Azoospermia dengan FSH tinggi – Sigit

Perkenalkan nama saya Sigit. Umur 28 tahun. Saya sekarang bekerja di sebuah instansi pemerintah di Pontianak, Klaimantan Barat. 1,5 tahun menikah, dan sekarang hidup terpisah dari isteri yang ada di pulau jawa. Setelah satu tahun berusaha mendapatkan momongan dan belum berhasil, kami memutuskan untuk periksa ke doker kandungan ketika saya pulang ke jawa. Hasil pemeriksaan dokter kandungan, keadaan istri saya semuanya baik. Dengan hasil pemeriksaan seperti ini, saya menduga kemungkinan penyebab kami belum dapet momongan ada di saya dan saya minta rujukan dari dokter tersebut untuk bisa cek sperma di pontianak.

Sampai di pontianak saya ke prodia untuk cek sperma dan ternyata memang benar dugaan saya. Hasil tes sperma menyatakan saya azoospermia. Saya benar-benar terpukul dan ketika hasil ini saya beritahukan ke istri ksaya, akhirnya kami sama-sama menangis di telpon.

Dalam pencarian saya untuk lebih memahami kondisi saya, saya menemukan situs ini dan forum dr. Dikcky. Kesediaan beliau menjawab semua pertanyaan online dan atas rekomendasi salah satu pasien beliau, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil cuti dan berkonsultasi langsung ke beliau di jogja.
Beliau memang sangat ramah dan bersedia menjawab semua pertanyaan kami. Beliau menyarankan saya untuk melakukan tes hormone FSH, LH dan testosterone pagi. Dengan rujukan beliau, saya langsung melakukan cek hormone FSH, LH dan testosterone keesokan harinya. Dan kembali, hasil lab membuat saya sangat terpukul. Hasil Lab me.unjukkan nilai FSH dan LH saya tinggi (FSH 21.73, LH 11.28), yang menurut dr. Dicky, itu berarti ada masalah di pabrik sperma saya.

Sore harinya kami langsung kembali ke dr. Dicky denganmembawa hasil lab ini. Beliau kemudian menerangkan pengaruh hormone FSH dan LH tersebut pada proses pembentukan 3permatozoa. Karena saya tidak pernah mengalami gondongan dan trauma parah di testis saya, diagnosis sementara beliau, pembentukan sperma di pabrik saya mengalami gangguan sehingga berhenti di tengah jalan. Untuk itu perlu dilakukan biopsy untuk mengetahui dengan pasti keadaan pabrik sperma saya.

Sampai sekarang saya belum memutuskan kapan akan melakukan biopsy karena tempat kerja sayakyang di Pontianak. Saya skrg hanya bisa berdoa dan memohon kepada Allah agar kami masih diberi kesempatan dan kepercayaan untuk bisa mempunyai momongan. Selain itu, saya ingin berbagi dengan pembaca sekalian, mungkin ada yang kondisinya seperti saya dan mungkin ada jalan atau usaha lain yang bisa saya tempuh sebelum saya melakukan biopsy. Mungkin dengan obat herbal atau terapi lain yang bisa membuat kondisi saya lebih baik. Terimakasih, dan saya sangat menantikan saran dari pembaca sekalian.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...

107 thoughts on “Azoospermia dengan FSH tinggi – Sigit

  1. maibin

    Maaf sblum untuk dr.ricky msh praktek d rshs g?
    Kl msh sya mnta jdwal dokter br bs ktemu dengan dokter ricky lngsung bkn dngn resident,maaf karna trkadang kl kontrol d RS yg mnanganiny dokter residen bkn dokter spesialisny.
    Sya mau Second opini dngn dokter mslh suami sya.bila perlu sya akan kirimkan semua hasil lab pramita pd dokter.
    Suami sya d nyatakan azoospermia dr hasil 3x analisis sperma,hormon testeteron suami tinggi,hasil usg testis tdk ada kterangan varikokel namun stlah konsul dan minum obat dr dokter urologi.beliau mnyarankan agar suami sya operasi varikokel.
    Yg sya bingung knp wkt hasil usg pertama d berikan pd dokter dia hnya mmberikan obat dan tdk mnjlaskan sama sx tntang varikokel.
    Namun mminta agar cek analisia sperma lg dan stlah hasil analisia sperma msh azoos,beliau advice operasi varikokel pd suami sya.
    Namun sya msh ragu hingga smpai saat ini sya blum kontrol/mnyatakan iya pd dokter tersebut.
    Kmrin sya sarankan suami agara cek fsh dan dr hasilny d nyatakan fsh tinggi.
    Hasil HSG dan USG intravaginal sya normal semua.

  2. budiman

    Dear Dr. Ricky..
    apakah Dr. masih bertugas di klinik aster RSHS,?
    berapakah biaya awal untuk USG testis dan Cek hormon fsh testoseron.?
    buat semuanya yg sudah pernah usg testis dan cek hormon sharring yaa

  3. Andriy

    Halo semua, salam kenal. Saya mengalami hal yang sama, hasil tes sperma aspematozoa dan hasil tes endokrinologi FSH saya tinggi 21,31 sedangkan LH, prolaktin, dan testeteron masih dalam range normal batas bawah. Pertanyaan saya apakah ini berarti sudah pasti ada masalah di pabrik sperma? Adakah tes lain untuk bisa mendapatkan kesimpulan yg lebih akurat? Trims sebelumnya

  4. tanti

    Dr ricky ysh,suami saya azoo ada varikokel grade 2/3 testis mengecil ukurannya sbnrnya sdh pengen bayi tabung tapi oleh dr disuruh mengobati suami dulu..suami diberi obat yg hts dikonsumsi selama 1/2 bln stlh itu disurih cek hornon lg..oya fsh suami tinggi dok 21,.. dgn kondisi spt itu apa kami bisa bayi tabung dok?dan apa dgn minum obat2an akan memperbaiki sperma suami sya..saya sgt menunggu jawaban dr trma kasih..

  5. Roni

    Dear Ricky,bukannya air mani yg ada sel sperma dan tdk ada sel sperma nya di produksi oleh pabrik sperma yg sama yang bernama Testis?Kalau pabrik pembuat spermanya rusak,lalu darimana air mani itu berasal?

  6. Mel

    Dear dr. Ricky,

    Pernah punya pengalaman pasien seperti suami sy kah dok, setelah dilakukan operasi Pesa/Tesa ditemukan sperma yang mati (tdk ada yg hidup sama sekali)?
    Apakah masih ada jalan keluar lain baik pengobatan atau therapy apapun dok? Tks..

    Utk Pak Sigit & teman2 yg lain tetap semangat & berdoa yaa.. Smoga Allah memudahkan rejeki dan melancarkan usaha pengobatan tmn2.. aamiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*