program ga nge kost. Tolong teman2 yang ada info, beritahu Nov ya. Selamat berjuang ya

  75. cici

    to Nov
    di dkt siloam ada bbrp tempat kost, yg aku tau di jl. jawa no 22, disini nov bs ambil harian dulu, kalo udh cocok bs sekalian kost.
    kalo mau booking silahkan telp 031-5044570.
    ada jg di jl sumbawa, tp sy gak tau no telpnya. ntar klo sy udh dpt info ya..

  76. dhieta

    hai li eng…aku juga akan menjalani proses BT di siloam next week..aku udah 5 tahun menikah n belum pernah sama sekali hamil…so melakukan BT ini emang keputusan terberat,bukan hanya masalah materi/ biayanya tapi ada efek psikologisnya…kita sebagai manusia tetap berusaha…gagal ataupun berhasil semua pasrahkan sama yang Kuasa…buang deh rasa ganjalan dalam hatimu …karena itu akan empengaruhi efek psikologismu…smoga berhasil ya li eng….

  77. li eng

    Dear dhieta moga sukses ya. Memang benar, tak perlu kita terlalu terbeban. Mari berpikir positif aja. Aku yakin semua yang terjadi di dunia sudah digariskan sama yang di atas. Kita berusaha tapi Tuhan jualah yang menentukan. Pasrahkan segalanya dan tetap bersyukur dalam hal apapun. Sukses ya …

  78. dhieta

    eh li eng…apa emang ya kita habis ET harus mengkonsumsi susu hamil,seperti yang kamu bilang…trus makan telur sebiji pagi hari,minum vit e dan asam folat(jenis apa). Jam 10an makan buah..trus makan tim ayam pakai angcau dan kichi ya…jadwal itu semua kamu buat sendiri apa dari dokternya??aku malah belum tau tuh…eh selamat ya li eng…aku sampai terharu..semoga lancar sampai melahirkan

  79. li eng

    Dear Dhieta… Berdasarkan pengalaman dari teman2ku yang juga berhasil, semua ga ada yg sama. He he he. Yang bareng aku program, malah makan kayak biasa. Ga minum vitamin juga. Malah abis ET jalan2 terus. Cuma aku kan kurang fit badannya, makanya aku banyak minum vitamin sama minum susu spy ga batuk pilek atau sakit lain. Jadi semua tergantung kondisi masing2 sich. Temenku dulu ada yg makan gizi tinggi kaya salmon aja gagal. Jadi kita ga usah parno. Makan aja yg bergizi, yang dhieta suka. Kuncine santai dan ga boleh stres. Doa yg kenceng ya… Kabar2i lagi ya

  80. li eng

    O ya dhieta. Semua makan dan minum aku atur sendiri. Jadi bukan sarannya dokter. He he he. Asam folat kan banyak di apotek. Merk apa aja ada kok.

  81. dhieta

    aduh li eng………makasih banyak ya informasi juga doanya ….iya nih,aku lagi kethir2…tapi tetep semangat..lagi rajin browsing internet cari topik BT juga…oh ya kamu waktu ET di rumah sakit mana??siloam juga??trus yang melakukan tindakan dokternya sapa???apa dokter Aucky n tim??aku minggu2 ini suntik,karena dijadwalkan tanggal 22 mens..

  82. li eng

    Aku di siloan juga sam dr aucky. Cuma yg OPU sama ET itu dr hendro pramono. Ya dhieta tenang aja. Pasti positif kok sepanjang pikiran kita juga positif. Ok ?

  83. li eng

    Dear all… Beberapa hari lalu aku udah usg ke dokter. Puji Tuhan babyku sehat dan berkembang dengan baik. Udah ada denyut jantungnya yang kuat. So, teman2 semoga sharing pengalamanku ini bisa memompa semangat teman2 untuk terus berusaha. Aku doakan program teman2 juga sukses dan cpt dapat baby yg jadi dambaan kita semua. Tuhan berkati

  84. cici

    to Li Eng & yang lain..
    Aku kmrn ET,sebelumnya aku minum air byk banget,pas ET pas lg kebelet banget, sampe sakit wkt suster naruh alat usg di perutku, trus bgt masuk kmr aku ngompol di pampers tp keluar dikit2 gak bs tuntas gitu, setelah 5 jam aku bangun n pipis d kmr mandi pipisnya jg gak tuntas, sakit banget sampe menggerakkan kaki aja aku kesakitan, tiap 10 menit aku turun dr ranjang untuk pipis k toilet tp tetap gak bs tuntas n sakit banget, perutku sampe besar, jam 1 mlm akhirnya aku di kateter, & keluar urine 800cc, rasanya lega banget.
    Aku yg minta di kateter krn gak kuat nahan sakitnya tegang di perut, lebih baik sakit sebentar drpd sakit 16 jam.
    Yg bkin aku kepikiran aku sering banget turun dr tempat tdr ke toilet, mestinya khan gak boleh byk gerak.
    Ada yg punya pengalaman kayak aku gak ya?

  85. li eng

    Dear cici… Kok kamu ga mau ngompol sampe abis di pampers aja ? Emang sich agak susah tapi aku maksain dalam 30 menit jadi tuntas semua. Memang kalu kencingnya blm keluar semua perut pasti sakit. Udah dech gpp.. Cici doa aja ya. Pikiran yang positif. Dijalani rileks jadi bayinya tumbuh dan nempel dgn baik.. Don’t worry ok ?

  86. cici

    to Li Eng
    aku udh coba keluarin semua tp gak bisa, mungkin kantong kemihnya tegang banget mennampung urine sebanyak itu, jd gak elastis lg.
    iya, aku berpikir positif aja, doain aku ketularan kamu hamil jg ya..
    Li Eng hbs ET makan makanan apa aja? n ada masalah gak dgn BAB, sy sampe skrg blm BAB pdhal udh makan agar2 n buah.

  87. li eng

    Ci, tenang aja, kalu emang udah rejekinya pasti dapet dech.. Jadi kmu harus yakin ya. Ga usah khawatir dan takut berlebihan. Justru aku liat teman2 yg rileks yg pada berhasil semua. Tadoain dech. O iya ci aku malah selama program BT sampai skg ga pernah masalah sama BAB. Apa belakangan Cici makannya dikit ? Kalu bisa tetap makan nasi sayur jadi banyak serat. Dan jangan lupa pepaya sama pisang. Top banget itu. Lancar tiap hari . Percaya dech. Jangan pake pencahar ya. Takutnya kontraksi bikin babynya jatuh. Minum air yang banyak. Aku abis ET makan kayak biasa. Cuma ditambah susu hamil tiap hari. Moga sukses ya…

  88. Cynthia

    Haii…Li Eng.
    Nice to meet U…namaku Cynthia, 28 th. Aku juga 3 bln yg lalu baru menjalani BT (ICSI). Aku programnya di Siloam Hospital Kebon-Jeruk Jkt. Aku lebih lama lagi, harus tiduran selama 6 jam loh, dan aku bedrest selam 2 hari di RS juga. Aku sih sempat positif, tetapi … continued in post tes darah positif tapi 7 hari kemudian pendarahan hebat.
    Aku juga di suruh DR istirahat dari obat-obatan (hormon) untuk detoks, dan aku akan menjalani lagi Program BT yg ke-2 tahun ini juga hehehe…semangat!

  89. nov

    Dear cici, thanks ya atas info kostnya. Mudah2an cici hamil yah.

    Dear Li Eng, anaknya kembar nga li??oh berarti aku salah liat orang waktu itu.

  90. li eng

    Dear nov, babyku satu… Ga jadi kembar.. He he he.. Tapi justru team dokter mensyukuri karena dengan bhcg seperti itu menunjukkan bayi yang kuat dan sehat. Puji Tuhan atas berkatNya.. Baby juga berkembang dgn baik ditunjukkan detak jantungnya yang kuat.. Moga Nov juga menyusul ya.. Tenang aja pasti positif.

  91. tini

    Hai mbak cici lam kenal…mbak aku jg perna ngalami seperti itu habis et hampir 2jam aku ga bs kencing ampe aku nangis krn perut rasanya penuh dan sakit sekali,akirnya aku panggil suster dan tempat tidurku d turunkan (kepala ama kaki sejajar)aku d kasih wkt 30 menit,tp ampe waktunya habis msh jg ga bisa kencing,br 10 menit berikutnya aku bs kencing.bgt waktu berbaring 5jam habis aku lsg k kmr mandi untuk kencing tp perut ini rasanya msh sakit dan setiap 30 menit aku turun dr tmp tidur untuk kencing,alhamdulillah aku ttp berhasil dan sekarang aku hamil jalan 4 bulan babyku kembar, yg penting kita ttp positif thinking dan tdk putus berdoa . aku opu tgl 9maret dan et tgl 14 maret 2009 d RS siloam sby. buat li eng apa kita perna ktm ya selama d rs krn kita masuk program hampir berbarengan ?

  92. junita

    Hai semua,, senang banget bs join di sini.. Infonya membuat semangat. Terutama Li Eng.. Selamat ya.. Membaca kisahmu sangat memotivasi.. Saya jg ikut program BT di siloam sby.. Tgl 24may yl ET.. Doakan ya teman2 semoga sy mengikuti jejak teman2 yg berhasil.. Buat Li Eng.. Pd saat test HCG langsung cek lewat darah ya? Trus, sehabis ET payudara agak membengkak ga sih?badan agak meriang gitu?Thanks ya infonya.GBU

  93. li eng

    Buat Tini… Selamat ya babynya udah 4 bulan… Kembar lagi.. Moga lancar sampe lahiran ya. Kalu ketemu sich sama Tini kayaknya gak ya.. Soalnya saya mulai program di siloam 1 april :p sedangkan tini kan udah et 14 maret.. O ya mbak, pernah ada rasa kram2 gak di perut bawah ? Saya kadang terasa ada kram yang hilang timbul. Jadi ga menetap. saya tanya ke dokter katanya itu pembesaran rahim, jadi otot2nya berkontraksi. Mbak Tini bs cerita ga pengalamannya ? Thanx

  94. cici

    to Nov.
    makasi ya atas doanya, amien..

    To Tini..
    Wah selamat ya udh berhasil hamil, kembar pula. mudah2an sy jg ketularan ya walaupun sempat punya mslh dgn susah pipis.
    oh ya wkt tes darah bhcg nya tini brp? ktnya kalo kembar bhcg nya tinggi ya?

  95. li eng

    Dear junita… Aku waku cek bhcg memang langsung melalui darah. Biasanya untuk tau positif apa gak, dokter cek beta hcg dan progesteron dalam darah kita. Keduanya saling mendukung satu sama lain. Jadi harus sama2 tinggi atau bagus nilainya. Kalu aku mulai dari pematangan telur , beberapa hari sebelum OPU payudaraku sudah membengkak sampai dinyatakan hamil. Setelah hamilpun masih membengkak tetapi perlahan agak berkurang sakitnya. Tapi tetap lebih sensitif rasanya. Kalu junita meriang itu tanda hamil lo.. Bener. Aku beberapa hari setelah ET suhu badan meningkat sampe 37 derajat. Ga turun sampe skg. Padahal dulu kalu ga hamil, suhu badanku paling 35,5 sampe 36. Moga berhasil ya.

  96. Cynthia

    Dear li eng & Junita…
    Salam kenal semua. Wah itu sama bgt, aku juga waktu setelah ET, badan rasanya meriang, payudara membengkak, plus rasanya dari pinggang ke bawah itu pegal2, jadi kadang2 aku ga bisa tidur loh. Oia aku juga jadi mudah berkeringat. Nah kalau mudah kepanasan itu hal yg wajar ga ya?
    Dari baca cerita kalian, ternyata reaksi setelah ET itu rata2 sama yah. Dulu aku pikir itu terjadi padaku aja. Next time aku kan sudah tau bahwa reaksi itu hal yg wajar.
    Special u/ Li eng, semoga kamu sehat selalu sehat yah.

  97. li eng

    Thanx ya cyn… Moga kmu juga berhasil ya kelak. Jangan menyerah ya.. Keep fighting :p

  98. cici

    To Li Eng & Tini
    hr ini pas 1 minggu aku ET, sekarang aku ngerasa, agak kembung, payudara agak keras, sering banget pipis, kadang2 ada rasa pusing n mual dikit, kamu waktu itu jg ngerasain yg sm gak?

  99. tini

    to li eng… selamat ya buat kehamilannya mdh2an babynya sehat dan lancar ampe kelahiran. iya ampe dua bulan kehamilan aku msh sering ngrasa kram di perut bawah ampe aku ketakutan kirain mo haid,tp kata DR itu reaksi wajar dan ga perlu di kuatirkan nt akan hilang dgn sendirinya.

    to novi….terima kasih mudah2an dirimu jg berhasil. bhcgku 428 dan progesteron 80.

    mbak cici itu reaksi normal kok nyantai aja…waktu itu aku lebih parah lg,kt DR aku kena OHSS perutku membesar kayak hamil 5 bulan ampe susah mo napas,ga duduk,ga bs miring jg mo jalan aja susah,setiap malam aku ga bisa tidur karena perut rasanya kayak d remas2 dan ulu hati jg sakit sekali hari k 5 et aku masuk UGD dan d rawat 1 malam d RS. o iya mbak klo mo pipis jgn d tahan ya semakin byk pipis dan minum air putih lebih bagus.

  100. li eng

    Dear cici… Kayaknya emang kmu hamil lo.. Bener.. Aku juga dulu 5 hari sebelum cek bhcg, sering banget pipis. Sampe malan bisa 2 – 3 kali lo..jadi 90 persen kamu hamil, kalu dilihat dari gejalanya lo.. Sama kayak aku dulu. Perut kembung banget, sakit maag, payudara sakit, kram perut.. Suakit lo kayak mens.. Semua ini tanda baby lagi nempel di rahim. Kapan nich cek bhcg nya ?

  101. cici

    Dear Li Eng…
    aduh aku jd ge er nich, amien….amien…amien…
    makasi ya aku jd optimis nunggu tgl 3 juni pengumuman.

    Dear Tini..
    iya, aku jg jd sering haus, jd ya mesti minum, tp tidur kt jd terganggu ya, its ok, semua demi calon baby kt iya gak?
    moga kalian yg udh positif hamil sll sehat sampe lahiran ya…

  102. junita

    @ Li Eng.. Dugaanmu bhw aku hamil buat aku merinding..tp aku langsung mengAminkannya.. Amiiiinnn!!! Aku jg percaya aku akan nyusul kamu (harus yakin kan)? Aku baru aja pulang suntik penguat yg pertama.. Ntar tgl 1jun yg kedua,dan tgl 6jun pengumuman..pls keep praying each other ya.. Semoga kamu dan baby sehat sampai due date nya..
    @ Cynthia .. Salut buat kamu.Tetap semanagt walaupun blm berhasil..aku doakan smoga next kamu berhasil ya..

  103. junita

    O ya Li Eng,dulu wkt ga hamil suhunya 35,5-36 itu maksudnya setelah ET tp gagal ya? Thanks ya

  104. li eng

    Dear junita, aku baru pertama kali sich ikut bayi tabung dan puji Tuhan , langsung positif. Aku juga ga tau ya bagaimana suhu badan orang lain yang abis ET tapi gagal. Maksudku aku merasa ada perbedaan suhu badan sebelum hamil dan setelah hamil. Badan menjadi panas. Itu menurut pengalamanku sich tapi ga tau lagi bagaimana dengan teman2 yang lain.. Semoga ada yang bisa sharing ya buat junita.

  105. junita

    Hai Cici.. Saya doakan smoga tgl 3 nanti kamu positif ya..krn setiap mendengar ada lg yg berhasil saya jd semangat.. Saya pengumumannya tgl 6jun..deg2an lho, tp berusaha relax dan mikirin yg lain aja.. Trus baca2 cerita sukses yg ada di website ini.. Pikiran jd positif lho..

  106. nov

    Dear all, mau nanya lg nih. Aku kan sampe skrg msh suntik suprefact karena aku ada myom tp sampe skrg kok belum haid juga yah, apa kalo disuntik suprefact jadi terlambat haid yah?? pdhl aku udh kapengen bgt suntik gonal biar cepet2 mulai program, biar cepet hamil πŸ™‚

  107. cici

    Dear Junita..
    makasi ya, amien…moga kt berdua positif hamil ya…

    Dear Nov..
    kmrn ada temanku yg haidnya agak telat dikit stlh suntik superfact, tp akhrnya dtg jg,
    kt suster jgn di tunggu at di pikir ntar dtg sendiri kok

  108. ade

    Dear Li eng, setelah baca pengalamanmu kok aku jadi GR sendiri yach karena ciri2ku setelah ET sama persis seperti pengalamanmu,Perut besar ( buat jalan saja susah )kram perut bawah, kaki pegal2, suhu badan panas ( kayak orang masuk angin )Aku mulai ET tgl 27 Mei, suntik penguat pertama tgl 30 Mei, tgl 2 dan 5 Mei suntik penguat ke 2 dan ke tiga, sekarang ini yang aku rasakan sering merasa pusing dan neg sekali karena mual2,keringatan terus, Ini adalah BT ku yang kedua, BT pertama gagal. Aku menjalankan BT kedua duanya di Siloam Surabaya ditangani Dr Aucky. Embrio sekarang yang ditanam di rahimku cuma 1, tadinya 2 hari sebelum OPU ada 2 embrio yang bagus, tapi sehari sebelum OPU salah satu embrioku setelah di USG hilang, jadi tinggal 1 embrio yang tersisa, tapi dengan semangat ’45 aku tetap maju untuk menjalankan proses ET walaupun dengan 1 embrio yang ditanam. Jadi untuk teman2 yang senasib harus tetap semangat. Untuk Junita dan Cici, tgl kita kan berdekatan, tetap saling kasih kabar ya…..

  109. junita

    Hai ade, iya kita bertiga hampir bersamaan ya.. Serasa jd ada temen nih deg2an bareng.. Semoga kita bertiga ‘lulus’ ya sampai melahirkan.. Ga apa2 GR ..drpd minder.. Ayo semangat.. Keep positive thinking.. Aku ET tgl 26, tp suntik penguat knp cuma 2 kali ya.. Tgl 29 kemaren dan tgl 1 besok. Langsung cek HCG tgl 6.kamu 3x ya..Trus setelah ET selain suntik penguat itu aku ga di kasih obat apa2..Yg dr Mrs.V jg engga. Pdhl kalo dr yg aku baca2 kebanyakan di kasih obat.. Kamu gimana De? Aku jg di Dr Aucky sby..

  110. li eng

    Dear Ade… Tetap semangat de.. Biarpun embrio cuma satu juga bisa berhasil kok. Beneran lo.. Istirahat aja ya yang banyak..makan bergizi.. Kabar2i kalu udah sukses.. Sama dengan junita, aku dulu juga disuntik penguat 2 kali aja. Cuma aku dikasih crinone sama dokter. Alasannya karena telurnya banyak. Buat Junita, kalu belum dikasih penguat sich ga masalah. Biasane penguat penting setelah ketahuan positif. Biasanya kalu kamu ga diberikan crinone vaginal, kamu pasti diresepin duphaston untuk penguat janin. Ok ? Keep fighting..

  111. ade

    Makasih atas supportnya ya Lie eng, untuk BT yang kedua ini aku bener2 santai banget, g kayak BT pertamaku dulu, bawaanya stress melulu he..he..he.. Kalau yang BT ke dua ini malah aku sempatkan sehari sebelum ET aku ikutan Akupunktur di RS Adi Husada Jl.Undaan wetan Lt 4 kamar 5 dengan dr yudi, aku bilang ke dokternya kalau besok aku ET, Soalnya aku pernah baca di artikel kalau sehari sebelum ET lebih baik akupunktur supaya peredaran darah dari uterus ke rahim bisa lebih lancar dan rileks bagi janin, sehingga janin akan lebih kuat nempel di dinding rahim, ya udah dech aku coba akupuktur he…he..he.. Oh iya Li eng, udah 2 hari ini nafsu makanku juga bertambah, bawaannya lapar terus…padahal kepala nich sering pusing dan tubuh demam, tapi yang namanya lapar g mau di ajak kompromi he…he..he.. Ocey dech…aku akan selalu berbagi cerita ke teman2 setiap perkembanganku. Ayo…Semangat, semangat, semangat….

  112. ade

    Hallo juga Junita…G tau ya, sebab pas aku suntik pertama tgl 30 Mei, aku tanya ke suster kapan tes darah dan suntik lagi ? Suster bilang tgl 2 Juni aku suntik ke dua dan tgl 5 Juni suntik ke tiga + Pengambilan darah untuk periksa Beta Hcg nya. Tapi waktu aku nunggu antrian pas ngobrol ama 3 ibu mereka juga sama2 suntik penguat 3x,dan waktu itu hari terakhir mereka suntik yang ke 3, mungkin masing2 individu beda2 kali ya… Untuk crinon aku juga g di kasih, tapi teman seangkatanku ET ada yang di kasih juga, kalau pas BT pertama dulu aku di kasih, tapi yang sekarang g… G tau ya kenapa masing2 individu kok beda. Oh iya junita, setelah suntik pertama aku juga tidak di kasih obat apa2.

  113. cici

    To Ade
    aku jg gak di kasih crynon, kata suster di liat hormonnya jg perlu at tidaknya di kasih crynon.
    kalo di kasih crynon biasanya di suntik penguatnya cm 2x, kalo gak di kasih crynon suntiknya 3x.
    moga kt semua LULUS ya…
    amien…

  114. dhieta

    Ade salam kenal ya…aku juga sekarang lagi proses Bt tapi masih tahap suntik ? injeksi…oh ya de boleh gak nanya,apa memang kalo sehari sebelum ET sebaiknya dilakukan akupuntur supaya membantu peredaran darah, dari uterus ke rahim. apa malah tidak mengganggu suntikan2 yang masuk ke tubuh kita??trus apa di RS undaan itu emang khusus akupuntur yang mau ET??maaf ya de kebanyakan nanya…smoga sama2 suksesnya ya de

  115. ade

    Dear Cici…Bener apa yang cici bilang, BT pertamaku dulu aku juga di kasih crinon, tapi di suntik 2x, tapi BT yang sekarang suntik 3x tapi g di kasih crinon. Cuma aku emang g sempat tanya ama suster kenapa harus beda, pikirku waktu itu setiap masing2 individu kan hormonnya beda2. Ocey…kita saling berdoa saja semoga semuanya LULUS….

  116. ade

    Lam kenal kembali Dhieta….silahkan saja dhiet tanya2 ama aku, kita semua yang ada disini kan saling shearing. Sebenarnya akupunktur lebih bagus lagi di lakukan 2 atau 3 bulan sebelum ET ( kata artikel yang aku pernah baca + kata dokter yang akupunktur aku ) tapi menurut artikel yang aku baca 1 hari sebelum ET juga bagus, untuk lebih lengkapnya mengenai akupunktur, dhieta browsing saja di internet cari di google ” akupunktur dan kehamilan ” atau di pengalaman sheba di website ini juga, soalnya menurut testimonialnya banyak yang berhasil BT setelah menjalankan program akupunktur, Kalau akupunktur yang di RS undaan pasiennya g harus yang lagi mau ET, tergantung keinginan pasien mau akupunktur buat apa…sebelum di akupunktur kita kan ditanyaain ama dr nya dl.

  117. ade

    Hari ini tgl 2 Mei aku suntik penguat yang ke dua, cuma dosisnya di kurangi, karena malamnya sebelum suntik ke dua, perutku sakit banget kayak mau haid, padahal haid terakhirku tgl 11, Li eng pernah g ngalami sakit yang seperti ini… kalau iya hari keberapa setelah ET ? soalnya aku ngalami sakit perut pada hari ke 6 sesudah ET. Makasih atas jawabannya.

  118. junita

    Hai ade, rasa sakit d perutnya kyk gmn? Aku td pagi jg sakit banget sampai ga bisa jalan..tapi aku rebahan kira2 15menit sakitnya hilanhg.. Apa krn tll cemas ya? O ya, kamu kpn pengumumannya? Aku haid terakhir tgl 9mei,pengumumannya tgl 9..
    Doaku kita smua baik2 aja dan berhasilll
    @cici.. Apa kabar? Besok hasilnya kabar2in ya.. Kita saling support ya..

  119. junita

    @ ade : maaf, pengumumanku tgl 6juni..hehehe..saking seriusnya sampe salah ketik.

    maklum ya teman2

  120. li eng

    Dear Ade…aku dulu juga sempet ngrasain perut agak kram sich tp ga masalah kok. Yang penting ga ada flek nya. Aku mulai merasa kram waktu hari ke 6 dan ke 7 setelah ET. Dua hari aja. Kramnya hilang timbul kok. Ga masalah kok say.. Wajar2 aja. Jadi santai aja ya. Kabari aku hasilnya ya. Sukses !!!

  121. li eng

    Dear cici.. Kalu ga salah hari ini ya pengumumannya ? Jadi gimana ? Pasti hasilnya ok kan ?

  122. ade

    To : Junita….
    Sakitnya ada kenceng2nya di perut bawah kayak kram perut, habis perut kenceng timbul lagi sakitnya kayak mau haid gitu, kalau sakit ini aku rasakan rata di perut, aku juga tak buat rebahan di kasur sambil ngelus2 perut, mungkin 15 menitan baru perlahan2 hilang, tapi kalau kenceng perut kadang masih timbul juga, tapi g lama2. Pengumumanku tgl 9 Juni, masih lama, terhitung 14 hari setelah ET. Kalau Junita selang berapa lama setelah ET… Mungkin karena embrioku cuma satu kali ya…jadi pengumumannya lama he..he..he..

    To : Li eng
    Makasih ya atas informasinya, dan makasih juga atas supportnya…:-)

  123. junita

    Hai ade, berarti yg kita rasakan hampir sama ya.. Aku ET tgl 26mei cek darah tgl 6jun berarti 11 hari setelah ET. Katanya sih tgt siklus haid kita.. Kalo aku siklusnya emang pendek.sekitar 23-25hr gitu..
    @ cici, semoga berhasil ya .. Semoga hslnya POSITIF.. Aku tunggu kabar baiknya..

  124. cici

    Hi all
    Alhamdulillah, puji syukurku tak terhingga pd Allah, hasil cek darahku td pg aku di nyatakan HAMIL…
    Terima kasih atas doa dr teman2 semua.
    bhcg ku td kt suster 369, td sore aku udh muntah2 mungkin krn bhcg ku lumayan tinggi, dr pg udh mual, benar kt Li Eng kalo aku hamil
    Sekarang aku mau ke siloam dulu ya, mhn doanya biar semua berjln lancar..

  125. li eng

    Selamat ya ci.. Tuh kan apa gw bilang.. Memang hamil kan ? Ha ha ha. Puji Tuhan. Moga lancar terus ya sampai lahiran. Take care ya..

  126. junita

    Hai ciciiiii..selamat yaaaa…akhirnya kamu hamilll..ikut senang dengarnya…

    Buat ade..ntar lagi giliran kita..kita yg sabar ya… Mdh2an kita bertiga yg hampir berbarengan LuLus smua ya.. Aminnnn

    Ci..hati2 ya smoga sukses sampai melahirkan yaaa…

  127. Anastasia

    Halo,ci.. Wah selamat ya udh brhsl. Semoga lancar mpe lahiran ya. Ci,selama di sby,ci2 kost ga? Kl iya,boleh minta alamat kosnya? Thx ya

  128. tini

    Hai cici… selamat ya atas kehamilannya… mdh2an sehat dan selamat sampai melahirkan amiinn3x…, buat teman-teman yg msh mulai program dan yg msh menunggu hasil tetap semangat ya…kalian yg berikutnya…

  129. cici

    to all
    makasi ya berkat doa kalian jg aku berhasil hamil, doain terus aku sehat sampe lahiran ya..

    To Li Eng
    kamu memang jago nebak, secara kamu udh berpengalaman, sekarang aku udh mulai (maaf)muntah2 nich, apa tips nya biar gak sering munth.

    To Tini.
    dulu bhcg tini brp sampe jdnya kembar, kalo kembar mual2nya lbh parah dr kehamilan tunggal ya?
    bhcg aku 399 progesteron lebih dr 80, udh mual banget pdhal baru positi 1 hr.

    To ade n junita
    moga kalian berhasil jg ya, tenang aja n yg plg penting mmg byk doa, semua kt pasrahkan sm Yang Menciptakan, anak kt khan ciptaanNya, dokter cm bantu kt.

    To Retno & Anastasia
    moga kalian jg ketularan, udh mulai progrm blm?
    aku di sby kost d jl. jawa, udh hampir 1 bln blm pulang k Kalimantan sejak mulai suntik2, ada rencana sich mau istirahat d Malang (rmh mertua)sambil nunggu tgl 23 untuk usg tp blm izin dokter, kalo boleh aku mau k malang aja, soale suntuk jg d kost d kmr terus.

  130. li eng

    Dear cici… Kayaknya babymu bisa kembar dua dech… Soalnya aku dulu bhcg ku 234 jadinya satu baby yg kuat. Wih senengnya rek kalu kembar ya. Kalu masalah mual, aku ga bs bantu say… Soalnya aku sampe skg ga mual sama sekali. Ga ada rasa apa2. Aku hamil ini tetap masak, kerja kayak biasa. He he he. Sampe mertuaku nanya, beneren nich udah hamil ? Kok ga ada tanda2 kayak orang hamil ? Ha ha ha. Cuma satu yang pasti skg perutku udah gede sich. Temen2ku begitu liat perutku udah langsung tau kalu aku lg hamil ;p. Sukses ya. Kalu udah usg, kabar2i ya jadi berapa babynya ? Buat teman2 yg lain.. Tetap semangat. Kudoakan kalian semua berhasil. Tuhan berkati. Amin

  131. cici

    to li eng
    aku agak khawatr lho klo kembar, soalnya badanku kecil, tp pasti Allah kuatkan aku klo d ksh kembar.
    wah, syukur banget ya kamu gak ngarasain mual. mudh2an aku bs ngelewatin trimester pertama dgn aman dech, n sll sehat.

  132. tini

    hai ci….dl bhcg 428 progesteron 80,ada kemungkinan babymu kembar krn bhcg di atas 280. Dari awal kehamilan sampai skr aku ga perna ngrasain mual apalagi muntah,tiap bangun tidur lsg lapar muanya lsg ada makanan.Ci ga usah kwatir,Allah tau yg terbaik bt kt,Allah pst bantu kita unt menjalani kehamilan dan persalinan dgn selamat. Aku jg perna ngrasa seperti yg kamu rasakan,tp skr aku pasrah pd Allah Swt dan yakin ini yg terbaik dr Allah untukku dan keluargaku. o iya,insyaallah hr mggu tgl 14 aku k sby,bs kt ktmuan dan bt tmn2 yg ln yg msh d sby mkn mo gabung ?

  133. ade

    Hai Ci…Selamat yach atas kehamilannya, aku jadi terharu dan pingin nangis mendengar kebahagianmu, Akhirnya kebahagiaan itu telah datang…..Amin.

    Untuk Junita, bentar lagi pengumuman juga yach… Aku doakan semoga segera menyusul cici, dan aku juga moga2 ketularan kebahagiannya cici he..he..he… Jadi biar LULUS semua he5x…..

  134. Cynthia

    Dear Cici…

    Alhamdulillah selamat ya kamu Bhcg nya tinggi sekali, bener kata temen2 yg lain, kemungkinan anakmu kembar.
    Semoga kamu selalu sehat yah, jaga kesehatan terutama makanan. And be a happy mother.

  135. cici

    To Tini
    Makasih ya support nya, msh deg2an nunggu usg 3 mgg lg.
    Duh sayang sekali ya kt gak bs ketemuan, soalnya bsk aku ke Malang (rmh mertua).tadi aku udh telp dr. Hendro udh dksh izin, soalnya aku udh merasa bosen di kost 1 bln, tgl 22 aku balik sby untuk usg tgl 23.
    Kalo di tempat mertua khan aku bs minta masakan yg aku suka, biar makanku bs byk.
    Tini domosilinya dmn? dulu stlh d nyatakan positif tetap tinggal d sby at gmn? cerita dong.

  136. cici

    To Ade
    Alhamdulillah akhirnya doaku selama 4 thn d kabulkan, walaupun ini br awal, perjuangan msh panjang sampai babyku lahir dg selamat.
    Kemaren aku sempat gak berani telp RS lho untuk nanya hasil, suamiku jg gak berani telp, trus aku dpt bocoran dari teman yg udh duluan nelp RS, br aku berani telp, begitu suster bilang aku positif aku langsung sujud syukur sambil nangis, serasa mimpi soalnya aku br bgn tdr, krn mlm sebelumnya aku gak bs tdr.
    Ade lg nunggu pengumuman jg ya,moga hasilnya bagus ya.

  137. cici

    To Cynthia
    makasi ya, pasti aku jagain babyku yg msh imut ini.
    Kpn Cynthia mau progrm lg?
    moga berhasil jg ya…

  138. tini

    To Cici….
    Ga apa2,mkn memang blm rejeki kita untuk bertemu…di rumah mertua tentunya lebih baik drpd tpt kos,kamu bs lebih rileks dan nyantai plus dpt masakan favorit….
    Sesudah dpt hasilnya aku masih tinggal d sby 3 mggu,2 mggu nunggu tes darah,1 mggu berikutnya br usg. Aku tinggal d Trenggalek, kira2 4-5 jam perjalanan dr surabaya. Ci…,ga usah terlalu kwatir,klo liat hasil bhcgnya bayimu kuat kok,klo kamu terlalu kwatir nt malah streess ga bgs bt bayimu.

  139. Cynthia

    To Cici…
    Insyaallah bulan Juni ini, aku mau ketemu Dr-nya lagi (kan aku baru istirahat dr segala obat2an selama 3 bl). Doa in yah semoga BT yg ke-2 akan berjalan dg lncar & menyusul teman2 semua yg sudah berhasil. Amin…

  140. cici

    to Tini.
    berarti setelah usg udh boleh plg ke Trenggalek ya?
    Tini setelah d nyatakan positif msh d suntik penguat apa cm d ksh obt minum?

  141. lanny

    buat li eng selamat ya” tlg tanya waktu OPU li eng dibius nggak ? soalnya saya 2 thn lalu BT sama dr. Aucky juga dan berhasil hamil tapi minggu ke 4 setelah pengumuman ada bercak darah sampai akhirnya dinyatakan gugur.waktu itu saya tdk dibius jd waktu OPU sakit sekali sampai sesak napas dan pasang oksigen segala.jadi sebelum pengumuman tipa malam itu gemetaran kayak org kedinginan padahal AC sdh dimatikan apa mgkn ada infeksi atau apa ya….

  142. tini

    To Cici….
    iya,br boleh pulang k trenggalek sesudah usg pertama…. dan hasilnya bagus. sesudah di nyatakan positf ama Dr aku cuma di kasih obat minum untuk penguat rahim dan folacom/asam folat untuk babynya. tapi sampai sekarang tiap bulan aku masih ke sby untuk periksa krn insyaallah aku mau nglahirin di sby.

  143. li eng

    Dear lanny.. Aku dulu waktu OPU juga ga dibius total kan.. Cuma ada bius yg ringan banget dan aku sadar sepenuhnya selama proses OPU. Sakit sich emang… Apalagi telurku 12 buah yg diambil. Mau nangis dech rasanya.. Tp malu sama dokter en suster. Ha ha ha. Habis OPU aku istirahat 15 menit terus pulang. Emang kramnya masih terasa seharian tapi besoknya udah gak kok. Udah biasa aja. Tapi aku istirahat karena agak shock.. Ha ha ha. Suamiku aja sampe bingung, abis OPU aku diam seribu bahasa. Ditanyai ga jawab. Tapi begitu dikasih makanan, langsung makan sampe abis. Laper banget rasanya abis OPU. Ha ha. O iya kayaknya semua dipakein oksigen juga kok lan. Nurut aku, mungkin kamu terlalu tegang wkt OPU makanya kamu sesak napas. Kalu infeksi setelah OPU kayaknya gak ya.. Mungkin secara psikologis, kamu terlalu tegang nunggu hasil… Coba konsultasi aja lagi sama dokter lan.. Jadi selama dua tahun ini belum nyoba BT lagi ?

  144. ade

    Hai Junita….Hari ini pengumuman hasilnya yach….aku doakan semoga LULUS nyusul Cici…Apapun hasilnya percayakan saja semuanya pada yang di Atas, rencana Tuhan paling Indah untuk kita. Amin

  145. CICI

    to Tini
    mudh2an stlh usg nanti sy jg boleh plg ke kalimanatan, udh kangen rumah.
    Jadi sampe skrg Tini kalo kontrol tetap d Siloam ya?
    dengan dr. siapa?

  146. junita

    Hai teman2.. Ralat..tnyata pengumumanku tgl 8, emang wkt pertama kali bikin schedule dokter bilang tgl 6 udh bs cek hamil ato engga, tp tnyata wkt itu OPU ku diundur 2 hari, jdnya ya pengumumannya mundur 2 hari juga deh.. Hehehe.. Jd lbh lama nih deg2annya.. Tetap doakan ya teman2.. Thanks buat Li Eng,Tini dan cici dan yg lain juga.. Semoga yg sdh berhasil hamil sehat2 sampai melahirkan..dan yg belun segera menyusul.. Amin amin amin.. πŸ™‚

  147. tini

    To Cici…
    Aku periksa sama dr Hendro Pramono.. iya Ci emang ga enak tinggal selain di rumah sendiri,aku dl d sby 7 mggu aja rasanya dah kayak 7 bulan,bosen banget….klo hsl tes darah sama usgmu bgs pasti d kasih ijin pulang.

    To Junita…
    Tetap semangat ya…kan tinggal 1 hari lagi…

  148. li eng

    Dear Junita.. Gimana hasilnya say ? Aku doain yang terbaik ya.. Jangan lupa kirim2 kabar ya say..

  149. ade

    Hallo Semua…

    Hari ini aku pengumuman, aku minta doa dari teman2 semoga LULUS yach…. Apapun hasilnya nanti aku pasrahkan saja sama yang di Atas, aku percaya, Tuhan punya rencana yang terbaik dan terindah buat umatnya. Ntar kalau hasilnya dah keluar dan apapun hasilnya, pasti aku akan kasih kabar ke teman2. Dah yach…aku mo berangkat ke RS dulu soalnya dah jam 09.00.

  150. junita

    Hai Li Eng dan smua…maaf telat ngabarin hasilku..Puji Tuhan hasilnya positif.. Nilai hcg nya 32.. Progesteron >80. Kt dokter sih rawan ya..tp aku senang banget dan tetap positif thinking aja sambil terus berdoa..tiada yg mustahil bagi DIA.. Ada yg punya pengalaman HCG dibawah 50 tp survive? Cerita dong.. Kasih semangat buat ku.. Doakan aku ya spy HCG meningkat dan ntar 3mg lg di USG janinnya tumbuh sehat.. Thanks all

  151. ade

    Sorry teman2 aku baru bisa kasih kabar nich, soalnya lagi nyepi he…he..he… Oh ya, hasil testku ternyata negatif, Hcgku aja hanya 4,2, yach…belum rejekei kali ya ? hari ini aku dah haid, sakitnya bukan main, namanya saja ( ku ambil dari istilahnya dokter ) ” keguguran ” tapi gpp aku percaya Tuhan pasti punya rencana yang lebih indah dan lebih baik dari semua ini. Dokter ngasih saran kalau mau ikut program lagi harus istirahat dulu dari obat2an kurang lebih 3 bulan baru bisa program BT lagi, untuk teman2 yang belum berhasil tetap semangat yach….

  152. ade

    Dear Junita…Selamat ya non atas kehamilannya, Semoga janinnya sehat dan kuat sampai di hari kelahiran. Aku ikut seneng ngedengernya….God Bless You

  153. li eng

    Dear junita… Selamat ya atas kehemilannya.. Don’t worry.. Bawa dalam doa ya..apapun bisa terjadi dalam kuasaNya. Banyak istirahat ya. Dan jangan lupa sering contact sama dokter. Tadoain lancar ya

  154. li eng

    Dear Ade… Jangan sedih ya.. Kan bisa coba lagi. Maju terus pantang mundur ya.. Tadoain yg terbaik buat kamu.

  155. junita

    Thanks ya Li Eng dan Ade.. Buat Ade, ikut sedih denger beritamu.. Tp seneng krn kamu ttp semangat.. kegagalan kali ini kan bukan akhir segalanya.. Terus terang aku agak was2 jg sih,krn nilai hcg ku itu.. Pernah denger ga sih ada yg ‘selamat’ dgn hcg segitu?

  156. tini

    To Junita
    Selamat ya atas kehamilannya mdh2an sehat dan lancar sampai melahirkan Aminn… walaupun bhcg sedikit tetep semangat ya…tidak ada yg mustahil klo Allah sdh menghendaki.

    To Ade….
    Aku ikut sedih mendengarnya,jd ingat 1,1/2 thn yg lalu saat aku jg gagal dlm program BT yg pertama emang sedih dan menyakitkan,tp jgn sampai membuat kita putus asa ya…krn kegagalan adalah sukses yg tertunda,dan keberhasilan yg akan datang pasti akan terasa lbh bermakna buat kita dan kel kita. coba lg dan yakinlah bahwa yg kedua pst akan berhasil,Selamat berjuang lagi……

  157. Cynthia

    @ Ade : Aku juga ikut sedih dengernya, aku juga kan belum berhasil di BT 1. Gpp kita sama2 lagi aja memulainya yah & selalu memohon petunjuk sama Tuhan. Memang harus istirahat dulu kira2 3-4 bln.

    @ All : Oia…teman2 semua, akhirnya aku & suami memutuskan mau ikutan BT lagi yg ke 2, bulan Juli. Aduhh perasaannya kok hampir sama ya ama pertama kali? Padahal kan aku udah pernah hehe…Teman2 aku mohon doa nya. Aku butuh support nih. Aku berharap ini keputusan yg tepat u/ memulai BT lagi.

  158. tini

    Hi..Cynthia…nyatai aja ya program yg ke 2 psti lebih mdh krn sdh ada pengalaman dr yg pertama,tp yg sakit2nya jgn di ingat ya nt malah bikin takut dan panik,kamu hrs yakin yg ke 2 ini psti berhasil. aku yakin keputusan kamu berdua sdh tpt,coba lg….s’mat berjuang ya….

  159. Cynthia

    @ Tini : Thanks ya mba atas dukungannya, semoga yg ke 2 ini aku berhasil. Mba tini juga baru BT yg ke 2 berhasilnya yah?
    Tapi, prosesnya yg ke 2 ini agak berbeda dg yg pertama? Sekarang long protokolnya di beri Pil KB (Haid hari ke-2) & setelah itu di suntik Superfact (Haid ke-21, pil KB stop), baru haid bulan Juli (hari ke-3) suntik GF+Superfact-nya lanjuut terus?
    Kalo Mba Tini proses BT 1 & 2 ada perbedaannya ga? Thx in advance 4 the info…

  160. tini

    Hi… Cyntia..
    aku masuk program yg ke 2 bln feb,alhamdulillah aku berhasil skr aku hamil 4 bln bayiku kembar. satu bulan sebelumnya dokter kasih aku pil KB mikroginon sm glukopac klo ga salah untuk 21 dan 25 hari. klo program aku yg pertama aku tidak di kasih obat apa2,H3 aku USG dan 2 hari berikutnya lsg di suntik gonal f,lsg BT tp msh blm berhasil dr 3 embrio yg di transver tdk ada yg survive,2 kali rencana thaw cycle pun gagal,akhirnya km mulai lg dr awal. tp aku ngrasa yg ke 2 ini lebih mudah dan santai krn kt sdh tau apa yg hrs di lakukan.

  161. li eng

    Dear cinthya,,, semoga kali ini berhasil ya.. Aku liat peluangmu besar untuk hamil karena dulu kan pernah positif. Jadi santai aja, jalani tanpa beban. Setiap kali takut deg2an cobalah berpikir positif.. Semua dilalui demi buah hati yg kita dambakan. Jangan lupa doa yg kenceng ya. Tak ada yg mustahil dalam namaNya. Tuhan berkati

  162. ade

    Hallo teman2…

    Makasih ya atas dukungannya, aku masih tetap semangat kok, cuma sekarang lagi break dulu konsultasi ke dokter Aucky, setelah dinyatakan negatif, sampai sekarang aku lom balik lagi.

    To Cyntia, prosedur untuk BT yang ke dua gimana ? Pil KB nya di kasihkan langsung pas haid sehabis dinyatakan gagal , atau haid bulan berikutnya ? Misalnya nich sekarang bulan Juni aku gagal, langsung di beri Pil KB, trus haid bulan Juli langsung suntik superfact, trus di lanjutkan suntik Gonal F, trus bulan Agustus baru proses BT, apa gitu prosedurnya ? Soalnya aku lagi males konsultasi ke dokter he..he..he.. Ngomong2 cyntia gagal BT pertama bulan apa ?

    To Junita, santai aza bu…ada juga ibu2 yang waktu itu cerita padaku kalau waktu itu hcgnya dia 32, tapi sekarang dah hamil 3 bulan, yang penting jangan di bawa stres, kasihan babynya….babynya saja lagi berjuang, jadi…ibunya juga harus berjuang dengan selalu positif thinking.

  163. Cynthia

    To Ade…
    Kalo kita belum berhasil di BT 1, kita harus istirahat dulu 3-4 bulan dari semua obat2an & suntikan hormon. Baru haid bulan ke-3 or ke-4 kita cek lagi ke Dr. Ya aku juga setelah BT 1 belum berhasil, aku ga ketemu ama Dr-nya, lagian juga kita di suruh istirahat kan? Waktu BT 1 itu bulan Februari’09, trus Juni’09 cek & konsul lagi, alhamdulillah kondisi rahim & telur nya bagus. Jadi menurut Dr Ok aja u/ memulai BT ke-2. Kalo Ade bln Juni’09 belum berhasil, berarti kira2 bln Oktober’09 yah baru konsul lagi.
    To Tini…
    Wah, Mba Tini, memang kesabaran itu berbuah yg manis yah, akhirnya belum berhasil yg 1, yg ke 2 langsung di beri Allah kembar, alhamdulillah. Iya…semoga aku menjalaninya dg lebih santai, padahal yg ke-2 ini suntikannya lebih lamaaa haha…
    To Li Eng…
    Thanks ya Li atas dukungan mu, aku pokoknya selalu berdoa & usaha. Malah ngebut bgt nih, dlm tahun yg sama 2x BT. Soalnya BT yg ke-2 suamiku yg terlihat lebih ‘semangat’, mudah2an itu suatu pertanda bagus yah.

  164. tini

    To Ade….
    Pengalaman aku ikut BT yg ke 2,dokter memberi aku pil kb dan obat yg lainnya 1 bln sebelum kita masuk program,contoh kita siap masuk program bln agustus haid hari k3 di bln juli kita sdh mulai minum obatnya.Ade, jgn waktu dr dokter 3-4 bln di jadikan patokan utama ya krn semua kembali ke kesiapan kita untuk menjalaninya klo emang belum siap jgn maksain diri nt malah stress dua kali jadinya.

  165. ade

    To : Tini + Cyntia, makasih atas masukannya yach…semua itu bisa jadi pertimbanganku untuk memulai BT yang ke 3. Rasanya dah g sabar untuk memulainya lagi he..he..he.. Soalnya dah di kejar target umur ( sekarang umurku dah 37 th ) jadinya tahun ini ngebet banget pingin hamil…. Yang penting selalu optimis dan semangat….

  166. dhieta

    @all : hai semua ….aku sekarang lagi nunggu hasilnih,doain ya ….aku semakin deg2an aja…hasilku tanggal 22 nanti…wah,gimana ya kemaren2 aku bisa nyantai bisa pasrah tapi semakin mendekati aku semakin mikir nih…perutku gak kerasa apa2 cuma habis suntik penguat 1 tanggal 13 juni kemaren habis itu kerasa kram banget selama 2 hari…tau deh kenapa …yang jelas sampai hari ini aku gak ngerasain apa2…ada gak yang punya pengalaman sama

  167. Kiky

    Hi dhieta, malah enak lho nga berasa apa2 jd spt nga lg batab, jd bs lupain, tau2 hslnya positif,relax aja the baby lg prepare it new home kali.gudlak yaa

  168. vi

    Hai… aku pengumuman besok nih….
    sejak abis ET, aku ada sedikit flek sih tapi 2 hari kemudian ga lagi dan bersih total. cuma beberapahari kemudian ada seperti gumpalan. kemudian kadang ada spt keputihan. aku kembung bgt loh. tapi cuma perut doang yg ga enak. panyudara ku juga biasa aja, ga sakit sama sekali. jadi aku sih adak2 pesimis. tapi di balik itu aku masih berharap banget kl hasilnya positif….

    Doain ya teman2… apapun hasilnya aku tetap kuat….

  169. dhieta

    vi,sepetinya kamu punya permasalhan yang sam deh kayak kawanku …..kebetulan dia juga besok pengumuman…bener vi,gak usah dipikr tenang semua dipasrahkan aja sama yang diAtas….gudluk y

  170. li eng

    Semoga Dhieta dan Vi sama2 positif hasilnya. Tadoain yang terbaik. Ditunggu kabar gembiranya.. Fighting !!! Jiayou !!!

  171. tini

    Hai Cici…
    Gmn kabarmu skr and gmn hasil usgnya ? Lama ga muncul aku harap kamu and babymu baik2 sj. Oiya babymu kembar atau tunggal ?

  172. Cynthia

    Dear All…
    @ Li Eng, pha kabar niy? kok jarang post comment lagi ya? Gimana kondisi mu? Sehat selalu ya.
    @ Mba Tini, pha kabar juga?, kandungan si kembar sehat2 aja yah? Aku udah mulai di suntik GF Mba…mungkin OPU minggu depan pas Isra’ mi’raj. Doa-in ya…semoga lancar yg ke-2 ini.

  173. tini

    Hai Cynthia….
    Alhamduliilah aku baik begitu jg dgn si kembar….dah mulai nendang2 nih…. tgl 13 nt USG 20 miggu,aduuhh dah ga sabar pengen liat si kembar,lg ngapain ya di dalam….
    waahh ngebut nih yaa….ku doain mudah2an yg ke dua ini sukses seperti aku dpt kembar jg….. tetap semangat ya dan nyantai aja seolah olah br pertama ngejalani BT.

  174. li eng

    Dear cynthia.. Aku baek2 aja nich. Thanx u. Belakangan sibuk kerja nich. Cari duit yg banyak. Persiapan buat si baby :p. Kebetulan hamil ini ga rewel, ga mual muntah. Jd sometimes lupa dech kalu lg hamil. Sampe suami ngingetin terus. Hati2.. Dijaga babynya. Iya sich. Dapatnya juga melalui perjuangan kan. Aku juga salut sama semua ibu2 yg ikut BT ini. Semua kita lalui dgn perasaan yg bercampur aduk, capek, jenuh, sakit, bete, was was .. Tp pada akhirnya hanya ada senyum yg menghias bibir kita. So, buat ibu2 semua jangan berhenti berjuang. Kita semua pasti bisa hamil. He he he. Malah jadi curhat panjang lebar :p. Cynthia sayang.. Semoga berhasil ya. Jangan lupa kabar2i aku hasilnya. Doaku bersamamu.

  175. Cynthia

    Dear All…
    @ Tini : Iiih asyik bgt ya…si kembar udh mulai nendang2, aduh aku mau bgt tuh dpt kembar Mba…do’a in ya Mba, aku juga ingin bgt cepet2 hamil hehehe…
    Kl Mba Tini gimana? Waktu abis ET bed rest ga?

    @ Li Eng : Waduh kamu harus byk2 bersyukur Li, soalnya hamilmu enak bgt, masi kerja + ga berasa kl lagi hamil. Mudahan tar aku juga bisa kayak kamu deh (maunya ha3x) Tp bener kt suami, kudu inget2 kl lagi hamil, kan kita dapetnya juga gak susah, more effort, di bandingkan yg lain πŸ˜‰
    Btw Li Eng…sorry aku mo tanya, waktu abis baring 5 jam itu, di rumah kamu bedrest total ga siy? Soalnya aku pasti abis ET, baring 6 jam. Trus pulang. Tp Dr maunya, selama perjalanan aku tetap baringan dlm mobil. Trus kl dulu, kamu di rumah aktiviti spt biasa?

    Aku tanya ma kalian berdua niy….pengalamannya gimana? Thanks in advance ya teman2ku.

  176. li eng

    Cynthia, aku dulu abis baring 5 jam kan lgs pulang ke rumah. Di mobil ga baringan kok.. Duduk biasa aja. Emangnya disuruh baringan ya ? Aku ga bedrest sich. Biasa aja. Tp emang istirahatnya diperbanyak. Aku masih keluar kok kalu pingin makan apa. Ke supermarket, gramedia. Abis bosen sich kalu di rumah terus. Cuma aku jalannya pelan2 gitu. He he he. Saranku kmu nyantai aja. Dijalani dgn gembira. Ga usah banyak mikir malah jadi stres kan… Tenang aja. Moga sukses ya … Aku tunggu kabar gembiranya.

  177. Cynthia

    Thaks ya Li…
    Emang siy , ada perbedaan yg 1 & ke 2 ini. Skrg aku lebih nyatei. Gak tll dipikirin, dulu kl mo suntik tuh aduh persaan ky mo diapain deh. Trus dulu tuh melankolis bgt. Bisa tiba2 aku nangis loh, misal liat berita anak bayi yg terlantar. Kl sekarang aku bykan happynya niy. Mudahan emosi kayak gini tetap terbawa sampai abis ET ya. Thx bgt atas saran kamu Li…

  178. CICI

    To Tini.
    Sory ya lama gak ksh kbr, soalnya mual n pusing banget, jd males buka internet.
    Baby ku cm satu Tin, tp aku bersyukur, soalnya aku agak khawatir kalo kembar, jantungku gak begitu kuat.
    sehari hbs usg wkt itu aku langsung plg ke Kalimantan, jd aku kontrol dgn dokter dsini aja, mungkin melahirkan nanti baru k Sby lg,
    Tini dulu mual2nya gak parah ya? aku gak nafsu mkn, n mual terus, kdg sampe keluar n pusiiiing banget.
    mdh2an stlh lewat trimester pertama ini bs normal kembali.
    Sekarang kehamilanku udh 10 minggu.
    Wah senang ya gerakan babynya udh terasa.
    moga kehamilan kt lancar n sll sehat sampe melahirkan ya..

  179. tini

    To Cynthia…
    habis ET aku sempat bedrest hampir 3 hari,habis itu dah biasa aja sempat pergi belanja jg tp hari ke 5 aku kena OHSS yg efeknya kena ke lambungku ama uluhati jd emang ga bs bangun krn sakit. dah nyantai aja klo ngrasa enak dan kepingin jalan ya jalan aja tp tentunya pelan2 dan jangan sampai kecapekan,klo bs naik turun tangga di hindari ya….positif thinking dengan apa yg kita inginkan insyaallah pasti kesampaian…..o iya kpn ETnya ?

    To Cici….
    syukur Alhamdulillah kamu mendapatkan apa yg kamu inginkan….
    Alhamdulillah aku ga perna ngalami mual apalagi ampe muntah,napsu makan jg tambah tuh..sekarang aja BB dah naik 10kg. sekarang nih si kembar tendangannya dah kenceng banget,dan alhamdulillah setiap pemeriksaan jg hslnya bagus. aku jg rencana mo melahirkan di sby,dr Hendro nyuruh aku stanbay di sby dr awal october.yah semoga kehamilan kita sehat dan lancar dan kita di karuniai oleh Allah SWT anak2 yg sehat dan kuat amiinnn….

  180. Cynthia

    Hai All…
    @ Tini : Halo Mba…ini kan BT ke-2 aku pake Long Protocol, kok aku agak sedikit khawatir ya dg perkembangan folikelnya yg agak lambat me-respons GF, perkembangannya gak secepat waktu BT ke-1 (waktu BT ke-1 itu cepat sekali berkembangnya). Prosesnya jg agak sedikit mundur dari perkiraan OPU (tadinya kan pas tgl 20 Juli) tapi karena folikelnya belum di atas 16, jadi belum tau kapan OPU & ET. Saat ini aku siy berusaha gak di pikirin & pasrah aja sama Allah, semua Dia yg menentukan. Yang penting aku tetap jalanin semua prosedur sesuai apa yg Dr sarankan.

    @ Cici : Wah…syukur ya Ci…mudahan kehamilanmu sehat walafiat sampai melahirkan. Eh btw cici tinggal di Bjm ya (sorry if I’m wrong). Soalnya aku dulu 8 th pernah tinggal di Bjm hehehe…

  181. li eng

    Dear cynthia : alo jangan khawatir dong.. Aku juga dulu jadwal OPU nya mundur krn telur2ku agak lambat berkembang. Apa pengaruh dari long protocol ya ? Soalnya dulu sebelum BT, pas hari ke 3 mens ukuran telurku udah lumayan besar , hampir 10 kayaknya. Tapi setelah ikut BT dan disuntik suprefact, waktu diusg hari ke 3 mens , telur baru ukuran 7.. Jadi OPU ku mundur 2 hari dari jadwal semula. Ga masalah kok cyn.. Malah wkt aku OPU itu telur2ku yg dipanen belasan dengan ukuran 20 an semua. So, don’t worry..jalani aja dgn rileks. Aku aja dulu wkt ikut BT, udah cuek banget kok. Tutup kuping sama hal2 negatif, dan selalu masukkin hal2 positif ke dalam diri. Tuhan berkati ya.

  182. Cynthia

    Hai..Li…
    Oh kamu BT Long Protocol juga yah? Aduh syukur deh kamu kasi tau aku. Soalnya BT ke-1 aku pake Short Protokol, yg hari ke-3 Haid lgs suntik GF, perkembangannya cepet sekali, sampe2 aku kan kena OHSS (tapi ringan sih). Pantesan Dr bilang kl LP biasanya mencegah OHSS. Walau udh 2 x tetep aja gak sama ya hahaha…
    Tapi Li…aku dari dulu Ov.Ka folikelnya ga terstimulus oleh GF loh. Yg sekarang jg begitu. Jd aku bergantung hanya sama Ov.Ki, yg sekarang Folikelnya lebih sedikit, hanya 8 Fol, & hanya 6 Fol yg berkembang. Mangkanya semenjak suntikan GF yg ke-6 dosis naik jd 300 IU (hari ini sudah suntik GF ke-9). Hmmm…agak berasa juga perut kembung & kenceng bgt. Besok mau USG & cek E2, doakan yah, semoga ada good news, Folikel2 aku berkembang.
    Btw Li Eng aku boleh minta e-mail mu? Or FB? Thanks bgt ya.

  183. li eng

    Cyn, kmu kasih alamat emailmu ya, ntar kmu ta email dech. Soalnya suka lupa sama email gw sendiri. Wakkakak. Maklum rada gaptek nich

  184. tini

    Hai Cynthia…..
    ga usah kwatir,kemarin ada temanku yg kasusnya seperti kamu tp dapat telurnya malah banyak,aku kemarin yg semau tepat waktu tp dapat telurnya cm sedikit,tp alhamdulillah biar sedikit aku berhasil…be positif thinking ya….”KLO ANDA MENGINGINKAN SESUATU JANGAN TERPAKU KE PROSESNYA TAPI TERPAKULAH KE HASILNYA” dr Mario Teguh,semoga bermanfaat….

  185. Cynthia

    @ Tini & Li Eng :
    Thanks bgt teman2 atas supportnya selama ini. Pokonya setiap abis curhat dgn kalian trus aku bener2 gak mikirin apa2 soal proses BT-nya, bener2 aku jalanin dg perasaan yg tenang. Alhamdulillah hasil USG pagi ini bener2 di luar dugaan aku, hampir semua folikel itu berkembang & endometrium yg sebelumnya tipis, hari ini udah tebel bgt, & hasil E2 nya juga meningkat drastis bgt (hampir 1500, padahal sebelumnya hanya 588), aku sangat bersyukur, ternyata dg hati yg tenang segala sesuatu Insyaallah berjalan lancar. Kl ga ada halangan proses OPU hari Rabu & ET nya hari Sabtu. Hari ini masih suntik GF, besok udah suntik Ovidrel.
    @ Li Eng : email aku cynthiaratna@yahoo.com
    @ Tini : Mba…add e-mail aku juga ya hehehe…

  186. tini

    To Cynthia….
    Syukur Alhamdulillah hsl tesmu bagus. Keep positif thinking ya and everything will be OK !!

  187. Radiah

    Hai Nov, kabarmu gimana? Gimana hasil BT nya aku berharap novi berhasil ya. soalnya entar lagi saya rencana ikut program BT di Rs Dr Sarjito. Doakan aku juga ya

  188. Radiah

    Ibu Li Eng salam kenal, Nama saya Radiah dari Kalimantan, rencana akhir bulan ini saya mau program BT dulu pernah ikut program Inseminasi tapi gagal. saya sangat senang baca pengalaman ibu menghadapi program BT dan akhirnya berhasil saya doakan semoga sukses dan berhasil melahirkan baby. Saya mau nanya sama ibu tentang tips dan persiapan-persiapan ibu sebelum ikut BT? Maaf klo mengganngu dan trims to nfonya

  189. li eng

    Mbak radiah, sebelumnya ga usah panggil ibu dech.. Ha ha ha. Panggil Li eng aja. Yang pertama yg perlu disiapin sebelum ikut BT adalah mental dan juga biaya. Dan juga kerelaan jalanin semua program dgn hati senang. Terus terang mbak, faktor psikologis sangat nentuin keberhasilan BT. Sama sekali ga boleh stres. Enjoy aja ok ? Mbak juga harus jaga kondisi. Sebulan sebelum BT, saya udah rutin minum asam folat dan susu hamil lo mbak. Jaga kondisi supaya jangan sampe sakit. Apalagi kalu setelah ET, kondisi harus fit supaya embrio bs nempel dgn mudah. Tiap hari makan bergizi ya mbak. Dulu aku pasti makan telur ayam kampung sebiji sehari, makan tim daging dan makanan bergizi lainnya. Terakhir yg kalah penting tentu aja, doa pada Tuhan demi keberhasilan program BT. Gitu aja kok mbak. Ga ribet2 banget.. Tadoain semua lancar ya… Pasti berhasil kok. Amin

  190. Radiah

    Trimaksih ya infonya, Semoga saya juga berhasil seperti Li eng solanya usia saya sdh 34 Tahun, jadi udah tua tapi saya tetap ingin coba mbak. Sepertinya D rumah sakit Siloam Surabaya lebih banyak berhasil ya mbak di bandingkan di RS lain. Rencana saya mau BT di Yogya RS Dr Sarjito. Saya minta pendapat mbak Li eng lagi ya menurut mbak mana yg lebih baik d Surabaya atau d Yogya? solanya waktu Insem dulu sy d Yogya selain itu di Yogya sy punya teman tp klo d Surabaya sy gak ada kenalan. Trims ya BESOK SAYA PASTI BELI ASAM FOLAT

  191. li eng

    Dear mbah Radiah…kayaknya BT di mana aja sama kok mbak. Banyak juga yg berhasil di tempat lain. Semua tergantung mbaknya, nyaman di mana. Kan program BT full stres , jadi gimana kita nyari tempat dan suasana yg bisa bikin kita rileks. Saya mau tanya mbak, kalu di sby, suami nemenin ya ? Atau malah sendirian ? Kalu di jogja ada yg nemenin gak ? Soalnya kalu abis ET, kan hrs ada yg nemeninN kita kan ga boleh kecapekan. Seenggaknya ada yg bantu kita nyari makanan bergizi. Saya dulu memilih di sby krn emang rumah saya di sby mbak. Jd istirahatnya bs enak. Kalu masalah dokter sich, memang dokter aucky di siloam sby terkenal ya. Skg kayaknya tambah rame mbak. Ngantrinya tambah puanjang… Tp ga semua juga berhasil kok. Ada juga yg gak positif. Jd doa aja dech mbak. Kayaknya di mana aja jalanin BT, yg penting bs rileks, pasti bisa berhasil kok.. Tadoain yg terbaik ya mbak..

  192. Radiah

    Makasih ya buat Li Eng yang baik hati dan menambah semangat saya ikut program BT. saya ditemani suami baik d surabaya maupun di yogya. Hanya klo di Yogya sy ada teman yang mau carikan tempat kost selain itu sy sudah pernah berobat dan tinggal di sana tp klo d Surabaya saya belum pernah kesana. Tapi rencana tanggal 6 bulan ini sy ada acara ke dinasan selama 1 minggu keliling Jawa tp gak tahu bisa gak sekalian kolsultasi dg dokter

  193. li eng

    Mbak Radiah… Kalu mau di sby juga bisa kok mbak. Lagian banyak yg memilih sby krn biaya BT lebih irit drpda jkt. Setau saya, malah yg ikut program BT di siloam sby, 75 persen orang luar daerah. Kayak jkt, sumatera, sulawesi, malah ada yg dari NTT dan NTB. Banyakan sich kos mbak. Di sekitar siloam hospital. Banyak kok kos di sana. Memang khusus kos yg dibuat untuk peserta BT dari luar daerah. Kalu ga salah ada yg di jalan jawa, jalan sumbawa, jl sulawesi dll. Kalu mbak mau ikut yg disby, coba aja ke sby dulu. Soalnya sebelum ikut kan pasti ada pemeriksaan dokter, usg , spy tau kita cocok program yg mana. Long atau short protocol. Kalu udah jelas, nanti dikasih jadwal mbak, kapan, mbak hrs mulai stay di sby.. Coba mbak nyari2 di blog ini, di pengalaman ibu2 lain, ada kok nulis alamat2 kos di sekitar siloam, ada telpnya juga.. Ok mbak ?

  194. nenk pinky

    Dear All…

    wah seneng bgt klo denger yang lagi pada program BT trus berhasill,, jadi penyemangat buat ak, ak dah nikah 1thn lebih lg program BT sama dr. Aucky niyyy udah sampe tahap suntik gonal F yang ke 6, mulai programnya tgl 4 agustus kemaren.Selamat yaaa buat semua yang udah sukses hamil,, dijaga bgt yaa kehamilannya, mg lancar dan sehat terus sampe lahir. buat yang blm sukses moga dikasih ketabahan dan diberi semangat untuk bangkit dan berjuang lagi. AMIEEN

    to Li Eng

    Selamaaaaat yaa atas kehamilannya,, BTW ak kan mungkin jum’at bsk jadwal buat Ovum Pick Up,dan ET senin depan gimana siyy prosesnyaaa,,, deg2kan bgt niyy ngak ad bayangan,, takut sakitt juga siyyy,, heheh share yaaa apa tips2nya supaya ngak tegang menghadapi Ovum pick up sama ET nanti. maksiih sebelumnyaaa πŸ™‚

  195. li eng

    Alo nenk pinky… Kalu proses Opu sich ga dibius, kita masih sadar seutuhnya kok…cuma dikasih hirup oksigen. Supaya ga panik kali ya. Tp ada infus obat juga. Maybe anti infeksi. Prosesnya paling 15 menit aja kok. Kalu masalah nyeri sich relatif tiap orang. Temenku banyak yg blg ga sakit kok. Kalu sakit, mungkin krn ga rileks atau terlalu tegang..*tau krn telur yg dikeluarin buanyak.. Punyaku nyeri dikit krn belasan telurnya. Tp gpp kok. Cuma kayakk nyeri haid aja. Kalu ET ga sakit sama sekali kok. 10 menitan dah kelar dech. Yg lama itu nunggunya 5 jam. Saranku saat OPu dan ET hrs rileks. Ga usah banyak mikir ataupun tegang, entar malah pengaruh ke hasil kan. Santai aja ya nenk…dan doa yg banyak. Kabari hasilnya ya.. Kalu mau nanya2 , kasih ke aku alamat emailmu. Ntar aku bls via email.. Ok ?

  196. nenk pinky

    dear Li Eng

    makasih banyak yaaa,,kmrn ak sempet tegang bgt denger yang udah ET ad yang kena OHSS apalagi sampe dibuat lubang diperut, mungkin ak stop deh baca2 yang serem kaya gt, skrang pasrah aja mau ngadepin proses dan hasilnya,, diinget2 senengnya aja klo ntar POSITIF HAMIL,,AMIEEEN.. ngak bosen jg buat do’a terus.. baca sharing dr kamu jg membantu bgt ak jadi semangeeeeeet,, ikut seneng dnger kmu berhasil hamil. BTW alamat emailku nenk.pinky@gmail.com, or mau add di FB juga alamat emailnya sama. oiyaa klo opu or ET bisa didampingin suami ngak siyy?? trus klo sebelum ET emnag kita harus minum banyak2 yaaa? trus nahan kencing??
    Li eng makasiih banyak yaaa buat sharingnya,, membantu bgt buat yang lain tetep semangaaat yaaaa

  197. nenk pinky

    to li eng,,

    ada yang ketinggalan niyy ak mau minta info buat akupuntur di surabaya, katanya bagus yaa klo akupuntur sebelum ET,, minta Info jg ke yang lain klo ad yang tau,,,

    makasiiiiiih

  198. li eng

    Alo nenk pinky… Kalu ET kita emang hrs minum air dulu..sampe kebelet banget baru proses dimulai..krn wkt nahan pipis itu, rahim kita akan lebih kliatan jd memudahkan dokter melakukan ET..o iya setauku kalu di siloam, ga boleh ditemani suami tuh.. Ntar kalu dah beres, baru suami boleh nemenin kita lagi.. He he he..kalu masalah akupuntur, aku ga ta nenk krn aku dulu ga pake akupuntur segala.. Tp ada kok di sby.. Teman2 ada yg bs bantu si nenk ? Mohon infonya ya.. Moga sukses ya nenk, amin…berjuang ya..

  199. nenk pinky

    to li Eng

    Li eng makasiih banyaaak yaa infonyaa,, membantu bgt. moga ak bisa cpt ketularan hamil jugaa,,, amieeen

  200. desy

    To Li Eng,

    Hi li Eng, Selamat yah atas kehamilannya… Saya saat ini lagi menunggu hasil nich. tinggal 6 hari lagi….. rasanya deg2an dech. Mau tanya aja ama Li eng dulu setelah ET, payudaranya sakit ga ya? Aku semenjak mulai program payudaranya sich ga sakit tp nipplesnya selalu keras…. Apakah Li eng mengalami hal yg sama spt aku? Trims ya infonya

  201. li eng

    Dear Desy : emang gitu kok des… Kayaknya pengaruh hormon ya… Wajr2 aja. Ga papa. Aku juga dulu merasa spt itu. Selain kram, agak demam dan suka pipis terus. Semoga sukses ya desy. ciayo… Kabar2i hasilnya ya.

  202. seba

    Nenk Pinky,
    lam kenal
    sori kalo infone dah telat nih
    kebetulan pas baca blog ini ada yg post tempat akupunktur di Sby:
    dr koesnadi jl Manyar Tirtomoyo 3 no 59 sby,telp 031-5937464,praktek jam 16.00 s/d jem 20.00

  203. Yanee

    Dear semua..salam kenal yahhh…ikut senang utk teman2 yg sdh berhasil, untuk yg masih dan akan program tetep semangat semoga berhasil.

    @ Li eng selamat yahhh atas kehamilannya semoga sehat selalu. Oh yahh Li eng boleh ngga aku minta alamat YM nya pgn ngobrol lebih lanjut n tanya2 cos aku bln oktober rencana akan mulai prog dr aucky dan sdh bw plg superfect.

    Thanks semua yahhh.
    Salam Yanee

  204. desy

    Dear Li Eng, mau tanya lagi nih kamu demamnya setiap hari? kalau saya cuma merasa gerah aja badannya tp so far, ga ada feeling apa2 lagi selain kram2 di bawah perut kiri dan pegel2. Doain berhasil yah! he he he

  205. li eng

    Des, kapanan aku emang merasa demam gitu. Tiap hari.. He he he. Sampe dah positifpun aku masih agak meriang. Wajar2 aja kok. Reaksi tubuh tiap ibu beda2. Ada temenku yg positif , aku tanya ke dia, katanya biasa aja, ga trasa apa2. Malah jalan2 terus tuh. Doa aja ya Des..semoga kmu nyusul hamil.

  206. Dewi Alvin

    Dear Li Eng,
    Salam kenal dari saya, Dewi. Saya juga sekali BT langsung berhasil padahal saya ada PCO dan suami azoospermia. Emang betul, bagi teman-teman yang mau ikut BT, kuncinya harus rileks dan berdoa untuk yang terbaik. Kayaknya yang selalu positive thinking akan berhasil.Program BT saya gak jauh-jauh sampe ke luar negri. Di Medan, Sumut juga ada kok…. Lebih enak lg kalo di rumah sendiri…..

  207. dyna

    dear all..salam kenal ya..sy dyna, hari ini habis et..di yasmin rscm, tp konsult dokter n program d rs brawijaya jkt..lg ngerasain perut kembung n sakit serta sesak nafas. tp ok lah..ini bt yg ke 2 et yg ke 4, jd udah lbh santai,kasus sy 2x hamil d tuba n aca syndrome. bt yg ptama d rs gading pluit sm dr irsal n dr indra. skg sm dr muharam n dr uf..kalo compare, o far, sy lbh puas dsini, walau hsl blm tentu positif. tp btw positif thingking aja. ok..tx sharingnya..gud lak buat smua yg seperjuangan..ttp semangat yaa

  208. Cynthia

    Hai Dyna…
    Salam Kenal, kamu ketahuan aca syndrome-nya kapan? Apakah sblm melakukan BT 1 dan 2? Aku jg udh 2x BT blm berhasil krn keguguran. Setelah cek darah lengkap aku jg ternyata aca syndrome. Btw kamu gmn aca-nya? Apakah di obati terlebih dl? Kl di obati pakai apa?
    Thanks in advance…

  209. dyna

    Hai Cynhia,
    Saya ketauan punya ACA sejak tahun 2000, 3x hamil miscariage..sebelum BT1&2. Menurut dokterku, ACA kaya alergy, kadang dia muncul, kadang hilang dan itu bawaan or genetik..jadi memang begitu keadaan tubuh kita. Obatnya aspilet ketika program atau hamil. kalau kadar ACA tinggi, ketika hamil dsuntik fraxipharine tiap hari di perut.Bukannya sbelum program BT, dokter melakukan pemeriksaan darah lengkap? Termasuk ACA n D dimer? kalau saya sekarang makan obat untuk ACA jg, jadi kembuuung bgt krn obat ACA efeknya asam lambung meningkat. Belum obat2an yg lain…2 hari lg pngumuman…deg2an

  210. Cynthia

    @Dyna
    Thanks ya infonya. Btw kalau aku minumnya Ascardia, sblm ngasi resep Dr-nya udh antisipasi dg kasi resep obt maag Ranitidin. Aku jg ada maag. Tp Alhamdulillah dg minum Ascardia aja maagnya ga terganggu.

    Aku tanya Dr ttg aca, katanya bkn genetik? Dan jg bkn krn makanan?
    Tp kalau spt alergi yg kadang hilang-timbul itu iya.
    Aku sblm BT1 udh cek aca, yi/ hasilnya neg, mgkn aku tipe yg kadang hilang-timbul kali? Krn kalau yg disebabkan infeksi, kl infeksinya hilang maka aca nya jg ga akan muncul lg.
    Oia…pas BT2 aku udh sempet di suntik Heparin/fraxiparin 2 hari sekali, krn Dr mengantisipasi adanya penyumbatan. Tp krn sblmnya ga terapi mnm obat Ascardia/Aspilets, mgkn ga byk membantu, jd keguguran lg.

    Aku do’akan yg sekarang berhasil yaa Dyn…Mudah2an jg ga usah pake di suntik2 heparin deh kan hrs tiap hari katanya? Mana obatnya terasa lebih perih & setelahnya perut kita biru2. Semoga cukup hanya dg Aspilets aja he3…

    Deg2an wajar kok, nikmatin aja, biar ga stress, byk berdo’a semoga semuanya lancar. Aku tunggu kbr beritanya ya…

  211. Wienda

    @ Chynthia & Dyna…btw ACA itu apa sih… sori ya kalo sebelumnya udah ada yg jelasin tapi aku belum nemu aja disini. Trus bedanya dengan ASA apaan yah…
    Thanks ya sebelumnya..

  212. Cynthia

    Haii Wienda…
    Salam kenal, ACA (Antcardiophilin Antibodi), tapi dia bercokolnya dalam saluran aliran darah kita (vena/arteri) biasanya gara2 ini, saluran darah kita suka terjadi penyumbatan/ darah gampang beku. Kalau ACA tinggi biasanya saluran darahnya tersumbat. Biasanya suka terjadi keguguran lebih dari 1x. Gara2 saluran terhambat jadi si janin gak dapet suply makanan dan O2 atau dapetnya dikit.
    kalau ASA, aku juga belum pernah tes. Dan aku gak di sarankan tes sama Dr. Kalo gak salah ASA itu Antibodi terhadap sperma (pada teman2 yg lain tolong di ralat ya kalau salah). Jadi sperma itu saat masuk rahim, di anggap benda asing, dan si antibodi itu bertindak, biasanya sperma keburu mati di perjalanan sebelum mencapai tuba fallopi.
    Btw, Wienda juga lagi program BT ya? ^^

  213. dhieta

    hai all….ikutan nimbrung lagi dong….aku udah gagal BT pertama bulan mei ..sekarag mau coba lagi…meski hopeles n sad masih ada….tapi aku tetep mau mencoba..kalo liat kawan2 yang PCO kok bisa pada berhasil…jadi semangat deh…mungkin waktu itu aku belum beruntung aja…HCG ku rendah banget…padahal ngejalani prosesnya udah maksimal…

  214. indah

    To : Li Eng
    kak bolh minta alamt n nmr telp Rs.siloam t4 Dr.Aucky g ?
    rencana nya pengen BT udah 6th merid. tq

  215. lisna

    hei teman mungkin senasib sama saya
    saya juga ngikut bayi tabung umur aku 36 tahun nanti november tapi dulu saya pernah melahirkan anak perempuan sekarang umur nya 16 tahun
    dan sekarang saya ngikutin bayi tabung udah selesai hanya nunggu minggu besok untuk echo,tap aku merasa aneh soal nya ada rasa sakit di pinggang dan di bawah perut apa itu norma?
    dan juga berapa hari setelah transfer embryo kelihatan darah ?
    apa itu di haruskan ada flek darah?
    kalau gak ada flek darah sampai hari echo tes darah itu positip of negative?
    hamil
    tolong jawab yah saya penasaran banget

  216. mei

    hi….all,aku minta doa nya ya,supaya bayi tabung sy berhasil,sekarang ini masih suntik suprefact na dan gonal f 150,rencana besokkontrol,kebetulan st BT di RSCM yasmin dg dokter muharam,mohon doa nya ya smoga proses nya lancar dan berhasil hamil sampai lahiran nanti

  217. iin

    hii kak mei semoga lancar ya….dan berhasil amin
    kak bs minta email or ym nya gak ?? kebetulan aku mau Bt jg dijakarta dan disaranin ke dokter muharam…please sharing proses n biaya ny ya ….tq

  218. mei

    met ketemu lg…nih dah 12 hr setelah ET,tgl 28 des cek darah (hcg)doain ya temen2 biar hasil nya bagus.oya biaya BT di rscm kencana itu harga nya relatif kok,kl gak salah sy biaya nya 70 jt an lebih,sebenarnya sih tergantung kondisi masing2 individu.sy jg dengan dokter muharam,orang nya baik.
    waktu itu dokter saranin untuk long proktokol.

  219. Erisda

    Hai semuanya,senang sekali bs ikutan gabung disini,saya jg lagi program bayi tabung nih di penang, sudah transfer embrio 6 hari yang lalu,agak tegang sih..maklum saya sdh pernnah gagal. Yang saya rasakan sekarang,perut bawah rasanya gak enak, mulas kyk mau mens,tp kadang aja,suka sesak,perut juga gampang masuk angin,makan dikit aja dah langsung eneg. Boleh sharing gak pertanda apa itu,dan apa sih gejala yg menandakan embrio kita nempel? Makasih atas informasinya ya..

  220. li eng

    Alo teman2 udah lama aku ga nulis di sini.. Semoga perjuangan teman2 menjadi ibu selalu diberkati Tuhan. Spt teman2 ketahui.. Anak saya juga hasil bayi tabung di siloam hospital sby dgn dr aucky hinting. Skg udah umur 2 thn skg.. Bagi teman2 yg blm berhasil tetap semangat ya. Congrats juga buat teman2 yg udah berhasil hamil. @ Mei : gimana hasilnya say ? Positif ? @ Erisda : jangan banyak dipikir say. Krn tanda2 setiap orang berlainan. Dibawa santai aja. Jangan banyak stress. Ketenangan akan mempermudah penempelan embrio. Saya dulu sempat merasa kembung dan kram kayak mens. Tapi ada teman saya tidak merasakan apa2. Jd erisda, doa aja, nyantai, istirahat dan makan bergizi. Semoga berhasil ya. Teman2 saya juga mau mebagi kabar gembira nich. Saya skg sudah hamil lagi anak kedua. Ini kebobolan dan secara alami saja. PUji Tuhan atas berkat dan rejeki dari Nya. Apapun bs terjadi jika Tuhan menginginkan. Tiada yg mustahil. Teman2 semangatttt ya.. Saya sudah membuktikan walopun saya dulu bayi tabung, tp ternyata saya juga bs hamil alami.. Tetap doa dan berjuang… Jiayouu !!!

  221. Erisda

    Mba li eng, wah..puji Tuhan,senangnya bisa hamil alami..berkat Tuhan tak berkesudahan yah..hahaha..iya nih mba,sedikit was2 memang,oya embrioku yg ditransfer 3,kt dokternya satu grade 4 dan dua lagi grade 3,ini sdh lebih baik dari BT yg pertama,yg ditransfer cuma 2,itupun kualitas embrio yg pas2an.mgkn pengaruh usia jg ya,umurku skrg hampir 38 thn soalnya,yaah..mudah2an kali ini aku bisa hamil…Tp sesudah ET cuma disuruh baring 30 menit doang, pas mau pipis itu lho, sakiiit…en perut kembung bgt, sampe skrg (maaf) suka buang angin hehe..pagi ini agak enakan neh perutnya,tp biasanya sesudah makan pasti deh kayak kecapean gitu.aku jg gak disuntik penguat,cuma dikasih Cycolgest 2xsehari, tambah obat oral Duphaston dan Progynova. Teman2 ada kasusnya spt aku ga? Hehe..

  222. Elly

    Hai , salam kenal semuanya….aku baru aja ET kmrn ,nginap di siloam sehari…hari ini baru pulang, pengen nanya nih abis ET klo mau pipis ke kamar mandi ato sedia pispot di dlm kamar ya? Emang abis ET harus tiduran aja ya! Tlg infonya thankyou

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*