Azzosperma, BT Gagal – Aya

Hai teman2 semua yang mempunyai kisah sama dengan aku. untung aku menemukan blog ini dimana aku bisa sharing dengan kalian semua.

Suamiku kena azzosperma yang sudah kami ketahui sejak 2008. kami sudah berobat kemana mana baik itu medis ataupun alternatif. dari segi medis kami di sarankan BT. setelah menemukan blog ini aku jadi tahu bagaimana proses BT. akhirnya beberapa hari yang lalu kami berdua mantap dan semangat untuk memulai BT. alhamdulilah kondisiku baik semua. hormon suami bagus semua dan indikasi adanya sumbatan dan harus biopsi. waktu telah aku atur untuk biopsi suami dengan semangat dan harapan kami untuk bisa mendapatkan sperma yang bagus.

Tetapi alangkah kagetnya begitu dokter menyatakan bahwa pada pabrik sperma suamiku tidak ditemukan sperma sama sekali (aku menulis ini jadi nangis lagi). saat itu juga aku nangis sendiri dan lemas karena suami masih belum sadar abis operasi. sesudah dia dibawa ke ruang perawatan aku ketemu dia, dia langsung tanya bagaimana hasilnya dan BT kita gimana (dia sambil nangis). akhirnya kami nangis berdua dan aku sampaikan spermanya cuma satu, nanti aja kami pikirkan lagi.

Sampai sekarang pun aku belum sanggup untuk menjelaskan pada suamiku. akhirnya tidak henti2nya aku memohon kepada Yang Diatas semoga kami berdua kuat dan hanya Beliau yang dapat memberikan Mukjizat. buat teman2 apakah ada yang mengalami kasus seperti aku. karena jika dilihat dari laporan medis hanya ada sumbatan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...

41 thoughts on “Azzosperma, BT Gagal – Aya

  1. shanty aris

    Aduh, aku jadi sedih baca ceritanya Aya. Sabar ya,,coba cari second opinion dari dokter yg lain. Miris banget aku disini dgn keadaan suami aya. Semoga bisa mendapatkan jalan keluarnya. Amin

  2. venice

    Hai aya… Jangan sedih ya biarpun hasil jelek… Ttp yakin kalau pst ada jalan jika yg kuasa mengijinkan…
    Aku mau share dikit ke kamu, aku 32th, suami 34th diagnosa nya oligoasthenoteratozoospermia dgn keadaan hormon yg tinggi, brati pabriknya dah rusak dan jelek, biarpun diambil dr pabrik tidak memungkinkan…
    Kita by tab di siloam dgn dr aucky, pertama agust09 dgn deg2an km menanti hsl sperma krn sebelum2nya hasil 0, stlh terapi vitamin dan obat slama 4bln akirnya saat by tab pertama dapat 3 sperma dgn kualitas kurang bagus, ditanam 3 embrio, positif lemah dan 1mg kmdian gagal…
    By tab kedua nov 09, stlh ganti vit n anti ox lagi, dpt 7sperma tp hanya 3 yg jd embrio, ditanam 3 dan hasil positif lemah lagi… Tp puji syukur pd yg kuasa trnyata si baby brtahan sehat hingga saat ini sudah 31minggu, babygirl, agustus lahir…
    Suatu anugrah terbesar dlm hidup kami stlh 8thn menunggu, tp tentu banyak proses jatuh bangun sblm hari ini datang…

  3. hecktor

    Hallo Aya,

    Sepertinya kita punya masalah yang sama, aku juga azoospermia, hormon normal jadi diduga ada sumbatan, dan kami juga memutuskan ikut bayi tabung, minggu lalu saya melakukan PESA/TESA dan ternyata sperma yg ditemukan tidak bergerak, saya juga kaget karena saya pikir hormon normal berarti pabriknya bagus…sama dokter dikasih obat buat sebulan abis itu diminta biopsi, cuma saya pikir kalo setelah biopsi sperma yg ditemukan juga tidak bagus kan sama aja.

    Jadi kami mo minta second opini dulu, tadi kami ke dr. Hermawan (dokter androlog), kata dr. Hermawan disarankan saya operasi varicocele (saya pernah USG testis memang ditemukan adanya varicocele grade I), dan dirujuk ke dr. Lie di RS Husada, jadi kami langsung konsultasi ke dr. Lie, menurut beliau memang varicocele ini mempengaruhi pabrik sperma dan di beberapa kasus setelah operasi bisa membaik, tapi beliau juga mengingatkan kalo operasi itu kan usaha manusia tapi bagaimana hasilnya itu kan kuasa Tuhan.

    Operasinya sih katanya operasi kecil, hari ini operasi, nginap semalam di rumah sakit abis itu besoknya sudah bisa pulang…kami saat ini juga masih cari informasi dulu, tapi memang kemungkinan kami akan operasi varicocele, setelah operasi kemungkinan ikut treatment dulu untuk memperbaiki spermanya….jadi kalau pun setelah itu kami ikut bayi tabung, diharapkan spermanya sudah cukup bagus, semoga malah bisa hamil normal.

  4. christina

    Dear Aya…
    Aku turut prihatin buat Aya.Tuhan pasti berikan yang terbaik buat kita. Mujizat selalu ada kalau kita percaya.
    Sekarang tenangkan dulu pikiran dan hati Aya & suami. Setelah itu konsul ke dokter Andrologi buat cari jalan keluarnya.

  5. linda

    Dear aya…….

    jangan putus asa dan bersedih ya.. apapun kesulitan pasti ada jalan keluarnya.. percaya….deh… Tuhan itu Maha Pengasih ama umatnya…..Jadi kalo mau aku saranin….aya coba akupuntur deh.. krn aku sempat denger cerita dr teman dulu suaminya jg 0 tp setelah terapi akunputur mulai ada kemajuan…aku skrg jg akupuntur sama dr loona….
    klo aya mau alamatnya bs email langsung ke aku di linda100803@yahoo.com……

    ok aya tetep semangat ya……

  6. Anggi

    dear aya, aku bisa bayangin perasaan aya saat ini…
    aku juga baru BT bulan mei kemarin dan belum berhasil
    penyebab kegagalan kata dokter karna sperma yang sangat jelek, gak bisa membuahi, suamiku asthenozoospermia, tp mendengar kisah venice (hai venice salam kenal)aku jd semangat untuk program lagi, sekarang suamiku minum jus wortel setiap hari, katanya sih bagus untuk memperbaiki kualitas sperma, ya namanya juga usaha,semua dijalanin, aku rencana BT di Siloam bulan Desember mendatang, ada ga temen2 punya plan juga, sapa tau bisa bareng 🙂

  7. Henny

    Dear Aya

    Salam kenal ya, ak bisa merasakan apa yg Aya rasakan, soalnya aku juga udah pernah ngalamin, operasi pengambilan sperma suami,tapi klu suami aku ada spermanya, tapi benar sangat mendebarkan, jadi selama operasi tsb , badan saya gemetaran, krn emang saya nungguin suami sendiri, tidak bilang saudara2, krn saya takut saudara yg lain ikut kecewa, klu emang gak ada biar kita berdua aja yg tahu, tapi klu kt Dr. yg operasi suami aku, klu emang spermanya tidak diketemukan coba berobat lagi ke androlog, biar di kasih nutrisi dan tretment2 yg lain, nanti 3 bulan di evaluasi lagi, saya juga bingung ya, padahal hormon normal, biasannya sih klu hormon normal 90% sperma ada, saran aku coba aja dulu ke Androlog siapa tahu ada varikokel, sabar ya… percaya deh mujizat itu ada asal kita yakin dan percaya, good luck ya

  8. tiani

    hai aya,
    saya ikut simpati dg yg kamu alami, tp kamu gak boleh putus asa yaa, terus berjuang selagi Allah ksh rejeki & ksempatan.. pengalaman tmn2 diatas bs dicoba, cari second opinion, akupuntur, alternatif dll. Klo Allah berkehendak membukakan jalan buat kamu gak ada yg bs menghalangi. terus berdoa dan berusaha n saling menguatkan bersama suami tercinta.

  9. wenny

    Hai Aya,

    Saya sedih banget membaca cerita aya, soalnya jadi teringat kondisi diri sendiri. Sebenarnya kasus hubbyku persis sama dengan Aya. Tapi ga papa, kita harus belajar tegar dan terus berusaha. Kemarin kita sempat konsultasi dengan dokter lain, dan katanya sih kalo biopsi pertama tidak ditemukan belum tentu biopsi kedua tidak ditemukan juga. Jadi kita selalu masih ada harapan…. Sabar yah Aya… Kalau kita sampai sekarang belum berobat lagi… Dibawa santai aja dan pasrah kepada Yang Di Atas ^.^

  10. Agustina Dewi

    Dear Aya,

    Salam kenal, sepertinya masalah kita sama, saat ini saya juga sedang dalam program BT krn suami azzos, dan itupun sempat terjadi masalah dengan diri saya krn rahim saya Hiperanthefleksi (miring kekiri) sehingga sulit utk ET. Tahun 2008 pernah mencoba tetapi gagal pada saat simulasi ET, bahkan sempat dioperasi tetapi tetap tidak berhasil.

    Alhamdulillah saya saat ini mencoba kembali dengan disertai Psiko Terapi (terapi musik) supaya selalu rileks dan berpikir positif, dan simulasi ET berhasil meskipun harus dengan pembiusan dan dikuret terlebih dahulu. Dan saat ini saya sedang menjalani suntikan buserlin, masih dalam tahap awal banget sih, tetapi selalu berpikir positif.

    Untuk Aya, tetaplah semangat, apabila sudah waktunya pasti akan dikasih, tetapi waktu adalah milik Tuhan bukan milik kita, yang penting tetap selalu berpikir positif dan ikhlas dalam menjalani hidup.

  11. aya

    terima kasih untuk teman2 semua atas dukungannya,baru gabung lagi ni.sesudah 2 minggu berlalu dan sibuk berkutat dg pekerjaan kantor yang tambah bikin stress.tapi malam ini a baca comment temen2 kecewaku sedikit terobati.saat ini a juga lagi mikir2 harus berobat kemana lagi.dokter dipermata hati bilang dari sananya mungkin belum di kasih sperma jadi di terima saja.kata2 itu masih terbayang2sampai saat ini.beberapa hari yang lalu a email ke Dr Aucky,sepertinya beliau masih memberikan harapan.tapi entahlah hasil ku kembalikan lagi kepada yang diatas,semoga ada mukjizat buat aku dan suami.bukannya kita hidup tinggal menjalani apa yang dikehendaki selagi sambil berusaha.

    Hektor:semoga kamu berhasil ya.tolong share ya jika tahu kasus seperti suamiku dengan biopsi pertama sperma tidak ada.apakah masih ada jalan untuk mendapat sperma.

  12. aya

    wenny,kamu tinggal dimana?kapan mulai berobat lagi.a si belum sempat konsul ke dokter lagi masih agak trauma,lagi tenangin pikiran dulu.kemarin dah semangat bgt siapin BT mumpung ngatur waktuku dan suami bisa gak tahunya hasilnya di luar rencana kami.kasih alamat emailnya dong..ternyata kita senasib.

  13. wenny

    Aya,

    Boleh ntar kita sharing lebih mendalam yah, minta alamat emailnya yah biar tidak menganggu yang lain… ntar saya emailin aya. Thanks.

  14. harijanto

    Saya sendiri mengalami sama dg suami Aya.
    2 Dokter sdh mengatakan bahwa sperma saya 0 katanya ada penyumbatan bisa dichek dg biopsi.
    Sampai sekarang saya belum lakukan itu.
    Jika ada yg punya refensi ke doter mana yang agak terjangkau.
    terimakasih sebelumnya

    Harijanto

  15. ari

    dear aya…
    koq sama ya hubbyku juga azzos,kami nkah udh 10th n kami pernah konsul kepermata hati RS sarjito jogya,disarankan biopsi tp aq g siap klo hubby ku menjalani itu,aq takut terjd apa2 dg dia.kira2 ada g ya efek dr biopsi itu???hhhmmm koq nasib qt sama ya…

  16. aya

    waktu biopsi hubbyku di bius total dan nginep sehari,abis operasi emang kasihan liatnya gak bisa ngapa2in(sebelumnya sehat bugar),muntah2 terus (efek dari obat bius) tapi setelah itu gak ada masalah kok.alhamdulilah sekarang sudah beraktivitas normal kok.kita saling mendoakan ya.

  17. Sally

    Dear Aya, suamiku pun mengalami hal yang sama 0 sperma, saran dokter di Bali untuk biopsi, akhirnya kami ke Penang Malaysia di RS Glend Eagle di biopsi di sana hasilnya tetap O sperm, biopsi ke 2 di Bangkok tetap hasilnya sama O sperma. Artinya…kalo biopsi pertama O mungkin juga biopsi selanjutnya gak ada. Saya sedih sekali… Tetapi setelah biopsi suami saya kembali normal gak ada masalah dgn biopsi. Gimana ya?

  18. aya

    sally,sudah nikah berapa tahun?
    saat ini aku sedang menata hati dan pikiran mencoba untuk menyerahkan semua pada yang di atas.kalo di pikir memang sedih sekali….apapun kita bisa kejar tapi jika yang diatas belum mengijinkan,kita tak akan mendapatkannya.

  19. Sally

    Thanks replynya Mbak Aya, saya nikah sudah 3 tahun. Saya sedih dan putus asa. Suamiku WNA, untung suamiku baik. Tetap men-support saya. Katanya kebahagiaan gak selalu dengan adanya si buah hati. Sekarang kita harus bersyukur, kita sehat & hidup kita berkecukupan. Itu mesti di syukuri, itu yg membuat saya tabah mbak…semoga Tuhan Yang Maha Esa akan memberikan keajaiban untuk kita ya…kita senasip… Mari saling mendoakan…

  20. aya

    sally,aku juga nikah menginjak 4 th september nanti.suami lebih kuat di banding aku untuk menerima cobaan ini.sebulan ini semangat jadi down bgt.kebetulan a karyawan,tiap hari kerja pulang malam,malah tambah stress.belum juga kalo di kantor teman2 cerita tentang anaknya,hati ini rasanya sedih banget.tapi kita harus percaya mukjizat selalu ada,dan hanya Beliau yang dapat menunjukkan kebesarannya.
    aku sekarang baru cari info aja,apakah pernah ada kasus yang serupa dengan suami kita tapi di biopsi ulang.akhirnya sperma di temukan.

  21. Sally

    Aya, Saya sdh tanya di dokter Di Penang Malaysia, Bangkok. Jawabannya sama. kemungkinan kecil atau sama sekali tidak ada obat atau suplement yg bisa. Kalo pakai donor sperma gak di perbolehkan di Indonesia ya. Saya punya pikiran ke situ. Gimana?

  22. wenny

    Sally..

    Kalo donor sperm di indonesia emang tidak boleh…. Tapi kalau misalnya ke amrik, mungkin masih bisa…. tapi susah juga yah biaya pasti mahal sekali….

  23. aya

    wah kalo donor sperma kayakya aku tidak berpikiran sampai kesitu dan menurut agama juga tidak boleh.kalo memang seperti itu mungkin kita hanya bisa adopsi aja sambil menunggu mukjizatnya.

  24. selfi

    dear aya… jangan bersedih ya, suamiku jga azoosperma tapi alhamdulillah dipabriknya spermanya bagus, klo liat kasus aya kemungkinan masalah hormonnya yang tidak maksimal memproduksi sperma. saranku suami harus rutin olah raga n makan makanan yg lebih bergizi lagi, atau bisa dateng ke dr herbal dr anton budiono tlp 021-65310797, dia kasih obat2an herbal semua mudah2an dia bisa bantu perbaiki kualitas n kuantitas sperma suami… bangkit lagi semangatnya ya aya.. jangan terlalu lama bersedih.. takutnya kamu jadi putus asa…
    Btw.. aq jg sudah 7thn blum dikaruniai keturunan dan sudah 4x BT, kebetulan sebelum mulai BT yg ke 4, aq persiapan ke dr Anton budiono dulu, karena hormonku gak stabil.. pas BT ke 4 ini aq berhasil hamil dgn hormon yang cukup bagus, cuma pas mau minggu ke 9 janinnya tidak berkembang… yah keguguran. Tapi itulah kehidupan penuh dgn warna warni masalah, insya Allah abis lebaran ini aq mau BT lagi, dan mulai berobat ke dr Anton lagi. Chayo ya aya mudah2an inputan ku bisa bermanfaat.

  25. ari

    Aya ….thanks ya ats infonya.
    rencana kami mau proses BT november nti(InsyAllah terlaksana,amin)tp skr saya lg msh cari2 info dimn tempat proses BT yg paling murah(heheheh….mulai deh kalkulatornya kluar).smoga qt smua diksh yg terbaik sama Allah SWT,amin

  26. Erlyna

    @Sally,
    Kalo di USA biaya tabung kalo usia 30an, dan semua normal sekita 15000 dollar. Dan di sini sih sperma bisa dr bank sperma, dan bisa beli juga online biasanya dr mahasiswa yang butuh uang, biasanya murah banget. Asal saya sih tidak suka pake sperma org yang belum tau sifatnya kayak apa, penyakitnya apa. Tau ya asal surogate di Indonesia gimana, misalnya saja kita mengandung keponakan kita, itu kan bukan zinah. Tolong ya kalo gt tanya2

  27. SallyP

    @Aya, kalo adopsi saya belum berani…
    @Erlyna, thanks infonya. Tapi saya tinggalnya di Bali, kalo ke USA pasti mahal. Kayaknya pasti kalo pakai donor pasti ada riwayat keluarga si donor secara detail. Ada teman saya yg coba beli lewat bank sperm dari California. Tapi emang mahal banget.
    Kalo surrogate mother, gak pernah dengar di Indonesia. Tapi di Thailand, India & USA yg saya pernah dengar. Coba cek di semua blog ini.
    Menurut ajaran saya (Islam), pernah saya baca dan dengar2, sama hukumnya donor sperma sama surrogate, haram atau berdosa. Sperma siapapun yg bukan suami dosa hukumnya. Tapi kita positif thinking aja. Kita kan mau yg terbaik aja. Yang penting kita tujuannya baik…mantapkan hati kita. Good luck ya?

  28. dian

    hai temen2 smua…saya jg sedang mengalami masalah yg sama suami saya azoospermazsebulan yg lalu saya dah ke prof.aryawan rmh sakit bunda semarang dan d sarankan BT dgn dr aucky surabaya bulan september besok..
    yg saya tanyakan brp lama proses BT dr mulai program BT smpe selesai ?apakah saya hrs bolak balik ke surabaya soalnya saya sekarang tinggal d purwokerto?
    mohon sharing nya temen2 smua ya,,,,

  29. adhya

    Asslkm.., hai temen2 semua. Saya juga mempunyai masalah yg sama. Suamiku Azoospermia 2th yg lalu. Sudah diberikan obat jg ma dokter (tp lupa apa namanya). sdh dua kali cek ke lab hasilnya tetep sama 0. sampai saat ini kami tdk pernah konsultasi lg krn suami douwn bngt. Kami hnya berobat alternatif tp blm ad hasilnya. Saya sedih sekali knp bisa seperti ini, suami saya sudah pasrah sm yg Maha Kuasa. Temen2 apa yg harus saya lakukan?? Trus terang, sy tdk ada temen utk share krn tdk ada yg bernasib sepertiku disini. TQ

  30. nana

    hai teman2 salam kenal semua….

    Saya juga punya masalah yang sama.
    Saya baru menikah 9 bulan. di usia pernikahan 8 bulan, saya sudah mulai ke SPOG. Rahim saya normal, tidak ada kista. lalu saya dan suami diberi vitamin dan diminta coba 1 bulan dulu. kalau gagal, haid hari pertama disuruh datang.
    Singkat cerita, kita gagal. lalu haid hari pertama kita konsul lagi ke spog. saya diberi profertil untuk diminum 5 hari. hari 11 akan dilakukan HSG (9 agustus nanti), lalu suami diminta cek sperma. dua hari yang lalu pada sat pengambilan hasil ternyata suami saya AZOOSPERMIA juga.. saat itu kami sedih sekali. Seakan tidak ada harapan lagi untuk punya momongan.
    Saya bingung apakah saya tetap melanjutkan HSG untuk dicek apakah saluran telur saya tersumbat atau tidak dilanjutkan?
    Kalau saya baca untuk kasus AZOO, kemungkinan hamil normal kecil sekali. Saat ini kita belum ke androlog, karena kita masih syok dan bingung. Saya dan suami juga belum sanggup memberitahu orang tua kami.
    Menurut teman2 apakah kita harus mencoba berobat dulu atau langsung bayi tabung saja? karena dari yang saya baca di browsing-an kebanyakan org berobat 5 tahun bahkan ada 10 tahun hasilnya at the end tetap harus bayi tabung. jadi saya pikir daripada menghabiskan waktu dan uang lebih baik langsung bayi tabung saja.

  31. SallyP

    Wa alaikumsala wr.wb. To Adya…
    This is not the end of the world say…gimana kalo mencari donor sperma aja…
    tapi kalo di Indonesia belum di perbolehkan…
    mungkin di Thailand, Singapore. Janganlah bersedih…you are not alone…banyak yg senasib dgn kita. BTW, umur anda berapa sekarang kalo boleh saya tahu…?

  32. aya

    to adhya and nana
    sabar dan tetap berusaha semaksimal mungkin.a juga mengalami hal yang sama,sekarang lagi menata hati kembali dan belum sempat berobat lagi.suami di vonis azzo 2008 bulan juli kemarin kami sepakat BT tetapi ternyata hasil biopsi suami masih 0.kami percayakan kembali pada Allah SWT karena hanya beliau yang dapat memberikan mukjizat.
    jika kasus azzosperma jalan terakhir pasti BT karena untuk normal susuh.
    adhya and nana,umur berapa?

  33. nana

    dear aya, umur gw 27 tahun umur suami 29 tahun.
    selasa besok kami baru akan mulai ke androlog. selain ke androlog, pengen nyobain alternatif juga. suami aya udah berobat alternatif belum?

  34. aya

    dear nana,
    kami berdua sudah mencoba alternatif sebelum kita memutuskan untuk BT.selama 1 th (2008) aku coba alternatif tapi karena belum ada hasilnya,th 2010 ini kita coba kembali ke medis dan saran terakhir memang BT itu.

  35. mia

    Hai Aya lam kenal….gmn kabarnya? sdh mulai program lagi belum?
    saya jg mempunyai kasus yg sama yaitu suami azoospermia, wkt menemukan blog ini dan membaca kasus azoo yg berhasil saya begitu semangat untuk ikutan BT. Tp setelah baca posting di sini saya jd pesimis. Tapi saya tidak boleh menyerah dan harus mencobanya. Kemarin baru konsul dr Ponco dan cek ulang analisa sperma dan Usg, terus terang wkt mau pergi ke BIC sebetulnya hati saya pengen nangis karena saya takut kejadian Aya terulang pada saya, jujur saya belum siap seandainya sperma suami saya tdk ditemukan….

  36. aya

    Mb mia,saat ini kami sedang konsul dgn dr aucky.dan suami dikasih suplement2,tpi msih nunggu januari konsul lgi smbil menunggu hasil.kadang merasa pesimis,tpi yang diataslah yang menentukan.mb mia da pin bb?biar kita bisa share.

  37. yusna

    Halo Mbak Aya….salam kenal.
    Saya juga mempunyai kasus yang sama dengan mbak Aya. Suamiku juga di vonis Azoospermia pada tahun 2010 lalu, dan Dr Aucky juga menyarankan langsung BT tapi waktu itu kami belum memutuskan untuk BT karena masih shyok dan juga waktu itu kami belum ada dana.
    Sama seperti Mbak Mia aku juga agak takut kalau nanti tidak ditemukan sperma saat proses BT nanti.
    Tapi tahun depan kami berdua tetap ingin melakukan proses BT, karena hanya ini satu satunya jalan untuk kami agar dapat memperoleh momongan.

    GBU All….

  38. mia

    Hallo teman2….kemarin suami saya sudah dilakukan biopsi testis di BIC oleh dr Ponco, ternyata apa yg dikhawatirkan menjadi kenyataan, selesai operasi dokter langsung ngasih tahu bahwa di pabriknya tdk di temukan sperma sama sekali…begitu mendengarnya saya lagsung pengen nangis tapi saya tahan – tahan, sementara suami saya masih terbaring setengah sadar bener- bener gak tega buat jelasinnya….ternyata apa yang menjadi usaha kami menjadi sia – sia. Rasanya seperti buang – buang uang saja…..

  39. via

    Hi Mia

    Suami saya juga azoo dan pasien dokter Ponco di BIC. PESA sudah dilakukan nov tahun lalu dan tx God ada cukup sperma untuk saya bisa masuk BT. Sedikit sharing saja karena saya tidak tahu ada hubungan nya atau tidak tapi berbulan-bulan sebelum PESA, suami saya kasih suplemen-suplemen yang bahan dasarnya madu ( High Dessert ), jamu-jamuan, jus wortel tomat semangka, dan rajin akupressure seminggu sekali untuk memperkuat titik produksi sperma. Semua pengobatan medis sudah lama saya stop karena solusi dokter hanya sejibun obat plus suntikan untuk membantu meningkatkan produksi spermanya yang hasilnya juga tetap nol. Mungkin bisa Mia coba yach…ciayo…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*