Azoospermia dengan FSH tinggi – Sigit

Perkenalkan nama saya Sigit. Umur 28 tahun. Saya sekarang bekerja di sebuah instansi pemerintah di Pontianak, Klaimantan Barat. 1,5 tahun menikah, dan sekarang hidup terpisah dari isteri yang ada di pulau jawa. Setelah satu tahun berusaha mendapatkan momongan dan belum berhasil, kami memutuskan untuk periksa ke doker kandungan ketika saya pulang ke jawa. Hasil pemeriksaan dokter kandungan, keadaan istri saya semuanya baik. Dengan hasil pemeriksaan seperti ini, saya menduga kemungkinan penyebab kami belum dapet momongan ada di saya dan saya minta rujukan dari dokter tersebut untuk bisa cek sperma di pontianak.

Sampai di pontianak saya ke prodia untuk cek sperma dan ternyata memang benar dugaan saya. Hasil tes sperma menyatakan saya azoospermia. Saya benar-benar terpukul dan ketika hasil ini saya beritahukan ke istri ksaya, akhirnya kami sama-sama menangis di telpon.

Dalam pencarian saya untuk lebih memahami kondisi saya, saya menemukan situs ini dan forum dr. Dikcky. Kesediaan beliau menjawab semua pertanyaan online dan atas rekomendasi salah satu pasien beliau, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil cuti dan berkonsultasi langsung ke beliau di jogja.
Beliau memang sangat ramah dan bersedia menjawab semua pertanyaan kami. Beliau menyarankan saya untuk melakukan tes hormone FSH, LH dan testosterone pagi. Dengan rujukan beliau, saya langsung melakukan cek hormone FSH, LH dan testosterone keesokan harinya. Dan kembali, hasil lab membuat saya sangat terpukul. Hasil Lab me.unjukkan nilai FSH dan LH saya tinggi (FSH 21.73, LH 11.28), yang menurut dr. Dicky, itu berarti ada masalah di pabrik sperma saya.

Sore harinya kami langsung kembali ke dr. Dicky denganmembawa hasil lab ini. Beliau kemudian menerangkan pengaruh hormone FSH dan LH tersebut pada proses pembentukan 3permatozoa. Karena saya tidak pernah mengalami gondongan dan trauma parah di testis saya, diagnosis sementara beliau, pembentukan sperma di pabrik saya mengalami gangguan sehingga berhenti di tengah jalan. Untuk itu perlu dilakukan biopsy untuk mengetahui dengan pasti keadaan pabrik sperma saya.

Sampai sekarang saya belum memutuskan kapan akan melakukan biopsy karena tempat kerja sayakyang di Pontianak. Saya skrg hanya bisa berdoa dan memohon kepada Allah agar kami masih diberi kesempatan dan kepercayaan untuk bisa mempunyai momongan. Selain itu, saya ingin berbagi dengan pembaca sekalian, mungkin ada yang kondisinya seperti saya dan mungkin ada jalan atau usaha lain yang bisa saya tempuh sebelum saya melakukan biopsy. Mungkin dengan obat herbal atau terapi lain yang bisa membuat kondisi saya lebih baik. Terimakasih, dan saya sangat menantikan saran dari pembaca sekalian.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...

105 thoughts on “Azoospermia dengan FSH tinggi – Sigit

  1. sigit

    Terimakasih dukungannya ibu wartini diana. saya sudah kirim email ke alamat email ibu. saya tunggu infonya, terima kasih.

  2. venice

    bpk sigit, suami saya juga sama dgn kondisi bpk, bahkan lebih panjang istilahnya :oligoastenoteratozoospermia. Sperma 0, fsh dan lh tinggi juga, memang indikasi kerusakan pada pabrik sperma. Kami konsul dgn dr aucky, beliau menyarankan bayi tabung dgn terapi vitamin dan anti oxidant selama beberapa bulan, bgtu ada reaksi bagus thdp vit dan anti ox maka segera dimulai proses suntik gonal, krn mnrt beliau, teorinya hanya perlu 3sperma aja, jd bgtu reaksi tubuh suami thd pengobatan bagus maka lgs mulai by tab.
    Skr putri kami telah berusia 2thn, sehat dan lucu.
    Ohya km menikah 8thn baru dikaruniai anak dan melalui proses by tab kedua baru berhasil.
    Smoga bpk tetap semangat

  3. wati

    Salam kenal buat pak sigit,
    Suami sy jg pernah dibialng kualita spermanya kurang baik dlm artian jmlh yg gerak cepat cuma sdkt. Kl py bpk jumlahnya sedikit apa sama sekali gak ada?. Wkt itu utk memperbaikinya pernah dikasih obat sama dokter hslnya ada perbaikan tp sy blom hamil jg. akhirnya sy suruh suamiku minum jus tomat tiap hari, olah raga, minum serbuk pucuk kurma tiap malam dng madu. Kl pucuk kurma udah tekenal pak byk org yg coba & istrinya pd hamil. Sy skrg lg hamil 7bln. Kl bpk berminat bs bpk coba gt. Slamat mencoba…

  4. sigit

    @ ibu venice : klo oligoastenoteratozoospermia bukannya masih ada sperma walaupun sedikit ya bu? btw, dulu terapi vit + anti aksidan nya apa ya bu? terimakasih atas dukungannya dan semoga saya secepatnya bisa mendapat momongan seperti ibu venice..

    @ibu wati : klo kasus saya, sama sekali tidak ditemukan sperma bu. saya rutin olahraga dan suka juga makan buah, walaupun tidak tiap hari. dulu sebelum ke dokter sudah pernah mengkonsumsi korma muda, tapi sampai kurmanya habis belum berhasil..

  5. venice

    Mmg awalnya masih ada sedikit banget, tetapi krn menunda utk by tab, trnyata kondisinya semakin menurun shg menjadi 0. Stelah terapi obat 6bln baru ada reaksi tp sedikit sekali jmlnya dan pada hari H saat opu sperma 0 dan oleh dr aucky suami diminta untuk pengambilan sperma ke 2, dan didapat 10 tp hanya 3 yg bisa membuahi. Anti oxidant yg terakhir diberi glisodin, untuk vitaminnya sy kurang ingat. Tetap semangat ya

  6. mei-mei

    hai semua ..
    selamat malam…
    .
    saya mei…saya nikah 6thn .saya udah 2kali program bayi tabung dua duanya gagal…telur saya dpt 18 yang berhasil dibuahi dan menjadi embrio 8..BT pertama dibulan maret ditransfer 3 embrio tapi gagal..dan yang kedua dubulan mei 2012 ditranfer 5 embrio gagal juga…dokter bilang spermanya gak bagus jadi embrio gak bisa nempel..sebelum BT suami tes sperma memang hasil nya sedikit dibawah rata2 geraknya lambat dan sedikit disarankan dokter bayi tabung..teman2 ada pengalaman seperti saya mohon bantuannya…apa penyebabnya embrio tak mau nempel drahim saya..

  7. sendu pilu

    hyi mas sigit saya juga mengalami kasus serupa ama mas,suami saya pun FSH 31 sangat tinggi yn normal dr docter 1-12 aja,dockter bilang zakar dia kemungkinan jg rusak,dan suami saya jg nggak pernah gondokan ,atau jatuh gitu . . kami sangat sedih sekali tak bisa menerima itu kami . . . mungkin TUHAN berencana yg lbh indah ,dockter bilang nggak mungkin saya dapat hamil klu sperma nggak ada . .jalan satu2nya bayi tabung dengan pinjam sperma,atau beli di bank . . .tp saya masih berharap semoga TUHAN memberikan keajaiban bagi kami,semoga mas jg di beri keajaiban tuhan . . .amien . . .SEMOGA TUHAN SELALU MEMBERKATI . .. .

  8. sigit

    ibu sendu pilu,
    apakah suami ibu sudah melakukan biopsi? klo dokter dicky beliau menyarankan saya melakukan biopsi terlebih dahulu, untuk mengetahui secara pasti kondisi testis saya dan juga melihat apakah masih ada sperma atau enggak. saya sih belum memutuskan biopsi atau tidak, soalnya saya di kalbar, jadi terkendala waktu dan biaya..

  9. sendu pilu

    suami saya tgl 29 juni mau biopsy ,semoga kami mendapatkan keajaiban dari TUHAN . .makin cepat makin baik mas sigit klu di tunda takut kerusakan bertambah parah . . .semoga kita diberi keajaiban TUHAN amien . . .

  10. Dr ricky adriansjah SpU

    Bpk Sigit yth, sebenarnya masih ada jalan buat anda mendapatkan karunia anak, kami tim fertilisasi RS. dr.Hasan Sadikin Bandung, sudah beberapa kali melakukan bayi tabung dengan pasangan suami yang analisa spermanya zero alias azoospermia sekalipun. Sperma akan didapat dengan pengambilan langsung ke pabriknya yakni testis. Proses operasi ini sangat sederhana, tidak butuh perawatan lama, umumnya hari kedua. Operasi pasien sudah boleh pulang. Nanti sperma yang didapat akan ditanamkan ke rahim ibu. Jika bapak berminat, bisa mencba email ke saya. Terkahir tentu kita harus terus berdoa kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat

  11. Ricky Adriansjahdr, SpU

    Tentu bisa ibu sendu pilu, kAlau melihat dari hsl test suami ibu sendu pilu, artinya suami ibu menderita primary testicular failure. Kegagalan infertilitas primer. Tapi ini tentu baru dugaan, untuk pastinya saya perlu melakukan usg testis (buah zakar) suami ibu dan pemeriksaan testosteron suami. Bila betul mengarah kesana maka, bayi tabung dengan pengambilan sperm oleh seorang ahli urologi, sangatlah diperlukan. Pengambilan sperma langsung ke testis dengan bantuan pembedahan mikro. Angka keberhasilannya cukup tinggi kok, 40-60% kecuali kalau testisnya ukurannya sgt kecil, tentu akan semakin sulit. Makanya kami butuh usg testis suami ibu. Semoga berhasil ibu sendu pilu, sebaiknya secepatnya ibu ke dokter spesialis urologi yang memang ahli di bidang infertility.

  12. Sisca

    bro sigit……
    aq cr email bro sigit ga ketemu nih….selamat deh sdh konsul dg dokter dicky di jogja…..
    sy ada info pengobatan alternatif ttg itu….kirim email ke roby8889@gmail.com…..
    tetap semangat ya…..

  13. sendu pilu

    dear DR Ricky Adriansjahdr, testoren suami saya pun rendah 2,85 saja,dan memang docter bilang testis kecil,apakah masih ada sperma docte klu semacam ini . .ty

  14. Ricky Adriansjah dr SpU

    Ibu Sendu Pilu, kalau memang keadaanya seperti itu, memang semakin kecil harapannya, tapi berdasarkan buku kedokteran, keadaan spt ini tetap masih 20% didapatkan sperma. Saya pernah punya pengalaman serupa dengan kasus ini, memang kita akhirnya bisa mendapatkan 1buah sperma, tetapi kualitasnya kurang baik, tapi tetap dapat dilakukan bayi tabung, jadi ada baiknya ibu terus mencoba dan berusaha. Salam.

  15. sendu pilu

    dear dr ricky: apakah pembuatan bayi tabung dng sperma kurang baik itu nanti akan jd baby sehat seperti baby lain docter,dan klu gagal dng sperma 1 itu ,apakah bisa ambil sperma dr pabriknya lagi . . .ty docter . . .

  16. Ricky Adriansjahdr SpU

    Tentu bisa ibu Sendu Pilu, sehat atau tidak bayi tsb sebenarnya berpengaruh saat kehamilan, apakah ibu minum obat obatan yang berbahaya, pada dasarnya semua sperma yg baik maupun kurang baik, apabila dia bisa berkembang menjadi embrio artinya sperma tsb tdk ada masalah. Tubuh memiliki filter sendiri, shg bila sperma nya sangat buruk, maka tidak akan terjadi embrio. Masalah bayinya kelak sempurna atau tidak itu bukan banyak fakor yang akan mempengaruhi. Faktornya antara lain perawatan selama kehamilan. Salam.

  17. kirana

    saya juga mengalami hal yang sama dengan pengalaman bapak sigit,FSH nya 13-14,kata dokter nilai yang tinggi dengan angka segitu,apakah bisa dilakukan bayi tabung ya dokter?

  18. sigit

    @dr. Ricky..
    Saya bisa minta email atau contack dokter yang lain? Kebetulan istri saya tinggal di cianjur, jadi mungkin klo saya pulang bisa buat janji dengan dokter untuk konsultasi. Klo boleh saya mau tanya dok, pembedahan mikro yang dokter maksud apakah mikro tese? Terus terang untuk mikro tese saya masih takut dok, soalnya saya baca-baca, ada kemungkinan menimbulkan kerusakan pada testis hingga testis tidak bisa memproduksi testosteron lagi. Mohon penjelasannya. Terimakasih.
    @ Mbak Sisca..
    Udah aku kirim emailku mbak..

  19. sigit

    @ibu sendu pilu..
    Yang sabar dan tabah ya bu.. Jgn patah semangat, coba cari info dari sumber lain..

  20. Ricky Adriansjah SpU

    @Ibu sendu pilu, qpakah sudah dicoba micro TESE?
    @ Pak Sigit, tentu dengan senang hati saya akan membantu, bpak bisa hubungi telpon Klinik Spesialis Urologi kita di RSHS dengan nomor direct 022-2036713, bapak bisa tanyakan membuat appointment dgn saya via ibu Susan atau Ibu Nurul. Email saya ricky_adriansjahdr@yahoo.com. Bapak tidak perlu khawatir karena namanya juga prosedur micro maka resiko tsb kecil terjadi, karena sayatan pada testis pun sangat kecil. Silahkan bapak ketemu saya, saya akan membantu bapak mendapatkan buah hati bapak, tentu diiringi dgn doa ke Tuhan YME ya pak. Sampai ketemu di klinik.

  21. sigit

    dr. Ricky..
    Terima kasih dok..saya rencana pulang ke Cianjur pas lebaran besok..mungkin saya bisa ke RSHS habis lebaran..

  22. kirana

    Ass dokter,suami saya azoospermia,dengan nilai FSH 14,apa dengan nilai FSH itu sudah termasuk tinggi,apakah kemungkinan sperma masih ada dokter,suami sudah pernah menggunakan pregnyil selama 1 bulan, 1 minggu 2x suntik,atas resep dokter andrology di palembang,tp blom ada kemajuan,menurut dokter kami sebaiknya harus bagaimana?karena kami sedang mencari2 informasi tentang bayi tabung juga,sebelumnya kami ucapkan terima kasih banyak atas informasinya dokter

  23. Tommy

    Ass dr ricky, berapa biaya bayi tabung di RSHS dan berapa lama prosesnya (hari/minggu) dikarenakan saya dan isteri berada di Lampung.

  24. vivi

    dear, dr ricky

    suami saya baru 5 bln yang lalu di biopsi sperma, utk keperluan bayi tabung, dan puji Tuhan, sperma ditemukan, dan ini sudah yang ke 3 x, di biopsi, dokter yang mau saya tanyakan kenapa selalu setelah di biopsi hormon fsh meningkat, terakhir kmrn test hormon FSH= 24,70 , LH = 8,49 , TESTOSTERON = 450,60,
    Terima kasih , dokter

  25. vivi

    Dear, dr ricky

    dokter ricky, saya vivi yang sama dengan yang di atas, saya ingin menambahkan info, dok, kalau setiap kali biopsi, sperma yang di hasil lumayan bagus, saat ini saya sedang hamil 5 bln , dari hasil sperma biopsi yang ke 3, dgn program bayi tabung, sebelumnya suami azoospermia, dokter yang mau saya tanyakan apakah dengan sering operasi testis, menyebabkan hormon FSH meningkat, ada tidak obat utk menurunkan hormon FSH tersbt,
    terima kasih dokter

  26. kirana

    Dear, dr ricky

    dokter setelah 2x tes sperma,volumenya 2,8 cc dan 4ml,
    terima kasih sebelumya dokter

  27. Ricky Adriansjah SpU

    Dearibu kirana,
    Saya melihat masih ada harapan buat mengambil sperma suami melalui operasi mikro pada testis yang lebih besar volumenya. Mungkin bisa dipikirkan lebih lanjut untuk menuju bayi tabung. Terimakasih

  28. kirana

    dear dr Ricky,
    terima kasih informasinya dokter,berapa lama proses bayi tabung n kira2 berapa lama waktu yang dibutuhkan suami saya,karena suami saya kerja swasta yang waktu cutinya hanya sedikit,n kira2 anggaran biayanya berapa ya dokter,terimakasih.

  29. Ricky Adriansjah SpU

    Kepada ibu Kirana dan bapak Tommy, anda bisa coba buka website http://www.asterfertilityclinic.com silahkan telpon langsung ke klinik bayi tabung RSHS Bandung, bila dipandang perlu, semisal suami anda atau anda mengalami azoospermia, ahli fertilitas dokter kandungan akan mengkonsulkan pasien kepada ahli urologi disana, antara lain saya sendiri.
    Masalah biaya dll sebagainya dapat ditanya secara rinci ke klinik tsb. Sampai ketemu di Bandung.

  30. Lexi

    Dear Pak Sigit, Dr Ricky and all

    salam kenal,
    Saya mengalami masalah yang sama bahkan kondisinya mungkin lebih parah hasilnya.
    Saya seorang suami, sudah menikah 4 Tahun lebih dan belum punya momongan.
    Awalnya kami Suami Isteri mengira memang belum bisa hamil karena Isteri masih sering sakit. tapi setelah saya check sperma, 2 kali pengechekan hasilnya Azoospermia (Tidak ada Sperma dalam Ejakulat saya), akhirnya pengechekan di lanjutkan ke tes hormnon dan hasilnya juga menurut Dokter sangat Abnormal karena terlalu tinggi FSH 33,15 LH 13,49 dan hormon yang lainnya ( Prolactin, Insulin, Estradiol, Progesteron, Testosteron dan hCG+?) yang berhubungan dengan pembentukan hormon nihil (Angkanya 0). dengan hasil ini saya di nyatakan tidak bisa memiliki buah hati walaupun dengan jalan Bayi tabung sekalipun, hancur hati rasanya, menurut Dokter Peluang saya memiliki momongan hanyalah Adopsi.
    Saya 2 kali melakukan tes Sperma, setelah tes yang pertama, saya konsultasi ke Dokter di tempat saya dan di sarankan meminum Tribestan dengan Dosis 2×1. Obat tersebut saya minum 3 Minggu sampai ke Pemeriksaan Lab selanjutnya (Sperma dan Hormon) jadi jeda pemeriksaan Lab yang pertama dan kedua adalah 3 Minggu. Obat tersebut sampai sekarang masih ada untuk di minum 1 Bulan kedepan dengan dosis yang sama.
    Ukuran testis saya tidak sama, yang sebelah kiri lebih kecil. Apakah ukuran testis ini berpengaruh? apakah masih ada peluang di sembuhkan?
    Untuk aktifitas suami Isteri selama ini tidak ada masalah, makanya saya tidak menyangka kalau bermasalah seperti ini.
    Riwayat lainnya seminggu sebelum pemeriksaan saya pernah minum obat perangsang penumbuhan rambut (yg mengurangi produksi hormon DHT) selama 3 Bulan. apakah ada pengaruhnya?
    Besar harapan saya semoga saya masih bisa di sembuhkan, semoga ada masukan dari teman-teman senasib.
    Semoga melaui forum ini saya mendapat pencerahan dari Donter Ricky dan teman-teman yang sudah mendapat jalan keluar.
    Pak Sigit tetap semangat, semoga Tuhan memberikan jalan keluar buat kita. Amin.
     

  31. Ricky Adriansjah SpU

    Dear Pak Lexi,
    Kalau saya tidak salah merangkum, apakah benar nilai testosteron anda nol? Atau mendekati nol? Saya tertarik dengan masalah anda. Apakah anda ada masalah dengan indra penciuman? Misal kalau semua orang diruangan tsb mencium bau busuk, maka and merasa aman2 saja, dn tdk mencium bau apa apa?
    Coba berikan jawaban secepatnya. Karena bila ya, saya khawatir anda memderita Kallmann syndrome. Anda sebaiknya menjalani MRI kepala. Silahkan anda buka website http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001427/
    Kallmann syndrome memang sangat kecil kemungkinan buat punya anak, adopsi adalah jalan terakhir. Tapi perlu anda ingat walaupun anak adalah buah hati keluarga, tapi kebahagiaan anda dan istri anda dlm menjalani kehidupan dimana saling pengertian adalah jauh lbh membahagiakan.
    Ukuran testis tentu berperan dlm kesuburan, walaupun masih banyak yang terlibat didalamnya.
    Ingat keajaiban Tuhan tidak berbatas, Ilmu Kedokteran masih belum bisa mengungkapkan semua, semoga anda tetap terus berdoa kepada Sang Pencipta.
    Salam saya.

  32. Lexi

    Dear Dr Ricky

    Terimakasih atas atensinya menjawab pertanyaan saya.
    Untuk penciuman saya sara tidak Dok, karena masih normal-normal saja, jadi kemungkinan bukan Kallmann Syndrome.
    sedangkan Nilai pemeriksaan Hormon Testosteron memang benar-benar 0. kalau tidak keberatan saya bisa saja mengirim hasil Lab saya Via Email ke Dr Ricky.
    Sebetulnya saya masih penasaran, masalah aturan pengambilan darah untuk tes hormon apakah ada waktu yang lebih spesific untuk itu? pada ulasan-ulasan yg lain terutama yg di jawab oleh Dr Dicky dari RS Permata Hati Jogja, pengambilan sample darah sebaiknya di ambil pada pagi hari.
    yang mau saya tanyakan, apakah waktu pengambilan sample ini berpengaruh pada hasil? mengingat saya di ambil sample pada kondisi tubuh yang capek karena perjalanan panjang dan jam pengambilannya sore hari sekitar jam 15:00.
    Mohon pencerahannya Dr Ricky, terimakasih sebelumnya atas penjelasannya..

  33. lim

    Halo,saya lim usia 33 tahun dan suami saya martin usia 39 tahun kami sdh menikah 8 tahun dan blm memiliki keturunan.hasil pemeriksaan kami menunjukan bahwa suami sy mengalami masalah dgn spermanya yaitu azoozpermia atau jumlah spermanya 0 namun cairan spermanya ada.tolong dr ricky memberi jalan keluar dan juga teman2 lainnya.kami ada di NTT,selain itu suami sy tidak punya gairah unk berhubungan suami istri.mohon penjelasannya

  34. Ricky Adriansjah Spu

    Dear bapak Lexi,
    betul testosteron adalah hormon yang sangat sirkadian, dia akan meningkat pada subuh hingga pai hari dan menurun pada siang hari.

    Dear ibu Lim,
    Sebaiknya sama seperti saran saya sebelumnya, cobalah agar suami ibu diperiksa hormon FSH, LH dan Testosteron, karena hormon testosteron berperan penting untuk mengatur libido sesorg lelaki.
    Terimakasih

  35. Lexi

    Dear Dokter Ricky,
    pertanyaan saya masalah pengaruh obat penumbuh rambut belum di jawab, saya coba browsing, katanya obat tersebut memang bisa menyebabkan infertil dan penurunan libido, saya merasakan gejala tersebut beberapa bulan yang lalu.
    saya masih penasaran, apakah segitu parahnya efek samping obat tersebut sehingga langsung menyebabkan infertil.
    oo ya Dok, obat yang saya minum namanya Granulerx sebanyak 90 butir selama 3 bulan. mohon pencerahannya Dok apakah Dokter punya informasi masalah obat tersebut dan jalan keluarnya. saya melakukan tes sperma 2x dan tes hormon 1 x semuanya dalam masa dimana saya mengkonsumsi obat tersebut.
    @Pak Sigit bagaimana perkembangan informasi dari Bapak? mohon sharingnya yah Pak, kalau saya sendiri rencananya akan kembali Periksa 2 bulan lagi, siapa tau efek dari obat yang membuat infertil bisa hilang dalam waktu 3 bulan, dan bisa membentuk sel sperma baru.
    Semoga ada jalan keluar buat kita.. Amin..

  36. Briana

    Dear Dr. Ricky

    Suami saya Non-obstructive Azoospermia, sekarang saya berumur 38 tahun. Kami telah menjalankan ICSI sebanyak 3x fresh cycle yang semua hasil test hamilnya negative 🙁 ICSI pertama & ke-2 dilakukan pada saat saya berusia 35 tahun, ICSI ke-3 pada saat saya berusia 37 tahun, & TESE dilakukan pada ICSI ke-3.

    Sekarang kami bimbang apakah ingin mencoba BT lagi atau tidak, mengingat usia yang sudah 38 tahun lebih. Saya takut gagal & kecewa lagi… Apakah dokter memiliki pengalaman sukses BT dari pasangan suami azoospermia & istri yg berusia hampir 40 tahun? Harus berapa kali BT?

    Apakah ada efek negative pada suami jika dilakukan TESE berulang kali (misalnya ketidak-seimbangan hormon)? Apakah ada risiko kanker pada saya jika melakukan prosedur BT berkali2 karena suntikan obat2an?

    Terima kasih banyak sebelumnya Dokter Ricky.

    Untuk Pak Sigit & teman2 semua, semoga berhasil mendapatkan momongan secepatnya.

  37. pepy

    @mba Briana, mbak klu sy boleh tau klu tese cm dilakukan saat icsi ke-3, jd icsi 1-2 sperma diperoleh drmn mba?suami sy jg azoos dan dr menduga krn sumbatan,,dan suami renc akan operasi pesa/tesa mggu depan.
    Apa persiapan sebelum suami dioperasi mba?

  38. Briana

    mba Pepy,
    ICSI ke-1 & 2, spermanya didpt dr ejakulasi, namun pada ICSI ke-3, tidak ditemukan sperma, harus TESE, jadinya gak ada persiapan apa2 tuh.
    Kalau memang suami Pepy azoos karena sumbatan, sepertinya (baca dari kasus2 yg lain, bukan pendapat ahli loh) kemungkinan berhasilnya lebih tinggi daripada NOA. Good luck & semoga berhasil ya mba Pepy 🙂

  39. pepy

    @ibu briana,, maaf bu tetapi setahu sy, kalau mslhny azoos,sperma tidak bisa keluar, jd bgmn mungkin ivf ibu yg ke 1-2 spermany dr hasil ejakulasi?

  40. Briana

    mba Pepy,
    Dari hasil ejakulasi hanya didapat sperma sedikit SEKALI (karena bukan masalah tersumbat), bisa dihitung dengan jari (dokter sudah menganggap azoos). Bgm hasi PESA/TESA suami mba? Semoga berhasil ya.

  41. pepy

    @bu Briana, ooh gitu y bu,,suami sy akhir minggu ini rencana pesa/tesa bu, smoga Tuhan berkenan memberikan hasil yg terbaik buat kami,, O:)

  42. pepy

    @bu Briana, maaf sy tanya lg, setelah suami ibu tesa, apa bs lgsg beraktifitas spt biasa?bs naik mobil?thx before y bu

  43. Briana

    bu Pepy,
    Waktu itu suami saya di-TESE (bukan TESA, tp mungkin mirip), setelah TESE gak boleh nyetir mobil.

  44. Erti

    Waduh saya agak malu nih nanyanya, kondisi kami mungkin terparah dari semua pertanyaan yang ada, Dr. Ricky (atau siapa saja boleh kasih comment) suami saya analisa spermanya 0 dia pernah gondongan di testisnya ketika masih SMP, testis suami saya cuma 1 karena waktu kecil pernah terjadi kecelakaan, ketika berhubungan intim air mani tetap terpancar keluar, ereksi normal.
    Apakah masih bisa dilakukan penarikan sperma dari pabrik spermanya?
    Saya tetap bersemangat dan tetap minta pimpinan Tuhan untuk hal ini. Tq

  45. ricky adriansjah SpU

    Dear ibu Erti:
    Seperti jawaban saya yg sama, kepada ibu Erti, sebaiknya coba cek hormon LH, FSH, dan testosteron suami ibu. USGkan juga testis suami ibu.
    Memang kalau pernah menderita gondongan agak sulit. Apakah testis Suami ibu yg tinggal satu tsb mengecil ukurannya? Apakah testis yg satu lagi pernah diangkat secara operasi, akibat kecelakaan? Atau jangan2 sudah tidak ada sejak lahir.
    Untuk itu kita perlu bertatap muka secara langsung Bu.

  46. Erti

    Benar Dr Ricky umur 10 tahun akibat kecelakaan sewaktu suami berumur 4 tahun akhirnya testis yang sebelah kiri diangkat dan dia hidup dengan 1 testis saja, ketika SMP dia kena gondongan, akan tetapi itu sembuh total, dan ketika awal pernikahanpun kami merasakan air maninya putih kental walau akhirnya setelah diperiksa Lab ternyata azoospermia, Yang masih saya yakini adalah suami saya masih normal dalam berhubungan, air mani masih bisa keluar walau kadang kental dan kadang encer. Terima Dr Ricky kalau mau ketemu’am hayo aja, silahkan informasikan tempatnya aja, ya nanti either itu saya dan suami yang datang atau suami saya seniri yg datang…sok aja atuh Dok.Tq

  47. Briana

    Yth Dr Ricky,

    Mohon pendapatnya dok, apakah program BT bisa berhasil jika suami azoospermia (NOA) FSH tinggi?
    Apakah di klinik dokter bisa mematangkan spermatid menjadi sperma?
    Apakah ada efek negative dari TESE/TESA/PESE/PESA?

    Terima kasih

  48. Ricky Adriansjah SpU

    Dear bp. Briana

    NOA FSH tinggi masih ada harapan TESA, Pematangan sperma bisa dilakukan setelah TESA dan saat ini dari tahap spermatidpun sudah bisa dilakukan pembuahan. Efek sih tidak ada , tapi kalau komplikasi tentu ada, semua operasi tentu berisiko komplikasi. Hanya saja bagaimana kita mengeliminirnya. Komplikasi yg bisa terjadi adalah pembengkakan pos operasi atau pendarahan ringan.

  49. titi

    yth dr ricky,

    suami azoospermia fsh 38.5 lh 16.9 free testosteron 15.0 apakah masih ada kemungkinan buat saya hamil normal, apakah sudah trlalu parah krrusakan di testis, apa masih ada sperma di pabriknya

    terimakasih sebelumnya

  50. Agung S

    Dear Dr Ricky,
    Saya jg Azoospermia, sudah 7x test,di Klinik Yasmin UI n Prodia. FSH 48, Testeron 450 dan volume testis 5-7 ml per buah, usia 50 thn, pernah godongan waktu kecil,tapi kurang dari seminggu sdh sembuh(semua teman sekampung waktu kecil jg pernah mengalami). Kelainan lain, satu testis pernah terasa sakit jika tersentuh dan urat2nya seperti bengkak dan sering terasa pegal hingga ke tulang kemaluan ( mungkin varikokel/varises?)
    1. Apakah dgn kondisi ini masih ada harapan punya sperma di pabriknya?
    2. Apakah dgn USG dapat dipastikan bahwa dalam testis masih bisa ditemukan sperma?
    3. Apakah dengan metode stem cell testis tsb dpt diperbaiki, kalo iya di RS mana ?
    Bantuan dari Dr Ricky sangat dan sangat saya harapkan karena hidup saya rasanya semakin hampa.

  51. Jack

    @Mas Agung S: Jangan putus asa ya…sy bisa merasakan yg mas derita karena ada sebagian persentase orang lain lagi di dunia yang memiliki case yg sama dgn mas, salah satunya saya sndr.

  52. sendu pilu

    dear mas agung : fsh nya mas tinggi banget,berarti itu ada kerusakan di pabriknya,dan setau saya memang nunggu mijizat aja mas,banyak 2 berdoa dan ikhlas . . .disebalik itu semua pasti ada rahasia TUHAN yg indah . . .

  53. Jack

    @dr. Ricky: Kondisi sy jg lbh kurang spt kondisi Mas. Agung. Sy pernah konsultasi di salah satu klinik di Jakarta dengan seorang dokter ahli andrology. Beliau jg menyarankan prosedur biopsy stlh mengetahui kondisi sy atau mgk lebih tepatnya diistilahkan TESE/PESA. Sy agak lupa. Yg jelas berupa operasi kecil di testis untuk melihat apa ada kemungkinan sperma di jaringan. Sekiranya ngga ada akan langsung dilakukan pengecekan ke pabriknya untuk melihat apa ada disitu. Tetapi akhirnya saya memutuskan untuk tidak melakukan operasi itu karena mnrt dokter itu ada 3 kemungkinan dr operasi itu:
    1. Memang benar pabriknya betul2x rusak sehingga tidak ditemukan sperma.
    2. Ditemukan sperma, tetapi mati atau kualitasnya kurang bagus.
    3. Ditemukan sperma, dan kualitasnya bagus.

    Dan dokter itu jg memberikan gambaran persentase kemungkinan dari ketiga kemungkinan diatas. Sy lupa angka2xnya. Ttp yg jelas yg membuat sy batal operasi adalah angka2xnya cenderung sgt kecil di kemungkinan no.3 itu, sdgkan kami bukanlah orang dengan kondisi ekonomi yg berlebihan. Jadi kalo kemungkinan hasil operasi begitu kecilnya, saat itu kami berpkr ini mgk hanya buang waktu dan uang, serta dgn adanya kemungkinan komplikasi stlh operasi.

    Jadi kalo membaca reply dokter Ricky diatas ke bbrp temen2x, ada sedikit beda pandangan antara dokter sndr dgn dokter tsb. Kalo versi dokter Ricky seakan2x dgn semua kondisi FSH tinggi, LH tinggi, dan testosteron kurang serta buah zakar yg kecil, dgn operasi biopsi atau pembedahan micro, akan bisa dilakukan proses BT. Itu adalah kabar yg sgt menggembirakan ttp apa bener spt itu dokter? Sbg orang awam, kami udah cukup menderita karena hal-hal ini, tetapi kalo memang spt yg dokter Ricky jelaskan, kami mgk akan memikirkan melakukan operasi biopsy. Maaf sy tdk bermaksud membandingkan antara 2 dokter ttp dulu sekali lagi sy memutuskan utk tidak melakukan operasi spt itu krn persentase keberhasilan yg sgt…sgt…kecil.

    @Mas Sigit: Sdh dilakukan operasi biopsy atau cara lain mas? Bgmn hasilnya? Sy bulan Desember ini akan berada di Ponti. Sekiranya mas Sigit mau dan ada waktu ketemu, mgk kita bisa bertemu dan share segala info yg lbh akurat. Mas bisa kirim no hp atau email ke sy: pulkam10 at yahoo dot com.

    @Temen2x pembaca: Bila ada yg mengalami hormon FSH dan LH tinggi, Testoteron rendah, testis kecil, dan pabriknya dinyatakan rusak oleh dokter, tetapi akhirnya berhasil BT, mohon sharingnya. Kalo mau lewat email atau telp jg bisa, tlg dikirim kontak numbernya ke pulkam10 at yahoo dot com. Nanti sy hubungi.

    Terima kasih dan semangat selalu buat temen2x yg mengalami pengalaman serupa. Dan good luck buat temen2x yg mengalami hal serupa tapi tdk sm, yg azoonya mgk krn penyumbatan, semoga kalian cepat berhasil dlm program BT. Mari kita sama2x slg mendoakan krn tidak ada yg tdk mungkin dihadapan Tuhan kalo memang Dia menghendaki lain. Amin.

  54. ricky adriansjah SpU

    Dear pak Jack,
    Itulah perbedaan pandangan yg sering terjadi antara seorg ahli andrologi dengan dokter uro andrology yang dlm bertindak melibatkan operasi. Dan perlu anda ingat, semua keberhasilan kembali lebih berperan kepada besaran ukuran testis. Apabila restis ukurannya mengecil tentu ini lain hal, akan sulit utk mendapatkan spermatozoa disana.
    Semoga sukses.

  55. Jack

    Dear dr. Ricky, Skrg dokter praktek di rumah sakit mana? Bgmn cara konsultasi dengan dokter? Lwt appointment dulu atau walk-in sj? Bisa minta hari dan jam praktek dokter? dr. Ricky adalah spesialis dalam andrology dan urology atau bagaimana? Jadi kalo testis dibawah normal, sdh tdk mgk punya keturunan ya dokter? Slm kenal.

  56. Tiara

    Dear dr Ricky,
    Saya setuju dengan dokter. Ada cara pandang berbeda antara androlog dan urolog. Dok, saya mau tanya. Apakah apabila ada kondisi varicocele yg dipastikan dari USG testis, itu perlu dilakukan bedah dgn kondisinya msh ada sperma (300 ribu, tapi morfologi dan geraknya 0)Maksud saya, apakah pada kondisi tersebut bisa dilakukan BT langsung tanpa memperbaiki kondisi varicocele nya? Atau, apakah sebaiknya varicocelenya diterapi dulu? Oiya, varicocele nya derajat 3, kanan dan kiri. Terimakasih Dok. Saya senang ada dokter yg concern mau jawab pertanyaan2 di atas.

  57. Rocky Adriansjah SpU

    Dear Ibu Tiara,
    Saya juga sangat senang berbagi di blog ini, walaupun saya,estinya berterimakasih pada Pak Sigit yang membolehkan saya menumpang menjadikan blog dia sebagai ajang tanya jawab saya dengan ibu dan teman teman lain yg berminat.
    Ibu sebenarnyalebih bernasib mujur ketimbang bapak bapak disini yang menderita azoospermia. Betul sekalibila varikokel adalah penyebab ketidak suburan suami, maka itu perlu dikoreksi. Diperbaiki dengan cara operasi. Banyakdokter yang mampu mengkoreksi varikokel, tapi koreksi yang terbaik saat ini adalah ligasi dengan mikrosurgery. Karena dengan microsurgery, dokterdapat mengidentifikasi secara tepat antara arteri, vena dan kelenjar limphe yg ada. Sehingga dapat menghindari komplikasi seperti hidrokel (penumpukan cairan di kantung kemaluan) ataupun atrophi testis (pengkecilan ukuran testis). Sebaiknya ibu bawa bapak berobatke dokter urologi saja.
    Dalam 6 bulan s/d 12 bulan kedepan diharapkan, sperma akan membaik kembali atau mendekati jumlah normal.
    Jadi sebenarnya ibu tidak perlu menjalani bayi tabung atau biopsi testis (TESA). Kecuali bila ibu dan bapak sudah tidak sabar untuk mendapatkan momongan, maka TESA dapat menjadi alternatif.
    Semoga cukup jelas..

  58. dwiastiti

    sy sudah menikah 4tahun 6bulan suami sejak 1thn menikah di diagnosa azzospermia hasil usg testis nya varikokel sinistra stadium dua hasil pemeriksaan sperma vikositas rendah/cair dng jmlh sperma kosong=azzospermia hasil pemeriksaan hormon LH 3.39 fsh 4.81 prolactin 8.04 testosteron 200 nilai normalnya 300-1060, sedangkan sy pernah hsg hasilnya tuba tersumbat dextra dan sinistra jkemudian di hidro hasilnya tuba sudah terbuka dua2nya, apakah bisa kami program bayi tabung dengan kondisi suami azzospermia dng testosteronnya rendah????

  59. dwiastiti

    aslm… mohon maaf sy numpang curhat bapak2 n ibu2, sy sudah menikah 4tahun 6bulan suami sejak 1thn menikah di diagnosa azzospermia hasil usg testis nya varikokel sinistra stadium dua, suami sudah dioperasi varikokel tahun 2010 dan hasil pemeriksaan sperma vikositas rendah/cair dng jmlh sperma kosong=azzospermia hasil pemeriksaan hormon LH 3.39 fsh 4.81 prolactin 8.04 testosteron 200 nilai normalnya 300-1060, sedangkan sy pernah hsg hasilnya tuba tersumbat dextra dan sinistra jkemudian di hidro hasilnya tuba sudah terbuka dua2nya, apakah bisa kami program bayi tabung dengan kondisi suami azzospermia dng testosteronnya rendah????

  60. insan

    aslm.
    Mas Sigit, saya punya problem yang sama dgn yg Mas hadapi, fsh dan lh tinggi, testosteron rendah. namun sepertinya suami sudah patah semangat untuk melanjutkan pengobatan, padahal usia masih tergolong muda untuk ikut berbagai program. kami sudah mencoba melakukan terapi d pontianak (dengan dokter androlog) dan disarankan ke surabaya untuk melakukan pemeriksaan lanjutan, namun karena kesibukan kantor beliau serta jarak yang terlalu jauh, saya mencari alternatif terapi di centre yg lebih dekat. saya tinggal di pontianak, bisa minta imel Mas Sigit supaya suami bisa share dengan Mas g? terimakasih sebelumnya

  61. didit

    Dear dr.ricky
    Saya jg di diagnosa azospermia,sperma ny 0,hasil pmeriksaan hormon fsh ny tinggi sekali 57,untuk lh ny 15 dan testosteronnya 2,04. .Apakah say msh punya harapan untuk bisa diobati dok?saya sgt butuh saran dr dokter
    tq

  62. ifa

    saya merasa tidak sendiri disini karena ternyata saya punya teman-teamn di blog ini yang punya masalah yang sama seperti saya dan suami saya hadapi.

    Jujur saya takut sekali jika sampai tidak bisa mempunyai anak.

    saya dan suami saya sudah 2 tahun setenga menikah tapi kami belum di karunia anak. sembilan bulan setelah saya menikah saya mencoba untuk tes hormon saya dan suami saya di Prodia dan hasilnya membuat sepertinya dunia ini runtuh, suami saya menderita azoospermia.

    sampai dengan hari ini saya sudah berobat di Dr. Noekman Moelok. sudah hampir dua tahun saya berobah disana tapi kami belum mendapatkan hasil yang memuaskan. hari ini tepatnya saya kembali ke dokter nukman moelok untuk medapatkan hasil dari selama 3 bulan say mengkonsumsi obat yang di berikan oleh penggati dr noekman moeloek yang telah meninggal. saya mohon doanya semoga ada sedikit saja harapan keluarnya sperma suami saya. amin allhuma amin

    untuk Dr. Rciky apakah bisa di informasikan untuk biaya program Bayi Tabung?

  63. Henny

    to: ifa
    klu boleh aku kasih saran, klu sudah treatment selama 2 tahun ke.dr.nukman dan ternyata blom jelas hasilnya…kenapa gak ke dr.infertil aja mbak? soalnya aku juga dulu ke dr.nukman muluk…tapi akhirnya aku ke dr.infertil aja…soalnya buang2 waktu aja.

  64. ifa

    halo Mba Henny salam kenal ya, bisa kasih recommend aku mba aku harus ke dokter mana? jujur aku sebenernya takut, tapi kalo g di coba pasti g akan ada harapan. aku bingung harus gimana mba. tolong info2nya ya mba dan teman2 yang punya nasib yang sama dengan saya dan suami saya.

  65. Veracious Chuaa Tamba

    maaf sebelumnya, tadinya saya mau mencari pengertian dari azoosperma, tapi yang saya dapat pengalaman dari bapak Sigit. yang pernah saya dengar azoosperma itu ketidakadaan sperma, karena semasa muda/ sebelum menikah, terlalu banyak membuang; onani; mimpi basah yang terlalu sering sehingga sperma tersebut habis. saya mau bertanya, pengertian dari azoosperma yang bapak dapat dari dokter itu apa? saya ingin memastikan saja. terima kasih.

    tetap semangat, pak. yakin dan percaya membuat semuanya menjadi mungkin.

  66. sheina

    suami saya juga mengalami hal yg sama, ..awalnya kami kedokter didaerah kami tinggal banda aceh, dia divonis azoospermia..setelah itu kami mencoba ke malaysia, pulau penang mencoba cek disana dngn membawa hsil lab dr aceh, dr. mnyarankna periksa darah n hormon stelah keluar hasilnya, dr mengatakan tdk ada harapan bagi kami, fsh suami tinggi tidak adanya sperma, bayi tabung pun tidak akan berhasil, ;(, mendengar itu semua rasanya sedih banget, dunia seperti berhenti beputar, shock berat…..keluar dari ruang dr. kami terdiam lemas, tidak ada sepatah katapun keluar dari mulut kami…setelah plg kembali keaceh sama shalt tahajut minta petunjuk sama Allah, agar diberi kekuatan dalam menhadapi cobaan ini, alhamdulillah kami kuat menghadapi cobaan ini, krna kami percaya jika kita yakin ikhtiar meminta dgn sungguh2 Allah pasti mengabulkanny, krn saya yakin tidak ada yg tidak mungkin dihadapan Allah..

  67. Ricky adriansjah

    Dear Veracius Tamba,
    Azoospermia adalah ketiadaan spermatozoa dari cairan semen yang diejakulasikan seorang pria saat dia orgasmus. Hal ini bisa diketahui dari pemeriksaan lab secara mikroskop.

    Masturbasi tidak akan menghabiskan sperma seseorang, karena pada dasarnya sperma diproduksi setiap 72-90 hari dlm diri seorg pria. Jika seorg pria azoospermia, ini harus dicari penyebabnya, diobati bila perlu dioperasi penyebabnya.
    Klau tidak diketahui penyebabnya atau gagal terapi, maka bayi tabung solusi akhir.

    Ingat saat seorang pria ejakulasi, ini bukan lah sperma, tetapi cairan semen yang bisa mengandung jutaan sperma dan bisa juga tidak.

    Semoga cukup jelas.

  68. Ricky Adriansjah

    MOHON MAAF
    Dear teman teman sekalian,
    berhubung banyaknya email yg masuk ke saya akhir akhir ini, saya memohon kesabaran teman teman dalam menanti jawaban saya. Saya berharap dalam konsultasi via email, teman teman dapat memberikan nilai laboratorium darah untuk hormon FSH, LH dan Testosteron Total.
    Dan akan lebih membantu bila disertai hasil USG Doppler testis kanan dan kiri teman teman. Ingat USG doppler dan bukan USG biasa (untuk melihat flow aliran darah testis apkah ada kelainan atau tidak).
    Berikut saya lampirkan jadwal praktek saya, sekali lagi ini bukanlah promosi, sekedar info buat teman teman yg sering menanyakan via email saya.
    Sekali lagi sesuai etika kedokteran, ini bukanlah promosi, saya hanya sekedar mencoba membantu masalah yang teman teman hadapi.
    RS.Dr. Hasan Sadikin (Klinik Spesialis Urologi 022-2036713) Jl. Pasteur no.38 senin s/d jumat jam 8.00-12.00
    RS Limijati (022-84469466) Jl. Riau (depan LIA Riau). Hari selasa dan kamis jam 16.00-18.00 dan sabtu jam 13.00-15.00
    Email ricky_adriansjahdr@yahoo.com

    Terimakasih atas pengertian teman teman.

  69. jengkang

    Salam kenal smuanyaa..
    Suami sy jg divonis azoospermia,sudah 3 dokter yg kami datangi dan dr hasil Sperm Analisisnya jmlh sperma ttp 0,Fsh suami saya juga tinggi sekali 62,9. Dokter blg pabrik testisnya rusak krn ukuran testis jg sgt kecil(hiks..hiks). Dulu suami sy pernah di operasi krn menderita hernia,??? ?d? pengaruhnya yaa? suami Jg tdk pernah gondongan.hanya memang saat msh SMP, suami sy prnh mengalami pembengkakan di testis serta demam tinggi,namun setelah diberi obat,testis kembali normal.Diantara teman2 apakah ?d? ?? mengalami hal serupa? ??? sdh ?d? ?? berhasil hamil?

  70. mumu

    temans..saya sdh 3 th menikah.suami saya udh 2x pemriksaan hormon.pda pmeriksaan pertama,fsh 16 dan lh 15,4.kmudian dokter androlog,memberi obat utk 1 bln.stlah dicek.lh udh normal mnjadi 5,0.tetapi fsh 15,4.kmi berobat k klinik sayyidah,pondok kopi.dulunya suami saya tdk bsa mengeluarkn sperma.stelh menjalani pengobatan,1bln brikutnya sdh bsa keluar.walopun msh 0,6 (normal diatas 2ml).suami saya oligospermae..dan kami blm bsa konsul kmbali k dkter nya,krn beliau lagi cuti.saya bersyukur dgn kemajuan yg dialami suami.
    Bahlan ktika suami diminta utk tes sperma,awalnya kami ragu.akhirnya dgn perjuangan n doa,slama 2jam diruangan khusus,akhirnya suami bsa mengeluarkn sperma.kami sujud syukur.
    Temans..qt punya keinginan yg sama.ingin mempunyai keturunan.
    Yakin dgn janji Allah,bahwa Allah tidak akn menguji hambaNya diluar kemampuan sang hamba.
    Tetap optimis temans..!!!
    Oy,dkternya menyarankan tdk memakan makanan yg pahit dan bergetah(jengkol,pete,habbah,terong,pare,buah merah dsb) dahulu n laboran menyarankan banyakmakan buah yg tinggi anti oksdan.agar sperma nambah..

  71. candra ayu

    Siang Dok…suami saya juga mengalami azoospermia baru kemarin di cek lab dan hasilnya positif azoospermia. saya sudah menikah 1,1 tahun belum dikaruniai momongan. sedangkan ortu saya sudah menginginkan seorang cucu karena saya anak pertama. Dan kemarin periksa di dokter kandungan juga suruh minum obat selama 1 bulan dan untuk di cek kembali setelah minum obat 1 bulan. yg saya tanyakan apakah obat itu? dan apa pengaruhnya terhadap saya dengan suami yg azoospermia dan apakah saya harus mempunyai bayi tabung? terima kasih dok atas jawabannya.

  72. Ricky Adriansjah SpU

    Dear all,
    Setelah lebih dari satu tahun saya absen, akhirnya saya mencoba kembali hadir ke blog ini untuk menjawab secara langsung masalah atas ketidak suburan pria, suami dalam mendambakan seorang buah hati.
    Saya juga mohon izin kepada pemilik blog ini yang semoga berkenan untuk mengizinkan saya menjadikan blog ini ajang silaturahmi kita dalam mengatasi problema bapak ibu sekalian.
    Tentu saja dalam menjawab semua masalah, saya masih memiliki segala kekurangan. Tetapi saya akan slalu mencoba mengedepankan profesionalitas.
    Saya tetap membuka kerjasama via email pribadi saya ricky_adriansjahdr@yahoo.com. Mohon maaf untuk kontak via telpon belum dapat saya berikan disini. Harap maklum.
    Semoga kehadiran saya sedikit banyaknya dapat membantu membuka wawasan bapak ibu yang menghadapi masalah ketidak suburan terutama pada kaum pria.

  73. iman

    Dear all.ternyata banyak sekali kondisinya yang sama dengan saya.Semoga Allah memberikan yang terbaik buat kita

  74. iman

    dear dr.Ricky
    Kami sdh menikah 3,5 th.Tahun 1 saya operasi kista, kemudian tahun ke2 Suami periksa sperma hasilnya azoospermia.Suami juga sudah test hormon FSH:32 ; LH:9,2 ;PROLACTIN:7;Testosteron:300,4.Sudah cek fisik testis hasilnya memang agak kecil.6 bln yg lalu,suami mencoba terapi hormon selama 1 bln.Sampai saat ini pun kami blm periksa lagi,karena saat ini kami mencoba untuk pasrah pada Allah SWT. Mungkin dari dokter ada solusi yang terbaik bagi kami untuk mendapatkan keturunanapakah dengan bayi tabung atau inseminasi.
    Terima kasih

  75. Jacob

    Salam kenal semua
    Sudah 4bulan saya membaca blog ini ber ulang2.., mengapa? karena kondisi saya kurang lebih sama seperti teman2 semua.
    Saya sudah hampir 2thn menikah dan belum memperoleh keturunan, saat usia pernikahan 1.5thn saya melakukan tes lab utk mengetahui kualitas sperma saya. setelah keluar hasilnya: Severe Oligozoospermia, dengan hasil test hormon: LH 15.21, FSH 29.46, Testoteron 3.39, dengan kondisi testis dua2nya lebih kecil dr ukuran normal. Saya sudah konsultasi dengan dr.Andrologi di RS Husada, dan beliau menyarankan utk bayi tabung di RS.Gading Pluit dan kemungkinan besar lewat jalan biopsy, krn dr hasil lab hanya terdapat 3 sel spermatoza yang hidup dan mati.
    Skrng saya sedang mempersiapkan mental dan uang utk bayi tabung pertama saya, dan sy harap pertama dan bisa langsung berhasil.

    Dear dr.Ricky.
    terima kasih atas semua jawaban2 di blog ini, sehingga kami dapat memperoleh informasi dr segi medis atas semua pertanyaan2 yang ingin kami ketahui.
    yang ingin sy tanyakan, apakah dengan riwayat hasil lab sy di atas sy bisa berpeluang memperoleh keturunan dengan jalan biopsy/TESE?

    Dear teman2 semua
    Kita tidak mau terlahir seperti ini, melihat orng lain dpt memperoleh keturunan dengan mudah terkadang memang sangat sedih, terkadang muncul pertanyaan “mengapa kita tidak bisa seperti itu..”
    Utk mempersiapkan hasil yang terburuk, adopsi juga adalah sebuah pilihan.., walaupun bukan darah daging kita sendiri asalkan kita dapat mendidiknya dengan benar.., pada akhirnya juga kita dapat merasakan apa yang dinamakan keluarga yang sebenernya.
    Tetap semangat, tetap berdoa dan jangan pernah putus asa. 🙂

  76. Ricky Adriansjah SpU

    Dear Bapak Jacob,
    sebagai seorang dokter tentu saya akan berusaha membantu pasien pasien saya se maksimal mungkin. Kami telah beberapa kali melakukan pengambilan sperma pada pasien azoospermia atau sperma nol melalui tindakan TESE atau testicular sperm extraction.
    Memang untuk kasus bapak Jacob hal ini tidak lah mudah. Tetapi ada sisi kabar gembira bahwa bapak belum masuk dalam tahap azoospermia, karena sperma anda masih di extreme oligo walaupun ini artinya sdh hampir jatuh ke azoospermia.
    Saran saya harus secepatnya dilakukan TESE dengan pemberian obat terlebih dahulu.
    Untuk info lengkap bapak bisa langsung menghubungi saya via email ricky_adriansjahdr@yahoo.com
    Saya tunggu ya. Semoga cukup jelas

  77. Jacob

    Dear dr.Ricky
    Terima kasih atas saran dan jawaban dokter.
    Dokter andrologi tempat sy konsultasi pun menyarankan hal yg sama dengan dr.Ricky, mengingat usia kami masih memiliki %tase yang baik utk melakukan bayi tabung, usia sy 32thn dan isteri 30thn, walaupun masih banyak faktor lain yang tentunya jg menentukan.

    Rencananya awal bulan dok, kami akan melakukan proses bayi tabung pertama kami. Besar harapan supaya segala sesuatunya berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
    Mungkin apabila ada yang ingin memberikan saran(dr.Ricky & semua), sebelum kami melakukan BT agar memaksimalkan peluang keberhasialan, kami sangat berterima kasih. Salam

  78. iman

    Dear bpk.jacob.
    Semoga semua bisa berjalan lancar dan sesuai keinginan,Amin.Kalau boleh tahu,berapa kira-kira biayanya?

  79. Jacob

    Dear bpk.Iman
    Karena baru benar2 pertama jadi utk biaya masih belum tau persisnya berapa,
    Sy pribadi mempersiapkan dana sekitar 60jtan. dan prosesnya agak panjang dan bertahap.
    yang sy dengar, yang mahal itu biaya ditahapan suntikan ke istri.(maaf, kalau salah tolong di ralat).

  80. iman

    Dear bpk jacob
    Terima kasih atas informasinya. Itu semua tergantung usaha,doa dan pasrah kepada Sang Maha Pencipta. Mungkin DIA akan memberikan keturunan lewat bayi tabung atau jalan yg tidak kita sangka. Semoga berhasil dan di beri keturunan,,Amin

  81. sari

    Selamat siang Dr. Ricky,

    Perkenalkan nama saya Sari Sitompul (29 tahun). Saya sudah menikah selama 4 tahun 9 bulan (jalan 5 tahun), tapi belum dikaruniai seorang anak. Suami saya 29 tahun

    Kami sudah berobat ke dokter obsgyn, hasilnya suami saya Azospermia (total jumlah sperma 0 atau tidak ditemukan sperma, vol. semen 0,5 mL, pH 9) dan saya sudah di usg juga baik usg dari luar maupun transvaginal, hasilnya alhamdulillah baik-baik saja.Suami saya pagi kemaren sudah tes FSH, Lh dan testosteron, hasilnya sbb :
    FSH = 22,22 mlU/mL ;
    LH = 19,12 mlU/mL
    dan Testosteron =95,76 ng/mL.

    selengkapnya saya sudah mengirimkan email ke dokter ricky_adriansjahdr@yahoo.com Langkah apa yang selanjutnya harus kami lakukan?

    Terimakasih dokter ricky, saya sangat menunggu jawaban dari dokter.

  82. fitrinyahendri

    selamat sore sahabat semua

    saya hanya akan berbagi pengalaman disini, karan saya yakin, banyak pasangan yang bernasib serupa, semoga saja bisa membawa manfaat

    jadi ceritanya begini
    dari awal suami saya divonis azoosperma dengan fsh lumayan tinggi yaitu 28, dan kadar hormon lainnya normal

    saya sudah cek berulang kali dan memang hasilnya tetap sama

    saya mulailah baca baca referensi ttg cara menurunkan hormon fsh, krn meskipun menurut referensi tinggi nya kadar fsh bukan berarti penyebab langsung azoosperma akan tetapi kadar hormon fsh itu berhubungan dan saya yakini kalo saya bisa menurunkan kadar fsh suami saya maka azoosnya kemungkinan besar akan sembuh

    dari referensi via internet saya baca beberapa hal yang bisa menurunkan kadar fsh pada pria
    diantaranya yaitu wheat grass atau rumput gandum, obat tradisional china nu ke ba zhen wan, olah raga, dan akupunktur,,

    lalu saya coba semuanya, saya belikan suami saya OTC nu ke ba zhen wan sama wheat grass yang diminum selama dua bulan,, lalu kemudian saya cek lagi hasilnya mengecewakan, fsh suami malah naik jadi 33,, hiks

    lalu say amulai lagi browsing mencari cari pengalaman pasangan yang bermasalah sama,, hingga akhirnya saya tersesat ke blog yang memunculkan nama shinshe sukimin taryono,, saya mulai berharap lagi,, krna dari yang saya baca itu dari sekian byk yang berobat kesana hanya sedikit saja yg tidak berhasil, rata rata berhasil.

    lalu saya dan suami menguatkan tekad utk mencoba kesana meskipun lokasi kami jauh,, dan jadwal kami berdua padat.

    selama satu bulan saya berobat kesana dikasih 2 ples obat ramuan cina bulat bulat sebesar biji salak yg kata suami sih pahit rasanya,, juga arak china dan ramuan kompres,, kalo ditotal kalo ga salah sekitar 2jt an semua. kami juga disarankan membuat terapi akupunktur baju pijak seukuran 40×40 cm dirumah sebagai pengganti terapi refleksi krn lokasi kami jauh dr jakarta,, jadi setiap pagi dan sore suami wajib berolah raga sekitar 30 menitan dgn menginjak batu batu itu.

    saya jalankan terapi itu selama sebulan saya barengi dengan memberi suami saya juss femmie setiap habis berolah raga.

    setelah sebulan saya cek fsh suami saya, alhamdulillah turun banyak, dari 33 menjadi 26,, dan saya sangat bersyukur sekali,, meskipun nilai nya masih tinggi tapi ternyata masih ada harapan menurunkan nilai fsh suami saya,, meskipun kmrn saya ga cek ulang hormon hormon lainnya krn terkendala biaya.

    selanjutnya saya kontrol kesana lagi dan disarankan cuma menebus setengah resep bulat itu saja sekitar 700rb an + biaya pijat 70 ribu.. krn katanya sudah cukup,,

    sebenarnya saya dianjurkan kalo bulan agustus ini saya haid sy wajib kesanan nanti sy yg dikasih obat, tapi saya g kesana krn terkendala waktu..
    rencana awal bulan ini saya mau cek ulang fsh suami,, nanti saya share lagi hasilnya Insya Allah,,

  83. wijaya

    saya baca konsultasi nya dari awal sampai akhir, saya sudah menikah selama 1.5 tahun dan belum punya keturunan saya termasuk salah satu orang yang kurang lebih bernasip sama seperti teman teman disini, sebulan yang lalu saya melakukan analisis sperma di prodia, dan hasilnya adalah cryptozoospermia dan hanya ditemukan 9 sperma dalam 3ml sperma saya, saya terpukul dan sempat down beberapa saat, kemaren cek darah rutin semuanya normal, dan besok rencana mau cek hormon, saya cek sperma pada saat siang hari jam 12 an yang memang saat itu kondisi saya tidak fit, kepada dokter ricky apakah cryptozoospermia masih bisa disembuhkan ? apakah harus bayi tabung, kami dari pasangan yang biasa saja dari segi ekonomi dan untuk bayi tabung sepertinya berat buat saya, dan saya baca baca diatas mengenai gondongan, apakah yang dimaksud adalah gondongan di pipi atau di testis, karna kalau di pipi saya pernah mengalaminya , dan banyak juga yang pernah mengalami bahkan semua kakak kakak saya pernah namun mereka tetap subur dan punya keturunan, terima kasih sebelumnya.

  84. Ricky Adriansjah

    Ya gendongan di leher (pipi bawah) umumnya akan menyebabkan bengkak nya testis di kmdn hari. Nah apabila ini terjadi, maka sebagian besar akan berujung ke kemandulan. Apabila testisnya belum pernah bengkak biasanya tidak akan separah yang sdh pernah bengkak.

    Secara teori masih bisa dicoba dinaikkan asal hormon dalam bts normal dan ukuran testis baik.

    Tetapi apabila kedua parameter diatas kurang baik, akan agak sulit harapannya.

    Terimakasih.

    Sent from Yahoo Mail on Android

  85. wijaya

    kalau bengkak di testis belum pernah pak dokter, saya sudah lakukan pengukuran testis yang saya lakukan sendiri, ukuran testis kanan sedikit lebih besar dari testis kiri, testis kanan panjang 4.5Cm lebar 2.6Cm, testis kiri sedikit lebih kecil. sekarang saya rutin jogging setiap pagi, minum just tomat dan just wortel setiap hari, membiasakan diri untuk tidak pake celana dalam pada saat tidur malam. minggu depan saya akan test hormon dan menurut dokter suplemen apa yang harus saya minum, terima kasih pak dokter untuk tanggapannya.

  86. Mel

    Sudah lama sy ingin ikutan sharing di bbrp blog tp baru skr tergugah ingin berbagi cerita dan pengalaman, setelah sekian lama (kurleb 5th) bersama suami menjalani pengobatan kesana kemari dr mulai pengobatan alternatif (pijat/urut,akupuntur) sampai pengobatan ke dokter.. continued in post Azoospermia.

  87. Esti Faroqi

    Salam kenal .. Sy esti dari Bandung,kami menikah 2010, ..sudah putus asa karena kehamilan blm kunjung datang pada saat itu,akhirnya kami berdua evaluasi akhirnya suami sy berobat ke dr Ricky ardiansjah spb U .. Ternyata suamiku terdiagnosis varicocel 🙁 kiri kanan grade 2 dan 3.. Tapi suami sy tidak patah semangat feb 2014 suamiku memutuskan mau untuk operasi,dengan sabar dan telaten pasca operasi suami sy dengan sabarnya meminun vitamin selama setahun,vitamin yg besar2 setiap hari tanpa terlewat sebanyak 4 vitamin..
    Alhamdulillah dengan kebesaran Allah swt,sy berhasil hamil alami feb 2015.. Rasanya perjuangan meminum vitamin dijalani dengan ikhlas dan sabar terbayar sudah.. Terimakasih dokter ricki ardiansjah spb U rshs bandung yg selama ini mau dengan sabar merawat suami sy.. Semoga sy diberikan kelancaran kemudahan dalam menjalani kehamilan ini,jabang bayi sehat sempurna …Aminn Ya Robalalamin
    Yakinlah keajaiban itu bisa terjadi apabila kita pasrah berserah tapi yakin dan semangat dalam berusaha …

  88. Ricky Adriansjah SpU

    Dear Esti,
    Alhamdulillah senang mendengar nya anda skrg sedang hamil. Semoga segera mendapatkan dambaan hati ya. Amin amin ya rabbalalamin.

  89. Roni

    Dear dr. Ricky
    Saya mau tanya,kalau sperma 0 itu berarti tidak bisa merasakan kenikmatan hubungan seksual dan tidak bisa merasakan orgasme,apa benar itu dok?Secara kan testis rusak,jadi tidak ada memproduksi sperma sama sekali.

  90. Ricky A

    Dear Rony, ga benar itu. Orgasm atau kenikmatan ejakulasi ga ada hubungannya dgn azoospermia.
    Azoospermia artinya tdk ditemukannya spermatozoa dalam cairan mani untk membuahi sel stelur.

  91. Mel

    Dear dr. Ricky,

    Pernah punya pengalaman pasien seperti suami sy kah dok, setelah dilakukan operasi Pesa/Tesa ditemukan sperma yang mati (tdk ada yg hidup sama sekali)?
    Apakah masih ada jalan keluar lain baik pengobatan atau therapy apapun dok? Tks..

  92. Mel

    Dear dr. Ricky,

    Pernah punya pengalaman pasien seperti suami sy kah dok, setelah dilakukan operasi Pesa/Tesa ditemukan sperma yang mati (tdk ada yg hidup sama sekali)?
    Apakah masih ada jalan keluar lain baik pengobatan atau therapy apapun dok? Tks..

    Utk Pak Sigit & teman2 yg lain tetap semangat & berdoa yaa.. Smoga Allah memudahkan rejeki dan melancarkan usaha pengobatan tmn2.. aamiiin

  93. Roni

    Dear Ricky,bukannya air mani yg ada sel sperma dan tdk ada sel sperma nya di produksi oleh pabrik sperma yg sama yang bernama Testis?Kalau pabrik pembuat spermanya rusak,lalu darimana air mani itu berasal?

  94. tanti

    Dr ricky ysh,suami saya azoo ada varikokel grade 2/3 testis mengecil ukurannya sbnrnya sdh pengen bayi tabung tapi oleh dr disuruh mengobati suami dulu..suami diberi obat yg hts dikonsumsi selama 1/2 bln stlh itu disurih cek hornon lg..oya fsh suami tinggi dok 21,.. dgn kondisi spt itu apa kami bisa bayi tabung dok?dan apa dgn minum obat2an akan memperbaiki sperma suami sya..saya sgt menunggu jawaban dr trma kasih..

  95. Andriy

    Halo semua, salam kenal. Saya mengalami hal yang sama, hasil tes sperma aspematozoa dan hasil tes endokrinologi FSH saya tinggi 21,31 sedangkan LH, prolaktin, dan testeteron masih dalam range normal batas bawah. Pertanyaan saya apakah ini berarti sudah pasti ada masalah di pabrik sperma? Adakah tes lain untuk bisa mendapatkan kesimpulan yg lebih akurat? Trims sebelumnya

  96. budiman

    Dear Dr. Ricky..
    apakah Dr. masih bertugas di klinik aster RSHS,?
    berapakah biaya awal untuk USG testis dan Cek hormon fsh testoseron.?
    buat semuanya yg sudah pernah usg testis dan cek hormon sharring yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*