Bagi pengalaman dunk yang da pernah laparoskopi – Viney

Hi..salam kenal.. sy da 4 th blm pny anak dl pernah 2x hamil yg pertama dokter bilang BO, yg kedua br maret kmrn dikuret hamil kembar tapi dokter bilang janinnya meninggal didalem dan sy tanya kok bs spt itu? dokter bilang ya ini kemungkinan bibitnya sj yg ga bagus.

Stlh kejadian kuret maret kmrn akhirnya sy googling2 ttg bayi tabung ketemu d web ini, byk ya yg program bayi tabung dg dr ivan, akhirnya sy br minggu kmrn konsul ke dr ivan, dr ivan sih org nya enak buat diajak konsul, dia mau liat smua data treatment yg sy bawa pdhl banyak banget lho he2 maklum selama 4 taon da kebbrp dokter.

Sy penderita PCO dan dl pernah HSG hasil HSG menunjukkan rahim sy terbalik, sal tuba fallopi sebelah kiri mampet, tp stlh dicek ke bbrp dokter ternyata rahim sy tdk terbalik sy jg binggung, kmrn sy tanya lagi ke dr ivan utk meyakinkan bener ga sih rahim sy ga terbalik, ternyata bener ga terbalik dan dr smua dokter cm dr ivan yg meyakinkan dan menjelaskan dr hsl usg di tv kalo rahim sy normal kok ga kebalik.

Sy disarankan melakukan hsg ulang atau laparoskopi sj, dan sy tny ke dr ivan, lebih baik mana, dr ivan sih blg lebih baik laparoskopi krn sy bs liat langsung, kalo HSG soalnya cm ro foto dan hasilnya ya gt d bisa positif palsu krn wkt HSG qta tegang.. hiks2 takut banget nih mau laparoskopi,smp ga bisa tidur hehe..

Bagi pengalaman dunk yang da pernah laparoskopi, biar tambah mantep ni buat laparoskopi, suami soalnya msh ragu dia takut karena ini tindakan operasi, sy mau tanya dunk, kalo laparoskopi persiapan apa aja ya yg perlu dilakuin? mending yg langsung pulang apa nginep ya? soalnya dr ivan blg kalo bs yg langsung plg biaya lebih murah atau yg nginep.. sakit bgt ga sih abiz laparoskopi? sakit nya brp lama? soalnya deg2an banget.. he2 trs abiz laparoskopi brp lama bs aktivitas kembali? maklum keknya ga bs off kerja, oh ya abiz laparoskopi ga blh langsung hamil ya? brp lama stlh laparoskopi blh bayi tabung? soalnya kemarin dr ivan bilang abiz laparoskopi byk yg hamil normal lho, atau kalo mau langsung bayi tabung jg boleh.. karena ideal nya program bayi tabung itu laparoskopi, tq ya smua sory cerita nya kepanjangan.. smoga pengalaman kalian bisa membantuku, god bless..

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...

41 thoughts on “Bagi pengalaman dunk yang da pernah laparoskopi – Viney

  1. rina

    Hai mbak..salam kenal…
    Aku tahun kemarin juga laparoskopi di dr.budi wiweko..
    Persiapannya gak terlalu komplex kok..pertama kali dtg aku lgsg diperiksa dan disuruh untuk operasi minggu depannya..
    Antara takutt dan ragu tapi juga penasaran aku kenapa..hehehee..
    Akhirnya minggu depan setelah berunding dengan suami dan orang tua diputuskan aku operasi..
    Minggu depan aku dtg lagi satu hari sebelum operasi buat ketemu dokterr anestesi..beres semua aku lgsg masuk kamar. Nunggu buat bsk pagi jam 8 dioperasinya.
    Sekitar jam 10 pagi aku beres operasi, sadar jam 13..lumayan teler yaa..hehehehe
    Alhamdulilahnya selesai operasi aku gak kerasa sakit,mual,muntah,pusing…
    Hari senin siang aku boleh pulang..jadi dr hari jumat sampe senin aku dirawat, krn untuk plg hari minggu gak bisa,soooo nunggu dokternya deh..
    Dicoba aja ya mbk…semoga sukses operasinya

  2. Lina

    Hi Viney…
    Kebetulan dulu saya juga punya kasus mirip2, keguguran sampai 3 kali. Setelah beberapa kali pindah dokter, akhirnya sama dokter kandungan yang terakhir dirujuk ke dokter spesialis darah (hematolog), Prof. Karmel yg di RS PGI Cikini. Setelah periksa darah, ternyata saya ada ACA (darah kental yang menyebabkan pasokan makanan ke janin berkurang). Setelah diterapi, alhamdulilah kehamilan saya berikutnya lancar. Jadi selama hamil saya konsulnya ke dokter kandungan dan dokter darah. Kalau boleh kasih saran, mungkin sebelum tindakan operasi dll, baiknya periksa darah dulu.
    Salam.

  3. widya

    Halo Viney.., laparascopy itu gak terasa sakit sesudah operasinya, sayatannya juga minim sekali. Operasi juga cepet dan yg lebih penting bisa dilihat apa yg salah didalam, kalo cuma hsg gak bakal akurat. Aku juga hamil alami setelah 5 bulan laparascopy ๐Ÿ™‚ bulatkan tekat, maju terus ya dan good luck!!

    Salam, widya

  4. Nia

    Hi Mba Rina,

    Menurut teorinya..laparscopy adalah operasi kecil, sayatannya juga kecil..aku baru habis laparscopy satu bulan yang lalu. Persiapan mental memang sangat utama, terutama suami. Karena walaupun operasinya tergolong kecil tapi persiapan mental memang dibutuhkan…apalagi buat kita2 yang takut sama operasi. Operasi Laparscopy di RSUP Sardjito Jogyakarta tergolong sangat cepat…(maaf belun coba ditempat lain), dokter dan perawat semuanya pada friendly. Biasanya kita di beri informasi dan dicarikan jadwal kapan bisa operasi, karena dokter hanya bisa menanggani dua pasien setiap hari. Operasinya pun nga lama, tergantung kondisi pasien dan seberapa besar tindakan yang dibutuhkan. Operasi saya tergolong cepat, mungkin karena sebelumnya dokter telah memberi obat persiapan…hanya sekitar setenggah jam..biasanya kata dokter 2 jam…habis operasi biasa sakitnya minta ampun..tapi akan membaik dengan antibiotik..dan kita harus instirahat yang cukup…karena kami tinggal diluar kota maka harus tinggal untuk beberapa hari, tapi untuk yang tinggal dijogya kata dokter boleh langsung pulang dan pemulihan dirumah…..operasi ini kata Dokter adalah tindakan yang harus dilakukan untuk mengetahui pasangan yang sudah menikah lama tapi belum mendapatkan keturunan….mudah2 setelah laparscopy kami akan dianugrakan momongan…namun kalo tidak berhasil, kami akan melakukan BT sekitar Desember dirumah sakit yang sama. Inti dari semuanya, kita tetap semangat dan tidak terlalu stress..dibawa rileks ajach..niscaya semuanya akan baik-baik ajach….selamat mencoba…

  5. wati

    Salam kenal yach,

    m…..boleh ty gak, kl dr critanya kayaknya viney org sukabumi bukan? Aku pernah laparoskopi/LO dg dr IVan. wkt itu jadwal LO ku pagi jam 6,n aku dtg ke rs bunda jam 12 malem, ke bagian kamar bersalin utk nginap sekalian persiapan di situ biar gak kenacas kmr gt. Pas LO di bius total, krn tdk ada kelainan yg berarti LO ku cuma 30mnt udah kelar, tp kl ada kelainan kayak endometrosis biasanya lama krn sekalian dibersihin. Buat LO dibuat 3 sayatan, 1 di puser, n yg dua lainnya di perut bagian kanan n kiri kira 1-2cm gt,tujuannya buat masukin camera, penjepit, ama kauter. Habis LO aku lgs ambil kmr perawata ODC/ONE DAY CARE sehari cuma 150rb, trus jam 7 malem aku pulang. Kl abis operasi gak sakit, tp besoknya baru berasa panas n nyut2an di bekas jahitan sayatannya gt. O iya kl ada perlengketan nanti susternya lgs dibuka perlengketannya n di ksh obat biar gak lengket, hrg obatnya 2jutaan. Kl mau lbh murah emang ODC, tp tergantung pasienya sanggup gak plg hr itu jg tp mlm, biasanya ntar kl bangun pertama masih berasah pusing efek obat biusnya, tp besoknya dah ilang. Krmn aku transfer embrio beku stlh 3 bln LO n positif hml bulan desember 2011, juli 2012 aku lahiran. Menurutku, mending LO aja, walaupun costnya lbh muahal krn lg lengkap gt. slamat mencoba, smoga cepet hamil lg yach.

  6. mei-mei

    dear all…….

    selamat malam dan salam kenal.

    saya mei-mei..
    .saya dah 2kali gagal BT, rencanaya saya mau LO..kira2 biayanya berapanya..
    makasi…

  7. wati

    Salam kenal buat mei-mei,
    Kl aku lg di RS bunda taon lalu yg jd operatornya dr Ivan abis 19jtan. Itu aku cuma pake kmr ODC aja.KL paketnya krmn 21jt tp bukan kmr ODC. Kl di tmpt laen kayaknya lbh murah gt.

  8. mei-mei

    dear wati…..

    mahal juga ya klu LO..hbs LO apa kita bisa hamil secara normal… rahim aku posisinya kebelakang,apa dgn LO bisa dibuat normal ya..

    makasi ya wati..

  9. via

    hi viney

    saya pasien dr ivan juga, udah LO nov taon lalu, abis 30 jutaan yang kamar perdana. Check in hari Kamis malem, operasi jam 5 pagi, selesai jam 7 pagi. Abis operasi tekanan darah saya naik turun gak karuan jadinya lama di ruang pemulihan, gak ODC dech. Bener kata Wati, kalo gak ditemukan apa2 cepet, kalo kasus saya karena memang udah tau mau angkat endometriosis di indung telor kanan jadinya lama sampe 2 jam. Kondisi badan tiap orang beda-beda yach jadi gak bisa digeneralin akan kayak apa LO nya. Tapi pada dasarnya bius total, abis operasi perutnya berasa bloated karena kan dimasukkin udara untuk gembungin perut, but in the end, problem solved. Januari kmrn saya langsung BT, skrg hamil, lagi nunggu waktu brojol.

  10. wati

    To Mei-mei : Kl buat balikin posisi rahim blompernah denger, tp kl posisinya agak kebelakang krn ada perlengketan mgkn masih bs ya. Krn kl LO itu bs buka perlengketan.Kl hml normal aku pernah baca di web ini ada yg bs hamil normal. Boleh tau gak gagalnya krn apa?. Kl aku jg pernah gagal 1 kali tp sebabnya gak jelas makanya di sarani buat LO, tp stlh LO jg gak ditemukan kelainan yg berarti. Stlh itu aku ty soal ACA(kekentalan darah) n ASA(alergi sperma). Trus aku di srh cek ACA, hslnya ternyat positif intermedite gt. And ET keduaku hslnya positif gt.

    Salam kenal buat Via:
    wow…muahal jg yakk LOnya kl ada endometrosis, biaya hmpr sama biaya lahiranku dg paket kelas perdana. O iya …slamat ya atas kehmlannya, smoga lancar ampe lahiran. Kmnrn bulan juli 2012 aku lahiran baby twins dg dr Ivan abis 38jt pake kelas perdana, tdnya mau kelas utama, tp pas masuk ternyata penuh so terpaksa pake yg perdana npas hari ke 3baru kosong kamar utamanya,tp krn lbh sempit n dorongan babynya 2 jg, aku tetep lanjut di kelas perdana itu, so semua biaya operasi n yg laen2 jd di itung kelas perdana dech dr awal gt.

  11. mei-mei

    dear wati……

    selamatya atas kehamilannya…

    kegagalan bayi tabung saya juga gak jelas…dokter saya bilang embrionya gak mau nempel dirahim… padahal 8 embrio saya smuanya excelent..

  12. ina

    hi viney,
    kalau pengalaman sy LO di bunda dgn dr indra anwar, saya datang pagi jam 6, kemudian persiapan operasi, dan tindakan dimulai jam 10pagi, selesai sekitar jam 12an, memakan 2 jam lebih karena ada endometriosis yang walau kecil2 sekali tp sekalian dibersihkan. Setelah sadar dan pindah ke kamar tidak ada rasa sakit sama sekali. Hanya menjelang sore memang terasa bloated, saya pilih untuk menginap 1 malam. Malam harinya agak susah tidur karna perut kembung, gak nyaman dan maaf.. rasanya lega setiap buang angin..hehe. Dan saya tidak makan malamnya, hanya dari infus saja. Besok paginya baru lepas infus dan mulai jalan. Tetap gak ada rasa sakit kok dari 3 sayatan kecil operasi. Siangnya saya sudah pulang. Saya LO Oct’11 habis sekitar 19-20juta dengan kamar kelas III kalau gak salah, anyway kamar yg untuk 4 orang tp untung hanya terisi 2 pasien jd nyaman2 aja, toh cuma 1 malam.
    Gak usah terlalu khawatir ya Viney, goodluck ๐Ÿ™‚

  13. wati

    To mei-mei:
    Aku tes ACA Ig G & Ig M. Ig G ku nilainya 54 n Ig M ku 18mei,dah yg di lihat itu yg Ig M krn itu menggambarkan keadaan saat kita priksa, kl Ig G itu menggambarkan kejadian yg udah lalu gt. Dah nilai 18 itu termasuk yg intermediate, normalnyakl gak salah di bwh 12 mei,tp kl kita priksa di prodia biasanya nilainya cuma satu n gak ada pembagiannya gt n lbh mahal hmpr 2kali lipat kl priksa di RS PGI cikini.Kmrn aku priksa disitu ACA Ig G n Ig M totalnya 500rb kurang dikit gt. Aku priksa ke situ krn di ksh tau temenku yg pernah priksa jg. Kl boleh tau py mei-mei brp nilainya?

  14. mei-mei

    dear wati….

    sebelumnya makasi infonya..
    mai blm tes lagi.rencananya mau tes.tp tes nya cuma ada dpodia.klu dpodia ACA IgG n igM total 1juta..rencana kami mau lakuin BT lagi ..tp bingung mau periksa apa aja..takut gagal lg..

  15. wati

    to Mei-mei:
    Masih manusiawikok kl takut gagal lg, kmrn aku jg pas mau ET kedua jg harap2 cemas,gak tau mau buat apa lg kl masih gagal. Cuma selama break 3bln stlh ET yg pertama aku bener2 blengger dg menuku every day, dari susu bumil, putih telur, madu, salmon, juice buah,vitamin bumil, obat pengencer darah, pokoknya menunya bener2 bikin perjuangan ngabisinya. So tetep semagat bu,sapa tau rejeki itu datang ditaon ini yaaaaaa.

  16. Dini

    @Nia
    Di Sardjito (permata hati) dengan dokter siapa?tolong rekomen ke saya karena saya rencana mau LO di Sardjito juga.Kemarin saya tanya biayanya 13 jutaan,apa bener Nia biayanya segitu? Trus Nia jadi BT Desember kemarin.Thanks a lot,gud luck

  17. denok

    @Nia.. halo mba nia salam kenal.. pertanyaan sy sama spt mba dini.. mba dulu ditangani oleh dr.siapa mba..?

    @dini.. mba mau LO jg..? rncn kpn mba.?

  18. fenny

    hello mbak2, salam kenal.
    saya dan suami dlm waktu dekat ini berencana akan test/terapi/program kehamilan. kami domisili di medan.
    selama ini saya belum pernah sama sekali ikut test/terapi kehamilan. klu memungkinkan maunya mid feb 2013.
    Bisa kasih info / saran, klu di medan bagus nya di mana? atau klu di jakarta di mana?
    mana yg lbh baik \, ato di penang?
    mohon saran / masukan/ info dari mbak2 yang sudah pernah ya.
    terimakasih banyak mbak

  19. christina

    hello mba2 semua, salam kenal …..

    saya sudah 3th menikah dan dokter katakan ada kista endo, ud disuruh LO sama dokter, lagi cari2 dokter yang bagus buat LO …. apa ada refrensi dari mba2 semua ? tks yah

  20. Lulu

    Haii..salam kenal smuaaa..

    @mb Dini..maaf yaa..ikut ngebantu aja. Aku tgl 22 Jan 2013 kmrn abis LO di Sardjito Dr Widad SPOG (k). Emank bener kira2 abis segituan..setauku sich 15-20 jtan kalo di Sardjito. 13jt itu mgkin yg One Day Care.
    aku kmrn abis 19-20jt udh yg paling tinggi krna dpt suite room. nginep dua mlm. Kalo di kelas I kayaknya sekitar 15jtan mba…
    Oh ya, dr Widad pasiennya banyak banget,,jd klo LO sama beliau nunggu sampe bbrp bln..kmrn aku aja daftar bln nopember baru dpt januari. trus pas aku LO tgl 22 jan kmrn ada yg daftar kosongnya baru dpt tgl 4 Maret katanya…full banget krna dokternya sabar n teliti banget..

  21. denok

    @Lulu… haloo mba, salah kenal ya.. wah infonya membantu bngt. kebetulan aq mau LO, tp blm buat jdwl ke sardjito.
    dr.ku juga dr.widad, wah klo aq baru ke sardjito feb.ini, kemungkinan aq dpt jdwl bln april ya :(:(
    mba boleh minta email/ym nya ga..?? pngn nanya2.. makasih.
    email ku : denok_tea@yahoo.com

  22. Lulu

    @mb Denok.. Iya mba..aku suntik tapros selama 4 bln krna kista endoku banyak n kecil2 plus ada mium jg..jd ngikutin saran dokter ajalah..krna udh lama jg berobat sampe akirnya mutusin LO.
    btw mb denok sdh lama kah jd pasien dr widad?
    oh ya, saya jarang ol ym sebenernya mba..klo ada pin bb boleh nich.. ๐Ÿ™‚

  23. denok

    @mba lulu.. Aq blm lama ama dr.widad mba.aq jg diksh ?ยช? tmn ku. Oiya, ini pin ku 26892E76.. Tlg add yรฃ mba. ๐Ÿ™‚

  24. juli

    Hai ?M?ยชkยฐ semua salam kenal..aku juli..bulan feb ini aku rencana mau konsul ke PH sardjito krn kmrn hasil HSG-ku ada masalah..kalo gak salah nti disarankan LO..bisa kasih masukan ?M?ยชkยฐ utk persiapan nya ndak ?a?makasih

  25. CC

    Hi mbak july,
    Sudah jd LO? Saya baru kamis kmrn LO di rs bunda dgn dr irham, biayanya sekitar 27 jt utk kamar kls 3 krn full semua kamarnya, rasanya setelah LO perut gak enak krn blm bisa BAB, sementara perut membesar krn diiberi udara dan cairan saat operasi, lbh sakit krn sy ada pelengketan usus kiri bawah, jd skalian di beresin. Hopely bbrp bulan kedepan bs hamil spt temen2 disini ya…

    Ada yg tau cara bikin perut lbh nyaman setelah LO?

  26. caca

    Salsm kenal semua,
    mau tanya dong kl abs LO biasanya ada pantang apa ya? Dan pasti suntik tapros atw gmn ya?
    Mba CC aku jg rabu kmrn br LO, ada perlengketan jg di usus dan rektum sedikit, kl aku disuruh byk jln/gerak biar perutnya enakan, enak sih jd kentut2 hehe. Tapi aku jg deman sbntr n sedikit flu, ktnya sih wajar kl abs operasi jd flu atw batuk, mba CC ngalamin jg ga?

  27. lina

    Hi sis,, saya juga Desember 2013 baru LO di Rs Darmo surabaya, Gak semua kasus Setelah Lo harus Suntik Tapros,, klo hanya miom seperti saya gak perlu tapi klo ada endo n kista harus pake tapros mb,, sekarang saya off dulu program baby nya ampe 6 bulan, ni lagi diterapy obat kb Diane ama asam folat… Seminggu setelah selesai Lo saya sudah Bisa aktifitas normal karena saya bekerja walau agak terbatas…
    Jadi gak usa takut, hanya saran saya Pikirkan dengan Cermat Sepenting apa tindakan itu,,, saya Kemarin memeutus kan Lo mau sekalian Periksa Tuba karena Hasil HSG buntu kanan kii, tapi waktu LO dr nya Periksa lagi, PUJI Tuhan Tuba Palopi Kanan kiri Lancar,, jadi Bisa Hamil Alami..

  28. lulu

    Hai mba2 semuaa.. tetep.semangat yaa..
    Nggak semua yg abis LO hrs tapros. Tergantung seberapa besar masalahnya. Aku kemaren pas LO ditemukan mium+endometriosis+kista juga ada perlengketan. Pasca LO terapi tapros.. dan syukur saya langsung bisa hamil alami setelah tapros selesai. Sekarang tinggal menghitung minggu menunggu kelahiran. Semoga segera nular ke mba2 semua yaa…

  29. rima

    Hai, salam kenal , perlu info pengalamannya nih, saya baru selesai laparoskopi kista, perut berasa begah dan belum bisa bab. Pakai apa ya ? Atau harus ngapain nih biar cepat pulih, karena rencana utk embryo transfer juga terimakaaih

  30. Lulu

    Hai mb novia..
    Diagnosanya apa ya mba? Infertilitas apa ada kista? Sepertinua klo infertilitas tdk bisa..
    Asuransi yg dimaksud bpjs bukan ya? Tmn saya ada yg pake bpjs di sby bisa lo. Tp mnrt saya agak diperlalukan beda ya.. dia ngga mendapatkan keterangan yg jelas dan pasti mengenai hasil LO nya..

  31. lestari

    salam kenal semua
    aq bln november kemarin habis LO&laparatomi kista coklat di sardjito. sekedar berbagi info ya smg bermanfaat. kmrn rencana awal aq cm mau LO d sardjito dengan dr. M. Nurhadi R. S.pog (panggilannya dktr Adi),sebelumnya sdh bikin janji dulu ya soalnya kalo nggak bikin janji susah ketemu sm dokter Adi. persyaratan buat operasi udah beres, tanggal 13 pukul 9.45 aku sdh berada d ruang operasi dan pukul 13.30 aq dibangunkan oleh seorang dokter anestesi kalo operasinya sdh selesai. dan pas aq liat perut ternyata sayatannya ada 3, 1 d puser(1cm), 1 lg di samping kanan (2cm) dan 1nya lg kayak operasi secar (15cm).ketika itu suami langsug cerita,klo td wkt operasi berlangsung ternyata kistaku lengket sekali, kahirnya dktr Adi memutuskan untuk laparatomi jg biar kistanya bersih maksimal. alhamdulillah operasinya aq tdk keluar biaya, ditanggung bpjs semua (17jutaan) . ini skrg br mau terapi endrolin, tp aq krg tau untuk suntik endrolin ini bs tercover bpjs tdk. klo aq ada yg tau mohon infonya yaaa….
    sekedar masukan, kalo mau operasi sy sarankan pilih rmh skt kelas A karena semakin banyak yg tercover bpjs.

  32. Yemima yulia

    Halo salam kenal mba lestari , sya juga mengalami pcos dan disarankan untuk LO oleh prof tedjo di klinik sekar moewardi solo. Setelah menjalni LO bagaimana hasilnya mb? Apakh betul pco itu bisa balik lagi.

  33. Pipit

    Dear bunda2,

    Saya sudah menikah hampir 5 tahun, promil terakhir sy disuruh LO karena menurut dokter ada pelengketan di sebelah kanan. Saya konsultasi dengan dr. Nanang di sidoarjo..kira2 untuk biaya LO di RSUD sidoarjo brp ya bun? menurut bunda sy langsung LO atau perlu mencari second opinion . Terima kasih ya bunda

  34. Farah

    Saya juga mau share pengalaman LO ya bunda. Sy baru minggu lalu LO di RS Bunda Margonda (daerah Depok Jawa Barat) krn ada pelengketan di tuba kiri dan pcos. Secara umum, prosedurnya hampir sama seperti yg udh diceritain bunda2 sebelumnya. biaya untuk kelas 2 sdh sampai 37juta ditambah biaya lain jadi total 40juta. Skrg dlm masa pemulihan belum bisa aktivitas normal, ditambah batuk pilek jd semakin sakit bekas jaitannya. Semoga setelah ini bisa program alami dan dpt momongan ๐Ÿ™‚

  35. riri

    bunda lulu : lo di sby dg bpjs pake dokter siapa dan di rs mana ya?

    bunda lestari : gmn pengalaman lo dg dr nananf di sidoarjo?apakah skr sudah berhasil hamil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*