Asuransi bayi tabung

Masih ingat di kepala pengalamanku yang satu ini… kira-kira terjadi pada awal tahun lalu saat mulai bayi tabung pertama di KKH Singapore. “Kamu mau melahirkan di Singapore atau di Indonesia?” tanya suster klinik bayi tabung. Bingung juga kenapa si suster menanyakan hal ini, mau melahirkan dimana? Boro-boro mikir melahirkan … proses bayi tabungnya aja baru mulai.

Setelah berpikir sebentar, mau di Indonesia atau Singapore ya? Kalau di Indonesia enak banyak yang bisa menemani.. semua keluargaku ada disana. Tapi ada satu family member yang terpenting yang mungkin tidak bisa temani… suamiku. Maklumlah suami sudah pindah kerja di Singapura jadi kemana dia pergi ya saya buntuti.

Lalu saya jawab aja “kemungkinan besar di Singapore suster, emangnya kenapa?’ Sambil tersenyum dia jelaskan, ‘kalau mau melahirkan di Singapore harus bayar asuransi sesuai dengan peraturan sini’. Setelah dijelaskan panjang lebar barulah saya ngerti maksudnya.

Seperti yang diketahui kalau ikut program bayi tabung kemungkinan besar kita bisa dapat kembar 2 atau lebih… dibandingkan dengan kehamilan normal. Nah data statistik menunjukkan kalau kehamilan kembar itu chance prematur dan masuk ruang ICU lumayan besar. Terus karena biaya ICU di Singapore mahal dan banyak yang langsung bangkrut setelah melahirkan bayi prematur maka keluarlah peraturan yang ikut bayi tabung di Singapore dan akan melahirkan di Singapore harus ikut asuransi bayi tabung.

Dalam formulir asuransi tertulis biaya atau premi yang harus dibayar. Bayarnya sekali saja, jumlah tergantung banyaknya embrio yang ditransfer, satu embrio SGD50, dua embrio SGD105, tiga embrio SGD698, empat embrio SGD1958. Semakin banyak jumlah embrio yang ditransfer semakin besar jumlah premi yang harus dibayar mengingat resikonya yang semakin besar pula. Karena peraturannya begitu dan sepertinya akan membantu nantinya, ya akhirnya saya ikut asuransi bayi tabung.

Waktu itu ada 2 embrio yang ditransfer jadi asuransinya SGD105… karena program bayi tabungnya gagal ya melayanglah preminya.

Saat program bayi tabung yang terakhir ada 3 embrio yang ditransfer. Sebenarnya agak kaget juga waktu suster bilang harus bayar asuransi sebesar SGD711… pertama karena saya dah lupa kalau ada asuransi yang harus diikuti, kedua beda preminya lumayan jauh dengan premi dua embrio, ketiga premi dah naik sedikit karena pajak naik dari 5% jadi 7%… dan pas waktu itu sehabis suster tanya ‘mau berapa embrio yang dimasukkan, karena thaw cycle change lebih kecil tiga embrio lebih baik tapi karena umur belum 35thn 2 embrio juga ga masalah’. Setelah mempertimbangkan sana-sini akhirnya saya putuskan 3 embrio… terus datanglah tuh premi asuransi yang lumayan mahal.

Ada sesuatu yang menurut saya agak aneh… bayarnya harus pakai cek, ga terima cash, credit card atau debit card. Cek harus ditulis atas nama si perusahaan asuransi. Cek boleh dikirim nanti selama belum embrio transfer.

Berapa keuntungan yang ditanggung asuransi? hahaha dah ga sabar ya… Benefitnya asuransi bisa nanggung biaya rawat inap SGD300/hari/bayi untuk level 3 (saya kurang begitu tahu apa itu level 3), SGD100/hari/bayi untuk level 2, dengan total claim maksimum SGD54000/bayi atau umur bayi dah 180 hari.

Boleh juga ya asuransi ini karena sangat membantu mengurangi beban biaya apabila terjadi komplikasi melahirkan nantinya, betul tidak?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (23 votes, average: 3.30 out of 5)
Loading...

7 thoughts on “Asuransi bayi tabung

  1. yuliana

    aku cuma mau nanya jadi fungsinya asuransi itu buat apa ya? aku baru mau nyoba ivf setelah 2x gagal inseminasi.
    aku mau tau detailnya ivf insurance dong pls
    thx

  2. mega wati

    hello, saya tertarik dengan program asuransi bayi tabung tersebut.dimana saya dapat info lebih lanjut? dan apa nama perusahaan asuransinya? terakhir, saya rencana ikut program ivf dengan dr. pc wong di NUH singapore. apa ada yg pernah? bisa bagi pengalamannya? sebelumnya trimakasih dan thanks.

  3. Yenni

    Hi Megawati, nama perusahaan asuransi yang saya ikuti adalah Tokio Marine. Waktu kamu daftar program IVF coba tanya ke perawatnya atau dibagian administrasinya, saya waktu itu di suruh masuk asuransi oleh mereka. Asuransi ini hanya bisa di claim kalau melahirkan di rumah sakit Singapore.

    Tentang NUH, coba Megawati baca pengalaman Bing di post ini.

    Hi Yuliana, asuransi ini untuk jaga-jaga kalau bayi kita kembar lahir prematur dan harus masuk rawat nginap di rs atau di ICU… biaya perawatan bayinya bisa di claim.
    Asuransi ini bukan berarti program bayi tabung tidak berhasil (ga hamil) bisa di claim biayanya.

  4. Lou

    OOOOh, kalo di asia itu malah ditawarin mau embrio brp? Kalo di eropa di liat dr usianya… di bwh 35 hanya blh 1 embrio dan 35 sampe 45 th hanya 2 embrio…
    Dan semua biaya sdh di byr asuransi semua dari awal proses sampe akhir, waaahh kalo di asia gitu caranya kasian sm pasangan yg kehidupannya pas2an ya,,, saking pengen pun ya anak hrs cari utangan sana sini… mahal juga di asia bayi tabung…

  5. Yanee

    Dear Lou…

    Iyaaaa mahal program BT disini yahhhh, secara ngga semua org yg bermasalah dengan kehamilan mampu utk program:-(. Andai ada program asuransi kayak di German yahhh…hikkss.

  6. Thevie

    dear
    lou

    aku hanya menanggapi amsalah yg kamu tulis bahwa di eroupa usia di bawah 35 tahun hanya boleh 1 embrio ,kebetulan usia ku mau 32 tahun december ini ,dan aku program d GERMAN- HAMBURG emdbrio yg di masukan ada 2 karena kehendak kita .proses yug kami jalanin karena sebelum nya kami berkonsultasi kalau 1 embrio yg di masukan kesempatanya ga besar ,dan dokter justru menyarankan 2 embrio tapi tidak 3 embrio kalau 3 harus ada spesial agrement tuch itu yg aku alami sendiri .emang nya kamu eroupa nya di mana ????

    dan yg ke 2 masalah asuransi …kebetulan asuransi yg kita gunakan adalaha suransi privat yg non limit dan selalu di utamakan ataupun di nomersatukan ga [perlu ngantri lama lama hehheheheh
    selama kita menjalankan program kita membayar uang muka untuk OPU,USG ,SUNTIKAN KITA dll harus membayar nya dengan cash ,selama program yg aku jalanin aku bayars emuanya dengan uang pribadi kita tidak langsung dengan asuransi ,setelah semuanya selesai program baru kwitansi kita kumpulkan dan kita sending ke asuransi baru dech mereka ganti………dan uang masuk daria suransi .

    secara aku ada pengalamn proibadi di eropua dna menggunakan asuransi
    memenagnya kamu program di mana ?apa mungkin setiap negara juga kan beda beda peraturanya …….kaya belgium jika kamu 3 bulan stay di sana dan permanent dan punya SIM INTERNATIONAL ,bisa di ganti dengan SIM BELGIUM
    nah kalau di german ga berlaku harus ikut test ….mana mahal lagi …just my sharing untuk berbagi ……..

  7. Rotua

    salam kenal semua teman teman,
    khusus sharing pengalaman sesama tinggal di EU tengtang ivf
    saya tinggal di belgium, dan rencana mau ikutin ivf, kata dokter sini,biasanya ivf bekerja dibayar sama asuransi. tapi saya belum tau pastinya. dan saya diberitahu dokter klo cuma bisa transfer 1 embrio. agak khawatir juga dengar cuma bisa transfer 1,tapi saya coba jalanin aja, dan berharap biarpun satu,asal jadi baby ,sudah banyak thanks.
    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*