Bagaimana sikap setelah ET dan jaga kehamilan – Sri Lawyer

Hi semua, salam kenal ya. aku jg ingin berbagi sama kalian tetang pengalaman BT.

Aku sedih banget karena 3 hari yang lalu aku keguguran padahal aku dinyatakan hamil dr hasil test darah HCG hampir 200 dan dr aucky hinting memperkirakan kehamilanku kembar padahal sudah positf 5 minggu, kegagalan ku kali ini menurut dokter karena hormon progesteronku rendah (22) padahal sudah dikasi obat dan suntikan penguat tapi gak mau naik mungkin karena stres/terlalu mencemaskan kehamilan aku takut salah makan.

Aku sering cemas kalo salah cara tidur krn kata teman2 yg berhasil tidurnya sampai 3 bulan harus telentang jangan miring, juga gak boleh ngeden padahal aku selama kehamilan ini sembelit terus walaupun sdh makan pepaya banyak, gimana gak kepikiran.

Aku jadi was2 n khawatir aku pengen menjaga dengan baik agar bisa slamat sampe lahir krn kali ini aku ikut program bayi tabung yg kedua, yg pertama gagal/tidak hamil, dr pengalaman 2 kali gagal ini aku rasanya trauma banget mau ikut program yg ke 3 kali lagi walaupun aku tau ada teman2 yg berhasil stlh beberpa kali mengulang lagi di SILOAM HOSPITAL SURABAYA tempat ku program BT.

Aku pengen teman2 yg sudah berhasil hamil BT bisa kasi saran gimana seharusnya bersikap setelah embrio dimasukkan, haruskah tidur tlentang trus, makan jg tdk boleh vitsin, n tdk boleh ngeden krn bisa jatuh? trus gimana kiat2 biar gak jenuh tinggal dihotel/penginapan biar gak bosan/gak stres slama progaram Bt, krn aku tadinya stlh dinyatakan positif hamil mau tinggal 3 buln di sby stlh melewati masa rawan 3 bulan br kmudian pulang kerumahku di Lombok, gimana juga caranya ngatasi stress pasca kegagalan ini, aku sampe skrng msh kadang2 nangis, sedih dgn kegagalan ini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...

15 thoughts on “Bagaimana sikap setelah ET dan jaga kehamilan – Sri Lawyer

  1. yunie

    hi sri,salam kenal juga
    kamu tidak sendiri disini,aku sudah 4x BT disydney,pertama gagal,kedua hamil,ketigal hamil and ke-4 gagal walaupun tdk keluar darah tapi HCG nya “blank”
    klu diklinik ku kita tidak ada saran apa2 ttg after ET,hanya diminta istierahat banyak saja,
    smua ibu hamil pasti banyak saja keinginan yg kita mau tetapi kita tidak akan dpt melakukan itu smua dgn sendiri,setahun pas aku ikut BT selama 4x ku lewati hari demi hari sedirian disydney,banyak temen yg ingin membantuku,tapi aku terbiasan melakukan smuanya sendiri,tapi apa daya TUHAN tetap yang menentukan smua,kita manusia hanya melakukan apa yang kita mampu kita lakukan,
    jangan patah semangat sri,positif thinking saja….kalau mau tanya2 ttg BT kamu bisa YM aku tapi kasi message ya bilang dr BT klu tdk ada msg aku gak approve,thx(yunie_strain@yahoo.com)

  2. Sinta

    Hi, Sri

    Jangan putus asa, positif thinking ajah (walaupun akutau itu susah bgt ).
    Aku BT di Perth Australia,Ini ET yg ke2 kali buatku. Tapi selama ini aku juga menggunakan AKupunkture ( supaya gak stress banget kali ya ).

    kalo klinik disini after ET hanya butuh istrahat (aku ambil 2 days off work ) trs selama menunggu hasilnya aku kembali bekerja. Aku juga tidur seperti biasa as normal. untuk ngeden aku blm pernah dgr tuh bikin jatuh ( mitos doang kali).

    Coba dengan akupunkture deh, dan bikin relaks aja ya..
    Good luck

    ALhamdulillah hasilnya positif HCG ku 1500.

  3. Ichi

    Huallow, mba Sri …
    Ternyata kita sama2 pasiennya dr. Aucky ya …
    Aku jg alhamdulillah udh dinyatakan positif, mba … Dan stlh hbs ET smp hr ini pun aku nyante2 aja, mba. Bbrp ssat stlh ET aku malah turun dr t4 tidur u/ ke toilet, krn g bisa nahan pipis lg. Stlh ET pun aku tidurnya miring2 aja.
    tp, mba … Aku kena cobaan lg … Pas USG pertama … Kantung janin blom ada, trs aku coba USG vagina, rahim pun msh dinyatakan kosong, blom ada isinya. Deuh, mba … Rasanya bagai keruntuhan langit. Shock, sedih & bingung … Cmpr jd 1. Smp hr ini janin blom kliatan, mba … Tp aku dah pasrah aja sm Allah, bhw ini adalah rahasia Allah, dan ada sesuatu yg indah di balik ini smua.
    Dokter khawatir, kehamilanku itu di luar kandungan, yg ditandai dgn kenaikan beta HCG yg sgt lambat. Mba Sri jgn sedih2 ya … Harus byk2 berserah diri sm Allah, insya Allah … Semua usaha ada hasilnya

  4. immanuella

    Hai Sri,
    Aku setuju banget sama Yunie, mau dimanapun dan dengan dokter siapapun dan mau gimanapun kita setelah ET, kita cuma bisa berusaha, tetap saja penentu akhirnya adalah Si PEMBERI NAFAS KEHIDUPAN :). Mungkin yang benar2 harus dipersiapkan sebelum program BT adalah MENTAL kita, jadi apapun hasil dari usaha kita, kita pasrahkan dan iklaskan saja pd Yang Maha Kuasa. Aku setelah ET juga santai banget, ga kebawa pikiran, ga bedrest2 banget tapi jg ga beraktifitas yg berat2, makan yg bergizi dan banyak makan buah juga, pokoknya semuanya laannccaarrr aja, tp tetep aja gagal :). Tapi hal tsb makin menyadarkan aku dan suami bahwa semuanya terjadi hanya karena kehendak TUhan, belum rejekinya untuk dapet anak. Semoga kamu bisa lebih enjoy dan semoga usaha2 kita ini suatu saat nanti dikabulkan oleh Tuhan. Amin. Tetap semangat ya and cheer up…. coz God loves u 😉

    @Ichi: berdoa dan berserah aja ya… semoga ada mujizat yang terjadi. amin…

  5. nurul

    pengalaman saya stlh hbs et tidurnya langsung tidur miring kok..g pa2 yg penting kita nyaman n santai sbb klo terlalu tegng malah janin ga mau nempel.sy jg jln kluar lmyan jauh klo nyari makan tp emang pelan2 sih..kuncinya qt pasrh byk berdoa dan menyerahkan semuanya sama Allah..mdh2an BT berikutnya hasilnya akan lbh baik.amien..

  6. Lin

    Ya Allah mbak Sri… akhirnya kita ketemu juga
    Aku yang satu kamar sama mbak pas BT pertama Desember 2008, mbak yang dari lombok yang batuk parah pas BT itu kan..?
    Mbak Sri yang sabar ya…. aku juga sudah dua kali tidak berhasil,
    Tapi aku tetep pengen nyoba lagi
    Mbak alamat emailnya apa? kalo boleh aku mau e-mail ke mbak ttg pengalamanku, mudah2an membantu..

  7. Wienda

    Hallo mbak Sri..salam kenal ya..
    Aku ikut prihatin atas apa yg terjadi, tapi selama kita masih diberikan Tuhan kekuatan untuk berusaha, kita ga boleh putus asa & menyerah. Kita pasrahkan pada Yang Kuasa, yg penting udah Ikhtiar sekuatnya, mudah-mudahan ada nilai pahalanya.

    Begitu pula buat Ichi…halo non..ketemu lagi kita disini 🙂 Pasrahkan aja pada Tuhan, Dia Maha Tahu apa yg terbaik buat kita. Kapan USG lagi,mudah-mudahan kabar baik ya?

    Salam semangat,
    Wienda

  8. jesica

    salam kenal Sri,
    aku jg pasien dr aucky, malah sdh pernah BT bbrp kali tapi blm pernah positif. Kalo sri kan sdh positif ya di BT2…mgkn Sri terlalu tegang jadi ga bisa bertahan kehamilannnya. lain kali jgn tegang deh…. kalo menurut Sri, apa beda BT1 dan BT2 sri shg di BT ke 2 bisa hamil, bagi2 tips donk biar aku bisa tiru.. thanks ya

  9. Ichi

    @ Mba Wienda
    Huallow, mba Wienda … Udh smp tahap mana neh ??? Aku td pagi br aja cek beta HCG lg, mba, alhamdulillah msh ada kehidupan, wlpn perlahan-lahan. Smp saat ini blom USG lg, mmba, krn kenaikan beta HCG yg pelan2 itu … Kt dokter, dgn kadar beta HCG blom ada yg kliatan. Ciri2 kehamilan ektopik, mba … Beta HCG meningkat, slowly but sure. Hwe he he. Mksh buat smangatnya ya, mba Wienda. Smg mba Wienda berhhasil dlm programnya.

  10. Wienda

    Dear Ichi..
    Tgl.19 Pagi ke Siloam berarti mungkin kita ketemuan dong, tapi aku ga tau Ichi yg mana. Pakai baju warna apa ya? Pas kemarin pagi itu kan pasien emang buanyaaaaak banget, ngantrinya panjang sampai siang belum selesai.
    Sabar Chi yaa…keep positive thinking, mungkin memang harus pelan-pelan. Semoga aja bukan ektopik dan bisa normal semua, amiinn..
    Aku kmrn pg jg USG pertama setelah 5x Gonal F. Alhamdulillah folikel udah banyak, kanan 6 kiri 8, tapi ukuran msh kecil blm ada yg matang. Kadar E2 jg rendah. Dokter bilang kalo E2nya masih rendah kemungkinan dosis gonalnya bakal ditambah. Padahal tau gak, aku udah pake 4 ampul sekali suntik!! Mungkin kesuburanku mmg udah turun kali ya :(. Sedih dengarnya, tp aku berusaha santai aja. Eeh taunya pas malam balik lagi mau suntik, ternyata dosis ga jd ditambah, krn akan diliat lagi sampai tgl. 22 ntar, mdh-2an ada perbaikan.
    Mungkin kita hrus sadar bhw kalo udah urusan beginian mmg ga ada rumus pastinya, hanya Kuasa Tuhanlah yg bicara. Kita berdoa semoga semua dimudahkan oleh Allah SWT, amiinnn.

  11. sri lawyer

    hai yuni,pengalamanmu 4x Bt benar2 suport buat aku untuk tidak putus asa dan sarannya sinta untuk akupuntur rasanya tepat buat aku,tolong dong sin kasi aku alamat dimana sinta akupuntur itu,aku mo nyoba.buat ichi aku doakan kehamilan mu baik2 aja,kapan usg lagi,kabarin aku ya hasilnya gmana? makasi juga suportnya dari imanuela,wienda, semoga mukjizat dari tuhan menghampiri kita,buat Lin aku skarang ingat mb lin yang sekamar dengan ku yang pake jilbab kan? ya bener waktu ET pertama des 2008 aku batuk,pilek parah belum lagi maag kronis kambuh bener2 deh waktu itu fisik aku gak fit, Bt yang ke 2 aku fit tapi psikisku mungkin yang terlalu tegang,emang bener kata imanuela kita BT harus siap mental juga,ternyata lin juga sdh 2x program ya,yg kedua embrio nya fresh atau dari frezee/deposit? kapan mau nyoba lagi?siapa tau bisa bareng,oh ya aku juga pengen sharing banyak sama mb lin n temen2 yang lain mungkin kalian juga butuh bantuan hukum,mungkin aku bisa bantu kebetulan profesiku lawyer alias advokat,aku tunggu ya lin… mail nya kirim aja ke Emailku : srihayati_lawyer@yahoo.co.id No.HP 081803692094

  12. Tini

    Hai Mba Sri…..Gmn kabarnya nih…? Mba aku ikut prihatin dgn kisah Mba,moga mba sri ga putus asa dan tetap berusaha dan berdoa….

    Mba…klo aku bc cerita mba di atas kayaknya mba sri terlalu strees dan kawatir,padahal salah kunci keberhasilan BT adalah kita hrs santai dan tidak stres. klo masalah posisi tidur ga ada pengaruhnya mo nungging sekalipun klo mba ngrasa nyaman ga masalah,krn aku sendiri perna ngalami,aku kena ohss yg efeksi sakit di uluhati aku ga bs tidur terlentang,yg bs aku lakukan cm tidur miring/melungker ampe lutut ketemu dada saking sakitnya perutku dan alhamdulillah kehamilanku baik2 saja. klo masalah sembelit itu emang bawaan orang yg hamil muda ntar klo dah lewat 3 bln biasanya sembuh dgn sendirinya,banyakin makan buah dan minum air putih. Trus masalah makanan apa aja selagi itu sehat dan yg ga menimbulkan efek panas sih boleh aja,cm yg ga boleh seperti tape,durian,kopi dan teh jg klo bs di hindari (krn kafeinnya ga bgs buat perkembangan janin)daging asal di masak sampai matang boleh aja steik yg boleh klo usia kehamilan di bawah 3 bln. Intinya kita harus pasrah pd ALLAH SWT,apapun yg kita lakukan klo emang si baby menjadi rejeki kita pasti akan selamat. Mba sri semoga pengalaman saya bs menjadi sedikit masukan bt Mba Sri…..tetep semangat ya…and GOODLUCKY…..

  13. non

    halo semuanyaa..:)
    Salam kenal yaa…
    non udh sering baca sharing temen2 disini, tp br skrg ikutan nimbrung…
    sebelumnya thanks bgt buat mbak yenny yg udh bikin situs ini, banyak… bgt manfaat & informasi berguna buat yg sedang/akan ikutan BT.
    Trus jd lebih kuat jg ngadepin semua krn banyak support dr temen2… 🙂
    non mau nanya ni, non udh pernah ikutan BT 1 di Penang, tp belum berhasil, waktu ikutan BT 1 itu non stay di penang terus selama sebulan, plus bedrest juga sampe pengumuman hasil ET.
    Tp gagal., padahal non udh bedrest total waktu itu.. 🙁
    Mungkin krn waktu BT1 non stress bgt yaa… atau emang belon saatnya…
    Abis lebaran ini, non rencana mau BT 2 di KL, tp non ga pengen kaya’ BT 1 lg, bedrest, tp stress bgt2, boring, & terlalu tegang. Karena non bedrest terus di kamar penginapan jd tegang bgt kepikiran hasilnya.
    Rencananya di next BT 2 ini non ga pengen stay di KL lg abis ET, tp pengennya plg ke indo & istirahat di rumah sendiri aja, lebih relax & nyaman kaya’nya…
    yg pengen non tanyain, ada yg punya info or pengalaman ngga, abis ET kira2 kita harus stay brp hr sebelon plg naek pesawat udara?
    bagi pengalamannya dunk teman2… 🙂
    tq for sharing yaa…
    keep fighting all 🙂

  14. Ajeng Kanti

    Senengnya baca seluruh masukan disini. Ibu ibu yang sudah komment diatas apa kabarnya semua?
    Saya ajeng…saat ini lagi program BT. Awal browsing karena penasaran ama posisi tidur apa boleh miring. Karena dokter suster bilang boleh, tapi ibu saya yg ga bolehin.

    Tapi setelah baca penjelasan mbak tini, jadi tenang. Saya inshallah sudah siap dengan semua kemungkinan, dilakuin aja sebaik mungkin tapi berusaha jauhin dari ketakutan dan stress kalo ini bakal gagal.

    Satu2nya cara biar happy tuh biasanya ajeng video call ama sodara2 dan sahabat2…biar ga bosen.
    Biar happy hehehe…

    Sekarang masih masa bed rest..belum raportan pertama. Bismillaaah semoga hasilnya yg terbaik. Aamiinn

Comments are closed.