Azoospermia – Sugino

Hai salam kenal buat teman2 yang sedang berjuang untuk mendapatkan malaikat kecil 🙂 perkenal kan saya Sugiono usia 35 thn istri saya 30 thn kami sudah menikah 1 tahun lalu tp kerinduan kami akan kehadiran anak belum terjawab.

Memang sebelum menikah ingin segera punya momongan, menginjak bulan ke 3 pernikahan kami sama2 memeriksakan diri ke dokter, alangkah kagetnya saat analisa sperma saya azoospermia, serasa dunia kiamat :'( dan melalui website ini saya baru tahu ternyata ada bbrp kemhknan bulan januari 2012 saya ke klinik dr aucky di rs siloam di sby dan hasil pemeriksaan hormon msh dlm range normal kata dr aucky ada sumbatan di saluran sperma untuk memperoleh keturunan di sarankan ikut program bayi tabung.

Akhirnya saya dan istri sepakat ikut bayi tabung, tgl 25 juni 2012 istri mulai pemeriksaan lengkap dan dinyatakan siap, tgl 28 juni dimulai dengan suntikan gonal F sebanyak 2ampul, dan hari ke 5 naik jadi 2,5 ampul sampai hari ke 8, di usg ada 9 telur paling besar 25 mm, tgl 6 opu dan saya di Tese dpt 15 spermatid dan 1 sperma immotil, dan di icsi pada hari ke 3 saat ET 2 embrio pembelahan 6 sel 1 embrio pembelahan 4 sel soal kualitas / grade kami tdk berani tanya alias pasrah, 14 hari setelah ET yaitu pengumuman hasilnya negatif :'(.

Melalui forum ini apakah ada teman2 yang punya pengalaman seperti kami? apa makanan atau vitamin supaya next tese dpt sperm dewasa ? Saat ini juga msh bingung untuk memutuskan bayi tabung selanjutnya di MMC dgn dr selva, TMC dgn dr collin lee atau dr Ng di rs lam hwa ee penang, mohon untuk teman2 untuk informasi nya, God bless us, amin…….

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

31 thoughts on “Azoospermia – Sugino

  1. hi_roel

    assalamualaikum mas sugino, kasus yang mas alami persis dengan yang saya alami beberapa tahun lalu. hanya saja umur saya masih lebih muda daripada mas sugino, tapi bukan berarti mas sugino tidak produktif, usia mas sugio spertinya masih bisa dikategorikan produktif. semenjak 4 tahun lalu saya sudah mulai intensif melakukan pemeriksaan kesehatan karena khawatir setelah 2 tahun menikah belum mendapatkan momongan, walhasil pada saat test sperma pertama kali saya juga dinyatakan azoospermia dan konsultasi ke dokter, saya oun divonis tidak bisa punya anak, akhirnya saya melakukan test ulang dan tetap hasilnya azoospermia, dan itupun terulang sampai 4 kali. Saya tidak putus asa, tetap berdoa, merubah gaya hidup menuju lebih sehat (tidak merokok, tidur cepat, istirahat teratur, makan bergizi) dan saya mencoba pengobatan herbal cina / Traditional Chinese Medicine (TCM) selama beberapa bulan, yang pada suatu saat oleh shinse disarankan untuk melakukan test sperma dan hasilnya alhamdulillah bukan azoospermia lagi, walaupun tidak terlal bagus, tapi menunjukkan hasil yang lebih baik, lalu saya konsultasi ke dr.aucky dan melakukan test sperma. dr. Aucky pun menyarankan untuk melakukan bayi tabung metode ICSI, alhamdulillah sekarang saya tengah menunggu kehadiran calon buah hati yg saya idam2kan dan nantikan.
    oiya, sekedar informasi, saya dlu pernah ikut program bayi tabung di M*C m*l*ka, dengan dr. Sya***din, sperma sy ditest dan menunjukkan hasil yg dpt digunakan utk proses bayi tabung, tetapi sewaktu tiba saatnya penanaman embrio , sperma saya kembali azoospermia, lalu diambil tindakan utk mengoperasi buah zakar saya utk mengejar sperma yg hidup langsung ke kantong produksinya, tetapi apa mau dikata, ALLAH SWT berkehendak lain, saya tidak dapat melanjutkan proses tersebut, hancur hati saya dan istri saya, tetapi saya dan istri saya tidak menyerah dan tetap tafakkur. Alhamdulillah, bisa hamil walaupun di dalam negeri sendiri.
    Kesimpulan, dr. Aucky tidak kalah hebat dengan dokter-dokter yg ada di luar negeri. SDM Indonesia punya potensi, hanya saja banyak yg tidak mengetahui. Saran saya, mas tetap berdoa dan tetap berupaya dengan segala upaya sampai titik terakhir. Wassalam.

    Jika butuh curhatan, saya siap mas sugino. e-mail aja, Insyaallah saya bantu.

  2. Ruru

    Mas Sugino, suami saya juga azoospermia trus kami BT di klinik Yasmin RSCM. Suami saya operasi tese trus dr 9 sel telur saya yg dibuahi, cuma ada 1 embrio yg layak transfer. Sempet agak down, tp hasilnya positif. Alhamdulillah, skrg 1 embrio ini sudah lahir berumur 4 bulan :). Tetep semangat Mas Sugino yaa

  3. nia

    @mas hi_roel;

    Boleh tau ga ya, stlh terapi herbal TCM , kesimpulan analisa sperma nya jdi apaa ya mas?
    Selamat ya mas buat kehamilan istrinya.. 🙂

    Thnx
    Nia

  4. Nas

    Saya skrg umur 37 thn. sekitar tahun 2007 saya beberapa kali test sperma, hasilnya Oligozoospermia. Tahun 2009 saya berobat ke dr. Herman Wibisono di Bandung. Menurut dokter saya harus operasi vericocele. akhirnya saya di operasi di RS Sentosa Bandung. Setelah operasi, ada sedikit peningkatan di kualitas sperma. Tahun ini kami berencana BT di Lam Wah Ee. Tanggal 30 Juli kami konsul ke dr. Ng. Seminggu sebelumnya saya test sperma di Prodia Medan, hasilnya Oligozoospermia. Tetapi sewaktu test sperma di Lam Wah Ee, hasil test saya Normozoospermia. dr Ng sendiri heran kenapa hasil test saya di Indonesia bisa seperti itu. Tapi saya cukup senang dan bersyukur atas hasilnya. Dari sebulan lalu sampai sekarang saya ada mengkonsumsi produk Pro**lis. ngak tau juga ya kalau setelah mengkonsumsi produk tersebut ada pengaruh pada hasil pemeriksaan terakhir.
    Pada waktu pemeriksaan di Lam Wah Ee, test sperma saya biayanya RM 80. Trus istri sehabis diperiksa, ditanya apakah mau periksa darah atau tidak? Kalau tidak juga tidak apa2, karna hasilnya tidak begitu penting (saat itu istri tidak sedang haid), dan kalaupun periksa darah, hasilnya ngk perlu dikonsultasikan saat itu jg. Lumayan suprise jg berobat di Penang cuma habis RM 80. Tp karna kadung datang, istri minta periksa darah jg, kena sekitar RM 300.
    Soal obat, dr. Ng bilang ngk perlu makan obat ini.

    Agustus nanti (istri haid), dr. Ng minta istri chek hormon di Lab Medan pada hari haid ke 3-4, hasilnya di konsultasi ke asistennya via telpon, jd kami ngk perlu ke Penang. Tapi bulan September baru chek langsung ke Penang.

    Insya Allah, kami mantap untuk BT di Lam Wah Ee pada bulan Oktober tahun ini.
    Sudah survey lokasi kost, ada kamar di basement, jd ngk perlu naik turun tangga. jalan ke Lam Wah Ee sekitar 5 menit.

    Mohon do’a nya semoga kami berhasil.. wassalam.

  5. sefi

    @ mas hi-roel:
    Selamat ya mas atas kehamilan istrinya.
    Boleh share ga bagaimana treatment ICSI/IVf dengan Dr. Aucky hinting/ RS Siloam Surabya. Terlalu antri dan dokternya terburu-buru ato tidak ya? Saya rencana ingin IVF dengan beliau awal tahun depan stl IVF pertama saya belum berhasil. Tolong email saya di zephiharinia_4@yahoo.com. Terima kasih.
    @ Pak Sugino : tetep semangat pak utk memperoleh buah hati. Coba minum royal jelly setiap hari juga jus tomat, strawberry dan kiwi. Semoga membantu. Dan semoga ikhtiar berikutnya kita bisa berhasil. Aamiin..

  6. hi_roel

    hasilnya tidak terlalu signifikan, bahkan mengalami peningkatan sedikit, tapi menurut dr. Aucky perlu tambahan suplemen vitamin dan sudah cukup untuk dilakukan proses bayi tabung / ICSI. hasilnya ‘extremoligoastenozoospermia”. (gak pake nyontek tuh mas, saya hapal bener di luar kepala, sangking senangnya liat hasil itu)

  7. eko

    hi pak sugino salam kenal,

    Utk pak roel boleh saya tau dulu bpk azoosperma karena apa? Sumbatan/hormon?

    Apa sudah pernah tes hormon sbelumnya bagaimana hasilnya? Karena saya sendiri azoo karena sumbatan dan sudah pernah ifv namun gagal.

    Thanks,

  8. hi_roel

    @nyun : boleh, my email > hi_roel@yahoo.com

    @nia : setelah konsumsi obat herbal TCM, lalu tes di lab klinik pramita, hasilnya “extremoligoastenozoospermia”, itupun seharusnya saya lanjutkan pengobatan TCM nya, akan tetapi biaya yg lumayan besar membuat saya terhenti untuk sementara dan mengambil inisiatif utk bayi tabung. makasih mba nia

    @nas : semoga sukses dengan program bayi tabung. tetap berdoa, usaha pantang menyerah sampai titik penghabisan dan jangan lupa selalu “think positive”, yakin, yakin, yakin dan yakin…

    @eko : saya nggak pernah tes hormon mas, cuma tes sperma aja. beberapa kali di dalam negeri dgn menggunakan lab yg sama, dan satu kali di Mahkota MEdical Centre di Melaka Malaysia dgn hasil yg berbeda, dan yg terakhir setelah konsumsi obat herbal TCM, test sperma biasa di lab klinik dlm negeri yg berbeda dr awal2nya.

    @sefi : dr. Aucky kalo boleh dibilang, mungkin salah satu pionir dalam hal bayi tabung di Indonesia, beliau dokter yg sangat ahli kalau menurut saya. Sudah banyak yang membuktikan, termasuk saya dan istri saya, jadi kalau antriannya panjang ya wajar, karena memang dokternya ahli, selama berkonsultasi dengan beliau, beliau selalu memberikan saran yang terbaik dan yang ter-optimis jikalau boleh saya bandingkan dengan dokter2 lain yg saya pernah datangi. yg namanya konsultasi, tergantung dari pasien juga, kita juga harus proaktif bertanya, tapi jangan kebanyakan bertanya dan menggebu-gebu, ntar dokternya disangka diinterogasi. hehehe…. kita lanjut di e-mail aja ya biar lengkap

  9. hi_roel

    oiya, baru ingat. Kata mas apa mbak sefi nih. Bagi pria disarankan minum jus buah murni, terutama buah / sayur-sayuran yang berwarna merah dan banyak mengandung vitamin C dan kadar Zat Besi yg cukup, semisal wortel, semangka, tomat, kiwi..

    Bagi yang perokok, STOP MEROKOK ! STOP! STOP! STOP!. titik, tidak ada kompromi untuk itu.

    Bagi yang sibuk, tetap sempatkanlah diri anda untuk rileks, istirahat dan hindari stress, jangan terlalu dipikirin kondisinya yg azoospermia, pikirkanlah hal apa yg bisa anda lakukan untuk membuat diri anda lebih baik dan lebih sehat, jangan memikirkan tentang kasus azoospermia anda, mungkin dengan berpikir dan hidup lebih positif dapat membantu anda lepas dari belenggu azoospermia.

    BERDOA ! Semua yang kita lakukan dan apa yang kita peroleh atas izin perkenan Tuhan Yang Maha Kuasa. Oiya, untuk yang muslim (NO SARA !), beberapa teman dan orang-orang sekitar pernah berkata kepada saya, bahwasanya didalam keyakinan kita tidak ada istilahnya mandul, yang ada hanya karena belum diberikan rezeki untuk mendapatkan momongan dari ALLAH SWT. sekali lagi NO SARA !

  10. sefi

    @ Mas hi_roel : Makasih banyak semua nasehatnya. Iya harus semangat, tanpa berhenti berdoa, sedekah, bertobat dan berobat. Saya mengerti kl dokter hebat banyak di cari dan harus antri. Tp kalo lingkungan mendukung seperti nurses dan tim IVF nya memberikan mental support dan bisa menjawab semua keraguan itu yg saya cari. Krn IVF pertama saya juga InsyaAllah dengan dokter hebat disini. Tapi krn antrinya banyak banget juga keterbatasan perawat membuat sulit sekali ingin konsultasi. Dokternya juga jd terburu-buru krn terbentur ngejar jam 10-3 itu wktnya full utk patient OPU dan ET. Jd utk ketemu dokter utk konsultasi hanya dr jam 8-10 dengan antrian panjang. Bisa di bayangin gimana konsulnya. Mas hi_roel saya kirim email..tolong di check ya.. Thanks.

  11. bro

    Salam kenal semuanya, maaf baru baca comment nya 🙂
    @ eko : analisa dokter sumbatan, untuk hormon LH FS dan testoteron normal mas, makanya bingung juga neh, sementara minum jus tomat + strawberry dan minum antioksidan
    @ hi_roel : TCM dimana. ?
    @ ruru : selamat yaaaa 🙂

  12. hi_roel

    @bro : pernah dengar iklan di TV nggak ? Yang sekarang lagi nge-trend banyak diplesetin jadi banyolan. Itu dia tuh tempatnya saya berobat TCM. Saya juga pernah menyarankan ke teman, bedanya masalah terletak pada istrinya, walaupun 🙁 pada akhirnya, terapi nya dihentikan karena alasan biaya, tapi menurut teman saya, istrinya mengalami perubahan terhadap kondis kesehatannya (makin segar dan jarang lagi mengeluh mual, sakit perut atau masuk angin yang dulu sering dirasakan).

  13. rindu

    salam kenal semuanya….
    aku menikah jalan 2 tahun tpi belum dikaruniai momongan, aku umur 33 thn dan istri 31 thn. Karna ingin segera punya momongan kami sepakat periksa sperma ke lab prodia dan diluar perhitunganku ternyata hasilnya azzospermia. Waktu itu hasil lab yg ambil istri aku karna aku harus kerja dikluar kota. waktu itu dia kasih kabar klo hasilnya sperma 0 alias azospermia, dia telpon sambil menangis sejadinya, aku sendiri diujung telpon tdk bisa bicara apa2 hanya air mata ini menetes tiada henti YA ALLOH ampunilah Dosaku, bagaikan disambar petir disiang hari. tiga hari lamanya istriku menangis tiada henti aku sampai tidak tega melihatnya, 2 minggu sdh akhirnya aku test sperma lagi tpi hasilnya tetap 0 sampai 5x tiap 2 minggu aku ke lab untuk periksa tpi hasilnya tetap azzospermia. Akhirnya kita sepakat ke dr. Andrologi dan disuntik ofadral (maaf klo tulisanya salah) sebanyak 10x tiap minggu sekali tetapi hasilnya nihil, sampai akhirnya aku coba alternatif di MR.Annas di kota malang dengan biaya yg tdk sedikit tetep aja hasilnya sama. 4 bulan sdh aku periksa ke dr. aucky di siloam bulan pertama dikasih glisodin dan Qten bulan kedua oximak dan vitan bulan ketiga oximak dan proviron bulan ke empat oximak dan vitan masing2 obat untuk satu bulan, dibulan ketiga kemaren hasil test sperma masih azzospermia. riwayat hormon FSH 17,56 LH 5,68 TESTOTERON 3,25. mohon untuk yang kasusnya sama share ya…jujur aku sdh putus asa antara kasihan sama istri jga karna ketidak berdayaan, aku hanya berharap dan berdo’a smoga Alloh mendengar jeritanku ini dan dikabulkan do’aku agar segera diberikan momongan. Amin3x ini alamat emailku (rindu_buahhati@yahoo.co.id)

  14. roslina

    saya mau menawarkan suplemen import namanya sperm max dari totallynatural kebeneran suami kemaren minum itu walau kasusnya bukan azoos kalo berminat bisa email saya di syziguam@yahoo.com barangnya baru datang dari australia untuk istri juga ada conceive well gold dari blackmores kebeneran saya konsumsi untuk persiapan BT awal tahun depan

  15. fauzan

    Dear all….
    Saya sdh menikah hmpir 4 th,sy usia 32 th dan istri 27 th,selama empat tahun ini sy kerja luar kota trus dan waktu di habiskan dijalan mengingat sy bkerja sbgi supervisor dan tekanan pkerjaan yg luar biasa.Tahun kemarin istri mengambil inisiatif untuk periksa kesehatan dan di USG tdk ad mslh dan saran dokter harus bersama suami,sementara itu istri diberi vitamin penambah kesuburan sj.Setelah membaca bnyk referensi n cerita dr teman2 bhwa pemeriksaan jg membutuhkan waktu dan biaya yg tak sedikit,sya ingin tahu apakah ad asuransi yg bs menanggung biaya pengobatan skaligus BT??demi menndapatkan momongan saya mengajukan resign dan memilih usaha sendiri dirumah agar bisa menjalani program dg baik nantinya..jika ada saran dan informasi tlg di bls di email ya?makasih…

  16. Ika Candra

    @Mas Rindu, saudara temenku ada jg yg dinyatakan sperma 0. Akhirnya dia alternatif pijet di pak Parno Sragen selama 6 bln. Rumahnya di Denpasar, sebulan skali naik pesawat ke Jogja. Sekarang istrinya sdh hamil. Beliau jg praktek di Jkt, klo ga salah di Pondok Bambu.

  17. sakha

    Mbak Ika Chandra, mohon info alamat tuk alternatifnya dunk agar suami saya juga bisa terapi kesana dan mudah2an bisa berhasil 🙂 terimakasih

  18. Ika

    @Ibu Sakha : tentu boleh ibu….Drs. Suparno Desa Mojo Kulon RT.03 RW. 06 Sragen, Jawa Tengah ( Belakang Pabrik Gula Mojo) Telp. 0271 893060. Semoga sukses.

  19. Johan

    Salam kenal, nama saya Johan. Tolong di info total biaya inseminasi di Penang bagi teman2 yang ada pengalaman ato info dari teman lain. Aq ada rencana inseminasi disana tp mau tau dl estimasi biayanya.. Tks Johan

  20. yulmi

    salam kenal nama saya umi.saya menikh sdh 2 thn.sdh melakkn pemeriksaan semnjk 3 bln menikh dan saya hampir 1 tahn selalu rajikn kontrol.kesimpulan dokter sy dlm kondisi baik.kemudian akhrny km pergi ke spog lain dan dianjurkn periksa toxo dan sperma.ternyata suami sy azoospermia.tp tdk ada pemeriksaan hormon.kemudian suami terapi obat 3bln.konsumsi infelon.clovertil.neoprovigor sama zink plus.tp.blm jg menunjukkn hasil..apakah saya harus ke specialis urologi atau gmn ya? mohon saran

  21. Nas

    @Johan : September 2012 saya program IVF di Penang, di Lam Wah Ee dengan dr. Ng. Kalau inseminasi kurang tau juga berapa total biayanya. Tapi kalau buat IVF buat biaya berobatnya dari awal sampai pengumuman hasil lebih kurang 30-35 juta rupiah.

  22. Witni Kitaro

    Mohon bantuan dari teman-teman disini untuk kasus kami, Kami sudah 2 thn menikah, Saya (32th) dan suami azzospermia (31th), suami sudah berapa kali coba test sperma, sekali hasilnya berobah jadi oligotheozoospermia,tapi skrg kembali kembali azzospermia. Hasil test hormon suami bagus, bentuk dan besar buah zakar normal. Kami sudah coba secara medis dan alternatif, tapi masih belum berhasil. Saya sudah lama baca web site ini, melihat bahwa pasangan yg azzospermia ttp bisa punya anak, buat saya dan suami juga pengen ikutan bayi tabung, kami sudah tanya2 di rs asri dan klinik teratai, tapi dokternya bilang peluangnya kecil. Ada beberapa teman yg menyarankan d rs siloam surabaya. Saya jadi bingung menentukan pilihan, krn kami tinggal di Pekanbaru, riau. Besarnya biaya tramsportasi ke jkt dan surabaya jadi pertimbangan kami. Kami ingin llangsung ikut program, dan ingin ikut BT di tempat yg benar-benar udh terpercaya. Krn terus terang, tabungan kami sdh menipis. Krn saya sudah berenti bekerja, dan suami baru merintis usaha baru. Atas bantuannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  23. yudi

    @SAKHA- Mas/Mbak gimana jadi ke pengobatan pak parno belum..? dan kl sudah bgmn hasilnya..? sy jg kena Azoo jg. mohon infonya ya teman2 yg sdh pergi kesana. terima kasih.
    Pengobatanya itu pijat saja atau ada ramuan2nya jg..?

  24. Safitri

    Teman teman, bagi yang mengalami masalah azoospermia bisa gabung di grup azoospermia via whatsapp di no 085743702453, semoga kita bisa saling berbagi dan mencari solusi terbaik untuk program bayinya,terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*