Bahagianya, setelah 9 tahun menanti … – Erni Rizal

Akhirnya tepat tgl 26 November 2010 lalu, saya dinyatakan positif hamil dengan usia kehamilan 4 minggu. Sujud syukur dan rasa tak percaya itu menghinggapi saya dan suami. Kami saling berpandangan tak percaya, berpelukan .. sekalipun kami masih terduduk di lab Prodia- Rs Bunda. Tak perduli banyak yang menyaksikan, namun kebahagiaan itu rasanya benar benar milik kami berdua.

Saya sudah menikah selama 9 tahun (2010) dengan usia 35 tahun, begitupun suami. Kami sudah mencoba berkonsultasi dengan beberapa dokter sebelumnya. Namun belum juga membuahkan hasil. Hingga tahun 2009 awal, kami pun melakukan insem di Siloam Kebun Jeruk sebanyak 3x, pun keberuntungan belum menyertai kami ketika itu. Perasaan sedih, kecewa, bosan rasanya berkecamuk. Hingga .. akhirnya saya dan suami berniat untuk mencoba program bayi tabung. Setelah banyak mencari informasi, kami memutuskan untuk mengikuti nya di Rs Bunda dengan dr. Ivan.

Setelah melalui konsultasi pertama, dilakukan transvaginal untuk pemeriksaan kondisi rahim, saya dijadwalkan untuk pemeriksaan darah di tgl 18.10.2010. Lalu tgl 21.10.2010 saya mulai melakukan semprot hidung Synnarel yang berguna untuk menahan sel sel telur yang kelak berkembang untuk “tidak pecah” sendiri sendiri, melainkan berbarengan. Penggunaannya dilakukan 2x sehari. Bila pagi dimulai pukul 08.00-maka malam dilakukan pukul 20.00.

Tepat di tgl 31.10.2010, saya mulai dilakukan penyuntikan f gonal 225 iu sebanyak 8x sampai tgl 8.11.2010. Selama itu saya tetap melakukan pemeriksaan darah dan juga USG dengan dr Ivan untuk mengetahui perkembangan telur dan jumlahnya.

*8.11.2010 Semprot hidung Synnarel dihentikan, dan pukul 20.00 malam, saya disuntik ovidrel untuk pemecahan telur. Tgl 9.11.2010 Saya dijadwalkan untuk istirahat dirumah dan pukul 24.00 mulai puasa utuk persiapan OPU esok hariya.

10.11.2010 Kami tiba di Rs Bunda pukul 08.00 untuk pengambilan set telur. Awalnya didapat 11 telur. Namun yang akhirnya berkembang dengan baik setelah dilakukan ICSI sebanyak 5 telur saja. 3 ditanam sementara 2 embrio lagi di bekukan.

13.11.2010 jadwal untuk Embrio Transfer. Prosesinya diharuskan untuk meminum air putih 1 botol sedang (600ml). Dan selama itu, saya musti menahan pipis sampai prosesi ET berlangsung. Suami dipersilahkan menemani, dan kami pun bisa melihat prosesinya melalui layar screen tv. Dr Ivan menerangkan mana kantung kemih yang penuh oleh air seni, mana pipet pengantar embrionya. Gak lama sih .. cuman karena harus menahan pipis, rasanya jadi lama. Setelah beristirahat selama beberapa jam, akhirnya kami diperbolehkan pulang, dan beristirahat di rumah. Dr Agustine (assisten Dr Ivan) menyarankan untuk rajin mengkonsumsi kc hijau, susu kedelei, putih telur dan ikan (tuna, salmon, kakap, gindara-pilih salah satu), karena proteinnya tinggi.

Selain itu, saya juga mengkonsumsi brokoli (direbus tidak terlalu lama-dan digado), wortel (direbus dan digado) dan tomat yang dicampur gula putih, lalu digado, seperti cemilan kala santai. Hingga kami diminta kembali datang untuk melakukan pemeriksaan urine dan darah tgl 26.11.2010.

Setelah penantian panjang, beristirahat dirumah, mencoba berfikir positif, gak boleh bosan, melakukan hal hal yang ringan, yang disukai, akhirnya tgl 26.11.2010 dilakukan pengecekan di Prodia Bunda Menteng. Alhamdulillah … akhirnya dinyatakan positif dengan Bhcg 2831. “kemungkinan triplet. Bu” demikian sms Dr Agustine mengabarkan. Waaaaa …. haru, bahagia, sujud syukur itu kami tumpahkan dalam doa dan syukur kepada Tuhan. Betapa kami tak sanggup berkata kata, selain mengabarkan berita gembira ini kepada orang tua.

Rasanya semua duka, itu sirna. Kini usia kehamilanku akan memasuki 19 minggu. Alhamdulillah perkembangannya baik dan sehat. Mual mualnya juga sudah mulai berkurang, dan nafsu makan kian membaik. Bila ada yang ingin melihat hasil USG nya bisa mampir ke link http://ernirizal.multiply.com/journal.

Buat teman teman yang masih berjuang menantikan kehadiran calon buah hati, tetap semangat ya … Mudah mudahan pengalaman saya bisa banyak berguna sebagai masukan dan semangat baru untuk tetap berusaha.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

63 thoughts on “Bahagianya, setelah 9 tahun menanti … – Erni Rizal

  1. Marini

    Selamat ya mbak…Tuhan memang tidak tidur untuk membalas segala usaha dan doa hamba-Nya…moga banyak menular ke calon bunda yang sedang berharap bisa segera mendapatkan momongan. amiiiiiiiinn

    saya sendiri saat ini sedang hamil 36 minggu secara alamai, setelah sempat hamil dalam program bayi tabung namun hanya bertahan 6 minggu, dan saat ini menanti kelahiran baby kami dalam waktu yang sudah tidak lama lagi. saling doain semoga semua lancar dan sehat sampai waktunya ya mbak…

    salam kenal,

    Marini

  2. erni rizal

    Salam kenal untuk Mbak Marina ..

    Terimakasih mbak ..
    Ya saya berharap, semoga semakin banyak calon bunda yang tetap semangat menemukan harapannya. Amien …

    Wah selamat juga buat Mbak Marina. Sebentar lagi akan segera menimang baby nya. Kapan perkiraan kelahirannya mbak? Semoga diberi kelancaran, kemudahan proses persalinannya. Pun kesehatan untuk baby dan ibunya ..
    Amien ..

  3. Marini

    Amiiiiiiinnnn….semoga mbak juga diberi kekuatan dan kesehatan sampai waktunya. Saya rencana akan di SC (caesar) tanggal 25 maret ini mbak…

  4. anggun

    Subhanallah,,Alhamdulillah ya bu,,dpt 3 sekaligus, semoga senantiasa sehat semua hingga lahir pun lancar. Amin. Mhon doanya ya bu agar kami pun bs mendpt momongan. Amin

  5. widy

    @ Erni :

    Salam kenal ya…n selamat buat kehamilannya…sebelumnya sy jg pernah BT di Siloam sby tp ‘belum berhasil’ wkt itu jg tanam 3 embrio…dl sy tinggal di banjarmasin tp sekarang sy pindah jakarta, pengin nyoba lagi sambil nabung2 dulu….penginnya sih alami ya tp entahlah…namanya jg ikhtiar…ngomong2 habis berapa di bunda, secara sy masih belum tahu RS mana yg di jakarta yg bisa menangani BT, tolong donk infonya jadwal praktek dokter, biaya konsultasi dll…

    or mb bs email sy di mygirl_bjm@yahoo.co.id
    sy tunggu infonya ya mb…smg bayinya sehat sampai melahirkan…amien…

  6. Nia

    hallo salam kenal ya mbak…selamat ya akhirnya….segala sesuatu berjalan dengan lancar ya.kalo boleh tau mbak masalahnya apa ya?apakah ini bt yang pertamma langsung berhasil ya mbak??tq ya

  7. wati

    @ Erni

    Salam kenal…
    Selamat ya mbak.. semoga bayi dan ibunya sehat selalu … Amin. Senang sekali ya bisa berhasil hamil…semoga kami juga segera dapat momongan.Amin

  8. icha

    salam kenal mba erni..

    selamat ya mba..mdh2an semua lancar sampai lahiran..amiin..

    kl blh tau, brapa biaya yg dikeluarkan ya mba?ini proses IVF ato ICSI?

    saya jg dulu bln juli 2009 ikutan BT di Melaka dgn dr. selva,
    (silahkan klik http://bayi-tabung.com/pengalaman-bayi-tabung-di-melaka-icha/) tapi bln brhasil, biaya total sama transport+akomodasi slama 2 minggu +- 40jt

    skrg pengen nyoba BT lagi, tp lg cari2 tmpat yg ok..ke melaka jauh..
    anyway, sy di batam..
    jd hrs pertimbangkan biaya transport+akomodasi jg..

  9. andreuw

    @Bu Icha: hallo bu Icha…kami juga BT di dokter Selva…menurut kami dokter Selva penanganan proses BT lumayan profesional kecuali masalah tanya menanya kurang komunikasi aja paling banyak tanya ke susternya 😀

  10. cen cen

    @ bu erny dan pak andrew, selamat ya kepada kalian semua yang sudah berhasil mendapatkan buah hati dari hasil program bayi tabungnya, sayangnya programku harus kandas di tengah jalan karena detak jantung janinku berhenti memasuki usia kehamilan minggu ke 8, namun saya berencana untuk melakukan thaw cycle karena saya masih menyimpan 3 embryo di sana, persiapan apa saja ya, yang harus saya siapkan sebelum mengikuti thaw cycle, agar gak kecewa lagi, mohon bagi teman – teman seperjuangan ada saran dan infonya gak ya???

  11. Marini

    @ Cen-cen…

    mau berbagi info aja sedikit ya…

    ini pengalaman temenku yang sama-sama pernah ikut BT di Gading Pluit. saya sempet positif, tapi hanya bertahan 6 minggu. sedangkan teman saya dia gagal sejak awal.

    nah, teman saya itu ketika mau thaw, 3 bulan sebelumnya melakukan terapi akupuntur khusus untuk persiapan bayi tabung di RS Cipto 2-3 kali seminggu (bisa dimana aja, tapi mang khusus akupunktur untuk BT gitu…), dan alhamdulillah 2 embrio dia yang di thaw berhasil, dan saat ini sudah hamil 20 minggu.

    saya sendiri kemudian hamil secara alami dan sudah 36 minggu, setelah 2 bulan BT-nya gagal. dan saat ini punya 1 embrio (good) beku.
    moga menjadi penyemangat yaks…keep spirit

  12. erni rizal

    @Mbak Marini: wah .. 25 maret sebentar lagi ya? tidak terasa ya .. mudah mudahan lancar, diberi kekuatan dan kemudahan dalam persalinan, khabarin ya nanti kalau sudah melahirkan .. jangan lupa foto si mungil ikut dipajang ^.^ hehe ..

    @Mbak Anggun: trimakasih mbak doanya. Ya, semoga mbak dan suami cepat diberi momongan. Yang sabar ya mbak, tetap berusaha apapun hasilnya. Tuhan selalu bersama orang orang yang sabar dan selalu berusaha .. Amien.

    @Mbak Widy: halo mbak, salam kenal kembali. Terimakasih doanya. Profile dokter kandungan di Bunda International Clinic (BIC) bisa klik dilink sini: http://www.morulaivf.com/eng/doctor
    Untuk jadwalnya, mbak bisa menghubungi Rs Bunda Menteng, 021 3192 2005, nanti langsung minta sambungin ke BIC gitu, untuk mengetahui jadwal dan pendaftarannya.

    Buat yang domisili jauh, di depan Klinik BIC ada kost kostan yang banyak di tinggalin oleh ibu ibu yang juga mengikuti program IVF di Bunda. Karena jaraknya deket-tinggal nyebrang saja. Tanya saja dengan para susternya, mereka tahu kok ..

    Untuk biaya IVF di Bunda (saya ambil yang long, sampai proses bagi raport (penentuan hamil tidaknya) plus minus sekitar 40 an juta. tapi saya ikut program discount ketika itu 10%. Termasuk test darah suami istri, konsul+usg, obat obatan+vitamin, OPU dan ET dan tindakan hyterescopy di awal (karena saya ada polip, adi dioperasi kecil-sekitar Rp. 8juta)

    Okay, nanti saya hubungi di email mbak, untuk komunikasi lebih lanjut.

  13. erni rizal

    @Mbak Nia: salam kenal kembali mbak. Terimakasih doanya. Awalnya saya di vonis ada mioum, sampai suntik tapros waktu di bogor. Tapi tulang punggung saya kok lama lama jadi nyeri. Akhirnya saya hentikan deh (gak sreg). Tapi setelah konsul dengan dr Ivan, diagnosanya bukan mioum, cuman polip. Dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan janinnya kelak bila nempel nanti. Hanya itu komentarnya. Akhirnya diambil tindakan hyterescopy. Operasi kecil-tapi kami diberi laporannya berupa foto si polip sebelum dan sesudah diangkat.

    Sementara dari suami memang ada varikokel. Setelah konsultasi dengan androlog, akhirnya dilakukan operasi varikokel di Rs Husada. Tapi setelah itu gak langsung berhasil hamil. Kami pun mengikuti insem di Siloam Kebun Jeruk. Dengan harapan ada setitik harapan. Karena sudah 3x belum juga menampakkan hasil, kami sempat hopeless. Sampai ketemu dr Ivan yang komunikatif, dan terlihat teliti ketika melakukan pemeriksaan.

    Ya betul mbak, ini bt pertama di Rs Bunda. Alhamdulillah saya menemukan jalannya disini.

    @Mbak Waty: Salam kenal kembali Mbak Waty. Alhamdulillah Tuhan akhirnya memberikan kemudahan kepada saya dan suami. Setelah sekian lama menanti. Diantara banyak pertanyaan dan besarnya kekhawatiran yang berkecamuk dalam hati. Diantara semua harapan yang kami pupuk akhirnya harus luntur begitu saja. Perjalanan panjang itu membuahkan hasil. Mudah mudahan, keajaiban ini bisa dirasakan oleh semua calon ibu yang sudah sangat menanti kehadiran calon hati. Tuhan tak pernah telat memberi .. amien ..

    Tetap semangat ya Mbak ^.^

  14. widy

    @ Erni : Makasih ya infonya…sy langsung tlp RS nya nih hehe..trnyata klo mau konsultasi mst booking dl ya min 1-2mg sblmnya..hadoh..mst itung2 hr nih kpn mens?? Hehe…

    Mb, katanya biaya sktr 60-70jt gt untuk long dan short sktr 50-60jt gt…wah, murah siloam ya..(Dl sy short hbs 40jt-an dg gonal F-3x tiap hr slm 7hr),jakarta mahal2 trnyata •(?_?”)•

    Apa benar ya klo konsul dr. Ivan hrs dftar jauh2 hari kyk gt…?klo dari depok ke RS bunda gt naik apaan ya?? Maklum ga tahu jalan hehe…(Teman2 bagi infonya donk)

    Dl sebelum program apa saja yg dipersiapkan?,mksdnya apa ikut akupuntur dll…

    TQ

  15. erni rizal

    @Pak Andreuw: hehe terimakasih pak. Senang rasanya bisa berbagi pengalaman disini, dan membangkitkan semangat sesama ibu yang tengah berusaha …

    @Mbak Icha: Salam kenal juga Mbak Icha. Terimakasih doanya. Ini program IVF, tapi dalam proses IVF saya ambil ICSI, jadi sel telurnya langsung disuntikkan sperma. Sementara khan ada cara lain yang lebih konvensional, yaitu cara normal. Jadi sel telurnya dikelilingi oleh sperma (prosesi sudah terjadi di luar kandungan) dan sperma sperma itu yang akan berjuang menemukan jalannya sendiri menembus sel telur. Tapi chancenya lebih besar kalau pakai ICSI. Begitu penjelasan dokternya .. ^.^

    Biaya yang sudah saya keluarkan sampai bagi raport (penentuan hamil/tidaknya) sekitar plus minus Rp. 40 juta. Soalnya saya ada tindakan hyterescopy, seperti yang saya ceritakan diatas.

    Kalau jauh, kost aja depan BIC (Bunda International Clinic). Tadinya saya juga hampir mau kost disana. Ruangannya besar, mana lokasinya tinggal nyebrang jalan saja. Tapi saya sudah kost dekat dengan adik, jadi saya urungkan untuk pindah kost lagi.

    @Mbak Cen Cen: halo Mbak Cen Cen, lama tak mendengar khabarnya. Trimakasih doanya.
    Mungkin sedikit yang bisa saya bagi dari pengalaman saya, selain mengkonsumsi asupan protein dan sayur sayuran, bisa dimulai dari kepasrahan terhadap apapun keputusan yang diberikan Nya. Memang tidak mudah .. tapi itu yang saya lakukan ketika kemarin saya mulai konsultasi.

    Saya tidak ingin berharap tinggi lagi, karena kalau jatuh, sakitnya lama sembuhnya. Sekian tahun berusaha, saya berusaha untuk belajar menerima kegagalan, dan ikhlas. Walau hati berkecamuk diantara amarah, kecewa, sedih, rasa tak percaya diri, dan cuek.

    Sampai suami memberikan semangat “Kalau gagal toh biasa, sudah 9 tahun. Tapi kalau berhasil .. itu baru luar biasa” hehe, sederhana .. tapi layak dicoba. Jadi kami pun menghimpun informasi dan semangat baru untuk menjalani program berikutnya. Tuhan tidak pernah sia sia memberi kita tantangan hidup, semua pasti ada hikmahnya. Mudah mudahan, Tuhan memberikan kemudahan kepada kita yang tengah berusaha ini .. amien

  16. erni rizal

    @Mbak Widy: haha, salut sama semangatnya ^.^ iya betul mbak, musti booking. Kata temen temen suami yang juga pada berobat di BIC, dulu gak serame ini. Tapi sekarang, sudah lebih rame. apalagi kalau hari saptu. Saya booking 1 bulan sebelumnya saja, kalau dapet antrian juga lama, hehe. Tapi kita dijadwalkan datang sesuai perkiraan jam masuk. Jadi tidak terlalu lama menunggu.

    Kalau mau konsul, di hari biasa aja mbak. Jangan di hari Saptu. Biasanya konsulnya hari kedua haid mbak. Dulu saya konsulnya ke Rs Bunda yang di depok. Tapi kalau untuk fertilitas, nanti dirujuknya teuteup ke BIC (Bunda International Clinic) yang di menteng. Selang 4 gedung dari gedung Rs. Bunda yang dipojokkan.

    Wah kalau dari Depok, saya kurang tahu juga ya, hehe. Cuman saya suka merhati in, kalau dari manggarai ada metromini 57, manggarai-senen gitu, sama satu lagi kopaja tapi lupa nomer berapa. Nanti, saya khabari lagi, kalau saya kesana … ^.^

    Dulu awalnya saya gak ikut akupunktur. Ngeliat jarum saja, saya paling takut, hehe ..
    Cuman dr Agustine (assisten dr Ivan) menyarankan untuk mengkonsumsi, (setelah ET) kc hijau, kc kedelei, ikan (tuna, salmon,gindara, kakap-pilih salah satu) dan putih telur. Jadi saya bikin bubur kacang hijau, kalau jadi sepanci kecil, ya saya habiskan/gado kayak cemilan, juga kc kedelei saya beli di supermarket ukuran 1 liter (kembung deh, hehe) dan saya bikin sup ikan salmon sendiri aja. Saya gado 5-6 putih telur setiap hari, dicocol kecap aja, biar gak terlalu neg.

    Selebihnya saya rebus brokoli dan digado (karena kaya akan asam folat), wortel (juga direbus dan digado) plus tomat saya gado ditaburi gula. Soalnya saya pernah baca dari googling, rajin minum jus apel, tomat dan wortel. Karena saya ngekost, jadi simplenya saya rebus saja. Hehe ..

  17. widy

    @ Erni : Minta emailnya donk..biar gampang klo tanya2, gpp kan??
    Jadi dl konsultasi di bunda margonda dan pas programnya di rujuk ya? Klo bs gt ya mending sy kyk gt jg coz lbh dekat…

    Emailnya ya jgn lupa? Ditunggu…tq

  18. Mei Sun

    Selamat ya Mba… Semoga selamat sampai melahirkan. Amin.
    Saya juga sudah 9 thn menikah tapi sdh 41 th dan sudah inseminasi 7x, BT 3x. Rencana ikut BT lagi tapi bingung ke Dr Ivan atau Dr Taufik, sementara saya ikut akupuntur kesuburan. Mba, mohon informasinya setelah OPU sampai sekarang dikasih obat apa saja? BT pertama sempat 11 mgg, kedua dan ketiga tidak berhasil. Tks

  19. icha

    @Andreuw iya pak, memang dr selva kurang komunikatif..makanya saya sebelum ketemu dia ditulis dulu apa2 aja yg mau ditanya, pas ktemu, saya baca aja tuh pertanyaan2,biar gk ada yg lupa..dijawab koq.. hehe..

    @Erni makasih infonya ya mba..boleh jg ni jd pertimbangan..

  20. thin

    haloo mb erni..wah ktmu juga kita nih kyk reuni ya ada pak andrew,mb cen2,kangen nih bbmku error @,@hehehe
    sy blom sempet share nih skrng di batam,skrng kandungan msk 6bln nih alhamdulilah sehat g ada ngidam,lesu dll….
    @pak andrew:kpn laeran twin boy nya jgn lupaa upload FB ya?
    @mb cen:jgn patah semangat smg thaw cyclenya suksesss….
    @mb icha :sy jg di batam lo kmren BT di victory klinik johor lsng berhasil…biaya sekitar 53jt sampe positif 3bln.kebetulan sy waktu itu ikut suami yg krj disana .
    semoga menyusul sukses dan berhasil buat siapa saja yg lg program,tetap semangat…

  21. icha

    @thin wah alhamdulillah thin..akhirnya berhasil..smoga sehat semua ya sampe lahiran..amin..

    ceritain dong thin, gmana proses di victory?
    koq ngeliat gambar kliniknya di web nya gk meyakinkan gitu..:)
    dokter2nya gimana?pengalamannya?pasiennya, dll?? ceritain dong..kamu ikutan yg ICSI ya?
    sy telpon ke sana katanya programnya cuman pake ICSI aja ya?yg IVF biasa gk ada??
    53jt (RM..??)itu hanya proses BT+obat2an aja ya?bln tmasuk akomodasi+transp+makan?

  22. andreuw

    @Bu Icha: sama bu…sebelom ketemu dr Selva mesti di pikirkan dulu mau tanya apa…mungkin karena terlalu banyak pasien yg di tanganin jadi sibuk…tetapi kata istri saya waktu dia melakukan ET dr Selvanya sabar banget 😀 …semoga bu Icha BT berikutnya sukses ya 🙂

    @Thin iya uda lama ngak denger kabar bu Thin…gimana kabar babynya?dah mulai bandel nga…twin saya bandel sekali…selalu aja menendang :D…rencananya tanggal 27 ini caesar di awal bros batam dengan dokter Neza 🙂

  23. erni rizal

    @Mbak Mei sun: Halo mbak .. Dr Ivan dan Dr taufik, punya “penggemar”nya sendiri sendiri. Hehe .. maksudnya beberapa yang saya baca dari cerita ibu ibu yang punya pengalaman dengan dr Taufik, pernah mengatakan “the best doctor ever”. Soalnya beliau gak mudah menyerah ketika menemukan masalah dalam prosesi program. Pun dokternya up to date sama teknologi.

    Teman suamiku juga berobat dengan dr Taufik. Kasusnya sel telur sang istri susah berkembang, sehingga dilakukan mmetode IVM, yaitu pengembangan sel telur dengan suntikan hormon di luar kandungan.

    Sementara saya dengan Dr Ivan, karena awalnya teman saya mereferensikan nya. Kebetulan teman teman suami juga banyak yang berobat dengan dr Ivan. Pengalaman saya, orangnya komunikastif, ramah (tidak bikin stress apalagi menegangkan), humoris,informatif pun ganteng loh .. haha (buat penyemangat nih). Kalau ada kesulitan atau hal hal yang aneh selama program/kehamilan, mereka (dr Ivan dan dr agustine-assisten dr Ivan) willing untuk menerima sms dan mereka selalu meresponnya dengan baik. Jadi saya gak merasa sendiri untuk bertanya.

    SETELAH OPU: saya diberikan obat crinone-hormon progesteron yang isinya seperti cream, dimasukkan ke vagina setiap mau tidur. Kalau gak salah selama 2 minggu sampai bagi raport tiba. Lalu saya diberi vitamin asam folat, ascardia (pengencer darah) sama duphaston (obat penguat kandungan).

    Setelah bagi raport, saya diberikan vitamin prenatal, dan duphaston, plus ascardia sampai usia kehamilan beberapa minggu (lupa minggu ke berapa). Lalu ascardianya dihentikan, tinggal diberikan vitamin prenatal sama calsium organik saja sampai sekarang.

    @Mbak Thin: halo mbak, wah sudah lama gak bersua khabarnya. KAngen deh ..
    Senengnya sudah memasuki usia 6 bulan. Hi hi .. sudah banyak nendang ya?

    @Pak Andrew: wah selamat ya Pak. Sebentar lagi baby twinnya sudah mau lahir. Semoga prosesi persalinannya lancar, sehat ibu dan twin babynya ..
    Baby boy lagi ya? wah wah .. punya bodyguard sekali dua ya pak .. hehe

  24. Mei Sun

    Makasih infonya, Mbak Erni. Tuhan pasti melindungi umatNya. Th 2010 sempat mau ICSI lg dgn dana terbatas. Eh 2x siklus tdk bgs, akhirnya tdk jd. Feb 2011 rencana mau prog lg, pas daftar Dr Ivan dapatnya malam dan sy tdk berani sendirian sedangkan Dr Taufik pas harinya dimajuin jamnya dan saya tdk keburu. Tdk jadi lg deh, emang belum waktunya kali he..he..
    Teman2 yg blm berhasil punya momongan, Tuhan pasti memberikan jalan yg terbaik, dan kita tetap semangat berusaha.

  25. dimdim

    Hi erni, selamat yaa..
    Kayaknya pengalaman kt hampir sama deh, sama2 BT di bunda dg dr ivan, cm beda 2minggu aja dari aku,bedanya aku kembar, trus usia jg sama,aku ikt program yg disc 10% juga, aku udh menanti selama 8 thn. waahh lahirannya nanti pasti cm beda beberapa mgg yaa
    Smg kt diberi kelancaran ya say amiinn..
    @cen cen; hi cen pakbr? Smg thaw nya berhsl yaa, koq km tiba2 menghilang dari bbmku pdhl waktu itu ak msh pingin byk tanya2 loh sm km
    Bwt teman2 yg blm berhsl, smangat terus yaaa

  26. cen

    @icha n evy ,baby sy lahir mlm natal tgl 24 des 2010 jam 10.15 jenis kelamin cowok,berat 2,5kg melahirkan normal loh

  27. andreuw

    @Erni: thx bu erni…baby saya lahir tgl 15…melengser dari hari perkiraan tgl 27…twin saya lahir dengan berat 2.46 dan 2.21…sesudah lahir mesti taruh di incubator semalam juga :D:D:D

  28. pratami dewi

    Salam kenal mb erni, saya tami sudah 35 tahun sebelumnya juga sudah pernah insem dan BT tapi gagal. Kalau saya baca sharingnya mb erni koq beda ya sama proses yg saya lakukan. Waktu itu saya langsung diproses utk pembentukan telur dan test darah 2 hari sekali, padahal waktu pertama kali sebelum BT dimulai saya ditest hormon dibilang kondisi hormonnya terbalik namun tidak ada proses pengobatan untuk hormonnya. Dan setelah OPU istirahat 3hari di RS dan diberi suntikan penguat dan boleh pulang. Tidak ada lagi diberikan pengobatan lainnya seperti penguat telur dll, akhirnya setelah waktunya telur saya dinyatakan hilang dan tanpa penjelasan. Mudah2an temen2 lain tidak mengalami proses BT seperti saya, krn hanya diserahkan ke suster aja :(.

    Dan mau tanya mb erni, setelah OPU itu apa kita boleh langsung pipis? waktu itu krn disuruh nahan pipis, setelah OPU selesai saya langsung pipis, salah ndak ya?

    sebelumnya makasi sharingnya mb, jadi tau kekurangan proses BT saya.

    Semoga selamat sampai kelahiran ya mb.

  29. anggun

    Ass wr wb,,mbak erni,,sy nangis mbak liat blog mbak,,terbayang haru dan bahagia setelah semua yg dilewati ya…Subhanallah..Allahu Akbar..
    Mbak,,setelah ET, bgm mbak menjalankan sholatnya,,biasa,duduk atau baring mbak? sy renc BT krn 3thn blm diijinkan Allah punya anak:-)
    apakah setelah ET selama 2mngu itu bedrest total atau bgm mbak? mhon doanya ya agar tetap semangat dan Insya Allah dimudahkan usaha kami,,Amiiin..tks mbak..wslam

  30. erni rizal

    @Mbak Mei Sun: Semangat ya mbak .. semoga segera diberi kemudahan dalam prosesi selanjutnya .. chayooo

    @Mbak Retna: makasih mbak doa dan dukungannya. Semoga kebahagiaan ini bisa dirasakan bagi semua calon bunda yang sudah lama menanti. ^.^ amien ..

    @Mbak Dimdim: ohya? wah mbak kembar berapa? subhanallah .. Semoga keberhasilan ini bisa segera dirasakan bunda bunda lainya ya .. ^.^
    Eh, iya .. siapa tahu kita lahirannya barengan ya? hihi ..

    @Mbak Cen: congrats ya .. babynya sudah lahiran dengan selamat. Bahagianya .. jangan lupa fotonya dishare ya … hehe ..

    @Pak Andrew: congrats juga buat pak andreuw. Twin nya udah lahiran .. bahagianya .. semoga babynya sehat selalu begitu juga dengan bundanya .. amien.

  31. erni rizal

    @Mbak Pratami: salam kenal kembali mbak ^.^
    Iya, setiap tindakan/obat obatan yang diberikan, berdasarkan kondisi tiap tiap orang. Jadi tak selalu sama. Tetap semangat ya mbak ..
    Kehilangan memang bukan hal yang mudah. Tapi semoga mbak dan suami diberi kekuatan dan keikhlasan menerima tantangan hidup. Amien ..

    Ketika OPU, setahu saya, tidak ada prosesi menahan pipis. Karena kita dibius. Jadi kita diberi waktu untuk recovery kesadaran dari obat biusnya.

    Mungkin ET ya? Kalau ET ya benar, menahan pipis. Dalam posisi masih tiduran, saya dibantu suster pipis di mangkok alumunium. hihi .. risih sih, tapi apa boleh baut, belum boleh turun soalnya. Rebahan di tempat tdir mungkin selama 3-4 jam. Setelah itu baru boleh bangun, dan dipersilahkan pulang untuk istirahat.

    Sama sama mbak. Senang bisa berbagi pengalaman. Trimakasih juga doanya.

    @Mbak Anggun: hehe maaf mbak, saya belum sempat membalas pertanyaan mbak, setelah diketuk di multiply saya. Saya copy kembali komentar saya di multiply ya, biar bisa berbagi dengan teman teman di sini.

    “w.salam mbak. aduh maaf aku belum sempat membalas pertanyaan mbak di web bayi tabung. hehe ..
    Saya sholatnya duduk mbak. even untuk sujud pun, saya duduk saja. soalnya takut goyang. jadi yang bergerak cuman tangan dan kepala saja.
    Iya mbak saya bedrest total, tapi saya sempatkan ke pasar (kebetulan dekat) untuk membeli keperluan makanan selama 1 hari (sampai malam) kadang saya masih masak yang gampang2 aja. PErbanyak susu kedelei, kc. ijo, putih telur (direbus aja), brokoli, tomat digado san wortel di rebus aja.

    selebihnya saya berbaring, baca buku, nonton tv, main internet .. pokoknya gak banyak gerak.
    BAB dan BAK tak ada masalah, saya pakai kloset duduk. usahakan jangan duduk jongkok ya. Kalau gak ada kloset duduk, berdiri deh .. soalnya kalau jongkok, rawan keluar. banyak minum susu bumil mbak. ya semampu nya kalau ternyata mual. itu membantu proses, jangan ngeden ya … ^.^

    Sama sama mbak .. senang bisa membantu ^.^”

  32. liya

    Salam kenal Mbak Erni
    Hebat euy bisa triplet githu.. semoga bayinya sehat2 semua, harus dijaga tuh kesehatan dan nutrisinya. Sudah berapa minggu nih sekarang..
    Kami juga lagi program bayi tabung di MMC Melaka dgn Dr. Selva, gembira sekali ketika tanggal 1 Februari 2011 di RS MMC kemarin setelah sekian lama menunggu aku “diumumkan” positif hamil dgn Bhcg 428. Kata dokter pengganti (dr. Selva sedang cuti, usia kehamilanku 4 minggu) Hampir tak percaya karena sebelumnya dari 5 telur yang “layak” untuk dibuahi hanya 2 telur yang membelah dan di ET.

    Periksa USG dgn Dr. Selva terakhir tgl 11 Februari, dikatakan hanya 1 yang terlihat cukup jelas dan diminta 1 minggu kemudian USG lagi untuk lihat detak jantung. Inginnya sih stay terus di Melaka karena kami merasa lebih “nyaman” disana. Tapi krn hampir habis cuti kerja dan pertimbangan lain kami akhirnya pulang ke Indonesia.

    Sudah 3 kali aku periksa USG di 3 dokter SpOG berbeda di kotaku, pemeriksaan ke 2 dan ke 3 kami lakukan di hari yang sama tgl 14 Maret 2011! Kepada dokter kami bilang kehamilan sudah 10 minggu (mengikuti hitungan dr pengganti di MMC). Malam itu juga kami ke dokter ke 3 karena kami tidak puas ketika dokter ke 2 bilang kandunganku tdk berkembang, janin tidak terlihat, dan kantung bayi seperti umur 6 minggu. Tapi dokter ke 3 pun mengatakan hal yang hampir sama.

    Tentu kami sedih… yang membuat kami masih berharap sampai saat ini saya belum flek dan gejala kehamilan masih kualami. Kami mulai ragu dgn hitungan dokter di MMC mngenai usia khamilanku, ada pendapat kalau bayi tabung umur kehamilan dihitung dr tanggal ET, jadi mungkin saja usia kehamilanku baru 8 minggu ketika periksa tgl 14 Maret itu.
    Yang benar hitungan kehamilan gimana sih ya ?
    Apakah setiap bligted ovum (janin kosong) selalu ditandai dengan bleeding ?
    Tg 28 Maret kami rencana periksa ke dokter yg pertama kami kunjungi setelah dari MMC Melaka.. dan tentu saja lagi-lagi harap-harap cemas….

  33. erni rizal

    halo mbak liya …
    Salam kenal kembali. Senangnya mengetahui bhcg sudah mencapai angka 400 an lebih. Lalu apa ndak diberi obat penguat semacam pil/tablet?

    Dan kenyataannya, cukup membuat saya sedih juga ketika membaca, bahwa janinnya tidak berkembang. Setahu saya itungan kehamilan dimulai dari OPU sudah dihitung 2 minggu.

    Mudah mudahan ada khabar gembira sekembali dari kontrol dengan dr Selva. Mudah mudahan yang dikhawatirkan tidak terjadi. Sabar ya mbak .. walau itu tidak mudah.
    Semoga Tuhan melindungi janinnya, mbak dan keluarga ..

  34. linda

    dear.m liya
    jangan stress dulu ya,m.ada baiknya ke dr selva lagi.pengalamanku setelah positiv dan kelihatan titik hitam(janinnya)aku kembali ke kotaku.kira2 seminggu kemudian aku cek ke dr di kotaku,dibilang ga hamil,ga kelihatan janinnya..padahal 2 dokter lho.langsung besoknya naik pesawat aku brgkt ke ke malaka lg,dan ada ko kelihatan titik hitamnya.mungkin mesin usgnya berbeda.dan u chase liya,hitungan dokter u program baby tabung dan dr yg biasa nanganin hamil biasa memang beda,kemarin jg sempat dibilang janinku kecil,ga sesuai dgn bulannya.jadi tenang aja dulu ya..

  35. yuni

    Salam kenal Mbak Erni,

    Selamat yah mudah2an prosesnya lancar sampai persalinan.

    Aku mau tanya nich mbak terkait dengan program BT….apakah kita masih bisa beraktivitas seperti bekerja ke kantor atau harus benar2 bedress?

    Sampe berapa lama yah kira2 kalau memang bedress/

    Terimakasih atas informasinya

  36. dillah

    Salam Kenal buat semua.. Selama buat mba erni rizal dan dimdim yg sdh berhasil hamil, semoga sehat sampai melahirkan.. sy dan suami (30th) telah inseminasi di dr.karel, ktnya kl blm berhasil akan di hydroturbasi. padahal hsl HSG sy bagus tp memang kualitas sperma suami tidak bagus dr jumlah maupun geraknya. Brgkali ada yg tahu, apakah jika BT msh diperlukan Hydro? di dr.karel pake obat oral, ktnya lbh bagus pake suntik ya? Gimana caranya biar dpt diskon di RS bunda, apa bulan2 tertentu saja?
    ditunggu ya informasi dr temen2 sekalian, mksh..

  37. erni rizal

    @Mbak Yuni: salam kenal kembali mbak. Terimakasih doa dan dukungannya. Untuk awal awal minggu, baiknya memang bedrest dulu ya. Mungkin 3-4 bulan pertama. Tapi selebihnya tidak bermasalah untuk melanjutkan aktivitas kembali. Asalkan tetap dalam gerak yang wajar dan tidak berlebih.

    Kebetulan teman saya juga masih aktif di kantor. Selama 3 bulan pertama dia cuti. karena itu masa masa rawan penempelan embrio di dinding rahim. Sekarang usia kandungannya sudah memasuki 5 bulan, dan sudah aktif kembali bekerja.

    Namun untuk pastinya, disarankan untuk tetap ketat berkonsultasi ke dokternya, karena dokter lebih mengetahui kondisi kehamilan mbak.

    @Mbak Dillah: Halo mbak ..
    Saya sendiri kurang tahu soal hydroturbasi. Mungkin bisa di googling untuk bisa dapat informasi lebih banyak.

    Kalau diskon di rs bunda, yang saya dapatkan khabarnya (tapi suka berbeda beda) biasanya bulan oktober-desember karena menjelang hari ibu. Tapi untuk pastinya. Mbak Bisa menghubungi Bunda International Clinic.

    Ya, hanya di bulan bulan tertentu saja, dan itu tidak pasti waktunya.

    Demikian mbak .. semoga bisa membantu ya

  38. dillah

    dear mba erni.. Jarak antara insem dgn BT biasanya berapa lama ya? eh iya mba, persiapan sblm program dan sblm OPU apa aja mba, apa ada akupuntur dan makanan2 khusus yg mba konsumsi? Thx bgt ya infonya..

  39. utek

    ass…lam knlya mbak
    slmtya mbak psti sng skliii……
    mbak klo blh tw brp tuh abisya biya2ya?

  40. lia

    Salam kenal mba Erni & tmn2…
    Sya Lia(29th)& suami (35th), kami sudah menikah 7,5th, alhamdulillah melalui proses BT di RS.Siloam dg Dr.Aucky, sya berhasil hamil, saat ini menginjak 10mggu…
    2th awal pernikahan, kami belum berencana memiliki buah hati, lalu pd th ke-3, 5 & 6,5 sya hamil tapi selalu dengan kasus KET…
    Pernah di-HCG dan diduga ada sumbatan, namun belum selesai analisis, sya terlanjur hamil (di th ke-5), dengan kasus embrio nyangkut di tuba falopi sebelah kiri, hingga terpaksa diangkat…
    Setelah ET, sya batuk pilek parahh, hingga terpaksa diberi obat antibiotik oleh Dr & bed rest (tdk masuk kantor) selama 1 bln…
    Dg kondisi fisik yg menurun, sya & suami pasrah…
    Alhamdulillah, embrio bs berkembang dengan baik, diiringi dengan do’a, bed rest & asupan gizi (mumpung msh doyan makan… 🙂 )
    Menginjak minggu ke-8, nafsu makan sya menurun drastis, sayuran gk bs masuk, nasi jg dipaksa’in…
    Untung susu, olahan daging, buah & vitamin masih bisa…
    Sya pun tidak berani konsumsi makanan berminyak & pedas dlm jumlah besar, krn batuk msh belum tuntas & parahnya bakal kumat kl sya byk makan jenis kedua-nya, lalu diikuti pilek…
    Alhamdulillah, di minggu ke-9, periksa USG, detak jantung sudah terdengar & perkembangannya baik…
    Maaf,y,mba Erni, sya kbanyakan cerita…
    Krn pertanyaan sya sebelumnya akan berhubungan dg cerita sya…
    Mohon sharing teman2 & mba erni :
    1. Apakah kondisi ibu hamil dengan BT memang rentan dengan penyakit?
    2. Sya bekerja, sehingga kebutuhan bed rest ini menjadi membuat sya tidak enak dg teman2 di kantor (meskipun mereka sebenarnya sdh mengerti). Sya msh jalan lambat2, tdk naik turun tangga, jaga asupan gizi & kesehatan, tp kira2 sampai kapan,y, kondisi kesehatan sya akan membaik (jika ada pengalaman teman2 & mba Erni)?
    3. Apakah di sepanjang kehamilan qta harus menghindari makanan berminyak & pedas, terutama jika kesehatan sdh membaik? Jujur, sya sdh bosan dengan jenis makanan rebusan & tdk pedas, ditambah dengan napsu makan sya yg menurun, hiks… Jadinya kadang hanya bergantung dg asupan jus alpukat & susu bumil…
    4. Kl pd saat hamil gk doyan dengan sayuran, apakah harus dipaksakan? Sebelumnya sya doyan, tp skrg ngeliat aj udh mual.. Sya khawatir dg asupan gizi bayi, apakah harus dipaksakan?
    5. Mohon sharing tambahan dari teman2 & mba Erni u/ menjaga kehamilan hingga proses persalinan?
    Ow,y, sya masih masuk kerja, tapi diselang-seling tergantung kondisi kesehatan. 3hr masuk, 2 hr gk… Tp kmrn sya sempet 2mggu full masuk kantor, tiba2 ada flek (1 titik, warna orange), hingga sya hrs istirahat 4 hr…
    Ditunggu sharing teman2 & mba Erni,y…
    Semoga calon2 ibu, lancar kehamilannya hingga proses melahirkan & tetep terus semangat berusaha memperoleh keturunan,y…
    Kemarin sempet mampir ke multiply mba Erni, jd terharu & semangat dg semua tips & doa selama kehamilan…
    Makasih banyak,y,mba Erni… 🙂

  41. erni rizal

    @Mbak Dillah: Maaf baru buka web bay-tab lagi nih .. sebenarnya gak ada jarak pasti antara insem dengan BT. Tapi ketika pengalamanku, jaraknya cukup lama juga. Soalnya mau cooling down dulu. Ketika gagal insem, perasaanku gak stabil, alias uring uringan. Belum bisa berfikir positif dan tenang. Sembari pelan pelan mengumpulkan informasi dan semangat baru lagi, akhirnya oktober 2010 kemaren baru mulai konsul BT.

    Setelah cek buku kesehatanku, terakhir insem 20.04.2010. Rupanya aku salah tulis di artikel sebelumnya. Aku tulisnya awal 2009 memulai insem. Ternyata akhir 2009 (desember), mulai insemnya. Jadi kosongnya sekitar April-September 2010, break ke dokter dulu.

    Persiapan sebelum program dan opu gak ikut program apa apa. Hanya selama program mulai mengkonsumsi brokoli, putih telur, mengurangi kacang kacangan dulu, minum susu bumil, tomat dan wortel. Aktivitas masih seperti biasa.

    @Mbak Ute: berapa ya kira2 .. ada mendekati 50 sampai bagi raport tiba. Soalnya aku ikut program discount. Yang mahal memang di obat obatan nya, test lab untuk suami istri sebelum mulai program. Sama tindakan hyterescopy yang saya jalani sebelum program dimulai.

  42. erni rizal

    Salam kenal mbak Lia, saya coba jawab pertanyaannya satu persatu ya .. mudah mudahan bisa membantu.

    1. Pengalaman saya tidak ada keterkaitan antara BT dengan rentan nya penyakit yang dialami oleh bumil dengan program BT. Alhamdulillah saya dan beberapa teman yang juga sharing dengan kehamilan nya melalui BT, tetap aktif menjalankan aktivitasnya sesuai kondisi dan kemampuan nya.

    Kalau soal flu dan batuk, saya memang mengalaminya. Karena yang saya baca dari buku “9 bulan yang menakjubkan” ibu hamil memang rentan daya tahan tubuhnya. Jadi kondisi fisiknya lemah, ya gampang terserang flu dan batuk. Seorang teman malah sangking gak kuatnya, minta diresepkan obat flu dan batuk juga antibiotik dari dokter kandunganya.

    Sementara saya banyak minum air hangat, istirahat cukup, dan susu bumil hangat. Kebetulan saya memang sudah off bekerja, jadi waktu untuk istirahat lebih banyak. Tapi soal batuk, saya memang agak lama sembuhnya .. karena saya gak minum obat batuk. Perbanyak buah juga membantu menambah daya tahan tubuh ..

    Bila nafsu makan menurun, ganti saja nasi dengan karbohidrat lainnya. Misalnya roti, susu bisa diganti dengan susu bukan untuk ibu hamil, soalnya gak bikin neg. Maka buah yang paling disukai, (asal jangan yang panas seperti duren, dan nangka ya .. hehe). Yang penting ada porsi makanan masuk untuk daya tahan tubuh janinnya juga. Kalau perlu minta vitamin dari dokter untuk melengkapi kekurangan asupan gizi yang sulit masuk.

    2. Kondisinya berangsur angsur membaik mungkin sekitar 3-4 bulan kemudian, diikuti dengan rasa mual yang mulai berkurang, sehingga mbak bisa mulai menikmati banyak hidangan bergizi. Dengan begitu daya tahan tubuh mbak mulai kuat, dan peyakit pun minggir.

    Bantu dengan pola fikir yang diisi dengan semangat semangat positif, mbak. Dengan banyak bertemu teman, atau melakukan aktivitas yang disukai, seperti baca buku, nonton dvd humor atau apapun itu yang bisa mengalihkan penderitaan mbak sementara waktu.

    Mendengarkan musik, dengan headphone, sambil tiduran, relaks, suasana hening. Tarik nafas panjang, lalu buang lewat mulut. Hehe .. kebetulan saya lagi belajar hypnobirthing, itu membantu membuat tubuh dan pola fikir kita lebih relaks dan santai. Sehingga beban selama kehamilan akan terasa mengasyikkan ..

    3. Setahu saya, tidak ada yang melarang untuk menikmati hidangan pedas da berminyak. Selama hamil terutama trimester pertama, saya tergila gila dengan masakan padang, sate padang dan bakso dengan sambalnya. Padahal sebelumnya saya gak begitu suka dengan “pedas”. Terusterang ini membantu menambah nafsu makan selama mual.

    Hanya yang dikhawatirkan untuk sebagian bumil, pedas dan makanan berminyak akan menaikkan jumlah asam lambung dan semakin bertambah mualnya. Dokter juga memperbolehkan untuk menkonsumsinya dalam porsi secukupnya. Tidak berlebihan ..

    Kalau bisa barengi dengan banyak minum air putih untuk mengikis lemak dan pedas yang masih nangkring di tenggorokan, plus buah buahan anti oksidan. Jus buah sangat membantu membuat bumil segar kembali .. ^.^

    4. Baiknya jangan dipaksakan. Saya juga ngeliat brokoli (yang sebelumnya begitu menggandrungi)agak malas untuk mekonsumsinya, tapi saya ganti dengan asupan lainya. Malas maka sayur, perbanyak buah. Karena kandungan serat, vitamin dan gizi sayur bisa ditemukan juga pada buah. Bikin sop buah mbak .. cemplungin aneka buah didalamnya. Mudah mudahan itu bisa menjadi alternatif ya .. sementara masih mual, lengkapi dengan vitamin dari dokternya.

  43. lia

    mba Erni yg baik hati…
    Makasih banyak untuk sharing-nya,y… 🙂
    Kondisi sya memang berbeda dengan teman2 seangkatan yg program di Siloam. Dari ber-6, 4 berhasil, qta sama2 bed rest total setelah ET & sering telp2-an sharing kondisi.. 🙂
    Mungkin, batuk & pilek -nya susah sembuh karena dr awal ET, cukup parah jg ampe dikasih antibiotik. Slain itu, sya jg kadang mbandel makan sedikit gorengan & pedas, krn mulut kadang pahit & bosan dg makanan rebusan. Tp slalu disiasati dg madu, jeruk anget & jus buah.
    Setuju banget,niy, dengan ide sop buah. Bsk sabtu mggu, mw bikin,d.. 🙂
    Iy, sya heran banget, kyaknya tenggorokan sensitif bgt dg makanan berminyak & pedas, pdhl sebelumnya no problemo. Jd-nya perjuangan untuk si kecil tidak hanya s.d +, tapi jg menjaga stamina & asupan gizi. Karena itu, surga di bawah telapak kaki ibu,y… 🙂
    Actually, sya khawatir dg kondisi kehamilan, krn sya hrs masuk kantor. Apalagi kmrn stelah 2mggu full masuk kantor, koq ada flek. Jg smakin khawatir, krn pd saat di ktr, sya baik2 sj, hanya kl mual & pusing udh maksimum, terpaksa tiduran di musholla 1-2 jam…
    Mendengar cerita, ada kehamilan, yg tidak terasa kegugurannya, sya jd semakin khawatir..
    Dg berdo’a, menjaga asupan gizi & selang seling masuk kantor, semoga kehamilan sya dilancarkan hingga proses persalinan nanti,y…
    Ow,y, tdk lupa saran mba Erni, u/ berpikir + & always jaga mood baik (sya pd saat hamil ini jd lebih sering ketawa & senyum, pengennya agar si baby gk moody kyak ibu-nya, hehehe…)…
    Once again, tx a lut,y, mba Erni…
    Semoga diberi kelancaran hingga proses persalinan nanti… 🙂
    Bwat calon2 bumil & bumil, tetep semangat,y… 🙂

  44. erni rizal

    5. Karena mbak kerja, mungkin saya gak bisa kasih masukan dengan tepat, untuk menjaga proses kehamilan hingga persalinan. Karena saya sendiri sudah off kerja. ..

    Tapi sedikit yang bisa saya bagi, perbanyak asupan makanan. Gak mudah memang, terutama di trimester pertama. Mungkin bisa diganti dengan buah atau makanan yang memang mbak suka. Sedikit tapi sering. Kurangi makan makanan panas, instant, kopi, teh (kalau sehari segelas, katanya boleh-tapi saya sendiri kalau kepingin banget cuman 1 sruput teh aja).

    Kalau gak mual, rajin minum susu bumil, dan susu kedelei buat protein perkembangan janin. Kalau mual, minum susu biasa saja tapi yang sudah dipasteurisasi.

    Jangan lupa minta vitamin dan kalsium dari dokternya, untuk melengkapi kekurangan asupan gizi. Untuk meningkatkan protein perkembangan janin, rajin makan putih telur, atau makan ikan (gindara, tuna, salmon, kakap-pilih salah satu), bubur kacang hijau.

    Sempatkan istirahat dan tetap berfikir positif, bisa berpengaruh juga kepada kesehatan ibu dan janinnya.

    Kalau sempat, tekuni hypnobirthing mbak. Itu semacam pemberian sugesti positif kepada ibu hamil supaya bumil tetap relax, dan tenang menjalani masa kehamilan. Bisa beli bukunya di Gramedia (ada CD nya) atau ikut kelasnya ..

    Tetap semangat ya mbak .. makasih sudah mampir ke multiply saya. Semoga bisa menjadi penyemangat bagi mbak ..

  45. tania

    Hi mbak Erni,

    trimms ya infonya yang super lengkap…

    mbak mau nanya dong, varikokel itu mesti di operasi gak ya (menurut pengalaman mbak Erni)?. saya ada baca di postingan orang, kalo banyak yg gak berhasil hamil alami juga setelah operasi, mending uangnya dipakai buat nambahin program bayi tabung?. bener gak ya??? soalnya suamiku juga kena varikokel dan disarnkan untuk operasi.

    thanks banget mbak infonya.

  46. erni rizal

    halo mbak tania ..
    Suamiku juga kena varikokel. Tapi dilakukan operasi di rs husada. Perubahannya jelas terlihat sih dari hasil lab, jumlahnya makin bertambah yang bagus.

    Tapi itu dikembalikan lagi kepada pasangan masing masing. Karena secara normal pun insem, saya belum beruntung hamil ketika itu, setelah operasi varikokel. Baru setelah BT, Tuhan menjawab keinginan kami.

    Mungkin bisa dikonsutasikan dengan dr kandungannya, apakah dengan jumlah sperma yang ada sekarang (yang aktif bergerak dan menyerang), cukup untuk membuahi beberapa sel telur ketika proses ICSI kelak. Bila cukup, bisa dipertimbangkan untuk mengalokasikan dananya buat program bayi tabung.

    Namun bila memang diperlukan tindakan operasi untuk perbaikan jumlah sperma yang aktif bergerak dan menyerang, mungkin ada baiknya untuk melakukan operasi.

    Mudah mudahan ini bisa membantu.

  47. tania

    Dear Mbak Erni,

    trims ya infonya, sama banget loh sama kata-kata Dr. Karel tadi malam..aku gak sabar pengin hamil, jadi sekarang lagi aktif mencari Dr. yang cocok.. Dr. Karel sich tadi lebih menyarankan kalau mau segera punya anak “ya langsung bayi tabung saja”…ada info mengenai keberhasilan Dr. Karel mbak?

    aku doakan mbak erni dan baby tripletnya sehat sampai persalinan tiba..duch senengnya..kapan ya keajaiban itu tiba di saya?????..

    Best Regards,

    Tania

  48. erni rizal

    makasih doanya mbak. Semoga keajaiban itu juga menjadi milik mbak segera ya .. aamiin ..
    Insya Allah berkat perjuangan dan kesabaran mbak menerima ujian ini dengan ikhlas dan sabar, Tuhan segera membukakan jalan kemudahan bagi sebuah impian terindah bagi calon ayah dan bunda yang tengah menanti.

    Saya pernah baca kok keberhasilan dr Karel di web bayi tabung ini juga. klik link ini: http://bayi-tabung.com/bayi-tabung-15jt-berhasil-hamil-kembar-sharing-ros/

    Plus teman saya juga tengah berencana berobat dengan dr Karel, karena tetangganya (entah siapa namanya) berhasil kembar bayi tabung dengan Dr Karel.

    Coba googling aja mbak .. pasti banyak kok ^.^

  49. Dillah

    deat tania..

    aku jg skrg lg program BT di dr.karel stlh bln kemrn gagal insem.. masalah ku jg ada pd suami oligo tera, kl varikokel itu apa ya?

  50. tania

    Dear Dillah,

    menurut dokter urologi dan info dari internet, kalo varikokel itu adalah seperti varises pembengkakan pembuluh darah di pria. Nah yg saya tidak tahu adalah apakah varikokel itu sangat spesifik mempengaruhi kualitas sperma. karena kalau dilihat dari pengalaman orang yang sudah menjalankan operasi varikokel, kualitas spermanya juga tidak kembali normal.

    Dear Mbak Erni,

    mbak Erni, minta saran dong… setelah kemaren memutuskan bayi tabung di BIC Dr. Ivan, menurut info yang mbak erni dapatkan, tingkat kerberhasilannya berapa persen ya mbak?.

    Best Regards,

    Tania

  51. Ina

    Mba Dillah,
    Gimana program dengan Dr Karel nya ? Kasus kita sama deh kebetulan suami ku OAT apa bisa ya berhasil dengan BT dan di kasih obat apa ?

    Thanks
    Ina

  52. olivia bangun

    hi… mb erni salam kenal… senang banget membaca smua kebaikan mbak berbagi informasi dan semangat buat kami… 🙂 thanks bgt ya infonya sangat bermanfaat buat saya terutama, karna saat ini saya dan suami sangat merindukan kehadiran buah hati… 5 tahun lebih menantinya, dan ud konsultasi dibeberapa dokter… terakhir saya ke rs awal bros batam, dilakukan usg transvaginal.. ditemukan polyp di rahim sebelah kanan, dokter menganjurkan untuk kuret… takutnya luar biasa, ampe kepikiran… mohon infonya ya mb.. apakah kuret harus dilakukan supaya saya bs hamil ? kondisi suami sampai saat ini baik2 aja… pengen sih mencoba BT, tp saat ini saya dan suami bekerja di kota y berbeda, ketemunya seminggu sekali…dan saya belum bs cuti panjang… sebelumnya terima kasih ya mb… atas saran dan masukannya …

  53. Nuraini Antony

    Salam kenal teman-teman, senang dan terharu membaca beragam kisah di web ini, mungkin diantara teman-teman ada yang pernah tau/punya pengalaman bagaimana untuk wanita usia 40 thn ke atas (saat ini usia saya 41) apakah kira-kira dokter masih menganjurkan utk ikut BT, saya terakhir ikut insem di Harkit Jkt pd usia 30 thn (usia pernikahan 5 thn), tapi gagal, setelah itu saya mengadopsi anak dan mengalami berbagai macam masalah rumah tanggal yang mungkin salah satu penyebabnya ya karena blm punya momongan sendiri, dari masalah orang ke-3 merembet ke masalah keuangan, dsb, sehingga di waktu-waktu itu saat usia saya masih lebih muda tidak memungkinkan untuk ikut BT, alhamdulillah saat ini kondisi keluarga saya sudah tentram dan punya biaya (walaupun juga tidak berlebih”an) utk ikut BT, tapi sayang usia (terutama saya yang wanita)sudah 40an, masih ada kesempatan apa nggak ya untuk saya ??

  54. Mackay

    Dear all,
    Salam kenal buat semuanya, senang rasanya membaca berbagai pengalaman2 yg berbeda2.
    Kebetulan sy juga ikut program ICSI dgn dr. Ivan (RS. Bunda) kami ikut program ini krn suami sy sudah di vasectomi sehingga kami memutuskan utk BT.
    Singkat cerita.. Setelah melalui masa2 persiapan, sedot telur dan PESA/TESA, sy sudah ET pd tgl 23 juni 2012 ( tepat pd tgl pernikahan kami yg berumur 5 th) dengan memasukkan 2 embryo dan 3 hari setelah ET sy diberikan tambahan suntikan pregnyl 1500 krn E2 turun, dan tibalah 2 minggu setelah ET, waktunya tes kehamilan, bhcg sy hanya 25.30 dan hasilnya negative, tetapi menurut keterangan dr. Agustine didlm darah ditemukan kehamilan chemical dimana terdeteksi kehamilan akan tetapi perkembangannya sangat lambat, karnanya sy diberikan tambahan suntikan pregnyl 1500 seminggu 2x agar tdk terjadi keguguran dan diharapkan embryo berkembang dan tes kehamilan kembali minggu depan. Sy hanya berdoa semoga ada kesalahan dr org laboraturium dan sy dinyatakan hamil, krn sampai hari ini tdk ada flek2 sama sekali dan sudah seminggu terlambat datang bulan jg. Tetapi Sy hanya pasrah dan berdoa kepada Allah yg terbaik.
    Apakah ada teman2 yg punya pengalaman seperti sy dan berhasil??

  55. Wida

    Asslkm, teteh erni, selamat ya atas kehamilannya, semoga di berikan kelancaran sampai proses kelahirannya. amin. oia teh, klw boleh tau berapa kisaran biaya bayi tabung di Rs. Bunda ?
    terima kasih ya atas infonya

  56. Nelly Apriani

    Dear All,

    Mohon infonya mengenai biaya untuk proses tabung berapa yach…saat ini saya sedang dalam fase putus asa karena sudah lebih dari 9thn mencoba dan mencoba segala cara tetapi belum berhasil. Ada keinginan untuk bayi tabung tapi terkendala dengan biaya dimana yang saya dengar dari beebrapa teman, biayanya lebih dari 100jt,

    Terima kasih atas bantuannya.

    Sala kenal,
    Nelly

  57. Jeng Rini

    dear Nelly, jangan menyerah, sy saat ini sedang hamil 5 bulan, kembar 2, hasil bayi tabung di rs abdi waluyo dengan dr karel, utk biaya tidak semahal itu, sy dr awal sd positif total sekitar 45jutaan. namun sblm dan selama program memang sebelumnya sy pernah riwayat laparoskopi, 7 thn menikah usia 35 thn, blm pernah hamil alami, inseminasi 1x gagal. nah sejak itu saya rubah pola hidup saya, sy rajin berolah raga, lari, berenang, sepeda, hindari makanan berpengawet terutama nuget, sosis, bakso, dan ayam broiler. sy hanya makan ayam kampung dan ikan. perbanyak makan sayur apa saja, buah2 wajib tiap hari 3 jenis yg berbeda, kurangi nasi dan gula, makan putih telor dan kacang hijau. alhasil badan jadi sehat bugar. oiya rajin juga minum jus wortel, tomat, apel. jika saat ini mbak dan suami berniat program, harus bersiap jika gagal, dan harus disiplin untuk menjaga badan terutama pola makan dan istirahat yang cukup. semoga lancar programnya dan sy doakan semoga berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*