Bagaimana bisa indung telur kosong – Venny

Halo semuanya salam kenal.. aku iseng search d google dan ketemu forum tanya jawab ini. aku juga mao share masalah aku dan minta tolong teman-teman lainnya yang mungkin tau jawaban masalah aku.

Usia ku saat ini 26 th, aku menikah sekitar 7 bln yang lalu. Mens ku mulai tidak lancar dr sejak kelas 3 SMA. Dulunya lancar dan normal, kata dokter saat itu, mungkin aku stress karena mau ujian. Di periksa memang tidak ada kelainan apa2 dan di beri obat (lupa nama obatnya) lalu mens. namun sejak itu di bulan-bulan berikutnya, mens ku tidak lancar lagi. Mens datang sekitar 3-6 bulan sekali. aku berobat ke dokter sudah 3x saat itu dan sudah d usg luar, tapi tidak ditemukan kelainan atauy penyakit. Karena hanya tergantung obat baru bisa mens lagi, aku mulai malas dan alhasil mens ku bisa smp 1 thn lebih baru datang lagi. Terus seperti itu, sampai aku menikah.

Karena tau kondisi ku, aku mulai berobat lagi, di dampingi suami, namun suami belum ikut diperiksa. Pada dokter pertama ku (Rs UKI), aku diberi obat pemancing haid, setelah mungkin hampir 2 thn tidak mens, aku berhasil mens dan seperti wanita normal (sekitar 5 hari mens). lalu di periksa dokter di UKI, katanya rahim ku kecil, tidak seperti wanita umumnya. kemudian aku di beri fundamin e dan pil Kb microginan, ktanya untuk kelancaran haid ku dulu. memang selama minum pil kab itu selama 3 bln berturut-turut mens ku lancar, namun masuk di bulan k 4 setelah diberi obat hormon biasa mens ku tidak datang lagi (berenti meminum pil kb. Dokter ku bilang coba dr awal lagi, namun aku memutuskan untuk pindah dokter (rekomendasi dari teman juga.

Aku pindah dokter di RS YPK Mandiri. DOkter di sana pertama kali menyuruh aku untuk tes hormon (prolaktin, FSH, satu lagi lupa), setelah dilihat hasilnya, semuanya masih dalam batas normal. Lalu aku di beri obat untuk di pancing mens, memang dapat mens namun cuman 1 hari saja, setelah itu datang k dokter lagi dan di beri obat lagi, kata dokternya nanti setelah 12 hari di cek untuk indung telurnya. Ini yang membuat aku syock, kata dokter indung telur aku kosong, dokter bilang indung telur nya sama sekali tidak terlihat. jadi selama ini aku bisa mens bagaimana? dokter memberi aku obat lagi untuk sebulan ini, dan kalo mens datang lagi, baru di periksa lanjutan lagi oleh dokter tersebut. Aku mencoba untuk tanya-tanya, dan ada yang bilang untuk mengkonsumsi vit E. Kira-kira ada yang bermasalah seperti aku? aku sendiri bingung bagaimana bisa indung telur kosong, aku dan suami juga mengharapkan anak-anak di pernikahan kami. Mohon sarannya. Trims

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

10 thoughts on “Bagaimana bisa indung telur kosong – Venny

  1. bunga

    Hi Venny, “EFS” empty follicle syndrome adalah kondisi yg cukup serius tp ada beberapa dokter yg tdk percaya dengan kondisi ini mereka berpendapat telornya hanya terlalu kecil untuk terdektisi…untuk pernyataan EFS sendiri ada beberapa kumingkanan:

    1.Kesalahan dlm memberikan obat stimulasi e.g salah dosis atau waktu yg tdk beraturan
    2.Tidak cocok sama obat stimulasinya.
    3.trigger/suntik pecah telor terlalu dini sehinga menghasil kan telor yg sebenarnya mentah bgt dan di paksakan harus mateng… ini bisa mengakibat kan si telor lengket di dinding folikel ga mau keluar.
    4.Dokter yg melakukan upo tdk terlalu terampil sehinga telor lolos dr sedotan.
    5.Bisa jadi sudah ovulasi jadi dokter terlambat, telor nya sudah keluar duluan sebelum upo.
    6.memnag tubuh nya yg tdk mau memproduksi telor walaupun semua yg di atas sudah di lakukan benar, tapi kondisi ini jarang sekali biasanya indikisi jg kelihatan dr test hormonal… yg tentunya buat Venny bukan ini alasannya, karna semuanya kan menurut dokter masi dalam tahap normal.

    Mudah2an Venny bisa ketemu dokter yg bener2 cocok…x

  2. anda

    Hai mba Venny,

    Saran aja, mba sebaiknya konsul di klinik khusus fertilitas, biar bs diperiksa lengkap dan detail. Oiya, ada juga tes utk mengetahui jumlah cadangan telur, nama tes nya AMH (Anti-Mullerian Hormone), bisa tes di lab2 umum. Tes nya hanya tes darah kok mba. Tp memang sebaiknya mba konsul dulu ke dr agar bisa diarahkan tes apa saja yg diperlukan.

  3. Evi

    Hai, Venny.
    Bagaimana kalau Venny langsung konsultasi ke dokter ahli infertilitas ? Tempat-tempat klinik infertilitas sudah banyak dibahas di web ini, search aja di sini Ven. Mengapa saya sarankan ketemu dokter ahli infertilitas, karena tidak semua obgyn punya pengetahuan yang memadai tentang kegagalan/kekurangsempurnaan sistem reproduksi. Dan lagi, sekalian kan, memulai program ingin anak, mumpung masih muda.
    Oke, Venny, sukses ya ..

  4. Citra

    Salam kenal vanny.. Saya setuju dgn tmn2 yang lain. Sebaiknya sis vanny ke dokter ahli fertilitas.. Di jakarta ada klinik Yasmin kencana Rscm di lantai 4 “Pusat pelayanan Gangguan Haid dan Kesuburan”. Dokter fertilitasnya banyak.. Bs disesuaikan dgn jadwal kita untuk konsul kesana. Smg permasalahannya cpt terungkap dan bs dptkan momongan secepatnya…

  5. arie

    dear mba Venny

    kasusnya hampir sama dengan saya mba,, tapi itu bukan PCO,, PCO itu jg ada 2 macam
    saya jg haid sangat sangat sangat tdk teratur kalo ga di pancing obat ga bisa haid, sapai bosan minum obat. yaah saran dokter sih laparoscopy tp sy ga berani mba udh denger kata operasi aja udh ciut nyali,, sedih memang rasanya, tapi tetap semangat mba pasrah tetap berusahan dan berdoa semoga kita di berikan buah hati yang telah lama di nanti, amin. 🙂

  6. venny

    Dear All terimakasih untuk info dan suportnya.. 🙂 Saat ini aku juga belum ada perkembangan yg lbh maju. Tapi semoga semuanya akan baik2 saja ..

  7. Lisa2

    Saya juga masalahnya sama dengan Venny. haid tidak teratur, bisa sekali 3 bulan or sekali 6 bulan. Itu namanya PCO. Dan saya juga tuba nya mampet, and sperma suami lambat.

    Setelah capek ke banyak dokter kandungan, akhirnya saya ke Dr. Aucky di Surabaya, dan berhasil hamil 5 bulan.

    Coba ke Siloam surabaya untuk cari second opinion, apalagi umur masih muda. Kesempatan nya pasti besar.Saya umur 31 tahun sewaktu program.

  8. venny

    Dear Ibu Lisa.. MAksudnya apa dengan PCO itu? kebetulan kalo suami memang belum diperiksa. Karena dokter ketika awal pemeriksaan lebih berpusat pada aku saja. Domisili aku di Jakarta, di sini juga ada RS Siloam, namun aku belum terfikir untuk ganti dokter (RSIS YPK) saat ini.

  9. yuni

    Dear mb venny, kasus sy hampir sangat mirip dg mba venny. sy mengalami haid tdk teratur sejak usia 22th sampai skrg 31th. yang paling lama yg terakhir sy tdk haid slma 1th, dan stlh dipancing obat haid teratur selama 4 bln. kmrn jadwal ke dokter lg di hari haid ke2, tp saat di USG dokternya blg klu tdk lihat ada sel telur. kemudian sy dikasih profertil u/ 5hr dan datang lg pd tanggal 18 juni.
    yang bs sy lakukan saat ini cuma berdoa dan brharap smoga ada titik terang dr masalah sy ini, dan semoga kami akan diberi kesempatan u/ memiliki anak2 buah cinta kami.

Comments are closed.