Azoospermia – Mel

Sudah lama sy ingin ikutan sharing di bbrp blog tp baru skr tergugah ingin berbagi cerita dan pengalaman, setelah sekian lama (kurleb 5th) bersama suami menjalani pengobatan kesana kemari dr mulai pengobatan alternatif (pijat/urut,akupuntur) sampai pengobatan ke dokter..dari mulai bbrp dokter Obgyn, Androlog dan Urolog Alhamdulillah sdh dijalani dgn tekad dan semangat yg luar biasa demi mendapatkan keturunan..????

Kami menikah kurleb 6th, saat ini usia sy 30th dan suami 33th..Sejak awal diperiksa Alhamdulillah sy dlm kondisi yg baik, tetapi yg mengejutkan suami dlm kondisi yg tdk baik (azoospermia dgn sperma 0, hanya air mani katanya yg keluar????) itu berdasarkan hasil dari 4 dokter Androlog dan 1 dokter Urolog baik di Jakarta maupun di Bandung dan semua dokter itu menyarankan kami utk langsung ambil tindakan program bayi tabung, krn utk hamil normal atau inseminasi kemungkinannya sangat2 kecil (kecuali mukzizat dr Allah Yg Maha Kuasa ????)..???????????? dgn keyakinan tsb kami masih kekeuh ingin mencari alternatif2 lain dgn harapan msh ada kemungkinan bs memperoleh keturunan scr normal (tdk dgn proses bayi tabung)..akhirnya kami terus semangat browsing2 cari dokter yg recommended..

Singkat cerita pd th. 2010 suami sy coba berobat ke dokter andeolog (ini dokter ke 3) di salah satu rs di bandung (yg antrinya bs berjam2 krn pasiennya buanyak, wkt pertama dtg lumayan sekitar 6jam aja nunggunya????) dan setelah dicek2 slm bbrp bln suami di diagnosa varicocel bilateral (kanan-kiri) dgn hasil yg paling parah sblh kiri..saat itu jg kami memutuskan dlm wkt dekat utk segera operasi varicocel di rujuk di slh satu rs besar di bandung dan setelah 3 bln recovery suami coba test sperma dan ternyata hasilnya tdk ada perubahan tetap Azoospermia..????????????

Dan bln mei 2014 kmrn bismillah kami akhirnya memutuskan utk mulai program bayi tabung di slh satu rs. yg ckp terkenal di Jkt (menurut info, dokternya ckp terkenal bertgn dingin utk proses bayi tabung dan tingkat keberhasilannya jg lumayan tinggi) dgn harapan usaha kami bs membuahkan hasil..Setelah konsul dgn dokter tsb yg sblmnya cukup susah bikin schedule ketemunya (bth wkt 3bln baru akhirnya bs ktemu????) suami dirujuk utk konsul dgn dokter androlog di rs itu dan menjalankan bbrp test..hasil testnya LH: 2.33 FSH: 11.10 dan testosteron 532.30 (semua keliatannya msh normal) akhirnya krn sy tau permasalahan ada pd suami, sy memutuskan fokus utk suami dl yg menjalankan treatmentnya yaitu operasi PESA/TESE..sempet dagdigdug jg krn sejak awal dokter sdh memberikan wejangan, operasi PESA/TESE adl jalan terakhir utk pasangan suami istri memiliki keturunan, krn dgn operasi tsb kita bs tau ada atau tidaknya sperma utk bs lanjut ke program bayi tabung..

Di bulan Juni 2014 akhirnya suami menjalankan operasi PESA/TESA, operasi dilakukan dgn bius total dan krg dari 1-1,5 jam sdh bs keluar hasilnya dr dokter..hanya menunggu suami siuman dr bius yg agak lama..Sambil berdoa sy menunggu diluar ruang operasi (dgn jantung yg dagdigdug) dan jujur didlm hati insyaAllah sy kuat, sy sdh mengikhlaskan dan pasrahkan semuanya sm Allah apapun hasilnya walaupun terburuk sekalipun..Setelah 1,5 jam nunggu akhirnya dokter menjelaskan hasilnya dan dinyatakan bahwa sperma dr hasil PESA kanan & kiri dgn aspirasi 2x tidak ditemukan sperma, dilanjutkan TESE dgn biopsi 1x hasilnya yg ditemukan pd suami sy hanya 1 sperma dr sblh kanan itupun mati/Beberapa lapang pandang dan Non Motil dan harus diteliti lbh lanjut dgn dilakukan pengecekan lab UI di RSCM kemungkinan penyebabnya..???????????? Alhamdulillah beruntungnya sy ckp kuat dan tabah mendengar hasil tsb dan jd bs menegarkan hati suami yg hancur pd saat itu..dan sampai saat ini sy blm kembali utk konsul dan mengambil hasil lab tsb krn kondisi suami yg blm siap..????

Semua anak pasti diimpikan oleh setiap pasangan dan tiap pasangan punya rezeki yg berbeda terutama rezeki anak..Kalo Allah berkehendak apapun bs tejadi termasuk sy bs mendapatkan mukzizat mendapat keturunan..Buat sy skr bagaimana dgn keadaan spt ini sy dan suami ttp bahagia dan harmonis krn itu janji di awal penikahan kami..No big deal buat sy mengadopsi anak atau mengurus ponakan yg lucu2..????

Pesan sy tetep semangaaaat buat tmn2 yg msh berjuang semoga dilancarkan segalanya (termasuk rezekinya buat biaya berobat????) dan mdh2an mendapatkan hasil terbaik..Yg penting pasangan hrs punya semangat yg sama dan kesabaran tingkat tinggi juga jgn lupa berdoa pasrahkan dan ikhlaskan semuanya sm Yg Maha Kuasa..Gudluck!! ????

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

62 thoughts on “Azoospermia – Mel

  1. Lilyrose

    Hallo Pak JAS,
    Suami sy jg divonis azoospermia
    IVF pertama gagal karena kondisi sperma yg kurang baik
    IVF kedua pun tidak jadi dilakukan karena tidak ditemukan sperma pd saat TESA
    Mohon infonya mengenai pengobatan tanpa operasi yg Bapak lakukan
    Jika berkenan tolong hubungi sy di email injapuspita@gmail.com
    Terim kasih banyak
    Informasi Bapak sangat membantu
    Tuhan memberkati

  2. Mrs Q

    Mas Jo apa sdh konsul ke Urolog? Lebih baik konsul jika belum, biasanya mereka akan USG. Setelah itu br diketahui penyebab FSHnya tinggi. Saya jg sedang program mas 🙂 semoga berhasil ya..

  3. Jo

    Terus gmn mba?apakah saya sdh tidak ada harapan lagi? Kalau suami mba mrs q sekarang hasilnya gmn?apakah sdh berhasil programnya?

  4. Mrs Q

    Mas Jo, saya pernah dijelaskan oleh Dokter Ahli Urologi tempat suami saya konsul, katanya kalo hormon tdk seimbang dikasi obat, ibaratnya hanya kayak meteran bensin digeser sampai full saja, tp sebenarnya isinya tetap kosong. Jd tdk akan membantu. Mas Jo sdh konsul ke Urolog?

  5. jo

    semoga kita selalu diberikan kesabaran dan kemudahan dalam mendapatkan momongan. mba caca mau tanya berapa kadar hormon FSH suami. hormon FSH saya juga tinggi. normal kalau konsumsi obat tapi tetap azoo. sedih juga

  6. Caca

    Mba Mel… Gimana kabarnya sekarang? apa sudah ada kabar dari RSCM? Sudah melaksanakan ikhtiar apalagi? aku pun sama sm mba Mel.. Baru hari ini suamiku di operasi PESA/TESE namun tdk ditemukan sperma sama sekali. Hormon FSH nya sangat tinggi. Kami disuruh tunggu hasil penelitian dari RSCM 2 minggu ke depan. Sekarang kami masih memikirkan apa lagi tahap yg harus kami lakukan.. 🙁

    Kita sama2 semangat yah mba :’)

  7. mrs.cindut

    Mba Mel..SEMANGAT!!
    Kasus mba sama persis seperti kasus kami.
    Usia pernikahan kami menginjak 7th.
    Tp saya percaya Alloh pasti kasih kami yg terbaik.

  8. Mrs Q

    Halo semua 🙂 lagi browsing2 soal BT, akhirnya terdamparlah di sini.

    Mbak Mel,
    Saya turut sedih baca postingannya. Suami saya pun divonis Azoo, dengan varikokel kanan kiri, FSH, LH tinggi, Testosteron rendah, dan testis kecil. Disarankan utk TESA/PESA sbg jalan terakhir lihat apakah ada spermanya utk program BT. Saya udah pasrah, sampe mau nangis juga udah gak bisa. Entah rasanya musti ngapain lagi, udah gak karuan. Alhamdulillah hasil saya baik, telur banyak, tp dokter tdk periksa saya ada sumbatan/gak krn menurut beliau, baru akan dicek HSG kalo mau insem. Krn rencana awalnya BT, jd gak perlu.

    Buat teman2 yg juga senasib, semangat ya. InsyaAllah semua indah pd waktunya. Mbak Mel, kalo ada info soal adopsi, saya juga mau dikabari jika boleh. Email saya di qwoel@yahoo.com, sebagai jalan terakhir 🙂

    Terima kasih, semangat ya teman2!

  9. panama

    ternyata aku ga sendiri… suamiku jg varikokel, grade 3 bahkan..
    aku tertarik mendengar kisah dari mba neni yang suaminya menjalani pengobatan dengan dokter ponco.
    kalo boleh tau. berapa biaya pengobatan operasi varikokel dengan dokter ponco ya mba neni?? mohon bs di share ke aku… terimakasih banyak mba..

  10. JM

    salam kenal semua,sy juga di fonis AZOOSPERMIA oleh dr yg pernah periksa sy.sy pernah periksa di dokter susanto yg praktek di jl kertajaya,dr aucky hinting,tapi selanjut nya banyak di tangani dr hamdani.
    dari semua dr yg periksa sy smua analisa nya azoo dan semua menyaran kan BT,waktu itu dr hamdani bilang untu BT di siloam estimasi biaya antara 45-55jt,termasuk operasi pesa bagi yg menderita azoo,namun biaya tsb bs berbada per individu
    dengan pertimbangan waktu dan umur kami pun putuskan utk BT,kami putuskan BT di siloam,utk proses pertama pasutri di screening utk dan juga pemeriksaan virus2.karna pd waktu itu ahir taun dan kantor akan ada audit km putuskan utk menunda,
    januari km lanjut lg untuk BT,tp skr bkn di siloam,tp di graha amerta atas saran dr temen2 istri
    km mulai konsul dg dr hendy hendarto spog K,km mrasa puas dg penjelasan beliau,
    untuk biaya BT di graha amerta 40-50jt,tergantung kondisi individu juga.untuk biaya pesa di graha amerta cuma 5jt.dan alhamdulilah skr istri uda positif hamil,tgl 13,april mendatang kami usg utuk liat kantung kehamilan,dan mudah2an twin,amin…..untuk semua teman yg azoo jgn berkecil hati masih ada harapan utk punya keturunan

  11. jo

    hai… salam kenal mba Mel. saya sedih mendengar pengalaman mba Mel dalam berusaha mendapatkan anak. sama halnya cerita saya yang sedih juga. nasib kita hampir sama mba mel. saya adalah orang yg di vonis azoospermia. hormon fsh kami cenderung tinggi kalau tidak konsumsi obat dari dokter. bulan februari 2016 kami genap 1 tahun pernikahan dan kami mencoba ikut ivf dg dr aucky di siloam surabaya. singkat cerita pada tgl 2 feb 2016 tepat ultah pernikahan yg pertama, saya menjalani micro tese dg dr di rs sutomo dan istri menjalani opu di siloam. dari hasil itu kata perawat yg kami hub via tlp mengatakan didapatkan 5 sperma, istri mendapatkan 5 telur dg kualitas bagus. kamipun sungguh sangat senang dan besyujur dan akhirnya melewati proses icsi dan dari 4 sel telur yang dibuahi hanya ada satu yang membelah menjadi embrio kemudian et tapi kami blm berhasil stlh konsul dr mengatakan sperma saya hanya spermatid jadi sulit untuk trus berkembang. sampai saat ini saya masih terpukul dan terus bersedih. aku kasihan sama istriku.

  12. Mel

    Waah mhn maaf yaa sdh setahun lbh ndak mampir ke blog ini, tks utk support dr tmn2 smua yg memiliki pengalaman yg sama spt sy dan suami..Tetap semangat berusaha dan berdoa yaa.. InsyaAllah klo Allah ijinkan, tahun dpn kami ada rencana ingin adopsi anak.. doakan yaa supaya lancar smua prosesnya.. 😉

    @mba Perigigi, klo sy ndak salah biaya operasi Pesa+Tesa tahun lalu total dgn obat minum yg dibawa plng sekitar 15jutaan mba..

    Oiya sekedar sharing kalau memang suami sudah di vonis azoospermia better langsung konsul dgn dr. Urologi saja supaya segera dilakukan pengecekan & tindakan yg lbh real.. Dl sy rencana BT di klinik Morula dgn dr. Ivan & suami konsul dgn Urolog dr. Ponco birowo, dr. Ponco recommended skali ksh penjelasan detail, to the point dan apa adanya (bkn promosi hnya sekedar sharing pengalaman sy yaa bkn berarti dktr2 yg lain ndak bgs loh :D) Semangaaat & Gudluck!!

  13. muhamad johan

    ok mba perigigi. inshaallah kami juga rencana desember atau januari 2015.moga nanti bsa bareng jadi bisa untuk sharing2 juga. sekalian persiapan dana juga karna kami bukan orang yang berlebih, tapi kami berkeyakinan untuk biaya BT masih bsa kami upayakan.

  14. Perigigi

    Aminnnn..amin… Mas Muhamad Johan..
    Rencana tahun dpn dalam rangka persiapan dana juga.hehe. Klo hasil broswsing2 gaya hidup sehat ngaruh banget meningkatkan kualitas sperma. Makanya saya dan suami jg lg berusaha hidup sehat mas. Tetap semangat ya mas…

  15. muhamad johan

    ya mba perigigi terimakasih supportnya ya. kalau saya untuk hormon FSH, LH sekitar 3, TESTOSTERON 5.3.saya juga sdh pernah konsul dengan dr Aucky pada bulan Juli 2015.saya tidak bertanya apakah masih ada benihnya ga di pabriknya karena saya begitu gugup ketika bertemu dengan beliau, saya cuma tanya apakah masih ada harapan dok untuk punya keturunan?beliau jawab masih..masih..keberhasilannya sekitar 70%.oya mba perigigi kapan mau mulai BT?aku juga ada rencana dibulan Januari.saling mendoakan ya mba biar diberi kemudahan oleh yang Kuasa untuk mendapatkan keturunan.

  16. perigigi

    Halo Mas Muhamad Johan,
    Dokter sih setelah tau langsung di suruh cek hormon untuk mengetahui kondisi pabriknya. Cuma ini belum terlaksana nih. Skrg lagi benerin gaya hidup supaya nanti pas periksa dan masuk program BT hasilnya maksimal. Klo baca-baca post yang lama2 banyak juga yang azoo dan berhasil memiliki baby. Makanya semangat ya mas…

  17. muhamad johan

    salam kenal mba perigigi. saya juga mengalami kasus sama yaitu azoospermia. oya kalau mba perigigi pernh cek hormon gtu ga ya?

  18. perigigi

    Salam semuanya….
    Saya juga rencana bayi tabung karena kondisi suami azoospermia. Sekarang lagi persiapan mental, fisik dan dana tentunya. Boleh minta infonya Mbak Mel, Mbak Lulu, Bunda, Mbak mel… dan semuanya yang pernah TESA/MESA untuk biaya TESA/MESA itu berapa ya? terima kasih

    Semuanya semangat ya….

  19. muhamad johan

    salam kenal mba irma. yang sabar ya mba irma. saya juga mempunyai permasalahan azoospermia,hati saya sungguh terpukul dan hancur dan sekarang hanya pasrah kepada ALLAH saja.oya mba irma kalau boleh tau mba irma pernah cek hormon FSH,LH,TESTOSTERON gaK?kalau pernah hormon diangka berapa?mksh mba atas jawabannya.

  20. Irma

    Salam kenal semuanya,
    Saya tinggal di medan dan kami sudah hampir 7 tahun menikah.
    Suami saya juga divonis azoospermia obstruktif artinya kerusakan pada pabriknya, air mani keluar tapi sperma tidak ada alias Nol. Sudah konsul ke 2 orang androlog di medan, tapi hasilnya tetap sama. Sudah prnh coba ke surabaya juga, hasilnya tetap sama. Terakhir saya berobat ke Penang dgn Dr Ng Peng Wah dan dianjurkan utk TESA dgn pakar urolog. Kita sempat minta waktu seminggu utk mikir. Krn kata dokter ini solusi terakhir, kalo tdk ada juga artinya kami hrs adopsi atau donor sperma. Sediiiih bgt waktu dgr dokter bilang gitu, rasanya lemeeess bgt. Apalagi suami saya, lebih syok lagi. Tapi saya hrs tetap terlihat tegar supaya suami tdk merasa terbeban. Sama seperti mbak2, yg kami takutkan adalah HASILnya setelah Tesa. Takut gak bs nerima kenyataan, hikss .
    Dan finally tesa pun dilakukan,
    Saat suami masuk ke dalam ruang operasi, saya menunggu diluar, gak kebayang gmn deg2an nya saya, keringat dingin (pdhl AC Rmh sakitnya dingin bgt). Setelah suami selesai operasi, kita disuruh ambil hasil ke bagian IVF jam 2 siang.
    Namun hasilnya mengecewakan, tdk ditemukan sperma di buah zakar. Mata saya lsg panas, berkaca2. Ya Allah..sungguh berat cobaanmu..
    Sampe dgn skrg kami blm coba pengobatan yg lain.
    Saya mohon infonya yaa mbak2 kalo ada tempat pengobatan yg recommended. Terima kasih..

  21. johari

    untuk mba herna.
    mohon maaf mba herna mau tanya untuk tingkat fsh suami kalau boleh tau berapa ya?karena aku juga fshnya tinggi.mksh mba herna

  22. diane

    Salam kenal ya mba lulu… nasib qt sama… suami juga azoospermia, tp aq nya juga bermasalah..tuba kiri patent n tuba kanan walaupun non paten tp salurannya gak lancar juga (hasil HSG). Klo sekarang siy lg promil di sam marie wijaya yg harganya bikin termehek mehek.. Hiks
    Klo liat hasil tes2 kami siy udah positif harus bayi tabung. Tolong dong yang punya info biaya prog BT di jkt mohon dishare… tmnku byk jg yg sukses di siloam sby, kira2 skrg disana brp ya biayanya? Mohon doanya T.T

  23. aura

    @ mb kummy..sdh pernah nyoba produk HDI / high desert?tante nya tmn sy berumur 42 thn mengidap penyakit gagal ginjal dan harus cuci drh 2x seminggu.skrg udh 3 thn menjalani cuci drhnya.2 thn pertama itu beliau ga bisa haid..krn katanya dokter sih itu adalah efek dr cuci drh.1 thn yg lalu beliau mencoba minum produk HDI tsb dan alhamdulillah stelah 3 bln meminumnya tuw beliau bs haid.naa siapa tau mb kummy mau mencobanya jg..mdh2an bs membantu meningkatkan kualitassl sel telurnya mb kummya yaa..aamiin ya rabb

  24. LuLu

    Maap mba sande n mba ayuk,,,lama bls soalx br pulang umrah.

    @mba sande : nm klinikx “nan fang” lupa alamatx mba soalx udh lama sktr 4-5thn lalu. Yg jls dkt TVRI sby masuk ke dlm. Ntr aq kabari klo aq dah dpt bukux y mba.

    @mba ayuk : pizzz_girl@yahoo.com
    smg bs membantu mba.

  25. ayuk

    Salam kenal mbak Lulu..
    Suamiku juga azoos dan setelah baca di forum ini jadi lbh optimis untuk prog BT di siloam sby.
    Mb lulu blh minta imelnya?mau tanya2 ttg kos dll,aku di semarang

  26. sande

    Selamat buat smua moms yg sdh berhasil batab dg sperma azoos, sangat menguatkan dan memberi semangat buat kami2 ini…
    @mba Lulu : bole tau pengobatan cina yg dimaksud di sinse sby jl apa? Apa ada no telpnya? Mohon infonya mba…trmksh bnyk

  27. Kummy

    Hello..aku ingin berbagi cerita programku kemarin semoga bermanfaat yaa..suamiku azoo kami sudah 2x program bayi tabung di Lam Wah Ee (Penang) dgn dr. Ng tapi dua2nya gagal. Sekarang aku lagi persiapin diri mau program yang ke 3 tapi nggak di Penang lagi melainkan di Jakarta (rencana di Morula atau Gading Pluit). Aku dan suami juga sempat deg2an karena suami harus Tesa untuk mengambil spermanya..kata dr. jika ada sperma maka program bisa langsung tp kalau tidak ada sperma..terpaksa angkat baby..kebayangkan gmn perasaa kami denger omongan dokter..tetapi alhamdulillah setelah tesa suami dapat 2 scroll sperma..maka bayi tabung kami jalani..
    Bayi tabung pertama dari 3 sel telur jadi 1 embrio yg kwalitas biasa..dan gagal…yg kedua dapat 6 sel telur dan jadi 2 embrio kwalitas lagi2 biasa saja..dan gagal again..
    Menurut dokter sperma suami tidak ada masalah..yg malasah malah sel telurku yang kata dokter kwalitas not good..dan kami disarankan donor sel telur..haduuuh sediiih banget aku..tp karena kami muslim kami menolak saran dokter.. dan kami berdua akhirnya sepakat untuk program ke 3 di Jakarta saja..mengingat dokter sudah menyarankan untuk donor sel telur yang menurut dr. tingkat keberhasilan kehamilanku 65% sedang kalau pakai sel telurku hanya 30% tingkat keberhasilannya..
    Dokter saja sudah tidak yakin..bagaimana kami bisa program lagi dengan beliau..?? Maka sekarang saya dan suami merubah pola hidup dgn hidup sehat..mudah2an habis lebaran idul fitri besok dana sudah terkumpul shg program bayi tabung ke tiga kami bisa terlaksana. Mohon doa restu semua..

  28. eny Kusmiarti

    Terima kasih buat pengalaman dan cerita dari temen2 semua. Setelah saya baca ada semangat lagi buat saya tp neteain air mata juga saat baca cerita temen2 di atas.
    Suami saya juga azoo dan sudah pernah berobat di bandung. Sudah pernah operasi varikokel juga, tp Alloh blm mengizinkan saya mempunyai momongan.
    Setelah operasi sempat keluar sperma tp kesini2 malah ga ada lagi.
    Sekarang saya blm berobat lagi tp mempunyai rencana bayi tabung. Saya minta referensi klinik bayi tabung yg bagus di jkt dimana ya. Terima kasih temen2…

  29. LuLu

    Fitri : aq pengobatan cina di sby mba fitri. Obatx /12hari n ada level biaya sesuai komposisi obatx.

    Jadi ada 3 yitu :
    Biasa : 6jtaan
    sedang : 9jtaa
    bagus : 12jtaan.
    dl prtma kl dtg kami ambil yg sedang krn mikir skl doank nich trnyta ga. pas konsul ke 3 rncn mau ambil biasa krn minim keuangan. Untng dokterx baik. Jd kami dikasih obat sedang tp hrg biasa. bbrpk kl kesana n disuruh cek di lab n hslx ada perubahan.

    kykx g bs dech mba. Soalx tiap berobat dokter hrs periksa. Apa udh ada prkmbangan atw g. N dokterx g pk stetoskop cmn pegang denyut nadi. G bs bhs indonesia jd ada tranlatorx.

  30. fitri

    Mba lulu maaf boleh saya tau.. mau berobat ke pengobatan cina dmana ya? Berapa biayanya? trus apa bisa dkrm via paket?

  31. LuLu

    Oalah,,jogja-sby mah deket mba.

    Betul,,Tuhan udh ngatur kehidupan msg2 umatx. Mngkn batab ke 2 ini,,mba n suami berhasil,,amiiinnn. Pkkx jgn stress n ttp b’doa.

    Btw,,aq di sby yg hbs 100an mba. Klo di mmc aq lupa,,mngkn adalah 4000RM (Kurs 2500).

    iya mba,,dr batab prtma-batab ke2 aq jarak setahun. Sy g tau apa bgs atw g u/ proses batab slnjutx. Yg jls setahun itu krn trauma n ngumpulin duit lg hehehe…
    skdr info,,dr.aucky team tau kok apa yg terbaik buat pasien. Saran sy,,kesana ajha dl. Konsul n dokter liat medis mba n suami. Krn dr.aucky n team orgx terbuka kok mba. beliau2 akan jjr klo bs batab or insem. bhkn kt org,,ada bbrp pasangan yg dokter bilang g bs batab. N prnh jg ada yg mau batab tp dokter bilang g usah krn bs normal. Trnyta beneran bs normal. dkter2 sana g mentingin uang lho mba. bhkn jg nich,,,bs cicil (lgsg atw trsnfr rek). Aq liat lgsg kok.

    Bener mba,,aq suka kesel liat org yg seenak jidat buang anak krn hasil (maaf) hub trlrang. Tau gt ya jgn lakuin yak.

    Tuhan pasti ksh yg terbaik buat mba christine n suami. Ttp positife thingking mba,,pasti akan indah pd wktux.

  32. christine

    dear mb lulu…makasih bnyk infonya ya mb buat aku semgat coba di sby..ohh emg rejekinya mb ya pas dimutasi ke sby.kebetulan aku stay dijogja mb..tp gpp lah apapun dilakukan demi berhasil mb..dl pas ke melaka aja bs mb..sma kalo gt ya mb kayak di mmc aku jg abis 100 an mb..soalnya aku kmrn pas ke dok kandungan blg kalo di sby abisnya cm sekitar 35 jt dlm hatiku kok murah bgt masa sihh..brarti mb cb nya setelah setahun batab pertama ya?aku baru januari slesai batab pertama ngaruh ga ya mb kalo cb batab kedua setelah 3 kali periode mens??soalnya ak baca ada yg blg mending nunggu 1 thn an krn kmrn kan di push biar menghasilkan banyak telur..
    mb lulu blm ada rencana batab lg??ga nambah momongan mb?hehehehehe
    wkt di tesa di mmc aku kurang ngerti jg mb gmn sperma suami cm yg aku tau dr dok nya klo ada spermanya
    kn aku uda deg deg an mb kalo uda di tesa ternyata ga da spermanya
    bayangin yg di tv suka ada anak yg di buang ortunya dengernya miris mb…mrka smua ga pnh ngerasain nasib yg kayak kita harus mengeluarkan uang,tenaga,pikiran buat ndapetin buah hati..memang smua takdir mungkin yg harus sy alami n tmn2 lain yg senasib..
    dibatab kedua ni mgkn aku bs lbh pasrah sma tuhan mb..ga kayak yg pertama yg bnr2 aku harapain trus gagal sesihhnya bukan main mb…
    suamiku blg smua takdir tuhan kita sbgai manusia cm bs berusaha yg terbaik

  33. LuLu

    Mba chrstine : iya,,suami azoospermia. wktu itu g ngeh pas tax kk artix apa lgsg shock mba. Aplg suamiku.
    sblm program,,aq bener2 hidup sehat. Seumur2 br x itu n wktu kcl hehehh… smua yg aq suka sprti coke,pedes,gorengan luar (kcuali msk sndiri),t’utama junkfood sngat aq hindari. Smpe2 aq nyari pembantu. Jd jrg mngkn bs dihtng dg jari aq makan diluar. Tp yg rutin aq konsumsi cmn putih telur (ayam kampung) 3pagi 3mlm, kacang ijo n susu prenagen prencanaan kehamilan.

    mba jgn stress,,,itu sngt pengaruh lho. Iya mmg,,,mkx aq batab di sby. Selain ramah2 susterx,,yg utama komunikasi lancar jaya dech hehehe…

    wktu batab di mmc krn suami cari di mbah google n byk yg berhasil. Kbtln wktu itu tinggal di batam jd kami kesana tp g rezki. Ambil hikmahx ajha mngkn kami msh diuji keimanan kami. Kk saranin ke sby ktx disana bgs n inul b’hsl. Ya itu slh 1 faktor kkku maksa kesana. Tp krn g ada klrga n suami g ijinin krn tkt aq knp2 jd cancel. Singkat crta,,suami dimutasi ke sby. Sungguh Allah maha baik (mnrt keyakinan aq). Pas di sby lgsg ke siloam. Dtg,dftr,ktmu dokter n prksa lab. trus disuruh dtg bskx u/ ambil hasil. Krn trauma di melaka mmc,,kami g dtg. Krn kami tau hasilx pasti sama yaitu azoospermia :'(. Tau g mba,,kami dtg setahun kemudian. Itupun krn tmn aq batab disana.

    Tp sblm batab,,suami pengobatan cina yg di dptx di koran. 3-4 x ke klinik cina,,dokterx nyuruh tes lab. N Alhamdulillaaaahhh banget hasilx lumayan bgs mskipun blm normal. artix sperma suamiku ada tp yg hidup 0,byk yg mati atw g utuh atw diam di t4. Tp kami pux keyakinan bhw kami bs. Seumur2 ke lab sejak merid,,liat wjh suami yg senyum2 sprti liat pangeran william dech (lebay). Trmksh Tuhan. smpe petugas lab heran,hasil jelek gt kok senang hAhaha…

    Pas dtg setahun kmdian,,kami dftr n disuruh prksa lab lg krn hasilx dah lama. Menunggu hslx deg2an. dokter s4 diam n memberitahukan hasilx. Ktx sperma bpk sngt sngt sngt jelek. Dgr itu bagai disambar petir. Trus aq nanya (suami g bs ngmng). Dok,jd g bs batab ya? Dokter bilang bisaa,,byk yg lbh parah kok,tp jgn trll b’hrp ya tkt kecewa.
    Kalimat itu yg bikin kami smngat. Krn dokterx mau keswiss,,aq disuruh mnm pil KB (lupa nmx). Bln dpnx aq dtg pas haid ke 2,usg dalam,mulai suntik,dll..

    Krn aq ada rmh,,jd tiap hr aq kesiloam mba. Aq kost pas ET. Biar klo ke RS dkt krn kt org,,g boleh jln cpt,bedrest,dll.
    tp hotel,kost,homestay byk kok mba. cmn mahal2. Aq kost ajha 1,600an/bln.

    Biaya batab aq lumayan nguras tab. Sktr 100jtaan ada kl. Tp ada jg yg cmn 70an. Trgntng kndisi pasien mba n dokter akan memberitahukan kok.

    Oiya,,aq merid dah 6thn br batab. klo mba msh trhtng pengantin baru heheh…

    Smg bs membantu y mba. mdh2an berhasil.

  34. christine

    dearr..mb lulu oia kalo blh tau apa suami azoo jg??jd cm biopsi aja ya mb?sharing donk mb itu sblm mulai prog sma setelah et mb nya ada makan yg harus dimkn n yg ga blh ga??iya kalo di mmc kadang kurang ngerti dok nya ngmg apa mb..uda gt dok selva nya jarang ngmg kurang ramah mgkn krn kebanyakan pasien kali ya..aku br mau cb ke sby ni mb mau konsul dl akhrnya aku n suami mutusin buat cb di sby dl aja mb..mgkn sekitar bln 3 ato 4 aku br mau mulai prog krn kan katanya harus 3 kali periode mens..saking stress nya mb bulan ni aja aku smpe mens 2 kali akhrnya ak ke dok kandungan kan takutnya ada sisa2 pas gagal bt pertama ato gmn stlh ke dok katanya mgkn aku stress krn kmrn smpt gagal trus dikasi obat brenti mens..tp krn aku takut nanti ga mens jd aku minum sekali aja obatnya.,soalnya aku bc di sini ada yg dikasi obat gt trus ga dtg2 mensnya…iya mb thn ni uda thn 4 perkawinanku,,,uda berharap bgt bs hamil n pny anak sndri..,org tua ku sihh maunya aku adopsi dl mb katanya sih buat pancingan gt..tp gmn mb aku pgn kayak sdra2 ku yg lain yg bs hamil dr rahim sndri dl mb,,,kadang kalo mikirinnya smpe pusink mb..oia kalo blh tau dl pertama kali ke sna harus tlp dl buat janji or lgsg dtg aja mb?apa msh pny nomer rs kliniknya mb?aku cb tlp dr pagi ga ada yg angkt mb.,kira2 biayanya habis brp mb disna?trus ada hotel yg dkt sma rs ga mb?makasih bnyk infonya mb

  35. LuLu

    @mba christine : klo ada klo ada frozex di mmc mending cb dl mba kl ajha dah rezki.

    Wktu di sby,,skl doank mba. Alhamdulillah g pk operasi suamiku. Ngambilx manual ajha kok. N enakx di sby krn komnksi enak. Klo di mmc mskipun sm2 melayu tp ada bhsa yg kita g ngerti. Aq smpe di telp lho klo ada yg hrs kami lkkn dr dokter. Pkkx enak dech.

    Intix jg hrs ikhlas,sabar n serahkan ama Tuhan. Jgn stress.

    Oiya,,suami dilarang pake (maaf) CD. Jd seharian sblm opu pk clna pendek atw sarung. Mnrt kk aq yg kbtln dokter. Mmg drdl suamiku dilarang keseringan pk CD aplg klo ketat. Cmn br prcya pas program. N smpe skrg suamiku lgsg gnti clna pendek klo pulang dr kantor.

    mdh2an berhasil ya mba. Jgn pts asa. Smua akan indah pd wktux atas ijin-Nya.

  36. christine

    dear..mb lulu…iyahh makanya sy bgung mau balik lg or ga sedagkan di mmc sy msh pny froze sperma say..sy bni jg uda mau cb ja disby krn kel jg nyaranin cb pindah rs..yg sy bgung kalo sy bt di sby apakah suami harus di tesa lg?krn kan azoo jd harus lgsg diambl dr pabriknya..prog brp kali disby lgsg berhasil mb??makasih bnyk infonya mb bikin tmbh aku semangat buat bt di sby

  37. LuLu

    @mb’christine : aq sblmx jg di mmc melaka mba. Gatot alias gagal total stlh smuax udh aq n suami lakuin. Paling kasian suami,,,krn hrs di operasi lgsg di pabrikx u/ menemukan sperma tp nihil. Jgn tax bengkakx mataku akibat menangis.

    Boleh progrm kmbali tp after 3bulan. Tp sampe 1thn g balik2.

    Singkat cerita,,aq program di siloam sby. Alhamdulillah berhasil. Hr ini my baby boy tepat 2thn 4bln. So,intix lbh bgs produk dlm negeri drpd diluar (rezki org beda2). Hehhehehe….

    Keep fighting mba,,,Insya Allah akan indah pd wktux ????

  38. christine

    salam knl smua..suami sy jg azoo sperma..trus kmi melakukan prog bayi tab pertama di mmc melaka.sy sma suami sdh berharap bgt bs pny anak dr program bt ini.br kmrn tgl 31 jan terima rapot klo kadar bhcg nya rendah alias ga berhasil.sedihh bgt dengernya sementra wkt program bt kmrn sy ga pny embrio freze so harus start dr awal lg..,tmbh hancur hati sy smpe skr msh syok klo inget buat sedih..alhasil mlm taon baru sy lewati nangis di hotel..dokt meyarankan 2 bln untk mulai lg cm sy msh blm bs nerima gagalnya bt pertama ini.sy msh bgung mau lanjut kesna lg or ganti di indo aja..sy msh merasa smua perjuangan sy waktu,tenaga ga ada hasilnya…mgkn emg ini takdir yg harus sy alami

  39. nilana

    Salam kenal semuanya^_^ akhir2 ini sya rajin banget buka website bayi tabung, setelah tau penyebab lama kosong karena suami azoo.
    Dari sini juga saya sedikit merasa lega karena ternyata kita masih bisa memilki anak dengan bt. Seneng banget kalo baca ada yg berhasil hamil dengan suami azoo.
    Awal saya terguncang. Mandi, makan, masak, kerja, bawaannya nangis. Sekarang saya lebih kuat karena testimoni dari semuanya disini.
    ^_^ saya yakin tuhan tau apa yg terbaik buat saya. Kalo ini cobaan saya, maka pasti saya bisa hadapi ini.

  40. Bunda

    Mbak Mel, yang sabar yaaa…saya sampe nangis baca-nya (sampe dipelukin suami)..
    Jalan cerita kita sama mbak..suami juga azoospermia dengan diagnosa varicocel bilateral (kanan-kiri)dan sama yang parah juga kiri.. kami sudah 4 tahun lebih menikah, dah pada 6 bulan perniahan kami sudah memeriksakan diri untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi, dan alhamdulillah aq sehat nggak ada masalah dan suami sperma ada meskipun tidak banyak. Dokter menyarankan kami kembali lagi setelah 1 tahun lebih menikah apabila masih belum punya anak.

    Tahun 2012 akhir, kami ke RS. Harapan Kita untuk program bayi..dan terkejutlah kami ternyata suami di vonis azoospermia. Dokter menyarankan kami untuk program bayi tabung dan suami harus TESA, namun kami tidak langsung mengiyakan, malah mencari alternatif lain seperti Mbak Mel dan suami lakukan.. yaitu pijit, orang pintar dll sebagainya..dengan hasil TIDAK BERHASIL..!!!

    Awal Mei 2014 saya dan suami berangkat ke Penang untuk konsultasi dengan dokter Ng Peng Wah di RS. LWEE, dokter menyarankan suami langsung TESA untuk memulai program bayi tabung, dokter bilang “kalau bapak sudah ada sperma baru kita mulai program,kalau tak ada sperma masih ada jalan lain, angkat anak”…seseeeek rasanya..mau nangis tapi aq tahan karena kasihan sama suami..takut dia berkecil hati..

    Setelah jadwal bertemu dokter urolog, masih di RS yang sama RS. LWEE akhirnya suami dioperasi dan alhamdulillah ada sperma dan berhasil diambil 2 scroll. Selanjutnya mulailah gantian saya yang diberi suntikan2 untuk merangsang pertumbuhan telur…dan ternyata telur saya kecil2…
    sediiih sekali..dari 8 telur yang kata dokter ada, hanya 3 telur yang dapat di ambil karena yang lainnya tidak bisa diambil karena masih kecil size nya..dan dari 3 telur hanya 1 yang bisa di tanam di rahim..
    Tepat 12 hari setelah embrio transfer (hari pertama lebaran 28 juli 2014) saya yang harusnya tes BHCG ternyata gagal..(blooding)..hancur banget hati saya..sediiih…orang bersuka cita lebaran saya menangis di tempat tidur..

    Tapi masa itu sudah lewat, kesedihan sudah dapat saya atasi..saya dan suami akan melakukan program bayi tabung yang ke dua dengan sisa sperma 1 scroll tadi..semoga kali ini saya dapat menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas bagus..mohon doanya ya semua..
    Insyaallah bulan januari saya akan program kembali, dan sudah koordinasi dengan suster Sujada bahwa pada saat menstruasi saya diminta menelepon klinik dan 18 hari setelah mens bertemu dengan dokter Ng.

    Sekarang saya sedang mengkonsumsi makanan yang sehat, udah 20 hari ini minum nutrisi dan protein dari herbalife, dan rencana mau beli ovaboost (tinggal transfer hehehe)..
    mohon doanya ya teman2…(^,^)

    Buat mbak Mel tetap semangat, karena yakinlah Allah pasti ada rencana indah untuk mbak dan suami..aamin…

  41. mytha

    @mel, seriusan aku nangis bacanya.. aku pernah positif palsu ketika ditespack sendiri dirumah, tetapi ketika cek ke dokter ternyata negatif, sel telurku baik, tetapi belum bisa program hamil karena umur pernikahan belum 1 tahun.

    sudah 8 bulan usia pernikahan saya, tetapi belum ada tanda-tanda kehamilan, kadang saya nangis sendiri dimalam hari melihat status teman-teman di medsos mengenai kehamilan dan anak-anak mereka.

    Semoga pasangan-pasangan suami istri yang memang siap dan menginginkan anak, segera diberikan oleh Allah..Semoga kita bisa hamil ya bun akhir tahun ini. Aamiin YRA.

  42. herna

    Salam kenal,,
    Senang rasanya bisa bergabung di blog ini,sedikit bisa memberikan kelegaan kalau ada tempat utk berbagi,,:))
    Saya menikah kurleb 2 thn 3 bln,,setahun menikah blum dikarunia momongan kita coba konsul ke dr kandungan,,
    melewati beberp tahap pemeriksaan,dr usg,hsg analis sperma,pemeriksaan hormon,usg testis,dr semua hasil pemeriksaan suami didiagnosa oligozoosperma dan fsh tinggi,(sempet stress jg dengarnya)karena terkendala biaya utk lanjut ke pengobatan kita stop setaun ngga konsul lg
    tp taon ini karena kita sudah sangat menginginkan anak akhirnya kita memutuskan ke dokter lg,di rs yg berbeda sblmnya,,jujur sedikit kewalahan dgn biaya yg tdk sedikit karena di rs ini semua dimulai dr awal lg,(drnya tdk menerima hasil yg sblmnya)tp saat kita sudah sampai tahap analis sperma hasilnya msh sama bahkan menurut hasil lab disini suamiku azoospermia,,benar”ngga ada ada sekali,,
    Sedih ,kaget dan kecewa campur dlm hati,,(shock banget)
    Kami blum memustuskan lanjut ke androlog karena biaya yg hrs kami sediakan,saya hanya bisa berdoa dan memohon yg di Tuhan memberikan mujizatnya buat kami,,saat ini suami saya mencoba terapi hormon dgn obat”an dr kandungan,
    info dr dokterny setelah konsumsi 3 bln akan dilakukan pemeriksaan sperma lg,,
    Tp setelah baca blog ini jujur saya kembali bersemangat ternyta keinginan kita semua utk punya anak tergantung kehendakNYA,,apapun vonis dokter asal kita percaya msh ada mujizat banyak cara Tuhan utk menyatakan kuasaNYA,
    Semoga org”yang saat ini sangat merindukan momongan segera diberikan sama Tuhan kita,Keep faith,,,

  43. dewi harahap

    Buat mba mel dan mba neni..
    Gimana kelanjutan ceritanya..
    Share lg donk..
    Jd pembelajaran buat sya yg sering patah semngat,sering menangis krn blm hamil jg udah 5thn pernikahan. Yg bermasalah juga suami,sperma tak berkualitas,shgga ga mampu bergerak cepat,dan cpt mati. Sya juga ada miom,tp kata dokter miom sya ga mengganggu.
    Sya dan suami jg lg program BT dengan dr.binarwan,dikota medan.. Awalnya dokter bilang longprotocol, tapi gitu USG utk suntik fsh,dianjurkan malah short protocol,gak tau jg knapa dokternya berubah stelah ngecek sel telur sya..mdh”an ini jalan terbaik utk bisa hamil scepatnya..dan kita semua yg brharap hamil,bulan depan udah hamil semua..amiin.

  44. Anita

    @ mba Mel, terus semangat ya mba, dan pasrah sama Allah, insyaAllah Allah akan memberikan yang terbaik, mungkin dengan jalan lain.

    @ mba Yanti, yang mba alami sepertinya mirip dengan saya. Kalau saya disebutnya Kallman Syndrome, gejalanya ga bisa haid karena ada syaraf diotak yang tidak berfungsi utk memerintah tubuh menghasilkan hormon. Salah satu gejalanya : tidak bisa mencium bau. dulu dokter ngasih saya obat (saya lupa namanya, semacam pil kb, karena obat yg saya pakai sekarang sudah ganti, yang sekarang cyclo progynova namanya), alhamdulillah rahim saya berukuran normal sekarang (dulu kecil). Tapi untuk bisa hamil tetap pakai bayi tabung (inseminasi mungkin juga bisa, tpi resiko gagalnya lebih besar), insyaAllah dalam waktu dekat saya akan menjalani bayi tabung. Mungkin mba bisa konsultasi ke dokter infertality ( yang belakangnya ada KFer-nya) di kota2 besar mba.

  45. yanti

    @ mba lulu, sy di kabupaten parigi moutong mba. Cuma sering jalan2 kepalu klw jadwal kantor agak longgar sambil berobat. Makasih atas sarannya. Oh iya, ini no, hp sy 085299840773 siapa tau ada kesempatan bisa ketemu untuk skedar ngobrol.

    @ mba indah, iya. Makasih… Insya Allah klw ada kesempatan sy usahakan.

    @ mba kane, tahun 2013 sblum menikah sy pernah chek-up ke RS makassar ahli fertilitas sebab selama siklus kehidupan sy tidak pernah mengalami haid. Namun obat yg di berikan tdk bereaksi apa2. Sehingga dokter tersebut merujuk sy ke dokter lain. Dan hasilnya tetap sama. Bahkan beliau mengucapkan “Hanya mukjizat Allah yg bisa menolong ibu”. Sebulan yg lalu sy dari dokter lagi setelah genap setahun menikah dan dokterpun berkata demikian sama seperti sebelum sy menikah. Tapi setelah 2 minggu mertua sy ke dokter tersebut untuk berobat. Dan Alhamdulillah dokter tersebut mengenali mertua sy. Dan dia memberikan resep obat yg harus sy konsumsi. Semoga inilah jalan Allah untuk mengabulkan permintaan hambanya. Aamiinnn…

  46. neni

    Assalamualaikum wr wb…

    Mba Mel, postingannya membuat saya semakin kuat. saya boleh juga ya curhat disini

    Pernikahan saya, desember ini sudah masuk tahun ke 9. mungkin awal pernikahan hingga tahun ke 4 saya dan suami belum ngeh mengenai anak, kami sibuk mencari uang. hingga akhirnya ada sedikit pengalaman kurang enak yang saya alami. kbetulan suami dr suku batak (maaf jika ada dr suku ini yg tersinggung/marah, tapi inilah yg saya alami). ada kerabat suami yg mengatakan kalau orang batak istrinya ga hamil juga sudah lebih dr 3 tahun maka suaminya mau dikawinkan lagi (saat itu yg buat tegar suami, dia yg mengutakan saya). cobaan lain datang dari mertua saya, dia dg gamblang mengatakan jika sampai ultah perkawinan kami yang ke 5 saya tidak hamil juga, mau di ceraikan (dianggap menantu yg tidak bisa kasih keturunan).

    padahal, saat itu saya dan suami sudah mulai berobat ke dokter kandungan (untuk alternatif pun sudah kami jalani kemana mana) cuma memang kami tidak menceritakan kepada mertua atau orang tua saya sendiri (dg alasan nanti malah buat pusing).

    dr panjangnya bertukar dokter hingga akhirnya pilihan saya sreg dg dokter andon, awalnya saya cek di klinik yasmin. suami di rujuk ke androlog dokter s****a (maaf sayakan nama baik, tapi terus terang saya takut dianggap mencemarkan nama baik, kl mau jelas inbox aja ya)… anehnya di dokter s ini, suami udah tes buanyakkkkkk dan muahalllll banget….. intinya saya dan suami divonis hanya bisa punya anak melalui program BT, sedangkan dokter saya masih percaya saya bisa normal… aneh kan dokter saya pro normal, dokter suami pro ifv (sekarang saya bisa bilang ini dokter jualan bangettttt)

    sambil mengumpulkan rejeki lagi utk program BT (setahun kami ga ke dokter), bulan jan 2014 saya dan suami memutuskan umroh…. mau minta sama Yang diatas… (disana bukan hanya doa minta anak, doa yang lainpun kami panjatkan)… sepulang dr sana tak ada tanda2 hamil… akhirnya saya kembali niat bulat utk kedokter

    Dg dokter yg sama, tapi di hermina jatinegara (lebih dekat rumah) dokter sdh jelasin selengkap2nya utk bayi tabung yg kami mau jalani…. tapiiiii saat disuruh konsul lagi ke androlog mengapa saya minta dokternya diganti (suami jg setuju). suami di rujuk ke dokter Ponco Birowo (kasih 4 jempol buat dokter, baik, ganteng, kasih penjelasan dg bahasa yg sgt mudah dimengerti, dan yg pasti blak2an ga ada ditutup2in). hasilnya suami varikokel grade 2…. ini aneh kannnn dg dr s, suami ga pernah disuruh USG testis… cuma tes blablabla (super mahal)… dg singkat dr ponco memberitahu jika program BT tetap dijalankan dg kondisi sperma suami saya yg tdk bagus maka tingkat keberhasilan juga semakin rendah (gini gaya dia ngomong yg bikin saya kasih jempol ” Kalau bu neni sm pak erwin uangnya sudah kelebihan silahkan aja jalanin BT nya sekarang….. dugggg disitu saya lihat kl dokter ini ga aneh2).

    setelah lebaran kmarin suami di operasi (di rs asri, bagus, nyaman, perawatnya baikkkkk), ini jg yg keren dokternya ga ngasih kita nginap (ODC) sambil becanda dia bilang ini operasi seperti di sunat oooowww…. bener aja jam 5 sore dateng, jam 7.30 di operasi, jam 9 selesai… jam 12 kita udah mau pulang (dg syarat suami ga boleh nyetir)… dan dokter ponco juga menyarankan utk tidak ke dr saya dulu, nunggu 3 bulan (analisis sperma stlh operasi).

    Intinya meskipun penantian saya dan suami panjang (9 tahun bukan waktu yg singkat ya) dg liku2 yg wahhh it’s like roller coaster….. saya dan suami tetap sabar, pasrah, ikhlas…. yg membuat saya selalu menangis adalah ketika mengingat suami saya berkata, kamu mau ga menua bersama saya meskipun kita ga dikasih anak (airmata saya selalu jatuh jika terngiang kata2 itu)…. mertua saya pun sdh ga bisa lagi menjelekan/menjatuhkan saya karena akhirnya mreka sadar bahwa yg bermasalah itu anaknya bukan saya (sedih rasanya 8 tahun jadi bahan omongan mreka ke semua orang)…

    saya yakin, Allah punya maksud untuk semua ini (semua akan indah pada waktunya)….. smoga pengalaman saya bisa berguna buat teman2…

  47. JAS

    Mel,
    Saya juga kena azoosperma parah seperti Mel ceritakan diatas dan saya juga harus dilakukan operasi pengambilan sperma langsung dari pabriknya . Sebelum dilakukan operasi saya lakukan doa puasa sesuai agama saya dan pada masa puasa tersebut saya mendapatkan satu informasi dari pasien istri ( istri saya dokter) ada dokter obgyn di singapura yang bagus dan saya tergerak datang dan berobat ke sana sebagai jalan iman saya.
    singkat cerita saya berobat 3 bulan dan tanpa operasi ternyata didapatkan 15 sperma dan untuk safenya sperma tersebut dibekukan dan 2 minggu kemudian diambil lagi dan total sperma yang didapatkan 45.
    Puji Tuhan dan MUjizat terjadi ternyata setelah dilakukan ICSA maka terjadi pembuahan dan terjadi 9 buah embyro kualitas A, dari 9 ditanamkan 2 dan luar biasa Puji Tuhan berkembang 1 dan kemarin tanggal 28 February 2014 anak saya lahir sehat, cakap luar biasa dan berjenis kelamin Laki-laki.
    Point saya jangan menyerah dan Tuhan itu yang memiliki kehidupan.
    Dokter tersebut namanya CT Yeong, kliniknya namanya Tow Yong Clinic. telp +6567330307, dia dokter yang luar biasa dan Tuhan pakai tangan dia untuk menyampaikan mujizatnya kepada saya dan Tahun depan rencananya kami akan tanam 2 dari sisa 7 frozen embryo.
    Mohon maaf saya hanya membagi motivasi bahwa tidak ada yang mustahil bagiNYa.
    Never Give Up
    semoga bermanfaat
    salam

  48. LuLu

    @Agustin : iya mba. Dl aq kost di belakang siloam yg dekat pasar. Aq lupa nm jlnx. Kostx itu g ada nm krn rmh cmn kmr2x di kostin ama yg pux. Smg b’hsl ya mba,,,amin.

    #IndahPadaWaktux

  49. agustin

    @lulu
    salam kenal mb…dlu mb lulu batab di siloam ya??klo bleh tahu dlu kos dmna mb?soalnya ada rncana nich

  50. Kane

    Dear Yanti,
    Saya juga punya bentuk rahim yg unik, uterus didelphys, jadi saya punya 2 rahim
    yang ukurannya lbh kecil dr normal. Saya juga sempat divonis tdk bs hamil. Akhirnya saya coba bayi tabung di bic dengan dr.Arie Polim, sekarang berhasil hamil. Memang perjalan masih panjang, tapi setidaknya masih ada harapan. Coba untuk berkonsultasi dg dokter ahli fertilitas.

  51. LuLu

    @mba yanti : mba di sulteng mn? Kbtln aq jg org sulteng hehehe… Insya Allah dlm wktu dkt ini mau ke palu.

    Klo mba mau BaTab,,mending konsul dl ama ahlix. Biar bs di cek kondisi mba ama suami.
    Skdr info,,,aq BaTab di siloam sby sm Dr. Aucky team. Dokter2 n perawat2x sngat2 ramah. Tdk pelit info,care dll.

  52. Yanti

    Assalamu’alaikum…
    Mba, makasih atas postingannya. Sangat menyentuh dan menguatkan sy.
    Tpi sy tetap blum mampu untuk bangkit.
    Setahun menikah dan suamiku trus menuntut anak sy makin stress. Sdngkan dokter memvonis sy tdk bsa hamil krna kelainan bawaan yaitu rahim sy sangat kecil dan mustahil untuk hamil.
    Dokter hanya menyarankan sy untuk adopsi anak namun suami sy tetap menolak. Dia mau punya anak dri darah daging dia sendiri dari hasil pembuahan dia sendiri.
    Kadang sy berpikir untuk menganjurkan suami sy untuk menikah lagi. Tapi sangat bertentangan dengan hati nurani sy. Sy berusaha tegar dan terus berdo’a sma ALLAH dan berharap ada sedikit keajaiban yg beliau turunkan untukku.

    Sy mohon bantuannya mba, kali aja ada dokter kenalannya mba untuk bisa sy ajak konsultasi. Sebab klw dokter di sulawesi tengah semua menganjurkan sy adopsi anak saja.

    Jika sy punya kesempatan untuk melakukan bayi tabung. Sy mau mencobanya dgn berharap ridho ALLAH .

  53. LuLu

    Jgn b’putus asa mba mel syg. Sy sdh rs bgmn di posisi mba.
    Medis, herbal, org pintar, 5thn menikah, suami azoos, prnh operasi, prnh gagal BaTab jg, dll smua sdh sy alami.
    Tp,,,Alhamdulillah skrg sy sdh dikaruniai anak,,,skrg dah 2thnan.
    Smg mba mel sbr n ttp ikhtiar plus doa,,,Insya Allah akan indah pd waktunya :*

  54. wijaya

    saya juga hampir nangis bacanya.semoga mbak mel diberi kekuatan dan ketabahan untuk menghadapi ini semua. saya kriptozospermia n skarang jadi lbh bersyukur dgn apa yg saya milikh.

  55. anis zain

    @ Mel…Segala sesuatu yang terjadi dengan kita itu semua dengan izin allah.. apa yang terjadi dengan mel sekarang di ganti kan dengan kebahagian yang lain oleh allah, dan memohon kepada allah di berikan kekuatan untuk ikhlas dalam menjalani ini…

  56. Indah

    Aku baca ini sampai mengalir air mata.. Hebat mbak Mel tegar banget.. Tetap semangat ya mbak Mel.. Semua sudah ada yang atur hidup, kita hanya harus berusaha & berdoa.. Semua kita semua diberi kekuatan u/ menjalaninya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*