Azoospermia PESA bayi tabung berhasil hamil – Ari

Hi all,

Saya ingin berbagi pengalaman saya disini, karena dari situs inilah saya akhirnya yakin untuk mengikuti program bayi tabung, jadi rasanya perlu sharing apa yg saya alami disini.

Kami sudah hampir 4 tahun menikah usia kami memang tergolong masih muda 28 tahun, tetapi setelah beberapa kali test analisa sprema yg hasilnya azoospermia (0 sperma) maka kami makin yakin untuk ikut bayi tabung.

Di tahun 2010 kami datang ke BIC morula dan ditangani oleh dokter ivan, dokter ivan langsung menyarankan PESA (ambil sperm langsung dari pabriknya), alhamdullilah dapat 8 strow, kemudian sperm tersebut di freezing. karena faktor keuangan, kami baru melanjutkan program bayi tabung di 2011.

Proses dimulai dengan screening istri saya, stimulasi hormon, OPU, sampai ET, alhamdullilah semuanya berjalan lancar kecuali pasca OPU istri sempat sesak napas dan harus menginap di RS bunda semalam, mungkin ini faktor hyper stimulus.

Sebelum ET kita di infokan ada 4 embrio dalam kondisi good, 2 ditransfer, dan 2 lagi lanjut di observasi. ternyata setelah 2 hari ET dikabarkan sisa 2 embrio kita tidak layak untuk di freez, sempet sedih juga dan down coz kita jadi ga punya cadangan klo yg sekarang gagal.

Setelah 2 minggu menunggu kami pergi ke prodia untuk test urine dan darah, dan alhamdullilah hasilnya positif dengan bhcg 197. hari ini kami akan konsul pertama kali ke dokter anggia pasca ET.

Untuk rekan2 semuanya tetap semangat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 3.63 out of 5)
Loading...

81 thoughts on “Azoospermia PESA bayi tabung berhasil hamil – Ari

  1. Yuli B

    Dear Ari,

    Selamat ya….., wah seneng membacanya. Moga lancar semuanya dan moga aku segera menyusul kesuksesan BT… ๐Ÿ™‚

  2. ciba

    Dear ari.. Selamat yah semoga semua nya lamcar.. Amiiin.. Kl blh tau berapa total biayanya? Soalnya suamiku juga aazoo.. Kt dah 2 taon nikah. Rencananya taon depAn mau program coz skrg masih ngumpulin budget.. Thx yah bgt yah ri..

  3. cherry

    Selamat Ari

    Wah senang mendengernya..semoga lancar ?ยช sampai melahirkan..ngomong2 waktu proses PESA..ada efek samping Gยช a?k ?ยช? Soalnya suami saya jg azoospermia…kemarin dokter jg menganjurkan PESA..cuman kami plan thn depan br ke penang cek

  4. Ari

    @ Yuli B : Thank yah, tetap semangat

    @ ciba : untuk program BT nya saya ikut yg paket discount (biayanya agak ringan sekitar 40Jt an), ditambah lagi biaya cek darah + consul + obat diluar paket+ PESA (lupa biayanya berapa). kebetulan istriku juga kena over stimulus jadi harus nginep di RS jd klo dihitung semua sekitar 60an jt klo ga salah BIC setiap tahun ada paket discount dalam rangka ultah BIC.

    @ cherry : yg saya rasain sih ga ada efek sampingnya sama sekali, bahkan ga ada bekasnya, yg saya tau sperm diambil langsung dari pabriknya dengan menggunakan jarum yg sangat tipis dan prosesnya waktu itu saya bius total, Jadi ga berasa sama sekali. setalah PESA sperm saya di freezing selama satu tahun.

  5. Ari

    @ Cherry : baru ingat untuk biaya PESA biaya 7 Juta-an, total semua sekitar 12an Jt. (ini biaya 1 tahun yg lalu)

  6. taty

    Selamat ya Ari,

    waduh jadi tambah semangat neh, buat lanjutin program cos hubby juga Azoo, moga saya bisa berhasil juga, amin
    boleh tau umur ari dan istri berapa karna sy dah 36 sedang hubby 39, terus selama 1th treatment apa aja yg dijalanin, maaf ya banyak nanya, semoga mom n babynya sehat. Buat yang masih program ayo semangat

    GBU

  7. Vee

    Hi all,

    salam kenal y..aq Vee,istrinya Ari. Disini aq m coba bantu jwb ‘n share ttg pengalaman BT kt yg pertama ini.
    @mba tety
    usiaku 27 kl suami 28.sbnrnya kt rencana utk BT ini d th 2010,tp krn msh terbentur mslh biaya,jd kt mundurin setahun. Selama sethn break,kt sama skali g ngelakuin treatment apapun. Kan suami jg dah difreeze sperm nya. Aq jg g pernah kunjungan k dokter kandungan. Nah baru pas aq haid hr kedua tgl 27 juni itu aja,perjuangan kt dimulai. Insyallah hr sabtu ini jdwl periksa kandungan. Mdh2n janin nya sehat.

  8. Sandra

    Selamat buat mas Ari dan mba Vee ๐Ÿ™‚

    Salam kenal mba dan mas. Saya turut mendoakan semoga baby dan ibu nya sehat wal afiat dan lancar terus sampai melahirkan.
    Saya senang sekali membaca pengalaman bayi tabung dengan riwayat mirip dengan kondisi kami saat ini. Kebetulan suami saya juga mengalami Azoospermia, plus Varikokel grade 3 di testis kiri, grade 2 di testis kanan, dan hidrokel (kista) di testis kiri. Alhamdulillah dari pemeriksaan hormon suami semuanya normal. Suami telah diberikan obat selama sebulan untuk varikokelnya, namun hasil analisa sperma masih menunjukkan Azoospermia.
    Klo boleh tau, mas Ari hasil pemeriksaan Azoo-nya disebabkan oleh apa? Setelah diketahui Azoo, apakah ada treatment yg dilakukan untuk persiapan sperma sebelum dilakukan PESA?

    Mba Vee, saya bole minta contact number ato email ato pin bb nya ga? Kalo tidak mengganggu ๐Ÿ™‚

  9. Yuli B

    Dear Vee,
    First…., selamat y atas kehamilannya ๐Ÿ™‚ moga lancar sampai melahirkan.
    Vee.., aku mo nanya setelah ET apakah Vee bedrest total atau ga? Trus ada pantangan ga?
    Thank

  10. Ari

    Hi Sandra,

    Salam kenal Juga.

    Saya berkali-kali test sperma dan hasilnya semua Azoospermia, sebelum memutuskn untuk ikut Bayi tabung, saya pernah 6 bulan treatment di Dr, Nukman moeloek (Androlog) http://www.pdpersi.co.id/ di sana sifatnya pemberian vitamin dan obat2an, tetapi selama treatment dan sampai selesai, hasilnya tetap Azoo.

    dari situlah saya memutuskan untuk pindah ke BIC Morula, dan bertemu dr. Ivan. setelah konsultasi dengan Dr. Ivan beliau menyarankan untuk PESA.(ambil sperm dr pabriknya langsung) ini untuk mengetahui apakah Azoo saya karena pabriknya yg rusak atau ada sumbatan. dan PESA juga penting untuk memutuskan traetment apa yg efektif. karena untuk kasus saya akan percuma diberikan vitamin sebanyak apapun, coz sperm nya ada tetapi tersumbat salurannya. (saya ingat dulu waktu kecil saya pernah kena infeksi saluran kencing)mungkin ini juga penyebabnya.

    Klo ga salah ada semacam tindakan medis untuk kasus sumbatan ini, tp biayanya 120 Jt an dengan tingkat keberhasilan yg sama kecilnya dengan BT sekitar 40an %, jadi klo dibandingkan dengan BT akhirnya kami memutuskan ikut BT.

    Alhamdulilah setelah PESA, Sperms saya berhasil diambil 8 straw. namun saat itu keadaan finansial kami belum cukup untk langsung ikut BT, sehingga kami memutuskan untuk di Freezing dulu Sperm nya. hinggga satu tahun kemudian July 2011 kami kembali ke BIC morula untuk ikut BT, dan alhamdullilah saat ini istri saya tengah hamil 6 minggu.

    Kiat kami berdua waktu itu Serius tapi santai artinya kami serius dalam berusaha tapi terlihat santai dengan komentar orang biar ga stress. usia istriku 27 dan saya 28 menurut kami ini tergolong muda untuk program BT. dan saya juga terkesan agak “memaksakan” untuk ikut BT secepatnya, karena kami percaya Usia mempengaruhi tingkat keberhasilan (walaupun banyak faktor yg lain juga)

    Jadi klo kebanyakan kasus coba treatment yg lain atau dengan alternatif setelah merasa telah mencoba semua tetap gagal baru ikutan BT, kami justru berprinsip sebaliknya, nekat ikut BT dulu deh mumpung masih muda baru usaha yg lain lagi, dan alhamdulilah usaha pertama kami untuk ikut BT langsung berhasil. dari dua embrio yg di transfer, hasil USG kemarin terlihat satu embrio sehat dgn jantung yg terlihat berkedip di layar USG.

    tetap semangat mbak Sandra.

  11. Sandra

    Wah, mas Ari, prinsip kita sama yah!Tapi orangtua masi pengen nyuruh nyobain alternatif. Cuma karna saya tau Azoospermia suami saya itu krn ada sumbatan, saya agak bimbang jg cobain alternatif.

    Correct me if i’m wrong ya, jadi mas Ari wkt itu lgsg PESA aja ya? Harganya sekitar brp mas? Saya boleh minta contact addres or number ga mas?

    Oiya, saya dan suami jg seumuran sm mas dan mba. Saya 28 thn, suami 30 thn.

  12. qichy

    selamat ya atas keberhasilan bayi tabungnya…aq jg pny niatan buat bayi tabung , maap kalo bole tau brp biaya keseluruhan yang diperlukan untuk bayi tabung ya??prosesnya brp lama utk program bayi tabungnya.thanks for infonya smg lancar n sll dberkahi kesehatan buat si baby n ibu.

  13. Vee

    @mba Yuli B
    Mksh mba doanya. Stlh ET dokter mmg nyaranin utk bedrest mild activity..tp g slalu tiduran jg sih (sy ga betah juga lama2 d tpt tdr). Konsumsi makanan yg bny mengandung protein. Wkt itu sy inget bgt disuruh mkn putih telor sehari minimal 6 butir. Buah2an kaya serat sama sayuran hijau,biar gampang Pup-nya.Ga konsumsi teh,kopi,minuman bersoda krn mngndung kafein sampe skr.

  14. Yuli B

    hi Vee, thank for reply.
    sepertinya yg aku konsumsi sdh ok, cuma aku blm konsumsi putih telor. Ok deh nanti aku mulai mengkonsumsinya. Manusia hanya bs berusaha tp keputusan ada pada yg kuasa. hari ini adl hr ke 8 setelah et, sejak kemarin ada cairan bening spt air dari vagina. Trus aku istirahat, jadi cairan berkurang. Pas batab 1 jg spt ini 2 hr trus dapet mens. Aduuuh aku jadi pesimis neeh. Again, thank u Vee. All the best for you and for all of us.

  15. Ari

    @ Sandra : Orang Tua ku juga berpikiran sama pada saat saya menceritakan maksud untuk ikut ET, tetapi saya menjelaskan sedikit demi sedikit dan memberikan pengertian, serta meminta restu dan doa, akhirnya beliau merestui. saya langsung PESA karna itu penting untuk mengetahui treatment selanjutnya.

    @ qichy : Maaf aku lupa detailnya, untuk PESA sekitar 12an jt, untuk BT nya saja 40 Jt, ditambah bolak-balik cek darah + beberapa kali rawat inap (istriku sempat kena hyper stimulus) = total 50an jt. biaya itu tergantung dengan kondisi masing2. klo qichy ga ada tambahan apa2 bisa hanya 40 jt, oya, BIC morula itu setiap tahun ada program diskon dalam ranggka ulang tahun RS Bunda, coba saja tanyakan ke mereka tentang ini.

    @ Yuli : Jangan pesimis mbak, optimis saja, good luck.

  16. Yuli B

    Dear Alls,

    BT keduaku juga gagal ๐Ÿ™
    Belum sampai tanggal 25, eh sudah dapat mens tanggal 22 malam.
    Sediiiih bgt. Anyway life must go on.
    Good luck everybody. Thank for all the support for me.

  17. sandra

    Mba Yuli..

    Sabar dan ikhlas ya mba..Semoga nanti kita diberi kesempatan utk memiliki keturunan..Amiin

  18. Yuli B

    Mb Sandra…., amin3x y Robbal allamiiin.
    Iya.., manusia memang hanya bisa berusaha dan berdoa, dan semua hasil ada pada yang Kuasa.
    Kami rehat dulu 3 atau 4 bulan terus mulai next step BT lagi ๐Ÿ™‚ Moga berhasil.

  19. sandra

    Mba Yuli boleh minta contact number/address nya ga? Ato ada pin bb nya ga? Pengen sharing2 ntar ๐Ÿ™‚

  20. retno

    Dear Yuli..
    Manusia berencana tp Allah yg menentukan..mungkin blm rejekinya, siapa tau nanti diganti dng yg lbh baik..Insya Allah..jd jng menyerah yaa..semua akan indah pd waktunya..

  21. Yuli B

    Mbak Retno…Amiiiin, Insya Allah … diganti yang lebih baik.
    Mksh mb atas supportnya selama ini. Kalo mulai next step aku kontak mbak Retno lagi y jika mb ga keberatan :). Again thank

  22. uut

    Halow mbak yuli….
    Bulan lalu saya juga program di permata hati tapi gagal. Embrionya cuman 1 tak ada yang disimpan. Saya ada grup bayi tabung jogja pinnya 233D2055. Kita bisa sharing untuk program berikutnya. Aku dah add FBnya njenegan dikonfirm yah.

  23. Yuli B

    Hallo mb Uut…
    I come back follow this web now after sadness time.
    Kesedihan dan kegagalan telah pergi.., kini berdoa untuk membuka lembaran baru dengan optimisme dan semangat baru. ๐Ÿ™‚
    Tetap semangat mb ๐Ÿ™‚

  24. Ari

    Hi Sitha

    alamat BIC:
    BIC 1st Floor Jl. Teuku Cik Ditiro no. 12, Menteng, Jakarta 10350, Indonesia. Tel: +62 21 3926393 Ext. 820/821

    website:
    http://www.morulaivf.com/

    Saat ini sedang ada program potongan harga obat dan tindakan 12,5 %, lumayan sedikit meringankan.

    saat ini usia kehamilan istriku 3 bulan, alhamdullilah kondisi bayi dan Ibunya sehat.
    mohon doa dari rekan-rekan sekalian.

    tetap semangat untuk yg sedang berusaha

  25. desy

    Hallo mas ari,..
    Mau ty nih,.waktu PESA kan dapet 8 strow,.apakah artinya 8 buah sperma? Trus waktu PESA dengan dokter siapa? Rencana bulan depan suami akan melakukan biopsi testis, krn kasusnya azoo. Trus kalo hasilnya bagus akan langsung program BT. Thx.

  26. billy

    hallo mas ari….
    sepertinya kasus azzospermae nya sama seperti saya. TH 2008 oleh dr Nukman Moeloek kami disarankan untuk bt. Tapi sd dg bulan Juli 2011 belum ada rasa yakin untuk bt. masih banyak fikiran takut tidak berhasil sedangkan biaya yg keluar cukup besar.

    TErimakasih mas ari dan rekan2 semua… dengan forum ini sekarang keyakinan ini makin tumbuh bahwa Insyaallah BT akan berhasil, mudah-mudahan Allah memberikan rahmat dan ridhoNya.

    PEngen sebetulnya saya komunikasi secara langsung dengan yang sudah berhasil… bila berkenan… ke facebook an willy wudiman. tks

  27. Ari

    @ desy: 8 strow itu mungkin klo bahasa sehari harinya 8 sedotan kali yah.(cuma ga tau sedotannya sebesar apa). program BT ku kemarin hanya ambil dari 4 strow, sehingga sekarang masih ada sisa 4 strow yg dilanjutkan freezing

    @ billy : saat itu juga saya tidak yakin, cuma saya berprinsip menundanya hanya akan memperkecil tingkat keberhasilan yg memang sudah kecil.

    @nia : di Bunda international clinic biayanya 2,x pertahun saya lupa pastinya.

  28. Ari

    @ Desy : saat PESA yg menangani saya dengan Dr. Ivan BIC morula, tapi untuk program BT nya saya dengan dr Anggia, Dr. Agustine dan Dr. Ivan masih memonitor juga.

  29. Marianne

    Salam kenal Mas Ari,

    Sebelumnya selamat ya atas kehamilan istri Mas..

    Sy Lia, suami sy jg divonis azoo, kt dah merit 4 thn. Setaun ptama merit kt emank jaga, tp cm pk kondom aja. Thn kedua mulai usaha pny baby tp sy ga hamil2. Akhirnya memutuskan utk ke dokter kandungan (krn sy pikir sy yg bermslh) sama dokter suami dirujuk utk tes sperma, dr situ br ketauan kl suamiku azoospermia, wkt itu sampe tes 2x di lab berbeda krn ga yakin sm hasilnya.

    Perjalanan pjg kami dimulai dr situ. Sdh hampir 2 thn kt berobat sm dokter hardjono djatioetomo (androlog) praktek di rs omni pulomas. Dr blg penyebabnya krn hormon, akhirnya kt terapi hormon, stlh bbrp bln memang hormon fsh suami sy membaik tp ttp azoospermia.

    Awal bln ini kt br coba ke dr ivan, krn sy bc byk pengalaman org bayi tabung berhasil sm dia. Dr ivan blg rahim sy baik2 aja & suami dirujuk utk pesa/tesa, dan dia saranin utk bayi tabung. Dia rujuk km ke dr ponco ( rekannya) ktnya nanti pesanya sm dia.

    Akhirnya kt ke dr ponco, dr ponco saranin usg testis dl sblm pesa. Td pagi suamiku di usg sm dr pamela, hasilnya suami sy ada varikokel grade ringan, di kanan & kiri, plus di testisnya ada titik2 putih yg ktnya hrs ditindaklanjuti krn tkt jd penyebab cancer. Sy agak pesimis sm hasil usgnya sih, senin ini janji ktemu & bw hasil lab ke dr ponco.

    Sy mau tny, mas wkt disuru pesa apakah lgs sm dr ivan atau dia rujuk ke dr lain? Apakah bayi tabungnya dgn dr ivan atau dokter lain? kok sptnya sy dilempar2 ke dr lain ya, apa emg prosesnya bgitu?

    Sori kl crita sy jd panjang. Semoga emg ini jalan Tuhan utk kami ya dan semoga istri & babynya sehat sampai melahirkan.

  30. Ari

    Hi Marianne,

    Pengalaman PESA saya dulu, langsung dengan dokter Ivan yg menangani, dan tanpa usg testis, mungkin dokter Ivan punya pertimbangan lain sehingga dirujuk ke dr lain,saya juga saat itu langsung di PESA tanpa usg testis, ini juga mungkin karena pertimbangan medis tertentu yg saya juga kurang paham.

    Untuk proses BT nya saya dibantu oleh dr Anggia (tetap didampingi dr Ivan sesekali), karena setelah PESA saya tidak langsung BT, tetapi tunggu setahun kemudian (alasan finansial), sperm hasil PESA di frezz.

    Saran saya tanyakan ke dr Ponco apakah dengan hasil USG seperti itu berarti 0% sperm di testis, atau masih ada harapan walau cuma 1%, klo masih ada harapan sebaiknya langsung PESA saja, daripada energi dan biaya terkuras di proses screening pra-pesa. (tentu dengan resiko biaya yg agak besar untuk pesa nya sendiri)

  31. via

    hi marianne

    suami saya juga azoo, rencananya minggu depan akan PESA sama dokter Ponco. Awalnya saya memang ke Dokter Ivan dan begitu tau kasus suami, langsung di refer ke Dokter Ponco. Sptnya di BIC untuk kasus2 yang ekstrim seperti Azoo memang dirujuk ke Dokter Ponco, mungkin karena dokter Ivan lebih concern ke sisa wanitanya ya. Suami sudah pernah USG testis di rumah sakit lain, jadi saat ke DOkter Ivan sudah dibawa hasil tes hormon dan USGnya sehingga di Dokter Ponco tinggal tindakan PESA nya aja. Jadi untuk kasus MArianne sptnya bukan dioper tapi memang tahapan nya spt itu yach. Anywei dokter Ponco udah menekankan bahwa PESA itu bukan untuk mengambil sperma tapi mengecek ada tidaknya sperma. So harus siap apapun hasil PESAnya nanti. Wish us luck yach

  32. wanty

    hallo salam kenal semua..saya juga akan menjalani BT bulan depan di BIC dengan dr.Indra Anwar.suami saya juga amat jelek kualitas serta kuantitas spermanya,bertambah jelek dari tahun lalau ๐Ÿ™ (cryptosperma-hanya beberapa saja)..saya juga sangat membutuhkan info tentang tempat kost terdekat dengan BIC berhubung saya dari luar pulau..tolong di info ya teman-teman seperjuangan.GBU all

  33. Andrea

    Dear Ari,

    Ari mau tanya, sebelum kami PESA apakah kamu dikasih obat2an oral? watu itu kamu hy test analisis sperma ya? apakah ada test FSH jg?

  34. Ari

    @Andrea: saya tidak minum dan tidak diberikan obat2 oral sebelum PESA, hanya mencoba hidup sehat dan makan sehat, saya test analisa sperma beberapa kali hasilnya semua Azoo, untuk hormon saya juga test termasuk FSH hasilnya semua normal, dokter sih bilang kemungkinan sumbatan.

    @All: Good luck yah, tetap semangat

  35. fhea

    Ari,
    Kalau boleh tau FSH nya di level angka berapa ya? Karna kan ada rangenya kalau tidak salah 7-15 dan beberapa dokter berpendapat jika fsh diatas 11 itu sudah termasuk tinggi, dan mempengaruhi kinerja pabrik nya. Jadi misalkan fsh = 15 dilihat dari hasil lab masih masuk range normal, tapi oleh dokter dianggap terlalu tinggi dan berbahaya.

  36. Ari

    Hi fhea.

    Hasil pemeriksaan hormon saya sbb:

    1. FSH 6 (range normal 1-7)
    2. LH 3 (range normal 1 -12)
    3. Estradiol 21 (range normal <62)
    4. Testosteron 539 (range normal 280-800)
    5. Prolaktin 23 (range normal 3-25)

    Semuanya ada di range normal kecuali prolaktin yg agak tinggi, itupun masih di range normal

    semoga membantu, tetap semangat.

  37. sisca n lilik

    wah senangnya berhasil, aku baru saja mengalami kegagalan bayi tabung dg kasus suami ku azoosperma, mau nanya wkt hbs ET selama proses itu diksh obat-obatan apa ? trus istri ngalamin gejala-gejala spt mual, kram or perut kembung tidak ? krn wkt aku tidak ngalamin sama sekali jadi ya hari ini aku ngalamin haid pdhl hrsnya aku test pack n test darah tgl 04 des tp hik hik hik

  38. Vee

    @Sisca n lilik

    So Sorry to hear that. Tapi yang sabar ya,krn apapun usaha yg kita lakukan tentu ada yang lbh berhak menentukan berhasil atau tidaknya,yaitu Tuhan. Jangan patah semangat,tetep optimis kedepannya.
    O ya mengenai konsumsi obat setelah ET wktu itu aq cm dikasih Cygest sbg penguat kandungan yg dimasukkin lwt ms.v kt sama asam folat aja.
    Utk kondisi stlh ET aq msh ngerasain kram ky mau mens,srg pipis,sama perut kembung,keras,buncit (malah smp usia kehamilan 3bln,mgkn efek dr OHSS juga,jd kt dokternya msh ada sisa sel telur yg besar2).
    Ada rencana utk nyoba lagi?

    Tetap semangat yah!

  39. lily

    Hi mas Ari and mba Vee… seneng banget bisa baca blog ini. Kebetulan aku juga punya masalah yang sama, suami Azoospermia. Kira-kira kalo aku dan suami pengen coba ke dokter Ivan, yang di rumah sakit bunda ato di BIC itu ya ? ataukah sama ? tq and selamat ya mba Vee…

  40. Rakhel

    Teman2, mohon doanya semua ya, insyaallah bulan dpn aku n suamiku mau program BT di Siloam sby, suamiku azoo juga, aku 30th, suamiku 38th dan kami sdh 9 tahun menikah. Buat Ari n Vee, selamat yah, mudah2an kami juga bisa berhasil seperti kalian. BTW ada yg dah ikutan BT di siloam ga? thx b4

  41. Susi

    Salam kenal semua, suamiku juga azoo. Tapi aku belum periksa lebih lanjut. Buat Rakhel share pengalamannya periksa di siloam dong,, aku jg rencana periksa ke siloam, lagi ngrayu suami buat periksa lagi soalnya.

  42. Vee

    @lily
    Thanks ya mba,
    Kalau utk program BT mmg dikhususkan di gdg BIC mba,klinik Morula namanya.
    Dokternya juga ada beberapa.tapi yg paling rame mmg dr. Ivan nya.
    Kl mau sm dia mesti booking jauh2 hari.

    @rakhel
    wish u luck y say,mdh2n dilancarkan prosesnya. Jgn stress,rileks aja tiap mau ngejalanin tiap tindakannya. Kt tunggu cerita2nya loh ๐Ÿ™‚

  43. rakhel

    Hai vee n susy….setelah di usg keadaan rahim aku no problemo. Tpi pas suami aku di cek hormon, fsh nya terlalu tinggi dan ukuran testis ga nyampe 11 cm. Hiks….
    @vee: waktu itu Ari FSH nya brp vee, suamiku kan azoo juga, tpi krn Fshnya tinggi (19) dokter di siloam menyatakan terlalu beresiko dan peluangnya fifty-fifty, jdi skrg suamiku diberi obat minum selama 2 bulan u/ hormonnya, klo mash sama hasilnya, disuntik….ada saran nggak? Apa aku pindah dr ivan juga? Hik hik…

  44. Ari

    Hi Rakhel,

    Di posting saya di atas sebenarnya sudah saya info hasil test hormon saya.

    ini saya tulis lagi yah:

    Hasil pemeriksaan hormon saya sbb:

    1. FSH 6 (range normal 1-7)
    2. LH 3 (range normal 1 -12)
    3. Estradiol 21 (range normal <62)
    4. Testosteron 539 (range normal 280-800)
    5. Prolaktin 23 (range normal 3-25)

    Semuanya ada di range normal kecuali prolaktin yg agak tinggi, itupun masih di range normal

    saran saya sih, ikuti dulu saja program dari dokter sekarang, nanti setelah tau hasilnya dan tanya rencana penanganan berikutnya. klo ga memuaskan baru pindah, jangan pindah sekarang, soalnya nanti treatmentnya jadi setengah – setengah.

  45. rakhel

    To Ari:
    Iya rencana kami sprti itu, dah konsul ke BIC juga sarannya kayak gtu, ya udah deh kami ikutin aja dlu kta dokter, mudah2an keajaiban segera dtg buat kami, aamiin

  46. Mik

    Wah good I found this! Saya ditest dan hasilnya “aspermia”, dan malam ini akan bertemu Dr. Ponco di BIC. Wish me luck ya!

  47. Jo

    Salam Kenal,

    Untuk yang dirujuk oleh Dr. Ivan ke Dr. Ponco apa ada yang sudah berhasil dengan metode Tese ?

  48. billy

    Setelah beberapa kali konsultasi dengan dr Ponco,terpaksa dilakukan operasi tese, ternyata sperma saya sedikit dan tidak mungkin untuk di freezing. Dr Ponco menyarankan untuk USG testis, ternyata diketemukan varikockel di kiri dan kanan yang selanjutnya dilakukan ops varikockel, setelah pemeriksaan hormon ternyata hormon reproduksinya rendah,selanjutnya terapi hormon dengan injeksi gonal f dan pregnyl setiap hari selang seling selama 3 bulan.
    Selanjutnya setelah periksa hormon dan dinilai normal, coba analisis sperma melalui ejakulasi, ternyata hsilnya masih tetap assosperma.
    Akhirnya saya operasi mesa, dan didapatkan sperma yang normal, dengan jumlah yang banyak. Sebagian di freezing, sebagaian dipergunakan, sehingga jadi embrio sebanyak 8. Ditanam sebanyak 2. embrio freezing sebanyak 6. Istri saya sekarang hamil umur 6 minggu. Alahamdullillah ya Allah, dokter-dokter yang sudah membantu kami. Semoga Allah memberikan Ridho supaya kami mendapatkan anak… anak sholeh/ha..

  49. rakhel

    To billy: selamat yaa, atas kehamilan istrinya, btw boleh tau ga, sebelum oprasi tese hormon FSH nya brp? Trus yg diuraikan diatas hormon reproduksinya rendah itu maksudnya testosteron, boleh tau billy brp angka fsh dan testosteron sebelum oprasi? TQ

  50. Veracious Chuaa Tamba

    selamat ya, pak, atas kehamilan istrinya. sebuah kebahagiaan dalam pernikahan ketika telah memiliki anak. semoga anaknya menjadi anak cerdas, penerus bangsa.
    tapi saya mau bertanya, pa.
    maaf sebelumnya kalau kurang sopan.
    penyebab dari azoosperma itu sendiri apa ya, pak?

  51. Ari

    Wah, sudah lama saya tidak berkunjung ke postingan saya ini. ternyata banyak cerita perjuanan dari teman- teman semua.

    tetap semangat dan jangan menyerah !! (anak ku kini berusia 13 bulan dan sedang belajar berjalan)

    @ Veracious Chuaa Tamba : klo penyebab azoospermia saya, saya belum sempat fokus ke mencari penyebab nya. karena waktu itu memang fokus untuk program baby nya. tapi menurut konsultasi dengan Dokter-dokter yg menangani saya dan Istri. penyebabnya mungkin dari infeksi saluran kencing dan atau gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) yang pernah saya alami. kebetulan saya pernah mengalami gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika)yang cukup parah waktu kecil.

  52. Sara

    Dear Pak Ari,
    Suami saya jg azoo..,namun kami lon ada konsultasi lebih lanjut ke dokter. Kami msh fresh junior..jd lon banyak paham mengenai ini (1,5 thn menikah). Namun sebelumnya suami saya tergolong kriptorkismus/testis tdk turun. Kmi sempat menyimpulkan apakah karna ini jadinya kondisi sperma suami azoo. Apakah pak Ari atau teman2 yg lain pernah memiliki kasus yg sama sperti kami yg telah berhasil BT.?,mohon di share atau diberi penjelasan. Apakah dgn kasus sperti ini bs dilakukan BT. Trimakasih

  53. billy

    dear sara… & all…
    Sy azzospermae.. Diantaranya testis yg sebelah kiri agak turun ke bawah. Sy ikut bt alhamdulillah skrg istri hamil menjelang 8 bulan. Harus dg penuh kesabaran dan terus berjuang.. Trmksh atas adanya forum ini…

  54. rakhel

    Teman2 adakah yg kasusnya sperti suami saya, azoospermia dengan FSH tinggi, shg dokter agak pesimis untuk lakukan BT, yg tau infonya tolong di share T_T, makasih

  55. billy

    Alhamdulillah… ya rabbb.. anak ku lahir tanggal 27 Juli 2013, laki-laki sehat, ibunya sehat..
    Saya azzos…ngikut program BT di RSCM Kencana Klinik YAsmin Jakarta…
    Satu kali langsung berhasil…buat rekan rekan berjuang terus………
    Dengan berbagai penanganan untuk menghasilkan sperma yang akhirnya operasi tesse, sekarang masih ada 3 embrio dan sperma yang masih di simpan..

    Terima kasih atas forum ini…. pak Ari terima kasih, dr Budi Wiweko, dr Ponco Birowo,suster suster KEncana terima kasih semua….. anak saya lucu di udah belajar senyum senyum…lucu.. gemuk kaya saya, putih kaya ibunya.

  56. Ari

    @Billy : selamat atas kelahiran putranya

    tahun 2014 ini kami berencana kembali ke BIC Morula untuk memulai proses BT kami yang kedua. walaupun kami pernah berhasil pada BT pertama, tetapi kami tidak memiliki cadangan embrio yg di Freezing, sehingga nanti prosedurnya akan ngulang dari awal (Kecuali Pesa), dimulai dari istri terapi hormon > Ovum pickup > Embrio Transfer.

    Doakan lancar yah…

    Untuk teman-teman tetap semangat sharing dan berusaha yah

  57. Luplup

    Hai Mas Ari dan teman2 yang lain..

    salam kenal.. terima kasih sudah menginspirasi dan memberikan semangat utk saya dan suami ๐Ÿ™‚

    saya mulai program hamil 20 Juni lalu di Klinik Yasmin Kencana, RSCM dengan Dr. Budi Wiweko

    hasil sampai dengan hari ini, tes HSG saya keduanya paten, rahim alhamdulillah no miom/kista, telur pun banyak
    hasil suami ternyata azoospermia (2x tes SAL)

    dengan semua hasil tes itu, Dr. Budi menyarankan IVF.
    suami kemarin Tes FSH dan testosteron.. sabtu ini akan kembali konsul dengan Beliau..

    Mudah2an hasil tes FSH dan testosteron baik, yang ingin saya tanyakan..
    apakah proses setelah itu langsung PESA/MESA/TESE?
    atau tes itu termasuk prosedur IVF?

    mohon infonya, terima kasih ๐Ÿ™‚

  58. Amanda

    Halo mas Ari dan teman2 lain,

    Saya Amanda, Oktober nanti usia pernikahan saya dan suami 5 tahun. Saya terbantu sekali dengan postingan2 tentang keberhasilan BT dengan kasus Azoo. Suami saya juga divonis Azoo karena penyumbatan sejak 2 tahun lalu, dan kami berencana akan memulai proses BT November mendatang. Sebenarnya saya sudah mulai menyicil persiapan BT maret lalu di RS ASRI Duren Tiga JKT, seperti pengecekan2 rahim (sempat ada polip dan sudah dikuret sampai bersih) dan tes-tes lain. Dokter urologi suami Dr. Nur Rasyid, dan saya dengan Dr. Marly Susanti. Adakah yang memiliki pengalaman atau mendengar tentang pengalaman/keberhasilan beliau2?

    Entah kenapa sekarang saya jadi berpikir kembali untuk mengubah lokasi BT membaca pengalaman keberhasilan teman2 semua. Oia, kami direkomendasikan untuk ICSI IVF.

    Terima kasih.

  59. Abu hasan

    Salam kenal.. Saya abu hasan, saya tertarik untuk melakukan Bt sy divonis azoo namun saat ini terkendala oleh waktu dan biaya, kalo boleh share mohon info dr teman2 semua untuk masalah biaya brp biaya yg musti disiapin ? dan brp lm waktu untuk Prosesnya sampe finish, di mulai dari PESA, MESA, Tese? Trims sebelumnya:)

  60. billy

    abu hasan …. saya mengalami azzospermae, setelah operasi varicockel, pesa, suntik hormon 3 bulan, operasi tesse.. ovum pick up dan segala macam penanganan ke istri saya.. sampai dengan hamil dan kelahiran di klinik yasmin kencana, biaya habis sekitar 200jt.
    tapi tiap orang beda beda. biaya saya sudah maksimal karena semua cara sudah coba ditempuh.

  61. Safitri

    Pak billy baca crita perjuangannya,bikin salut, pak billy dishare keseluruhan prosesnya biar kami yang mengalami masalah yg sama jadi semangat, q bt 1 blm berhasil suami sperma di frozen abis biopsi, bt 2 suruh balik hormon jelek bru suntik gonal, bt ke 3 baru mau mulai.

  62. Rachel theresia

    Salut untuk pak Billy, mau berbagi dengan kami.
    Saya rachel, sudah menikah sekitar 7 bulan, usia 27 th dan suami 31 th. untung saya langsung periksa reproduksi kami berdua dengan cepat, hasilnya suami azzospermiae. Suami saya memang sering mengeluh sakit pada buah zakarnya, karena sering mengendarai motor sport jarak jauh (bekasi-depok). Saat ini kami memang belum melanjutkan proses berikutnya yaitu program hamil karena biaya yg cukup besar (ketika tabungan mencukupi, ingin segera mulai BT) Yang mau saya tanyakan, bila ikut program BT, apakah saya hrus bedrest lama? Masih bisakah saya bekerja normal spt biasanya jika sedang dalam masa BT?

  63. Safitri

    Saya 29 thn, Suami saya juga azoospermia usia 30 thn, dengan fsh dan lh angka 3, masih normal hormon range, bt pertama gagal di sardjito, bt kedua rencana di siloam, mohon doanya semoga lancar dan berhasil hamil

  64. muhamad johan

    salam kenal mba safitri
    ya saya doakan mba semoga berhasil.kapan mba safitri mau program di siloam. inshallah saya juga mau program sktr bulan desember/januari 2015.saling mendoakan semoga diberi kemudahan dan berhasil.saya juga mengalami hal serupa.saya terkena azoospermia dengan hormon FSH 3,05 LH 2,82 TESTOSTERON 5,06 kalau hormon berkisar itu kira2 masih ada spermanya ga ya?oya mba kalau boleh tau suami mba safitri spermanya dapat banyak ga?trus kira-kira harus menyiapakn budget berapa untuk proses BT?terimakasih mba safitri telah berkenan menjawab pertanyaan saya

  65. muhamad johan

    salam kenal mba maryamah
    kira kira untuk kasus saya azoospermia dengan FSH dan LH sekitar 3 serta testosteron sekitar 5 Kira kira masih ada harapan ditemukan benih ga ya?pas saya konsultasi dg dokter Aucky beliau cuma menyampaikan katanya masih ada harapan 70% tapi saya lupa ga tanya kemungkinan masih ada benih apa ga di dalam pabriknya.karena begitu ketemu dr aucky langsung badan saya panas,deg degan dan bengong jadi smua pertanyaan ilang

  66. Amanda

    Aslm.. halo mbak dan mas semua..
    Nggak terasa sudah hampir 1 tahun saya kembali membuka halaman web ini.. 14 sept 2014 saya juga ikutan komen d postingan mas Ari ini, dan selalu browsing2 tentang masalah Azoospermia d web ini, Alhamdulillah skrg saya sedang menghitung hari untuk lahiran.. skrg sdh hamil 33 minggu dan insya Allah kembar perempuan.

    Saya mengikuti jejak mas Ari dan beberapa kawan di sini untuk program BT di klinik Teratai Gading Pluit bersama dokter Irsyal Yan. Proses dimulai sejak akhir desember 2014 silam utk operasi mesa tesa suami saya, lalu ketika di dpt benih sperma, langsung giliran saya untuk suntik hormon (saya dpt long protocol yg kata dr Irsal keberhasilannya jg lbh besar). 24 jan petik telur dan 27 jan transfer embrio dan 15 Feb alhamdulillah sdh dpt bisa melihat garis dua tebal ๐Ÿ™‚

    Untuk proses BT nya sendiri sy ikut paket BT 42juta (obat pembesar hormon, dan biaya tindakan petik telur dan embryo transfer), operasi mesa tesa sekitar 10 juta.. krg lbh sluruh proses BT smpai hamil habis kurang dari 70jt. Tapi memang setiap orang beda2.. makin bagus hormon perempuan ketika proses BT, maka bisa menghemat biaya (Alhamdulillah saya tidak lerlu menambah obat hormon perbesar sel telur krna ketika obat perbesar hormon yg dari paket BT habis, telur saya jg sdh cukup matang dan siap dpetik), maka itu penting untuk menjaga kestabilan hormon saat program : makan yg sehat (saya nggak ada makan makanan tertentu, yg ptg 4 sehat 5 sempurna terpenuhi.. dan stop sementara junk food, msg, soda, makanan2 mengandung hormon seperti ayam negeri dan produk2 kedelai); hindari stres (saya dianjurkan utk bnyak jalan2 asal tdk capek.. krn drumah terus memang mbuat stres; serta usia.. maksd saya jika sdh ada rezeki maka segera utk BT..krna smakin beranjak usia, hormon perempuan juga semakin “sulit diprediksi”.

    Begitu pengalaman saya.. pesan saya utk mas dan mbak yg mau mencoba, terus semangat dan yakin akan insya Allah akan berhasil yaa.. saya ingat pertama kali kunjungan k dr. Irsal, beliau tanya apa saya bisa dg tenang menjalani proses BT k depan, kalau stres mending jangan dulu.. sekarang saya paham maksudnya hehehe. Oia buat mas dan mbak yg masih belum menentukan klinik utk program BT, saya sangat merekomendasikan di klinik Teratai.. baik pihak dokter dan suster2nya enak banget diajak konsul dan tanya2.. sampai2 saya selalu sms dr Irsal kalau saya punya pertanyaan yang mendesak utk dijawab.

    Semoga berhasil ya utk teman2 semua. Jangan patah semangat, Allah akan kasih di waktu yg tepat. Jika belum berhasil, atur napas dulu dan coba lagi. Oia banyak sedekah juga ya ๐Ÿ™‚

  67. iryana

    Selamat ya mba amanda dan buat mommy yg berhasil batab nya…minta dirinci donk mba amanda ttg biaya nya…ivf. Icci. Tesa dll…sama minta alamat rs teratai

    Makasih

  68. puti

    assalamualaikum
    alhamdulillah, selamat ya mba amanda atas bayi kembar nya.. semoga kami bisa merasakan nya someday ๐Ÿ™‚

    kalau boleh tau, suami mba fsh nya berapa?
    suami saya fsh nya tinggi.. sebelum tese harus minum obat dlu selama 3 bulan. itu pun blm 100% yakin akan ditemukan sperm nya hehe
    apakah mba seperti itu juga?

    saya dan suami skrg mencoba ikhtiar dgn dr. karel manaary di rs. abdi waluyo.

    apa saya bisa menghubungi mba amanda melalui email? terima kasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

  69. billy

    Hallo.. semua
    Semoga semua dalam lindungan Allah SWT..
    setelah kelahiran bayi laki laki hasil program, sekarang menginjak usia 28 bulan, sudah belajar bicara.. lagi lucu lucunya…
    Seminggu yang lalu saya ke RSCM Kencana klinik YAsmin Kencana, tempat program sebelumnya… nanya nanya masalah embrio dan semen yang di freezing.. semua dinyatakan dalam keadaan baik. Nanya nanya juga masalah biaya freezing kaget juga ternyata sudah 36 bulan.. biayanya ???
    Rp 500,000,- sebulan total jadinya 18 jt. Cukup biaya yang besar .
    Alhamdulillah semuanya terjawab.. kata bag admin nya bapak bayar cicil aja biar nanti pas program tidak terlalu berat..
    Plooooooongg rasanya… berguman dalam hati ini calon anak belum apa apa sudah ngontrak kamer duluan,. Sungguh Allah maha kuasa dan maha kaya.
    Semoga di mudahkan ya Allah untuk mendapatkan titipan dari Mu ya Rabb.
    Untuk temen temen terus berjuang ya.. yang sabar, banyak berdoa meminta kepadaNya.

    Tks ya mas Ari atas forum nya…

  70. muhamad johan

    Assalamualaikum pak billy. selamat atas telah tumbuh dan berkembannya anak pak billy. perkenalkan saya johan tinggal di yogyakarta,saya juga mengalami azoospermia dengan FSH,LH Sekitar 3 dan testosteron 5 uji fruktosa positif. kalu pak billy berkenan bisa sampaikan biaya ivf (PESA,TESA atau MESA, SUNTIK GONAL,OPU,ET dll) saja sampai positif secara rinci ke saya di RSCM biar saya bisa estimasi biaya supaya ada gambaran buat kami mungkin bisa dikirim ke alamat email muhamadjo640@gmail.com. oya pak billy dengan kondisi saya yang seperti ini apakah masih ada harapan untuk bisa jadi seorang ayah yang sangat saya dambakan.terimakasih pak atas kesediaan pak billy membalasnya. semoga kita selalu dalam lindungan dan rahmat Allah SWT.

  71. Hana

    Salam kenal bwt smua..saya jg mengalami hal yg am seperti tmn2 smua suami saya jg azoo..adh periksa smuany akhirny bln kmren d putuskan untuk operasi mikro kt dokter urologny d cari ap penyebab sebenarny..dr hasil opersi tsb..kt dokter d testis yg knan s temukan sperma tp yg kiri tdk d temukan sperma mohon infony apkh msh ad hrpn bwt melakukan BT..apkh sm oprasi mikro it dgn pese/ tesa/mesa lg bingung ni hrs bertindak ap lagmshtrima kasih..

  72. billy

    mba Hanna semoga sehat,
    Saya mengalami Azzo, saya sempet ops varickokle, pesa, mesa, semua ngak berhasil. Yang terakhir saya suntik gonal f dan (kok lupa ya) selama 3 bulan. Yang terakhir pengambilan semen ke pabriknya, pencucian semen, langsung program (istri sebelimnya sdh dipersiapkan). Alhamdulilah berhasil, anak saya umur 3 tahun. Ada embrio sebanyak 5 emb dan 1 ampul semen,di freezing di rscm kencana. Insyaallah masih bisa hamimba Hanna.. banyak berdoa, dan jangan pesimis.

  73. Billy

    saya berobat di RSCM KENCANA, dokter urologinya dr Ponco Birowo, dokter kandungannya dr Budi Wiweko. Suntik gonal f awalnya oleh dr Ponco, terus ke klinik terdekat, akhirnya saya suntik sendiri. Selama 3 bulan, Terus berjuang.. dan Banyak berdoa..

  74. mel

    pak Billy, suami saya kryptozoospermia (hanya 1 sperma setelah 2x tes SAL) , dg LH dan FSH sangat tinggi.di rujuk ke dr ponco, tp blm ketemu krn jadwal tabrakan terus dg kerjaan,,, apakah pak Billy ada pernah dengar masalah spt kami?

  75. caca

    suami saya juga azoospermia..kami disaranin oleh dokter kami ke dr.ponco..sebaiknya untuk tes hormon setelah konsultasi dengan dr. ponco atau kita ke dokter ponco dengan membawa hasil tes hormon??

  76. Billy

    KRIPTOZOOSPERMAE, pernah denger kalo ngak salah jumlah sperma kurang dari 1jt. Diakibatkan karena adanya peradangan atau Varickokel,kalo tanpa pengobatan menurut info cenderung Azzospermae. Saya lakukan pengobatan ops varickokel setelas usg ada positif varickokel, Hasilnya tetep Azzospermae dikarenakan hormon fsh nya rendah. Dan saya lakukan terapi hormon, selama 3 bulan. (dalam postingan sebelumnya pernah dijelaskan) Semua ditangani dr Ponco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*