Azoospermia, varikokel dan spermatokel – Sandra

Halo teman – teman seperjuangan πŸ˜€

Saya ingin sharing pengalaman saya dan suami, sekaligus ingin bertanya juga.
Kondisi yang kami alami yaitu suami azoospermia, varikokel grade 3 (kiri) grade 1 (kanan) serta spermatokel (kiri). Kmrn pada tgl. 17 jan sudah dilakukan operasi varikokel (sekaligus pembuangan kistanya) dan TESE.

Tadinya kami berencana langsung masuk ke program bayi tabung setelah operasi ini selesai (FYI kami mrpkn pasien BIC). Namun setelah operasi kemarin, dr spesialis urologinya, dr.Ponco menyarankan utk melihat perkembangan dr ops. Varikokel nya dl, krn ada peluang sumbatan penyebab Azoo nya bisa terbuka, peluangnya sekitar 40%. Oleh karena itu, bayi tabung nya dipending dl, selama 3 bln. Oiya, hormon suami saya dalam range normal smuanya. KMrn dari ops. TESEnya jg sperma sudah difreezing.

Pertanyaan saya ke forum, apakah ada yang berhasil mengalami peningkatan sperma setelah diops.varikokelnya? Dan apakah ada saran utk konsumsi utk meningkatkan sperma?

Pertanyaan kedua, kmtn itu saya tdk lgsg diberi tau jumlah sperma yg didapat utk difreezing. Ktnya setelah 1 minggu br diberi tau. Apakah memang spt itu prosedurnya? Krn saya berpikir, klo tdk tau brp jmlhnya, bagaimana lab menentukan jumlah yg hrs difreez?

Sekian pengalaman dari saya dan suami teman2..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

99 thoughts on “Azoospermia, varikokel dan spermatokel – Sandra

  1. wati

    Salam kenal buat Sandra….
    Kalo ttg difreezingnya sich aku gak tau San. Tp kurang lbh 1,5th yl adik iparku jg didiagnosa varikocel dg jmlh sperma kurang tp gak dia gak blg grade brp. Stlh itu di di operasi. Stlh operasi dokter memnyaran utk dicoba scr alami slm 6bln & ternyata istrinya bs hamil alami. Saat itu usia istrinya 29th & adik iparku 30th.Istri tdk ada kelainan makanya masih mau coba normal & usia pernikahannya baru 2th gt. Kl suamiku jg awalnya py mslh dg jmlh sperma yg kurang & kualitas yg gerak maju cuma sdkt tp tdk varikocel & mslhku kekntalan drh (org sering sebut ACA). Kemarin aku sempet ikut bayi tabung & puji Tuhan berhsl kembar. Tp sblmnya suamiku sempet berobat tp tetap blom berhsl. Dan akhirnya diksh tau temen kl buat meninggkatkan jmlh sperma itu minum serbuk p[ucuk kurma campur madur tiap malam(byk dijual ditanah abang dah terkenal utk fertility), OR, banyak makan buah yg wrn merah, TU semangka(krn sifatnya yg mendinginkan bdn, sebab sperma akan berproduksi bl suasa lbh adem drpd panas gt), kiwi, strobery, tauge dll yg byk vitnya jg. Hslnya jumlah sperma saat diambil wkt BT baik San. Kl utk pihak cewek, aku jg sempet minum obat cina bai fung wan yg terkenal utk menambah kesuburan gt, soalnya dr dokter aku gak dpt obat utk penyubur gt, cuma obat standart utk program aja ama utk kurangi kekentalan drh. Kl menu dietku jg bikin blengger dr putih telur, salmon,tuna, madu, susu bumil, juice apel,juice strobety every day, kacangijo pokoke byk banget tp hindari buah yg buat bdn kita dingin spt semangka,krn utk buat subur kl wanita biasa bdnnya dibuat jd agak hangat gt. Itu pengalamanku San, kl tertarik boleh dicoba, oya btw dah nikah brapa lama? kl aku dah 5th. Slamat berjuang yaaaaa, smoga Tuhan kasih jln yang ter baik.AMin.

  2. Sandra

    Halo mba Wati, trimakasi ya commentnya. Aku nikahnya br emg mba, 1,5 thn, umurku 29, suami 30. KMrn akhirnya udh tlp org lab nya, udh diksi tau dpt sperma yg di freezing brp dan kualitasnya spt apa. IYa niy, aku jg berharap, semoga aja sumbatan nya bener2 udh lepas dan bs hamil alami. Oke mba, klo semangka sudah diksi nih ke suami, tp aku br tau klo cewe ga bgs mkn semangka (padahal aku doyan,hehe). Nanti resep2nya mba aku coba praktekin jg deh. Makasi banyak ya mba πŸ™‚ Salam bwt si kembar..

    *Kmrn BT dmn mba?

  3. Degara

    Saya pernah operasi varikokel di sammarie wijaya pada thn 2010, hasilnya tidak ada kemajuan mengenai kualitas sperma. Saran saya tunggu 3 bln jika hasil lab tidak ada kemajuan lebih baik langsung ke program BT

  4. bro

    Halo mba wati, mba sandra,thanks info nya yaaa, saya 34 thn, istri 29 thn sdh menikah 6 bulan, udah cak dokter n hasil analisa saya azoopermia, akhir nya konsul ke dr aucky di siloam hospital surabaya, di sarankan prog BT, karena kena penyumbatan saluran sperma, kalo freezing sperma apa bagus ? Tolong info nya yaa

  5. Sandra

    Halo mas Bro πŸ˜€

    Freezing sperma sptnya tdk masalah, tergantung kualitas sperma yang di freez. Klopun spermanya tdk bertahan setelah dicairkan, nanti dokter akan operasi lagi utk ambil spermanya begitu istri ovum pick up.

    Good luck ya bwt mas Bro n istri..

  6. bro

    @ mba san :

    Saya kepikiran mau freez dulu untuk mengetahui kualitas sperma, thanks yaa mba san, sukses menyertai kita semua … ???β€’Β° ?Γ―?Β° β€’?<3 A.M.i.e.e.N <3? β€’Β° ?Γ―?Β° β€’

  7. Susan

    Hiii sandra n semua salam kenal ya!

    My hubby juga kasusnya sama dengan suami dirimu (azoos).
    Aku baru rencana mau ke dokter ponco di yasmin. Mau tanya nih say, dulu yang menyarankan Operasi varikokel itu dokter ponco ya?
    Karna aq rencana sudah kekeh ikut ivf jadi kira2 kalau qta minta langsung tese aja bisa ga ya? Kasian juga, udah operasi varikokel eh operasi tese jg.
    Hormon suami sandra brp LH n FSHnya?
    Pnya YM atau pin BB gak?
    Emailku : hand.made69@yahoo.com

  8. fhea

    Halooo, semua,, untuk yang suaminya bermasalah di azoos bisa dishare pin BBnya ya, kita ada grup khusus untuk sharing masalah Azoos ini.. kita bisa curhat, dan berbagi info disana,,,

  9. Sandra

    Hai Fhea..Mau dong diinvite ke grup itu. Ada alamat email ga? Ato no.hp, aku mo ksi tau pin BB ku. Thanks before yah..

  10. siska

    Haloo semua, mbak wati thanks ya saranya.. boleh jg untuk di coba.
    suami saya juga juga azoos…
    kami sudah menikah 3 tahun sudah ke dokter berkali2, urut dan segala macam makanan yang katanya bisa buat hamil dah di coba…tapi blm ada hasilnya πŸ™
    Hingga kami di sarankan berobat ke dokter urologi…
    tolong sarannya donk mbak…
    apakah ada yang pernah pengalaman ke dokter urologi?

    thanks ya

  11. bro

    @ mba siska, lbh baik jumpa dr andrologi, saya juga punya pengalaman jumpa dr urologi dan berbeda analisa nya

  12. Sandra

    Hai mba Siska..

    Suami saya sudah ke urolog. Wkt itu memang berencana untuk operasi ambil sperma+varikokelnya. Suami mba sudah cek hormon blm? Biasanya dokter fertilitas akan suruh cek hormon terlebih dahulu. Krn penyebab Azoo sptnya ada 2, yg 1 krn penyumbatan, yg 1nya lagi krn hormon.
    Berhubung kmrn di suami hormon nya semuanya normal, maka kami dirujuk ke Urolog. Klo Androlog lebih ke hormon mungkin ya (bener ga pak Bro?).

    Mungkin yang lain bs membantu?

    Oiya mba, klo mo sharing, kita ada grup blackberry khusus yg suami2nya Azoo. Klo mo join silakan, nanti bisa diinvite πŸ™‚

  13. eva

    salam kenal, sharing pengalaman aq juga yaa.. usiaqu 32th hubby 48th, kasus qu mirip dengan sandra, sempat hamil 6bln dan keguguran lama ga kunjung hamil, hubby periksa di rscm hasilnya terdapat penyumbatan, namun setelah operasi kokel ternyata hasilnya malah azoos.. program BT sudah 4x, semua program BT dilalui dengan operasi ICSI dan hasilnya setelah 2minggu ditanam gugur semua hiks …
    tahun ini pingin periksa kembali karna keinginan kami masih kuat untuk memiliki momongan..
    pengen di siloam dr. aucky coz kasus 2 teman aq sukses smua di siloam surabaya…
    mohon info nya yaa di 085810335176
    trimakasih,

  14. Rama

    Baru kemarin dulu saya di vonis memiliki sperma mati atau apa entah namnya. dan jalan keluar harus bayi tabung. nikah dan 5 thn tapi belum ada hasil. itu pun kata dokter bilang kalau keberhasilannya cuma 30-35 persen. dan tidak ada obatnya. biaya 50-63 juta sdh all in. tapi apakah ada jalan lain selain itu? utk cari uang sebesar itu kayaknya sangat berat sekali. istri dah di cek sehat dan sangat subur. jadi kata dokter sperm saya sdh mati dan bila di program bayi tabung akan dihidupkan lagi sperma saya. jujur saya stress berat dan saya mohon bantuannya dari teman2 disini utk bantu saya carikan solusinya. terima kasih semuanya.

  15. Sisca

    rama:
    coba konsul dg dokter dicky di blog ini, kategori androlog menjawab deh…
    semoga ada jawaban yg akurat

  16. Rama

    Sisca:
    Terima kasih mba Sisca atas infonya. Soalnya saya tidak tega melihat wajah istri saya. Terima kasih.

  17. Sandra

    @Mba Eva : hai mba..turut sedih ya mba, suaminya td nya dari normal malah jd azoo gara2 operasi varikokel..Klo boleh tau, dulu ops varikokelnya dg dr siapa mba? Oiya mba, kynya klo udh mengalami kegagalan berulang, ada metode BT yg lebih oke lagi mba. Klo ga salah metodenya “Assisted Hatching”, lengkapnya saya lupa, cb brwosing deh mba. Jd si cangkang telur/embrio nya disobek sedikit, sehingga nanti bakal lebih mudah pecah dr cangkangnya dan gampang utk menempel di rahim. Ato mungkin mba periksa secara menyeluruh. Kondisi rahim, hormon, dll. Dan yg utama kt org2 adalah faktor Stres. Kita ga bole stres..Yaa, aku sndiri blm jalanin programnya sih mba, hehe. Lg nyiap2in dulu nih, mo periksa hasil ops kmrn. Mo analisa sperma dl lagi.

    @Mas Rama : hai mas, tenang mas, banyak loh tnyata yg ceritanya sm ama kita πŸ™‚ Klo boleh tau, mas di kota mana? KMrn itu konsulnya ke spesialis apa?

  18. itha

    @pak Rama, Jangan sedih pak tetap semangat ya Pak, saya 38 suami 52 < dah nikah 10 thn blm ada baby tetep semangat, kita usaha ikhtiar dan terus berdoa..YAKIN aja Allah akan memberikan kita yg terbaik pada waktunya..Tetap Optimis dan tetap sebaiknya di konsultasikan ke dokter yg berbeda(secong opini) apa betul sprema mati'semua sepertinya perlu analisa sperma yg lbh mendalam dan ke dr hormon kalo perlu ke Dr Endokrin/urolog/ androlog yg pernah teman2 share di Blog ini…
    Semoga kita diberikan hal paling membahagiakan itu ya…

  19. degara

    Hi Sandra,
    saya ingin berbagi pengalaman, saya pernah dioperasi varikokel thn 2010 dan sampai sekarang kualitas sperma tidak ada perubahan.
    saya diberitahukan oleh dokter (setelah sekian lama) bahwa sebagian besar masalah kualitas sperma yang jelek TIDAK DAPAT diketahui… hanya sebagian kecil saja yang berhasil dengan operasi varikokel…

    jadi saran saya, jangan buang uang lagi… cepat jalani program bayi tabung karena umur tidak bisa dikurangi lagi…

    selamat berjuang

  20. helda

    Shalom…salam kenal temen2 seperjuangan,saya 33 thn dan suami 36 thn,sudah nikah 6 thn,saya baru buka situs bayi tabung.com ini lagi setlh sekian lama dan saya bersyukur sekali bisa ketemu dgn tmn2 semua yg pny kasus sama,suami aku juga Azoosperma,waktu itu prng berobat ke dr Nukman Muluk tp sama sekali tdk ada perubahan,cuma diksh obat trs yg hrg nya mahal banget.Sekarang saya dan suami mau mulai berobat lg,cuma bingung hrs mulai drmn lg,ada rekomendasi dokter dan RS mana yg bgs ya?trus klu kasus spt ini,apakah hrs program bayi tabung ya?mohon saran dari temen2 ya,please…..
    Oya,saya mau donk join group BB yg azoosperma,ini email saya yohanahelda@gmail.com.
    Thanks a lot ya,friends.Gbu all

  21. Yuli

    Allow salam kenal smuanya…saya baru saja menikah dan usia pernikahanku baru 6 bulan dan blm hamil, minggu lalu kami coba ke dr. Indra (Androlog) di RS YPK Menteng Jakpus, dan vonis dr bahwa suamiku terkena varikokel grade 3, kmd kami di rujuk ke dr urologi yaitu dr. Yonas di RSIA Sayyidah Pondok Kelapa, dari hasil USG memang benar bahwa suamiku terkena varikokel grade 3 kanan dan kiri, sehingga harus menjalani operasi, namun sblm ops harus tes sperma terlebih dahulu, untk mengetahui hormonnya.
    Sy ingin tanya bagi yg sudah pernah menjalani ops varikokel, pasca ops efeknya apa yah? krn suami msh agak khawatir dengan efek kalau2 mengganggu fungsinya.perjuangan kami memang msh panjang dan kami akn trs coba jalani secara medis dan trs berdoa spy diberikan yg terbaik.Oiya kalo boleh gabung ke BB Group yg Azoosperma..email : yuli_indarti2008@yahoo.com, tks

  22. Sisca

    dear yuli…..
    menrtku sih sebaiknya cb bayi tabung dulu……mknya yuli konsul ke klinik infertilitas dg dokter SpOG(K) dulu,jk sperma layak BT sebaiknya ambil BT……krn hsl operasi verikokel kdng sperma menjd hilang/azoosperma lho….cb baca kisah2 di blog ini stlh operasi verikokel…
    bukannya menakut2ti lho…..krn suamiku jg verikokel cm stlh konsul dg dokter dicky utk disuruh BT dulu sj,utk operasinya kpn2 sj stlh nanti anakku gede krn ga mengganggu kok……
    menrt dokter dicky BT di singapore mm mewajibkan pasien BT yg suami verikokel utk operasi dulu,pdhl jk bs BT dulu knp hrs operasi verikokel segala???????tindakan utk verikokel bs dikerjakan nanti stlh BT sukses kok……
    so,cb yuli minta pendpt dokter dicky di kategori androlog menjwb pd blog ini deh….
    kisahku dan emailku ada di komentarku di atas no 30
    tetap semangat ya…

  23. Yuli

    Dear Mbak Sisca…

    Makasih banget masukannya mba…cuman emang hubby ku udh pernah tes sperma n hasilnya emang zero mba..jd kami memutuskan akan operasi varikokel dl krn mgkn salah satu penyebabnya ga ada spermanya krn faktor itu..jd kita akan jalani dl..klo skrg lgs BT jg blm bs khan zero mba..jd nanti stlh ops baru akan di analisa lg sbenernya dmana mslhnya…gt siy saran dokter indra di YPK minggu lalu…but makasih banget yah masukan n sharingnya…:)

  24. Sisca

    dear yuli…..
    jk mm azoos ya hrs dicoba operasi verikokel…..cm tanpa operasi verikokel bs diketahui penyebab azoos knp gitu…..jgn sampe nanti pasca operasi kondisinya msh azoos lho……
    krn ada kasus azoos dikira krn verikokel stlh di operasi hslnya msh azoos juga,nah lo….
    cb lakukan tes medis lbh detail apakah penyebab azoos tsb……krn penyebab azoos macam2 sih…
    bukannya operasi verikokel menjd rugi…tdk juga sih…cuma dana buat operasi bisa buat biaya terapi yg lain kan????….
    so, cermati dulu penyebab azoosnya ya….jgn menyesal akhirnya…..krn verikokel jk ga kronis ga hrs SEGERA di operasi kok….
    saranku sih konsul dg androlog dan urolog yg menjd tim bayi tabung deh….krn mereka lbh paham dg problem sperma drpd androlog biasa atau urolog biasa…
    baca kategori androlog menjawab diatas deh,ada kasus yg sehrsnya ga dilakukan tindakan krn androlog dan urolognya di RS biasa jd salah terapi…..
    cari klinik infertilitas yg bagus dan reputasinya baik….
    tetap semangat ya….

  25. dudu 78

    Siang semua, just share pengalaman…saya menikah jan 2007 dan alhamdulillah skrg istri sedang hamil jalan 3 bulan. Ini mrpkn kehamilan ketiga stlh dua kali istri pernah mengalami kuret di usia kandungan 2 bulan kurang. Sy divonis dokter mengalami varikokel krn pernah mengalami gondongan di usia 25. Btw usia saya skrg 34 dan istri 31 thn. Setelah serangkaian test sperma, pemberian obat2an, test hormon dan test usg saluran pembuluh darah yg menuju testis, akhirnya Sy melakukan operasi varikokel kanan dan kiri pd tahun 2010 buln januari, stlh test sperma.menunjukkan hanya 4 % kondisi sperma yg sangat baik. KonsultSi di dr. Androlog Herman rs. Limijati bandung dan bedah di rs.santosa hospital oleh dr. Timotius. Pasca operasi, setelah pengobatan dan terapi, tidK menunjukan perk3mbangan berarti pada jumlah sperma, masih 4 % utk kondisi yg sangat
    baik. Terakhir bulan januari 2012 saya cek sperma, kondisinya sama seperti sebelum dioperasi. Akhirnya kami mendatangi dr. Tarmin ahli kandungan, beliau melihat hasil test sperma saya dan memberikan vitamin tribulus, antioksidan. Saya lupa nama obatnya. Namun Tuhan berkehendak, alhamdulillah istri hamil pada bulan mei 2012, dan skrg masih rajin kontrol ke dr. Winarno limijati. Sy masih menganggap ini merupakan sebuah keajaiban dan anugerah Allah yg tiada terkira. Mdh2an Tuhan memberikan kesehatan bagi ibu dan janin yg dikandungnya. Amin.

  26. utami

    mbak suamiku juga varikokel,bahkan dr urologi bilang grade nya diatas grade 3. suami saya juga operasi,setelah operasi suami terapi pengobatan dan syukurnya jumlah sperma serta kualitasnya meningkat. 3 bulan setelah operasi, saya dinyatakan positif.. sekarang anak kami sudah 5 bulan. saran saya terus berusaha, tempuh semua jalan, pasti akan ada hasil.

  27. Sandra

    @Utami : hai mba. Makasi ya sharingnya. Iya nih, 3 bln setelah opr varikokel kita udh AS lg, tp sygnya hasilnya masi Azoo. Gpp sih sbnrnya mba, sudah kita prediksi jg. Krn hasil operasi TESEnya kmrn terlihat bahwa penyebab azoo suami memang krn ada sumbatan di saluran testisnya. Tp kami bersyukur jg sudah dilakukan ops varikokelnya, dg harapan kualitas sperma pasca operasi akan meningkat. In case freezing sperm nya ga survive pas mo di-icsi, bs dilakukan TESE lg dg sperma baru pasca ops varikokelnya πŸ™‚

    Doain kita ya mbaa. Rencananya awal Sept mau masuk ke program BT nya. πŸ™‚

  28. utami

    mbak sandra aku sekalian mau nanya ni.. adik suamiku juga ternyata varikokel,mungkin varikokel ada hubungan dengan keturunan ya?? adik suamiku juga sudah operasi hasilnya tes sperma setelah operasi juga sudah cukup, tapi ternyata setelah istrinya diperiksa dokter kandungan menyarankan untuk bayi tabung, karena ternyata saluran istrinya ke-2nya buntu.. di rumah sakit mana yang bagus untuk bayi tabung ya??mbak pernah dengar ga informasi kalo varikokel bisa kambuh lagi walaupun sudah dioperasi??

  29. Sandra

    Hai mba Utami..

    Klo varikokel ada kemungkinan turunan kynya ya mba. Soalnya aku liat mertua perempuan jg gt, trus nurun ke suami. Tp mungkin harus dicari dulu literaturnya secara kedokteran pendapatnya bagaimana πŸ™‚

    Mba Utami adik iparnya domisili dimana? Aku rencananya mo di BIC mba. Soalnya domisili di Jakarta, dan karena pekerjaan aku ga memungkinkan untuk ijin dlm wkt yg lama, akhirnya kita mutusin BT di Jkt aja. Apalagi selama program di awal2 kita akan sering bolak balik ke RS utk cek kondisi telur selama distimuli.

    Klo di Indonesia aku sering denger BIC, Gading Pluit, Yasmin (ke-3nya di Jakarta), Siloam Hospital (dr. Aucky – dr BTnya Inul, di Surabaya), sm mungkin di Yogya ya mba (pasti mba Sisca di komen atas nanti bakal dg senang hati sharing pengalamannya mba πŸ™‚ )

    Sekian mba dari saya..Semoga cukup bermanfaat ya πŸ™‚

  30. Suyanto

    Saya sedang menjalani proses bayi tabung di Graha Amerta Dr. Soetomo Surabaya, start mulai tanggal 4 Oktober 2012, mohon bantuan doa semuanya semoga berhasil dengan sukses, AMIN

  31. hilma

    Salam kenal semuanya, usiaku 36 th & menikah jan07. kondisiku oligozoospermia & ada varikokel grade3, LS/FSH normal. setelah berkali2 periksa pada jan10 menurut dr.andrologi rs.dr.soetomo sby disarankan utk oprasi varikokel. tapi karena pertimbangan resiko yg selama ini kami dengar, akhirnya smpe skrng blm melakukanya. mohon pencerahanya pada teman2 yg sudah pernah lakukan operasi verikokel apa ada hasilnya, dimana & brp biayanya ..? sebelumnya ada niatan utk program BT, Tp dalam proses kumpul2 istri akhirnya malah memilih tinggalin aku. (he.. sedih jg sih). tp dgn mengenal kalian semua aku jadi merasa gk sendiri, mudah2an walau terlambat kita semua akan dapatkan keturunan yg selama ini kita idamkan. mau dong gabung, mohon di invite dian76kris@gmail.com makasih sblmnya.

  32. Ika

    @Bpk. Suyanto : smoga sukses pak ya….saya tgl 8 kmrn dinyatakan gagal stelah tgl 26 Sept ET. Dengan dr siapa pak ? Klo boleh tau apa kasusnya. Saya dngn Prof. Syamsul, disitu ada jg dr. Hendy.
    @Hilma : yg sabar ya…mungkin akan dpt yg lbh baik nantinya. Teman saya pernah cerita operasi di Bandung, klo ga salah Hasan Sadikin.

  33. Lucia

    Salam Kenal, Suami saya juga Azoo, sudah konsulatsi dengan Dr. Ali di RS PIK dan disaranin Operasi Verikokel. Mohon saya di add juga di BB Group yang Azoosperma. Thank you yaaaaa.

  34. Maria

    Salam kenal teman” semua =D. T’nyata banyak teman juga mengalami hal serupa yaa….
    saya umur 30thn, n suami saya 36 thn. Kami sdh menikah 1 thn 1 bulan. suami saya dinyatakan varikokel grade 1 oleh dr. hermawan (ahli andrologi RS. Siloam kebun jeruk). setelah di USG(dr. Sidharta, tj. duren) dan pemeriksaan ulang sperma olwh dr. hermawan (jedah 2 hari dari cek p”tama). dokter hermawan memberikan pengantar ke dokter bedah untuk segera dioperasi. suamiku shock berat saat itu. setelah konsultasi dengan keluarga dan teman”, kami memutuskan pengobatan alternatif dulu (ke sin she). Baru sebulan berjalan, suami saya sudah ga sanggup minum obat herbalnya, karena memicu asam lambungnya.
    sekarang lg dilema, pernah disarankan oleh dr. ong chandra untuk program BT, biaya nya ga sedikit yaa.
    nah skrg juga kami harus bagaimana yaa?
    joint di group donk, info via email: pichan41@yahoo.com

  35. Obi

    Hallo temen2x,

    @Rama: Sabar dan pasrah ya.

    Sy sendiri jg mengalami hal sama. Apa yg mksd Rama “sperma mati itu”, pabriknya rusak? Pabrik itu alias testis. Sy sdh ke dr. Aucky dan dr. Ponco (Srby dan Jkt). Sy divonis pabriknya rusak shg tdk bisa menghasilkan sperma. Lbh tragis lagi, dokter tidak tahu penyebabnya apa dan jg ngga ada obatnya smp skrg. Hormon FSH sgt tinggi, hormon testosteron agak kurang, pabrik kecil dan isinya ukurannya dibawah normal. Singkat kata, agaknya dokternya menganggap saya betul2x tdk memiliki sperma. Kalo dilakukan operasi spt saran dr. Ponco itu terkesan cuma spt kelinci percobaan. Yakni sekedar memenuhi kepenasaran saya dan jg beliau mgk mau mempelajari sesuatu dari sana. Dia jg bilang andai dilakukan operasi TESE atau PESA ya waktu itu, bila ditemukan sperma ada berbagai kemungkinan: spermanya kualitasnya jelek shg ngga bisa utk BT, spermanya kualitasnya ckp bagus utk BT, atau sama sekali ngga ada sperma. Akhirnya kami memutuskan tidak melakukan apa2x smp skrg. Blh dibilang give up atau menyerah atau pasrahlah. Memang sy masih penasaran shg mau ke Penang, tetapi sy berpikir kalau di Indonesia, dokter2xnya udah bilang spt gitu, apa di Malaysia hasilnya bisa lain? Terus terang smp kini sy cuma berpikir mungkin hasilnya tidak akan jauh berbeda. Malah bisa2x hanya membuang uang saja. Saya tidak bilang uang lbh penting dari anak ttp maklumlah kondisi ekonomi jg ngga begitu baik, jadi harus mempertimbangkan dengan matang. Moga2x bisa membantu atau dibantu dlm hal info2x kasus azoo yg spt saya. Thanks.

  36. ayu

    Dear mba sandra,… boleh tau gak biaya operasi varikokel di RSIA bunda berapa ya? suami rencana juga diooperasi varikokel sama dr ponco,..tapi pas tanya2 di bag. admissionnya kok mahal sekali biayanya mencapai kisaran 21-27 juta,..apa memang biayanya segitu? saya pernah dengar di RS lain biayanya ada di kisaran 15 juta,..ada info gak mba? terima kasih mba

  37. desy

    Salam kenal semua….. Saya udh menikah 1 thn 7 bln n smp skg blm bs hamil. Sami saya jg divonis varikokel sm dktr hermawan n dirujuk unt dioperasi oleh dktr lie darmawan di rs husada. Tp smp saat ini suami blm mau krn tkt dampak or efek ga baik stlh operasi. Km msh diskusi unt cari cara spy tdk operasi. Blh join di group bb ?
    Email sy : dee_sy09@yahoo.com

    Terima kasih.

  38. Ponty

    Dear all…

    Saya sudah menikah 10th, smp skrng belum hamil. Saya sdh ke klinik yasmin RSCM Kencana dng Dr Budi Wiweko. Puji syukur saya oke2 saja, tapi suami saya azoos.
    Baru saja suami saya operasi varikokel bilateral (kiri kanan) dengan Dr. Ponco Birowo. Selanjunya rencana tetap IVF. Mohon saran kpn teman2 yg senasib… Apa yang harus dikonsumsi suami saya agar pasca opersi ini tentu menjadi tidak azoos lagi dan proses IVF bisa berhasil?
    jika berkenan boleh saya join di group?
    My email : ponty_arsitania@yahoo.com

    Rdgs,
    Ponty

  39. Eva

    Tlong invite saya jg donk, pin bb : 28916B32,,,,,tlong bget ya soalnya saya remcana mau BT skitar sept 2013 ini insyaallah klo ga ada halangan,tlong invite saya ya biat share pengalaman BTnya.kasus suami azoosperma,saya cuma mslah haid ga teratur yg lainnya alhamdulillah normal,pliss ya all thanks

  40. lia

    Salam kenal teman2..

    Perkenalkan saya lia (30 thn) suami saya 33 thn. Juli ini usia pernikahan kami 6 thn. Suami azoospermia. Kita sudah berobat ke banyak tempat, dr mulai sinshe, alternatif, sampai dokter hasil semua selalu sama. Minggu depan akhirnya memutuskan untuk operasi tese + varikokel di dr ponco untuk selanjutnya ivf di dr ivan. Kl boleh sy diinvite ke grup bb nya donk, email sy sour_sally@hotmail.com Saat2 spt ini sy sgt butuh tempat utk cerita & berbagi.

    Terimakasih

  41. eka

    Hi teman-teman…salam kenal yaah semuanya…
    Senang bisa menemukan cerita pengalaman dari teman-teman semua…
    Sungguh sangat berarti sekali untuk saya pribadi..
    Jika boleh saya juga ingin bergabung digroupnya azoo bb, email saya eka_learningcenter@yahoo.co.id.
    Mbak Lia…gimana kelanjutan ceritanya mbak?
    Saya besok senin baru akan ke dr Ponco…untuk pembacaan hasil tes darah, dengan FSH 20.1 diatas nilai rata-rata (karena rujukannya, 12) sedangkan LH dan Testosnya normal.
    MOhon informasi sharing dan pengalamannya dari teman-teman yang punya kasus sama yaah..
    terima kasih banyak sebelumnya..

  42. Yuita

    Halooo, salam kenal. Saya yuita, Kami sudah menikah 4.5 tahun. Suamiku juga azoo, FSH tinggi 12,7, ada varikokel juga grade 1 di dr ponco. Bingung dan takut, itu operasi akan membuat tambah baik ga yah. Kalo boleh saya mau diinvite di group azoo bb. Email saya yuita_ok@yahoo.com. Mohon informasi dan sharing pengalamannya dari teman-teman yang mempunyai kasus seperti saya. Terima kasih.

  43. yuli indarti

    Mba Sandra atau temen2 di Azoo Club..ini Yuli Indarti minta tolong aku di invite lg yah di group Azoo Club…Bb kmrn eror dan lose all contact Pin BB ku yang baru :2BAA66F2
    Thanks sebelumnya..:)

  44. pristy

    salam kenal semua, saya jg mengalami hal yg sama menikah sudah 1thn 5bln suami mengalami azoos kmrn sudah tes hormon, usg testis dan ternyata ada varicocel kanan berat kiri sedang. skrng saya disuruh bertemu dokter nurrasid di klinik yasmin rscm, Spog saya kmrn bilang Azoos lbh baik langsung BT apakah itu benar? mohon infonya teman2
    klo group whatsapp ada gk untuk group azoosnya saya tdk mengunakan bb
    thanks sebelumnya

  45. roland

    Hi all

    Saya juga azoo nih, sept tahun lalu sdh operasi varikokel di sammarie, boleh add sy ke grup ? Pin 260819a4

  46. ika rohmatika

    Trmksih smuanya sharing nya aku mau juga dong d invt pin bb nya suami aku juga azoo ingin tau lebih detail dan cra mngatasinya sperti apa..

  47. Icha

    Saya sudah menikah 8 tahu lalu, ditahun ke 3 suami cek sperm dan hasilnya azoo, setelah mendapat penjelasan dari dokter (kandungan) bahwa azoo tidak bisa punya anak, kamipun shock dan tidak teruskan program. Sampai tahun ke 8, minggu lalu, kami coba mulai lagi dg datang ke Dr.Hermawan.L di Siloam Keb Jeruk, Dokternya sangat baik dan tulus, sebelum ke masalah inti dia cerita banyak pengalaman hidup dan mengobati pasiennya hingga banyak yang berhasil. Foto2 baby yang berhasil dipasang ditembok prakteknya, sangat mengharukan, karena ada banyak ungkapan dari pasangan yang berhasil tsb. Kesan saya cukup rekomen. Kembali ke pemeriksaan, Dr hanya butuh kurang dari 3 detik menyatakan bahwa spermanya kosong, kesimpulannya sama azoo karena rusak pabriknya.kemungkinan dahulu pernah sakit Gondongan. (gasah dijelasin hancurnya hati kita, karena diawal konsul, kami sangat tinggi ekspetasi). Dengan bahasa membesarkan jiwa dia bilang ada dr yang lagi ujicoba pengobatan sel punca, dan dia minta no. HP saya. Insya Allah jika memang takdirnya tidak ada yang sulit bagi Allah.

    Mudah-mudahan bisa memncerahkan

  48. Icha

    Oyah, yang saya maksud 3 detik adalah, dia hanya melihat alat vital Suami saya. Artinya dari bentuk sudah terlihat. Meski saya pastikan apakah ada varikokel, dia jawab tidak ada. Ini murni kerusakan dari pabriknya akibatnya kemungkinan dari Gondongan

  49. sandra

    Haloo teman2. Wah. Ternyata thread saya ini masi banyak pengunjungnya yah.

    Apa kbr semua? Oiya. Bayi Tabung saya yahun 201w lalu belum berhasil πŸ™‚ Semoga next usaha bisa diberikan berkah oleh Allah SWT..aamiin.

    klo group BB azoospermia sptnya sudah mati suri skr ya..hehe. Atau mungkin bikin group br lg aja?

    Mba Icha : prosedur dokter menentukan jenis Azoo itu apakah Azo krn obstruktif (sumbatan) ato non obstruktif biasanya dicek melalui hormon dl (banyak literatur bs kita lihat di internet). Kemudian br pemeriksaan fisik. Dulu suami dicek dg usg, sehingga ketahuan ada varikokel serta spermatokel.

    Mba klo kurang sreg ganti dokter aja mba. Tp prosedur pemeriksaan azoo spt yg sy blg brsan diatas..

    SEMANGAT YAAH πŸ™‚

    *Ada kok azoospermia yg berhasil punya anak melalui bayi tabung. Mungkin ada tmn di thread saya ini yg udh berhasil? Share yaaa

  50. Maryamah

    Hai semuanya. Saya baru saja program bayi tabung di Rs siloam surabaya. Kebetulan suami saya awalnya di vonis azo. Betapa hancur nya hati ini kan mendengar itu. Tapi akhirnya saya dan suami berobat ke dr aucky, beliau kasih vitamin dan kami juga hanya bisa berdoa sama Allah agar diberi keajaiban. Sebulan kedepan hasilnya ternyata sel nya muncul. Walau sedikit dan rusak. Tapi aucky blg ini bisa diatasi dengan bayi tabung. Akhirnya dr aucky sangat membantu sekali , sampai dia bilang “susah sekali saya cari sek bapak yg bagus” skrg saya sudah positif hamil. Tapi belum usg kantung. Semoga saya dilancarkan. Mungkin ada dari mbk mbk yg mau konsul ke dr aucky.

  51. sandra

    Hai mba Maryamah,

    wah..selamat yaa atas kehamilannya. Kebetulan di group bbm azoo sudah ada beberapa yang ke dr.Aucky jg.
    Btw, saya kurang ngerti dg yang mba bilang “sel nya muncul”, ini maksudnya spermanya akhirnya muncul ya? Dicek analisa sperma akhirnya spermanya ada dan ga azoo lg ya mba? Wah, mba beruntung. Suami saya sudah minum vitamin2 tp ttp azoo:p

    Skali lg congrats yaa mba. Semoga nanti saya, dan tmn2 seperjuangan azoo jg diberikan rejeki anak spt mba πŸ™‚

  52. Bree

    Hallo semuanya,, perkenalkan saya biasa di panggil Bree,, saya cuma mau sharing aja ni sapa tau sangat2 berguna buat teman2 skalian..

    Ok, langsung aja saya mau share..
    Saya usia 29 th dan istri 27th, kami sudah menikah 1.5th belum dikaruniai anak.. Awalnya kami pikir belum d kasih anak karena waktu masa subur istri ga pas dgn waktu kami bertemu di karenakan saya yg berkerja di pengeboran laut alias bang toyib..
    Dan pada akhirnya kami putuskan untuk check medis bulan kemarin mulai dari KMC kemang dgn dok ahmad mediana, disana istri di cek USG dinyatakan normal dan kami diminta lebih lanjut untuk istri tes HSG dan saya tes sperma di RS Pondok Indah..
    Hasil HSG dinyatakan normal, yg bikin shock hasil tes sperma saya dinyatakan AZOOSPERMIA.. Dunia serasa kiamat :(..
    Lalu hasil kami bawa lg konsul ke dok Ahmad Mediana KMC, dan dok menyatakan istri normal sepenuhnya dan memutuskan nasib saya yg hrs ditindaklanjuti..
    Sempat ga percaya saya minta tes ulang, dan doknya fair silahkan tes dmn maunya, lalu saya minta rujukan di prodia dekat rumah.. Dan hasilnya SAMA..
    Lalu kami di beri rujukan lagi untuk di lanjuti ke RS Asri Duren Tiga, disarankan bertemu dok Sigit Solichin ahli urolog. Lalu saya di cek dsna untuk tes fisik dan USG dinyatakan VERIKOKEL bilateral kanan grade1 kiri grade3 disarankan utk operasi, kemudian tes hormon FSH dll utk mengetahui apakah masih bagus asupan darah ke testis, alhamdulillah bagus hasilnya dan kata beliau mudah2an berhasil bisa memproduksi sel spermatozoa lg pabriknya dan tdk ada sumbatan, Insha Allah aammiinn..
    Krna memang benar kita tdk bisa prediksi sumbatan ada dmn kecuali tidak ada verikokel baru dinyatakan positif ada sumbatan. Dan mudah2an ini operasi terakhir saya dan berhasil dan tidak perlu ke tahap2 selanjutnya untuk operasi TESE dll apalg sampai ke Bayi Tabung, aammiinn.. Operasi saya akan dilakukan tgl 17 Februari minggu depan, mudah2an semuanya lancar yaa, aamiinn..

    Oiya untuk biaya ops verikokel di RS ASRI kelas vip 27jutaan belum obat2an, bisa juga langsung pulang si kmarin saya d kasih tau sebesar 19jutaan belum obat2an..

    Maaf kalau terlalu panjang, dsni saya hanya sekedar share siapa tau bermanfaat dan saya dsni terus ber ikhtiar demi kesehatan saya juga apa lagi demi si buah hati.. Kalau ada yg mau tanya2 boleh invite pin bb saya 76A745F9 krna jarang ol.
    Thanks semuanya ya semoga semua d beri yg terbaik dr Allah SWT aammiinn..

    Cheerss..

  53. prima sanjaya

    Saya umur 25 th dan isti sya umur 24.sya lokasi di bandar lampung Sya minta petunjuk kepada mba2 tante2 om2 mas2 :)saya sudah menikah selama jalan 11 bln.(Baru ya di bandingin om2 dan tante2 hehe)tp sya blm di karuniai momongan. Sebenernya tergolong baru si nikah nya. Tp ortu sya berharap banget menggendong cucung dri sya karna sya ank pertama. Sya sudah berobatin istri sya urut,sampai ke dokter spog dan hasilnya normal. Dan saya berfikir apa karna kendala di saya karna merasa ada kelainan (maff) di buah zakar sya ada benjolan keras. Dan sya memberanikan diri periksa sama istri saya barusan tadi pukul 20.00 wib priksa dr.hendra.Ts m.kes sp.kk dan saya terkejut ketika dokter memeriksa dan hasilnya saya terkena varikokel dan di buat surat rujukan agar di bedah. Sya shock karna di suntik jarum saja bisa di hitung. Dan lebih parah lagi mendengar kata2 tidak bisa mempunyai keturunan. Sya merasa bersalah sama istri dan org tua saya. Mohon petunjuk kepada semua nya yg telah mengalami apa yg harus saya lakukan terlebih dahulu. Klo boleh sya masukan grup ya. Ini imeal sya primasanjaya63@ymail.com dan pin bb 330b69f0

  54. Maryamah

    Mas prima: jangan patah semangat mas. Insyaallah ada jalannya. Kalau kemaren saya kebetulan kan program bayi tabung di siloam. Ada temen yg barengan program. Dia suami nya juga dibedah. Tapi kurang tau karena apa. Untungnya masih ditemukan sel spermanya. Akhirnya dia bisa program bayi tabung.

  55. Reza

    Hi semuanya, perkenalkan saya reza 37 th dan saya juga sudah di vonis azoos sejak tahun 2007 lalu. setelah vonis saya memutuskan dengan istri untuk mencoba cara alternatif terlebih dahulu, dan segala macam cara pengobatan alternatif sudah kami lakukan, termasuk yang terakhir sin sei. dan hasilnya masih nol.
    sekarang ini istri saya sudah sangat putus asa dan memutuskan untuk berpisah…saya bisa memahami karena beliau sangat mendambakan yang satu itu.
    perasaan saya saat ini sangat down sekali, dan setelah membaca blog ini saya merasa tidak sendiri..boleh saya di add ke group..pin saya 5473AA88…terima kasih.

  56. Leesang

    Salam kenal semuanya,
    Suami saya juga dinyatakan Azoospermia akibat varikokel dan hormon FSH yang rendah. Suami saya sudah menjalani operasi varikokel di bulan maret dan terapi hormon dengan dokter ponco, sekarang lagi masa menunggu 3 bulan untuk nantinya kembali melakukan tes lebih lanjut apakah bisa dilakukan BT. Saya membaca beberapa blog mengenai kasus azoospermia, namun saya belum menemukan kasus yang sama dengan yang dialami suami saya, karena kebanyakan azoospermia disebabkan oleh FSH yang tinggi. Apabila ada yang mengetahui mengenai kasus azoospermia disebabkan FSH rendah, saya mohon infonya, yah. Apakah masih ada kemungkinan untuk bisa mempunyai anak?
    Semoga ada pencerahan πŸ™‚

    Mohon info ikut gabung group bb mengenai azoo..

    kirara_wijaya@yahoo.com

    Terima kasih

  57. Safitri

    Suami azoos, bt-1 bhcg negatif di sardjito jogja menggunakan sperma beku, bt-2 short protocol suntik ke 8 tunda 2 bln krn hormon tidak stabil di siloam, suruh ganti long protocol utk bt selanjutnya, bt ke-3 mau coba lagi bulan sept thn ini, semoga dimudahkan dan dikabulkan memiliki anak kandung,,,,amien.mohon doanya kepada teman2 semua

  58. iwan

    tolong di add pin saya 2AEC1D9D. mau tanya apa bisa setelah di operasi varikokel, sperma meningkat dan tanpa harus BT lg, saya varikokel grade 3 kanan, kiri 2, mau operasi takut bgt. share dong yang sdh pernah operasi varikokel gmna rasanya. trmks

  59. Fitriani

    Hi semua….

    Saya menikah 3,5 tahun,suami sedang berobat ke dr.androlog dikelapa gading, sdh operasi vericocele jg, disini apakah ada yg sdh berhasil hamil setelah operasi vericocele? Trus obat yg diberikan dokter apa saja ya?
    Salam kenal

  60. Ernawati

    Hai salam kenal semua.. Ayo donk mba sandra bikin grup lagi, biar kita bisa saling share…
    Salam kenal semua, namaku erna umur 28 suami 30. Sekarang lg promil d bic menteng sm dr ivan. Suamiku OAT (oligoasthenoteratoozospermia) dan varikokel bilateral grade 2. Aku alhamdullilah sehat setelah semua pemeriksaan. Kmren sdh dirujuk untuk ke urolog ke dr ponco di bunda. Tp hasil konsultasi tidak memuaskan kami. Knp? Karena sepertinya dr ponco tdk memberikan solusi yang pasti untuk kasus kami. Jadilah sekarang kami dilanda kebingungan. Ketika kami bertanya jadi baiknya untuk kasus ini apa yg harus kita lakuin dok. Ya terserah kalian, mau dioperasi atau minum obat dulu. Kami jadi bingung apa iya kondisi suami saya sebegitu parahnya sampai harus dioperasi. Dr ponco tidak memberikan jawaban yang pasti. Kasus suami saya kan bukannya azzospermia, suami sy msh ad sperm meskipun cuma 6jt/ml krn normalnya harus 15 jt/ml. Aduh kita jadi galau dan sedikit kecewa dengan hasil konsultasi dengan dr ponco. Akhirnya kita cuma minta obat saja dulu yang sampai sekarang belum kita tebus resepnya. Kita berencana kembali lagi ke dr ivan after tahun baru untuk penjelasan lebih lanjut. Fyi, biaya op varikokel di rsu bunda bilateral 48 juta odc bisa pulang hari itu juga, 3 jam setelah tindakan. Dan saya cukup shock mendengar nominalnya. Sedangkan untuk biaya bt saja d bic cum 43 juta lagi promo. Mohon sharing ya buat teman2 semua, kalau ad pengalaman yang hampir sama dengan saya… Terima kasih yaa….

  61. dina

    Hai teman teman…nama aku dina.ikutan gabung y.aku sdh nikah 8thn kasus suami aku jg sm azoospermia krn varicocle.kmren dpt rjukan opr dj dr tim d rs santosa bdg. Ada yg tw g biaya nya dsna brp. sharing donk k tmn2 yg sdh prnh oprs kira2 stlh oprs berhasil g seh pny baby. Tkt”y sdh klr bnyk biaya g ada perubahan. ( memang Yg Kuasa yg menentukan jg )

  62. sandra

    Haloo semuanya. Ternyata thread ku masih banyak yg komen ya. Hehe.

    Mba Safitri : gmn ivf ke3 nya mba? Sudah jd? Semoga berhasil ya.

    Mba / Mas : saya sudah tdk join di grup bb nya lg. Apa kalo mau kita bikin grup wa ato bbm br?

    Oiya. Suami pasca ops varicocele masi ttp Azoospermia. Krn ketika ops TESE, dr.Ponco mengambil sdkt jaringan testisnya utk mengecek penyebab azoonya. Hasilnya tdp bbrp blockage atau sumbatan pd saluran testisnya. Tp mudah2an dg ops varicocele kmrn bs memperbaiki kualitas spermanya.

    Mba Erna : mba ga tertarik insem dl kah? Krn masi bs diambil sperma tanpa operasi kan yah.

  63. ernawati

    Mba sandra, kt dr ivan dengan jumlah sperm yg cm 6jt/ml gbs buat insem aplg dngan kondisi sperm yg kurang bagus. Utk insem harus 15jt/ ml, emang seperti itu ya? Ada info mungkin tmn2 yg lain soal insem…

  64. anita

    Halo semuanya..ikutan gabung juga ya.. suami sy jg azoospermia dan kami sdh menikah 8th. Kami disarankan utk bayi tabung tp msh maju mundur krn dokter pun ga bs memastikan apakah bisa ditemukan sel sperma waktu operasi nanti..rencananya dlm wkt dekat ini kami mau ke dokter Hermawan di Siloam dl untuk mengetahui lebih pasti keadaan suami saya. Btw kalau ad groupnya sy mau juga donk diinvite..Thanks

  65. veni

    Salam kenal .nama sy veni suami juga mengalami azoospermia mohon info pemeriksaan apa saja ya yg harus dilakukan

  66. Sandra

    Halo..Baru baca lg thread ini πŸ™‚

    Mba Erna : oh..begitu ya. Saya krn suami azoo jd mmg krg paham / minim info ttg insem. Skr gmn kelanjutannya mba?

    Mba Anita : udh jd program ivf nya mba?

    Mba Veni : kalo saya dulu periksa (khusus suami yaa) : hormon sm usg testis.

    Tetap semangat yaa smuanya πŸ™‚

  67. Wella

    Boleh gabung tidak di group ini,,?
    Saya jg punya pengalaman yg sama tapi benar2 tidak tau tentang ini,,, mohon info nya ya yang berkenan,,,
    Salam kenal

  68. Dini

    Mba sandra mau juga dong gabung di grup wa or bbm nya..
    Kebetulannya suami saya juga azo. Tpi qt msh bingung oprsi varikokel dl atau pesa/tese atau dilakukan bersamaan

  69. Purwa

    Selamat Pagi bapak/ ibu yth:
    Mohon ijin gabung di forum/ group azoospermia .
    Kami pasangan 4 tahun menikah skrg saya 41 tahun dan istri 33 thn dan tinggal di Kalimantan.
    Apakah ada yang bisa sharing / memberikan pertimbangan mana yang lebih prefer operasi penyumbatan saluran sperma atau coba IVF lagi dan di rs /klinik mana yg recomended.

    Operasi varicocel bilateral sudah dilakukan tahun lalu tp hasil analisa sperma masih azoospermia.
    1 x ET dan 2 x FET hasilnya juga masih negatif.

    Mohon masukan/sarannya.

    Salam
    purwapurwanto30@gmail.com
    Wa:081351322788

  70. Sandra

    Selamat malam semuanya, mohon maaf baru dibales.

    Mas Khairul : dulu 2012 suami usg testis di rscm. Saya kurang tau apakah di prodia bs ato gak nya. Tp saya rasa tidak mas.

    Mba Wella, Dini & Diyah Fitri : maaf sekali, saya sndiri udh ga join di grup tsb. Info terakhir grup nya udh sepi. Mba Diyah, varikokel itu di suami dl rasanya sering nyeri dan pegel di daerah sekitar sana.

    Mas Purwa, sudah pernah dikonsultasikan blm dg urolognya? Dl wkt suami TESE, diambil sampling 2 jaringan testisnya. Hasilnya ada sumbatan (artinya sumbatan ada di saluran paling dlm / di testis). Urolog blg tdk bs utk dikoreksi sumbatan tsb (krn ukurannya yg sangat sempit, salurannya berkelok2, dan kta tdk tau di titik sebelah mana saja sumbatannya), serta risiko keloid yg bs membuat sumbatan baru. Lain hal jika sumbatannya adalah di saluran terluar (mengarah ke p***s), itu memungkinkan utk dikoreksi. Jadi, utk kasus suami, dr ga menyarankan utk operasi koreksi saluran. Mudah2an sdkt info ini bs bermanfaat ya mas. Kalo bole tau programnya kmrn dmn?

    Rencananya kami akan cb ivf ke-2 awal Nov bsk. Mohon doanya ya smua. Jangan pernah putus asa.

  71. Nuni

    Halo salam kenal mba Sandra.. saya baru nemu thread nya nih mba, kebetulan kasusnya sama persis suami saya. Tapi bedanya suamiku blm pernah op. varicocele krn kata dokter slm tdk mengganggu dan tdk ada pembengkakan maka dibiarkan saja. Apalagi dgn case azoos takutnya malah memperparah kondisi nantinya.
    Akhirnya thn lalu kami jalani program BT di Siloam Surabaya dan blm berhasil. Menurut dokter krn memang kualitas sperma nya yg tdk bagus. Embrio sempat nempel tapi sangat lemah akhirnya luluh.
    Dan akhir2 suami srg mengeluhkan sakit dibagian perut bawah sblh kiri. Bahkan katanya maaf, biji zakarnya jg sakit. Sy jd khawatir apa jgn2 varikokelnya membesar ya? Krn memang dr hasil usg thn lalu varicocele nya di sblh kiri. Apa memang gejala varicocele yg membesar itu spt itu apa tdk ya?
    Oya, mba Sandra sdh mula program IVF nya? Mudah2an lancar dan berhasil ya mba.. amiin

  72. Sandra

    Hai mba Nuni, salam kenal jg πŸ™‚ Ivf nya kta mundurin di Januari. Biar lbh tenang. Skr krjaan di ktr masi padat.

    Oiya, mirip sm keluhan suamiku dl ya, wkt sblm dioperasi varicocelenya. Daerah sekitar pangkal paha, paha sering pegel2. Pasca operasi keluhannya udh ga ada lg. Dl krn keluhan itu akhirnya kta minta dioperasi. Varicocelenya di kanan grade 1, kiri grade 3. Begitu mba Nuni..Sudaj ada rencana mau cb lg?

  73. Nuni

    @mba Sandra : alhamdulillah kmrn kami sdh ketemu dgn dr. Sigit di BIC dan stl di usg lg ternyata varicocele nya skrg kiri dan kanan. Beliau menyarankan yg terpenting skrg dilakukan op. Varicocele terlebih dahulu. Krn biasanya stl 3 bln ada perbaikan produksi sperma stl op. Varicocele. Namun jika mau op. Varicocele sekaligus PESA/TESE jg lbh baik shg bisa tau apa penyebab azoos nya skrg. Namun dgn pertimbangan biaya jg kami skrg msh bingung apakah mau sekaligus atau skrg op. Varicocele saja dulu.
    Kl dari pengalaman mba Sandra sndri gmna mba? Mungkin ada saran buat sy yg sdg galau ini.. hehe ?

  74. Sandra

    Mba Nuni,

    Klo memang mengganggu, baiknya dioperasi, sekaligus nanti memperbaiki kualitas sperma krn aliran darahnya sudah lbh baik. Sedangkan pesa/tese aku saranin nanti aja pas mo program ivf lg. Minimal 3 bln setelah ops varikokelnya. Sayang pesa/tese cm utk cek penyebab azoo nya (sementara azoo penyebabnya cm 2 kan, hormon atau sumbatan).

    Spt pengalaman 2012 lalu. Suami ops.varikokel sekaligus pesa/tese. Spermanya lalu difreezing. Pas ivf br dipake spermanya. Hasilnya blm berhasil. Pdhl mgkn bakal lbh baik pake sperma pasca ops.varikokel, krn asumsinya aliran darah lbh bagus, spermanya jg lbh oke.

    Kira2 gt masukan dr aku, smoga bermanfaat ya πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*